ChZ wrote: ↑Fri Jan 31, 2025 4:04
sekarang yang terjadi prakteknya
- SA udah berasa sales jasa / spareparts, krn SA dapet komisi dari situ. pdhl tujuan SA dikasih komisi itu supaya dapet insentif kalo bisa mengedukasi konsumen dgn baik. prakteknya ya gitu deh.
- mekanik? ya udah suruh kerjain nanti bagi komisi sama SA nya lah kan sama-sama nutup target omset.
- customer "diedukasi" butuh pengerjaan a b c d ampe z, keluar bill sekian, ok gas. soalnya gak paham banget, kalau supir, ya kan tinggal claim bosnya.
- akhirnya muncul image bahwa bengkel resmi = mahal. padahal di upselling.
di bengkel spesialis H langganan, SA nya di situ murni kerjain paperwork aja input data dan update pengerjaan. segala hal berkaitan dgn selling di handle sendiri sama owner jadi ya udah. klo mau tanya-tanya mekaniknya langsung apa apa aja yang dikerjain, klo ada perlu penggantian biasa ngomongnya nanti ama bos langsung aja.
betul om, kalau dipake drag race ya automatic biasa bakalan cepet kalah juga. manual juga harus ganti kopling kompetisi.
bener ini, karena pemasukan dealer selain jualan mobil, ya jualan spare parts + jasa, body repair
makanya saya suka dicengirin SA kalo servis ke beres
sekarang kalo ke beres saya patokannya kan gampang aja
5w-30 botol biru 105 rb x 4 = 420 rb
washer drain 14mm 10rb
cartridge filter 44 rb
hcf 2 341 rb
washer drain cvt 28 rb
jasa free
total 843 + ppn 11% .. ga sampe cetiaw dah ganti oli 4 liter + ganti oli cvt 3.5 liter
pasti asli spare partsnya
kadang mahalan ke toda lebih mahal, soalnya beli oli lebih mahal pasti ahahaha
biasanya mereka kan bisa jualin engine flush, engine degreaser, engine cleaner, ac defogging, dll
per item bisa 150 - 350 rb, kaliin aja 3 item udah cetiaw sendiri lagi wkwkwk