Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1169
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ctopher7 »

msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54
Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya... :mky_05:
nissan kicks kan kira kira cara kerjanya begini. Tuh mod ChZ dah marah marah ke beres batu makam karna baru beberapa tahun pemakaian jadinya boros dan sama aja konsumsi bbmnya kaya mobil lmpv, gaada jawaban juga dari mereka :big_dunno:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1169
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ctopher7 »

DOHC wrote: Mon Jan 27, 2025 3:23
ilhami wrote: Mon Jan 27, 2025 1:15 topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik :ngacir:
baguslah

bosen jg liatnya oli mulu

lama2 ganti jadi serayaOli
serayaHandTools mbah :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2456
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by darrelund »

msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54
Teori yang menarik, berarti dia 'belajar' dari cara mengemudi kitanya ya? Terus kalau ganti CVT (atau minimal ganti komputer CVT), blo'on lagi dong?
semua transmisi modern memang gitu mbah, ini salah satu faktor yg bikin mobil kerasa "nurut". karena memang bisa learning komputernya

jangankan ganti mbah, TCU juga bisa di reset, itu behavior yg sudah di learn akan hilang semua. dan kembali ke settingan pabrik
Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda

Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya... :mky_05:
ini serial hybrid mbah

nissan e-power modelnya gitu, ada 2-3 settingan rpm. cuma ah sudahlah :big_biglaugh: . mbah chz pasti paham
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

Untuk kasus nissan e-power mungkin baterai sudah mulai aus. Efisiensi charging baterai sudah tidak bagus lagi.
Mirip dengan kasus hape lama, baterai agak kembung, kalau di charge butuh waktu lama lebih dari 2 jam.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2456
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by darrelund »

ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 8:24 Untuk kasus nissan e-power mungkin baterai sudah mulai aus. Efisiensi charging baterai sudah tidak bagus lagi.
Mirip dengan kasus hape lama, baterai agak kembung, kalau di charge butuh waktu lama lebih dari 2 jam.
makanya minusnya e power /serial ya gitu, batere harus sehat, klo ga mesin charging rpm tinggi terus, fuel cons ambruk dah :big_biglaugh:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by azu »

Kalau pasang oil cooler external kaya gini utk gantiin CVT Warmer bisa bikin umur CVT Fluid lebih panjang kayanya :mky_01:

https://tokopedia.link/l6PZZXLywQb
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong :ngacir:

jalan raya tapi realitasnya gang
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12356
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong :ngacir:

jalan raya tapi realitasnya gang
Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.

Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%

Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by singachu »

msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
wah bisa sesignificant itu bedanya ?
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
nissan kicks

regards,
singachu
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12356
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

singachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
wah bisa sesignificant itu bedanya ?
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
nissan kicks

regards,
singachu
Nissan epower


Mksdnya mau adopt kyk locomotive.

Klo loco diesel electric tepat spt itu (tanpa batre besar), krn efisensi girboks TC, untuk gerakin benda 80-90rb ton + 10 gerbong, udh gak bisa didapat.
Sehingga lbh efisien drivetrain pk motor listrik 2250 HP + diesel sbg genset.
Dgn cruising speed 100 km/h on gps :mky_03:

Klo mobil lbh efisien dan lower cost, ya mesin bs gerakin roda lgs via girboks.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

kalau lokomotif memakai motor listrik, salah satunya karena bisa diatur pelan-pelan bergerak nya supaya roda tidak selip (mekanisme traction control). Keuntungan lain juga banyak seperti tidak butuh gearbox dsb
Tapi kalau banjir nggak bisa lewat :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12356
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Wed Jan 29, 2025 3:54 kalau lokomotif memakai motor listrik, salah satunya karena bisa diatur pelan-pelan bergerak nya supaya roda tidak selip (mekanisme traction control). Keuntungan lain juga banyak seperti tidak butuh gearbox dsb
Tapi kalau banjir nggak bisa lewat :ngacir:
kesetrum 1500 volt DC :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

ctopher7 wrote: Mon Jan 27, 2025 5:12nissan kicks kan kira kira cara kerjanya begini. Tuh mod ChZ dah marah marah ke beres batu makam karna baru beberapa tahun pemakaian jadinya boros dan sama aja konsumsi bbmnya kaya mobil lmpv, gaada jawaban juga dari mereka :big_dunno:
darrelund wrote: Tue Jan 28, 2025 8:16ini serial hybrid mbah
nissan e-power modelnya gitu, ada 2-3 settingan rpm. cuma ah sudahlah :big_biglaugh: . mbah chz pasti paham
ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 8:24Untuk kasus nissan e-power mungkin baterai sudah mulai aus. Efisiensi charging baterai sudah tidak bagus lagi.
Mirip dengan kasus hape lama, baterai agak kembung, kalau di charge butuh waktu lama lebih dari 2 jam.
darrelund wrote: Tue Jan 28, 2025 10:32makanya minusnya e power /serial ya gitu, batere harus sehat, klo ga mesin charging rpm tinggi terus, fuel cons ambruk dah :big_biglaugh:
Oalah, masuk akal. Serial hybrid pasti baterainya terus-terusan charge-discharge. Kalau parallel hybrid kan paling baterai terkuras kalau EV mode, terisi kalau regenerative braking. Dalam 80% kasus tenaga mesin langsung disalurkan ke roda.

Jadi ingat, kemarin sempat lihat post ini:
ilhami wrote: Mon Jan 27, 2025 1:15topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik :ngacir:
Ramai karena emang 2 benda ini yang rentan rusak, sekalinya rusak, mahal pula :mky_01:


azu wrote: Tue Jan 28, 2025 11:25Kalau pasang oil cooler external kaya gini utk gantiin CVT Warmer bisa bikin umur CVT Fluid lebih panjang kayanya :mky_01:

https://tokopedia.link/l6PZZXLywQb
Menurut ane tergantung use case-nya:
  • Kalau kyk mobil ane, hobinya macet-macetan di jalan = oli CVT terlalu panas, bisa jadi sangat ngaruh
  • Kalau pemakaiannya kyk Om Iwan S. (Bekasi-Bandung PP (asumsi via tol dan tidak kebut-kebutan = oli CVT suhunya pas)), mungkin gak ngaruh
  • Kalau kyk mobil adik ane, dipakainya cuma ke Indomaret/mie ayam/bubur ayam dalam komplek = oli CVT kurang panas, mungkin malah memperpendek umur oli CVT

singachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
wah bisa sesignificant itu bedanya ?
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant

regards,
singachu
Iya, segitu bedanya. Mungkin karena Avanza RWD RPMnya rada tinggi (apalagi kalau 4AT), jadi hambatan oli gak begitu pengaruh (lebih pengaruh massa piston + crankshaft). Avanza FWD CVT lari 120 konstan di Cipali RPM cuma 2000-an.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

singachu wrote: Wed Jan 29, 2025 0:05
msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
wah bisa sesignificant itu bedanya ?
aku pakai avanza rwd dual vvti, mau pakai 10-40, 5-30 sekarang 0-20 bedanya ga significant

kalo di saya...seingat saya ga terlalu ngefek oli ini...coba tar pas ganti oli iseng balik lg ke oli gratisan wkwk...
yg ngefek ni bensin...dulu pas pake pertalite avg 1:14...
ganti ke shell super avg 1:15.5 (udah 2 bulanan)....itu MID di speedometer ga pernah sy reset
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:52
Sebenarnya di beres, saya berharap lebih teliti dari bengkel umum, kan lebih mahal? Saya amati, di beres cuma 1-2 orang pemilik/supir yang turun ke lantai servis (sisanya mendekam saja di ruang tunggu).

Gak bisa berharap pemilik/pembawa mobil mantau kerjanya mekanik, gak semuanya ngerti/peduli. Teorinya SA yang mengawasi, minimalnya pengerjaan sesuai prosedur, syukur-syukur lebih teliti dilakukan general check.
Jangan-jangan kejadian ini udah biasa, saya doang yang baru misuh-misuh (karena baru punya mobil) :mky_05: Akhirnya komplain juga ga ada gunanya.
Ya mungkin ada baiknya kita jangan pakai mobilnya buat drag race :mky_02:
sekarang yang terjadi prakteknya

- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
- mekanik? ya udah suruh kerjain nanti bagi komisi sama SA nya lah kan sama-sama nutup target omset.
- customer "diedukasi" butuh pengerjaan a b c d ampe z, keluar bill sekian, ok gas. soalnya gak paham banget, kalau supir, ya kan tinggal claim bosnya.
- akhirnya muncul image bahwa bengkel resmi = mahal. padahal di upselling.

di bengkel spesialis H langganan, SA nya di situ murni kerjain paperwork aja input data dan update pengerjaan. segala hal berkaitan dgn selling di handle sendiri sama owner jadi ya udah. klo mau tanya-tanya mekaniknya langsung apa apa aja yang dikerjain, klo ada perlu penggantian biasa ngomongnya nanti ama bos langsung aja.

betul om, kalau dipake drag race ya automatic biasa bakalan cepet kalah juga. manual juga harus ganti kopling kompetisi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by FR6 »

iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
udah service 50rb km blm Om?
saya user DCVT juga nih, penasaran juga :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4319
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Jan 29, 2025 4:01 kesetrum 1500 volt DC :mky_01:
kirain takut lfloating, roda lepas dari rel jadi derail, tenyata karena ngeri genset toh :big_biglaugh:
FR6 wrote: Thu Feb 06, 2025 6:25 udah service 50rb km blm Om?
saya user DCVT juga nih, penasaran juga :big_biglaugh: :big_biglaugh:
pantauan si dari grup2 platform DNGA, baiknya diganti saja om, jangan tunda2 lagi, juga menurut wejangan mbah2 disini, 30 ribu km baiknya ganti :big_biglaugh: jangan coba2 apalagi oli bawaan pabrik itu kaya begitulah :big_slap:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

daripada ribet vonis cvt putus, perbaikan ganti pelat, belt, pulley

lebih baik vonis ganti baterai genset, 1 jam selesai :ngacir:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 329
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Ibet »

ChZ wrote: Fri Jan 31, 2025 4:04 sekarang yang terjadi prakteknya

- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
- mekanik? ya udah suruh kerjain nanti bagi komisi sama SA nya lah kan sama-sama nutup target omset.
- customer "diedukasi" butuh pengerjaan a b c d ampe z, keluar bill sekian, ok gas. soalnya gak paham banget, kalau supir, ya kan tinggal claim bosnya.
- akhirnya muncul image bahwa bengkel resmi = mahal. padahal di upselling.

di bengkel spesialis H langganan, SA nya di situ murni kerjain paperwork aja input data dan update pengerjaan. segala hal berkaitan dgn selling di handle sendiri sama owner jadi ya udah. klo mau tanya-tanya mekaniknya langsung apa apa aja yang dikerjain, klo ada perlu penggantian biasa ngomongnya nanti ama bos langsung aja.

betul om, kalau dipake drag race ya automatic biasa bakalan cepet kalah juga. manual juga harus ganti kopling kompetisi.
bener ini, karena pemasukan dealer selain jualan mobil, ya jualan spare parts + jasa, body repair
makanya saya suka dicengirin SA kalo servis ke beres

sekarang kalo ke beres saya patokannya kan gampang aja
5w-30 botol biru 105 rb x 4 = 420 rb
washer drain 14mm 10rb
cartridge filter 44 rb
hcf 2 341 rb
washer drain cvt 28 rb

jasa free

total 843 + ppn 11% .. ga sampe cetiaw dah ganti oli 4 liter + ganti oli cvt 3.5 liter
pasti asli spare partsnya

kadang mahalan ke toda lebih mahal, soalnya beli oli lebih mahal pasti ahahaha

biasanya mereka kan bisa jualin engine flush, engine degreaser, engine cleaner, ac defogging, dll
per item bisa 150 - 350 rb, kaliin aja 3 item udah cetiaw sendiri lagi wkwkwk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2979
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by KielConstantine »

ilhami wrote: Fri Feb 07, 2025 1:22 daripada ribet vonis cvt putus, perbaikan ganti pelat, belt, pulley

lebih baik vonis ganti baterai genset, 1 jam selesai :ngacir:
Yooehh

Pabrikan manufaktur mah paling asik. Rusak CVT tinggal ganti segelondong bayar 70jt kelar

Batre kaput, ganti segelondong 100jt kelarr

Makanya cost efficient & time efficient :big_grin:


Yg boncos usernya bgitu out of warranty …
sama second hand market :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

so far join di beberapa grup FB klub avxen, raize & rocky...belum ada yg info belt putus...
biasa keluhan umumnya di avxen di masalah ndut2an (kayaknya settingan ecu-nya ni)..
ama getar di versi trans manual, solved setelah claim ganti driveshaft
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

MSU wrote: Fri Jan 31, 2025 0:44kalo di saya...seingat saya ga terlalu ngefek oli ini...coba tar pas ganti oli iseng balik lg ke oli gratisan wkwk...
yg ngefek ni bensin...dulu pas pake pertalite avg 1:14...
ganti ke shell super avg 1:15.5 (udah 2 bulanan)....itu MID di speedometer ga pernah sy reset
Dulu pas BP ada promo isi 120 liter gratis eMoney 50rb + beli 24 dapat 25 liter (sekarang beli 25 dapat 26 liter), saya pernah pakai BP 92. Kondisi mobil masih baru, rasa-rasanya gak beda jauh konsumsinya... mungkin karena sering dipakai macet-macetan.
Kalau di saya, average konsumsi BBM auto reset setiap habis isi bensin (ada settingnya di MID).


ChZ wrote: Fri Jan 31, 2025 4:04- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
Nah... semakin besar tagihan, semakin besar bayaran, namanya juga komisi.
Masalahnya, bengkel-bengkel di luar bisa lebih baik dari beres, bisa nakal juga. Kalau beres harapan saya minimal ada standarnya. Misal orang awam yang masukin mobil, mungkin kena upsell, tapi gak sampai dinakalin juga (misal: part-part mobil dipretel).


ilhami wrote: Fri Feb 07, 2025 1:22daripada ribet vonis cvt putus, perbaikan ganti pelat, belt, pulley
lebih baik vonis ganti baterai genset, 1 jam selesai :ngacir:
Sebenarnya ganti CVT 1 jam kelar kok asal diganti sekalian seluruh assy-nya :mky_07:
KielConstantine wrote: Fri Feb 07, 2025 4:06Rusak CVT tinggal ganti segelondong bayar 70jt kelar
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 23:30
ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong :ngacir:

jalan raya tapi realitasnya gang
Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.

Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%

Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian :upss:
2 minggu lalu mobil ane bau gosong sangit,

Karena mainin kopling setengah rpm redline naik turun,

Olahraga bareng fortuner GD yang beraksi,sampingin tungguin sambil spin roda kondisi jalan,ciiittttt ciiitttttt ciiitttttttttttttttttt sambil getar bodi mobil gak mau lari gans, diam di tempat gitu gans,


Terus sekarang semingguan ngetem di bengkel honda,

Kenapa tuh gans,

Olinya x ya,
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12356
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

vanosz wrote: Sat Feb 08, 2025 22:50
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 23:30
ilhami wrote: Tue Jan 28, 2025 16:41 kalau habis nanjak macet di jl raya bojong koneng, waktu parkir tercium bau gosong :ngacir:

jalan raya tapi realitasnya gang
Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.

Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%

Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian :upss:
2 minggu lalu mobil ane bau gosong sangit,

Karena mainin kopling setengah rpm redline naik turun,

Olahraga bareng fortuner GD yang beraksi,sampingin tungguin sambil spin roda kondisi jalan,ciiittttt ciiitttttt ciiitttttttttttttttttt sambil getar bodi mobil gak mau lari gans, diam di tempat gitu gans,


Terus sekarang semingguan ngetem di bengkel honda,

Kenapa tuh gans,

Olinya x ya,
Gak usah pusing mbah
Tinggal ganti bpkp aja sama CTR baru :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 23:52
vanosz wrote: Sat Feb 08, 2025 22:50
Suryaputra wrote: Tue Jan 28, 2025 23:30

Iya maka dr itu pendekin interval ganti cvt fluid klo sering nanjak.

Krn itu cvt hcf2, saya pny test labnya, blm sampai 20rb km dan blm 2 tahun, udh turun visco 100 C nya drop banget 20%

Harusnya stay di 7 koma sekian, minimal 6 koma besar lah,
ini dropnya ke 5 koma sekian :upss:
2 minggu lalu mobil ane bau gosong sangit,

Karena mainin kopling setengah rpm redline naik turun,

Olahraga bareng fortuner GD yang beraksi,sampingin tungguin sambil spin roda kondisi jalan,ciiittttt ciiitttttt ciiitttttttttttttttttt sambil getar bodi mobil gak mau lari gans, diam di tempat gitu gans,


Terus sekarang semingguan ngetem di bengkel honda,

Kenapa tuh gans,

Olinya x ya,
Gak usah pusing mbah
Tinggal ganti bpkp aja sama CTR baru :upss:
Hhhmmmm

:big_blushing:


Tau aja sih agans,