worth kah spin diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
worth kah spin diesel
Saya lagi ingin nambah LMPV , worth kah spin diesel ? harga 2nd si uda anjlok di 80-90 kecil ya....
1. apakah spare part susah ?
2. apakahm matiknya reliable ?
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
4. Bisa minum solbus ?
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel
Nuhun
1. apakah spare part susah ?
2. apakahm matiknya reliable ?
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
4. Bisa minum solbus ?
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel
Nuhun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: worth kah spin diesel
Setau saya, spin diesel ga bisa minum solar goceng
-
- SM Moderator
- Posts: 1259
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: worth kah spin diesel
Spin diesel ada yang maticnya yah om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1047
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
-
- SM Specialist
- Posts: 15537
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: worth kah spin diesel
1. Mungkinfansdiesel wrote: ↑Tue Aug 27, 2019 11:10 Saya lagi ingin nambah LMPV , worth kah spin diesel ? harga 2nd si uda anjlok di 80-90 kecil ya....
1. apakah spare part susah ?
2. apakahm matiknya reliable ?
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
4. Bisa minum solbus ?
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel
Nuhun
2. Spin diesel ga ada metik.
3. Mungkin, banyakan udah jadi diler mobcin. Kmrn giias juga gak nongol.
4. Gak.
Setau saya mesin ini cukup banyak issues nya. Dulu punya temen saya olinya nguap banyak padahal odo masih 20k an.
Setau saya alesan ertiga diesel gak lanjut juga ada hubungannya dengan ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: worth kah spin diesel
Cari yang laen Aja om.... Ispan mungkin
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14
Re: worth kah spin diesel
Mending ertiga diesel. Mesinnya mirip spin tapi output lebih gede dan ada sistem smart hybrid. ATPM jelas gaakan kemana2.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: worth kah spin diesel
Jauh harganya kalau diarahin Ertiga diesel. Setahu saya orang pilih ini karena harga bekas jeblok
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: worth kah spin diesel
Jauh harganya kalau diarahin Ertiga diesel. Setahu saya orang pilih ini karena harga bekas jeblok & tampil B e d a
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50
Re: worth kah spin diesel
Menurut saya jangan om.
Baca dulu ngenesnya para owner spin di grup kuskus seblm memutuskan beli ini.
Baca dulu ngenesnya para owner spin di grup kuskus seblm memutuskan beli ini.
Santai dijalan, nikmati hidup.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2526
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: worth kah spin diesel
Spin diesel yah... Temen ada pake dari baru isi full biosolar. Dulu banget pas awal launch. Doi cuman pake sampe 100k kilometer ( 3 tahun life span) trus dijual. Katanya sparepart mahal. Filter solar mahal, filter udara mahal, Kampas rem aja mahal. Blom lagi pas ganti timing belt sampe 3jt lebih trus nunggu inden 1 bulan ckckck. Terakhir ada bunyi2 ga jelas diarea turbo. Keknya mau jebol.
Akhirnya buru2 dijual drpd jd endless money pits, trus beli pajero sport exceed (4d56) and life happily ever after.
Jadi jawabannya. Ga worth. Kcuali kebanyakan duit buat ngempanin maentenancenya. Enak pelihara mobil jepang. Reliable, easy to maintain, long life.
Mau beli mobil bekas merk aneh2 skalian aja eropa (BMW & Mercedes). Sama2 gampang rusak kek merk amrik, tp lebih rewarding klo dibenerin & dinikmatin driving feelnya. Sambil nunggu rusak lagi... wakakaka
Akhirnya buru2 dijual drpd jd endless money pits, trus beli pajero sport exceed (4d56) and life happily ever after.
Jadi jawabannya. Ga worth. Kcuali kebanyakan duit buat ngempanin maentenancenya. Enak pelihara mobil jepang. Reliable, easy to maintain, long life.
Mau beli mobil bekas merk aneh2 skalian aja eropa (BMW & Mercedes). Sama2 gampang rusak kek merk amrik, tp lebih rewarding klo dibenerin & dinikmatin driving feelnya. Sambil nunggu rusak lagi... wakakaka
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: worth kah spin diesel
Udah lah jangan beli mobkas aneh2
Kalo pas barunya dulu mungkin oke
Sekarang sih ketawa aja liat kondisinya
Apalagi diesel kalo sampe overhaul mahal bgt biayanya
Kalo pas barunya dulu mungkin oke
Sekarang sih ketawa aja liat kondisinya
Apalagi diesel kalo sampe overhaul mahal bgt biayanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4577
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: worth kah spin diesel
1. Susah buat ukuran LMPV (temen ada yg punya versi activnya)fansdiesel wrote: ↑Tue Aug 27, 2019 11:10 Saya lagi ingin nambah LMPV , worth kah spin diesel ? harga 2nd si uda anjlok di 80-90 kecil ya....
1. apakah spare part susah ?
2. apakahm matiknya reliable ?
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
4. Bisa minum solbus ?
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel
Nuhun
2. Gak ada maticnya, manual only
3. Seharusnya tidak
4. Tidak
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: worth kah spin diesel
Apa lebih baik bensinnya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: worth kah spin diesel
maaf baru balas.... apakah mesin spin 1.5 sama dengana confero ? apa value for moneynya lebih baik versi 1.5 bensin kalau begitu ? karena part sepertrinya murah untuk ukuran chevrolet
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Aug 31, 2021 23:48
- Location: Bali
Re: worth kah spin diesel
Spin diesel driver here... cuman 40.000 km, rajin pake Dex sejak dex keluar,
so far sih jarang rewel, mungkin karena dipake jarang2, perawatan cuman ganti oli setahun sekali
so far sih jarang rewel, mungkin karena dipake jarang2, perawatan cuman ganti oli setahun sekali
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: worth kah spin diesel
Test drive dulu aja om bagi saya joknya aneh feelnya kaya ga sesuai sama postur tulang belakang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: worth kah spin diesel
Kalo merk GM/chevy dimari prefer varian bensin
Temen ada yg emang demen chevy berani hijrah dari overrated captiva diesel ke underrated captiva bensin
Hasilnya? Doi gak menyesal sama sekali, malah kenapa gak dari dulu ambil 2.4 bensin atau nabung ambil orlando 1.8 bensin
To be honest, klo beli baru untuk lalu dijual 2-3 tahun kedepan sih ok (asumsi jaman GM masi dimari)
Tapi klo beli seken, mending jangan takutnya endless money pits, kecuali klo udah aware dengan segala risiko, tau dan kenal bengkel spesialis chevy, dan biasa parts onlen (di toko ijo ada itu seller id n*tech, saya liat lengkap banget doi jual spare part ready buat chevy)
dan adaptasikan dompetnya dengan dex semoga bbm euro 4 makin merata dimari
Temen ada yg emang demen chevy berani hijrah dari overrated captiva diesel ke underrated captiva bensin
Hasilnya? Doi gak menyesal sama sekali, malah kenapa gak dari dulu ambil 2.4 bensin atau nabung ambil orlando 1.8 bensin
To be honest, klo beli baru untuk lalu dijual 2-3 tahun kedepan sih ok (asumsi jaman GM masi dimari)
Tapi klo beli seken, mending jangan takutnya endless money pits, kecuali klo udah aware dengan segala risiko, tau dan kenal bengkel spesialis chevy, dan biasa parts onlen (di toko ijo ada itu seller id n*tech, saya liat lengkap banget doi jual spare part ready buat chevy)
dan adaptasikan dompetnya dengan dex semoga bbm euro 4 makin merata dimari
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: worth kah spin diesel
ex pengguna Spin Diesel Januari 2015 sampai May 2021, odo di 73 ribu.fansdiesel wrote:Saya lagi ingin nambah LMPV , worth kah spin diesel ? harga 2nd si uda anjlok di 80-90 kecil ya....
1. apakah spare part susah ?
2. apakahm matiknya reliable ?
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
4. Bisa minum solbus ?
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel
Nuhun
1. apakah spare part susah ?
Kalau dibanding Honda dan Toyota Daihatsu, jelas lebih sulit, lebih kayak spare part Kia dan Hyindai. Domiaili Jakarta aih terhitung mudah ke bengkel resmi Chevy. Diluar itu ada bengkel spesialis Chevy di Jakarta, Bekaai.. Contoh ganti kopling (spin diesel manual, krn ga adabyg matic) kalau je bengkel resmi dia minta di panjerin dan butuh waktu seminggu. Di bengkel spesialis Chevy, saya ganti engine mounting dan ganti kopling readily available. Saya liat list bemgkel spesialis Chevy di forum Kaskus. Di luar kjabodetabek, mungkin terhitung sulit ya..
2. apakahm matiknya reliable ?
yamg versi matic hanya ada di bensin gan
3 . apakah ATPM tidak akan kabur ?
bengkel resmi Sun Motor sih maaih ada. dan bengkel spesialis chevy di jakarta bekasi masih ada juga.
4. Bisa minum solbus ?
Saya dari awal pakai Dex.
adakah review long termnya yang pernah pakai pinsel.
+ mobil ini senyap, sangat anteng tuk di kecepatan tinggi, berkelok, dan torsi 190 Nmnya enak dibawa keluar kota.
+Lumayan irit. pemakan jangka panjang, banyak di dalam kota jakarta macet sekitar 1:11 -12.
+Tangki bensin 52 liternya cukup tuk lama balik ke spbu. Sekitar tiap 3 minggu tuk balik ke spbu setelah menempuh jarak 320-400 km dan Dex tinggal setengah, biaya sekitar 350 ribuan..
+ ACnya ada di tiap baris kayak bus malem.
+pelat bodi cukup tebel.
+Bemgkel resmi chevy tuh ciamik: usia 3mobil 3 bulan, ada netes oli di turbo, lgs diganti turbo saya gak pakai banyak tanya. usia 6 bulam, saya komplaum ac ga diulur2, langsung diganti semua sistem ac (kompressor, kondensor, evaporator, expansion valve, dryer), recall tangki bensin juga beneran diganti tangki bensinnya komplit =》 two thumbs up deh tuk ini
- Gak ada matic. ini alasan saya jual, krn istri gak bisa nyetir manual.
- kabin sempit dibanding LMPV lain.
- Ground clearance rada ga terlalu tinggi (sekitar 160 mm atau berapa ya), tapi saya gak pernah mentok selama keluar kota atau basement parkir sih, dan makanya jadinya mobil ini enak dibawa kecepatam tinggi.
'Bemgkel resmi terbatas banget. kalau jauh dibamding duo korea.
- bantingan cenderung keras tuk oramg awam
-problem ac (dah giganti full sama bengkel resmi, sempet nanya ke rotary dulu mereka minta 14 juta, lari ke bengkel resmi gratis, Kasih uang rokok tuk montir saja). begitu selesai, saya tambah extra fan sendiri di rotary, dan 3 tahun kemudiam, ganti kompresor ke denso, dan ac gak pernah issue
riwayat penggantain spare parts
1. ganti ban dari GT radial ke LM704 terus terakhir ganti ke Turanza T005.
2. tambah extra fan 1.5 juta, ganti kompressor ke denso sekitar 4 juta ++.
3. biaya service rutin kayak ganti oli, filter solar , tune up sekitar 2jutaan di bengkel resmi setiap 6 bulan. Harga olinya perliter sekitar 140-170 ribuan kalau gak salah.
4 service yang sama di nomor 3 di bengkel spesialis chevy hanya habis 1 sampai 1.2 uta. mahal di oli, sekitar 500-600 ribuan tuk 4 liter.
5. Ganti kopling di odo 39 ribu lewat bengkel resmi habis sekitar 4.5 juta termasuj jasa.
6. odo di 63 ribu, ganti kopling di spesial chevy Mentari sekitar 2.5 juta kalau ga salah. saya sekalian service rutin ganti oli, kuras radiator, ganti munyak rem habis 4.4 juta.
7. ganti emgime mounting komplit di odo 60 ribu serta ganti karet pegangan perseneling (udah bocel) habis sekitar 2.6 jt. kalau ga salah engine mountingnya sekitar 2.3 juta. ganti di spesialis chevy.
8. ganti shockbreaker depan di odo 50 ribuan, sya lupa aih, sekitar 2 jutaan . serta shock belakang juga di odo 58 ribuan sekitar 1.5jutaan kalau ga salah. dilakukan di bengkel reami.
Maklum mobil perang jadi banyak pengganfainnya, serta saya alergi aama mobil yang ga beres. in overall, mungkin kalau dubanding mobil sekelasnya ya perawatan lebih mahal ya. Apalagi mbil2 sekarang yang free service dan jasa sampai 2.5 tahun atau berapa ribu km..
Semoga membantu..