INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

frzq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 29 Jun 2017, 21:03
Location: Jakarta
Daily Vehicle: brio

INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by frzq »

Permisi suhu2 sekalian.
Ingin minta pendapat aja nih, kalau bisa dari om sekalian yang udah pernah ngerasain ANKI dan Xpander/Livina
Di garasi udah ada sedan camry, hatchback brio, sama ANKI bensin tipe G.
Camry-nya biasa saya pakai, terus biasanya innova yang pakai supir. Berhubung kita ada rencana untuk berentiin supir untuk cut pengeluaran, dan adek saya udah beranjak dewasa mau belajar nyetir.

Saya ada rencana buat jual ANKI bensinnya bulan2 ini, terus berhubung lagi gak perlu mobil (karena pada #dirumahaja), duitnya disimpen dulu dan akhir tahun rencana beli New Livina, ngincer diskon besar baru dari dealer, atau second dgn km rendah yg penting udah depresiasi. Jujur ini juga karena innova kegedean buat adek cewek saya untuk dipakai harian, dan camry juga sama gedenya hahaha. Sebenernya ane mau ambil expander secara Mitsubishi dealernya lebih terpercaya untuk saat ini.Tapi modelnya ituloh yang membosankan, dan bagi saya agak lebay.

Nah mau tanya, gimana ya kira2 nasib nissan di Indonesia kedepannya? kan pabriknya tutup, apa dia masih ada kepercayaan buat jual produk di Indonesia atau mungkin bernasib kayak Ford/Chevrolet?

Lalu yang sering naik Xpander/Livina dan ANKI, mau tanya dong tentang kenyamanan LMPV tsb dibanding innova. Jujur seumur hidup saya belum pernah naik Xpander. Yang saya lihat dari reviewer mobil, mereka selalu memuji kenyamanan/kekedapan kabin xpander yang jauh diatas kelasnya, dan terlihat juga setiap kena polisi tidur/ngerem tidak mantul2 kayak innova. Bahkan om mobi yang sering mengejek innova miliknya tidak nyaman, dia selalu memuji kalau Xpander nyaman. Saya sangat mengerti kalau ada yang bilang innova kurang nyaman, karena kekurangan ladder frame yang mantul-mantul dan pas ngerem selalu goyang, sangat terasa.

Tolong jangan jawab dengan "jelas beda kelas", karena perbedaan kelas kan banyak faktornya termasuk cc dan ukuran yang ANKI udah jauh beda kelas dibanding Xpander. Tapi saya tertarik untuk tahu kenyamanan, kekedapan, handling dll Xpander/Livina dibanding ANKI dari om sekalian yang mungkin udah sering nyoba semuanya. Saya kasian sama adek cewek saya kalau harian nyetir innova yang gambot dan setirnya sangat berat itu soalnya, dan kayaknya gak realistis buat cewek yang baru belajar nyetir. Lalu gimana juga tenaganya Xpander kalau dibandingkan livina, karena ANKI punya saya itu bensin , dan itu lemot. Katanya sih tarikan bawah Xpander jauh lebih bagus, tapi pingin tau dari yang udah punya pengalaman langsung hehe.

Terima kasih :)
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: 13 Sep 2018, 21:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by thirdstar7 »

Saya ga punya xpan/livina,
Tp saudara dan temen banyak yg punya, dan udah pernah coba nyetir xpander ulti dan sport.
1.Kalo soal kenyamanan ya om, menurut bokong ane emang enak xpander, dia empuk tp gak terlalu mantul, krn xpander sasisnya masih monokok dan fwd.
2.soal radius putar dan setir, anejuga lebih suka xpander. Stir xpander ini lebih rinngan dibanding anki, meskibody hampir sama gedenya, radius putar xpander menurut sy juga lebih kecil dibanding anki.
3.minus xpander, menurut tmn sy udah klaim shock breaker kiri depan dalam 2 taun pemakaian.
4.tarikan lemot kalau putaran bawah, tp ini kan lmpv, dan yg nyetir di ts kan cewe ya, jd gk masalah harusnya.
5.interior lebih mewah kl dibanding anki g, fitur cukup lengkap, secara gengsi kalo org awam pasti ngira xpander sekelas ama innova krn body mirip2
Kalau minat tuker go for it om, worth it kok tuker ke xpand/livina.
Secara tampang dpn ane juga lebih suka livina, lebih kalem aja liatnya. Soalmesin, transmisi dkk ane rasa masih aman karena sama kaya xpander.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by quyquy »

Hmmm.. kalo liat ceritanya si TS ada camry, menurut saya sih worth2 aja ganti ke LMPV 1500cc.

Kenapa? Karena bisa irit cost maintenance. Secara LMPV 1500cc oli2nya nggak sebanyak innova.

Lalu LMPV yg mana yg oke?

Pilih LMPV 1.5 yg ukuran mobilnya panjang: mobilo, new ertiga, new livina, xpander, cortez. Jd nggak terlalu kaget pindah dari innova reborn ke lmpv.

Xenia 1.5, Avanza 1.5, Veloz 1.5 dicoretlah karena panjang mobilnya dibawah 4,3 meter. Kecuali kalo png LMPV yg termurah dan pny garasi pendek.

Cortez, dipilih kalau tutup mata ama brand.
Somehow beberapa org, pride dari brand itu msh diperhitungkan.

Nah skr, mobilio - new livina - xpander..

Mobilio dipilih kalau png dapat harga ok, krn kabarnya diskonnya gede.

New ertiga? Ini okeh nih krn dibandingkan xpander, bagasinya lebih gede, mesinnya lebih irit dari xpander, dapat AC digital ketimbang Xpander.

Xpander? Hmmm.. apa ya? Menurut ane, dipilih kalo png bodi gagah dan cruise control.

New livina? Ah menurut ane mending ambil xpandernya.

So the choice is your..
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by mike22 »

Kalo udh ktemu pembeli dgn harga yg ok segera lepas aja om, drpd nanti keluar facelift makin turun harganya (apalagi bensin :big_peace: ).
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Profith83 »

Kalau gak bingung perawatan yg harga mahal dan thn 3 keatas sering balik ke bengkel. Asumai yg peka terhadap kenyamanan dan bunyi kaki rusak.

Mau pilihan apapun ok saja. Rusak ke bengkel, mahal gapapa
Om nya tidak sebutkan biaya maintenance dan tidak sebutkan juga waktu ngurus mobil jadi concern.

Kalau mau gak mau harus kecil dan pilihan xpander atau Livina
Mungkin xpander. Saya belum pernah pakai xpander. Tapi kalau Livina yg dulu mahal banget perbaikan kaki kaki untuk ukuran mobil harga barunya 250 jt an
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by pradit_d »

Menurut saya worth it atau ga ya disesuaikan dgn kebutuhan ts. Klo dr kriteria yg bilang sih rasanya worth it aja. Rasanya waktu itu nissan pernah ngumumin harga part nya livina n ada yg compare dgn xpander, 11-12 lah, lagian ntar misalkan udah lewat garansi ada kerusakan part mesin atau kaki2 n ngerasa mahal beli di beres, tinggal pake yg beli mitsu punya, kan sama plek. Lagian mobil laris kyk xpander pasti banyak yg bikin part kw nya.
Btw kan ts ada brio, kenapa ga itu aja buat adiknya? Jadi ga harus ganti/beli mobil lagi
:big_peace:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Pboyz97 »

Berhubung om TS udh ada camry, dan alasan jual karena kegedean , saya rasa worth2 aja. Cuma daripada livina, lebih baik xpander, cari yg sport aja udh cukup, karena di model yg FL ini, udah ada HU 2din dan bedanya dikit bgt sm yg ultimate, cuma cruise control dan chrome2an doang, atau gak, ultimate 2018 2nd jg bisa dipertimbangkan , karena udh ada cruise controlnya + fiturnya jg lebih oke daripada ANKI G

Berhubung saya punya xpander ultimate 2017 dan cukup sering bawa ANKI Reborn G bensin AT 2017 punya om saya, saya bantu jawab ya
- Kalau kenyamanan, 11 12, cuma xpander lebih empuk sedikit bantingannya daripada ANKI, kalau mau kenyamanan dan bantingan suspensi yg empuk, AN ertiga atau XL7 bisa jadi pertimbangan
- Kalau bobot setir, xpander jelas jauh lebih enteng, daripada ANKI yg berat, bener yg om bilang, termasuk agak berat setirnya buat saya
- Tarikan. Kalau bandingannya sm innova bensin, xpander menang, walaupun tarikan bawahnya sama2 belet, irit juga masih irit xpander buat dalkot, maklum, cc lebih kecil lah ya hehehe, walaupun lemot, xpander cukup oke lah kalo yg make cewe, setirnya enteng dan buat dalkot udh cukup kok tarikannya itu
- Kalo interior sih, ANKI lebih mewah, kecuali speedonya yg keliatan jadul buat tipe G, worth it kok tuker ANKI ke Xpander atau livina, karena buat org awam , mobil ini keliatan seperti kelasnya innova , walaupun sebenernya dia LMPV

Kalo plusnya xpander
- Desain exterior dan interior
- Handling
- Peforma
- Fun to drive
- Fitur lengkap
- practical
- row 2 dan row 3 cukup lega

Minusnya
- Headlamp dan foglamp masih halogen
- Jok blm kulit
- AC blm digital
- Airbag cuma 2
- Isu idle up dan shock bocor

Selama pemakaian kurleb 2 tahun, masih oke2 aja mobilnya, cuma kena isu idle up aja pada tahun pertama dan ganti kompresor ac pas tahun ke 2, kalau untuk isu shock bocor, untungnya gak kejadian di mobil saya. Overall, mobil ini cukup worth it buat dimiliki, dan kalo tenaga, 11 12 lah antara xpander dan AN livina

Kalo disuruh milih livina/ xpander, saya pilih xpandernya aja, karena NMI kok saya bilang agak berat ya buat bertahan di Indo, karena mereka jg serbasalah, walaupun cuma tutup pabriknya aja, dan jualan produk CBU + numpang rakit livina di pabriknya mitsu, cuma ada kemungkinan nissan akan bernasib sama dengan chevy, karena
- Penjualannya stagnan, pernah kejadian gasampe 100 unit per bulan (total semua lho ya, bukan per unit mobil)
- Kurang bisa memaintain produknya, liat aja, C27 dan T32 FL telat masuknya kesini, padahal di LN udh launch dari 2017 lalu
- Males inovasi, mesti nunggu digerus rival sekelasnya dulu baru mau inovasi, liat aja, march baru ga dimasuk2in kesini, padahal di LN udh resmi launching
- RV jg kurang oke, sama kaki2nya denger2 kurang awet. Temen kapok punya nissan karena pengalaman buruk melihara march xs 2012nya dia

Nissan di posisi kejepit saat ini, mau ngincer pasar gemuk, tapi mereka udh tutup pabrik dan kalo mau ngincer pasar gemuk udh ada toyodai, ahond dan brand S + mistu, sedangkan , kalo mau ngincer niche market, kek cara sekarang, udh ada mazda, jadi nissan ini dalam posisi terjepit. Mending tunda dulu aja, sampai setidaknya ada kepastian tahun depan, nissan mau jualan lagi apa kagak di Indo hehehe

Tapi, kalau om TSnya ada brio, mengapa gak brionya aja yg dipake buat ade cewenya belajar nyetir? Karena brio itu cukup enak buat belajar nyetir, dan enak disetir, apalagi dimensinya kecil, jadi adek om gak usah takut kalo lewat jalan sempit dll + gak harus ganti /beli mobil lagi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
frzq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 29 Jun 2017, 21:03
Location: Jakarta
Daily Vehicle: brio

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by frzq »

thirdstar7 wrote: 20 Jun 2020, 11:58 Saya ga punya xpan/livina,
Tp saudara dan temen banyak yg punya, dan udah pernah coba nyetir xpander ulti dan sport.
1.Kalo soal kenyamanan ya om, menurut bokong ane emang enak xpander, dia empuk tp gak terlalu mantul, krn xpander sasisnya masih monokok dan fwd.
2.soal radius putar dan setir, anejuga lebih suka xpander. Stir xpander ini lebih rinngan dibanding anki, meskibody hampir sama gedenya, radius putar xpander menurut sy juga lebih kecil dibanding anki.
nah yang poin pertama cukup penting buat saya, jadi makin mempertimbangkan buat jual innovanya trs tukar xpan/livina nih. soal setir, menurut saya ANKI/fortuner itu mobil komersil modern yang setirnya paling berat, bahkan dibanding pajerosport sekalipun.

Pboyz97 wrote: 21 Jun 2020, 10:25 Berhubung om TS udh ada camry, dan alasan jual karena kegedean , saya rasa worth2 aja. Cuma daripada livina, lebih baik xpander, cari yg sport aja udh cukup, karena di model yg FL ini, udah ada HU 2din dan bedanya dikit bgt sm yg ultimate, cuma cruise control dan chrome2an doang, atau gak, ultimate 2018 2nd jg bisa dipertimbangkan , karena udh ada cruise controlnya + fiturnya jg lebih oke daripada ANKI G

Berhubung saya punya xpander ultimate 2017 dan cukup sering bawa ANKI Reborn G bensin AT 2017 punya om saya, saya bantu jawab ya
- Kalau kenyamanan, 11 12, cuma xpander lebih empuk sedikit bantingannya daripada ANKI, kalau mau kenyamanan dan bantingan suspensi yg empuk, AN ertiga atau XL7 bisa jadi pertimbangan
- Kalau bobot setir, xpander jelas jauh lebih enteng, daripada ANKI yg berat, bener yg om bilang, termasuk agak berat setirnya buat saya
- Tarikan. Kalau bandingannya sm innova bensin, xpander menang, walaupun tarikan bawahnya sama2 belet, irit juga masih irit xpander buat dalkot, maklum, cc lebih kecil lah ya hehehe, walaupun lemot, xpander cukup oke lah kalo yg make cewe, setirnya enteng dan buat dalkot udh cukup kok tarikannya itu
- Kalo interior sih, ANKI lebih mewah, kecuali speedonya yg keliatan jadul buat tipe G, worth it kok tuker ANKI ke Xpander atau livina, karena buat org awam , mobil ini keliatan seperti kelasnya innova , walaupun sebenernya dia LMPV

Kalo plusnya xpander
- Desain exterior dan interior
- Handling
- Peforma
- Fun to drive
- Fitur lengkap
- practical
- row 2 dan row 3 cukup lega

Minusnya
- Headlamp dan foglamp masih halogen
- Jok blm kulit
- AC blm digital
- Airbag cuma 2
- Isu idle up dan shock bocor

Selama pemakaian kurleb 2 tahun, masih oke2 aja mobilnya, cuma kena isu idle up aja pada tahun pertama dan ganti kompresor ac pas tahun ke 2, kalau untuk isu shock bocor, untungnya gak kejadian di mobil saya. Overall, mobil ini cukup worth it buat dimiliki, dan kalo tenaga, 11 12 lah antara xpander dan AN livina

Kalo disuruh milih livina/ xpander, saya pilih xpandernya aja, karena NMI kok saya bilang agak berat ya buat bertahan di Indo, karena mereka jg serbasalah, walaupun cuma tutup pabriknya aja, dan jualan produk CBU + numpang rakit livina di pabriknya mitsu, cuma ada kemungkinan nissan akan bernasib sama dengan chevy, karena
- Penjualannya stagnan, pernah kejadian gasampe 100 unit per bulan (total semua lho ya, bukan per unit mobil)
- Kurang bisa memaintain produknya, liat aja, C27 dan T32 FL telat masuknya kesini, padahal di LN udh launch dari 2017 lalu
- Males inovasi, mesti nunggu digerus rival sekelasnya dulu baru mau inovasi, liat aja, march baru ga dimasuk2in kesini, padahal di LN udh resmi launching
- RV jg kurang oke, sama kaki2nya denger2 kurang awet. Temen kapok punya nissan karena pengalaman buruk melihara march xs 2012nya dia

Nissan di posisi kejepit saat ini, mau ngincer pasar gemuk, tapi mereka udh tutup pabrik dan kalo mau ngincer pasar gemuk udh ada toyodai, ahond dan brand S + mistu, sedangkan , kalo mau ngincer niche market, kek cara sekarang, udh ada mazda, jadi nissan ini dalam posisi terjepit. Mending tunda dulu aja, sampai setidaknya ada kepastian tahun depan, nissan mau jualan lagi apa kagak di Indo hehehe

Tapi, kalau om TSnya ada brio, mengapa gak brionya aja yg dipake buat ade cewenya belajar nyetir? Karena brio itu cukup enak buat belajar nyetir, dan enak disetir, apalagi dimensinya kecil, jadi adek om gak usah takut kalo lewat jalan sempit dll + gak harus ganti /beli mobil lagi
menarik juga nih dari pengalaman pribadi. paling tidak sekarang saya tahu kalau perbedaan kelas tidak terlalu 'berasa' didalamnya antara livina/xpander dgn ANKI. iya juga ya makin agak2 ngeri kalo pindahnya ke nissan. jujur dari awal saya sudah tau bahwa pilihan rasional pasti xpander, tapi menurut saya livina itu bentuknya cantik jadi keliatan 1 kelas diatas xpander hehe. kayak ibu saya aja sempet nanya ke saya, itu nissan apa, kok bagus bgt, dia kira mobil mahal hahaha. oke nanti saya tunggu, mumpung emang rencana beli menjelang tahun baru, mungkin bakal ada info baru seputar nasib nissan.

dan kalo brio, udah dipake sama adek saya yang satu lagii hehe, terus sering dia bikin baret2, jadi pasti ane juga gak percaya buat dia bawa innova jadi harian. ane rasakan sendiri mobilnya gede dan setirnya berat, bahkan gampangan bawa alphard.
mike22 wrote: 20 Jun 2020, 19:22 Kalo udh ktemu pembeli dgn harga yg ok segera lepas aja om, drpd nanti keluar facelift makin turun harganya (apalagi bensin :big_peace: ).
hahahaha siap om
quyquy wrote: 20 Jun 2020, 18:57 Hmmm.. kalo liat ceritanya si TS ada camry, menurut saya sih worth2 aja ganti ke LMPV 1500cc.

Kenapa? Karena bisa irit cost maintenance. Secara LMPV 1500cc oli2nya nggak sebanyak innova.

Lalu LMPV yg mana yg oke?

Pilih LMPV 1.5 yg ukuran mobilnya panjang: mobilo, new ertiga, new livina, xpander, cortez. Jd nggak terlalu kaget pindah dari innova reborn ke lmpv.
jujur saya cuma mempertimbangkan livina/xpander. mobilio gak nyaman, new ertiga gak suka dgn bentuknya keliatan sangat LMPV, cortez saya masih kemakan brand image. belum lagi kegedean cortez. saya pun gak akan mempertimbangkan brand nissan sekarang, kalau dia gak kembaran dgn mitsubishi.
ericsantosa97
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 23 May 2018, 18:14

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by ericsantosa97 »

kebetulan di rumah ada innova reborn V bensin, pernah bawa xpander juga. Kalau menurut saya memang Xpander secara dimensi hampir mirip Innova lama ya. Suspensi emang Xpander tergolong sangat nyaman di kelasnya, setir sangat enteng (karena EPS) innova blm EPS ya. Tapi secara fun to drive, menurut saya kurang fun. begitu juga dengan innova. emang innova reborn untuk cewek apalagi belajar nyetir sangat besar dimensinya dan juga boros serta lemot. Kalau saya innova dapat sekitar 1:8-9 dalam kota BSD, kalau xpander sepertinya tidak terlalu jauh dari situ.

Mungkin agak melenceng dari pilihan TS, tapi saya coba menyarankan Mazda 2 generasi terakhir. ini mobil enak banget bawanya, kecil, lincah, tenaga juga lumayan, bensin irit (bisa 1:13-14 dalkot), interior mewah (agak2 ada bmwnya dikit), audio juga bagus. lengkap deh. kalau di banding xpander, jauh deh bawanya menurut saya. enakan mazda 2 kemana-mana. harga memang agak mahal, tapi diskonnya lumayan besar, terutama NIK lama. pas itu pernah tanya di kasi 50jt sama salesnya (NIK lama).
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by lemonadelovers »

Step 1: ya jual innova dulu aja supaya harga ga makin turun dan segera pegang uang cash

Begitu pegang uang cash klo ada livina umur muda low KM dan cocok udah ada uangnya

Atau sambil nunggu bisa coba rental sehari aja xpander atau livina supaya lbh kenal mobilnya

Xpander / livina ruang kabinnya lega krna jarak lantai ke atap dan jarak dashboard ke ujung pintu belakang luas dan lega / ini faktor FWD dan monokok, ruang kabin bisa optimal

Innova kepanjangan bagian ruang mesinnya sih krna mesinnya longitudinal / RWD dan ladder frame jd lantai kabinnya jg tinggi
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by ChZ »

ini butuh banget mobil 7 penumpang ?

kalo nggak butuh mobil 7 penumpang sy rasa lebih wise beli mobil 5-seater saja... HRV pilihan bagus. xpander kalo adiknya gak biasa bawa mobil panjang jg berasa gede di dalem.

tp kalo emang mau xpander/livina... saya lebih cenderung ke livina biarpun saya pemake xpander :mky_07: sbenernya simpel karena 1 hal : head unitnya. head unit livina uda support androidauto/applecarplay, dan interface mnrt saya lebih bagus aja.

aftersales tenang aja selama mitsu masih jualan colt kuning, triton, dan L300. nissan tutup bs servis di mitsu... ga akan ada kejadian kayak renault koleos/xtrail pisah ATPM terus dilarang serpis di satunya... ya iyalah wong dibuat di pabrik yang sama. :mky_07:

blm coba innova bensin tp tarikan xpander sbenernya bkn yang kenceng juga... lemot. lbh pelan dari avanza 1.3 ... di tanjakan berasa bgt. 0-100nya masih kalah dari innova bensin klo gak salah.........

tp launch awalnya emang lbh kuat xpander drpd innova bensin. ringan sih. cm setelah itu ya flat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by blloewy »

Jujur ya Om....
Mendinga dikeep aja Innova reborn nya.
Naek new livina di grab bandara pernah...dan rasanya menang lega aja sich dibanding papanza...
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by DOHC »

blloewy wrote: 19 Jul 2020, 14:52 Jujur ya Om....
Mendinga dikeep aja Innova reborn nya.
Naek new livina di grab bandara pernah...dan rasanya menang lega aja sich dibanding papanza...
Kl soal "keempukan", livpander itu lebi empuk dbanding ipah reborn, reborn itu ckup keras loh.. tp kl overall "keenakan" buat jalan jelek dan jalan sehari2, reborn menang jauh

Btw iya lah mending reborn,
lipindut baru ud ga asik, ud ga resing lg.. ud ga twin cvtc injector , ud bukan 109 ps, ud bukan tumble flaps intake manifold, ud bukan cvt, ud ga ngiiiiiiiiinggggg kl d bejeg rpm redline... ga resing
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Winz »

ChZ wrote: 14 Jul 2020, 09:40 ini butuh banget mobil 7 penumpang ?

kalo nggak butuh mobil 7 penumpang sy rasa lebih wise beli mobil 5-seater saja... HRV pilihan bagus. xpander kalo adiknya gak biasa bawa mobil panjang jg berasa gede di dalem.

tp kalo emang mau xpander/livina... saya lebih cenderung ke livina biarpun saya pemake xpander :mky_07: sbenernya simpel karena 1 hal : head unitnya. head unit livina uda support androidauto/applecarplay, dan interface mnrt saya lebih bagus aja.

aftersales tenang aja selama mitsu masih jualan colt kuning, triton, dan L300. nissan tutup bs servis di mitsu... ga akan ada kejadian kayak renault koleos/xtrail pisah ATPM terus dilarang serpis di satunya... ya iyalah wong dibuat di pabrik yang sama. :mky_07:

blm coba innova bensin tp tarikan xpander sbenernya bkn yang kenceng juga... lemot. lbh pelan dari avanza 1.3 ... di tanjakan berasa bgt. 0-100nya masih kalah dari innova bensin klo gak salah.........

tp launch awalnya emang lbh kuat xpander drpd innova bensin. ringan sih. cm setelah itu ya flat.
Xpander Cross dan Xpander Facelift Ultimate / Sport juga sudah double DIN support Android Auto, Apple CarPlay dan WebLink, merk Sony pula, om, jadi SQ cukup baik, Bonus ada Defogger dan Lampu Utama sudah LED, klo yg Cross sampai FogLamp LED dan Velg Cadangan Full Size 17 inch
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by ransyah1234 »

asumsi : driving experience livina persis plek xpander - saya pernahnya nyetir xpander (dan inova reborn bensin) - matic semua

xpander (+) : suspensi (perkara selera sih, soalnya rasa ladder frame kan khas), nyetir ringan, tenaga cukup, lebih irit dari kijang
xpander (-) : remnya kurang sip, rasanya kaya ngempos/dalem, mungkin bisa disetel(?)

kijang (+) : lebih kedap - terutama road noisenya jauh lebih minim

jadi ya menurut saya, mendingan livina
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: 01 Oct 2015, 08:05

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by geofreyap »

Oe ada xpander ultimate.
Oe jg sales toyota yg bbrp kali bawa innopa G bensin matic.

Kalau memang mau dipakai sama cewe & dalam waktu yg lama, mending innopa di keep aja saran oe.

Bantingan xpander enak, tapi oe pny udh mulai brisik kaki² depan.
Oe pny batch pertama, indent dari sebelum xpander keluar.

Ya kira² begitu deh :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Volk »

Ia ya..kalo pertimbangannya buat adek sendiri lagi bawanya knp ga mobil yg kecilan aja?d range harga segitu ada hrv,jazz,yaris,m2..sienta ga dipertimbangin?lumayan juga tuh om.nissan coret deh pengalamannya jelek banget duluan punya ni brand.dah kapok.klo ttp msh milih itu y xpander udh..
Cm 1 menurut sy kelemahannya xpander,dibawanya limbung.klo udh d tol ga ada bedanya sm LMPV lainnya.
kekedapan sdh d atas LMPV lainnya.tdk mantul2 ato kasar kaki2nya.
My opinion y om
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by kunaskun »

frzq wrote: 20 Jun 2020, 11:29 Nah mau tanya, gimana ya kira2 nasib nissan di Indonesia kedepannya? kan pabriknya tutup, apa dia masih ada kepercayaan buat jual produk di Indonesia atau mungkin bernasib kayak Ford/Chevrolet?
bisa saja jadi cabut dari Indo. walau logisnya si ngga ya karena faktor sudah beli Mitsubishi, tapi zaman now apa si yg ngga kejadian :big_chicken:
Lalu yang sering naik Xpander/Livina dan ANKI, mau tanya dong tentang kenyamanan LMPV tsb dibanding innova. Jujur seumur hidup saya belum pernah naik Xpander. Yang saya lihat dari reviewer mobil, mereka selalu memuji kenyamanan/kekedapan kabin xpander yang jauh diatas kelasnya, dan terlihat juga setiap kena polisi tidur/ngerem tidak mantul2 kayak innova. Bahkan om mobi yang sering mengejek innova miliknya tidak nyaman, dia selalu memuji kalau Xpander nyaman. Saya sangat mengerti kalau ada yang bilang innova kurang nyaman, karena kekurangan ladder frame yang mantul-mantul dan pas ngerem selalu goyang, sangat terasa.
xpander lebih nyaman menurut saya si ngga. tapi lebih "dewasa". kalau saya disuruh duduk di xpander dan innova, saya si masih pilih innova karena kursi lebih proper, lebih roomy secara ya memang beda kelas dan beda harga. tapi kalau disuruh nyetir, saya pilih xpander. ya karena nyetir innova kaya naik kapal oleng. :big_bored:
Tolong jangan jawab dengan "jelas beda kelas", karena perbedaan kelas kan banyak faktornya termasuk cc dan ukuran yang ANKI udah jauh beda kelas dibanding Xpander. Tapi saya tertarik untuk tahu kenyamanan, kekedapan, handling dll Xpander/Livina dibanding ANKI dari om sekalian yang mungkin udah sering nyoba semuanya. Saya kasian sama adek cewek saya kalau harian nyetir innova yang gambot dan setirnya sangat berat itu soalnya, dan kayaknya gak realistis buat cewek yang baru belajar nyetir. Lalu gimana juga tenaganya Xpander kalau dibandingkan livina, karena ANKI punya saya itu bensin , dan itu lemot. Katanya sih tarikan bawah Xpander jauh lebih bagus, tapi pingin tau dari yang udah punya pengalaman langsung hehe.

Terima kasih :)
kalau menurut saya, untuk cewe ya, biarin aja pake innova, kasih sensor parkir + rear view camera kalau perlu 360 camera + layar HU segede gajah biar gampang manuver. kenapa? robustness, sudah rahasia umum kan cewe lebih "hajar terus". ladder frame + RWD + daitoyo = made for robustness. xpander: bobot berat + FWD + monokok + non daitoyo = ga cocok blas untuk hajar terus.

soal steer berat, gampang bawa saja ke bengkel spooring, suruh entengin, kalau bengkelnya bingung bilang aja setelan ke 0 semua, resikonya tambah ga stabil ketika di kecepatan tinggi (bisa ditangkal dengan ganti Sokbreker yang banyak variannya). soal belajar nyetir justru yang bener menurut saya nyetir yg gede dulu biar paham nyetir itu ga cuma urusan gas rem doang, pengalaman saya kenal beberapa orang yang nyetir pertama dan lama pakai mobil extra size dibandingkan yg nyetir pertama dan lama pakai mobil kecil kelihatan bedanya ketika parkir paralel.

xpander juga sebenernya ga kecil2 amat, sudah banyak yg blg dan pengalaman saya, dimensi sangat mendekati innova generasi pertama, hanya beda banyak di tinggi seingat saya. dan soal driving experience, ya memang luar biasa untuk dikelasnya dan kelas diatasnya, melebihi innova jelas ngga lah tapi lebih ke mendekati "punch above the class".
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by blloewy »

DOHC wrote: 19 Jul 2020, 15:33
blloewy wrote: 19 Jul 2020, 14:52 Jujur ya Om....
Mendinga dikeep aja Innova reborn nya.
Naek new livina di grab bandara pernah...dan rasanya menang lega aja sich dibanding papanza...
Kl soal "keempukan", livpander itu lebi empuk dbanding ipah reborn, reborn itu ckup keras loh.. tp kl overall "keenakan" buat jalan jelek dan jalan sehari2, reborn menang jauh

Btw iya lah mending reborn,
lipindut baru ud ga asik, ud ga resing lg.. ud ga twin cvtc injector , ud bukan 109 ps, ud bukan tumble flaps intake manifold, ud bukan cvt, ud ga ngiiiiiiiiinggggg kl d bejeg rpm redline... ga resing
Nah itu tau om klep :D
Livpander empuk krn shock nya pakai model Lancer...
Shock sedan dipake LMPV ya empuk Om...
Drpd Livpander mendingan mobil lbh kecil....macem yaris atau xcross atau baleno hatchback....
nubie in all things - still need to learn
blink182surabay
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 31 Dec 2018, 11:39
Location: Jakarta Utara

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by blink182surabay »

Numpang nanya, emang luas kabin ANKI sama Xpander lebih gede mana ??
Apa ada yg lebih luas dari ANKI dgn range harga dan tahun yg sama ??
Saya pernah nyoba Cortez, dan menurut saya pribadi lebih luas dari ANKI.

Maaf ya oom TS kalau saya tanya2 di threadnya. Hehehe
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by mr_mytplx »

Kl orang jaman dulu orang belajar nyetir itu di kasih mobil yg ga enak dl. nah kl lancar baru di kasih yg enak.

beli mobil baru buat belajar nyetir. No.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Andhyka »

Worth it aja ganti ke Xpander/Livina tipe tertinggi apabila setir sendiri, apalagi Innova G agak trondolan kecuali disetirin sopir.

Nah jika Xpander/Livina dibandingkan saya milih Livina, alasannya karena Xpander udah kebanyakan di jalan, dan desain Livina lebih nyambung antara bodi dengan lampunya.

IMO Nissan masih tetap bertahan di Indonesia. Awal tahun 2020 ada dealer yang buka dekat kompleks perumahan saya jaraknya cuma ±500 meter.

Jujur saya agak respect dengan brand satu ini. Berkat Serena dijual duluan dan dipatok 400 juta oleh Nissan jadinya harga medium MPV di Indonesia (Voxy, Biante, Delica) bisa terjangkau dibandingkan dengan kasta di atasnya large MPV.

Harga Indo Alphard/Vellfire mencapai hampir 3 kali lipat Serena/Voxy, padahal di negara Jepang asalnya Alphard/Vellfire (500-600jt tergantung tipe G/Hybrid) selisih harga 100 jutaan dengan Serena/Voxy (400jt). Who knows how much if Toyota first launches Voxy without any competition? Start at 700mio?

Dan di tahun 2014, Nissan merilis Xtrail dengan fitur jauh lebih lengkap dibanding lainnya spt 360° camera, 6 airbag, power back door yang memaksa kompetitor berbenah dan melengkapi produk unggulan dgn facelift/all-new agar bisa bersaing. Misal tidak terjadi itu, mungkin VRZ dan Prestige cuma tempelan emblem dengan tambahan bodi kit.

Oh ya Nissan itu bukan batu makam, Ni (matahari) - Ssan (Lahir) kalo digabung artinya "Made in Japan".

Sebentar lagi akan rilis all-new Fairlady 400Z yang digadang-gadang sebagai Supra killer, krn harganya $10,000 lebih murah dan tenaganya 400hp (Supra 340hp).
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by kunaskun »

blink182surabay wrote: 19 Jul 2020, 23:17 Numpang nanya, emang luas kabin ANKI sama Xpander lebih gede mana ??
Apa ada yg lebih luas dari ANKI dgn range harga dan tahun yg sama ??
Saya pernah nyoba Cortez, dan menurut saya pribadi lebih luas dari ANKI.

Maaf ya oom TS kalau saya tanya2 di threadnya. Hehehe
ANKI memang tidak lega, yang dia jual memang bukan leganya. beberapa kenalan yg pindah dari innova lama juga ngomong hal sama. malah innova terasa lebih lega karena head room lebih lega (lebih tinggi) tapi ANKI lebih lebar jadi shoulder room lebih lega.
kalau cortez memang karena MPV sebenarnya ya memang lebih lega.
Andhyka wrote: 20 Jul 2020, 05:18 IMO Nissan masih tetap bertahan di Indonesia. Awal tahun 2020 ada dealer yang buka dekat kompleks perumahan saya jaraknya cuma ±500 meter.

Jujur saya agak respect dengan brand satu ini. Berkat Serena dijual duluan dan dipatok 400 juta oleh Nissan jadinya harga medium MPV di Indonesia (Voxy, Biante, Delica) bisa terjangkau dibandingkan dengan kasta di atasnya large MPV.

Harga Indo Alphard/Vellfire mencapai hampir 3 kali lipat Serena/Voxy, padahal di negara Jepang asalnya Alphard/Vellfire (500-600jt tergantung tipe G/Hybrid) selisih harga 100 jutaan dengan Serena/Voxy (400jt). Who knows how much if Toyota first launches Voxy without any competition? Start at 700mio?

Dan di tahun 2014, Nissan merilis Xtrail dengan fitur jauh lebih lengkap dibanding lainnya spt 360° camera, 6 airbag, power back door yang memaksa kompetitor berbenah dan melengkapi produk unggulan dgn facelift/all-new agar bisa bersaing. Misal tidak terjadi itu, mungkin VRZ dan Prestige cuma tempelan emblem dengan tambahan bodi kit.

Oh ya Nissan itu bukan batu makam, Ni (matahari) - Ssan (Lahir) kalo digabung artinya "Made in Japan".

Sebentar lagi akan rilis all-new Fairlady 400Z yang digadang-gadang sebagai Supra killer, krn harganya $10,000 lebih murah dan tenaganya 400hp (Supra 340hp).
nissan tutup pabrik, datsun malah dimatiin, sekarang livina recall, di thread sebelah ada xtrail meleduk pula, merek gagal itu, bentar lagi juga cabut dari indo, mending ini itu lah..
*netijen indo*

:big_biglaugh:
frzq
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 29 Jun 2017, 21:03
Location: Jakarta
Daily Vehicle: brio

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by frzq »

ericsantosa97 wrote: 14 Jul 2020, 08:45 Mungkin agak melenceng dari pilihan TS, tapi saya coba menyarankan Mazda 2 generasi terakhir. ini mobil enak banget bawanya, kecil, lincah, tenaga juga lumayan, bensin irit (bisa 1:13-14 dalkot), interior mewah (agak2 ada bmwnya dikit), audio juga bagus. lengkap deh. kalau di banding xpander, jauh deh bawanya menurut saya. enakan mazda 2 kemana-mana. harga memang agak mahal, tapi diskonnya lumayan besar, terutama NIK lama. pas itu pernah tanya di kasi 50jt sama salesnya (NIK lama).
hahaha pengennya juga itu, jelas mazda2 paling wow di renjang harga itu. tapi mungkin dicoret dulu, karena dirumah gaada mobil lain yang 7 seater, jadi nyari yang minimal 5+2.
Volk wrote: 19 Jul 2020, 20:01 Ia ya..kalo pertimbangannya buat adek sendiri lagi bawanya knp ga mobil yg kecilan aja?d range harga segitu ada hrv,jazz,yaris,m2..sienta ga dipertimbangin?lumayan juga tuh om.nissan coret deh pengalamannya jelek banget duluan punya ni brand.dah kapok.klo ttp msh milih itu y xpander udh..
Cm 1 menurut sy kelemahannya xpander,dibawanya limbung.klo udh d tol ga ada bedanya sm LMPV lainnya.
kekedapan sdh d atas LMPV lainnya.tdk mantul2 ato kasar kaki2nya.
My opinion y om
mobil yang ga 7 seater sementara ini coret dulu deh hehe karena suka dipakai buat jalan2 ke puncak/bandung bareng keluarga besar pas liburan.
wah kalo menurut pengalaman saya, innova limbungnya bahkan jauh lebih parah dari LMPV manapun hahaha..
nahh sienta juga baru kepikiran belakangan ini, mungkin disini ada yang punya pengalaman tentang kenyamanannya.
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: INNOVA REBORN GANTI KE NEW LIVINA, worth it?

Post by Volk »

Volk wrote: 19 Jul 2020, 20:01 Ia ya..kalo pertimbangannya buat adek sendiri lagi bawanya knp ga mobil yg kecilan aja?d range harga segitu ada hrv,jazz,yaris,m2..sienta ga dipertimbangin?lumayan juga tuh om.nissan coret deh pengalamannya jelek banget duluan punya ni brand.dah kapok.klo ttp msh milih itu y xpander udh..
Cm 1 menurut sy kelemahannya xpander,dibawanya limbung.klo udh d tol ga ada bedanya sm LMPV lainnya.
kekedapan sdh d atas LMPV lainnya.tdk mantul2 ato kasar kaki2nya.
My opinion y om
mobil yang ga 7 seater sementara ini coret dulu deh hehe karena suka dipakai buat jalan2 ke puncak/bandung bareng keluarga besar pas liburan.
wah kalo menurut pengalaman saya, innova limbungnya bahkan jauh lebih parah dari LMPV manapun hahaha..
nahh sienta juga baru kepikiran belakangan ini, mungkin disini ada yang punya pengalaman tentang kenyamanannya.
[/quote]

Brti dari dulu ya innova limbungnya parah..dr jaman 2008 punya ampe sekarang parah 🤭
Sienta liat² di reviewers org² yutub sih sama limbung nya..mungkin untuk sekelas LMPV emang limbung nya agak parah bro karna mungkin panjang bodynya..mungkin bisa disiasati dengan pasang stabilizer?
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post