Saran mobcas utk family
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 09, 2019 12:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza 2010
Saran mobcas utk family
Malam agan2 semua, mohon sarannya utk beli mobcas kedua saya (sebelumnya kia sedona bensin 2006) dg kisaran harga 130 - 170 juta dg kebutuhan
- 7 seater
- irit bbm
- mudah dan murah maintenance
- cabin lega dan nyaman
- prefer sliding door
- pajak tahunan ga tll mahal
Kandidat
- biante
- freed
- h1 solar
- innova reborn diesel
- 7 seater
- irit bbm
- mudah dan murah maintenance
- cabin lega dan nyaman
- prefer sliding door
- pajak tahunan ga tll mahal
Kandidat
- biante
- freed
- h1 solar
- innova reborn diesel
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Saran mobcas utk family
dari opsinya ya freed, tapi terlalu di goreng.
sienta juga ok dapat yang lebih mudaan.
reborn diesel gk dapat segitu Om
sienta juga ok dapat yang lebih mudaan.
reborn diesel gk dapat segitu Om
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Sep 22, 2022 7:21
Re: Saran mobcas utk family
halo om. akun newbie urun saran ya.
dari semua opsi itu, pd range harga 130 -170, freed yg paling masuk. hanya minus di faktor :
- 7 seater -> freed idealnya hanya 6 seater, mskipun bisa maksa 3 passenger di belakang
- irit bbm -> kalau dibanding mobil masa kini, freed relatif boros terutama utk pemakaian dalam kota. biasanya dpt < 10 km/ltr
kalau hrs sliding door, bisa mempertimbangkan sienta sprti saran om satria di atas. tp perlu cek dan bandingkan dulu pajaknya. saya ada freed thn 2013, pajaknya di DKI msh kisaran 3 jt. sienta thn lbh muda mungkin lbh mahal.
dari semua opsi itu, pd range harga 130 -170, freed yg paling masuk. hanya minus di faktor :
- 7 seater -> freed idealnya hanya 6 seater, mskipun bisa maksa 3 passenger di belakang
- irit bbm -> kalau dibanding mobil masa kini, freed relatif boros terutama utk pemakaian dalam kota. biasanya dpt < 10 km/ltr
kalau hrs sliding door, bisa mempertimbangkan sienta sprti saran om satria di atas. tp perlu cek dan bandingkan dulu pajaknya. saya ada freed thn 2013, pajaknya di DKI msh kisaran 3 jt. sienta thn lbh muda mungkin lbh mahal.
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobcas utk family
browse semua pilihan di harga itu, test drive, cocok yang mana dgn barangnya.
biasa udah punya opsi tau-tau malah dapetnya barang berbeda krn kondisinya susah ditolak
jangan lupa research toko parts dan bengkel mana yang paling mudah dan dekat dari tempat tinggal / tempat kerja supaya kalo butuh perbaikan nggak sampe ujung dunia nganternya.
biasa udah punya opsi tau-tau malah dapetnya barang berbeda krn kondisinya susah ditolak
jangan lupa research toko parts dan bengkel mana yang paling mudah dan dekat dari tempat tinggal / tempat kerja supaya kalo butuh perbaikan nggak sampe ujung dunia nganternya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Saran mobcas utk family
Dari opsi diatas 7 seater paling proper ya innova,tp kayanya dapetnya bensin,kalo diesel kayanya belom dapet
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran mobcas utk family
Udah bener ini. Sebelomnya udah biasa pelihara KIA. Pelihara sodaranya h miring pasti mirip2 rasanya.
Ini mobil termasuk sadis sih dieselnya powerful (sama yg dipake santa-fe & palisade), dan emang denger2 bisa nenggak biosolar no problem at all
Yg penting rajin gonta ganti filsol; sama oli diesel kasih yg bagusan macem Q8/AMS biar tahan minum solar busuk
Innova lupain, sasis truck cocoknya buat bawa barang.
Kasian keluarga
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Saran mobcas utk family
mobcas itu apa ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
-
- SM Moderator
- Posts: 299
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Saran mobcas utk family
Saya akan menganggap bahwa tiap opsi selain Toyota Honda, kalau memang memilih opsi itu harus sudah siap rencana bengkel spesialis dimana yang terdekat dan terpercaya di kota nya atau kota sebelahnya.
Mahal murah parts itu biasanya akan mirip² dan unda undi pada level sekelas.
Lokasi dimana om?
Kalau kota besar, bisa ada opsi lain.
Mazda 8
Serena C26
Toyota APV alias Nav1/Noah lama
Kalau cari murah harian tidak lain tidak bukan diesel saja.
H1 diesel kalo betul mesinnya D4BH = 4D56 mitsu, tetapi versi hyundai. Masih banyak persamaan fast moving
Toyota Innova Reborn, kalau jawabannya ini terkait kemudahan penggunaan dan worry free ya tidak ada lawan.
Alphard lawas dan Elgrand lawas juga masuk harganya... Tapi premium surcharge dari pajak dan parts pengganti lumayan terasa.
Selebihnya kembali pada opsi mainstream.
Kalau ngomong irit, rata² mobil perkotaan mesin kecil akan didesain pada 1:9-13km/l
Kurang dari itu jalan terlalu padat/pendek²
Lebih dari itu bonus dan mungkin situasi wilayah lebih lancar/banyak jalan panjang.
Kalau sudah ngomong mesin 1500cc model sliding, biasanya mobilnya lemot dan agak boros. Betul mesin kecil tp rasa berkendara ga meledak² jadi rasanya boros aja di gas ga bisa.
Makanya kelas ini agak jarang, freed sienta evalia semua keluhan sama. Relatif tidak bertenaga krn didesain utk smooth driving.
Kalau sudah bilang 2000cc an... Bensin pasti sekitar 1:6-11kml perkotaan. Lebih kurangnya sesuai sikon jalan.
Kejadian betulan, saya pakai xtrail 2.500cc dulu, kota² 1:6-8kml
Evalia 1.500cc kota² kok 1:7-9
Lah yaaa terasa boros dong hahaha
Omong-omong diesel.. saya pernah bandingkan. Dan ini my humble opinion.
Kenapa mesin toyota durable? Umumnya dia teknologi standar/agak obsolete dan safety net nya cukup besar. Misalnya dari power yang secukupnya, dengan salah satu pengamannya adalah kapasitas penggunaan oli nya banyak.
Perbandingan sederhana, disaat mesin pabrikan lain sudah mengandalkan sensor dan elektrikal sederhana (durable juga tapi lebih presisi dan ada potensi kegagalan elektronik)
Contohnya avanza masih pake tali gas, dimana yang lain sudah elektrikal maf sensor.
Pada mesin bensin :
Mesin 1TR innova 2000cc olinya 5 liter tenaga di 136hp, mesin QR25 xtrail 2500cc pakai 4 liter oli dengan tenaga 170hp.
Kalau harga olinya 100-150rb per liter, 1 liter extra oli terasa lo di nota hehehe.
Ah ada yang murah, biasanya sae kental, dan kurang cocok untuk mesinnya. Nanti keluhannya jadi mesin terasa berat gasnya. Ujung2nya injek² gas juga, boros juga.
Ini hanya sedikit contoh.. bahwa beli selain toyota memang banyak teknologi yang harus dibayar saat maintenance.
Nah perbedaannya, kalau sekarang mobil mesin diesel bbm nya murah, maintenancenya perlu mahal, contohnya ganti filter solar, ganti filter oli, oli lebih banyak dan harus kualitas bagus (mahal)
Dihitung-hitung. Kalau bukan apple to apple BBM subsidi (p-lite vs solar busuk) somehow lebih murah mobil bensin. Hitungnya sekalian harga beli kendaraannya ya.
Kalau sudah diesel dan harus bbm solar bagus, pasti iritnya mirip pakai mesin bensin yang bbmnya non subsidi.
In the long run.. saya masih pilih mesin bensin yang bisa tenggak BBM subsidi. Karena umumnya perawatan lebih sederhana, lebih sedikit bahan habis pakai, lebih sedikit mikir ramuan-ramuan untuk menjaga kesehatan mesin.
Sorry to say, HRv 1500cc tapi harus pertamax dan dapat 1:11kml perkotaan vs CRV/Xtrail 2500cc lawas bisa 1:7kml kota² pakai pertalite, lebih enak dikendarai. Kayaknya habisnya duit mirip².
Dulu jaman premium/pertalite selisih jauh dari pertamax, meski boros habisnya uang malah lebih sedikit hehehe.
Tapi kembali ke kebutuhan. Ya betul mobil kecil akan lebih irit dalam penggunaan lama oleh karena memikirkan juga maintenance lainnya spt parts lebih murah, ban lebih kecil = lebih murah.. dsb dsb..
Selamat memilih, kalau ragu, kembalilah ke Toyota. Kalau mencari pengalaman berkendara, beranilah memilih non Toyota.
Mahal murah parts itu biasanya akan mirip² dan unda undi pada level sekelas.
Lokasi dimana om?
Kalau kota besar, bisa ada opsi lain.
Mazda 8
Serena C26
Toyota APV alias Nav1/Noah lama
Kalau cari murah harian tidak lain tidak bukan diesel saja.
H1 diesel kalo betul mesinnya D4BH = 4D56 mitsu, tetapi versi hyundai. Masih banyak persamaan fast moving
Toyota Innova Reborn, kalau jawabannya ini terkait kemudahan penggunaan dan worry free ya tidak ada lawan.
Alphard lawas dan Elgrand lawas juga masuk harganya... Tapi premium surcharge dari pajak dan parts pengganti lumayan terasa.
Selebihnya kembali pada opsi mainstream.
Kalau ngomong irit, rata² mobil perkotaan mesin kecil akan didesain pada 1:9-13km/l
Kurang dari itu jalan terlalu padat/pendek²
Lebih dari itu bonus dan mungkin situasi wilayah lebih lancar/banyak jalan panjang.
Kalau sudah ngomong mesin 1500cc model sliding, biasanya mobilnya lemot dan agak boros. Betul mesin kecil tp rasa berkendara ga meledak² jadi rasanya boros aja di gas ga bisa.
Makanya kelas ini agak jarang, freed sienta evalia semua keluhan sama. Relatif tidak bertenaga krn didesain utk smooth driving.
Kalau sudah bilang 2000cc an... Bensin pasti sekitar 1:6-11kml perkotaan. Lebih kurangnya sesuai sikon jalan.
Kejadian betulan, saya pakai xtrail 2.500cc dulu, kota² 1:6-8kml
Evalia 1.500cc kota² kok 1:7-9
Lah yaaa terasa boros dong hahaha
Omong-omong diesel.. saya pernah bandingkan. Dan ini my humble opinion.
Kenapa mesin toyota durable? Umumnya dia teknologi standar/agak obsolete dan safety net nya cukup besar. Misalnya dari power yang secukupnya, dengan salah satu pengamannya adalah kapasitas penggunaan oli nya banyak.
Perbandingan sederhana, disaat mesin pabrikan lain sudah mengandalkan sensor dan elektrikal sederhana (durable juga tapi lebih presisi dan ada potensi kegagalan elektronik)
Contohnya avanza masih pake tali gas, dimana yang lain sudah elektrikal maf sensor.
Pada mesin bensin :
Mesin 1TR innova 2000cc olinya 5 liter tenaga di 136hp, mesin QR25 xtrail 2500cc pakai 4 liter oli dengan tenaga 170hp.
Kalau harga olinya 100-150rb per liter, 1 liter extra oli terasa lo di nota hehehe.
Ah ada yang murah, biasanya sae kental, dan kurang cocok untuk mesinnya. Nanti keluhannya jadi mesin terasa berat gasnya. Ujung2nya injek² gas juga, boros juga.
Ini hanya sedikit contoh.. bahwa beli selain toyota memang banyak teknologi yang harus dibayar saat maintenance.
Nah perbedaannya, kalau sekarang mobil mesin diesel bbm nya murah, maintenancenya perlu mahal, contohnya ganti filter solar, ganti filter oli, oli lebih banyak dan harus kualitas bagus (mahal)
Dihitung-hitung. Kalau bukan apple to apple BBM subsidi (p-lite vs solar busuk) somehow lebih murah mobil bensin. Hitungnya sekalian harga beli kendaraannya ya.
Kalau sudah diesel dan harus bbm solar bagus, pasti iritnya mirip pakai mesin bensin yang bbmnya non subsidi.
In the long run.. saya masih pilih mesin bensin yang bisa tenggak BBM subsidi. Karena umumnya perawatan lebih sederhana, lebih sedikit bahan habis pakai, lebih sedikit mikir ramuan-ramuan untuk menjaga kesehatan mesin.
Sorry to say, HRv 1500cc tapi harus pertamax dan dapat 1:11kml perkotaan vs CRV/Xtrail 2500cc lawas bisa 1:7kml kota² pakai pertalite, lebih enak dikendarai. Kayaknya habisnya duit mirip².
Dulu jaman premium/pertalite selisih jauh dari pertamax, meski boros habisnya uang malah lebih sedikit hehehe.
Tapi kembali ke kebutuhan. Ya betul mobil kecil akan lebih irit dalam penggunaan lama oleh karena memikirkan juga maintenance lainnya spt parts lebih murah, ban lebih kecil = lebih murah.. dsb dsb..
Selamat memilih, kalau ragu, kembalilah ke Toyota. Kalau mencari pengalaman berkendara, beranilah memilih non Toyota.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Saran mobcas utk family
Saya setuju dengan anda,buat mobil kerja yang kuat disiksa memang cocok pakai daihatsu,toyota,isuzu yang masih banyak mekanikal yang dibuat untuk disiksa minusnya di kenyamananakbarfit wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 0:24 Saya akan menganggap bahwa tiap opsi selain Toyota Honda, kalau memang memilih opsi itu harus sudah siap rencana bengkel spesialis dimana yang terdekat dan terpercaya di kota nya atau kota sebelahnya.
Mahal murah parts itu biasanya akan mirip² dan unda undi pada level sekelas.
Lokasi dimana om?
Kalau kota besar, bisa ada opsi lain.
Mazda 8
Serena C26
Toyota APV alias Nav1/Noah lama
Kalau cari murah harian tidak lain tidak bukan diesel saja.
H1 diesel kalo betul mesinnya D4BH = 4D56 mitsu, tetapi versi hyundai. Masih banyak persamaan fast moving
Toyota Innova Reborn, kalau jawabannya ini terkait kemudahan penggunaan dan worry free ya tidak ada lawan.
Alphard lawas dan Elgrand lawas juga masuk harganya... Tapi premium surcharge dari pajak dan parts pengganti lumayan terasa.
Selebihnya kembali pada opsi mainstream.
Kalau ngomong irit, rata² mobil perkotaan mesin kecil akan didesain pada 1:9-13km/l
Kurang dari itu jalan terlalu padat/pendek²
Lebih dari itu bonus dan mungkin situasi wilayah lebih lancar/banyak jalan panjang.
Kalau sudah ngomong mesin 1500cc model sliding, biasanya mobilnya lemot dan agak boros. Betul mesin kecil tp rasa berkendara ga meledak² jadi rasanya boros aja di gas ga bisa.
Makanya kelas ini agak jarang, freed sienta evalia semua keluhan sama. Relatif tidak bertenaga krn didesain utk smooth driving.
Kalau sudah bilang 2000cc an... Bensin pasti sekitar 1:6-11kml perkotaan. Lebih kurangnya sesuai sikon jalan.
Kejadian betulan, saya pakai xtrail 2.500cc dulu, kota² 1:6-8kml
Evalia 1.500cc kota² kok 1:7-9
Lah yaaa terasa boros dong hahaha
Omong-omong diesel.. saya pernah bandingkan. Dan ini my humble opinion.
Kenapa mesin toyota durable? Umumnya dia teknologi standar/agak obsolete dan safety net nya cukup besar. Misalnya dari power yang secukupnya, dengan salah satu pengamannya adalah kapasitas penggunaan oli nya banyak.
Perbandingan sederhana, disaat mesin pabrikan lain sudah mengandalkan sensor dan elektrikal sederhana (durable juga tapi lebih presisi dan ada potensi kegagalan elektronik)
Contohnya avanza masih pake tali gas, dimana yang lain sudah elektrikal maf sensor.
Pada mesin bensin :
Mesin 1TR innova 2000cc olinya 5 liter tenaga di 136hp, mesin QR25 xtrail 2500cc pakai 4 liter oli dengan tenaga 170hp.
Kalau harga olinya 100-150rb per liter, 1 liter extra oli terasa lo di nota hehehe.
Ah ada yang murah, biasanya sae kental, dan kurang cocok untuk mesinnya. Nanti keluhannya jadi mesin terasa berat gasnya. Ujung2nya injek² gas juga, boros juga.
Ini hanya sedikit contoh.. bahwa beli selain toyota memang banyak teknologi yang harus dibayar saat maintenance.
Nah perbedaannya, kalau sekarang mobil mesin diesel bbm nya murah, maintenancenya perlu mahal, contohnya ganti filter solar, ganti filter oli, oli lebih banyak dan harus kualitas bagus (mahal)
Dihitung-hitung. Kalau bukan apple to apple BBM subsidi (p-lite vs solar busuk) somehow lebih murah mobil bensin. Hitungnya sekalian harga beli kendaraannya ya.
Kalau sudah diesel dan harus bbm solar bagus, pasti iritnya mirip pakai mesin bensin yang bbmnya non subsidi.
In the long run.. saya masih pilih mesin bensin yang bisa tenggak BBM subsidi. Karena umumnya perawatan lebih sederhana, lebih sedikit bahan habis pakai, lebih sedikit mikir ramuan-ramuan untuk menjaga kesehatan mesin.
Sorry to say, HRv 1500cc tapi harus pertamax dan dapat 1:11kml perkotaan vs CRV/Xtrail 2500cc lawas bisa 1:7kml kota² pakai pertalite, lebih enak dikendarai. Kayaknya habisnya duit mirip².
Dulu jaman premium/pertalite selisih jauh dari pertamax, meski boros habisnya uang malah lebih sedikit hehehe.
Tapi kembali ke kebutuhan. Ya betul mobil kecil akan lebih irit dalam penggunaan lama oleh karena memikirkan juga maintenance lainnya spt parts lebih murah, ban lebih kecil = lebih murah.. dsb dsb..
Selamat memilih, kalau ragu, kembalilah ke Toyota. Kalau mencari pengalaman berkendara, beranilah memilih non Toyota.
Kalau soal bahan bakar sebenernya untuk mobil yg jarak tempuh dibawah 150km/hari memang masih worthed pakai mobil bensin daripada mobil diesel dengan alasan harga beli,bbm (asumsi bbm non subsidi)&perawatan
Dan juga Weight to power ratio juga berpengaruh
muatan 5 orang kebawah juga masih worthed pakai mesin bensin
Kalau sudah muat 6 orang keatas atau mobil dengan pintu geser worthed pakai mesin diesel atau supercharger atau bensin hybrid diatas 2000cc karena torsi dari rpm bawah sangat membantu untuk mengangkat berat segitu besar,memang seharusnya honda freed pake mesin supercharger/hybrid/diesel 2500cc sih supaya nyaman dipakai
contoh mobil dengan muatan orang 5 orang lebih enak pakai xtrail/crv mesin 2400cc karena konsumsi bbmnya tidak beda banyak dengan hatchback 1500cc tapi tenaga mesin besar tidak bohong,meskipun mesin 1500cc turbo tetap beda dengan mesin 2400 N/A karena turbo baru bekerja di rpm tinggi dan perawatan mesin N/A jauh lebih mudah daripada mesin turbo
Hatchback seperti jazz mesin 1500cc karena jazz kalau dimuat orang 5 juga boros dan boyo paling maximal untuk hatchback 1500cc dimuat 3 orang
Hatchback mesin 1000-1200 tidak beda banyak juga kons bbmnya dengan mesin 1500cc dan layaknya dimuati max 2 orang tapi mengorbankan kenyamanan jauh dibawah mobil 1500cc karena part2nya tipis semua
Mesin turbo cc kecil bagaimana?kalo menurut pendapat saya mesin turbo enak buat yg suka kecepatan tinggi tapi beban ikut beban mesin N/A diatas tapi ya dibayar dengan bahan bakar yang harus lebih bagus kualitasnya bukan pas2an
Mesin supercharger,nah kebetulan saya belum pernah punya/cobain mobil supercharger tapi kalau yang saya lihat dari research, ini cocok untuk mobil cc 2500 keatas karena aliran intake akan membebani pully mesin tapi tenaganya seharusnya linear dari bawah
Last edited by zonepublic on Wed Nov 27, 2024 6:18, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 938
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Saran mobcas utk family
kalo dari sisi peace of mind sama ga rewel, pasti reborn diesel. tapi gabakal ada yang lepas dibawah 200 menurut saya. dicekokin biosolar trus di remap uda enak banget bawanya, hemat dikantong pula. km/l bisa hampir se zenix hybrid kalo eco driving.masprie wrote: ↑Mon Nov 25, 2024 16:10 Malam agan2 semua, mohon sarannya utk beli mobcas kedua saya (sebelumnya kia sedona bensin 2006) dg kisaran harga 130 - 170 juta dg kebutuhan
- 7 seater
- irit bbm
- mudah dan murah maintenance
- cabin lega dan nyaman
- prefer sliding door
- pajak tahunan ga tll mahal
Kandidat
- biante
- freed
- h1 solar
- innova reborn diesel
lebih masuk biante sih tapi body gambot roti tawar jangan harap bisa irit
pecinta bio solar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 938
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Saran mobcas utk family
turbo cc kecil selama masih dipegang toyota sih pasti sanggup dicekokin pertalit ya. buktinya sodara saya uda 25rebu km raize turbo aman aja pake pertalit (uda hampir 3 tahun). pas saya bawa juga ga berasa lemot, gasnya enteng enteng aja. malah saya ngerasa suspensinya tralu lembut buat ngebut, jadi kurang pede kalo di tol bawanya uda diatas 120zonepublic wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 6:07Saya setuju dengan anda,buat mobil kerja yang kuat disiksa memang cocok pakai daihatsu,toyota,isuzu yang masih banyak mekanikal yang dibuat untuk disiksa minusnya di kenyamananakbarfit wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 0:24 Saya akan menganggap bahwa tiap opsi selain Toyota Honda, kalau memang memilih opsi itu harus sudah siap rencana bengkel spesialis dimana yang terdekat dan terpercaya di kota nya atau kota sebelahnya.
Mahal murah parts itu biasanya akan mirip² dan unda undi pada level sekelas.
Lokasi dimana om?
Kalau kota besar, bisa ada opsi lain.
Mazda 8
Serena C26
Toyota APV alias Nav1/Noah lama
Kalau cari murah harian tidak lain tidak bukan diesel saja.
H1 diesel kalo betul mesinnya D4BH = 4D56 mitsu, tetapi versi hyundai. Masih banyak persamaan fast moving
Toyota Innova Reborn, kalau jawabannya ini terkait kemudahan penggunaan dan worry free ya tidak ada lawan.
Alphard lawas dan Elgrand lawas juga masuk harganya... Tapi premium surcharge dari pajak dan parts pengganti lumayan terasa.
Selebihnya kembali pada opsi mainstream.
Kalau ngomong irit, rata² mobil perkotaan mesin kecil akan didesain pada 1:9-13km/l
Kurang dari itu jalan terlalu padat/pendek²
Lebih dari itu bonus dan mungkin situasi wilayah lebih lancar/banyak jalan panjang.
Kalau sudah ngomong mesin 1500cc model sliding, biasanya mobilnya lemot dan agak boros. Betul mesin kecil tp rasa berkendara ga meledak² jadi rasanya boros aja di gas ga bisa.
Makanya kelas ini agak jarang, freed sienta evalia semua keluhan sama. Relatif tidak bertenaga krn didesain utk smooth driving.
Kalau sudah bilang 2000cc an... Bensin pasti sekitar 1:6-11kml perkotaan. Lebih kurangnya sesuai sikon jalan.
Kejadian betulan, saya pakai xtrail 2.500cc dulu, kota² 1:6-8kml
Evalia 1.500cc kota² kok 1:7-9
Lah yaaa terasa boros dong hahaha
Omong-omong diesel.. saya pernah bandingkan. Dan ini my humble opinion.
Kenapa mesin toyota durable? Umumnya dia teknologi standar/agak obsolete dan safety net nya cukup besar. Misalnya dari power yang secukupnya, dengan salah satu pengamannya adalah kapasitas penggunaan oli nya banyak.
Perbandingan sederhana, disaat mesin pabrikan lain sudah mengandalkan sensor dan elektrikal sederhana (durable juga tapi lebih presisi dan ada potensi kegagalan elektronik)
Contohnya avanza masih pake tali gas, dimana yang lain sudah elektrikal maf sensor.
Pada mesin bensin :
Mesin 1TR innova 2000cc olinya 5 liter tenaga di 136hp, mesin QR25 xtrail 2500cc pakai 4 liter oli dengan tenaga 170hp.
Kalau harga olinya 100-150rb per liter, 1 liter extra oli terasa lo di nota hehehe.
Ah ada yang murah, biasanya sae kental, dan kurang cocok untuk mesinnya. Nanti keluhannya jadi mesin terasa berat gasnya. Ujung2nya injek² gas juga, boros juga.
Ini hanya sedikit contoh.. bahwa beli selain toyota memang banyak teknologi yang harus dibayar saat maintenance.
Nah perbedaannya, kalau sekarang mobil mesin diesel bbm nya murah, maintenancenya perlu mahal, contohnya ganti filter solar, ganti filter oli, oli lebih banyak dan harus kualitas bagus (mahal)
Dihitung-hitung. Kalau bukan apple to apple BBM subsidi (p-lite vs solar busuk) somehow lebih murah mobil bensin. Hitungnya sekalian harga beli kendaraannya ya.
Kalau sudah diesel dan harus bbm solar bagus, pasti iritnya mirip pakai mesin bensin yang bbmnya non subsidi.
In the long run.. saya masih pilih mesin bensin yang bisa tenggak BBM subsidi. Karena umumnya perawatan lebih sederhana, lebih sedikit bahan habis pakai, lebih sedikit mikir ramuan-ramuan untuk menjaga kesehatan mesin.
Sorry to say, HRv 1500cc tapi harus pertamax dan dapat 1:11kml perkotaan vs CRV/Xtrail 2500cc lawas bisa 1:7kml kota² pakai pertalite, lebih enak dikendarai. Kayaknya habisnya duit mirip².
Dulu jaman premium/pertalite selisih jauh dari pertamax, meski boros habisnya uang malah lebih sedikit hehehe.
Tapi kembali ke kebutuhan. Ya betul mobil kecil akan lebih irit dalam penggunaan lama oleh karena memikirkan juga maintenance lainnya spt parts lebih murah, ban lebih kecil = lebih murah.. dsb dsb..
Selamat memilih, kalau ragu, kembalilah ke Toyota. Kalau mencari pengalaman berkendara, beranilah memilih non Toyota.
Kalau soal bahan bakar sebenernya untuk mobil yg jarak tempuh dibawah 150km/hari memang masih worthed pakai mobil bensin daripada mobil diesel dengan alasan harga beli,bbm (asumsi bbm non subsidi)&perawatan
Dan juga Weight to power ratio juga berpengaruh
muatan 5 orang kebawah juga masih worthed pakai mesin bensin
Kalau sudah muat 6 orang keatas atau mobil dengan pintu geser worthed pakai mesin diesel atau supercharger atau bensin hybrid diatas 2000cc karena torsi dari rpm bawah sangat membantu untuk mengangkat berat segitu besar,memang seharusnya honda freed pake mesin supercharger/hybrid/diesel 2500cc sih supaya nyaman dipakai
contoh mobil dengan muatan orang 5 orang lebih enak pakai xtrail/crv mesin 2400cc karena konsumsi bbmnya tidak beda banyak dengan hatchback 1500cc tapi tenaga mesin besar tidak bohong,meskipun mesin 1500cc turbo tetap beda dengan mesin 2400 N/A karena turbo baru bekerja di rpm tinggi dan perawatan mesin N/A jauh lebih mudah daripada mesin turbo
Hatchback seperti jazz mesin 1500cc karena jazz kalau dimuat orang 5 juga boros dan boyo paling maximal untuk hatchback 1500cc dimuat 3 orang
Hatchback mesin 1000-1200 tidak beda banyak juga kons bbmnya dengan mesin 1500cc dan layaknya dimuati max 2 orang tapi mengorbankan kenyamanan jauh dibawah mobil 1500cc karena part2nya tipis semua
Mesin turbo cc kecil bagaimana?kalo menurut pendapat saya mesin turbo enak buat yg suka kecepatan tinggi tapi beban ikut beban mesin N/A diatas tapi ya dibayar dengan bahan bakar yang harus lebih bagus kualitasnya bukan pas2an
Mesin supercharger,nah kebetulan saya belum pernah punya/cobain mobil supercharger tapi kalau yang saya lihat dari research, ini cocok untuk mobil cc 2500 keatas karena aliran intake akan membebani pully mesin tapi tenaganya seharusnya linear dari bawah
pecinta bio solar
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Saran mobcas utk family
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Saran mobcas utk family
Nah itulah saya ga tahu desain mesinnya gimana pake turbo sepertinya boostnya kecil sih supaya bisa dikasih bbm kompresi rendah,hasilnya yaa powernya ga setinggi mesin ecoboost ford fiesta yg sama2 3 silinder turbo jugactopher7 wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 6:22
turbo cc kecil selama masih dipegang toyota sih pasti sanggup dicekokin pertalit ya. buktinya sodara saya uda 25rebu km raize turbo aman aja pake pertalit (uda hampir 3 tahun). pas saya bawa juga ga berasa lemot, gasnya enteng enteng aja. malah saya ngerasa suspensinya tralu lembut buat ngebut, jadi kurang pede kalo di tol bawanya uda diatas 120
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Saran mobcas utk family
Ahh kalau cuma sekadar kuat dicekokin pertalit mah gawsa atoyot, selama merek Asia mah aman laa... Liat aja itu mesin sekaiaktif mazdut udh 1 dekade malang melintang di indo pernah denger ga mesinnya bermasalah gegara dicekokin pertalit? Kayanya jarang kan? Mesin 1.5 turbonya honda juga pernah denger ga bermasalah gegara dicekokin pertalit? Jarang juga ya kayanya...ctopher7 wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 6:22
turbo cc kecil selama masih dipegang toyota sih pasti sanggup dicekokin pertalit ya. buktinya sodara saya uda 25rebu km raize turbo aman aja pake pertalit (uda hampir 3 tahun). pas saya bawa juga ga berasa lemot, gasnya enteng enteng aja. malah saya ngerasa suspensinya tralu lembut buat ngebut, jadi kurang pede kalo di tol bawanya uda diatas 120
Mesin bengsin ini kayanya mah emang lebih gak sensian ya sama bbm kualitas rendah. Paling mentok jadi lemot, boros, atau gelitik aja. Beda ama mesin diesel modern, kena solbus tp gapernah ganti filsol? siap2 kena injector...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran mobcas utk family
kalo diantara semua saya vote innova reborn diesel diluar kriteria sliding doornya. tp sepertinya budget segitu gabakal dpt, yg model grand atau barong aja masih agak berat, plg dptnya yg model 2011 kebawah model FL1 kalo mau innova diesel. or kalo kandidat lainnya dari semua opsi saya vote freed, sepertinya dpt yg 2014-2015 model PSD. or kalo mau alternatif bisa consider serena c24 or c26 HWS keluaran awal or NAV 1. kalo mau yg mudaan, bisa consider ertiga 2014-2018 or sienta 2016-2017. sepertinya masuk budgetmasprie wrote: ↑Mon Nov 25, 2024 16:10 Malam agan2 semua, mohon sarannya utk beli mobcas kedua saya (sebelumnya kia sedona bensin 2006) dg kisaran harga 130 - 170 juta dg kebutuhan
- 7 seater
- irit bbm
- mudah dan murah maintenance
- cabin lega dan nyaman
- prefer sliding door
- pajak tahunan ga tll mahal
Kandidat
- biante
- freed
- h1 solar
- innova reborn diesel
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 938
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Saran mobcas utk family
untuk diesel, saya juga bisa bilang selama diesel toyota sih uda disiapin buat dicekokin solbus juga. saya pake fortuner 2021 isi solbus uda 51 rebu km gaada kenapa napa, muncul check engine tinggal direset aja (kadang muncul kalo dapet bbmnya lg busuk bgt ). yang iart stau sya uda pake piezo injector, dan saya punya juga uda di remap. kalo diitung selisihnya anggep aja 6000 per liter, 1:10. kalo jalan 60 rebu km brarti perlu 6000 liter = 36 jt penghematan, dah untung kalo ganti 4 biji injector jgrakyatwkwkland wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 10:42Ahh kalau cuma sekadar kuat dicekokin pertalit mah gawsa atoyot, selama merek Asia mah aman laa... Liat aja itu mesin sekaiaktif mazdut udh 1 dekade malang melintang di indo pernah denger ga mesinnya bermasalah gegara dicekokin pertalit? Kayanya jarang kan? Mesin 1.5 turbonya honda juga pernah denger ga bermasalah gegara dicekokin pertalit? Jarang juga ya kayanya...ctopher7 wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 6:22
turbo cc kecil selama masih dipegang toyota sih pasti sanggup dicekokin pertalit ya. buktinya sodara saya uda 25rebu km raize turbo aman aja pake pertalit (uda hampir 3 tahun). pas saya bawa juga ga berasa lemot, gasnya enteng enteng aja. malah saya ngerasa suspensinya tralu lembut buat ngebut, jadi kurang pede kalo di tol bawanya uda diatas 120
Mesin bengsin ini kayanya mah emang lebih gak sensian ya sama bbm kualitas rendah. Paling mentok jadi lemot, boros, atau gelitik aja. Beda ama mesin diesel modern, kena solbus tp gapernah ganti filsol? siap2 kena injector...
pecinta bio solar
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 09, 2019 12:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza 2010
Re: Saran mobcas utk family
Kalau odissey gmn om? Dibanding biantesatriakarisma wrote: ↑Tue Nov 26, 2024 2:15 dari opsinya ya freed, tapi terlalu di goreng.
sienta juga ok dapat yang lebih mudaan.
reborn diesel gk dapat segitu Om
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 09, 2019 12:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza 2010
Re: Saran mobcas utk family
Handling dan kebandelannya gmn om?KielConstantine wrote: ↑Tue Nov 26, 2024 14:20Udah bener ini. Sebelomnya udah biasa pelihara KIA. Pelihara sodaranya h miring pasti mirip2 rasanya.
Ini mobil termasuk sadis sih dieselnya powerful (sama yg dipake santa-fe & palisade), dan emang denger2 bisa nenggak biosolar no problem at all
Yg penting rajin gonta ganti filsol; sama oli diesel kasih yg bagusan macem Q8/AMS biar tahan minum solar busuk
Innova lupain, sasis truck cocoknya buat bawa barang.
Kasian keluarga
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 09, 2019 12:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza 2010
Re: Saran mobcas utk family
Makasih om insightnya...utama sih yg bisa muat banyak anak2...krn utk jenguk dan antar jemput kalau liburan anak2 dan ponakan yg mondok di pesantren solo (total penumpang bisa 2-4 dewasa, 2 SMA, 2 SMP dan 2 SD)akbarfit wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 0:24 Saya akan menganggap bahwa tiap opsi selain Toyota Honda, kalau memang memilih opsi itu harus sudah siap rencana bengkel spesialis dimana yang terdekat dan terpercaya di kota nya atau kota sebelahnya.
Mahal murah parts itu biasanya akan mirip² dan unda undi pada level sekelas.
Lokasi dimana om?
Kalau kota besar, bisa ada opsi lain.
Mazda 8
Serena C26
Toyota APV alias Nav1/Noah lama
Kalau cari murah harian tidak lain tidak bukan diesel saja.
H1 diesel kalo betul mesinnya D4BH = 4D56 mitsu, tetapi versi hyundai. Masih banyak persamaan fast moving
Toyota Innova Reborn, kalau jawabannya ini terkait kemudahan penggunaan dan worry free ya tidak ada lawan.
Alphard lawas dan Elgrand lawas juga masuk harganya... Tapi premium surcharge dari pajak dan parts pengganti lumayan terasa.
Selebihnya kembali pada opsi mainstream.
Kalau ngomong irit, rata² mobil perkotaan mesin kecil akan didesain pada 1:9-13km/l
Kurang dari itu jalan terlalu padat/pendek²
Lebih dari itu bonus dan mungkin situasi wilayah lebih lancar/banyak jalan panjang.
Kalau sudah ngomong mesin 1500cc model sliding, biasanya mobilnya lemot dan agak boros. Betul mesin kecil tp rasa berkendara ga meledak² jadi rasanya boros aja di gas ga bisa.
Makanya kelas ini agak jarang, freed sienta evalia semua keluhan sama. Relatif tidak bertenaga krn didesain utk smooth driving.
Kalau sudah bilang 2000cc an... Bensin pasti sekitar 1:6-11kml perkotaan. Lebih kurangnya sesuai sikon jalan.
Kejadian betulan, saya pakai xtrail 2.500cc dulu, kota² 1:6-8kml
Evalia 1.500cc kota² kok 1:7-9
Lah yaaa terasa boros dong hahaha
Omong-omong diesel.. saya pernah bandingkan. Dan ini my humble opinion.
Kenapa mesin toyota durable? Umumnya dia teknologi standar/agak obsolete dan safety net nya cukup besar. Misalnya dari power yang secukupnya, dengan salah satu pengamannya adalah kapasitas penggunaan oli nya banyak.
Perbandingan sederhana, disaat mesin pabrikan lain sudah mengandalkan sensor dan elektrikal sederhana (durable juga tapi lebih presisi dan ada potensi kegagalan elektronik)
Contohnya avanza masih pake tali gas, dimana yang lain sudah elektrikal maf sensor.
Pada mesin bensin :
Mesin 1TR innova 2000cc olinya 5 liter tenaga di 136hp, mesin QR25 xtrail 2500cc pakai 4 liter oli dengan tenaga 170hp.
Kalau harga olinya 100-150rb per liter, 1 liter extra oli terasa lo di nota hehehe.
Ah ada yang murah, biasanya sae kental, dan kurang cocok untuk mesinnya. Nanti keluhannya jadi mesin terasa berat gasnya. Ujung2nya injek² gas juga, boros juga.
Ini hanya sedikit contoh.. bahwa beli selain toyota memang banyak teknologi yang harus dibayar saat maintenance.
Nah perbedaannya, kalau sekarang mobil mesin diesel bbm nya murah, maintenancenya perlu mahal, contohnya ganti filter solar, ganti filter oli, oli lebih banyak dan harus kualitas bagus (mahal)
Dihitung-hitung. Kalau bukan apple to apple BBM subsidi (p-lite vs solar busuk) somehow lebih murah mobil bensin. Hitungnya sekalian harga beli kendaraannya ya.
Kalau sudah diesel dan harus bbm solar bagus, pasti iritnya mirip pakai mesin bensin yang bbmnya non subsidi.
In the long run.. saya masih pilih mesin bensin yang bisa tenggak BBM subsidi. Karena umumnya perawatan lebih sederhana, lebih sedikit bahan habis pakai, lebih sedikit mikir ramuan-ramuan untuk menjaga kesehatan mesin.
Sorry to say, HRv 1500cc tapi harus pertamax dan dapat 1:11kml perkotaan vs CRV/Xtrail 2500cc lawas bisa 1:7kml kota² pakai pertalite, lebih enak dikendarai. Kayaknya habisnya duit mirip².
Dulu jaman premium/pertalite selisih jauh dari pertamax, meski boros habisnya uang malah lebih sedikit hehehe.
Tapi kembali ke kebutuhan. Ya betul mobil kecil akan lebih irit dalam penggunaan lama oleh karena memikirkan juga maintenance lainnya spt parts lebih murah, ban lebih kecil = lebih murah.. dsb dsb..
Selamat memilih, kalau ragu, kembalilah ke Toyota. Kalau mencari pengalaman berkendara, beranilah memilih non Toyota.
Smtr agak menjurus ke biante, tapi googling lagi jadi keracunan Pilihan nambah oddisey, mazda 8, alphard gen 2
Review nya
- FC
- pajak
- biaya servis dan sparepart
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 09, 2019 12:47
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza 2010
Re: Saran mobcas utk family
Sori kena typo...harusnya mobkas yah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Saran mobcas utk family
51 rb km mah masi geli2 aja ituu... biasanya kan jangka panjang dan tanpa treatment apa2. Pernah ganti filter solar?ctopher7 wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 16:56untuk diesel, saya juga bisa bilang selama diesel toyota sih uda disiapin buat dicekokin solbus juga. saya pake fortuner 2021 isi solbus uda 51 rebu km gaada kenapa napa, muncul check engine tinggal direset aja (kadang muncul kalo dapet bbmnya lg busuk bgt ). yang iart stau sya uda pake piezo injector, dan saya punya juga uda di remap. kalo diitung selisihnya anggep aja 6000 per liter, 1:10. kalo jalan 60 rebu km brarti perlu 6000 liter = 36 jt penghematan, dah untung kalo ganti 4 biji injector jgrakyatwkwkland wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 10:42Ahh kalau cuma sekadar kuat dicekokin pertalit mah gawsa atoyot, selama merek Asia mah aman laa... Liat aja itu mesin sekaiaktif mazdut udh 1 dekade malang melintang di indo pernah denger ga mesinnya bermasalah gegara dicekokin pertalit? Kayanya jarang kan? Mesin 1.5 turbonya honda juga pernah denger ga bermasalah gegara dicekokin pertalit? Jarang juga ya kayanya...ctopher7 wrote: ↑Wed Nov 27, 2024 6:22
turbo cc kecil selama masih dipegang toyota sih pasti sanggup dicekokin pertalit ya. buktinya sodara saya uda 25rebu km raize turbo aman aja pake pertalit (uda hampir 3 tahun). pas saya bawa juga ga berasa lemot, gasnya enteng enteng aja. malah saya ngerasa suspensinya tralu lembut buat ngebut, jadi kurang pede kalo di tol bawanya uda diatas 120
Mesin bengsin ini kayanya mah emang lebih gak sensian ya sama bbm kualitas rendah. Paling mentok jadi lemot, boros, atau gelitik aja. Beda ama mesin diesel modern, kena solbus tp gapernah ganti filsol? siap2 kena injector...
Itu mesin2 bus eropa apa ga kena cekok solbus semua? ratusan ribu km ditempuh... entah lah ya pernah ganti injektor kah mereka?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15
Re: Saran mobcas utk family
kalau saya sih om.. dengan kondisi keluarga sebanyak itu..
kebetulan prnh pny Terios, Sienta, Innova Bensin, Reborn 2GD dan Serena.. dg budget segitu sy pilih serenaC26, kyknya dapat yg FL tahun 2015-2016. kl masih di jawa masih banyak bengkel spesialisnya.
vs Biante. interior lebih lega C26, FC BBM..? kayknya sama aja. luar kota bs dpt 1:11-12.
cuma kelemahannya kl sering di bawa ke yg nanjak2 harus ekstra sabar..
pilihan ke 2 sienta Q ini mobil asli enak menurut gw..
dengan budget segitu palingan avanza. reborn bensin jg ga dpt kyknya apalagi yg diesel apalagi yg V diesel...
pilihan lain Nav 1, ini jg enak dan lega... cuma interior jadul menurut gw
kalau Odyssey sih enak....tapi boros krn 2400cc dan sparepart mahal krn termasuk mobil mewah dan jarang kw2an
cmiiw
kebetulan prnh pny Terios, Sienta, Innova Bensin, Reborn 2GD dan Serena.. dg budget segitu sy pilih serenaC26, kyknya dapat yg FL tahun 2015-2016. kl masih di jawa masih banyak bengkel spesialisnya.
vs Biante. interior lebih lega C26, FC BBM..? kayknya sama aja. luar kota bs dpt 1:11-12.
cuma kelemahannya kl sering di bawa ke yg nanjak2 harus ekstra sabar..
pilihan ke 2 sienta Q ini mobil asli enak menurut gw..
dengan budget segitu palingan avanza. reborn bensin jg ga dpt kyknya apalagi yg diesel apalagi yg V diesel...
pilihan lain Nav 1, ini jg enak dan lega... cuma interior jadul menurut gw
kalau Odyssey sih enak....tapi boros krn 2400cc dan sparepart mahal krn termasuk mobil mewah dan jarang kw2an
cmiiw
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28