Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 30 Mar 2023, 13:38 Proyeksi nasib ni brand 5-10 thn kedepan gatau om, kalo liat gaya jualan skrng sih :big_dunno:
Gw yg uda beli 2x aja mikir2 lg sih besok2 kalo mo beli mobil baru bwat ambil si M lg. Dari awal beli uda bikin ga happy, cukup 2x aja uda kapok gamau ketiga kali. Dari awal unit molor trus, kemudian stnk jg sama lamanya. Inovasinya jg stuck, engine ga update. Dikasi cylinder deactivation model accord jaman CP3 malah katanya bikin makin lemot? Hondo yg pelit aja biar kata masi pake L15 tp unit2 mid-high endnya uda pada pake turbo. Ini si M masi pake mesin NA dengan performa pas2an. Padahal diluaran uda lama keluar mesin turbonya jg. Dan flaw yg paling parah menurut gw ya ga ada feedback sama sekali ke konsumen yg komplain, big red flag sih bwat seller kaya gini di jaman sekarang.
kalau nurut ane si mazdut eurokars ini kebingungan sama marketnya sendiri.

mau ngejar mass-market susah karena udah ada honda, se gimanapun kacaunya performa mesin HRV 1.5 tapi udah berapa SPK CX3 itu lari ke HRV karena barangnya jelas ada dan surat-suratnya nggak pake drama ngurusnya :big_peace: tenang mass market mah gak peduli itu HRV 0-100 20 detik juga yang ribut cuma akun akun reviewer. penting mah irit dan bisa dipake mejeng.

tapi niche market udah terlalu padet dan mungkin untuk sekarang orang lebih penasaran coba subaru daripada mazda. belum fomo fomo mobil listrik hyundai ama wuling yang masuknya niche juga.

masalahnya honda sekarang bisa jual barang yang kualitasnya mungkin hanya 80% nya mazda with none of the disadvantages (kabin sempit, barang ghoib, dan surat suratnya sulit). driving mah sama-sama electronic power steering dan refinement chassis honda jg udah ngejer, suspensi belakang multilink pula. ya ngapain beli mazda donk kalo gitu :big_peace: civic turbo accord turbo baru jg sama-sama langka di jalan malah jadi keren.

tapi kayaknya kalo TS mau beli CX5 kuro beli aja. ngerti kok rasanya kepengen mobil wkwkwk kayak waktu ane cari E39 bisa gak bobok ngeliatin marketplace kerja aja curi2 liat marketplace mulu. disclaimernya ya kyk kata om kendi. sabar aja. mungkin pake acara gebrak2 meja adminnya dulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
banagher
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 01 Jun 2016, 22:09

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by banagher »

Ga pengen nunggu CX 60 aja? Njkb nya ktnya kurang dikit dr CX5
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: 29 Dec 2015, 17:19

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Rickz »

Dulu ambil CX 3 di 2017 dan STNK baru keluar 6 bulan kemudian dan setiap bulan tetap dikasih plat sementara hingga STNK dan Plat asli keluar.
Awal kesel juga kenapa lama ga keluar" (dulu ambil di dealer Nusantara BSD, skrg uda tutup) dan baru tau juga kl treatment setiap dealer beda-beda, ada yang cmn 2 bulan keluar (Dealer Puri katanya lumayan cepet).

Kl saya pribadi, ga gtu mempermasalahkan selama plat sementara masih dikasih dan mobil masih bisa dipakai mobilitas, anggep aja bayar pajaknya mundur dan ga usa bayar pajak selama STNK belum keluar.
Cuman balik lagi ke personal masing-masing apakah itu jadi permasalahan besar atau tidak mengenai STNK yang lama.
Malah di member CX3 ada yang ambil di dealer Mazda Bogor dan STNK baru keluar 1 tahun kemudian dan beliau happy-happy aja karena ga usa byr pajak di 1 tahun pertama dan plat sementara tetap diprovide oleh dealer-nya.

Kl memang suka ambil aja CX-5 Kuro bro, Mazda memang worth every penny u spent.
CX60 mau keluar sebentar lagi, infonya di Juni/Juli ini.
KL dilihat dr NJKB hrg CX60 untuk tipe 2WD lebih tinggi 60 juta dari CX-5 2WD saat ini, malah untuk tipe AWD lebih murah 3 juta dr CX-5
kl dihitung secara manual, y hrgnya dikisaran 650-670 untuk yg 2WD.
Mungkin bisa dipertimbangkan kl mau model yg lbh fresh dan pastinya "RWD".
Penasaran juga sensasi berkendaranya seasik apa krn penggerak roda yang berbeda dr tipe Mazda lain-nya.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by mobilover »

Hmm pribadi sih gak pernah masalah sm brand mazda, kecuali harga sparepartny yg mayan mahal. Tp harganya relatif mirip dgn honda juga utk produk sekelas.

Selama dipakai jangka panjang, masalah surat legalitas makan waktu itu gak masalah. Yg penting beli unitnya di dealer eurokars langsung atau dealer yg kuat manajemennya. Supaya dealernya masih eksis sampai dokumennya rampung.

Alternatif CX-60 kl misalkan nyari yg full all new platform dan engine. tapi yah kemungkinan starting dari 600 - 700 jutaan juga
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pengendiesel »

Vote anf 2.8.

Sudah ada xp,monokok fwd bensin.
Cari yang leder rwd diesel buat keperluan yang berbeda jadi bisa saling melengkapi.
Mau traveling nyaman dan sopan,pake xp.
Mau ke tempat2 gak jelas medannya,sensasi kebanting2 selama di perjalanan,pake anf. Meskipun gak enak banget,tapi mobil ini bisa ke tempat2 yang mobil lain kesusahan.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1723
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by sahabatq8 »

Gak nunggu cx60 om, keren tuh
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 21 Jan 2016, 09:15

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by vinzo »

Blegedhez wrote: 29 Mar 2023, 16:23 Kalau menurut saya sih:
1. Cx 5 kalau lihat atpmnya banyak dikomplain masalah stnk, bahkan ada yang sampai dealernya tutup stnk belum keluar saya sih gak mau daripada nanti pusing kedepannya
2 zenix di mata saya ni mobil modelnya biasa banget bahkan cenderung jelek bagian depannya
3 anf gr ini mobil yang saya pakai sekarang tapi yang mesin 2gd, yang paling saya suka ni mobil bikin merasa tenang ketemu medan apapun mau jalan rusak/tanjakan dan lagi saya merasa di jalan banyak yang mau ngalah kasih jalan+jarang ada yang berani mepet berbeda dengan waktu saya pakai crv.jadi kalau buat roadtrip cocok banget
Saya vote corolla cross gr sport aja modelnya cakep cocok buat ts yang pingin icip2 hybird
Kalau sudah ada 7 seater dengan budget segitu daripada Zenix Q setujuh lebih oke Corolla Cross GR Sport saja. Ntah kenapa kalau masuk kabinnya Zenix berasa materialnya downgrade dibanding Reborn. Jok terasa lebih padat di Reborn dan plastik2nya terasa tipis n 'murah'. Plusnya Zenix : Speedometer Full TFT, Atap Panoramic, EPB. Plusnya Corolla Cross : AC Dual Zone tidak perlu rebutan setting suhu sama istri :big_biglaugh: dan ukuran lebih kecil otomatis lebih 'lincah' untuk pakai dalam kota
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by walid_007 »

w beli cx5 kuro bln des lalu. inden 4 bulan oii

gas nya ga enak om. mendul mendul., kek mobil mo loncat n kek org belajaran nyetir

usut punya usut. pake mesin 2 4 2 4 cylinder yg katanya bisa buat irit tp ah udahlah. jarag pake
klo mau d beli (sp tau minat) dm aja. km belom genep 2000 perak. warna poly metal.
no indent2 club no tunggu stnk2 club haha
engine roaring!
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by NestlePureLife »

walid_007 wrote: 31 Mar 2023, 19:50 w beli cx5 kuro bln des lalu. inden 4 bulan oii

gas nya ga enak om. mendul mendul., kek mobil mo loncat n kek org belajaran nyetir

usut punya usut. pake mesin 2 4 2 4 cylinder yg katanya bisa buat irit tp ah udahlah. jarag pake
klo mau d beli (sp tau minat) dm aja. km belom genep 2000 perak. warna poly metal.
no indent2 club no tunggu stnk2 club haha
Jual brp gan? Hahaha
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Venturtle »

Tambah opsi lain : ANPS :big_biglaugh:
Soalnya kalo ane sih ga ketiganya juga sih..
CX-5 bantingan suspensi keras, ANF bantingan suspensi keras, Zenix Q kemahalan di harga segitu,kualitas interior bagusan Venturer dari Zenix Q..btw, malah bantingan suspensi lebih nyaman tipe G dari Q karena profil ban tipis di Q (55) dibandingkan dengan profil ban tebal di G (65) :big_okay:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by fl4b1e »

Izin input TS,
kalau dari Bintaro -Mampang, mengingat crowded banget tuh, apalagi kalau lewat Waru g Buncit, Warung Jati, kemudian masyk JORR semenatara TS dah ada Xpander Cross:

1. daripada naik ke CRV, bisa dipertimbangkan ke HRV RS 1.5 T. Mnrt saya sih yg dikejar lebih ke honda sensing with low zpeed follow, dan kompaknya HRV di kemacetan.. ya jadi lumayan lebih ringkas nyetirnya di kemacetan, apalagi pas di tol yg padat kayak tol JORR bintaro bisa kepake tuh adaptive cryide control with low speed follownya. Lebig ga capek aja nyetirnya. Apalagi kalau yg 1.5T ini kan jauh bertenaga dari yg 1.5nya HRV yg relatif lemot, jadi ya tuk dalam kora, luar kota sampai semarang, jogja, lintas transjawa cukup kok.

2. Kalau mau yg hybrid, tapi tetep kompak, jadi ada bonus lebih irit di pengeluaran bulanan tuk bbm, cobain saja Corolla Cross Hybrid. Mobil ini cukup kompak, tapi ga beda jauh sama HRV juga, serta kerasa bakal lebih irit di traffic stop n go di rute om. Dibawa luar kota juga oke.. Konsumsi bbm bahkan bakalan jauh lebih irit dr HRV 1.5T RS. Ada juga kompetitornya kayak Nissan Kicks, hanya kalau mnrt saya, lebih lega Corolla Cross drpd Kicks. Saya kyrang suka interior serba hitamnya Kicks.

3. Tapi kalau om mau milih dari 3 pilihan Om, saya akan vote ke Zenix Hybrid. Alasannya lebih ke hybridnya lebih pas ke pemggunaan traffic Om yg padat, bonusnya ya it's a Toyota dan Kujang.. RVbya aman. Chasisnya dah monocoque juga.. jadi lebih nyaman darpd IMV chasis yg sebelumnya. Jalau Fortuner, hmm.. saya sih ngga yaa.. Chasisnya ga terlalu nyaman tuk dalam kota. Memang keren 2.8, tapi kalau banyakan pakai di trafic macet, kadang sempit rasanya ga nya oe tujyannya kalau saya. Kalau CRV sih sebenernya oke, tapi kalau dibanding Zenix hybrid, saya vote ke konsumsi bbm yg lebih irit:)

semoga membantu
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by kendibocor »

walid_007 wrote: 31 Mar 2023, 19:50 w beli cx5 kuro bln des lalu. inden 4 bulan oii

gas nya ga enak om. mendul mendul., kek mobil mo loncat n kek org belajaran nyetir

usut punya usut. pake mesin 2 4 2 4 cylinder yg katanya bisa buat irit tp ah udahlah. jarag pake
klo mau d beli (sp tau minat) dm aja. km belom genep 2000 perak. warna poly metal.
no indent2 club no tunggu stnk2 club haha
Gara2 cylinder deactivation om? Crawling di kemacetan jd aneh gitu ya? Kebayang sih. Apa bisa fitur tsb dinonaktifkan kaya istop?
Sayang jg ya baru 2000 odonya
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by ChZ »

fl4b1e wrote: 01 Apr 2023, 06:41 Ada juga kompetitornya kayak Nissan Kicks, hanya kalau mnrt saya, lebih lega Corolla Cross drpd Kicks. Saya kyrang suka interior serba hitamnya Kicks.
kicks jangan deh itu mobil serba nanggung atpmnya sulid wkwkwkkw. ane msh males urusan ama batu makam gegara kicks cewe ane yang udah dibawa balik ke bsd juga ga kelar wakakkaka... ga mau di warranty batrenya. diem diem facelift upgrade batre lbh gede kan makin bikin kesel :big_biglaugh:

ini kicks kalo bawa di atas 100 sih boros amit amit... hajar transjawa 130 kmh up 1:13-14 wakakkaka. skrg dalkot aja ga bisa lebih dari 1:20 sejak batre rusak. batu makam gak punya penjelasan kenapa kok dari dulu 26 kml skrg mentok cuma 20 kml...

dah klo mau hybrid bener corcross hybrid atau kijang hybrid aja lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by fl4b1e »

ChZ wrote:
fl4b1e wrote: 01 Apr 2023, 06:41 Ada juga kompetitornya kayak Nissan Kicks, hanya kalau mnrt saya, lebih lega Corolla Cross drpd Kicks. Saya kyrang suka interior serba hitamnya Kicks.
kicks jangan deh itu mobil serba nanggung atpmnya sulid wkwkwkkw. ane msh males urusan ama batu makam gegara kicks cewe ane yang udah dibawa balik ke bsd juga ga kelar wakakkaka... ga mau di warranty batrenya. diem diem facelift upgrade batre lbh gede kan makin bikin kesel :big_biglaugh:

ini kicks kalo bawa di atas 100 sih boros amit amit... hajar transjawa 130 kmh up 1:13-14 wakakkaka. skrg dalkot aja ga bisa lebih dari 1:20 sejak batre rusak. batu makam gak punya penjelasan kenapa kok dari dulu 26 kml skrg mentok cuma 20 kml...

dah klo mau hybrid bener corcross hybrid atau kijang hybrid aja lah.
setuju Om Chz. Kick kalau masalah irit2an Hybrid, maaig mending CorCross.. sama kerasa lebih sempit aja. Dan liat pengalaman Om Chz, meski yg gen baru ini baterenya lebih gede, saya juga legang Corolla Cross hehehe
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 19 Feb 2016, 17:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

Rickz wrote: 30 Mar 2023, 17:59 Dulu ambil CX 3 di 2017 dan STNK baru keluar 6 bulan kemudian dan setiap bulan tetap dikasih plat sementara hingga STNK dan Plat asli keluar.
Awal kesel juga kenapa lama ga keluar" (dulu ambil di dealer Nusantara BSD, skrg uda tutup) dan baru tau juga kl treatment setiap dealer beda-beda, ada yang cmn 2 bulan keluar (Dealer Puri katanya lumayan cepet).

Kl saya pribadi, ga gtu mempermasalahkan selama plat sementara masih dikasih dan mobil masih bisa dipakai mobilitas, anggep aja bayar pajaknya mundur dan ga usa bayar pajak selama STNK belum keluar.
Cuman balik lagi ke personal masing-masing apakah itu jadi permasalahan besar atau tidak mengenai STNK yang lama.
Malah di member CX3 ada yang ambil di dealer Mazda Bogor dan STNK baru keluar 1 tahun kemudian dan beliau happy-happy aja karena ga usa byr pajak di 1 tahun pertama dan plat sementara tetap diprovide oleh dealer-nya.

Kl memang suka ambil aja CX-5 Kuro bro, Mazda memang worth every penny u spent.
CX60 mau keluar sebentar lagi, infonya di Juni/Juli ini.
KL dilihat dr NJKB hrg CX60 untuk tipe 2WD lebih tinggi 60 juta dari CX-5 2WD saat ini, malah untuk tipe AWD lebih murah 3 juta dr CX-5
kl dihitung secara manual, y hrgnya dikisaran 650-670 untuk yg 2WD.
Mungkin bisa dipertimbangkan kl mau model yg lbh fresh dan pastinya "RWD".
Penasaran juga sensasi berkendaranya seasik apa krn penggerak roda yang berbeda dr tipe Mazda lain-nya.
Kalau CX 60 kayanya over budget nih bro. Kemarin sempat tanya2 jg kemungkinan CX 60 baru keluar akhir tahun, dan utk pricing masih belum fix berapa.
Saya jg tipikal yang gak issue sih terkait plat nomor dan STNK, selamat dealer provide terus. Btw kemarin sudah ke Mazda Bintaro, mereka under sunmotor dan klaim bahwa pengurusan stnk dan plat nomor sekitar 1 bulanan. Dan kayanya ada rekan SM yang pernah beli produk di Mazda Bintaro jg ngurusnya STNK nya nggak lama sih.

By the way kemarin udah TD CX 5 FL, first impression sih driving feel nya sangat fun to drive dan surprisingly empuk banget dibanding CX 5 sebelumnya (pernah coba yg tahun 2015). Sisanya gak usah dijelasin ya, karena relatif mirip dgn pre FL nya. Tapi yang sekarang desain rear lamp dan headlamp nya cakep banget sih, apalagi yang kuro. Info nya kalau inden sekarang, barang turu Juni/Juli sesuai urutan.
Sisanya sih relatif sama, nyobain Mazda Cruise Controlnya lumayan halus jg. Emang yg rada bikin keki kualitas camera 360 nya yang butek di tambah dengan MZD Connectnya yg udah rada jadul. Dan terkait Cylinder Deactivation yg dirasa ngadat2, ane sih nggak ngerasain sama sekali waktu TD. Mobil ini kalau di switch ke mode sport tarikannya jg jadi instan banget, kaya nggak lagi naik SUV sih rasanya.

Terus dari Mazda Bintaro puter balik ke Auto2000 bintaro niatnya utk TD Zenix Q Hybrid, eh ternyata barangnya gak ada dan cuma ada unit customer itu pun tipe V Hybrid yang gak boleh dimasukkin (cuma bisa dilihat2 dari luar jendela karena punya customer). Kesan pertama nya sih ini mobil gede ya, tapi kaya plain secara desain dan tongkrongannya nggak proporsional. Sekilas liat kualitas BQ interiornya malah lebih inferior dibanding reborn. :mky_03:
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 19 Feb 2016, 17:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

pengendiesel wrote: 31 Mar 2023, 06:36 Vote anf 2.8.

Sudah ada xp,monokok fwd bensin.
Cari yang leder rwd diesel buat keperluan yang berbeda jadi bisa saling melengkapi.
Mau traveling nyaman dan sopan,pake xp.
Mau ke tempat2 gak jelas medannya,sensasi kebanting2 selama di perjalanan,pake anf. Meskipun gak enak banget,tapi mobil ini bisa ke tempat2 yang mobil lain kesusahan.
hehe suara baru nih.. medan gak jelas yg dimaksud ini gmn om? karena kayanya kalau kebutuhan traveling keluarga sih nggak sampai ke yg pelosok2 gitu. Utk keperluan bisnis jg nggak. Pertimbangannya sebernernya lebih kepada mobil yg proper aja utk traveling (dilihat dari perspektif mesin utamanya), karena kalau bicara kenyamanan XP Cross sudah sanagt nyaman dan lega namun dgn power yg terbatas.
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 19 Feb 2016, 17:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

fl4b1e wrote: 01 Apr 2023, 06:41 Izin input TS,
kalau dari Bintaro -Mampang, mengingat crowded banget tuh, apalagi kalau lewat Waru g Buncit, Warung Jati, kemudian masyk JORR semenatara TS dah ada Xpander Cross:

1. daripada naik ke CRV, bisa dipertimbangkan ke HRV RS 1.5 T. Mnrt saya sih yg dikejar lebih ke honda sensing with low zpeed follow, dan kompaknya HRV di kemacetan.. ya jadi lumayan lebih ringkas nyetirnya di kemacetan, apalagi pas di tol yg padat kayak tol JORR bintaro bisa kepake tuh adaptive cryide control with low speed follownya. Lebig ga capek aja nyetirnya. Apalagi kalau yg 1.5T ini kan jauh bertenaga dari yg 1.5nya HRV yg relatif lemot, jadi ya tuk dalam kora, luar kota sampai semarang, jogja, lintas transjawa cukup kok.

2. Kalau mau yg hybrid, tapi tetep kompak, jadi ada bonus lebih irit di pengeluaran bulanan tuk bbm, cobain saja Corolla Cross Hybrid. Mobil ini cukup kompak, tapi ga beda jauh sama HRV juga, serta kerasa bakal lebih irit di traffic stop n go di rute om. Dibawa luar kota juga oke.. Konsumsi bbm bahkan bakalan jauh lebih irit dr HRV 1.5T RS. Ada juga kompetitornya kayak Nissan Kicks, hanya kalau mnrt saya, lebih lega Corolla Cross drpd Kicks. Saya kyrang suka interior serba hitamnya Kicks.

3. Tapi kalau om mau milih dari 3 pilihan Om, saya akan vote ke Zenix Hybrid. Alasannya lebih ke hybridnya lebih pas ke pemggunaan traffic Om yg padat, bonusnya ya it's a Toyota dan Kujang.. RVbya aman. Chasisnya dah monocoque juga.. jadi lebih nyaman darpd IMV chasis yg sebelumnya. Jalau Fortuner, hmm.. saya sih ngga yaa.. Chasisnya ga terlalu nyaman tuk dalam kota. Memang keren 2.8, tapi kalau banyakan pakai di trafic macet, kadang sempit rasanya ga nya oe tujyannya kalau saya. Kalau CRV sih sebenernya oke, tapi kalau dibanding Zenix hybrid, saya vote ke konsumsi bbm yg lebih irit:)

semoga membantu
Tks inputannya om, tp sy coba respon yaaa.
Utk HRV RS 1.5 T sih menurut saya terlalu overkill utk sebuah HRV, sempat kepikiran sebenarnya dgn Civic RS. Tp istri kelihatannya kurang setuju karena kurang bs memberikan peace of mind nya utk kondisi jalanan di Indonesia. Dan mengingat ini mobil akan dibelikan oleh kantor, jadi perlu kendaraan yang secara keperluan bisnis cukup representatif. HRV meskipun yg 1.5 T sekalipun menurut sy blm bisa mewakili faktor ini, itu lah kenapa mobil yg skg juga udah waktunya di ganti. :D
Perspektifnya yg sama jg sama utk kasus corolla hybrid sih om.

Dan utk zenix hybrid sebenarnya cukup menarik, karena selain proper utk bussiness interest, jg proper utk family car. Tp kemarin sempat tanya ke sales Auto2000 bintaro, antrian mobil sekarang udah sampai 1,5 tahun. Ini nih yg rada bikin lemes :big_childish:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by KSG88 »

Vote CX5
Tampilan gagah keren dan excutive sekali.
Fun to drive dengan build quality dan sound yg bagus.
Toh sehari hari dipakai sendiri jarang bawa keluarga. Cx5 akan sangat memuaskan dari segi tampang fitur kecepatan dan kenyamanan.

Kalo family car pakai mobil yg uda ada aja. Jgn disatuin sama yg buat kerjaan nanti mudah kotor.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Chr1stm1 »

Vote Mazdut CX 5 aja atau wait utk AN CRV?
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 22 Jul 2016, 09:23

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Escaflowne »

Go for cx5 kuro om now, drpd menunggu terkadang melelahkan hehehe
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by darrelund »

walid_007 wrote: 31 Mar 2023, 19:50 w beli cx5 kuro bln des lalu. inden 4 bulan oii

gas nya ga enak om. mendul mendul., kek mobil mo loncat n kek org belajaran nyetir

usut punya usut. pake mesin 2 4 2 4 cylinder yg katanya bisa buat irit tp ah udahlah. jarag pake
klo mau d beli (sp tau minat) dm aja. km belom genep 2000 perak. warna poly metal.
no indent2 club no tunggu stnk2 club haha
pitur aneh begitu napa masi dipasang yak :big_biglaugh:

bikin jerky & nambah irit jg kaga :big_biglaugh:
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: 29 Dec 2015, 17:19

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Rickz »

pierrecardin wrote: 02 Apr 2023, 11:13
Rickz wrote: 30 Mar 2023, 17:59 Dulu ambil CX 3 di 2017 dan STNK baru keluar 6 bulan kemudian dan setiap bulan tetap dikasih plat sementara hingga STNK dan Plat asli keluar.
Awal kesel juga kenapa lama ga keluar" (dulu ambil di dealer Nusantara BSD, skrg uda tutup) dan baru tau juga kl treatment setiap dealer beda-beda, ada yang cmn 2 bulan keluar (Dealer Puri katanya lumayan cepet).

Kl saya pribadi, ga gtu mempermasalahkan selama plat sementara masih dikasih dan mobil masih bisa dipakai mobilitas, anggep aja bayar pajaknya mundur dan ga usa bayar pajak selama STNK belum keluar.
Cuman balik lagi ke personal masing-masing apakah itu jadi permasalahan besar atau tidak mengenai STNK yang lama.
Malah di member CX3 ada yang ambil di dealer Mazda Bogor dan STNK baru keluar 1 tahun kemudian dan beliau happy-happy aja karena ga usa byr pajak di 1 tahun pertama dan plat sementara tetap diprovide oleh dealer-nya.

Kl memang suka ambil aja CX-5 Kuro bro, Mazda memang worth every penny u spent.
CX60 mau keluar sebentar lagi, infonya di Juni/Juli ini.
KL dilihat dr NJKB hrg CX60 untuk tipe 2WD lebih tinggi 60 juta dari CX-5 2WD saat ini, malah untuk tipe AWD lebih murah 3 juta dr CX-5
kl dihitung secara manual, y hrgnya dikisaran 650-670 untuk yg 2WD.
Mungkin bisa dipertimbangkan kl mau model yg lbh fresh dan pastinya "RWD".
Penasaran juga sensasi berkendaranya seasik apa krn penggerak roda yang berbeda dr tipe Mazda lain-nya.
Kalau CX 60 kayanya over budget nih bro. Kemarin sempat tanya2 jg kemungkinan CX 60 baru keluar akhir tahun, dan utk pricing masih belum fix berapa.
Saya jg tipikal yang gak issue sih terkait plat nomor dan STNK, selamat dealer provide terus. Btw kemarin sudah ke Mazda Bintaro, mereka under sunmotor dan klaim bahwa pengurusan stnk dan plat nomor sekitar 1 bulanan. Dan kayanya ada rekan SM yang pernah beli produk di Mazda Bintaro jg ngurusnya STNK nya nggak lama sih.

By the way kemarin udah TD CX 5 FL, first impression sih driving feel nya sangat fun to drive dan surprisingly empuk banget dibanding CX 5 sebelumnya (pernah coba yg tahun 2015). Sisanya gak usah dijelasin ya, karena relatif mirip dgn pre FL nya. Tapi yang sekarang desain rear lamp dan headlamp nya cakep banget sih, apalagi yang kuro. Info nya kalau inden sekarang, barang turu Juni/Juli sesuai urutan.
Sisanya sih relatif sama, nyobain Mazda Cruise Controlnya lumayan halus jg. Emang yg rada bikin keki kualitas camera 360 nya yang butek di tambah dengan MZD Connectnya yg udah rada jadul. Dan terkait Cylinder Deactivation yg dirasa ngadat2, ane sih nggak ngerasain sama sekali waktu TD. Mobil ini kalau di switch ke mode sport tarikannya jg jadi instan banget, kaya nggak lagi naik SUV sih rasanya.

Terus dari Mazda Bintaro puter balik ke Auto2000 bintaro niatnya utk TD Zenix Q Hybrid, eh ternyata barangnya gak ada dan cuma ada unit customer itu pun tipe V Hybrid yang gak boleh dimasukkin (cuma bisa dilihat2 dari luar jendela karena punya customer). Kesan pertama nya sih ini mobil gede ya, tapi kaya plain secara desain dan tongkrongannya nggak proporsional. Sekilas liat kualitas BQ interiornya malah lebih inferior dibanding reborn. :mky_03:
Di Minggu lalu saya ikut acara Bukber salah satu komunitas Mazda yang dihadiri oleh pihak EMI dan infonya dari petinggi Mazda, CX-60 akan launch di Juni/Juli, cuman masih belum ada detail lebih lanjut apakah hanya berupa launch saja dan barang inden hingga akhir tahun atau memang sudah ready untuk customer yang inden sebelum pre-launch, mungkin bisa ditanyakan ke dealer Simprug karena headquarter Mazda sekarang disana dan pastinya Sales disana punya informasi yang lebih valid dan update dibandingkan dealer lain-nya.

Sepertinya memang ada perbedaan settingan suspensi di CX-5 FL karena kmrn liat CX-5 FL lewat jalanan ga rata dan ada jeglokan lumayan dalem, travel suspensinya membal lumayan agak jauh, sepertinya memang diset lbh empuk dibanding yang keluaran pertama.
Cuman ya itu sudah mulai kelihatan agak jadul design exterior dan interior-nya, mana yang facelift ga dapet layar MZD yang besar.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by mike22 »

Peugeot 3008 saja 🙏
Deket kan yak ke dealer cilandak?
No drama, after sales jelas (masih banyak user pug tua), produk bermutu, cari apalagi?
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 19 Feb 2016, 17:33

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by pierrecardin »

Rickz wrote: 03 Apr 2023, 14:06
pierrecardin wrote: 02 Apr 2023, 11:13
Rickz wrote: 30 Mar 2023, 17:59 Dulu ambil CX 3 di 2017 dan STNK baru keluar 6 bulan kemudian dan setiap bulan tetap dikasih plat sementara hingga STNK dan Plat asli keluar.
Awal kesel juga kenapa lama ga keluar" (dulu ambil di dealer Nusantara BSD, skrg uda tutup) dan baru tau juga kl treatment setiap dealer beda-beda, ada yang cmn 2 bulan keluar (Dealer Puri katanya lumayan cepet).

Kl saya pribadi, ga gtu mempermasalahkan selama plat sementara masih dikasih dan mobil masih bisa dipakai mobilitas, anggep aja bayar pajaknya mundur dan ga usa bayar pajak selama STNK belum keluar.
Cuman balik lagi ke personal masing-masing apakah itu jadi permasalahan besar atau tidak mengenai STNK yang lama.
Malah di member CX3 ada yang ambil di dealer Mazda Bogor dan STNK baru keluar 1 tahun kemudian dan beliau happy-happy aja karena ga usa byr pajak di 1 tahun pertama dan plat sementara tetap diprovide oleh dealer-nya.

Kl memang suka ambil aja CX-5 Kuro bro, Mazda memang worth every penny u spent.
CX60 mau keluar sebentar lagi, infonya di Juni/Juli ini.
KL dilihat dr NJKB hrg CX60 untuk tipe 2WD lebih tinggi 60 juta dari CX-5 2WD saat ini, malah untuk tipe AWD lebih murah 3 juta dr CX-5
kl dihitung secara manual, y hrgnya dikisaran 650-670 untuk yg 2WD.
Mungkin bisa dipertimbangkan kl mau model yg lbh fresh dan pastinya "RWD".
Penasaran juga sensasi berkendaranya seasik apa krn penggerak roda yang berbeda dr tipe Mazda lain-nya.
Kalau CX 60 kayanya over budget nih bro. Kemarin sempat tanya2 jg kemungkinan CX 60 baru keluar akhir tahun, dan utk pricing masih belum fix berapa.
Saya jg tipikal yang gak issue sih terkait plat nomor dan STNK, selamat dealer provide terus. Btw kemarin sudah ke Mazda Bintaro, mereka under sunmotor dan klaim bahwa pengurusan stnk dan plat nomor sekitar 1 bulanan. Dan kayanya ada rekan SM yang pernah beli produk di Mazda Bintaro jg ngurusnya STNK nya nggak lama sih.

By the way kemarin udah TD CX 5 FL, first impression sih driving feel nya sangat fun to drive dan surprisingly empuk banget dibanding CX 5 sebelumnya (pernah coba yg tahun 2015). Sisanya gak usah dijelasin ya, karena relatif mirip dgn pre FL nya. Tapi yang sekarang desain rear lamp dan headlamp nya cakep banget sih, apalagi yang kuro. Info nya kalau inden sekarang, barang turu Juni/Juli sesuai urutan.
Sisanya sih relatif sama, nyobain Mazda Cruise Controlnya lumayan halus jg. Emang yg rada bikin keki kualitas camera 360 nya yang butek di tambah dengan MZD Connectnya yg udah rada jadul. Dan terkait Cylinder Deactivation yg dirasa ngadat2, ane sih nggak ngerasain sama sekali waktu TD. Mobil ini kalau di switch ke mode sport tarikannya jg jadi instan banget, kaya nggak lagi naik SUV sih rasanya.

Terus dari Mazda Bintaro puter balik ke Auto2000 bintaro niatnya utk TD Zenix Q Hybrid, eh ternyata barangnya gak ada dan cuma ada unit customer itu pun tipe V Hybrid yang gak boleh dimasukkin (cuma bisa dilihat2 dari luar jendela karena punya customer). Kesan pertama nya sih ini mobil gede ya, tapi kaya plain secara desain dan tongkrongannya nggak proporsional. Sekilas liat kualitas BQ interiornya malah lebih inferior dibanding reborn. :mky_03:
Di Minggu lalu saya ikut acara Bukber salah satu komunitas Mazda yang dihadiri oleh pihak EMI dan infonya dari petinggi Mazda, CX-60 akan launch di Juni/Juli, cuman masih belum ada detail lebih lanjut apakah hanya berupa launch saja dan barang inden hingga akhir tahun atau memang sudah ready untuk customer yang inden sebelum pre-launch, mungkin bisa ditanyakan ke dealer Simprug karena headquarter Mazda sekarang disana dan pastinya Sales disana punya informasi yang lebih valid dan update dibandingkan dealer lain-nya.

Sepertinya memang ada perbedaan settingan suspensi di CX-5 FL karena kmrn liat CX-5 FL lewat jalanan ga rata dan ada jeglokan lumayan dalem, travel suspensinya membal lumayan agak jauh, sepertinya memang diset lbh empuk dibanding yang keluaran pertama.
Cuman ya itu sudah mulai kelihatan agak jadul design exterior dan interior-nya, mana yang facelift ga dapet layar MZD yang besar.
Bener om, suspensinya jauh lebih empuk dibandingkan pre FL. Yang paling sy sayangin sih layar 10inch MZD connect nya itu. Btw bisa di upgarde OEM nggak ya?
Dan mau tanya jg dengan yg udah pakai CX 5 FL, utk MRCC (adaptive CC Mazda) apa bisa digunakan utk kemacetan dgn stop and go? Jadi bisa follow mobil depan sampai full berhenti. Karena sy coba baca2, kayanya ada 2 tipe MRCC nih, yg satu MRCC with Stop and Go Function, yg satu lagi MRCC aja. Kemarin sy tny ke sales nya sih katanya bisa sampai berhenti (tapi gak saya test), namun lihat beberapa reviewer di youtube (si Moladin) yg test MRCC nya menurut mereka sih gak bisa sampai berhenti.
Kalau lihat review CX 5 FL di luar negeri sih pada bisa stop and go semua.

Kalau utk cx 60 rasa2nya kalau selisih lebih dari 50 jt, budget nya gak nutup nih om :D
Tapi kita coba pantengin jg, toh blm di eksekusi sekarang mobilnya. Rencana eksekusi di bulan juni/juli
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: 29 Dec 2015, 17:19

Re: Need advice : CX 5 Kuro, Innova Zenix Q, ANF 2.8

Post by Rickz »

pierrecardin wrote: 05 Apr 2023, 08:43
Rickz wrote: 03 Apr 2023, 14:06
pierrecardin wrote: 02 Apr 2023, 11:13

Kalau CX 60 kayanya over budget nih bro. Kemarin sempat tanya2 jg kemungkinan CX 60 baru keluar akhir tahun, dan utk pricing masih belum fix berapa.
Saya jg tipikal yang gak issue sih terkait plat nomor dan STNK, selamat dealer provide terus. Btw kemarin sudah ke Mazda Bintaro, mereka under sunmotor dan klaim bahwa pengurusan stnk dan plat nomor sekitar 1 bulanan. Dan kayanya ada rekan SM yang pernah beli produk di Mazda Bintaro jg ngurusnya STNK nya nggak lama sih.

By the way kemarin udah TD CX 5 FL, first impression sih driving feel nya sangat fun to drive dan surprisingly empuk banget dibanding CX 5 sebelumnya (pernah coba yg tahun 2015). Sisanya gak usah dijelasin ya, karena relatif mirip dgn pre FL nya. Tapi yang sekarang desain rear lamp dan headlamp nya cakep banget sih, apalagi yang kuro. Info nya kalau inden sekarang, barang turu Juni/Juli sesuai urutan.
Sisanya sih relatif sama, nyobain Mazda Cruise Controlnya lumayan halus jg. Emang yg rada bikin keki kualitas camera 360 nya yang butek di tambah dengan MZD Connectnya yg udah rada jadul. Dan terkait Cylinder Deactivation yg dirasa ngadat2, ane sih nggak ngerasain sama sekali waktu TD. Mobil ini kalau di switch ke mode sport tarikannya jg jadi instan banget, kaya nggak lagi naik SUV sih rasanya.

Terus dari Mazda Bintaro puter balik ke Auto2000 bintaro niatnya utk TD Zenix Q Hybrid, eh ternyata barangnya gak ada dan cuma ada unit customer itu pun tipe V Hybrid yang gak boleh dimasukkin (cuma bisa dilihat2 dari luar jendela karena punya customer). Kesan pertama nya sih ini mobil gede ya, tapi kaya plain secara desain dan tongkrongannya nggak proporsional. Sekilas liat kualitas BQ interiornya malah lebih inferior dibanding reborn. :mky_03:
Di Minggu lalu saya ikut acara Bukber salah satu komunitas Mazda yang dihadiri oleh pihak EMI dan infonya dari petinggi Mazda, CX-60 akan launch di Juni/Juli, cuman masih belum ada detail lebih lanjut apakah hanya berupa launch saja dan barang inden hingga akhir tahun atau memang sudah ready untuk customer yang inden sebelum pre-launch, mungkin bisa ditanyakan ke dealer Simprug karena headquarter Mazda sekarang disana dan pastinya Sales disana punya informasi yang lebih valid dan update dibandingkan dealer lain-nya.

Sepertinya memang ada perbedaan settingan suspensi di CX-5 FL karena kmrn liat CX-5 FL lewat jalanan ga rata dan ada jeglokan lumayan dalem, travel suspensinya membal lumayan agak jauh, sepertinya memang diset lbh empuk dibanding yang keluaran pertama.
Cuman ya itu sudah mulai kelihatan agak jadul design exterior dan interior-nya, mana yang facelift ga dapet layar MZD yang besar.
Bener om, suspensinya jauh lebih empuk dibandingkan pre FL. Yang paling sy sayangin sih layar 10inch MZD connect nya itu. Btw bisa di upgarde OEM nggak ya?
Dan mau tanya jg dengan yg udah pakai CX 5 FL, utk MRCC (adaptive CC Mazda) apa bisa digunakan utk kemacetan dgn stop and go? Jadi bisa follow mobil depan sampai full berhenti. Karena sy coba baca2, kayanya ada 2 tipe MRCC nih, yg satu MRCC with Stop and Go Function, yg satu lagi MRCC aja. Kemarin sy tny ke sales nya sih katanya bisa sampai berhenti (tapi gak saya test), namun lihat beberapa reviewer di youtube (si Moladin) yg test MRCC nya menurut mereka sih gak bisa sampai berhenti.
Kalau lihat review CX 5 FL di luar negeri sih pada bisa stop and go semua.

Kalau utk cx 60 rasa2nya kalau selisih lebih dari 50 jt, budget nya gak nutup nih om :D
Tapi kita coba pantengin jg, toh blm di eksekusi sekarang mobilnya. Rencana eksekusi di bulan juni/juli
Untuk upgrade OEM layar MZD sepertinya tidak bisa karena dudukan yang di dashboardnya pasti berbeda dimana cekungan bagian bawah layar yang nempel ke dashboard hanya untuk yg ukuran layar saat ini, tp untuk produk aftermkt mgkn tersedia karena untuk CX3 bisa upgrade 10 inch cmn jd agak naik posisi layar-nya krn dudukan di dashboard ga muat.

Untuk MRCC CX5 FL setau saya tidak bisa sampe kondisi Stop and Go, tapi ga tau juga kl ada upgrade terakhir karena biasanya Mazda suka kasih light improvement yang tidak di publish secara langsung.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post