Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by iwansiagian »

Di forum diskon brio bisa diskon 17 juta, jadi 134. 5 juta harga jabotabek. Ignis yang matic Mason type tertinggi 169 juta, bedanya lumayan 35 jutaan.
Pernah TD AGS Karimun, jauh mending cvt nya brio deh.. Lag nya lumayan waktu ganti gear nya. Ga tau ya katanya beda generasi AGS nya Ignis.
tensorflow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Jul 21, 2017 8:53

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by tensorflow »

barusan aja tadi siang test drive Ignis. kalau menurut saya sih AGS ga enak yach, soale kalau digas rada dalem, agak nyendat gitu. ga nyaman deh. kayak telat responnya. ane dulu biasa bawa city yg pake CVT, jauh lebih enak CVT. tapi kalau soal nyaman, Ignis emang enak kok, nyaman seatnya dan bagus displaynya (informasinya lengkap). engine start/stop pakai tombol jg keren. cuma ya itulah kelemahannya kalau menurut saya ada di AGS itu. tapi mungkin jg karena saya belum tau selanya? atau mungkin setelan mobil TDnya kurang pas? coba dijajal dulu deh...
Kangfais
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 05, 2017 15:26

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by Kangfais »

Terima kasih atas atensi kawan2 SM..
Akhirnya sore ini keturutan TD ignis AGS.. Diluar fitur2nya yg oke dibanding rivalnya.. Menurut saya transmisi AGS oke juga kalo di pake santai.
Dan benar saya rasakan ada LAG waktu pergantian gigi baik naik atau turun.. Tapi menurut saya ga terlalu ekstrem sih kayak di yutub review di auto**tmag. Untuk karakter driver santai sih masih ttep enjoy kok.. Tadi juga sempat saya bawa ngebut mode D dari gigi 1..2..3..4 pendek2 jaraknya..lumayan Enak kok. Lagnya juga gak akan bikin badan terhempas maju depan kebelakang kayak kita ngerem mobil mendadak...
Cuma yang aneh waktu di manual gigi 2 kemudian saya mode matic di mid transmisi masuk gigi 4. Apa ini penyebabnya ..setingan ecu di ags nya ini yg bikin maticnya kurang responsif 🙄
Tapi saya malah suka mode M nya... Pindah2 gigi sesukanya ga pake injek kopling.. Lebih cocok buat karakter ngebutt..dan Meski di mode Manual ..habis kenceng trus tiba2 jalanan macet pun mobil di injek rem sampe berhenti pun mobil gak akan mati. Istri saya pun suka karakter transmisinya.
Ada kelemahan yg saya dan istri rasakan waktu TD
1. Karakter bantingan suspensinya keras.. Masih enakan bantingan xenia R deluxe 2014 dirumah
2. Setirnya berat banget.. Istri saya bener2 mengeluhkan ini. Juga kalo belok stirnya gak balik sendiri. Untuk stir Enakan xenia jauh katanya. Padahal istri saya ini tipe2 yg ga terlalu sensitif urusan mobil ..bahkan roda kempos pun nyonya ga tau bedanya dengan yg tekanan full tetep pake terus hehe
Tapi mungkin semua keluhan itu belum terbiasa kali ya.. Saya dulu kebiasan nyetir carry pickup taon 90an no power stering..tangan enteng aja.. Kemarin dimintain sodara nyupiri pickup buat pindahan rasanya ampun hhehe
alicevamps
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Mon May 02, 2016 14:54

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by alicevamps »

Pilihan yg sulit. Entah kenapa banyak org ngejek design belakang n interior kedua mobil ini. Padahal bagian yg aku suka justru belakangnya...jujur...klo ignis berasa retro banget n tetep modern, sementara brio berasa futuristik soalnya yg kebuka di pintu bagasi kaca doank/frameless. Tp klo milih dr 2 itu aku bakal ambil ignis, meskipun sebenernya lebih suka design brio. Alaasannya brio itu udah ada dr 2013, males aja klo udah beli trus ganti model dlm waktu dkt, apalagi honda kan lumayan cepet ganti modelnya
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
jontor
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Mar 14, 2016 3:49

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by jontor »

Kebetulan tadi pagi TD ( tes duduk}.. kalo dibandingan dengan brio lebih luas ignis... Tapi posisi nyetir enak brio... Kalo material interior... Sama aja.. plastik jelek... Namun yg ignis kayaknya lebih tipis tuh...
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by liemivan86 »

Kangfais wrote:Terima kasih atas atensi kawan2 SM..
Akhirnya sore ini keturutan TD ignis AGS.. Diluar fitur2nya yg oke dibanding rivalnya.. Menurut saya transmisi AGS oke juga kalo di pake santai.
Dan benar saya rasakan ada LAG waktu pergantian gigi baik naik atau turun.. Tapi menurut saya ga terlalu ekstrem sih kayak di yutub review di auto**tmag. Untuk karakter driver santai sih masih ttep enjoy kok.. Tadi juga sempat saya bawa ngebut mode D dari gigi 1..2..3..4 pendek2 jaraknya..lumayan Enak kok. Lagnya juga gak akan bikin badan terhempas maju depan kebelakang kayak kita ngerem mobil mendadak...
Cuma yang aneh waktu di manual gigi 2 kemudian saya mode matic di mid transmisi masuk gigi 4. Apa ini penyebabnya ..setingan ecu di ags nya ini yg bikin maticnya kurang responsif 🙄
Tapi saya malah suka mode M nya... Pindah2 gigi sesukanya ga pake injek kopling.. Lebih cocok buat karakter ngebutt..dan Meski di mode Manual ..habis kenceng trus tiba2 jalanan macet pun mobil di injek rem sampe berhenti pun mobil gak akan mati. Istri saya pun suka karakter transmisinya.
Ada kelemahan yg saya dan istri rasakan waktu TD
1. Karakter bantingan suspensinya keras.. Masih enakan bantingan xenia R deluxe 2014 dirumah
2. Setirnya berat banget.. Istri saya bener2 mengeluhkan ini. Juga kalo belok stirnya gak balik sendiri. Untuk stir Enakan xenia jauh katanya. Padahal istri saya ini tipe2 yg ga terlalu sensitif urusan mobil ..bahkan roda kempos pun nyonya ga tau bedanya dengan yg tekanan full tetep pake terus hehe
Tapi mungkin semua keluhan itu belum terbiasa kali ya.. Saya dulu kebiasan nyetir carry pickup taon 90an no power stering..tangan enteng aja.. Kemarin dimintain sodara nyupiri pickup buat pindahan rasanya ampun hhehe
Soal setir berat, mungkin Ban nya kurang angin? Seharusnya mobil kecil gitu sih setir nya enteng banget. Kalo sampai berat, berarti ada yang aneh...

Soal AGS, intinya dari segi teknis, itu transmisi manual yang diberi modul untuk semi otomatis. Asal kita bisa kenal karakter nya saja, harusnya tidak masalah untuk menyesuaikan diri. Saya pribadi juga pernah setir transmisi macam AGS gini, tapi di crane 10 ban. Ha2...
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by vulvy8858 »

coba kasi insight dari owner brio keluaran awal vs Ignis AGS

pertama nyalain Ignis, saya merasa ni mubil halus, AC nya adem, ga kayak Brio yang suram suram kaku, sama peredamannya lebi baik dari Brio saya yang kayak kaleng banget.
pertama, adik saya yang bawa dan saya jadi passenger di belakang.

shift ke D, AGS nya much better dari KWR AGS kantor yang kurang halus, dan kalo ga dibejek bejek sih biasa aja ya.
masuk tol, geser manual mode, berasa rasio gigi AGS ini lebi rapet dari Brio..
110 kpj gigi 5 di 3000 rpm, 3000 rpm di gigi 5 Brio bisa 140 kpj.
akselnya juga enakan Ignis..
peredaman dari suara luar juga IMHO Ignis masi lebi baik..
jok cukup mendekap badan, biarpun tipis..

sampe titik puter balik, tukeran saya yang mengemudi.
langsung saya masukin manual mode dan hajar gaspol, dan masuk lagi ke tol.
handling pas dibejek sampe 160 kpj masi bagus, pas saya lepas 2 tangan dan ngerem pelan2 masi lurus.. ga kayak Innova yang lari lari liar. padahal cuma pake ban dengan lebar 175.
tenaga juga tetep mengisi sampe 150an KPJ, diatas itu ya maklum lah mobil enjin kecil ga pake turbo.

cuma ya itu..

bantingan suspensinya keras banget.
keras ga kira kira.
sama setirnya berat, antep sih emang, tapi agak ngerepotin pas parkir atau u-turn.
maybe buat ngakalin ban nya yang kecil dan tipis.
dan pas butuh respon mendadak, AGS nya masi kasar.
buat kengerian kamkop AGS yang cepet aus, KWR di kantor ada yang uda masuk 50rb km dan AGS nya masi OK, feels like new.

pas turun dari mubil, entah kenapa mengendarai Ignis lebih melelahkan dari mengendarai Brio.
TD dengan jarak 40an km, bahu langsung pegel2 dan pinggang juga kerasa ga enak.
di Brio, saya driving dengan jarak 80-90 km belom merasakan lelah yang begitu gitu amat, dengan cara bawa yang sama.

adik saya sempet ada pikiran jual Brio ini dan beli Ignis GX AGS baru, mumpung dijual juga masi mahal ni Brio, cuma setelah TD begono..

kami tetap mempertahankan Brio tuwak kami.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
telytims
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Tue Dec 14, 2010 15:28
Location: jakarta
Daily Vehicle: scross

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by telytims »

Ignis serem buat yang ga biasa bawa. kalau tanjakan gampang mundur meskipun kaki cepet pindah dr rem ke gas.. Jadi harus tarik rem tangan buat ditanjakan pas uda jalan baru lepas. Kalau pagi pas dingin suka geter kayak kopling lepas kecepetan. Pengalaman bawa mobil teman.. cuma buat interior dan builtin quality ignis jauh diatas brio ya.. termasuk peredamannya.
indrapradhita75
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue May 10, 2016 10:13

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by indrapradhita75 »

vulvy8858 wrote: Sun Jul 23, 2017 4:56 coba kasi insight dari owner brio keluaran awal vs Ignis AGS

pertama nyalain Ignis, saya merasa ni mubil halus, AC nya adem, ga kayak Brio yang suram suram kaku, sama peredamannya lebi baik dari Brio saya yang kayak kaleng banget.
pertama, adik saya yang bawa dan saya jadi passenger di belakang.

shift ke D, AGS nya much better dari KWR AGS kantor yang kurang halus, dan kalo ga dibejek bejek sih biasa aja ya.
masuk tol, geser manual mode, berasa rasio gigi AGS ini lebi rapet dari Brio..
110 kpj gigi 5 di 3000 rpm, 3000 rpm di gigi 5 Brio bisa 140 kpj.
akselnya juga enakan Ignis..
peredaman dari suara luar juga IMHO Ignis masi lebi baik..
jok cukup mendekap badan, biarpun tipis..

sampe titik puter balik, tukeran saya yang mengemudi.
langsung saya masukin manual mode dan hajar gaspol, dan masuk lagi ke tol.
handling pas dibejek sampe 160 kpj masi bagus, pas saya lepas 2 tangan dan ngerem pelan2 masi lurus.. ga kayak Innova yang lari lari liar. padahal cuma pake ban dengan lebar 175.
tenaga juga tetep mengisi sampe 150an KPJ, diatas itu ya maklum lah mobil enjin kecil ga pake turbo.

cuma ya itu..

bantingan suspensinya keras banget.
keras ga kira kira.
sama setirnya berat, antep sih emang, tapi agak ngerepotin pas parkir atau u-turn.
maybe buat ngakalin ban nya yang kecil dan tipis.
dan pas butuh respon mendadak, AGS nya masi kasar.
buat kengerian kamkop AGS yang cepet aus, KWR di kantor ada yang uda masuk 50rb km dan AGS nya masi OK, feels like new.

pas turun dari mubil, entah kenapa mengendarai Ignis lebih melelahkan dari mengendarai Brio.
TD dengan jarak 40an km, bahu langsung pegel2 dan pinggang juga kerasa ga enak.
di Brio, saya driving dengan jarak 80-90 km belom merasakan lelah yang begitu gitu amat, dengan cara bawa yang sama.

adik saya sempet ada pikiran jual Brio ini dan beli Ignis GX AGS baru, mumpung dijual juga masi mahal ni Brio, cuma setelah TD begono..

kami tetap mempertahankan Brio tuwak kami.
gak salah om setirnya berat? Ignis saya ringan banget lho setirnya. mungkin ban mobil TDnya kempes
colision
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Wed Jan 08, 2014 10:13

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by colision »

Saya vote Ignis tapi klo mau jgn AGS, saya pnah nebeng Ignis temen dan overall interior jauh menang Ignis kemana2
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by daftar »

hal yang patut dipertimbangkan ignis ini adalah CBU india, kata orang yg kerja di beres suzuki sparepart ignis untuk slow moving banyak yang masih harus inden dan waktunya gak bisa janjiin karena sebagian ada yang harus dipesan dari india, ya mungkin karena mobil CBU dan jenis baru jadi sparepart belum mapan, hampir mirip dengan yang terjadi pada daihatsu sirion
kalo ignis ini penjualannya bagus bukan tidak mungkin ada perbaikan kedepannya untuk ketersediaan spareparts
:ngacir:
Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by Ak01382 »

Dulu banget pas launching ignis smpet td yg ags maupun yg manual. Butuh kebiasaan aja si untuk ignis yg memang lagi hits.
Sodara sepupu ada yg punya brio juga, jadi sempet 3-4x nebeng jadi penumpang dan jd driver.

Ignis menang di interior dan fitur
Brio menang di fun to drive.

Cm kalo saya bs milih, vote ignis.
Brio sangat membosankan.
Tp kalo gmpang bosenan better ambil brio lebih mudah ntuk dijual lg
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by Vic4773 »

Halo smua. Semoga tidak salah topik chat.

Sy lagi mikir2 Ignis untuk harian, isi 1-2 orang.
Sudah TD Ignis AGS. Mobil TD sudah Km 10rban. Karakter nya sama seperti yang sudah2 dibahas, gigi 1-2 kalo gas dalam terasa lag saat pindah. Tapi kalo gas halus, misal belok patah di perumahan/gang, gigi 1-2 hampir ga kerasa. Plus teknik lepas gas, saat uda rpm berasa 2000 an. Bisa dibilang mirip bawa motor bebek. Rasio gigi rapat2, cepet pindah meski masi kecepatan rendah. Mungkin setting biar irit. Yang jadi pertanyaan saya, apakah model AMT seperti ini, denger2 Magneti Marelli supplier nya, bisa dibilang awet? Selain kampas kopling, mungkin elektrikal? Kalo2 terobos banjir. Mungkin ada yg bisa bantu dari segi teknikalnya?

Suspensi memang keras, tapi rasanya mirip2 dengan Jazz GE8/City GM2 awal. Tapi masi dalam kategori oke bagi sy. Kebantu dgn busa jok yang empuk dan suportif.

Konsumsi bbm apakah benar bisa 1:15-17 untuk dalkot?
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Butuh saran: IGNIS AGS vs Brio CVT

Post by suketcell »

Sepi...
Masih baca2 Pelan dari peki atu...
hmmm