(ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

(ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

Yak berawal dari rasa penasaran saya tentang mobil ini, saya iseng - iseng membuka situs mobkas, dan saya menemukan harga bekasnya sangat menarik.

Kurang lebih 120 - 140juta untuk CM5 (2004-2006) dan 150-160juta CM7 (2007). CM6 yang 3.0, well, gelap pasarannya dan unitnya susah, jadi kita skip.

Dan sialnya setelah saya ngobrol sama temen saya yang well, penggemar Honda juga, saya jadi ikutan keracun :e-wall:

Bagaimanapun, menurut saya mobil ini menarik buat mobil "bahan", alesan ?
- Harga anjlok jelas, kapan lagi punya Honda K Serie yang harganya jauh lebih murah dari Brio Satya ?
- Mesin K serie broo... Kapabilitas tuningnya sangat luas. Intake, Exhaust, Piggyback, Turbo, sampe swap head, mention it.
- Karena mobil taun lawas jadi gak ada rasa "sayang" kalo diutik-utik. Dimana kalo mobil baru masih keluar showroom kita kadang sayang mau modif berat.
- Perawatan jelas kayak mobil Honda pada umumnya, simpel gak ribet.

Nope, saya belom ada rencana bungkus mobil ini, tapi mungkin kalau saya dah kerja dan punya penghasilan sendiri, rencana bakal saya jadiin mobil hobi buat "mainan". Yaa let's say 2-3 tahun lagi lah.

Yang ingin saya tanyakan untuk para pengguna Accord CM di SM ini :
- Problem khas apa saja yang sering ditemui di Accord CM5/7? Apa engine mounting problem kayak CR-V/Civic juga ada di Accord ini/
- Berapa kisaran biaya yang perlu saya sediakan untuk perbaikan awal ?
- (Gak harus dijawab) Mungkin ada yang punya pengalaman modif Accord CM5/CM7 di sekitaran mesin dan kaki-kaki... monggo dishare.

Well memang saya punya banyak pengalaman miara Honda, tapi saya masih gelap sekali urusan miara Accord terutama generasi CM5/7 ini. Barangkali penduduk SM ada yang punya pengalaman manis / pahit dengan Accord generasi ke-7 ini? Monggo dibagi ilmunya :big_grin:

Pics (credit to the respective owners and sites)

Yang ini favorite saya (from modifikasi.com) http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... nna-be-JDM
Image

Image

Image

Image

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
278bubba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
Location: Indonesia

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by 278bubba »

2-3 tahun lagi sepertinyaa cp2 sdh akan di harga ini. Pilihan lbh menarik kan
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

278bubba wrote:2-3 tahun lagi sepertinyaa cp2 sdh akan di harga ini. Pilihan lbh menarik kan
Ya oom, tapi ada beberapa alasan kenapa saya lebih prefer CM daripada CP, yang pertama itu konstruksi engine nya. CM masih pakai header konvensional, CP sudah pakai integrated header / langsung downpipe. Secara fleksibilitas kalau mau di modif CM jelas lebih enak.

Yang kedua alasan bobotnya... CP menurut saya terlalu bulky dan berat.

CP walaupun saya bisa dapet yang 3.5 V6 tetep nanti aja deh buat koleksi berikutnya... Hahahaha... Secara ngerawatnya nggak murah dan spare partsnya nggak berlimpah seperti mesin K. Parts modifnya juga dikit dan yang pengalaman modif mesin J35 juga dikit banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by daftar »

Harga bekas untuk Accord / Camry yang udah diatas 10 tahun memang anjlok jadinya malah menyamai harga kelas dibawahnya (Civic / Corolla) apalagi kalo udah lebih 20 tahun malah bisa lebih murah dari kelas dibawahnya, mungkin lebih boros atau perawatan lebih mahal ya. sory oot
:ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by amfibi »

daftar wrote:Harga bekas untuk Accord / Camry yang udah diatas 10 tahun memang anjlok jadinya malah menyamai harga kelas dibawahnya (Civic / Corolla) apalagi kalo udah lebih 20 tahun malah bisa lebih murah dari kelas dibawahnya, mungkin lebih boros atau perawatan lebih mahal ya. sory oot
Hooh nih om nyesek banget harga big sedan tuh ... Camry '03 ane skrg pasarannya tinggal 80-90 jutaan, meanwhile altis tahun sama juga segitu dan malah msh 90an, vios 2005 yg lebih rendah lg kelasnya nya jg segituan........ :mky_07: :big_cry:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

daftar wrote:Harga bekas untuk Accord / Camry yang udah diatas 10 tahun memang anjlok jadinya malah menyamai harga kelas dibawahnya (Civic / Corolla) apalagi kalo udah lebih 20 tahun malah bisa lebih murah dari kelas dibawahnya, mungkin lebih boros atau perawatan lebih mahal ya. sory oot
Iya oom... Accord CM7 2007 sekarang 150-160juta dapat, Civic FD1 2007 juga segituan malah kadang lebih tinggi :big_biglaugh:

Makanya saya tertarik oom... Kalo udah harga segini sih udah harga bahan banget, cocok buat weekend racecar :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by jivos »

nanya om,
bedanya cm5 dg cm7 apa ya? apa cm7 adlh versi faceliftnya? mis utk yg 2.4 engine.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

jivos wrote:nanya om,
bedanya cm5 dg cm7 apa ya? apa cm7 adlh versi faceliftnya? mis utk yg 2.4 engine.
Ya oom CM7 itu CM5 facelift, perbedaannya di ext lampu belakang segitiga, headlamp lebih gelap, velgnya juga beda.

Engine nya beda 10PS (CM5 160PS CM7 170PS)

Image

kiri CM5 kanan CM7
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by jivos »

klo based engine sm khan ya om pk k24? dg odys rb absolute 200hp based engine sm jg khan ya?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

jivos wrote:klo based engine sm khan ya om pk k24? dg odys rb absolute 200hp based engine sm jg khan ya?
Sama oom, sama-sama pakai K24A-serie engine semua. Semenjak CP baru berubah jadi K24Z-serie. Ciri-cirinya masih pake header om. K24Z- sudah ganti downpipe

Same engine dengan Odyssey (Absolute & non Absolute) RB, CR-V RD6 2.4L (2005-2006), CR-V RE3 2.4L (2007-2012 kode di STNK nya K24Z1, tapi masih pakai header dan pernah "nyontek" speknya CR-V RE3 JDM malah K24A7), Elysion 2.4L.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by jivos »

ah.......trims om
nais info sekalian jd kenal aplikasi k24 engine di line up prod ahond.

yg cm 7, rear stop lamp merah yg di tengah itu rada annoying ngeliatnya kyk tempelan sticker wkwkwk......
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by egibaio »

last accord with sporty character ini. Nyimak ah, karena ane jg lg tergoda honda bermesin dohc kencang. Btw, untuk yg matic udah tiptronic kah?
BeBeQ289
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Tue Dec 11, 2012 10:52

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by BeBeQ289 »

Saya pernah piara CM7, 2007 VTIL, KM pas terjual di 72 rb KM. Problem di seal power steering aja, rembes oli, sama shock breaker kalau kelamaan di gantung bisa ngunci (bantingan jadi ajrut2an) dan harus ganti baru, ini gak ada obat nya. Other than that mobil nya sangat enak, fun to drive, gak kerasa bawa medium size sedan. Pernah coba sampai 210KM/H masih minta terus tuh hehe. Cuma nyali nya aja yg udah abis.
Bedanya CM5 dan CM7 tuh selain di exterior yg sdh disebutkan, juga ada tambahan di CM7 seperti electric seat depan kiri, dan rain sensor, dan HID headlight (modelnya sipit).

Minus nya:
Automatic blm triptonic, dan tidak ada MID seperti avg speed, fuel range, elapsed time, dll dll, hanya ada outside temp.
lorelei
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 26, 2013 17:28

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by lorelei »

saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by b0ku »

mending miara L15 boss aka jazz GE8 k series gak CRV gak accord lebih banyak penyakit di kaki2x sama rem, sepengalaman gw paling parah di rem sering bgt remnya getter dulu di crv gw ud ganti disc aja berapa km kemudian kena lagi ada temen accordnya jg gitu, terus kalo ud ada umur bearing tie rod kena sisanya komponen karet joint shock agak kuat,

saran gw ambil ge8 aja di tune lebih fun karena mobilnya enteng dan gesit lebih asik buat maen di track :ngacir:

sama lebih awet k24 ud lewat 60rb ud mulali nyanyi b segment honda sampe km 90rb nyanyinya dikit kali :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by amfibi »

lorelei wrote:saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
Wuset... Udah berasa miara bimmer E46 ini mah :ungg:
Mana driving experience n features jauh enakan bimmer lg ...
Accord dr jaman prestige mpe cm gini ga pernah jd yg plg reliable yah pdhl cakep2 :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

jivos wrote:ah.......trims om
nais info sekalian jd kenal aplikasi k24 engine di line up prod ahond.

yg cm 7, rear stop lamp merah yg di tengah itu rada annoying ngeliatnya kyk tempelan sticker wkwkwk......
Wkekeke iya om stoplamp merah di tengahnya annoying itu :big_biglaugh:
egibaio wrote:last accord with sporty character ini. Nyimak ah, karena ane jg lg tergoda honda bermesin dohc kencang. Btw, untuk yg matic udah tiptronic kah?
Seingat saya belom oom. Iya oom bentuknya gak keliatan bapak-bapak banget kayak CP makanya saya suka :big_biglaugh:
BeBeQ289 wrote:Saya pernah piara CM7, 2007 VTIL, KM pas terjual di 72 rb KM. Problem di seal power steering aja, rembes oli, sama shock breaker kalau kelamaan di gantung bisa ngunci (bantingan jadi ajrut2an) dan harus ganti baru, ini gak ada obat nya. Other than that mobil nya sangat enak, fun to drive, gak kerasa bawa medium size sedan. Pernah coba sampai 210KM/H masih minta terus tuh hehe. Cuma nyali nya aja yg udah abis.
Bedanya CM5 dan CM7 tuh selain di exterior yg sdh disebutkan, juga ada tambahan di CM7 seperti electric seat depan kiri, dan rain sensor, dan HID headlight (modelnya sipit).

Minus nya:
Automatic blm triptonic, dan tidak ada MID seperti avg speed, fuel range, elapsed time, dll dll, hanya ada outside temp.
Hmm problem khas mobil tua ya oom, untuk mileage segitu si masih wajar list repairnya :big_grin:
lorelei wrote:saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
Wuikkk knob matic patah, diapain aja om :big_biglaugh:

Gak parah amat lah, umum namanya juga mobil berumur ya oom (th 2004). Lumrah banget. Eh serius list gantinya gak ada shockbreaker om? Brarti shocknya cukup kuat ya. Padahal yang saya pikir ini Honda kakinya banyak rusaknya :big_biglaugh:

Tapi sensor-sensor elektrikal aman semua ya oom (kecuali sensor ABS), khas Honda yang rusak barang-barang beginiannya, berarti cukup reliable lah padahal udah di abuse sampe knob patah :big_biglaugh:

Baru pake selama 6 tahun berarti oom angkut kondisi seken ya? Wah waktu diangkut berarti udah lewat 5 tahun dulu itu mobil... Gak heran sih banyak jajan.

Aaa kalau bengkel Honda sudah coba bawa ke bengkel mana aja oom? Kali kali ane bisa tembusin ke BeRes langganan buat di diagnosis, kebetulan saya di Semarang juga.
b0ku wrote:mending miara L15 boss aka jazz GE8 k series gak CRV gak accord lebih banyak penyakit di kaki2x sama rem, sepengalaman gw paling parah di rem sering bgt remnya getter dulu di crv gw ud ganti disc aja berapa km kemudian kena lagi ada temen accordnya jg gitu, terus kalo ud ada umur bearing tie rod kena sisanya komponen karet joint shock agak kuat,

saran gw ambil ge8 aja di tune lebih fun karena mobilnya enteng dan gesit lebih asik buat maen di track :ngacir:

sama lebih awet k24 ud lewat 60rb ud mulali nyanyi b segment honda sampe km 90rb nyanyinya dikit kali :ngacir:
Ya buat mobil hobi lebih cocok K series gimana-gimana daripada L-series :big_biglaugh:

L lebih cocok buat mobil harian aja ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by artoodetoo »

CM5 adalah salah satu Accord yg menurut saya cantik, tapi CM7 pantadnya bikin ilfil.
Kalo besok udah beneran punya, saya pinjem ya :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

artoodetoo wrote:CM5 adalah salah satu Accord yg menurut saya cantik, tapi CM7 pantadnya bikin ilfil.
Kalo besok udah beneran punya, saya pinjem ya :upss:
Jangan sombong-sombong makanya oom... Sini main ke Surabaya kalau saya dah sukses *amin* :big_weee:

Kalo mau dibantu sumbang dana 50% aja saya mau banget koq oom :ngacir: mayan saya cuma nombok 75juta, jual SX4 udah lebih dari cukup sekalian sama PR PRnya :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by artoodetoo »

Errrr, kok tiba2 dibilang sombong .... Apa salah hamba :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

artoodetoo wrote:Errrr, kok tiba2 dibilang sombong .... Apa salah hamba :ungg:
Gak pernah main-main ke Surabaya sih, sekalinya main saya waktu saya gak ada :big_bored:

Semua salah medket #loh
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

nubie ikutan yah di thread ini :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

ChZ wrote:
jivos wrote:klo based engine sm khan ya om pk k24? dg odys rb absolute 200hp based engine sm jg khan ya?
Sama oom, sama-sama pakai K24A-serie engine semua. Semenjak CP baru berubah jadi K24Z-serie. Ciri-cirinya masih pake header om. K24Z- sudah ganti downpipe

Same engine dengan Odyssey (Absolute & non Absolute) RB, CR-V RD6 2.4L (2005-2006), CR-V RE3 2.4L (2007-2012 kode di STNK nya K24Z1, tapi masih pakai header dan pernah "nyontek" speknya CR-V RE3 JDM malah K24A7), Elysion 2.4L.
serinya sama2 k24 cuman kode buntutnya sepertinya agak beda, gw ga terlalu hafal. yang jelas accord cm7 ada 170 hp dan redline mulai di rpm 7000, kalau cm5 160 hp dan redline ada di 6500. selain itu setau gw cm7 udah throtle by wire kalau cm5 ada yang udah tbw and ada yang belum :roll:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

nescafe wrote:
ChZ wrote:
jivos wrote:klo based engine sm khan ya om pk k24? dg odys rb absolute 200hp based engine sm jg khan ya?
Sama oom, sama-sama pakai K24A-serie engine semua. Semenjak CP baru berubah jadi K24Z-serie. Ciri-cirinya masih pake header om. K24Z- sudah ganti downpipe

Same engine dengan Odyssey (Absolute & non Absolute) RB, CR-V RD6 2.4L (2005-2006), CR-V RE3 2.4L (2007-2012 kode di STNK nya K24Z1, tapi masih pakai header dan pernah "nyontek" speknya CR-V RE3 JDM malah K24A7), Elysion 2.4L.
serinya sama2 k24 cuman kode buntutnya sepertinya agak beda, gw ga terlalu hafal. yang jelas accord cm7 ada 170 hp dan redline mulai di rpm 7000, kalau cm5 160 hp dan redline ada di 6500. selain itu setau gw cm7 udah throtle by wire kalau cm5 ada yang udah tbw and ada yang belum :roll:
Ya oom kalau CM7 sudah DBW, CM5 masih tali gas.

Seingat saya kalau K serie yang pakai header itu buntutnya A pasti (K20A, K24A) di pre-2007 models kayak CR-V, Accord, Stream. Buntutnya lagi angka serinya kurang hapal oom. Seingat saya yang dipake di Accord ini K24A4 atau K24A3.

Kalau 2007 keatas kebanyakan buntutnya Z (K20Z, K24Z), tapi K24Z1 di CR-V ntah koq masih pakai header... Accord CP2 K24Z3 udah pake downpipe. Ya itu oom saya pernah gak sengaja nemuin CR-V Built Up malah kode mesinnya beda (K24A7).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by b0ku »

ChZ wrote:
jivos wrote:ah.......trims om
nais info sekalian jd kenal aplikasi k24 engine di line up prod ahond.

yg cm 7, rear stop lamp merah yg di tengah itu rada annoying ngeliatnya kyk tempelan sticker wkwkwk......
Wkekeke iya om stoplamp merah di tengahnya annoying itu :big_biglaugh:
egibaio wrote:last accord with sporty character ini. Nyimak ah, karena ane jg lg tergoda honda bermesin dohc kencang. Btw, untuk yg matic udah tiptronic kah?
Seingat saya belom oom. Iya oom bentuknya gak keliatan bapak-bapak banget kayak CP makanya saya suka :big_biglaugh:
BeBeQ289 wrote:Saya pernah piara CM7, 2007 VTIL, KM pas terjual di 72 rb KM. Problem di seal power steering aja, rembes oli, sama shock breaker kalau kelamaan di gantung bisa ngunci (bantingan jadi ajrut2an) dan harus ganti baru, ini gak ada obat nya. Other than that mobil nya sangat enak, fun to drive, gak kerasa bawa medium size sedan. Pernah coba sampai 210KM/H masih minta terus tuh hehe. Cuma nyali nya aja yg udah abis.
Bedanya CM5 dan CM7 tuh selain di exterior yg sdh disebutkan, juga ada tambahan di CM7 seperti electric seat depan kiri, dan rain sensor, dan HID headlight (modelnya sipit).

Minus nya:
Automatic blm triptonic, dan tidak ada MID seperti avg speed, fuel range, elapsed time, dll dll, hanya ada outside temp.
Hmm problem khas mobil tua ya oom, untuk mileage segitu si masih wajar list repairnya :big_grin:
lorelei wrote:saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
Wuikkk knob matic patah, diapain aja om :big_biglaugh:

Gak parah amat lah, umum namanya juga mobil berumur ya oom (th 2004). Lumrah banget. Eh serius list gantinya gak ada shockbreaker om? Brarti shocknya cukup kuat ya. Padahal yang saya pikir ini Honda kakinya banyak rusaknya :big_biglaugh:

Tapi sensor-sensor elektrikal aman semua ya oom (kecuali sensor ABS), khas Honda yang rusak barang-barang beginiannya, berarti cukup reliable lah padahal udah di abuse sampe knob patah :big_biglaugh:

Baru pake selama 6 tahun berarti oom angkut kondisi seken ya? Wah waktu diangkut berarti udah lewat 5 tahun dulu itu mobil... Gak heran sih banyak jajan.

Aaa kalau bengkel Honda sudah coba bawa ke bengkel mana aja oom? Kali kali ane bisa tembusin ke BeRes langganan buat di diagnosis, kebetulan saya di Semarang juga.
b0ku wrote:mending miara L15 boss aka jazz GE8 k series gak CRV gak accord lebih banyak penyakit di kaki2x sama rem, sepengalaman gw paling parah di rem sering bgt remnya getter dulu di crv gw ud ganti disc aja berapa km kemudian kena lagi ada temen accordnya jg gitu, terus kalo ud ada umur bearing tie rod kena sisanya komponen karet joint shock agak kuat,

saran gw ambil ge8 aja di tune lebih fun karena mobilnya enteng dan gesit lebih asik buat maen di track :ngacir:

sama lebih awet k24 ud lewat 60rb ud mulali nyanyi b segment honda sampe km 90rb nyanyinya dikit kali :ngacir:
Ya buat mobil hobi lebih cocok K series gimana-gimana daripada L-series :big_biglaugh:

L lebih cocok buat mobil harian aja ...
L lebih cocok buat harian + track car boss maenin aja 150-160hp n/a pasang coilover pasang semua strutbar underbrace yg tersedia update remnya dikit ganti brake line , disc sama kampas yg bagus pelek std aja funnnya ud dapet malahan bisa lebih asik dari accord + lebih gak rewel kalo menurut gw :ngacir:

loe maenin k series palingan jadi 200hp n/a cuma gak bakalan dapet funnya k series karena l series masih lebih lincah apalagi tangki bensin di depan jadi lebih gampang di buat ngesoot

kalo matic accord jaman segini bisa jadi sama kayak crv gw dulu km75rb kopling abis sampe cuma bisa jalan pake gigi2 saran gw mending ambil yg 2008 sekalian lebih gak pernah denger horor story + paddleshift