Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Juliankhaisan
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 12, 2017 10:24

Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Juliankhaisan »

Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Taufiq6210 »

Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran.
Ga pengalaman ngerawat mobil-mobil yang disebut itu*, jadi mau komen tentang poin ini aja... kalau budget bisa bertambah di kemudian hari lebih baik digunakan untuk ganti part(s) secara proper (bukan sekedar servis / diakalin) yang sudah seharusnya diganti, biar mencegah ga tiba-tiba rusak aja; ketimbang budget tambahan dipake buat beli mobil yang lebih mahal IMHO

*ibu saya sempet punya 405 SR sih, tapi itu jaman saya masih SD, jadi masih belum ngerti lah perawatan mobil
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by rajapb »

Lancer ck4 boleh tuh
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by MSU »

Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
sy ex user Peugeot 405...varian STI ada 2 engine : XU-9 (sama seperti dipake di SRi) & XU-10
dulu pake XU-10 so far mesin sebetulnya ga ada masalah, sepanjang ga asal kutak kutik apalagi di bagian elektrik-nya
yang problem biasa di cover klep, karena pake bahan semacam plastik, gampang retak pas di bong-pas
konektor kabel kopling bahan plastik, jadi ada umurnya
sparepart dulu sih banyak, krn kw-nya juga banyak
nembus banjir...ni mobil ajaib juga, saya pernah sampe air naik ke kap mesin..aman...kabin juga aman
overheat...dulu sih ga pernah kena..
btw utk interior better jangan sering2 jemur mobil ini..
tp kl ditanya aman jalan jauh...saran saya udah-lah jepang aja..yg banyak dipake..montir pun bejibun
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by dsign1990 »

w202 c230 sukur2 dapat yg trim elegance , material interior oke, mesin lumayan ada larinya, mobilnya solid , reliability cukupan buat brand eropa dan masih dapet yg kmnya gak capek kalau 60jtan
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by jessboy »

apa harus mobil sedan tahun 90an kah?
kalau budget bisa naik dikit mungkin bisa dapet honda city atau vios
honda city idsi atau vtec tahun 2003-2008
bisa juga toyota vios gen satu tahun 2003-2006
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by dori2802 »

setuju sama yg di atas.
saya pernah punya honda city 1996. dl juga tertarik ambil peugeot 306/406 tapi setelah menelaah, jarang bengkel yg paham mobil2 tsb, jadi ambil city 96. udah pernah jakarta - sby 3x di jaman belum ada cipali... sampai ngalami pecah velg 2x. secara umum tidak pernah rewel.
sparepart : ahon/atoyot pasti lebih banyak dan lebih terjangkau vs eropa.
bengkel : lebih banyak bengkel yg bisa pegang di setiap kota. sedan eropa butuh bengkel spesialis, bengkel biasa pasti nanti coba2
budget 60 jt bisa dapat, Civic verio 97, citi 03-05, toyota soluna, soluna.
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Pboyz97 »

Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
Berhubung saya pernah punya ferio , dan ada temen saya yg punya e36 dan w202 saya bantu jawab ya
b. Nyaman: W202, kalo bisa cari yg c200 aja, karena kalo c180 konsumsi bbmnya mirip2 sm C200 tapi larinya gak sekenceng c180 alias termasuk lemot buat ukuran mercy. Kalo E36 sm civic ferio or genio gak begitu nyaman bantingan suspensinya, agak keras, lebih cocok buat org yg nyari handling, peforma dan driving feel menurut saya. Cuma kalo mau yg nyari nyaman buat jarak jauh dan punya handling + peforma yg oke agak susah ya. Karena tiap mobil ada plus minusnya masing. Tinggal prefrensi om TS aja mau lebih ke yg mana. Karena semua kandidat yg om sebutin punya karakteristik yg beda2 semua soalnya. W202 cocok buat yg nyari kenyamanan jarak jauh, sedangkan civic dan e36 cocok buat yg nyari peforma dan handling. Jadi om tentuin dulu, yg jadi prioritas utamanya apa. Kalo nyari kenyamanan jarak jauh, vote W202, tapi kalo nyari peforma dan handling bisa vote civic or e36
c. E36 or ferio or genio , handling dan peformanya jelas paling oke dibanding w202. Ferio saya dulu kalo dibawa jalan diatas 120 kpj di tol masih anteng dan stabil, gak ada gejala limbung sama sekali, dan dapet 180 kpj gampang bgt saat itu :big_biglaugh: , kalo e36 udh the best choice diantara 2 kandidat lainnya kalo nyari handling dan peforma. Cuma saran saya, mending 320i aja, karena konsumsi BBM gajauh beda sm 318I tapi naikkan jelas lebih enak 320i dibanding 318i
d. Semua memenuhi syarat kok, cuma yg perlu diperhatiin kalo E36, radiatornya aja, karena bahannya denger2 agak kurang oke dibanding w202, sama hati2 sm karat dan kropos + kaki2 , elektrikal dan rack steeringnya . Dan kalo civic genio or ferio wajib perhatiin kaki2, rack steering, dan paking. Karena honda, kalo udh berumur rawan kena kaki2, racksteeringnya dan suka rembes juga. Dulu ferio saya jual karena pake dari baru sampe dijual tahun 2006 udh banyak jajan. Mulai dari kaki2, rack steering, dan sering bgt rembes juga wkwkkw, dan hati2 sm bodypartsnya yg udh mulai susah kalo ferio or genio secara populasinya jg udh mulai jarang di jalanan, dan kalo w202, perhatiin elektrikal, sensor2 dan hati2 sm karat dan kropos jg secara udh berumur lumayan tua jg mobilnya . Dan kalo mau pelihara sedan tua itu, wajib ada kenalan spesailis or komunitas, biar dapet part2 yg dibutuhin dan biaya perbaikannya lebih murah jg karena selisihnya lumayan dibanding beres. Sama kalo masih awam, pas hunting, coba ajak kenalan yg ngerti mobil , jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalkan. Dan untuk E36 sm W202, siapin budget minimal 80 jt kalo om yg ngincer unit mint cond kek poin f, karena w202 dan e36 udh kegoreng semua harganya :big_biglaugh: . Temen saya aja dulu akhir tahun lalu ngangkat E36 318 I kondisi bagus km 150rban diatas 80jtan wkwkwk

Dan kalo realibility , honda ferio / genio sm w202 gabeda jauh kok harga sparepartnya. Malah katanya temen saya yg udh biasa melihara sedan 90an partnya w202 lebih murah dibanding ferio or genio di spesialis, cuma kalo dibanding e36, masih lebih mahal e36 kalo gasalah dibanding ferio or genio.

e.no komen
Kalo mau nyari sedan 90an, apalagi masih awam. Saran saya
- Research dulu deh penyakit dan kelemahan masing2 kandidat yg om incer, terus main2 ke komunitasnya, biar ada gambaran spare budget buat perbaikannya
- Cari spesialis yg recomended, kalo bisa rujukkan komunitas, biar dapet harga yg masuk akal dan hasil yg bagus juga
- Jangan terburu2 dan jangan tergesa2, kalo ada kenalan entah teman atau saudara yg punya lebih bagus karena at least udh tau perawatan mobil itu selama dipake owner sblmnya seperti apa

Kalo pug saya kurang tau, cuma denger2, bodypartsnya udh mulai susah, sedangkan kalo buat komponen kaki2 dan mesin masi lumayan banyak, pinter2nya om cari spesialis yg bagus aja . Kalo tinggal di jkt, ada lumayan banyak kok spesialis pug yg bisa betulin

Alternatif lain
- Camry XV30 2003-2004
- City vtec 2006-2007
- Accord CM5 2003-2005
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by martinnn »

camry xv30 aja...terbukti bandel
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by KielConstantine »

Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.
Ada sedikit fun story.

Tiap gw ke bengkel anugrah benerin si baling2 bambu. Montir disitu selalu ngemeng: “Ente kenapa kg pelihara E36 aja sih, harga sparepart jauh lebih murah, trus banyak macemnya apa jg ada. Mobil jauh lebih bandel, mesin badak, elektrikalnya masih dikit.”

Trus gw suka iseng ngintip bon customer yg servis E36 318/320/323 tagihan bengkelnya rata-rata emang 2 sampai 5 juta ud paling mahal skali ngadep.. biaya servisnya jauh lebih murah lah drpd BMW BMW modern yg out of warranty.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by MSU »

om TS...mgkn boleh jadi masukan...W124
mobil impian saya dengan list becak haha...
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by dsign1990 »

MSU wrote: Wed Feb 10, 2021 5:48 om TS...mgkn boleh jadi masukan...W124
mobil impian saya dengan list becak haha...
tadi mau nyaranin itu tapi katanya kebentur dimensi
w124 list becak apalagi kalau 300e AT harganya mulai gak karu2an mau nyusul tiger kayaknya
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by rendr »

weeeeee udh lewat dari kriteria TS nya.... maksimal panjang 4,51 M...


kalo dari saya sih yg penting mana unit yg seger aja... agak sulit mau idealis disini... walaupun w124 ada bbrp yg seger... susah nyari eropa seger di budget segitu...

paling hasil keliling yg paling mendekati kriteria TS ada ini

https://www.olx.co.id/item/honda-city-z ... -808212964

https://www.olx.co.id/item/honda-civic- ... -818247242

https://www.olx.co.id/item/peugeot-405- ... -807388071


sisanya blm nemu ada w202 atau e36 yg seger di budget segitu.. drpd malah ga puas makenya...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Juliankhaisan
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 12, 2017 10:24

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Juliankhaisan »

Taufiq6210 wrote: Tue Feb 09, 2021 16:21
Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran.
Ga pengalaman ngerawat mobil-mobil yang disebut itu*, jadi mau komen tentang poin ini aja... kalau budget bisa bertambah di kemudian hari lebih baik digunakan untuk ganti part(s) secara proper (bukan sekedar servis / diakalin) yang sudah seharusnya diganti, biar mencegah ga tiba-tiba rusak aja; ketimbang budget tambahan dipake buat beli mobil yang lebih mahal IMHO

*ibu saya sempet punya 405 SR sih, tapi itu jaman saya masih SD, jadi masih belum ngerti lah perawatan mobil
noted om, nambah budget dengan harapan bisa dapet yang seger juga sih, supaya gak lebih banyak PR.
rajapb wrote: Tue Feb 09, 2021 16:55 Lancer ck4 boleh tuh
wah ini lupa ane mention, cuman kayaknya susah bgt cari yang seger dan ori secara yang empunya rata2 suka modif2 alay
MSU wrote: Tue Feb 09, 2021 23:48
Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
sy ex user Peugeot 405...varian STI ada 2 engine : XU-9 (sama seperti dipake di SRi) & XU-10
dulu pake XU-10 so far mesin sebetulnya ga ada masalah, sepanjang ga asal kutak kutik apalagi di bagian elektrik-nya
yang problem biasa di cover klep, karena pake bahan semacam plastik, gampang retak pas di bong-pas
konektor kabel kopling bahan plastik, jadi ada umurnya
sparepart dulu sih banyak, krn kw-nya juga banyak
nembus banjir...ni mobil ajaib juga, saya pernah sampe air naik ke kap mesin..aman...kabin juga aman
overheat...dulu sih ga pernah kena..
btw utk interior better jangan sering2 jemur mobil ini..
tp kl ditanya aman jalan jauh...saran saya udah-lah jepang aja..yg banyak dipake..montir pun bejibun
nah iya saya baca2 banyakan saranin yang STI yang blok udah besi. PR-nya gak se-momok itu ya ternyata om kalo dapet unit yang seger? kuncinya di elektrikal berarti. Belum pernah overheat Om? padahal itu yang saya denger2 jadi keluhan pug :big_think:
wkwkwkwk sakti amat om nembus banjir sampe se-aman itu, udah kayak Isuzu Macan Kumbang :big_exellent: :big_exellent:
Interior kurang kuat kah kalo sering dijemur? wkwk iya mungkin karena jepunan bisa dibengkel pinggiran ya om.
dsign1990 wrote: Wed Feb 10, 2021 2:26 w202 c230 sukur2 dapat yg trim elegance , material interior oke, mesin lumayan ada larinya, mobilnya solid , reliability cukupan buat brand eropa dan masih dapet yg kmnya gak capek kalau 60jtan
wah mantap sih ini kalo ada yg diharga segitu, tapi kok ga yakin ya dapet c230 :big_think:
jessboy wrote: Wed Feb 10, 2021 2:44 apa harus mobil sedan tahun 90an kah?
kalau budget bisa naik dikit mungkin bisa dapet honda city atau vios
honda city idsi atau vtec tahun 2003-2008
bisa juga toyota vios gen satu tahun 2003-2006
dori2802 wrote: Wed Feb 10, 2021 2:58 setuju sama yg di atas.
saya pernah punya honda city 1996. dl juga tertarik ambil peugeot 306/406 tapi setelah menelaah, jarang bengkel yg paham mobil2 tsb, jadi ambil city 96. udah pernah jakarta - sby 3x di jaman belum ada cipali... sampai ngalami pecah velg 2x. secara umum tidak pernah rewel.
sparepart : ahon/atoyot pasti lebih banyak dan lebih terjangkau vs eropa.
bengkel : lebih banyak bengkel yg bisa pegang di setiap kota. sedan eropa butuh bengkel spesialis, bengkel biasa pasti nanti coba2
budget 60 jt bisa dapat, Civic verio 97, citi 03-05, toyota soluna, soluna.
ya om pengen 90-an, mudah2an ga gali kuburan sendiri lah :big_slap:
wah asik juga kayaknya City Z, kalo city yang kembaran njez ane kayaknya big no ya, bentuk kayak kecebong. Soluna terlalu basic euy.
Pboyz97 wrote: Wed Feb 10, 2021 3:26
Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
Berhubung saya pernah punya ferio , dan ada temen saya yg punya e36 dan w202 saya bantu jawab ya
b. Nyaman: W202, kalo bisa cari yg c200 aja, karena kalo c180 konsumsi bbmnya mirip2 sm C200 tapi larinya gak sekenceng c180 alias termasuk lemot buat ukuran mercy. Kalo E36 sm civic ferio or genio gak begitu nyaman bantingan suspensinya, agak keras, lebih cocok buat org yg nyari handling, peforma dan driving feel menurut saya. Cuma kalo mau yg nyari nyaman buat jarak jauh dan punya handling + peforma yg oke agak susah ya. Karena tiap mobil ada plus minusnya masing. Tinggal prefrensi om TS aja mau lebih ke yg mana. Karena semua kandidat yg om sebutin punya karakteristik yg beda2 semua soalnya. W202 cocok buat yg nyari kenyamanan jarak jauh, sedangkan civic dan e36 cocok buat yg nyari peforma dan handling. Jadi om tentuin dulu, yg jadi prioritas utamanya apa. Kalo nyari kenyamanan jarak jauh, vote W202, tapi kalo nyari peforma dan handling bisa vote civic or e36
c. E36 or ferio or genio , handling dan peformanya jelas paling oke dibanding w202. Ferio saya dulu kalo dibawa jalan diatas 120 kpj di tol masih anteng dan stabil, gak ada gejala limbung sama sekali, dan dapet 180 kpj gampang bgt saat itu :big_biglaugh: , kalo e36 udh the best choice diantara 2 kandidat lainnya kalo nyari handling dan peforma. Cuma saran saya, mending 320i aja, karena konsumsi BBM gajauh beda sm 318I tapi naikkan jelas lebih enak 320i dibanding 318i
d. Semua memenuhi syarat kok, cuma yg perlu diperhatiin kalo E36, radiatornya aja, karena bahannya denger2 agak kurang oke dibanding w202, sama hati2 sm karat dan kropos + kaki2 , elektrikal dan rack steeringnya . Dan kalo civic genio or ferio wajib perhatiin kaki2, rack steering, dan paking. Karena honda, kalo udh berumur rawan kena kaki2, racksteeringnya dan suka rembes juga. Dulu ferio saya jual karena pake dari baru sampe dijual tahun 2006 udh banyak jajan. Mulai dari kaki2, rack steering, dan sering bgt rembes juga wkwkkw, dan hati2 sm bodypartsnya yg udh mulai susah kalo ferio or genio secara populasinya jg udh mulai jarang di jalanan, dan kalo w202, perhatiin elektrikal, sensor2 dan hati2 sm karat dan kropos jg secara udh berumur lumayan tua jg mobilnya . Dan kalo mau pelihara sedan tua itu, wajib ada kenalan spesailis or komunitas, biar dapet part2 yg dibutuhin dan biaya perbaikannya lebih murah jg karena selisihnya lumayan dibanding beres. Sama kalo masih awam, pas hunting, coba ajak kenalan yg ngerti mobil , jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalkan. Dan untuk E36 sm W202, siapin budget minimal 80 jt kalo om yg ngincer unit mint cond kek poin f, karena w202 dan e36 udh kegoreng semua harganya :big_biglaugh: . Temen saya aja dulu akhir tahun lalu ngangkat E36 318 I kondisi bagus km 150rban diatas 80jtan wkwkwk

Dan kalo realibility , honda ferio / genio sm w202 gabeda jauh kok harga sparepartnya. Malah katanya temen saya yg udh biasa melihara sedan 90an partnya w202 lebih murah dibanding ferio or genio di spesialis, cuma kalo dibanding e36, masih lebih mahal e36 kalo gasalah dibanding ferio or genio.

e.no komen
Kalo mau nyari sedan 90an, apalagi masih awam. Saran saya
- Research dulu deh penyakit dan kelemahan masing2 kandidat yg om incer, terus main2 ke komunitasnya, biar ada gambaran spare budget buat perbaikannya
- Cari spesialis yg recomended, kalo bisa rujukkan komunitas, biar dapet harga yg masuk akal dan hasil yg bagus juga
- Jangan terburu2 dan jangan tergesa2, kalo ada kenalan entah teman atau saudara yg punya lebih bagus karena at least udh tau perawatan mobil itu selama dipake owner sblmnya seperti apa

Kalo pug saya kurang tau, cuma denger2, bodypartsnya udh mulai susah, sedangkan kalo buat komponen kaki2 dan mesin masi lumayan banyak, pinter2nya om cari spesialis yg bagus aja . Kalo tinggal di jkt, ada lumayan banyak kok spesialis pug yg bisa betulin

Alternatif lain
- Camry XV30 2003-2004
- City vtec 2006-2007
- Accord CM5 2003-2005
b. wah asik sih berarti kalo bisa dapet C200 diharga yang sama kayak C180, ane consider C180 karena bisa dapet lebih murah dan seger aja soalnya wkwk. Oke omm noted buat strength2 ketiganya, kalo untuk performa mungkin c200 atau 320i cukup kali ya? asal bisa ngimbangin hatch mainstream 1500 sih udah cukupan laah buat ane. Tapi lebih bersyukur lagi kalo bisa ngimbangin tenaga CX-3 cewe ane sih hahaha secara suka panasan liat suv2 gajah ugal2an di tol :big_slap:

c. hmm noted Om, untuk 318i dan 320i apa perawatannya ga jauh beda?

d. rata2 penyakitnya mirip2 ya Om, waduu emg kayaknya kedua boil itu udah masuk tahap apresiasi harga untuk unit yang mint :big_cry: :big_cry: .
noted omm btw untuk sarannya.

hmm kalo pug di jkt masih gampang mungkin jadi konsiderasi kuat juga sih, secara harga belum kegoreng.
Untuk alternatif kayak Camry Accord sayang garasi gak muat euy :big_cry: :big_cry:

Thanks Omm masukannya!
KielConstantine wrote: Wed Feb 10, 2021 5:12
Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.
Ada sedikit fun story.

Tiap gw ke bengkel anugrah benerin si baling2 bambu. Montir disitu selalu ngemeng: “Ente kenapa kg pelihara E36 aja sih, harga sparepart jauh lebih murah, trus banyak macemnya apa jg ada. Mobil jauh lebih bandel, mesin badak, elektrikalnya masih dikit.”

Trus gw suka iseng ngintip bon customer yg servis E36 318/320/323 tagihan bengkelnya rata-rata emang 2 sampai 5 juta ud paling mahal skali ngadep.. biaya servisnya jauh lebih murah lah drpd BMW BMW modern yg out of warranty.
hahahaa sumpe Om 2-5 juta aja? itu bukannya udh mirip2 ngebengkel sedan jepang modern di kelasnya? :big_think: +1 lah buat E36 kalo gitu.
martinnn wrote: Wed Feb 10, 2021 4:35 camry xv30 aja...terbukti bandel
MSU wrote: Wed Feb 10, 2021 5:48 om TS...mgkn boleh jadi masukan...W124
mobil impian saya dengan list becak haha...
dsign1990 wrote: Wed Feb 10, 2021 6:45
MSU wrote: Wed Feb 10, 2021 5:48 om TS...mgkn boleh jadi masukan...W124
mobil impian saya dengan list becak haha...
tadi mau nyaranin itu tapi katanya kebentur dimensi
w124 list becak apalagi kalau 300e AT harganya mulai gak karu2an mau nyusul tiger kayaknya
duh liat saran2nya makin sedih saya, secara garasi untuk Rush aja udah mau mentok :big_cry: :big_cry: padahal W124 ganteng pisun. Camry pun banyak yg bilang badak.
rendr wrote: Wed Feb 10, 2021 7:03 weeeeee udh lewat dari kriteria TS nya.... maksimal panjang 4,51 M...


kalo dari saya sih yg penting mana unit yg seger aja... agak sulit mau idealis disini... walaupun w124 ada bbrp yg seger... susah nyari eropa seger di budget segitu...

paling hasil keliling yg paling mendekati kriteria TS ada ini

https://www.olx.co.id/item/honda-city-z ... -808212964

https://www.olx.co.id/item/honda-civic- ... -818247242

https://www.olx.co.id/item/peugeot-405- ... -807388071


sisanya blm nemu ada w202 atau e36 yg seger di budget segitu.. drpd malah ga puas makenya...
wah seriusan ini ada pug harga segitu kondisi sebagus itu, mantep sih kalo emg asli (walau agak too good to be true ya kayanya).
Thanks om link2nya, akan ane telaah lebih lanjut :big_exellent:
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by HaykelAdityawarman »

Budget 60-70 jt mestinya udah bisa dapet E36 318i atau bahkan 320i kondisi bagus. Cuman rule of thumbnya nyari mobil tuwir gini, banyak yang keliatan diluar mulus tapi dalemannya banyak PR. Mesti teliti bener nyarinya, klo bisa ditemenin sama yang udah paham ngecek kondisi motuba (unless om sendiri juga udah paham ya sendiri aja cukup wkwk).

Saya gaada pengalaman sama W202 sama Pug euy. Cuman sering lihat orang bilang dua sedan ini lebih ke comfort, sementara E36 dan Ferio lebih ke driver oriented.

Klo saya pribadi sih, daripada Ferio yang terlalu keras mendingan Lancer CK4 (1997-2002) itu bantingannya lebih nyaman, power juga 11-12. Lihat2 di marketplace masih ada sebiji dua biji yang ga alay kok.

Personally saya prefer Lancer CB5 (yang GTi, 1800cc DOHC kenceng bener dah) cuman sparepart nya udah mulai susah, krn unitnya jarang dimari. #malahcurcol
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Pboyz97 »

Juliankhaisan wrote: Wed Feb 10, 2021 16:42
b. wah asik sih berarti kalo bisa dapet C200 diharga yang sama kayak C180, ane consider C180 karena bisa dapet lebih murah dan seger aja soalnya wkwk. Oke omm noted buat strength2 ketiganya, kalo untuk performa mungkin c200 atau 320i cukup kali ya? asal bisa ngimbangin hatch mainstream 1500 sih udah cukupan laah buat ane. Tapi lebih bersyukur lagi kalo bisa ngimbangin tenaga CX-3 cewe ane sih hahaha secara suka panasan liat suv2 gajah ugal2an di tol :big_slap:

c. hmm noted Om, untuk 318i dan 320i apa perawatannya ga jauh beda?

d. rata2 penyakitnya mirip2 ya Om, waduu emg kayaknya kedua boil itu udah masuk tahap apresiasi harga untuk unit yang mint :big_cry: :big_cry: .
noted omm btw untuk sarannya.

hmm kalo pug di jkt masih gampang mungkin jadi konsiderasi kuat juga sih, secara harga belum kegoreng.
Untuk alternatif kayak Camry Accord sayang garasi gak muat euy :big_cry: :big_cry:

Thanks Omm masukannya!



Iya om, kalo cuma buat ngimbangin hatchback 1.500 cc mah udh lebih dari cukup kok kalo 320i atau c200 menurut saya, asal dalam kondisi sehat ya. kalo CX3 sih, kayanya imbang ya kwwkkw. 318I dan 320i mah perawatannya gajauh beda kok, malah jatohnya sama aja menurut saya, bedanya 320i lebih kenceng dan sedikit lebih boros aja daripada 318

Kalo honda sm bmw emg penyakitnya mirip2. Wkwkwk. Memang om, karena udh kegoreng sm youtuber gede dan showroom kek malique dkk, jadi harganya otomatis naik

Pug di jkt, part mesinnya memang masih gampang, tapi bodypartsnya udh mulai susah , secara mobilnya udh mulai jarang jg yg keliatan di jalan, mungkin perlu ada kenalan spesialis or komunitas biar lebih gampang dapet partnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by rendr »

Juliankhaisan wrote: Wed Feb 10, 2021 16:42
b. wah asik sih berarti kalo bisa dapet C200 diharga yang sama kayak C180, ane consider C180 karena bisa dapet lebih murah dan seger aja soalnya wkwk. Oke omm noted buat strength2 ketiganya, kalo untuk performa mungkin c200 atau 320i cukup kali ya? asal bisa ngimbangin hatch mainstream 1500 sih udah cukupan laah buat ane. Tapi lebih bersyukur lagi kalo bisa ngimbangin tenaga CX-3 cewe ane sih hahaha secara suka panasan liat suv2 gajah ugal2an di tol :big_slap:

c. hmm noted Om, untuk 318i dan 320i apa perawatannya ga jauh beda?

d. rata2 penyakitnya mirip2 ya Om, waduu emg kayaknya kedua boil itu udah masuk tahap apresiasi harga untuk unit yang mint :big_cry: :big_cry: .
noted omm btw untuk sarannya.

hmm kalo pug di jkt masih gampang mungkin jadi konsiderasi kuat juga sih, secara harga belum kegoreng.
Untuk alternatif kayak Camry Accord sayang garasi gak muat euy :big_cry: :big_cry:

izin bantu jawab yaaa om..... hanya sedikit berbagi experience...

1. w202 usahakan ambil c230, kalopun ga ada minimal c200 taun 97 keatas... cibo sih skip aja, mana udh ga ada tenaga, boros, dan juga susah nyari cibo yg 97 keatas, karena better yg udh HFM aja... w202 ini penyakitnya di elektrik, modul ac lah, speedometer lah, sama klip2an trim interior gampang protol.... make sure aja masih berfungsi semua,ini mobil gaboleh sembarang jumper aki, kalo aki soak, better copot akinya either ganti atau di charge, kalo yg transmisi manual biasanya master kopling atas dan bawah aja... sering dol, sisanya oke

2. e36 mah apa aja asal jgn yg M40 (318i 92-93) udah sip... cari yg seger aja, ngerawatnya sama2 aja, sedikit catatan buat yg mesin M52, perhatiin aja cooling system, kalo saya sih prefer kalo beli lgsg ganti radiator, thermostat, waterpump, kalo perlu turun setengah buat cek baut2 head make sure msh pada rapet, ccv oil separator ga ada yg mampet, seal2 rapet, airflow lancar ga ada brebet... sama fuel pump... jantungnya bmw nih kalo beli mending ganti fuel pump baru biar hati tenang dijalan...

satu lagi tambahan, kalo dapet volvo S40 yg seger bisa jadi pertimbangan juga.. ga pusing itu...

semoga membantu....
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by thestoneroses »

Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
405 STi yang rapih, tinggal greng jalan kemungkinan besar dipegang kolektor oom. Harganya udah di luar 50+. Yang namanya pegangan kolektor servis tinggal Januari Juli aja, bengkel Pug banyaak, komunitasnya juga open. D8 D9 juga ada yang buka di range segitu, tapi ya kalau pug rapih = kolektor/penyayang singa, harganya gelap oom.

Saya pengalaman pelihara 405, 406 ngga pernah overheat dll, itu mobil yang penyakitnya jelas, diobatinnya jelas.
Kalau Xu-10 Ac sama temperatur hubungannya kuat, ac nyala speed 2 nyala (asal jangan dibypass). Jadi oom tenang lihat temperatur manteng di 90. Kalaupun ac ngga dinyalain, dia bakal naik ke 110 terus speed 2 nyala turun sendiri ke 90. Kenapa ini perlu dicek/test drive? Pada umumnya, orang deg-degan lihat temperatur goyang-goyang, akhirnya thermostat diganti, kipas dibypass. Padahal baik-baik aja. Mau macet 4 jam di puncak juga segitu-segitu aja.

Satu-satunya mobil tempat saya overheat ya mobiliox. Lebih gampang melihara pug, polpoh, merc 90'an daripada itu mobil. Senggaknya ngga overheat di tebet arah pancoran, lancar pula.
Ron Asheton Forever
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by sammyjimun »

rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 3:16 izin bantu jawab yaaa om..... hanya sedikit berbagi experience...

1. w202 usahakan ambil c230, kalopun ga ada minimal c200 taun 97 keatas... cibo sih skip aja, mana udh ga ada tenaga, boros, dan juga susah nyari cibo yg 97 keatas, karena better yg udh HFM aja... w202 ini penyakitnya di elektrik, modul ac lah, speedometer lah, sama klip2an trim interior gampang protol.... make sure aja masih berfungsi semua,ini mobil gaboleh sembarang jumper aki, kalo aki soak, better copot akinya either ganti atau di charge, kalo yg transmisi manual biasanya master kopling atas dan bawah aja... sering dol, sisanya oke

2. e36 mah apa aja asal jgn yg M40 (318i 92-93) udah sip... cari yg seger aja, ngerawatnya sama2 aja, sedikit catatan buat yg mesin M52, perhatiin aja cooling system, kalo saya sih prefer kalo beli lgsg ganti radiator, thermostat, waterpump, kalo perlu turun setengah buat cek baut2 head make sure msh pada rapet, ccv oil separator ga ada yg mampet, seal2 rapet, airflow lancar ga ada brebet... sama fuel pump... jantungnya bmw nih kalo beli mending ganti fuel pump baru biar hati tenang dijalan...

satu lagi tambahan, kalo dapet volvo S40 yg seger bisa jadi pertimbangan juga.. ga pusing itu...

semoga membantu....
suka pnasaran sm seri yg 1 ini, S40, jarang yg bahas......
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri May 13, 2016 2:22
Location: Bekasi

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by cruising »

Mitsubishi Galant V6 bisa dipertimbangkan. Lega, Nyaman, kentjang
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Xous »

Ane kapan hari perna mau project iseng sm hopeng. Pinang boil 90an budget 50 sampe 60. Sasaran huntjng anc or great corola. Or e300. Cm blm ketemu yg sreg dg harga waras. Tetep apdet y. Genio menarik sebetulnya cm byk jd ricer skg
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by rendr »

sammyjimun wrote: Thu Feb 11, 2021 4:19
rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 3:16
suka pnasaran sm seri yg 1 ini, S40, jarang yg bahas......
karena bukan volvo murni mungkin jadi kurang menarik untuk dibahas... walaupun yg 2.0T itu gabisa dibilang pelan juga...

Xous wrote: Thu Feb 11, 2021 8:38 Ane kapan hari perna mau project iseng sm hopeng. Pinang boil 90an budget 50 sampe 60. Sasaran huntjng anc or great corola. Or e300. Cm blm ketemu yg sreg dg harga waras. Tetep apdet y. Genio menarik sebetulnya cm byk jd ricer skg
ga coba lirik volvo S90 executive/infiniti i30 om? di marketplace 3 huruf msh dibawah 60...

padahal kalo dimensi bukan issue pasti saya highly recommend 2 mobil ini.. atau W124 E320 kalo budget bisa di melarin dikit ke 70an... ada yg seger2..

ada juga
Accord CG V6 dengan cylinder deactivation,
Camry V6 grande si 1MZ FE dengan fitur segudang..

ini bbrp temuan saya
infiniti
https://www.olx.co.id/item/nissan-infin ... -815801509
W124 E320
https://www.olx.co.id/item/mercedes-ben ... -815883594
Accord V6
https://www.olx.co.id/item/accord-v6-vt ... -815437952
Camry Grande V6
https://www.olx.co.id/item/toyota-camry ... -815004068
Volvo S90 Exec
https://www.olx.co.id/item/volvo-s90-19 ... -818143187
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by MSU »

Peugeot tu banyak yg parno make krn faktor indikator suhu...kl jepang selalu 1/4-1/3...pug tu separo bahkan kadang separo lewat...
Sampe di sti ada sticker kecil : needle in central zone..correct operating temprature
Nah yg parnoan...biasa main jumper sana sini..
Elektrikal....rada rumit krn kabelnya banyak kecil2 kayak mi..
Juliankhaisan
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 12, 2017 10:24

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by Juliankhaisan »

HaykelAdityawarman wrote: Thu Feb 11, 2021 0:41 Budget 60-70 jt mestinya udah bisa dapet E36 318i atau bahkan 320i kondisi bagus. Cuman rule of thumbnya nyari mobil tuwir gini, banyak yang keliatan diluar mulus tapi dalemannya banyak PR. Mesti teliti bener nyarinya, klo bisa ditemenin sama yang udah paham ngecek kondisi motuba (unless om sendiri juga udah paham ya sendiri aja cukup wkwk).

Saya gaada pengalaman sama W202 sama Pug euy. Cuman sering lihat orang bilang dua sedan ini lebih ke comfort, sementara E36 dan Ferio lebih ke driver oriented.

Klo saya pribadi sih, daripada Ferio yang terlalu keras mendingan Lancer CK4 (1997-2002) itu bantingannya lebih nyaman, power juga 11-12. Lihat2 di marketplace masih ada sebiji dua biji yang ga alay kok.

Personally saya prefer Lancer CB5 (yang GTi, 1800cc DOHC kenceng bener dah) cuman sparepart nya udah mulai susah, krn unitnya jarang dimari. #malahcurcol
noted omm sarannya, 320i diutamakan di dalam radar kalo harga ga beda jauh. hmm Ferio sekeras itu ya? Kalo CK4 ane pernah nebeng punya temen. Semua masih ori beli dari baru itu benar2 mantap sih, bantingan cukup nyaman walau masih belum senyaman anc imho. Tp sepengamatan saya agak susah skrg cari yang mint, kalopun ada yang masuk kategori collector item harganya udh ga masuk akal buat lancer :off_no:

wah kalo GTi mantep sih, 4G93 emg gak bohong, 1800cc 16v DOHC wuzz ajib. Tpi agak susah kayaknya spare mesinnya dan modelnya saya gak gitu suka.
Pboyz97 wrote: Thu Feb 11, 2021 3:02
Juliankhaisan wrote: Wed Feb 10, 2021 16:42
b. wah asik sih berarti kalo bisa dapet C200 diharga yang sama kayak C180, ane consider C180 karena bisa dapet lebih murah dan seger aja soalnya wkwk. Oke omm noted buat strength2 ketiganya, kalo untuk performa mungkin c200 atau 320i cukup kali ya? asal bisa ngimbangin hatch mainstream 1500 sih udah cukupan laah buat ane. Tapi lebih bersyukur lagi kalo bisa ngimbangin tenaga CX-3 cewe ane sih hahaha secara suka panasan liat suv2 gajah ugal2an di tol :big_slap:

c. hmm noted Om, untuk 318i dan 320i apa perawatannya ga jauh beda?

d. rata2 penyakitnya mirip2 ya Om, waduu emg kayaknya kedua boil itu udah masuk tahap apresiasi harga untuk unit yang mint :big_cry: :big_cry: .
noted omm btw untuk sarannya.

hmm kalo pug di jkt masih gampang mungkin jadi konsiderasi kuat juga sih, secara harga belum kegoreng.
Untuk alternatif kayak Camry Accord sayang garasi gak muat euy :big_cry: :big_cry:

Thanks Omm masukannya!



Iya om, kalo cuma buat ngimbangin hatchback 1.500 cc mah udh lebih dari cukup kok kalo 320i atau c200 menurut saya, asal dalam kondisi sehat ya. kalo CX3 sih, kayanya imbang ya kwwkkw. 318I dan 320i mah perawatannya gajauh beda kok, malah jatohnya sama aja menurut saya, bedanya 320i lebih kenceng dan sedikit lebih boros aja daripada 318

Kalo honda sm bmw emg penyakitnya mirip2. Wkwkwk. Memang om, karena udh kegoreng sm youtuber gede dan showroom kek malique dkk, jadi harganya otomatis naik

Pug di jkt, part mesinnya memang masih gampang, tapi bodypartsnya udh mulai susah , secara mobilnya udh mulai jarang jg yg keliatan di jalan, mungkin perlu ada kenalan spesialis or komunitas biar lebih gampang dapet partnya
hooh berarti 318i sama cibo at least juga masih ngejar hatch 1500 lah ya kalo sehat wkwk. ok Om noted, 320i diprioritaskan masuk radar (mudah2an harganya gajauh beda dengan kondisi yang sama).
ya sih om kalo bodypart untuk mobil2 lawas agaknya cukup susah buat sekarang.
rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 3:16
Juliankhaisan wrote: Wed Feb 10, 2021 16:42
b. wah asik sih berarti kalo bisa dapet C200 diharga yang sama kayak C180, ane consider C180 karena bisa dapet lebih murah dan seger aja soalnya wkwk. Oke omm noted buat strength2 ketiganya, kalo untuk performa mungkin c200 atau 320i cukup kali ya? asal bisa ngimbangin hatch mainstream 1500 sih udah cukupan laah buat ane. Tapi lebih bersyukur lagi kalo bisa ngimbangin tenaga CX-3 cewe ane sih hahaha secara suka panasan liat suv2 gajah ugal2an di tol :big_slap:

c. hmm noted Om, untuk 318i dan 320i apa perawatannya ga jauh beda?

d. rata2 penyakitnya mirip2 ya Om, waduu emg kayaknya kedua boil itu udah masuk tahap apresiasi harga untuk unit yang mint :big_cry: :big_cry: .
noted omm btw untuk sarannya.

hmm kalo pug di jkt masih gampang mungkin jadi konsiderasi kuat juga sih, secara harga belum kegoreng.
Untuk alternatif kayak Camry Accord sayang garasi gak muat euy :big_cry: :big_cry:

izin bantu jawab yaaa om..... hanya sedikit berbagi experience...

1. w202 usahakan ambil c230, kalopun ga ada minimal c200 taun 97 keatas... cibo sih skip aja, mana udh ga ada tenaga, boros, dan juga susah nyari cibo yg 97 keatas, karena better yg udh HFM aja... w202 ini penyakitnya di elektrik, modul ac lah, speedometer lah, sama klip2an trim interior gampang protol.... make sure aja masih berfungsi semua,ini mobil gaboleh sembarang jumper aki, kalo aki soak, better copot akinya either ganti atau di charge, kalo yg transmisi manual biasanya master kopling atas dan bawah aja... sering dol, sisanya oke

2. e36 mah apa aja asal jgn yg M40 (318i 92-93) udah sip... cari yg seger aja, ngerawatnya sama2 aja, sedikit catatan buat yg mesin M52, perhatiin aja cooling system, kalo saya sih prefer kalo beli lgsg ganti radiator, thermostat, waterpump, kalo perlu turun setengah buat cek baut2 head make sure msh pada rapet, ccv oil separator ga ada yg mampet, seal2 rapet, airflow lancar ga ada brebet... sama fuel pump... jantungnya bmw nih kalo beli mending ganti fuel pump baru biar hati tenang dijalan...

satu lagi tambahan, kalo dapet volvo S40 yg seger bisa jadi pertimbangan juga.. ga pusing itu...

semoga membantu....
siip om rendr, kayaknya udh jadi harga mati ya kalo mobil yurop itu gaboleh diakal2i sistem elektrikalnya. noted omm C230 atau C200 juga masuk radar prioritas :big_exellent:
wkwk m40 lebih rewel ya dibanding m43? untuk cooling system sama fuel pump mahal banget gak om buat ganti2nya? pengennya tuh dapet mobil yang bener2 seger dan mirip rasanya kayak pas dulu baru keluar aja meskipun harus mengorbankan dana :big_dunno:

naah s40 sih mashook, tapi apa gak serem ya karena mesinnya kan udh berturbo. Sama sparepart kayaknya lebih susah lagi secara mobil yang dalam perjalanan pp ngantor ane selama 3 bulan terakhir mungkin baru liat sekali.
thestoneroses wrote: Thu Feb 11, 2021 3:19
Juliankhaisan wrote: Tue Feb 09, 2021 14:32 Halo masta2 SM, Salam kenal. :big_smile]

Setelah sekian lama jadi SR, akhirnya ane memutuskan untuk posting dimarih untuk meminta masukan dari master2 sekalian yang akan menjadi pertimbangan dalam memilih boil.

Singkat cerita, ane lagi cari2 boil dengan kriteria sbb:
a. sedan
b. nyaman untuk jarak jauh
c. handling oke dan performa gak malu2in
d. reliability gak badak2 amat gapapa, yang penting ga bikin pening dan gak waswas saat dibawa jalan jauh.
e. compact, panjang gabisa lebih dari 4,51 Meter, ini yang agak repot karena lebih dari itu pintu garasi gabisa ditutup rapat.
f. Mint Condition, KM 100rban dan semua harus ori saat dibeli (tangan pertama-kedua lebih mantap sih)
Berhubung untuk kriteria yang banyak mau ini budget hanya 60 juta dan ane emg demen bgt sama boil2 90an yang banyak menemani masa kecil dulu, maka pilihan mengerucut kepada mobil2 berikut:

1. Peugeot 405 STI
Ini kandidat terkuat karena dengan dana yang lebih kecil bisa dapet unit paling segar diantara yang lain. Kayaknya 50 jutaan pun udah dapet yang istimiwir ya? Untuk poin d apakah tetap mengkhawatirkan kalo dapat unit yang bagus?

2. BMW 318i - 320i E36
Agak susah ya kayaknya untuk poin f di dana segitu. Tapi soal tampang menurut ane paling ganteng sih.

3. Mercedes C180 - C200 W202
Ini mantap gayanya aristokrat, apa cukup dengan dana segitu untuk poin f? Bagaimana perawatan dibanding pilihan sebelumnya?

4. Civic Genio/Ferio
Ini pilihan jepang No. 1 sih, untuk reliability dibanding yurop2 diatas beda jauh kah? atau malah ga reliable2 amat sehingga kurang worth it dibanding yurop2 sebelumnya.

Untuk Corolla sepertinya ane coret dulu karena kurang punya "x factor" di mata ane, atau mungkin ada menurut suhu-suhu sekalian dibanding pilihan2 diatas (selain reliability tentunya)?

Ohiya untuk budget bisa di-stretch hingga 70 juta sih kalau waktu beli 2 bulan lagi bahkan bisa lebih kalau belinya abis Lebaran. Apalagi kalo performa Cryptocurrency dan Saham mentereng hehe :big_grin:
Untuk perawatan sih asalkan jangan keluar lebih dari 15 juta pertahun ane udh bersyukur (makanya ane pengennya cari yang mint). Ketersediaan sparepart ane gak begitu concern berhubung tinggal di Jakarta.

Kalau ada alternatif lain yang lebih baik, mungkin boleh ditambahkan sebagai bahan pertimbangan hehe.

Thanks a lot Master2 SM!
405 STi yang rapih, tinggal greng jalan kemungkinan besar dipegang kolektor oom. Harganya udah di luar 50+. Yang namanya pegangan kolektor servis tinggal Januari Juli aja, bengkel Pug banyaak, komunitasnya juga open. D8 D9 juga ada yang buka di range segitu, tapi ya kalau pug rapih = kolektor/penyayang singa, harganya gelap oom.

Saya pengalaman pelihara 405, 406 ngga pernah overheat dll, itu mobil yang penyakitnya jelas, diobatinnya jelas.
Kalau Xu-10 Ac sama temperatur hubungannya kuat, ac nyala speed 2 nyala (asal jangan dibypass). Jadi oom tenang lihat temperatur manteng di 90. Kalaupun ac ngga dinyalain, dia bakal naik ke 110 terus speed 2 nyala turun sendiri ke 90. Kenapa ini perlu dicek/test drive? Pada umumnya, orang deg-degan lihat temperatur goyang-goyang, akhirnya thermostat diganti, kipas dibypass. Padahal baik-baik aja. Mau macet 4 jam di puncak juga segitu-segitu aja.

Satu-satunya mobil tempat saya overheat ya mobiliox. Lebih gampang melihara pug, polpoh, merc 90'an daripada itu mobil. Senggaknya ngga overheat di tebet arah pancoran, lancar pula.
Ya om meskipun yang saya liat di market pun harganya gak tergoreng biem sama merc yang mint, ini sih poin plus terbesarnya pug di mata saya karena bisa dapet kondisi yang paling mendekati barunya dulu dibanding yang lain dengan harga yang sama.
hooh kayaknya orang2 yang pegang pug terus pada rusak lalu bilang rewel itu emg yang gamau ngerti fundamental cooling systemnya juga ya kayaknya :big_think: kalo macet 4 jam di puncak segitu2 aja harusnya bawa ke Jogja konstan juga gaada masalah :big_exellent:

Lah seriusan om mobilinyong mobil baru berapa taon udh overheat? wkwk parah amat ampe om bisa ngeluarin statement lebih gampang melihara sedan2 kuno dibanding LMPV sejuta umat merek jepun :big_chicken: :big_chicken:
sammyjimun wrote: Thu Feb 11, 2021 4:19
rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 3:16 izin bantu jawab yaaa om..... hanya sedikit berbagi experience...

1. w202 usahakan ambil c230, kalopun ga ada minimal c200 taun 97 keatas... cibo sih skip aja, mana udh ga ada tenaga, boros, dan juga susah nyari cibo yg 97 keatas, karena better yg udh HFM aja... w202 ini penyakitnya di elektrik, modul ac lah, speedometer lah, sama klip2an trim interior gampang protol.... make sure aja masih berfungsi semua,ini mobil gaboleh sembarang jumper aki, kalo aki soak, better copot akinya either ganti atau di charge, kalo yg transmisi manual biasanya master kopling atas dan bawah aja... sering dol, sisanya oke

2. e36 mah apa aja asal jgn yg M40 (318i 92-93) udah sip... cari yg seger aja, ngerawatnya sama2 aja, sedikit catatan buat yg mesin M52, perhatiin aja cooling system, kalo saya sih prefer kalo beli lgsg ganti radiator, thermostat, waterpump, kalo perlu turun setengah buat cek baut2 head make sure msh pada rapet, ccv oil separator ga ada yg mampet, seal2 rapet, airflow lancar ga ada brebet... sama fuel pump... jantungnya bmw nih kalo beli mending ganti fuel pump baru biar hati tenang dijalan...

satu lagi tambahan, kalo dapet volvo S40 yg seger bisa jadi pertimbangan juga.. ga pusing itu...

semoga membantu....
suka pnasaran sm seri yg 1 ini, S40, jarang yg bahas......
ya om, justru ini polpoh yang ane penasaran, compact soalnya.
cruising wrote: Thu Feb 11, 2021 8:03 Mitsubishi Galant V6 bisa dipertimbangkan. Lega, Nyaman, kentjang
ganteng omm galant paus, sayang gak muat garasi :big_cry: :big_cry:
Xous wrote: Thu Feb 11, 2021 8:38 Ane kapan hari perna mau project iseng sm hopeng. Pinang boil 90an budget 50 sampe 60. Sasaran huntjng anc or great corola. Or e300. Cm blm ketemu yg sreg dg harga waras. Tetep apdet y. Genio menarik sebetulnya cm byk jd ricer skg
kalo great corolla lucunya harganya lebih mahal skrg dibanding anc ya kyknya. Genio org seneng banget dibikin ricer karena emg jiwa tunernya kuat kali ya. Civic taun segitu betul2 ikon ricer 90-an juga kyknya di amrik wkwkwk
rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 9:08
sammyjimun wrote: Thu Feb 11, 2021 4:19
rendr wrote: Thu Feb 11, 2021 3:16
suka pnasaran sm seri yg 1 ini, S40, jarang yg bahas......
karena bukan volvo murni mungkin jadi kurang menarik untuk dibahas... walaupun yg 2.0T itu gabisa dibilang pelan juga...

Xous wrote: Thu Feb 11, 2021 8:38 Ane kapan hari perna mau project iseng sm hopeng. Pinang boil 90an budget 50 sampe 60. Sasaran huntjng anc or great corola. Or e300. Cm blm ketemu yg sreg dg harga waras. Tetep apdet y. Genio menarik sebetulnya cm byk jd ricer skg
ga coba lirik volvo S90 executive/infiniti i30 om? di marketplace 3 huruf msh dibawah 60...

padahal kalo dimensi bukan issue pasti saya highly recommend 2 mobil ini.. atau W124 E320 kalo budget bisa di melarin dikit ke 70an... ada yg seger2..

ada juga
Accord CG V6 dengan cylinder deactivation,
Camry V6 grande si 1MZ FE dengan fitur segudang..

ini bbrp temuan saya
infiniti
https://www.olx.co.id/item/nissan-infin ... -815801509
W124 E320
https://www.olx.co.id/item/mercedes-ben ... -815883594
Accord V6
https://www.olx.co.id/item/accord-v6-vt ... -815437952
Camry Grande V6
https://www.olx.co.id/item/toyota-camry ... -815004068
Volvo S90 Exec
https://www.olx.co.id/item/volvo-s90-19 ... -818143187
Karena dianggapnya polpoh rasa mitsu ya? atau yang lebih parah polpoh rasa perotol??? :big_slap: :big_slap:
sayangnya iya om dimensi sangat2 issue buat saya, karena untuk mobil yang panjangnya lebih dari 4,55 Meter garasi gabisa ditutup rapat lagi. Apalagi rumah ane tuh gang yang cuman muat 1 mobil, pasti susah masukin ke garasinya :big_cry:
Kalo muat mah Accord sama Camry 2000-an mau masuk radar juga.
MSU wrote: Thu Feb 11, 2021 10:47 Peugeot tu banyak yg parno make krn faktor indikator suhu...kl jepang selalu 1/4-1/3...pug tu separo bahkan kadang separo lewat...
Sampe di sti ada sticker kecil : needle in central zone..correct operating temprature
Nah yg parnoan...biasa main jumper sana sini..
Elektrikal....rada rumit krn kabelnya banyak kecil2 kayak mi..
hooh ini sama kayak yang dibilang om thestoneroses juga. Mungkin pada parno karena kalo mojep kan kalo udh nyentuh lebih dari 1/2 udh agak alarming tuh, padahal bukannya mojep agak jarang nulis angka temp di indikatornya.
untuk elektrikal apa bisa lebih rumit om dibanding yurop lainnya? :big_think:
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Sedan 90-an dengan Budget 60 Juta-an

Post by thestoneroses »

Amaan oom.
406 kalau sehat ya seperti mobil normal.
Kawan saya 1 pakai D9 liburan ke kawah ijen, sampai pintu masuknya, 1 lebaran ke madura pp (D8).
Kebayang traffic ketika lebaran kan. He he

406, W140, jauh lebih gampang daripada mobilyox.
Ron Asheton Forever