ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe

kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?

pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga

thanks in advance
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by silentIm2 »

vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll. Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.

Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
Last edited by silentIm2 on Wed Feb 24, 2021 18:03, edited 2 times in total.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ricz »

kayanya untuk pemakaian lama, anki bakal lebih meyakinkan sih... ibarat taun ini kan 2021, 2031 baru ganti mobil lagi. gnki 2011 udah berumur 20 taun dan udah pasti kondisinya kaya kapsul di tahun 2021 ; model udah jadul abis dan teknologi udah ketinggalan jauh meskipun mechanical wise masi enak. dan bodyparts udah pasti mulai susah (terbukti di kijang kapsul yg bodypartsnya mulai susah skrg)

anki meskipun udah 10 taun di 2031 nanti, harusnya ga terlalu jadul2 amat di usianya yg ke 10 yak.... gw rasa kayanya paling kaya kita liat gnki skrg..

terus untuk jajan pasti lebih hemat anki krn masih 5 taun, innova lama udah pasti muncul penyakit khas mobil tua kaya seal rembes dll dsb... meskipun untuk daily maintenance kaya ganti oli masi murahan innova lama krn teknologi blm advanced (oli bisa pake 15w40 vs anki yg minimal 10w30 dsb) dan filsol yg lebi mahal anki (400-500an rb vs 100an rb)

btw soal swift sport, itu mobil sih cocoknya buat weekend car aja, lagian ga menutup kemungkinan itu mobil bakal appreciated harganya in the future :mky_03:
2021 Fortuner VRZ
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ariesto »

No brainer anki diesel aja om.

Mobil ini lebih kepake karena:
-lebih irit
-lebih gede
-lebih kenceng
-lebih aman banjir
-lebih muda
-lebih gengsi
-lebih aman ga di setop klo warna hitam pas ikut rombongan pejabat di jalur darurat tol (wkwk jgn diikutin ya om, ini contoh yg ga baik :D)
-lebih gampang cari spare part dr ori smp yg KW sekian
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

silentIm2 wrote: Wed Feb 24, 2021 17:25 vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll. Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.

Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
wah serem juga kalo ampe kena ring piston ya... sy kira remap only itu salah satu cara modif paling reliable karena ga ngubah² komponen internal. dulu sy ada mobil di swap mesin 4age sampe sekarang masih sering dipake balap ama orang yg beli mobilnya (udah dijual)

kalo remap cuma tahan 1 tahun trus makan piston gitu sih jadi mikir 2x ya karena standarannya ga enak banget kurang jambak hahaha

karena mikirnya mobil torsi gede.. isi bbm cuma 5150.. awet mesin kaki2.. wah enak banget itu :mky_02:
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

ricz wrote: Wed Feb 24, 2021 17:57 kayanya untuk pemakaian lama, anki bakal lebih meyakinkan sih... ibarat taun ini kan 2021, 2031 baru ganti mobil lagi. gnki 2011 udah berumur 20 taun dan udah pasti kondisinya kaya kapsul di tahun 2021 ; model udah jadul abis dan teknologi udah ketinggalan jauh meskipun mechanical wise masi enak. dan bodyparts udah pasti mulai susah (terbukti di kijang kapsul yg bodypartsnya mulai susah skrg)

anki meskipun udah 10 taun di 2031 nanti, harusnya ga terlalu jadul2 amat di usianya yg ke 10 yak.... gw rasa kayanya paling kaya kita liat gnki skrg..

terus untuk jajan pasti lebih hemat anki krn masih 5 taun, innova lama udah pasti muncul penyakit khas mobil tua kaya seal rembes dll dsb... meskipun untuk daily maintenance kaya ganti oli masi murahan innova lama krn teknologi blm advanced (oli bisa pake 15w40 vs anki yg minimal 10w30 dsb) dan filsol yg lebi mahal anki (400-500an rb vs 100an rb)

btw soal swift sport, itu mobil sih cocoknya buat weekend car aja, lagian ga menutup kemungkinan itu mobil bakal appreciated harganya in the future :mky_03:
kalo harga bakal naik malah makin pengen beli sekarang mumpung harga dibawah GNKI dikit :mky_01:

yang masih galau terkait ANKI itu jedug, apa ada kemungkinan di tahun 6 8 10 dll kudu turun girboks? kalo ini cuma sekedar suara yang ganggu sih ga masalah cuma berdasarkan sedikit pengalaman yg ada mobil matic kasar = bentar lagi minta overhaul
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

ariesto wrote: Wed Feb 24, 2021 22:31 No brainer anki diesel aja om.

Mobil ini lebih kepake karena:
-lebih irit
-lebih gede
-lebih kenceng
-lebih aman banjir
-lebih muda
-lebih gengsi
-lebih aman ga di setop klo warna hitam pas ikut rombongan pejabat di jalur darurat tol (wkwk jgn diikutin ya om, ini contoh yg ga baik :D)

-lebih gampang cari spare part dr ori smp yg KW sekian
hahaha bisa blend in ga ketauan ya :big_biglaugh: :big_biglaugh:
lebih irit bener sih kerasa pas bawa 2 ekor ini keluar kota meskipun ga jauh bedanya
terima kasih sarannya :big_deal:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by mike22 »

Alternatif lain: isuzu mux, jelas kuat solar goceng
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by quyquy »

Hmmm..

Pengennya modal dikit, dapat mobil super kenceng, kaki2 bandel shg jarang ke bengkel kaki2,
trus masih bisa minum bbm yang seharusnya buat membantu masyarakat kelas bawah tapi dipake buat ngebut2an..

Back to topic..

Matic ANKI dng 6 speednya nggak akan pernah bohong dibandingkan 4 speednya GNKI. Masalah jedug? hmm sampai skr kok belum ada kabar ada ANKI overhoul transmisi stdnya..

GNKI diesel yg berumur nggak akan pernah bohong perihal rekondisi. Secara jarang banget GNKI menjadi garage queen alias dapat yag low kilometer. Rata2 uda gondrong kilometernya. Dan you know rekondisi mesin diesel itu nggak murah..

Ngomongin innova diesel lalu di compare dng mobil2 bensin dibawah 2000cc, si Om kelupaan satu hal: Urusan ganti oli mesin si innova diesel ini lebih mahal ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc.

Innova diesel butuh oli mesin dan trainy lebih banyak ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc. Oli trainy ini oli gearbox dan oli gardan lho ya.

Apalagi rencananya cuman maunya minum biosol plus jangka pemakaian 10 tahun. Minum biosol dan pengen nya awet 10 tahun, mau nggak mau trade off nya di penggantian oli mesin yang lebih cepat ketimbang yg pake DEX.

Ingat minum biosol itu juga ada tradeoff nya: lebih sering ganti filsol, lebih sering ganti oli mesin, lebih sering kasih additif. Itu kalo pengen pemakaian mobilnya longterm. Kecuali hanya make 2-3 tahun trs jual shg beban utk rekondisi dikasihkan ke pembeli mobil berikutnya.

Kesimpulannya?
Kalo dana utk maintenance periodik (gnt oli dsbnya) masih terbatas, pengen kenceng, masih bisa minum bbm range harga 7650-9000, mending pilih HRV 1.8 lalu di remap plus pake header 421 full system. Paling tradeoffnya hanya di keawetan kaki2 dibanding innova. Ya jadinya pinter2 milih jalan aja. Pokok jalan keriting, jalan berlubang jng asal ngegas aja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by DOHC »

Metik ac60e 6 speed anki ga masalah koq

Tuh di sini aj ud ad beberapa yg make rada gondrong, ad yg make buat road trip ksana kmari (om eF272), ad jg pembalap 3S (om kompre) contohnya.. mobil abuse itungan nya tuh.. toh masi running strong

Perihal jedug, jgnkan yg diesel, anki bensin saya aj pas awal2 beli ad jedug kl d power mode walaupun ga sganas disel,tp stelah ganti atf yg rada kentelan, dan pake prosedur check atf fluid level the omnibus way, aman jaya ampe skrg, mo power mode, mo d bejeg berjam2 jg amannn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by piggypig77 »

Menarik sama pendapat TS yang bilang abis nyetir innova diesel terus ke hrv 1.8, outlander, dll kerasa lemot. Mungkin karna karakter power makanya diesel di atas angka biasa aja tapi waktu dipake ada feel kenceng, beda dg bensin yg kl kita ukur akselerasi lebih kenceng drpd diesel tp kadang2 feelnya ga sekenceng itu..

BTW back to topic, as a anki user (bensin tapi) jelas pilih anki sih karena faktor umur dan teknologi apalagi 2KD kasar mampus mesinnya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by maastricht889 »

Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by DOHC »

erwinign wrote: Thu Feb 25, 2021 1:54 Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
Anki mah umurnya masi muda2 om

Aman nya cari yg odo plg kecil dan ad servis recodd dann ga bekas laka atau banjir..

Harga kl saya perhatiin yg anki diesel mirip2.. beda ama bensin yg range nya lebi variatif
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by evanbngdor »

Ya jelas ANKI dong, lebih muda pasti dipake dalam jangka waktu yg sama, relatif lebih reliable.

Beda cerita kalo GNKI vs ANKI yang sama2 statusnya NOS (new old stock), saya pilih GNKI, lebih basic lebih reliable
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by iwansiagian »

erwinign wrote:Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
Kalo diesel nya mending ambil baru sihh om menurut saya.

Karena bekas nya depresiasi nya kecil banget, jadi beda dikit sama ambil baru.
Kemarin iseng cek harga anki diesel G matic 2019 banyak diatas 300 semua. Padahal saya ambil baru di 2019 nett 326 juta. Plusnya yang baru udah ada VSC kan.

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by maastricht889 »

iwansiagian wrote: Thu Feb 25, 2021 2:30
erwinign wrote:Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
Kalo diesel nya mending ambil baru sihh om menurut saya.

Karena bekas nya depresiasi nya kecil banget, jadi beda dikit sama ambil baru.
Kemarin iseng cek harga anki diesel G matic banyak diatas 300 semua. Padahal saya ambil baru di 2019 nett 326 juta. Plusnya yang baru udah ada VSC kan.
Nah iya om saya pikir jg gitu, innova sekarang kl diesel dan matic tuh di pasar seken kondisinya mengenaskan rata2. Sekalinya mint ga ngotak harganya. Cm liatin ANKI V diesel matic dah segitu ya agak mikir sih, walaupun scr utility msh dabest kl innova. Kemarin di kota sy ada jual G diesel matic 2020 pfl baru jalan dikit banget+dandannya banyak msh minta 385, gile ngga itu.

Kl buat saya innova G sekarang kurang enak sih om, std saya V kl baru. Kl seken ya Q diesel walaupun nih barang langka juga
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Wed Feb 24, 2021 17:25 vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll. Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.

Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
mari kita geser mic ke mbah bebonk @b8099ok , our legendary tuner... :mky_03:

tidak sedikit koq tuner yang cuma hasilnya asal kenceng pdhl mappingnya gak karu-karuan map asal copas tinggal nunggu waktu aja kapan rontok... sering mbah bebonk nemu ginian yang tau-tau bermasalah abis dibuka mapnya kacau abis asal main mentok mentokin aja :mky_07:

ini yang kasian tuner yang bener-bener ngerti, bikin stigma orang berpikir di remap pasti gak awet... pdhl ya asal tunernya ngerti awet awet saja...

civic turbo sy garapan mbah bebonk pake 4 thn tidak ada masalah. udah remap dari 1.000 kilo sekarang jalan 23.000 kilo.
Last edited by ChZ on Thu Feb 25, 2021 2:40, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by KielConstantine »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39 kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

thanks in advance
Iya segitu ud dapet 210 hp / 450 nm torsi. Kluar duit skitar 16jutaan doank buat nebus perintilan + remap.

Tapi sayang om. Kalo mau power 200-an hp enak pake innova reborn aja. Tinggal modal remap 5-jutaan ud dpt 200hp klo si reborn. Jauh lebih refined drpd 2kd jadul. Secara jok lebih manusiawi ; kekedapan kabin; getaran mesin alus; model lebih seger jg; smua jauh lebih enak drpd old innova.

Masi berasa kurang? Turbo standartnya bs diganti pake 1GD hybrid, temen ada yg ud pasang doi dapet 280bhp/620nm di fortuner VRZ.


——
Kcuali mau ngejar 600hp / 1000nm + hotrod transgo matic. Baru pelihara old 2kd. Matic purba dy yg 4a/t kuat nahan torsi lebih dari 1000 newton wkwkwk :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by dori2802 »

iwansiagian wrote: Thu Feb 25, 2021 2:30
erwinign wrote:Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
Kalo diesel nya mending ambil baru sihh om menurut saya.

Karena bekas nya depresiasi nya kecil banget, jadi beda dikit sama ambil baru.
Kemarin iseng cek harga anki diesel G matic 2019 banyak diatas 300 semua. Padahal saya ambil baru di 2019 nett 326 juta. Plusnya yang baru udah ada VSC kan.
saya ambil ANKI V AT 2GD 2019 di akhir desember kemarin om. kena 355 cash...kalau credit bisa turun lagi karena refund asuransi pasti dibuang sama Dealer.
tapi memang harga anki diesel bekas emang kadang ga msuk akal. tapi karena buat mobil tempur akhirnya ttp ambil diesel. 2 bulan ini aja udah jalan 8000km.. jadi memang cari yg reliable.
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by silentIm2 »

ChZ wrote: Thu Feb 25, 2021 2:38
mari kita geser mic ke mbah bebonk @b8099ok , our legendary tuner... :mky_03:

tidak sedikit koq tuner yang cuma hasilnya asal kenceng pdhl mappingnya gak karu-karuan map asal copas tinggal nunggu waktu aja kapan rontok... sering mbah bebonk nemu ginian yang tau-tau bermasalah abis dibuka mapnya kacau abis asal main mentok mentokin aja :mky_07:

ini yang kasian tuner yang bener-bener ngerti, bikin stigma orang berpikir di remap pasti gak awet... pdhl ya asal tunernya ngerti awet awet saja...

civic turbo sy garapan mbah bebonk pake 4 thn tidak ada masalah. udah remap dari 1.000 kilo sekarang jalan 23.000 kilo.
23,000 km dalam 4 tahun itu belum bisa jadi ukuran om. Om Chz sendiri ganti oli per berapa km? Ini video stress test toyota

Salah satu list methodnya:
1. Tahan 200,000 kali idle ke full throttle ke redline. Menurut Toyota setara dengan durability test 10 tahun.
2. 180 jam full throttle test, menurut Toyota setara dengan full top speed 7,5 hari.

Setelah distress test, mesin dibongkar dan per komponen dievaluasi, diukur ulang berapa tingkat keausannya.

Bukan berarti nakut2in ga boleh remap lho, tapi owner juga harus sadar there is no free lunch. Remap tapi ga pernah ngebut, tentu mesin tetap awet dibanding standar tapi bawanya kasar. Ato remap tapi garage queen, tentu lebih awet daripada standar tapi dipake taxol. Tapi yang namanya tambah power, secara fisika berarti menambah beban setiap komponen dan drivetrain, berarti menambah kesempatan suatu komponen gagal karena fatigue. Ada sih cara2 mitigasinya, misalnya jadwal ganti oli diperpendek, per 5000 km atau 2 kali setahun dibanding standar 10, ribu/ 1 kali setahun. Tapi oli termahal sekalipun tidak mengurangi 100 persen friksi dan panas.

Nah TS kan mau pake mobil 10 tahun, kalo mau remap ya dipertimbangkan faktor safety dan maintenance cost yang dikorbankan demi power.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ChZ »

silentIm2 wrote: Thu Feb 25, 2021 3:49
23,000 km dalam 4 tahun itu belum bisa jadi ukuran om. Om Chz sendiri ganti oli per berapa km? Ini video stress test toyota

Salah satu list methodnya:
1. Tahan 200,000 kali idle ke full throttle ke redline. Menurut Toyota setara dengan durability test 10 tahun.
2. 180 jam full throttle test, menurut Toyota setara dengan full top speed 7,5 hari.

Setelah distress test, mesin dibongkar dan per komponen dievaluasi, diukur ulang berapa tingkat keausannya.

Bukan berarti nakut2in ga boleh remap lho, tapi owner juga harus sadar there is no free lunch. Remap tapi ga pernah ngebut, tentu mesin tetap awet dibanding standar tapi bawanya kasar. Ato remap tapi garage queen, tentu lebih awet daripada standar tapi dipake taxol. Tapi yang namanya tambah power, secara fisika berarti menambah beban setiap komponen dan drivetrain, berarti menambah kesempatan suatu komponen gagal karena fatigue. Ada sih cara2 mitigasinya, misalnya jadwal ganti oli diperpendek, per 5000 km atau 2 kali setahun dibanding standar 10, ribu/ 1 kali setahun. Tapi oli termahal sekalipun tidak mengurangi 100 persen friksi dan panas.

Nah TS kan mau pake mobil 10 tahun, kalo mau remap ya dipertimbangkan faktor safety dan maintenance cost yang dikorbankan demi power.
betul, setuju koq saya.

odo 23k tentu msh sangat rendah, saya ganti oli 6 bulan sekali dan tidak pakai OEM spec krn gak yakin aja itu aman buat tuned engine.

tapi kembali lagi yg oom bilang di paragraf berikutnya : kita tidak selalu nyetir 100% kondisi full throttle, kondisi beda-beda. di tangan pengemudi yang benar mobil kondisi heavily tuned bisa tetap awet, di tangan pengemudi yang salah stock 2KD atau 1UZ pun bisa jebol.

atau mau punya ANKI remap isi biosolar tp pake oli dan jadwal servis pabrikan ya itu namanya bunuh diri...

tp skali lagi makanya klo nasihat mbah bebonk : hati-hati dengan tuner abal-abal tukang copas map... jd di sini peran tunernya sendiri jg penting buat ngerti limitations ga asal ngikutin keinginan si user yang pengen hp gede gede tanpa tau risiko.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by Pboyz97 »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39 kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe

kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?

pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga

thanks in advance
saya sih vote ANKI, karena bagaimanapun usia gabisa bohong. pasti akan ada aja komponen yg harus diganti karena umur dan pemakaian. Kalo budget 270-280, kayanya dapet yg 2017 deh kalo tipe G, kalo yg V mungkin yg 2016 dapet, selain itu, kenyamanan dan bantingan suspensi jg lebih enak dibanding GNKI + ANKI G udh cukup kok kalo cuma sekedar nyari fungsi dan durability. Cuma kalo nyari sekennya , yg perlu diperhatiin paling injektornya aja sm kaki2. sisanya no problem lah. sama hati2 sm odo puteran, karena ANKI Diesel at atau pun GNKI apalagi di jkt banyak yg dipake buat workhorse ownernya, sm dipake armada pt dan rental jadi yg kondisinya cape dan ga karuan jg banyakkk. yg penting buku servis, buku, manual dan faktur WAJIB ADA. lebih bagus lagi ada bon penggantian partsnya baik beres maupun non beres, kalo buku servicenya atau fakturnya gaada, tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya , dan cari di user langsung kalau bisa hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Thu Feb 25, 2021 1:54 Nimbrung juga saya om, lagi naksir ANKI dan blm decide ambil baru/bekas. Kl ANKI seken diesel itu yg perlu dicek apa aja ya? Sy lama ga megang diesel, terakhir panther di 2007. Yg saya penasaran cek mesinnya sih, yg ngobos2 itu sy gak mudeng
paling injektor doang win, sama kaki2 + hati sm odo gulungan apalagi nyari di jkt, karena ANKI Diesel banyak yg dipake jadi workhorse ownernya sama jadi armada pt dan rental jadi yg kondisinya cape dan ga karuan jg banyak dan hati2 jg sm bekas banjir wkwk, yg penting belinya dari user langsung aja, sukur2 uda kenal baik + buku service wajib ada, sukur2 ada gantungan oli sm nota servicenya baik beres atau non beres menurut gw. kalo ngobos si. coba cek kolong sm panasin agak lama aja si seinget gw wkwkw.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Feb 25, 2021 2:38
silentIm2 wrote: Wed Feb 24, 2021 17:25 vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll. Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.

Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
mari kita geser mic ke mbah bebonk @b8099ok , our legendary tuner... :mky_03:

tidak sedikit koq tuner yang cuma hasilnya asal kenceng pdhl mappingnya gak karu-karuan map asal copas tinggal nunggu waktu aja kapan rontok... sering mbah bebonk nemu ginian yang tau-tau bermasalah abis dibuka mapnya kacau abis asal main mentok mentokin aja :mky_07:

ini yang kasian tuner yang bener-bener ngerti, bikin stigma orang berpikir di remap pasti gak awet... pdhl ya asal tunernya ngerti awet awet saja...

civic turbo sy garapan mbah bebonk pake 4 thn tidak ada masalah. udah remap dari 1.000 kilo sekarang jalan 23.000 kilo.
Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.

Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu Feb 25, 2021 9:48 Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.

Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
Ah saya denger crita mbah bebonk serem liat pengaturan tuningannya ngaco abis... dan itu ga dikit.

Kadang jg nama nama yang sering terkenal di internet malah. Serem jg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7