(ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

ChZ wrote:Ya oom kalau CM7 sudah DBW, CM5 masih tali gas.

Seingat saya kalau K serie yang pakai header itu buntutnya A pasti (K20A, K24A) di pre-2007 models kayak CR-V, Accord, Stream. Buntutnya lagi angka serinya kurang hapal oom. Seingat saya yang dipake di Accord ini K24A4 atau K24A3.

Kalau 2007 keatas kebanyakan buntutnya Z (K20Z, K24Z), tapi K24Z1 di CR-V ntah koq masih pakai header... Accord CP2 K24Z3 udah pake downpipe. Ya itu oom saya pernah gak sengaja nemuin CR-V Built Up malah kode mesinnya beda (K24A7).
yoih yoih :e-dance:

kembali ke pertanyaan awal, accord cm5 yang gw pakai buatan tahun 2003 akhir, waktu itu seingat gw ada 2 warna interior, kalau exterior warna terang maka akan dapat interior warna grey-black dan kalau eksterior warna gelap maka akan dapat interior warna beige. tapi seingat gw setelah tahun 2004 warna interior jadi beige semua.

kalau untuk urusan mesin, sejauh ini perbaikin yang udah dilakukan adalah ganti gasket valve cover karena udah rembes, overhaul pompa power steering (seal-seal pompa power steering serta bearing jarum beli di beres, lalu pengerjaannya di bengkel non beres), lalu mengganti master kopling atas dan bawah (kebetulan mobil nubie manual), ganti kopiling (sepengalaman gw mau sering dipakai atau tidak, setiap 4 tahun sekali biasanya kopling udah ndak enak, dan kebetulan gw udah ganti kopling 2x, sepertinya sebentar lagi mau yang ke 3 :ungg: ), mengganti tensioner serta tutuo radiator yang udah mulai afkir. sisanya ya hanya perawatan berkala saja,
kalau untuk engine mounting belum pernah ganti sama sekali, terkahir kali dicheck, kondisinya masih memungkinkan untuk digunakan lebih lanjut, radiator belum pernah mengalami rembes, dan kipasnya sampai saat ini baik2 saja. mileagenya sudah 80rb km
kalau untuk modifikasi di mesin, cuman pesan k&n thypoon (intake kit), tambah ground wire sama strut bar :roll:

sekian dulu cerita nubie, nanti lanjut lagi.. :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by jivos »

@om nescafe
klo yg punya om 2003 itu spt yg mn ya?
klo ada gbr boleh om tampilin, biar rame...

@om boku
nanya om
itu L15A sohc main NA gimana caranya ya bs 150-160hp?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
lorelei
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 26, 2013 17:28

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by lorelei »

amfibi wrote:
lorelei wrote:saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
Wuset... Udah berasa miara bimmer E46 ini mah :ungg:
Mana driving experience n features jauh enakan bimmer lg ...
Accord dr jaman prestige mpe cm gini ga pernah jd yg plg reliable yah pdhl cakep2 :big_childish:
kalo kata ortu dari jaman miara prestige-maestro-cielo-cm5. cm5 accord paling rewel :frm_bang_head:
lorelei
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 26, 2013 17:28

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by lorelei »

ChZ wrote:
lorelei wrote:saya pengguna cma 04 sudah pakai selama 6tahun, kalo problem ganti engine mounting sebelah tabung minyak ps, seal ps, seal vtec, knob matic patah, long tierod, seal buat nyemprot oli(lupa nama partnya),mulai ad suara kasar di bagian pulley, ujung selang udara yang ke tb mulai getas, hand rem mulai gak pakem, sensor abs kena, clip seatbelt untuk sensor airbag patah.

sekarang mulai kena penyakit tiap masuk "D" mesin geter keras rpm drop di 600-500, ac nyala bisa sampe 400, idle 750-800. bbm jadi boros 1:5,4 full t full, rute dalkot semarang. sampe sekarang belum dapet bengkel yang pas.

minusnya : maticnya dudul naik kecepetan turun'a lambat(kecepatan 30-40 kadang masih nyangkut di "3")

maap om sekalian promosi https://www.facebook.com/groups/cm5indonesia/
Wuikkk knob matic patah, diapain aja om :big_biglaugh:

Gak parah amat lah, umum namanya juga mobil berumur ya oom (th 2004). Lumrah banget. Eh serius list gantinya gak ada shockbreaker om? Brarti shocknya cukup kuat ya. Padahal yang saya pikir ini Honda kakinya banyak rusaknya :big_biglaugh:

Tapi sensor-sensor elektrikal aman semua ya oom (kecuali sensor ABS), khas Honda yang rusak barang-barang beginiannya, berarti cukup reliable lah padahal udah di abuse sampe knob patah :big_biglaugh:

Baru pake selama 6 tahun berarti oom angkut kondisi seken ya? Wah waktu diangkut berarti udah lewat 5 tahun dulu itu mobil... Gak heran sih banyak jajan.

Aaa kalau bengkel Honda sudah coba bawa ke bengkel mana aja oom? Kali kali ane bisa tembusin ke BeRes langganan buat di diagnosis, kebetulan saya di Semarang juga.

dalemanya knobnya getas hancur, bahanya dari karet padet om, harganya hampir 300rb made in japan :big_think:

shockbreaker aman sampe kilometer 108rb, padahal sering ngehajar jalan rusak/lubang.

iya om 2nd low km bekas dari PT dapet murah

beres di jl.siliwangi : semenjak SA nya ganti cuma main tebak"n(kurang pengalaman sama seri cm kali), kesana cuma kalo beli part aja
non beres masih di jl.siliwangi yang orangnya mantan kepala bengkel beres : kurang teliti(ada aja yang lupa di pasang/kurang kenceng entah itu selang/slot kabel), yang berhubungan dengan elektrik/sensor gak begitu bisa nanganin, kalo sebatas tune up/bongkar part bagus tapi harus di awasi :big_bored:
beres di jl.gajahmada : belum sempet eksekusi, hanya sebatas konsultasi, dapetnya juga tebak"n, SA curiga d transmisi tapi di suruh tune up dulu balikin set awal dan gak tau kalo afr bisa di set manual+letaknya dmn. :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

lorelei wrote:

dalemanya knobnya getas hancur, bahanya dari karet padet om, harganya hampir 300rb made in japan :big_think:

shockbreaker aman sampe kilometer 108rb, padahal sering ngehajar jalan rusak/lubang.

iya om 2nd low km bekas dari PT dapet murah

beres di jl.siliwangi : semenjak SA nya ganti cuma main tebak"n(kurang pengalaman sama seri cm kali), kesana cuma kalo beli part aja
non beres masih di jl.siliwangi yang orangnya mantan kepala bengkel beres : kurang teliti(ada aja yang lupa di pasang/kurang kenceng entah itu selang/slot kabel), yang berhubungan dengan elektrik/sensor gak begitu bisa nanganin, kalo sebatas tune up/bongkar part bagus tapi harus di awasi :big_bored:
beres di jl.gajahmada : belum sempet eksekusi, hanya sebatas konsultasi, dapetnya juga tebak"n, SA curiga d transmisi tapi di suruh tune up dulu balikin set awal dan gak tau kalo afr bisa di set manual+letaknya dmn. :big_slap:
Coba bawa ke Istana Cendrawasih oom... Itu tempat langganan saya. Saya tau sistem kerjanya mereka, saya kenal satu bengkel dari Manager sampe mekanik dan spare partsnya, kalau belum beres mereka gak bakal bilang stop sebelum ketemu gejalanya... :big_grin: Service Manager nya orang nya sangat profesional sekali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

nescafe wrote: yoih yoih :e-dance:

kembali ke pertanyaan awal, accord cm5 yang gw pakai buatan tahun 2003 akhir, waktu itu seingat gw ada 2 warna interior, kalau exterior warna terang maka akan dapat interior warna grey-black dan kalau eksterior warna gelap maka akan dapat interior warna beige. tapi seingat gw setelah tahun 2004 warna interior jadi beige semua.

kalau untuk urusan mesin, sejauh ini perbaikin yang udah dilakukan adalah ganti gasket valve cover karena udah rembes, overhaul pompa power steering (seal-seal pompa power steering serta bearing jarum beli di beres, lalu pengerjaannya di bengkel non beres), lalu mengganti master kopling atas dan bawah (kebetulan mobil nubie manual), ganti kopiling (sepengalaman gw mau sering dipakai atau tidak, setiap 4 tahun sekali biasanya kopling udah ndak enak, dan kebetulan gw udah ganti kopling 2x, sepertinya sebentar lagi mau yang ke 3 :ungg: ), mengganti tensioner serta tutuo radiator yang udah mulai afkir. sisanya ya hanya perawatan berkala saja,
kalau untuk engine mounting belum pernah ganti sama sekali, terkahir kali dicheck, kondisinya masih memungkinkan untuk digunakan lebih lanjut, radiator belum pernah mengalami rembes, dan kipasnya sampai saat ini baik2 saja. mileagenya sudah 80rb km
kalau untuk modifikasi di mesin, cuman pesan k&n thypoon (intake kit), tambah ground wire sama strut bar :roll:

sekian dulu cerita nubie, nanti lanjut lagi.. :ngacir:
Wuikk cooling systemnya no problem at all ya oom :big_slap: padahal itu masalah klasik mobil tuwa biasa cooling systemnya udah mulai rewel.

Masalah-masalah lainnya si klasik khas banget mobil tua :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

ChZ wrote:
nescafe wrote: yoih yoih :e-dance:

kembali ke pertanyaan awal, accord cm5 yang gw pakai buatan tahun 2003 akhir, waktu itu seingat gw ada 2 warna interior, kalau exterior warna terang maka akan dapat interior warna grey-black dan kalau eksterior warna gelap maka akan dapat interior warna beige. tapi seingat gw setelah tahun 2004 warna interior jadi beige semua.

kalau untuk urusan mesin, sejauh ini perbaikin yang udah dilakukan adalah ganti gasket valve cover karena udah rembes, overhaul pompa power steering (seal-seal pompa power steering serta bearing jarum beli di beres, lalu pengerjaannya di bengkel non beres), lalu mengganti master kopling atas dan bawah (kebetulan mobil nubie manual), ganti kopiling (sepengalaman gw mau sering dipakai atau tidak, setiap 4 tahun sekali biasanya kopling udah ndak enak, dan kebetulan gw udah ganti kopling 2x, sepertinya sebentar lagi mau yang ke 3 :ungg: ), mengganti tensioner serta tutuo radiator yang udah mulai afkir. sisanya ya hanya perawatan berkala saja,
kalau untuk engine mounting belum pernah ganti sama sekali, terkahir kali dicheck, kondisinya masih memungkinkan untuk digunakan lebih lanjut, radiator belum pernah mengalami rembes, dan kipasnya sampai saat ini baik2 saja. mileagenya sudah 80rb km
kalau untuk modifikasi di mesin, cuman pesan k&n thypoon (intake kit), tambah ground wire sama strut bar :roll:

sekian dulu cerita nubie, nanti lanjut lagi.. :ngacir:
Wuikk cooling systemnya no problem at all ya oom :big_slap: padahal itu masalah klasik mobil tuwa biasa cooling systemnya udah mulai rewel.

Masalah-masalah lainnya si klasik khas banget mobil tua :big_grin:
sejauh ini sih belum ada masalah, tapi namanya mobil tua ya, hari ini sehat besoknya tewas :big_slap:
satu2nya masalah ya cuman tingkat coolant pada tangki reservoir berkurang sewaktu2, gw ganti tutup radiatornya, beres deh :e-dance:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by b0ku »

jivos wrote:@om nescafe
klo yg punya om 2003 itu spt yg mn ya?
klo ada gbr boleh om tampilin, biar rame...

@om boku
nanya om
itu L15A sohc main NA gimana caranya ya bs 150-160hp?
yg gampang dan ketauan seh exaust dulu full, nyari packing head soalnya mau naekin kompresi cara aman, ganti torque bosst resonator / intake belom nemu aftermarketnya kalo mau gila seh ganti yg std tipe alumunium ke tipe mobilio yg resin cuma ngepek dikit kayaknya mendingan cari aftermarket sekalian, ganti trotlebbodynya pake js, maen unichip kalo ud semua, kalo bisa ganti piston high comp sama setang piston yang enteng biar kerjanya enteng sekalian ganti ecu cuma hondata gak buat buat l15

kayaknya mendingan sekalian ganti L15nya Hpd 190hp n/a satu gelondong 12rb USD :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by b0ku »

nescafe wrote:
ChZ wrote:
nescafe wrote: yoih yoih :e-dance:

kembali ke pertanyaan awal, accord cm5 yang gw pakai buatan tahun 2003 akhir, waktu itu seingat gw ada 2 warna interior, kalau exterior warna terang maka akan dapat interior warna grey-black dan kalau eksterior warna gelap maka akan dapat interior warna beige. tapi seingat gw setelah tahun 2004 warna interior jadi beige semua.

kalau untuk urusan mesin, sejauh ini perbaikin yang udah dilakukan adalah ganti gasket valve cover karena udah rembes, overhaul pompa power steering (seal-seal pompa power steering serta bearing jarum beli di beres, lalu pengerjaannya di bengkel non beres), lalu mengganti master kopling atas dan bawah (kebetulan mobil nubie manual), ganti kopiling (sepengalaman gw mau sering dipakai atau tidak, setiap 4 tahun sekali biasanya kopling udah ndak enak, dan kebetulan gw udah ganti kopling 2x, sepertinya sebentar lagi mau yang ke 3 :ungg: ), mengganti tensioner serta tutuo radiator yang udah mulai afkir. sisanya ya hanya perawatan berkala saja,
kalau untuk engine mounting belum pernah ganti sama sekali, terkahir kali dicheck, kondisinya masih memungkinkan untuk digunakan lebih lanjut, radiator belum pernah mengalami rembes, dan kipasnya sampai saat ini baik2 saja. mileagenya sudah 80rb km
kalau untuk modifikasi di mesin, cuman pesan k&n thypoon (intake kit), tambah ground wire sama strut bar :roll:

sekian dulu cerita nubie, nanti lanjut lagi.. :ngacir:
Wuikk cooling systemnya no problem at all ya oom :big_slap: padahal itu masalah klasik mobil tuwa biasa cooling systemnya udah mulai rewel.

Masalah-masalah lainnya si klasik khas banget mobil tua :big_grin:
sejauh ini sih belum ada masalah, tapi namanya mobil tua ya, hari ini sehat besoknya tewas :big_slap:
satu2nya masalah ya cuman tingkat coolant pada tangki reservoir berkurang sewaktu2, gw ganti tutup radiatornya, beres deh :e-dance:
biasanya kipasnya tewas dulu ganti kipas ntar ada lagi saluran radiatornya bocor penyakitnya disitu2x aja repair gak seberapa tapi kalo gak sadar atau telat nyadar ????konsekuensinya lsg turun mesin :ngacir: yg gw bingung dari mesin k packing mesinnya nyaris gak pernah bocor padahal ud 7 taon

terus yg penyakit rese jg pompa power sterring tapi bisa direpair pake seal kit kalo masih bagus
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

jivos wrote:@om nescafe
klo yg punya om 2003 itu spt yg mn ya?
klo ada gbr boleh om tampilin, biar rame...
tinggal nengok ke tembok sebelah juga bisa liat itu accord cm5 tahun 2003... :big_weee: ....... :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

nescafe wrote:
sejauh ini sih belum ada masalah, tapi namanya mobil tua ya, hari ini sehat besoknya tewas :big_slap:
satu2nya masalah ya cuman tingkat coolant pada tangki reservoir berkurang sewaktu2, gw ganti tutup radiatornya, beres deh :e-dance:
Oooh penguapan berarti om...

Hmm tapi Accord malah kaki - kakinya awet ya, dari page pertama blom denger masalah kompleks di kaki - kaki, malah banyakan mesin dan transmisi :big_biglaugh:

Padahal sedan di Indonesia rata-rata kaki-kakinya cepet almarhum, terjadi di Civic FD1 2008 dan Camry XV40 2008 temen saya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by DOHC »

ahh CM5... my all time fav accord stelah cielo... gede, membulat, minim garis2 lebay... berkelas... dan yg penting, K24 ivtec dohc enjin...

utk lengkap nya, musti minta pencerahan dr master kupi nescafe nehh yg CM5 nya banyak diincer jandanya..

btw, L series ?? utk manual mungkin iya.. tp kl matic... bahh ga ad bagus2 nya... ngeden... mencekek potensi... di bejeg suaranya sperti ayam di cekek..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by jivos »

banyak" b'doa om, biar pas gk facelift, L engine nya jg ikutan facelift ke L15B DOHC 132hp kyk spec diluar.
output segitu cukuplah buat daily/wiken use, running cost nya ekonomis.

*and tak lupa rear disc brake nya kembali dipasang, sec mrk kelupaan masang diawal krn focus ngejar dateline launching :mky_03:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

ChZ wrote:Hmm tapi Accord malah kaki - kakinya awet ya, dari page pertama blom denger masalah kompleks di kaki - kaki, malah banyakan mesin dan transmisi :big_biglaugh
Ehehehe, lanjut lagi ceritanya :D

Kalau transmisi, karena punya gw manual, kalau untuk perawatannya ya cuman kuras berkala pakai oli mtf honda, kalau kepepet bisa pake oli mesin yg encer. Nafasnya pun panjang, jadi ndak sering ngoper, cukup main pedal gas saja.

Kalau untuk kaki2, yg udah gw ganti adalah tie rod end (ganti di tahun ke 8), long tie rod (ganti di tahun ke 10), dan karet bushing (ganti di tahun ke 10). Kemudian yang terakhir di repair adalah re-grease as roda, gw kira harus ganti as roda, ternyata gemuknya saja yg harus diganti karena sudah mencair dan berwarna putih. Yg lainnya kebetulan msh survive. Ganti disc brake depan pun juga sudah, tapi dengan merek aftermarket. Kalau untuk kaki2 belakang belum ada masalah.

Kalau untuk shockbreaker, biasanya dalam siklus 4 tahunan sudah minta ganti sih (menurut feeling nubie), dan selama gw pelihara udah 2x ganti shock. Shock penggantinya kebetulan coba pakai yg aftermarket.
Set up pertama pake koni yellow sport yg adjustable plus per standar. Set up kedua pake kayaba new sr plus eibach pro kit. Kalau untuk pake per pendek, set up koni plus kayaba yg menurut feeling nubie paling pas.

Errr sekian dulu, sisanya lagi inget2.... :ngacir:

Oya warga sm yg pelihara juga cm5 ada oom jose dan omm datta
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by nescafe »

DOHC wrote:ahh CM5... my all time fav accord stelah cielo... gede, membulat, minim garis2 lebay... berkelas... dan yg penting, K24 ivtec dohc enjin...

utk lengkap nya, musti minta pencerahan dr master kupi nescafe nehh yg CM5 nya banyak diincer jandanya..
Diincer sama anak2 sd bang buat dikejar kalau lagi lewat sd deket rumah.. wkwkwkwk :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
lorelei
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 26, 2013 17:28

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by lorelei »

ChZ wrote:
lorelei wrote:

dalemanya knobnya getas hancur, bahanya dari karet padet om, harganya hampir 300rb made in japan :big_think:

shockbreaker aman sampe kilometer 108rb, padahal sering ngehajar jalan rusak/lubang.

iya om 2nd low km bekas dari PT dapet murah

beres di jl.siliwangi : semenjak SA nya ganti cuma main tebak"n(kurang pengalaman sama seri cm kali), kesana cuma kalo beli part aja
non beres masih di jl.siliwangi yang orangnya mantan kepala bengkel beres : kurang teliti(ada aja yang lupa di pasang/kurang kenceng entah itu selang/slot kabel), yang berhubungan dengan elektrik/sensor gak begitu bisa nanganin, kalo sebatas tune up/bongkar part bagus tapi harus di awasi :big_bored:
beres di jl.gajahmada : belum sempet eksekusi, hanya sebatas konsultasi, dapetnya juga tebak"n, SA curiga d transmisi tapi di suruh tune up dulu balikin set awal dan gak tau kalo afr bisa di set manual+letaknya dmn. :big_slap:
Coba bawa ke Istana Cendrawasih oom... Itu tempat langganan saya. Saya tau sistem kerjanya mereka, saya kenal satu bengkel dari Manager sampe mekanik dan spare partsnya, kalau belum beres mereka gak bakal bilang stop sebelum ketemu gejalanya... :big_grin: Service Manager nya orang nya sangat profesional sekali.
ke istana pp hampir 100 kilo belum macetnya, kalo di sana selama pemeriksaan/pembongkaran sampai masalah ketemu kena charge ga? dulu di beres siliwangi jaman SA yang lama free padahal ngurut kabel selama 2hari+perbaikan sementara(part kosong)

kalo non beres ada ga om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by DOHC »

jivos wrote:banyak" b'doa om, biar pas gk facelift, L engine nya jg ikutan facelift ke L15B DOHC 132hp kyk spec diluar.
output segitu cukuplah buat daily/wiken use, running cost nya ekonomis.

*and tak lupa rear disc brake nya kembali dipasang, sec mrk kelupaan masang diawal krn focus ngejar dateline launching :mky_03:
jahh upgret enjin kayanya ga ad dlm kamus nya ahond indo... :big_bored: :big_bored:

tp stuju tuh, balikin tuh rear disc brake... rada aneh aj skrg liat hatcback masi drum... yaris lele aj ud pake disc...
nescafe wrote:
DOHC wrote:ahh CM5... my all time fav accord stelah cielo... gede, membulat, minim garis2 lebay... berkelas... dan yg penting, K24 ivtec dohc enjin...

utk lengkap nya, musti minta pencerahan dr master kupi nescafe nehh yg CM5 nya banyak diincer jandanya..
Diincer sama anak2 sd bang buat dikejar kalau lagi lewat sd deket rumah.. wkwkwkwk :mrgreen:
jgnkan anak sd mods... kl tuh CM ente lewat dpn ane jg bakal ane kejar2.. kl perlu pake kapak merah sgala.. :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

lorelei wrote: ke istana pp hampir 100 kilo belum macetnya, kalo di sana selama pemeriksaan/pembongkaran sampai masalah ketemu kena charge ga? dulu di beres siliwangi jaman SA yang lama free padahal ngurut kabel selama 2hari+perbaikan sementara(part kosong)

kalo non beres ada ga om?
Wiiik jauh bener oom, tinggal nya di daerah mana?

Nah ini yang kupret oom, dulu ane pernah periksa kabel doang kena jasa 100k :big_bored: walau ane akuin soal kerjaan mereka numero uno, tapi kalo nge charge sih mahal emang :big_bored:

tergantung sih kadang liat tingkat kesulitan juga, kemaren repair shock bagasi Harrier cuma kena 50k sih. Kalo masalah idle RPM si harus pake scanner dulu.

Tapi kalo oom mau kesana coba entar ane nego ke SA nya biar dapet harga konco :big_biglaugh:

Coba kalau non-resmi Auto Center di Arteri Soekarno-Hatta saya denger lumayan bagus... Cuma kalau specialist Honda ane koq masih lebih yakin sama Istana Cendrawasih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by ChZ »

nescafe wrote: Ehehehe, lanjut lagi ceritanya :D

Kalau transmisi, karena punya gw manual, kalau untuk perawatannya ya cuman kuras berkala pakai oli mtf honda, kalau kepepet bisa pake oli mesin yg encer. Nafasnya pun panjang, jadi ndak sering ngoper, cukup main pedal gas saja.

Kalau untuk kaki2, yg udah gw ganti adalah tie rod end (ganti di tahun ke 8), long tie rod (ganti di tahun ke 10), dan karet bushing (ganti di tahun ke 10). Kemudian yang terakhir di repair adalah re-grease as roda, gw kira harus ganti as roda, ternyata gemuknya saja yg harus diganti karena sudah mencair dan berwarna putih. Yg lainnya kebetulan msh survive. Ganti disc brake depan pun juga sudah, tapi dengan merek aftermarket. Kalau untuk kaki2 belakang belum ada masalah.

Kalau untuk shockbreaker, biasanya dalam siklus 4 tahunan sudah minta ganti sih (menurut feeling nubie), dan selama gw pelihara udah 2x ganti shock. Shock penggantinya kebetulan coba pakai yg aftermarket.
Set up pertama pake koni yellow sport yg adjustable plus per standar. Set up kedua pake kayaba new sr plus eibach pro kit. Kalau untuk pake per pendek, set up koni plus kayaba yg menurut feeling nubie paling pas.

Errr sekian dulu, sisanya lagi inget2.... :ngacir:

Oya warga sm yg pelihara juga cm5 ada oom jose dan omm datta
Brarti kesimpulan ane di Accord CM ini gak ada problem khas ya oom, cuma masalah pelik nan klasik nya mobil tua, which is memang sudah banyak part yang perlu diganti.

Makin mantap kepengen mobil ini setelah tau reliability nya cukup bagus :big_love:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lorelei
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 26, 2013 17:28

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by lorelei »

ChZ wrote:
lorelei wrote: ke istana pp hampir 100 kilo belum macetnya, kalo di sana selama pemeriksaan/pembongkaran sampai masalah ketemu kena charge ga? dulu di beres siliwangi jaman SA yang lama free padahal ngurut kabel selama 2hari+perbaikan sementara(part kosong)

kalo non beres ada ga om?
Wiiik jauh bener oom, tinggal nya di daerah mana?

Nah ini yang kupret oom, dulu ane pernah periksa kabel doang kena jasa 100k :big_bored: walau ane akuin soal kerjaan mereka numero uno, tapi kalo nge charge sih mahal emang :big_bored:

tergantung sih kadang liat tingkat kesulitan juga, kemaren repair shock bagasi Harrier cuma kena 50k sih. Kalo masalah idle RPM si harus pake scanner dulu.

Tapi kalo oom mau kesana coba entar ane nego ke SA nya biar dapet harga konco :big_biglaugh:

Coba kalau non-resmi Auto Center di Arteri Soekarno-Hatta saya denger lumayan bagus... Cuma kalau specialist Honda ane koq masih lebih yakin sama Istana Cendrawasih.

saya posisi di ngaliyan om, kalo mau turun saingan sama truk gede, belum kalo pas macet biasa, 40 menit baru sampe kalibanteng :frm_bang_head:

sama om dulu scanner doang 5mnit kena charge 100k :big_slap: , belum lama ada masalah di handrem, sama beres coba di bersihin doang kena charge, garansi 2minggu kalo ga salah, sebelum cabut SAnya bilang "kalo trouble lagi coba ganti kampas rem/nanti kita bongkar biar yakin" :big_bored: baru 10 hari uda kumat lagi :frm_bang_head:
bamspeedbam
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Nov 17, 2015 5:36

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by bamspeedbam »

Hmhh..CM5 ya..
Gw dah 2th pake ni mobil, saking seneng nya jeroan mesin nya dah gw gantiin semua, bukan buat balapan tapi biar mesin gw kuat (niat nya).
Racksteer pernah bocor, beli baru 12jt ga kebeli, beli copotan malah apes seminggu bocor juga akhirnya beli seal kit nya dan repair sendiri langsung maknyuss sampe sekarang.
Shock belum ganti, sekarang 100800km belum masalah, pernah pake eibach pro kit tapi balik ke ori nya lagi, ga enak keceperan sering gasruk.
Aksesoris cuma pake strutbar dan antiroll bar aja, sedikit tambah open filter. Mounting engine pernah ganti 4 dari 6 posisi, lumayan harganya tuh.
Pake header dc sport bocor flexible nya karena terlalu hi comp kali ya...akhirnya pake aftermarket model oem nya..dah bolak balik ganti knalpot baru nemu yg pas..sambil experiment sih.
Interior ga di utak atik, jok aslinya dah kulit, paling cuma nambah HU 1din karena HU bawaan nya rusak, beli jg ga ada di sini..ga pernah nanya beres karena pasti mahalll.. :)
Cuma biasa ganti pernak pernik aksesoris aja seperti shiftknob spoon dan momo pedal. Tambah foglamp karena bawaan nya ga ada (ga ngerti juga nih kenapa).
Handling enak, stabil ..gw ga pernah lewat 160kpj..santai ajah, karena mobil bagus enak nya ya dinikmati waktu nyetir nya..
Mesin cukup handal..ga pernah rewel, ga pernah ganti part printilan, kecuali motor kipas extra fan ac modar bikin mesin kegerahan overheat..
Asal rutin ganti oli..semuanya baik baik aja..
Pernah ganti input shaft gbox karena gear 2 nya rentan rontok, atau apa kaget kali waktu nempel di kopling twinplate ..hi hi..
Sekarang kira kira komponen dalam engine bay dah fresh semua..kecuali fuel rail dan torque damper yg belum kepasang.
Overall..ini mobil nyaman , nikmati saja, light mode ok..heavy or extreme mod no way.

Regards.


Sent from my R7kf using Tapatalk
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by Hansen »

DOHC wrote:
nescafe wrote:
DOHC wrote:ahh CM5... my all time fav accord stelah cielo... gede, membulat, minim garis2 lebay... berkelas... dan yg penting, K24 ivtec dohc enjin...

utk lengkap nya, musti minta pencerahan dr master kupi nescafe nehh yg CM5 nya banyak diincer jandanya..
Diincer sama anak2 sd bang buat dikejar kalau lagi lewat sd deket rumah.. wkwkwkwk :mrgreen:
jgnkan anak sd mods... kl tuh CM ente lewat dpn ane jg bakal ane kejar2.. kl perlu pake kapak merah sgala.. :mky_03: :mky_03:
Denger2 mau dijokul tuh chiong.. :upss: :upss: :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by DOHC »

Hansen wrote: Denger2 mau dijokul tuh chiong.. :upss: :upss: :upss:
akhirnya siong... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sandwich
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Sat May 26, 2007 8:16
Location: Surabaya

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by sandwich »

alok om chz lama tak jumpa..
mau share dulu pernah pake cm5 2004 2 taon..
secara keseluruhan mbl ini ganteng, ga kerasa tua

rada boros.. kurleb sama ody rb1 (ya iya lha sama mesinnya)
kaki2 agak keras khas honda (stabil klo ngebut) :mky_04:
pernah lari 190 masih ga goyang

remnya geter2, mau dibubut eh dah tipis.
mau ganti 2,4jt (waktu itu) biarin deh akhirnya.. toh baru krasa diatas 100km/jam
lain2 ga ada trouble kcuali ganti aki

karet2 pintu ama jendela bunyi2, solusinya coba dibersihin pake airsabunhangat

menurut ane go for it.. tinggal cari unit yg lumayan ok
ganti hid atas bawah, pakein bodykit modulo seperti di gambar ente..
velg 18.. (standarnya 16)
cakeppppp..

oiya yang VTIL jok kulitnya banyak yg udah crack.. semoga nemu unit yg terbaik dan terawat.
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: (ASK) Honda Accord CM Serie (CM5, CM6, CM7)

Post by Hikoza »

lorelei wrote: saya posisi di ngaliyan om, kalo mau turun saingan sama truk gede, belum kalo pas macet biasa, 40 menit baru sampe kalibanteng :frm_bang_head:

sama om dulu scanner doang 5mnit kena charge 100k :big_slap: , belum lama ada masalah di handrem, sama beres coba di bersihin doang kena charge, garansi 2minggu kalo ga salah, sebelum cabut SAnya bilang "kalo trouble lagi coba ganti kampas rem/nanti kita bongkar biar yakin" :big_bored: baru 10 hari uda kumat lagi :frm_bang_head:
Daerah Barat coba ke Plat H aja. Meskipun mereka spesialisasinya Toyota, tapi megang Honda juga ok kok.