[Advice]New crossover car

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Resachr
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Mar 06, 2020 3:11
Location: Jakarta, Indonesia
Daily Vehicle: Suzuki Baleno Hatchback 2018

[Advice]New crossover car

Post by Resachr »

Halo semua,

Ini adalah post pertama saya dalam forum manapun. Mohon maaf jika agak berantakan format nya.

Saya butuh bantuan untuk memilih diantara beberapa mobil yang sudah terlalu lama dipertimbangkan sampai rasanya sudah jengah.

Sebagai pembukaan mungkin perlu dijelaskan ya ini kebutuhannya untuk apa.
Mobil akan disetir sendiri untuk harian ke kantor dengan jarak 40KM PP, sekali jalan waktu tempuh 1 jam yg berarti macet kalii, jadi harus matic dan kalau bisa ada EPB.
Butuh mobil tinggi karna kantor kawasan rawan banjir, jadi hatchback atau sedan terpaksa dicoret.
Saya juga gemar bolak-balik ke jogja untuk sekedar long weekend dan menikmati perjalanan dengan bawa mobil, hitung-hitung lepas stress.

Untuk budget, maksimal di 450juta

Shortlist saat ini ada di 5 mobil, dan urut berdasarkan keinginan egois saya

1. Mazda CX-3 GT, ini yang paling sesuai dengan keinginan daripada kebutuhan. Exterior oke, fitur nya banyak dan dari yang sudah saya baca performa juga mumpuni. Mungkin kurang tinggi ya GC nya dibanding semua yang ada di list ini, tapi kalau baca2 review ini paling fun to drive.
2. Hyundai kona, cukup ganteng dan dari segi harga juga reasonable. Mesin NA juga lebih diutamakan ya drpd turbo. Lalu kurang EPB aja mungkin, karna rute harian cukup padat dan auto brake hold itu adalah dambaan.
3. Kia seltos, lagi2 mobil yang cukup ganteng & ada sunroof pula. Kepentok di mesin Turbo, DCT & belum ada EPB.
4. Mazda CX-30 asliikkk ini exterior idaman, cuma ya harga nya itu yang berat. Oh iya, adaptive cruise control itu sepertinya berguna juga ketika lagi melibas jalan tol transjawa yang suka ada truk atau bus motong jalan.
5. HRV prestige, sebuah kejahatan sih kalau gak masukin ini ke list. Tapi saya kurang suka sama build quality dan design nya relatif sama aja ya dgn HRV dari dia awal ada di indonesia.

Alternative,
MG ZS - mobil baru masuk jadi khawatir sama aftersales nya

Jika ada saran lain, saya sangat terbuka

Terima kasih,
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: [Advice]New crossover car

Post by martinnn »

CRV baru non turbo :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
:big_biglaugh:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by evolution21 »

baru pernah test drive cx3, kalo saya sih suka banget yah, bantingan firm tp masih nyaman, tenaga cukup baik, model guanteng, stirnya enak, dimensi kecil cocok buat perkotaan padat.
tp pilihan 2,3,4nya juga menarik banget buat di coba.

utk nomer 3, kl saya malah ga kawatir mesin turbo dan dct, tp lebih khawatirnya apakah mobilnya bisa lebi fun/kedap/dsb drpd pilihan 1,2,4?

mungkin dibawah lg ada yg bisa comment lebih berharga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Advice]New crossover car

Post by ChZ »

Dari kelima pilihan itu, kalau bisa pick Mazda CX-30 yang lain otomatis terlibas. Ini Mazda3 ditinggiin, sudah pake platform SKYACTIV yang lebih baru dari CX-3, interior juga upclass, personally I like the smaller MZD Connect dengan interface lebih simpel dan bisa dimatikan layarnya. Walau belum TD ane sangat-sangat yakin CX-30 akan lebih enak dikendarai dari CX-3.

KIA Seltos juga alternatif bagus kalau males dengan HR-V. Cheapest alternative of all. nggak se-spesial itu in terms of driving, tapi keliatan lebih niat pemasarannya daripada sodara senegaranya.

HR-V mainstream pick, practicality juara, tapi boring hahaha one of the worst Honda in terms of driving... lebih cocok dikasi logo Toyota atau Nissan saking boring nya. buat lukot juga unpleasant to drive.

Kona calon-calon produk gurem gak pernah dipasarin dengan niat sama Hyundai indo. ane pribadi akan menjauhi produk yang gurem gini, buat long run agak mengkhawatirkan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by benzz89 »

Kebetulan ane baru tes drive CX30 punya temen, rute sunter-green garden via tol & jalan biasa.

Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]

Notice paling besar adalah rem nya yang terasa "kurang gigit", baik ane & temen ane juga akuin itu, rasa percaya diri waktu speeding terasa kurang, ntah apakah unitnya baru seminggu pakai sehingga rem belum break in, tapi sepertinya memang karakter rem nya seperti itu, kalau di CX3 yang GC lebih rendah mungkin lebih mantap (ntah apakah settingan rem di CX30 sudah disesuaikan atau tinggal comot aja dari CX3).

Kabin kedap, tapi suara mesin saat akselerasi ane notice masuk ke kabin, ntah disengaja firewallnya tidak dikasih peredaman yang proper supaya ada sensasi suara mesin lagi akselerasi atau gimana, tapi ane yang kupingnya sensitive sih jujur jadi nilai minus. Tapi kalau tidak akselerasi sih kedap itu kabinnya, suara ban sudah sangat minim masuk kabin. Cruising di tol lari 100 kpj sih masih cukup hening.

Bantingan stiff tapi nyaman, mirip ama Golf MK7 ane dulu, ciri khas mobil2 europe, akselerasi biasa aja menurut ane (isi mobil ber 4 orang dewasa), setir cukup presisi (meski tidak sepresisi Golf) kalau di CX3 mungkin lebih asik lagi karena GC rendah.

Oh yah 1 lagi ane notice AC nya kurang dingin yah (gak gigit gitu). Suhu sudah set paling rendah (low) padahal, ane biasa di atoyot siang hari set di auto 24-23 cukup, paling mentok juga 22 derajat, gak pernah set paling low baik di fortuner apalagi camry yang kabinnya lebih kecil cukup di auto 25-24 derajat aja mengigit itu dingin AC nya.

Sisanya Fit & Finish jempol punya khas mazda, jok agak kecil yah buat yang postur badannya besar, leg room baris 2 sempit, head room lumayan, bagasi lumayan besar, bukaan pintu lumayan berat. Handle pintu dalam kabin sayangnya dibikin bolong bawahnya, padahal kalau tidak bolong lumayan bisa buat taro2 barang, dompet atau HP.

Sekilas bayangan buat TS kalau mau pilih CX30, temen ane ambil yang trim tengah harga 465 kalau tidak salah, dapat nett di 460 katanya setelah nego2 di mazda puri. Jok belum kulit tapi kualitasnya cukup baik, minus sensor2 yang menurut ane juga overkill untuk bawa di indo, kecuali blindspot monitoring yang tidak ada di trim tengah ini sangat di sayangkan. Adaptive cruise controlnya juga belum sepintar eclipse cross yang bisa adaptasi terus speednya sampai posisi mobil berhenti total. Yang unik di CX30 ini lampu sein nya tidak blinking tapi meredup perlahan, keren sih...

Saran ane boleh lirik si eclipse cross, model gagah, harga mirip2 CX30, Adaptive CC nya canggih, sayang cuman ada 1 trim doang, after sales lebih aman karena bengkel resmi lebih banyak & ATPM nya masih eksis di indo... selamat memilih, semoga tidak tambah bingung [emoji4]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Advice]New crossover car

Post by ChZ »

benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Kebetulan ane baru tes drive CX30 punya temen, rute sunter-green garden via tol & jalan biasa.

Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]

Notice paling besar adalah rem nya yang terasa "kurang gigit", baik ane & temen ane juga akuin itu, rasa percaya diri waktu speeding terasa kurang, ntah apakah unitnya baru seminggu pakai sehingga rem belum break in, tapi sepertinya memang karakter rem nya seperti itu, kalau di CX3 yang GC lebih rendah mungkin lebih mantap (ntah apakah settingan rem di CX30 sudah disesuaikan atau tinggal comot aja dari CX3).
Mazda karakternya biasa sangat sensitif dengan kondisi traffic yang variatif oom. Makanya respon braking dan engine bisa berubah - ubah. dulu ane coba New Mazda3, kena macet-macetan respon engine nya langsung belet dan transmisinya maksa pake gigi tinggi terus, kickdownnya jadi lambat.

Braking juga termasuk. Dulu pertama coba di Mazda2 juga gitu, awalnya ngeloyor, lama-lama jadi enak enak sendiri menyesuaikan sama driving conditions.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by evolution21 »

benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]
kayak feel saya dulu pas cobain mazda6, berasa tenggelam sekali, ditambah bodynya yg cembung bikin krisis pede saat kondisi sempit

tapi feel ini sebetulnya enak buat jalanan lenggang, kecepatan tinggi gitu..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: [Advice]New crossover car

Post by ginting »

benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Kebetulan ane baru tes drive CX30 punya temen, rute sunter-green garden via tol & jalan biasa.

Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]

Notice paling besar adalah rem nya yang terasa "kurang gigit", baik ane & temen ane juga akuin itu, rasa percaya diri waktu speeding terasa kurang, ntah apakah unitnya baru seminggu pakai sehingga rem belum break in, tapi sepertinya memang karakter rem nya seperti itu, kalau di CX3 yang GC lebih rendah mungkin lebih mantap (ntah apakah settingan rem di CX30 sudah disesuaikan atau tinggal comot aja dari CX3).

Kabin kedap, tapi suara mesin saat akselerasi ane notice masuk ke kabin, ntah disengaja firewallnya tidak dikasih peredaman yang proper supaya ada sensasi suara mesin lagi akselerasi atau gimana, tapi ane yang kupingnya sensitive sih jujur jadi nilai minus. Tapi kalau tidak akselerasi sih kedap itu kabinnya, suara ban sudah sangat minim masuk kabin. Cruising di tol lari 100 kpj sih masih cukup hening.

Bantingan stiff tapi nyaman, mirip ama Golf MK7 ane dulu, ciri khas mobil2 europe, akselerasi biasa aja menurut ane (isi mobil ber 4 orang dewasa), setir cukup presisi (meski tidak sepresisi Golf) kalau di CX3 mungkin lebih asik lagi karena GC rendah.

Oh yah 1 lagi ane notice AC nya kurang dingin yah (gak gigit gitu). Suhu sudah set paling rendah (low) padahal, ane biasa di atoyot siang hari set di auto 24-23 cukup, paling mentok juga 22 derajat, gak pernah set paling low baik di fortuner apalagi camry yang kabinnya lebih kecil cukup di auto 25-24 derajat aja mengigit itu dingin AC nya.

Sisanya Fit & Finish jempol punya khas mazda, jok agak kecil yah buat yang postur badannya besar, leg room baris 2 sempit, head room lumayan, bagasi lumayan besar, bukaan pintu lumayan berat. Handle pintu dalam kabin sayangnya dibikin bolong bawahnya, padahal kalau tidak bolong lumayan bisa buat taro2 barang, dompet atau HP.

Sekilas bayangan buat TS kalau mau pilih CX30, temen ane ambil yang trim tengah harga 465 kalau tidak salah, dapat nett di 460 katanya setelah nego2 di mazda puri. Jok belum kulit tapi kualitasnya cukup baik, minus sensor2 yang menurut ane juga overkill untuk bawa di indo, kecuali blindspot monitoring yang tidak ada di trim tengah ini sangat di sayangkan. Adaptive cruise controlnya juga belum sepintar eclipse cross yang bisa adaptasi terus speednya sampai posisi mobil berhenti total. Yang unik di CX30 ini lampu sein nya tidak blinking tapi meredup perlahan, keren sih...

Saran ane boleh lirik si eclipse cross, model gagah, harga mirip2 CX30, Adaptive CC nya canggih, sayang cuman ada 1 trim doang, after sales lebih aman karena bengkel resmi lebih banyak & ATPM nya masih eksis di indo... selamat memilih, semoga tidak tambah bingung [emoji4]
Saya termasuk yang "korban" review Mazda CX-30 yg dibuat Fitra Eri (ada yg solo review, ada yg jalan jalan bertiga ke Bandung sama Dyandra dan Lutfi Aziz..kesannya CX-30 kok kayak Superb banget…
dengan adanya revoew oom ini, menurut saya bisa menjadi semacam "counter weight" supaya lebih balanced...
Sekali lagi, terima kasih review singkatnya oom benzz89
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: [Advice]New crossover car

Post by FU27 »

450? Kayanya dapat CRV 2.0 atau 1.5 VIN 2019 (klo masih dapat)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Advice]New crossover car

Post by Pboyz97 »

Saya vote CX30, kelas paling tinggi dibanding kandidat lain, dan fun to drive khas mazda + teknologi juga lebih advance daripada cx3. Kalo kandidat kedua saya vote selsos, ketiga baru cx3

Kalo alternatif bisa lirik eclipse cross, udah adaptive cruise control dan punya layar serta teknologi ala2 mzd connectnya mazda
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: [Advice]New crossover car

Post by KSG88 »

Ikut kasi masukan

1. Mazda CX30 atau
2. Eclipse Cross

Dua duanya canggih stylish sporty gc tinggi, serta banyak sensor


Kalo yg umum umum (cari aman) ya paling Inopah diesel atau crv 1.5 non prestige

Mending cepet2 nentukan deh drpd makin bingung, sama anggota SMers
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: [Advice]New crossover car

Post by Astargea »

Mungkin bisa pertimbangkan juga Eclipse Cross nambah dikit, aftersales secara kuantitas oke, mereknya gak mungkin hengkang, mesin oke dan durability juga harusnya gak masalah karena ini Mitsubishi, fitur lengkap mulai dari adaptive cruise control sampe panoramic sunroof (CX30 gak punya ini). Mungkin kekurangannya desain belakang yang bukan selera semua orang dan bakal facelift soon (kalo liat spy shot bakal benerin bagian belakangnya)
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: [Advice]New crossover car

Post by timbermaniac123 »

Kalau budget segitu ga mending ambil suv diesel kaya fortuner / nissan terra sekalian ? GC nya tinggi, trus bisa nerjang banjir, semua medan bisa dihajar kalau dibawa keluar kota

kalau mau hemat budget si saya prefer hrv se, masih ada sisa kembalian banyak. Irit pula ini mobil. cuma ya gitu, buat dibawa tol keluar kota terkenal berisik.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by evolution21 »

Eclipse cross enak, nyaman, tenaga juga agresif, serasa tidak ada turbo lag, cukup powerfull, cvt nya ga lemot perpindahan tranmisi cukup sporty ( jarang saya muji mobil cvt )
Fitur komplit, highlightnya adaptive cruise control
Baris ke dua jg nyaman, lega
Suspensi empuk, beda sama style mazda yg sporty
Build quality diatas rata2 mobil mitsu lainnya, ini udah seperti di level mazda

Cuman bagasi kecil sekali, minus lain tampak belakang aneh
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by benzz89 »

ChZ wrote:
benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Kebetulan ane baru tes drive CX30 punya temen, rute sunter-green garden via tol & jalan biasa.

Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]

Notice paling besar adalah rem nya yang terasa "kurang gigit", baik ane & temen ane juga akuin itu, rasa percaya diri waktu speeding terasa kurang, ntah apakah unitnya baru seminggu pakai sehingga rem belum break in, tapi sepertinya memang karakter rem nya seperti itu, kalau di CX3 yang GC lebih rendah mungkin lebih mantap (ntah apakah settingan rem di CX30 sudah disesuaikan atau tinggal comot aja dari CX3).
Mazda karakternya biasa sangat sensitif dengan kondisi traffic yang variatif oom. Makanya respon braking dan engine bisa berubah - ubah. dulu ane coba New Mazda3, kena macet-macetan respon engine nya langsung belet dan transmisinya maksa pake gigi tinggi terus, kickdownnya jadi lambat.

Braking juga termasuk. Dulu pertama coba di Mazda2 juga gitu, awalnya ngeloyor, lama-lama jadi enak enak sendiri menyesuaikan sama driving conditions.
Noted Mod Chz, semoga aja itu rem bisa improve seiring waktu, hanya temen ane itu dulunya juga ex user mazda 2 & Mazda 8, jadi CX30 ini adalah mazda yang ketiganya. Semuanya beli brand new dari baru.

Seperti biasa setiap beli mobil baru ane di kasih icip2 karena beliau tau ane hobby (driving) mobil. Kedua ekor mazda itu ane juga sudah pernah tes drive & ane tidak notice ada sisi minus pada sistem brakingnya even sama2 unit baru & ini di iyakan juga oleh teman ane.

Buat ane braking systemnya CX30 mengurangi keasyikan mengemudi mazda... gimana yah rasanya less safety aja kalau ada sudden braking. Yang pernah bawa mobil golf, (dalam hal ini ane ex user golf MK7), pasti pede mau bawa sampe 200 kpj juga karena remnya juga ajib, very fun to drive karena mesin, transmisi & remnya tidak ada yang "kedodoran"... semuanya terasa mantap.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by benzz89 »

evolution21 wrote:
benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]
kayak feel saya dulu pas cobain mazda6, berasa tenggelam sekali, ditambah bodynya yg cembung bikin krisis pede saat kondisi sempit

tapi feel ini sebetulnya enak buat jalanan lenggang, kecepatan tinggi gitu..
Tepat sekali Om Evo, lewat jalan sempit ane seperti bawa mobil yang besar & serasa kurang gesit untuk antisipasi kondisi sekeliling mobil, itu aja jalan siang hari, kalau malam rasanya lebih sulit lagi antisipasinya.

Jujur ane kurang cocok dengan posisi mengemudi dari CX30 ini, ane masih lebih suka posisi mengemudi mazda 8, mantap itu posisinya, meski posisi duduk rendah tapi terasa tidak "tenggelam" di dalam aura kabinnya.

Mazda 8 meski lebar & panjang tapi rasa mengemudinya seperti bawa mobil yang kompak. Mesin, tranny & rem nya juga asyik. Mesin termasuk kategori agresif tarikannya, tapi tranny nya halus sekali, rem juga tidak kedodoran. Hampir aja ane beli itu mazda 8 temen ane [emoji1]
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: [Advice]New crossover car

Post by benzz89 »

ginting wrote:
benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 4:36 Kebetulan ane baru tes drive CX30 punya temen, rute sunter-green garden via tol & jalan biasa.

Ntah ane kurang nyaman dengan posisi duduk yang "mendelep" rendah, meski posisi jok sudah di tinggikan, posisi setir juga tinggi menurut ane (tinggi ane 180 cm), dashboard juga tinggi, kayanya memang ciri khas mazda seperti ini, karena sebelumnya juga pernah tes drive mazda 2 mirip2 seperti ini. Alhasil menurut ane agak sulit kontrol posisi sekitar mobil (apa ane yang parno karena bawa mobil baru punya temen yang asuransinya aja belum keluar) [emoji38]

Notice paling besar adalah rem nya yang terasa "kurang gigit", baik ane & temen ane juga akuin itu, rasa percaya diri waktu speeding terasa kurang, ntah apakah unitnya baru seminggu pakai sehingga rem belum break in, tapi sepertinya memang karakter rem nya seperti itu, kalau di CX3 yang GC lebih rendah mungkin lebih mantap (ntah apakah settingan rem di CX30 sudah disesuaikan atau tinggal comot aja dari CX3).

Kabin kedap, tapi suara mesin saat akselerasi ane notice masuk ke kabin, ntah disengaja firewallnya tidak dikasih peredaman yang proper supaya ada sensasi suara mesin lagi akselerasi atau gimana, tapi ane yang kupingnya sensitive sih jujur jadi nilai minus. Tapi kalau tidak akselerasi sih kedap itu kabinnya, suara ban sudah sangat minim masuk kabin. Cruising di tol lari 100 kpj sih masih cukup hening.

Bantingan stiff tapi nyaman, mirip ama Golf MK7 ane dulu, ciri khas mobil2 europe, akselerasi biasa aja menurut ane (isi mobil ber 4 orang dewasa), setir cukup presisi (meski tidak sepresisi Golf) kalau di CX3 mungkin lebih asik lagi karena GC rendah.

Oh yah 1 lagi ane notice AC nya kurang dingin yah (gak gigit gitu). Suhu sudah set paling rendah (low) padahal, ane biasa di atoyot siang hari set di auto 24-23 cukup, paling mentok juga 22 derajat, gak pernah set paling low baik di fortuner apalagi camry yang kabinnya lebih kecil cukup di auto 25-24 derajat aja mengigit itu dingin AC nya.

Sisanya Fit & Finish jempol punya khas mazda, jok agak kecil yah buat yang postur badannya besar, leg room baris 2 sempit, head room lumayan, bagasi lumayan besar, bukaan pintu lumayan berat. Handle pintu dalam kabin sayangnya dibikin bolong bawahnya, padahal kalau tidak bolong lumayan bisa buat taro2 barang, dompet atau HP.

Sekilas bayangan buat TS kalau mau pilih CX30, temen ane ambil yang trim tengah harga 465 kalau tidak salah, dapat nett di 460 katanya setelah nego2 di mazda puri. Jok belum kulit tapi kualitasnya cukup baik, minus sensor2 yang menurut ane juga overkill untuk bawa di indo, kecuali blindspot monitoring yang tidak ada di trim tengah ini sangat di sayangkan. Adaptive cruise controlnya juga belum sepintar eclipse cross yang bisa adaptasi terus speednya sampai posisi mobil berhenti total. Yang unik di CX30 ini lampu sein nya tidak blinking tapi meredup perlahan, keren sih...

Saran ane boleh lirik si eclipse cross, model gagah, harga mirip2 CX30, Adaptive CC nya canggih, sayang cuman ada 1 trim doang, after sales lebih aman karena bengkel resmi lebih banyak & ATPM nya masih eksis di indo... selamat memilih, semoga tidak tambah bingung [emoji4]
Saya termasuk yang "korban" review Mazda CX-30 yg dibuat Fitra Eri (ada yg solo review, ada yg jalan jalan bertiga ke Bandung sama Dyandra dan Lutfi Aziz..kesannya CX-30 kok kayak Superb banget…
dengan adanya revoew oom ini, menurut saya bisa menjadi semacam "counter weight" supaya lebih balanced...
Sekali lagi, terima kasih review singkatnya oom benzz89
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Sama2 Mod G, ane awalnya tidak mau bawa itu mobilnya karena asuransinya belum keluar, tapi di paksa ama temen ane [emoji1]

Perginya ane di sisi penumpang depan, sudah terasa aura kabin mendelep, dashboard tinggi, setir ane liat juga posisinya tinggi... wah kurang cocok nih dalam hati ama posisi mengemudi CX30, so ane sudah kurang tertarik untuk bawa ini mobil, meski akhirnya temen ane masukin itu kunci ke kantong ane, "paksa" ane bawa mobilnya.

Ya namanya reviewer yutuber pasti lebih jago lah reviewnya dari ane Om, mungkin kebetulan ane kurang cocok aja ama CX30 ini dari sisi posisi mengemudinya. Sisanya eksterior sih ganteng ini mobil, interior juga good quality, meski firewall peredamannya kurang, ekspektasi ane mungkin terlalu tinggi di sektor ini.
catalyticR
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jan 10, 2019 11:51
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Car

Re: [Advice]New crossover car

Post by catalyticR »

Resachr wrote: Mon Apr 13, 2020 2:29 Halo semua,

Ini adalah post pertama saya dalam forum manapun. Mohon maaf jika agak berantakan format nya.

Saya butuh bantuan untuk memilih diantara beberapa mobil yang sudah terlalu lama dipertimbangkan sampai rasanya sudah jengah.

Sebagai pembukaan mungkin perlu dijelaskan ya ini kebutuhannya untuk apa.
Mobil akan disetir sendiri untuk harian ke kantor dengan jarak 40KM PP, sekali jalan waktu tempuh 1 jam yg berarti macet kalii, jadi harus matic dan kalau bisa ada EPB.
Butuh mobil tinggi karna kantor kawasan rawan banjir, jadi hatchback atau sedan terpaksa dicoret.
Saya juga gemar bolak-balik ke jogja untuk sekedar long weekend dan menikmati perjalanan dengan bawa mobil, hitung-hitung lepas stress.

Untuk budget, maksimal di 450juta

Shortlist saat ini ada di 5 mobil, dan urut berdasarkan keinginan egois saya

1. Mazda CX-3 GT, ini yang paling sesuai dengan keinginan daripada kebutuhan. Exterior oke, fitur nya banyak dan dari yang sudah saya baca performa juga mumpuni. Mungkin kurang tinggi ya GC nya dibanding semua yang ada di list ini, tapi kalau baca2 review ini paling fun to drive.
2. Hyundai kona, cukup ganteng dan dari segi harga juga reasonable. Mesin NA juga lebih diutamakan ya drpd turbo. Lalu kurang EPB aja mungkin, karna rute harian cukup padat dan auto brake hold itu adalah dambaan.
3. Kia seltos, lagi2 mobil yang cukup ganteng & ada sunroof pula. Kepentok di mesin Turbo, DCT & belum ada EPB.
4. Mazda CX-30 asliikkk ini exterior idaman, cuma ya harga nya itu yang berat. Oh iya, adaptive cruise control itu sepertinya berguna juga ketika lagi melibas jalan tol transjawa yang suka ada truk atau bus motong jalan.
5. HRV prestige, sebuah kejahatan sih kalau gak masukin ini ke list. Tapi saya kurang suka sama build quality dan design nya relatif sama aja ya dgn HRV dari dia awal ada di indonesia.

Alternative,
MG ZS - mobil baru masuk jadi khawatir sama aftersales nya

Jika ada saran lain, saya sangat terbuka

Terima kasih,
-Dari pilihan om dan kategorinya : NA, buat ke luar kota,gc,buat macet2an, crossover, vote buat Cx_30
Sapa tau nanti diskon akhir taun bisa dapet di harga 450
Dan lebih baik kalo pakenya dimasa masih garansi, worry free kalo parts slow moving-nya perlu ganti , mengingat populasi mobil ngga banyak . Misal ada pilihan extend garansi jadi 5 tahun ambil aja karena standardnya garansi 3thn/100.000km.
-Kalo dipake lebih dari 3 tahun dan ngga garansi vote buat hrv sama2 NA , di sgpore banyak tuh yg pake hnda vezel / hrv parts melimpah, sisa budgetnya bisa disimpan buat maintenance, pilihan variasi banyak, kalo berisik tinggal kasi peredam, kalo kurang kenceng paket stage1-nya plug and play banyak, kalo bosen tampangnya aliran bodykitnya banyak.
-alternatif yg lebih murah szki sx4 scross ini juga NA, gc nya dapet, sinar drl headlampnya klo malem lumayan mewah, mirip2 mercy
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Advice]New crossover car

Post by ChZ »

benzz89 wrote: Mon Apr 13, 2020 16:23 Noted Mod Chz, semoga aja itu rem bisa improve seiring waktu, hanya temen ane itu dulunya juga ex user mazda 2 & Mazda 8, jadi CX30 ini adalah mazda yang ketiganya. Semuanya beli brand new dari baru.

Seperti biasa setiap beli mobil baru ane di kasih icip2 karena beliau tau ane hobby (driving) mobil. Kedua ekor mazda itu ane juga sudah pernah tes drive & ane tidak notice ada sisi minus pada sistem brakingnya even sama2 unit baru & ini di iyakan juga oleh teman ane.

Buat ane braking systemnya CX30 mengurangi keasyikan mengemudi mazda... gimana yah rasanya less safety aja kalau ada sudden braking. Yang pernah bawa mobil golf, (dalam hal ini ane ex user golf MK7), pasti pede mau bawa sampe 200 kpj juga karena remnya juga ajib, very fun to drive karena mesin, transmisi & remnya tidak ada yang "kedodoran"... semuanya terasa mantap.
yup tapi kalo diinget2 lagi ane waktu coba Mazda3 baru juga remnya agak bikin rasa gak pede sih walau dalam kondisi normal. Biting pointnya agak dalem. CX-30 basisnya platform sama mungkin remnya common part juga.

Civic saya yang tuned ke 220hp lebih gampang ngeremnya padahal gak ada modifikasi di sistem pengereman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: [Advice]New crossover car

Post by A7Corsair »

ginting wrote: Mon Apr 13, 2020 13:23 .....

Saya termasuk yang "korban" review Mazda CX-30 yg dibuat Fitra Eri (ada yg solo review, ada yg jalan jalan bertiga ke Bandung sama Dyandra dan Lutfi Aziz..kesannya CX-30 kok kayak Superb banget…
dengan adanya revoew oom ini, menurut saya bisa menjadi semacam "counter weight" supaya lebih balanced...
Sekali lagi, terima kasih review singkatnya oom benzz89
:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Om G udah jadi "korban" test drive CX-30 ?
Mungkin nanti gak merasa jadi korban lagi ..

:big_peace:
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13

Re: [Advice]New crossover car

Post by Montero »

Dari semua kandidat diatas, terus terang dibalik road noise nya yg horor, hrv tetep paling peace of mind um..

Dirumah ada hrv e cvt 2016, dipake sampe sekarang dengan maintenance saya yg kadang teledor ttp mobilnya masih terasa baru.. parts2 gausah ditanya melimpahnya, engin legend dipake banyak sama sodara2nya.

Buat autohold saya gapernah kepake, entah kenapa fitur yg “bermanfaat” ini malah gapernah kepikiran buat dipake
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: [Advice]New crossover car

Post by vincewonk »

Montero wrote: Tue Apr 14, 2020 3:47 Dari semua kandidat diatas, terus terang dibalik road noise nya yg horor, hrv tetep paling peace of mind um..

Dirumah ada hrv e cvt 2016, dipake sampe sekarang dengan maintenance saya yg kadang teledor ttp mobilnya masih terasa baru.. parts2 gausah ditanya melimpahnya, engin legend dipake banyak sama sodara2nya.

Buat autohold saya gapernah kepake, entah kenapa fitur yg “bermanfaat” ini malah gapernah kepikiran buat dipake
buat pengemudi pemula seperti istri saya, ini kepake bgt om. kakinya lambat banget pindahnya. menurut saya seharusnya fitur ini standar. tapi sayangnya kebanyakan kombonya dengan rem tangan elektrik. yg menurut saya kalau rusak, lumayan cihuy biaya betulinnya.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: [Advice]New crossover car

Post by ginting »

Montero wrote: Tue Apr 14, 2020 3:47 Dari semua kandidat diatas, terus terang dibalik road noise nya yg horor, hrv tetep paling peace of mind um..

Dirumah ada hrv e cvt 2016, dipake sampe sekarang dengan maintenance saya yg kadang teledor ttp mobilnya masih terasa baru.. parts2 gausah ditanya melimpahnya, engin legend dipake banyak sama sodara2nya.

Buat autohold saya gapernah kepake, entah kenapa fitur yg “bermanfaat” ini malah gapernah kepikiran buat dipake
Saya punya satu deal breaker ama ahond sekarang ini yaitu maticnya pakai CVT.
Coba cari yutub channel Worner Matic, itu bengkel matic cukup banyak cabang.
Dijelaskan bagaimana biaya perbaikan kalau matic biasa (torque converter) yg rusak Vs CVT.

Yang saya ingat "kerusakan ringan di CVT itu sama aja biayanya sama kerusakan berat di matic biasa"...

Maka dari itu saya menghindari mobil matic yang CVT...
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: [Advice]New crossover car

Post by FU27 »

ginting wrote: Tue Apr 14, 2020 14:07
Montero wrote: Tue Apr 14, 2020 3:47 Dari semua kandidat diatas, terus terang dibalik road noise nya yg horor, hrv tetep paling peace of mind um..

Dirumah ada hrv e cvt 2016, dipake sampe sekarang dengan maintenance saya yg kadang teledor ttp mobilnya masih terasa baru.. parts2 gausah ditanya melimpahnya, engin legend dipake banyak sama sodara2nya.

Buat autohold saya gapernah kepake, entah kenapa fitur yg “bermanfaat” ini malah gapernah kepikiran buat dipake
Saya punya satu deal breaker ama ahond sekarang ini yaitu maticnya pakai CVT.
Coba cari yutub channel Worner Matic, itu bengkel matic cukup banyak cabang.
Dijelaskan bagaimana biaya perbaikan kalau matic biasa (torque converter) yg rusak Vs CVT.

Yang saya ingat "kerusakan ringan di CVT itu sama aja biayanya sama kerusakan berat di matic biasa"...

Maka dari itu saya menghindari mobil matic yang CVT...
Masalah CVT kayanya klo olinya ga salah, dan ga pelit ganti sih minim masalah ya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Advice]New crossover car

Post by ChZ »

FU27 wrote: Tue Apr 14, 2020 14:39
ginting wrote: Tue Apr 14, 2020 14:07
Saya punya satu deal breaker ama ahond sekarang ini yaitu maticnya pakai CVT.
Coba cari yutub channel Worner Matic, itu bengkel matic cukup banyak cabang.
Dijelaskan bagaimana biaya perbaikan kalau matic biasa (torque converter) yg rusak Vs CVT.

Yang saya ingat "kerusakan ringan di CVT itu sama aja biayanya sama kerusakan berat di matic biasa"...

Maka dari itu saya menghindari mobil matic yang CVT...
Masalah CVT kayanya klo olinya ga salah, dan ga pelit ganti sih minim masalah ya.
wkwkwkwk.

CVT di indo pny reputasi rewel karena kasus jazz GD... yg mana jaman itu byk orang keliru ngisi CVTF jadi ATF, HPM jg kurang sosialisasi ke beres beres.

tapi CVT honda sekarang yah.... rasanya jarang at least di model-model yang common dipake perang macem HRV dan Mobilio overhaul CVT... CRV Turbo di grup FB byk yang uda tembus 70-80k jg aman-aman aj... g ada issue di sektor drivetrain. Honda lumayan strict sih ganti oli CVT 20k / 2 yrs, lumayan singkat intervalnya dibanding merk lain.

tp skali lagi barang mekanikal mau enjin mau tranny asal well designed dan well maintained jg akan baik-baik aja...

well designed tapi ga well maintained ya bakal overhaul juga.

sebaliknya well maintained klw dari sononya ada design flaw yang catastrophic ya sama aja. BMW E90 contohnya.

di indo lbh pusing rack steering ama kaki-kaki... wkwkkwkw... kalo sial 20ribu juga ud rewel...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7