Re: Honda CR-V Turbo Facelift vs Mazda CX-5 (Calon Pengganti CRV RE 2012)
Posted: Tue Nov 05, 2019 12:46
Sepertinya uda Serius nih om mau dituker crv re nya
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Iya nih oom, mungkin ga taun ini sih, antara 2-3 taun lagi, paling cepet akhir taun depan, secara mobil sy udah berumur dan KM sdh cukup tinggi (jalan 130.000 km), dan ini mobil operasional sehari2 sih bukan mobil hobi, jadi hitung2 peremajaan.
Sy tunggu CRV Turbo facelift keluar sih oom, dan hrsnya lebih refinealbertkartono wrote: ↑Wed Nov 06, 2019 7:33 Prefer cx5 om
Bq solid,nvh eropah,fitur teknologi kelas atas, kl sempit sbnrny msh manusiawi kok om, cmg kl badanny kelampau besar ga normal ya memang jd sempit.
Crv turbo yg fl mestiny bakal lb refine sih, dtgg aja kabar crv turbo fl berikutny
tergantung, kalo sampe teriak teriak sih enggak. cuma kalo sudah biasa sama noise nya RE harusnya di gen 5 merasa upgrade dikit di peredaman krn saya dulu juga pake RE dan RM.babehgue708 wrote: ↑Tue Nov 05, 2019 10:36
Iya oom coba kalau ada option 5 seater utk semua varian lebih enak oom, krn row ke 3 CRV sama sekali bkn utk manusia dewasa. Kira2 road noisenya ganggu ga oom kalau diajak jalan jauh ? Takutnya kuping pengang dan ngobrol dimobil harus teriak2
dan sedihnya pada panik terus beres nya malah aji mumpung. kesempatan kejar target lebih.
Iya oom, tp utk orang awam kalo ada indikator oil itu keluar pasti udah panikan sendiri, dan banyak loh orang dateng ke bengkel komplain masalah ini dan pada ganti oli ngikutin indikator.
persis saya berarti non prestige lampu utama ganti LED
Sy kalo ambil CRV paling yang non prestige sih oom, kalo lampu mungkin bisa diganti LED, toh tipe lampu CRV ini H11 kan ya, kalau mau totalias ya ganti aja headlampnya sekalian sama yg prestige
Berarti aman kalo gitu buat saya
Kalo Civic bermasalah jg ga indikator olinya oom ? Setau sy Civic masalah awal2nya di AC setelah itu sudah aman sih, apa mungkin krn populasi civic ga sbyk CRV jd ga kedengeran masalahnyadan sedihnya pada panik terus beres nya malah aji mumpung. kesempatan kejar target lebih.
ane gak tau sopwer olinya katanya di update. ada yang bilang Civic-CRV, ada yang bilang CRV doang. bisa komplen ke SA langsung biar dicek nomer VIN nya. sekarang juga mereka ngeluarin seri oli terbaru "e-pro turbo" kayaknya si gold yang biasa emang formulasinya kurang cocok buat mesin turbo.
Iya oom perintilan gitu bisa diganti2 soalnya, jd ga jadi masalah buat sy.persis saya berarti non prestige lampu utama ganti LED
Amin semoga lebih baikbabehgue708 wrote:Iya nih oom, mungkin ga taun ini sih, antara 2-3 taun lagi, paling cepet akhir taun depan, secara mobil sy udah berumur dan KM sdh cukup tinggi (jalan 130.000 km), dan ini mobil operasional sehari2 sih bukan mobil hobi, jadi hitung2 peremajaan.
Sy tunggu CRV Turbo facelift keluar sih oom, dan hrsnya lebih refinealbertkartono wrote: ↑Wed Nov 06, 2019 7:33 Prefer cx5 om
Bq solid,nvh eropah,fitur teknologi kelas atas, kl sempit sbnrny msh manusiawi kok om, cmg kl badanny kelampau besar ga normal ya memang jd sempit.
Crv turbo yg fl mestiny bakal lb refine sih, dtgg aja kabar crv turbo fl berikutny
Info dari sales honda tahun depan launching di Indo, sy penasaran sama apa yg ditawarin, kalau lebih baik dari pre facelift kemungkinan pilihan jatuh ke CRV, tp kalau sama aja sihhhh ya pasti CX-5 sih oom. Yg sy ngarep di facelift nnti agar pilihan sy jatuh ke CRV cuma:
1. Head unit + speaker lebih baik-> sukur2 sudah ada apple carplay / android auto minimal di tipe turbo non prestige
2. Build quality
3. Peredaman cabinnya diperbagus
4. Syukur2 bisa dapet speedo full tft
Kalau poin2 diatas tidak ada perbaikan ya sptnya pilihan jatuh ke CX-5, krn ga ada yg bisa sy complain di CX-5 kecuali akomodasi, dan memang CX-5 marketnya bkn utk org yg cari akomodasi, jd sy bisa memaklumi.
Dari kriteria yg saya bold vote for CX5 , apalagi kriterianya nyetir sendiri, gak masalah sm harga service, dan udah ada ANKI yg notabene mobil 7 seater , apalagi ada bengkel mazda dideket rumahbabehgue708 wrote: ↑Mon Nov 04, 2019 4:13 Halo suhu2, numpang nanya dan minta pendapat yaaa . Sy rencana akan ganti CR-V RE 2012 sy dalam 2-3 tahun ini (kemungkinan 2021-2022). Lagi bingung utk penggantinya (mau nabung dulu), kriteria yang saya cari:
- SUV Monocoque, kondisi BARU
- NO Ladder Frame secara dirumah sudah ada ANKI.
- Harga service tidak menjadi masalah.
- Mau NA atau Turbo, CVT atau bukan, tidak jadi masalah.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?)
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
- Konsumsi BBM?
Sy lebih consider merk Honda dan Mazda, ada 2 mobil yang ada di radar saya.
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending beli yg prestige karena perbedaannya lumayan banyak ,apalagi dari sisi fitur
Alasan mempertimbangkan CRV:
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Sempat mempertimbangkan Civic Turbo dan Mazda 3, tapi karena menurut data GC rendah jd takut ngegrosok. Mungkin yang punya Civic atau Mazda 3 apakah pernah ada masalah sama GCnya ? Kalau tidak, mungkin akan menjadi pertimbangan sy juga.
Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn
Thankyou oom ! Iya yg jd masalah CRV Turbo ga ada varian 5 seaternya ya, coba kalau ada . Sy lg hitung2 sih oom, kalau sy ambil CRV dan harus upgrade speaker, head unit, kasih peredam, kayaknya jatohnya akan 11-12 sama harga CX-5.Pboyz97 wrote: ↑Sat Nov 09, 2019 10:02Dari kriteria yg saya bold vote for CX5 , apalagi kriterianya nyetir sendiri, gak masalah sm harga service, dan udah ada ANKI yg notabene mobil 7 seater , apalagi ada bengkel mazda dideket rumahbabehgue708 wrote: ↑Mon Nov 04, 2019 4:13 Halo suhu2, numpang nanya dan minta pendapat yaaa . Sy rencana akan ganti CR-V RE 2012 sy dalam 2-3 tahun ini (kemungkinan 2021-2022). Lagi bingung utk penggantinya (mau nabung dulu), kriteria yang saya cari:
- SUV Monocoque, kondisi BARU
- NO Ladder Frame secara dirumah sudah ada ANKI.
- Harga service tidak menjadi masalah.
- Mau NA atau Turbo, CVT atau bukan, tidak jadi masalah.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?)
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
- Konsumsi BBM?
Sy lebih consider merk Honda dan Mazda, ada 2 mobil yang ada di radar saya.
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending beli yg prestige karena perbedaannya lumayan banyak ,apalagi dari sisi fitur
Alasan mempertimbangkan CRV:
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Sempat mempertimbangkan Civic Turbo dan Mazda 3, tapi karena menurut data GC rendah jd takut ngegrosok. Mungkin yang punya Civic atau Mazda 3 apakah pernah ada masalah sama GCnya ? Kalau tidak, mungkin akan menjadi pertimbangan sy juga.
Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn
As owner of AN CX5 Elite 2018 dan CRV Turbo Prestige 2019 TIDAK MENYARANKAN CRV TURBO TIPE APAPUN , karena dijamin bakal kecewa, kualitasnya gak kaya mobil 500 jt. Kebetulan saya ex user CRV RE FL 2010 dan CX5 1st gen 2013 PFL.
Saya bantu jawab ya.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?) Luas kok, ibu saya yg tingginya 173 cm fine2 aja duduk di row2 AN CX5 , dan kursi penumpang depan gak perlu dimajukan poll,cukup dimajuin dikit aja
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
Buat 2 poin diatas, CX5 memenuhi kriteria kok, bapak saya daily pake AN CX5 Elite Jakarta - Depok pp, sama sering ke bogor juga gak ada masalah sampe saat ini. Kalau bisa diajak capek, CX5 reliable kok, dulu pernah pelihara yg 1st gennya sampe dijual di odo 150rb gak ada masalah berarti . cuma servis rutin dan ganti oli aja
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
Reliable , malah komponen mazda lebih awet daripada honda menurut saya
- Konsumsi BBM?[/b] CX5 Dalkot sekitar 1:13-14 kalau kaki sekolah , kalau kaki gak sekolah 1:8-10. CRV Turbo 1:9-14 dalkot tergantung kondisi jalan dan gaya mengemudi
Alasan mempertimbangkan CRV:
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
Masih sama aja, cuma sejauh ini punya saya masih fine2 aja. Hanya pas odo 3rb indikator olinya udah nyala
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending yg prestige, karena perbedaannya lumayan banyak dari sisi fiturnya
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
Di gen 5, bantingan jauh lebih empuk , AN CX5 kalah empuk dibanding CRV gen 5 ini
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
Yes, if you compare with 3rd gen, but still bad compare to old CX5 inspite. Masih jauh lebih bagus BQ nya AN CX5 dibanding CRV Gen 5 ini walaupun meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
Mirip2 kok sama honda, dan indent sparepartnya kira2 1 - 2 minggu paling lama
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
Cukup awet kok. AN CX5 Elite saya udah 17rb km (CBU Malaysia) , masih fine2 aja sampe sekarang
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
Tergantung warnanya, kalau soul red memang ada proses khusus
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Row ke 2 mazda memang gak se ergonomis CRV, tapi kalau om TS tingginya kurang dari 176 CM masih memadai kok Row 2 nya , dan kursi penumpang depang tidak perlu dimajukan poll
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Overall kelebihan dan kekurangannya gini
1. AN CX5 Elite 2018
Plus:
- Desain exterior dan interior
- Fitur
- Fun to drive
- Peforma
- Handling
- Irit BBM
- Bq solid
Minus:
- Akomodasi gak sebagus CRV
- hanya 5 seater
- Citra merek
- Part lebih mahal
2. AN CRV Turbo Prestige 2019
Plus:
- Nyaman
- Panoramic sunroof
- Akomodasi dan kepraktisan
- CVTnya lumayan bagus tarikannya
- Bagasi luas
- Fitur lumayan lengkap
Minus
- Bad audio quality
- Creepy Head unit
- Bad build quality
- Bad noise insulation
- Limbung di kecepatan tinggi, dibanding kan dengan CX5
Kalau soal Mazda 3 kalau garasi rumah om gak ada tanjakan tinggi , gak masalah kok. Bapak saya hampir saja SPK AN Mazda 3 hatchback untuk menggantikan CX5 2013 saya, tapi karena 1 dan lain hal, dengan berat hati terpaksa hijrah ke CRV Turbo prestige. Kalau gak masalah sama harga service, mending mazda aja, ngapain ambil honda lg hehehe, lebih worth it dari segala sisi kecuali akomodasi dibanding honda menurut saya
Semenjak om Chz ganti HU MTech apakah suara yang keluar dari speaker bawaan Crv turbonya berubah?ChZ wrote: ↑Tue Nov 05, 2019 3:13
kalo tipe bawanya gini si masuk ke karakternya CRV turbo banget. nyantai, tapi kalo dibejek tenaganya buas. cuma kelemahannya ya kalo di bawah 3.000 RPM agak berat ngangkatnya, bisa dibantu dengan ganti DP+FP+remap. klo dari CRV RE 2000cc sih peningkatannya banyak. ibarat dapet tenaga 2.400cc dengan konsumsi setara 2.000cc.
turbo juga dapetnya segituan 1:9 dalem kota kalo ngetol bisa 1:12 keatas tergantung kaki kalap ngegas apa enggak. soalnya nih mobil kita bawa santai di tol aja 130 tau-tau
worth tidaknya tergantung apakah fitur-fitur di bawah menurut panjenengan penting atau tidak :
- 6 airbags (kalo ambil prestige ini mungkin jadi salah satu nilai +, emang gak ngarep airbagnya ngembang juga tapi value nya ada di sini, berasa pake mobil mahal aja kalo di pillar ada tulisan "AIRBAG" )
- lampu depan LED dan foglamp LED (buat saya ini estetika sih karena liat prestige dan non berasa banget di jalan mewah yang prestige gara-gara lampu doank )
- panoramic sunroof (punya anak kecil ?)
- power backdoor
- velg modulo 18inch
kalau tidak perlu, selisihnya ada 50 juta (+ discount tentunya) tapi sudah dapat mesin turbocharged dan semua hal basic dan rasa berkendara yang sama persis. orang tua saya ngambil yang non karena selisih harga ini sebenernya selisih banyak saya rasa karena airbagnya banyakan prestige.
head unit yesss itu barang yang wajib sekali diganti karena busuk sekali. saya ganti HU MTech android 10". kehilangan fitur ionizer gakpapa lah daripada nyetel musik error tiba-tiba
ya bgitulah review saya sih tanpa sugesti katanya katanya orang ngerasain sendiri dan pake sendiri
ane kurang notice ya um heheheh jarang pake mobilnya soalnya... tapi yang ane perhatikan kayaknya emang kualitas suaranya agak berubah.
CX-5 sudah ada improvement di Akhir 2019 inibabehgue708 wrote: ↑Tue Nov 12, 2019 10:16Thankyou oom ! Iya yg jd masalah CRV Turbo ga ada varian 5 seaternya ya, coba kalau ada . Sy lg hitung2 sih oom, kalau sy ambil CRV dan harus upgrade speaker, head unit, kasih peredam, kayaknya jatohnya akan 11-12 sama harga CX-5.Pboyz97 wrote: ↑Sat Nov 09, 2019 10:02Dari kriteria yg saya bold vote for CX5 , apalagi kriterianya nyetir sendiri, gak masalah sm harga service, dan udah ada ANKI yg notabene mobil 7 seater , apalagi ada bengkel mazda dideket rumahbabehgue708 wrote: ↑Mon Nov 04, 2019 4:13 Halo suhu2, numpang nanya dan minta pendapat yaaa . Sy rencana akan ganti CR-V RE 2012 sy dalam 2-3 tahun ini (kemungkinan 2021-2022). Lagi bingung utk penggantinya (mau nabung dulu), kriteria yang saya cari:
- SUV Monocoque, kondisi BARU
- NO Ladder Frame secara dirumah sudah ada ANKI.
- Harga service tidak menjadi masalah.
- Mau NA atau Turbo, CVT atau bukan, tidak jadi masalah.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?)
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
- Konsumsi BBM?
Sy lebih consider merk Honda dan Mazda, ada 2 mobil yang ada di radar saya.
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending beli yg prestige karena perbedaannya lumayan banyak ,apalagi dari sisi fitur
Alasan mempertimbangkan CRV:
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Sempat mempertimbangkan Civic Turbo dan Mazda 3, tapi karena menurut data GC rendah jd takut ngegrosok. Mungkin yang punya Civic atau Mazda 3 apakah pernah ada masalah sama GCnya ? Kalau tidak, mungkin akan menjadi pertimbangan sy juga.
Sy masih rada galau antara 2 itu, krn menurut sy keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin stlh sy dengar pendapat oom2 disini bisa membuat sy condong ke salah satu mobil di atas tersebut. Mohon pendapatnya ya oom2 sekaliannn
As owner of AN CX5 Elite 2018 dan CRV Turbo Prestige 2019 TIDAK MENYARANKAN CRV TURBO TIPE APAPUN , karena dijamin bakal kecewa, kualitasnya gak kaya mobil 500 jt. Kebetulan saya ex user CRV RE FL 2010 dan CX5 1st gen 2013 PFL.
Saya bantu jawab ya.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?) Luas kok, ibu saya yg tingginya 173 cm fine2 aja duduk di row2 AN CX5 , dan kursi penumpang depan gak perlu dimajukan poll,cukup dimajuin dikit aja
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
Buat 2 poin diatas, CX5 memenuhi kriteria kok, bapak saya daily pake AN CX5 Elite Jakarta - Depok pp, sama sering ke bogor juga gak ada masalah sampe saat ini. Kalau bisa diajak capek, CX5 reliable kok, dulu pernah pelihara yg 1st gennya sampe dijual di odo 150rb gak ada masalah berarti . cuma servis rutin dan ganti oli aja
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
Reliable , malah komponen mazda lebih awet daripada honda menurut saya
- Konsumsi BBM?[/b] CX5 Dalkot sekitar 1:13-14 kalau kaki sekolah , kalau kaki gak sekolah 1:8-10. CRV Turbo 1:9-14 dalkot tergantung kondisi jalan dan gaya mengemudi
Alasan mempertimbangkan CRV:
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
Masih sama aja, cuma sejauh ini punya saya masih fine2 aja. Hanya pas odo 3rb indikator olinya udah nyala
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending yg prestige, karena perbedaannya lumayan banyak dari sisi fiturnya
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
Di gen 5, bantingan jauh lebih empuk , AN CX5 kalah empuk dibanding CRV gen 5 ini
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
Yes, if you compare with 3rd gen, but still bad compare to old CX5 inspite. Masih jauh lebih bagus BQ nya AN CX5 dibanding CRV Gen 5 ini walaupun meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
Mirip2 kok sama honda, dan indent sparepartnya kira2 1 - 2 minggu paling lama
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
Cukup awet kok. AN CX5 Elite saya udah 17rb km (CBU Malaysia) , masih fine2 aja sampe sekarang
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
Tergantung warnanya, kalau soul red memang ada proses khusus
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Row ke 2 mazda memang gak se ergonomis CRV, tapi kalau om TS tingginya kurang dari 176 CM masih memadai kok Row 2 nya , dan kursi penumpang depang tidak perlu dimajukan poll
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Overall kelebihan dan kekurangannya gini
1. AN CX5 Elite 2018
Plus:
- Desain exterior dan interior
- Fitur
- Fun to drive
- Peforma
- Handling
- Irit BBM
- Bq solid
Minus:
- Akomodasi gak sebagus CRV
- hanya 5 seater
- Citra merek
- Part lebih mahal
2. AN CRV Turbo Prestige 2019
Plus:
- Nyaman
- Panoramic sunroof
- Akomodasi dan kepraktisan
- CVTnya lumayan bagus tarikannya
- Bagasi luas
- Fitur lumayan lengkap
Minus
- Bad audio quality
- Creepy Head unit
- Bad build quality
- Bad noise insulation
- Limbung di kecepatan tinggi, dibanding kan dengan CX5
Kalau soal Mazda 3 kalau garasi rumah om gak ada tanjakan tinggi , gak masalah kok. Bapak saya hampir saja SPK AN Mazda 3 hatchback untuk menggantikan CX5 2013 saya, tapi karena 1 dan lain hal, dengan berat hati terpaksa hijrah ke CRV Turbo prestige. Kalau gak masalah sama harga service, mending mazda aja, ngapain ambil honda lg hehehe, lebih worth it dari segala sisi kecuali akomodasi dibanding honda menurut saya
Dan menurut saya nyetir mobil panjang itu tidak enak sih, lebih suka yg yg ukurannya mirip sama CRV RE, dan segi ukuran CX-5 ini mirip sma CRV RE. Sekali lagi thankyou oom buat sarannya buat jd pertimbangan sy sambil menunggu CRV Facelift 2020 !
Iya oom, skrg ada 3 varian, yg Touring 505jt, GT 540jtan, ini udah mepet sama CRV harganya (pdhl CRV belum facelift ), sbnrnya cuma improvement ya, soalnya ga ada yg beda sama eksterior dan interior desainnya (ya jng diapa2in lagi deh, udah ganteng soalnya ni mobil )Winz wrote: ↑Thu Nov 28, 2019 2:55CX-5 sudah ada improvement di Akhir 2019 inibabehgue708 wrote: ↑Tue Nov 12, 2019 10:16Thankyou oom ! Iya yg jd masalah CRV Turbo ga ada varian 5 seaternya ya, coba kalau ada . Sy lg hitung2 sih oom, kalau sy ambil CRV dan harus upgrade speaker, head unit, kasih peredam, kayaknya jatohnya akan 11-12 sama harga CX-5.Pboyz97 wrote: ↑Sat Nov 09, 2019 10:02
Dari kriteria yg saya bold vote for CX5 , apalagi kriterianya nyetir sendiri, gak masalah sm harga service, dan udah ada ANKI yg notabene mobil 7 seater , apalagi ada bengkel mazda dideket rumah
As owner of AN CX5 Elite 2018 dan CRV Turbo Prestige 2019 TIDAK MENYARANKAN CRV TURBO TIPE APAPUN , karena dijamin bakal kecewa, kualitasnya gak kaya mobil 500 jt. Kebetulan saya ex user CRV RE FL 2010 dan CX5 1st gen 2013 PFL.
Saya bantu jawab ya.
- Lebih sering nyetir sendiri, ada 1-2 kali duduk di belakang kiri (kalau CX-5, jk kursi penumpang dpn dimajukan puolll, apakah bisa luas legroomnya?) Luas kok, ibu saya yg tingginya 173 cm fine2 aja duduk di row2 AN CX5 , dan kursi penumpang depan gak perlu dimajukan poll,cukup dimajuin dikit aja
- Mobil utk kerja (kantor di Bogor, rumah di Jakarta), kondisi tol jarang macet, dan utk pergi2 weekend, krn kalau pergi jauh selalu pake ANKI.
- Bisa diajak capek, setahun bisa jalan 20.000an KM
Buat 2 poin diatas, CX5 memenuhi kriteria kok, bapak saya daily pake AN CX5 Elite Jakarta - Depok pp, sama sering ke bogor juga gak ada masalah sampe saat ini. Kalau bisa diajak capek, CX5 reliable kok, dulu pernah pelihara yg 1st gennya sampe dijual di odo 150rb gak ada masalah berarti . cuma servis rutin dan ganti oli aja
- Komponen2 secara umum reliable untuk pemakaian 6-7 tahun kedepan.
Reliable , malah komponen mazda lebih awet daripada honda menurut saya
- Konsumsi BBM?[/b] CX5 Dalkot sekitar 1:13-14 kalau kaki sekolah , kalau kaki gak sekolah 1:8-10. CRV Turbo 1:9-14 dalkot tergantung kondisi jalan dan gaya mengemudi
Alasan mempertimbangkan CRV:
1. CR-V Turbo Facelift
Kemungkinan di tahun itu sudah facelift dan memasuki produksi akhir untuk gen 5. Biasa sih yang last batch minim trouble, krn CRV RE sy jg yang produksi akhir dan minim sekali masalah (hanya recall airbag), utk EPS, tie rod, kampas rem baru diganti di KM 115.000an di tahun 2018 (ini seriusan sy kaget bisa selama itu), sisanya tidak ada masalah. Tp katakanlah kalau BQ dan masalah masih sama dengan pre-facelift, yang buat sy bertanya2
- Apakah NIK 2019 lebih baik drpd batch awal (2017-2018) ?
Masih sama aja, cuma sejauh ini punya saya masih fine2 aja. Hanya pas odo 3rb indikator olinya udah nyala
- Worth it tidak utk dibeli ? Lebih worth it yang Prestige atau yang Non Prestige?
Tidak, kalau tetep mau beli mending yg prestige, karena perbedaannya lumayan banyak dari sisi fiturnya
- Sudah awam sama layout dashboardnya (gen 3 & 5 mirip)
- Bantingan gen 3 nyaman tp handling masih dapet, sy yakin di gen 5 juga demikian (mungkin lebih baik)
Di gen 5, bantingan jauh lebih empuk , AN CX5 kalah empuk dibanding CRV gen 5 ini
- Interior terasa lebih mewah dan BQ meningkat dibanding gen 3
Yes, if you compare with 3rd gen, but still bad compare to old CX5 inspite. Masih jauh lebih bagus BQ nya AN CX5 dibanding CRV Gen 5 ini walaupun meningkat dibanding gen 3
- Bengkel gampang di jakarta barat
- Row ke 2 yang luas dan setir enteng (sdh pernah test drive walau hanya di dalam bengkel).
2. All New CX-5 (mungkin jg sudah facelift)
Belum pernah pake brand Mazda yang katanya sparepartnya mahal dan indent lama, biaya service sptnya 11-12 sama Honda. Tp kalau utk value for money ya paling oke menurut sy dari fitur dan BQ (pernah masuk pas di GIIAS dan IIMS), yg jadi concern saya:
- Seberapa mahal dan lama indent sparepartnya ?
Mirip2 kok sama honda, dan indent sparepartnya kira2 1 - 2 minggu paling lama
- Bagaimana reliability komponen2nya? Sy biasa pake mobil tidak seabrakan sih.
Cukup awet kok. AN CX5 Elite saya udah 17rb km (CBU Malaysia) , masih fine2 aja sampe sekarang
- Kalau seamit2nya nabrak/ditabrak, apakah bengkel2 reparasi bisa memperbaiki dan mengecat ulang sehingga warna tidak belang (atau nyaris tidak belang) ? Krn setau sy catnya mazda ada proses khusus (CMIIW).
Tergantung warnanya, kalau soul red memang ada proses khusus
- Jika kursi penumpang depan dimajukan puolll, apakah bisa luas legroom row ke-2? Dan bagaimana posisi duduk row ke-2 mazda?
Row ke 2 mazda memang gak se ergonomis CRV, tapi kalau om TS tingginya kurang dari 176 CM masih memadai kok Row 2 nya , dan kursi penumpang depang tidak perlu dimajukan poll
Alasan mempertimbangkan CX-5:
- Ingin mencoba merk baru, apalagi mazda skrg sudah lumayan byk populasinya dibanding dulu
- Eksterior yang outstanding menurut sy, tampang depannya sangar
- Interior simple tp berasa mewah, BQ bagus, dan fitur yang lebih banyak dr CRV
- Perawatan mesin tanpa Turbo dan CVT (kayaknya lebih mudah dan murah iya ga sih?)
- Bengkel ada di Jakarta Barat juga (Puri Indah)
Overall kelebihan dan kekurangannya gini
1. AN CX5 Elite 2018
Plus:
- Desain exterior dan interior
- Fitur
- Fun to drive
- Peforma
- Handling
- Irit BBM
- Bq solid
Minus:
- Akomodasi gak sebagus CRV
- hanya 5 seater
- Citra merek
- Part lebih mahal
2. AN CRV Turbo Prestige 2019
Plus:
- Nyaman
- Panoramic sunroof
- Akomodasi dan kepraktisan
- CVTnya lumayan bagus tarikannya
- Bagasi luas
- Fitur lumayan lengkap
Minus
- Bad audio quality
- Creepy Head unit
- Bad build quality
- Bad noise insulation
- Limbung di kecepatan tinggi, dibanding kan dengan CX5
Kalau soal Mazda 3 kalau garasi rumah om gak ada tanjakan tinggi , gak masalah kok. Bapak saya hampir saja SPK AN Mazda 3 hatchback untuk menggantikan CX5 2013 saya, tapi karena 1 dan lain hal, dengan berat hati terpaksa hijrah ke CRV Turbo prestige. Kalau gak masalah sama harga service, mending mazda aja, ngapain ambil honda lg hehehe, lebih worth it dari segala sisi kecuali akomodasi dibanding honda menurut saya
Dan menurut saya nyetir mobil panjang itu tidak enak sih, lebih suka yg yg ukurannya mirip sama CRV RE, dan segi ukuran CX-5 ini mirip sma CRV RE. Sekali lagi thankyou oom buat sarannya buat jd pertimbangan sy sambil menunggu CRV Facelift 2020 !
samaan rilis'nya sama CX-8 dan Mazda 2 Facelift
Iya bener itu om. Rata² HU brand China menang fitur, tapi kualitas suara pas-pasan.. tapi memang yg saya butuhkan adalah os androidnya..
Klo pakai HU branded kan ada Android Auto dan Apple CarPlay bukan’nya, om? Tinggal connect ke HP yg dipakai ajatbr541 wrote: ↑Fri Nov 29, 2019 18:20Iya bener itu om. Rata² HU brand China menang fitur, tapi kualitas suara pas-pasan.. tapi memang yg saya butuhkan adalah os androidnya..
wkwkwkwk iya ortu saya ganti krn kesengsem ama fitur androidnya walau gak kepake jg akhirnya. tp gapapa lah gantiin HU stdnya yang bikin misuh tiap pasang USB ngehang.
Bisa juga sih, om. Tapi HU branded yg ada fitur android auto dan apple carplay adanya di seri yg tinggi. Kalau yg kelas entry level belum ada fitur tersebut. Sedangkan di harga HU branded yg entry level sudah bisa mendapatkan HU brand China dgn OS Android.
Wkwkwk.. iya om. Tp semakin besar layar HU, semakin nyaman untuk ditonton..ChZ wrote: ↑Sat Nov 30, 2019 2:48 wkwkwkwk iya ortu saya ganti krn kesengsem ama fitur androidnya walau gak kepake jg akhirnya. tp gapapa lah gantiin HU stdnya yang bikin misuh tiap pasang USB ngehang.
cm minusnya skrg 1 karena lebih gede dari HU bawaan jd buat ngatur vent AC tengah agak susah wkwkwkkw beda 1" sama HU bawaan CRV.
wkwkwk, harus korbankan salah satu, Pilih mau Fitur atau SQtbr541 wrote: ↑Mon Dec 02, 2019 17:25Bisa juga sih, om. Tapi HU branded yg ada fitur android auto dan apple carplay adanya di seri yg tinggi. Kalau yg kelas entry level belum ada fitur tersebut. Sedangkan di harga HU branded yg entry level sudah bisa mendapatkan HU brand China dgn OS Android.
Secara penggunaan juga lebih gampang dan efektif HU yg ber-OS Android. Bisa eksplor berbagai aplikasi android, instal dan uninstal aplikasi. Kalau android auto, harus instal aplikasi dulu di HPnya. Trus, untuk aplikasinya kayaknya terbatas itu-itu aja.
Tapi balik lagi untuk kualitas suaranya yg dikeluarkan pas-pasan..
Saya salah satu orang yg pilih SQ, yg pnting udah ad bluetooh, USB, kalo bisa ya apple carplay/android auto atau mirrorlink.Winz wrote: ↑Tue Dec 03, 2019 4:15wkwkwk, harus korbankan salah satu, Pilih mau Fitur atau SQtbr541 wrote: ↑Mon Dec 02, 2019 17:25Bisa juga sih, om. Tapi HU branded yg ada fitur android auto dan apple carplay adanya di seri yg tinggi. Kalau yg kelas entry level belum ada fitur tersebut. Sedangkan di harga HU branded yg entry level sudah bisa mendapatkan HU brand China dgn OS Android.
Secara penggunaan juga lebih gampang dan efektif HU yg ber-OS Android. Bisa eksplor berbagai aplikasi android, instal dan uninstal aplikasi. Kalau android auto, harus instal aplikasi dulu di HPnya. Trus, untuk aplikasinya kayaknya terbatas itu-itu aja.
Tapi balik lagi untuk kualitas suaranya yg dikeluarkan pas-pasan..
Servis rutin pas service 20rb hari ini kena 3,2 jt om di beres. Sama kalau ban harganya sekitar 2 - 3,5 jt tergantung merek dan kodisibabehgue708 wrote: ↑Wed Dec 04, 2019 9:54 Oh ya suhu2 disini yang punya AN CX-5, kira2 boleh tau utk kisaran biaya setiap service rutin dan ganti oli ? Sama bannya CX-5 ini kan 19 inch, kira2 utk satu bannya harganya brp ya ?