Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by sintoni »

Kalau ane ya antara R3 atau Livina.

Ga suka LSUV karena terlalu dipaksakan, naikan jg ga enak, soalnya mertua punya Rush 2019 rasanya kayak naik gerobak, terus jg lelet.
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by fajarrian »

saya vote ertiga, nih mobil asli enak banget dibawanya, nyaman, empuk, irit, tenaga juga cukupan buat lari di trans jawa mah asik banget.

tapi livina juga bisa masuk pertibangan, mobilnya nyaman, empuk, kedap, fitur bisa ditambah cruise control makin enak buat dibawa di tol tapi untuk kedepannya gatau deh resale valuenya batu makam kaya gimana, kaya hidup segan matipun gamau

kalo mau nyari nyaman, itu mending terios buang jauh2 deh, ibu2 hamil naik itu langsung lahiran kayanya (no offense :big_peace: )
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by sh00t »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Mendingan ambil ertiga sport aja om. Udah lengkap ada VSC pula.
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

sh00t wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Mendingan ambil ertiga sport aja om. Udah lengkap ada VSC pula.
Dananya msh 210juta om, sport msh 227jt om, kalau gx dan xl7 zeta msh bisa d usahakan
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by fajarrian »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

fajarrian wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by ginting »

fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 607
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by fajarrian »

ginting wrote: Mon Mar 15, 2021 11:29
fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
xl7 sama ertiga sebenernya plak ketimplek sama persis, cuma beda di muka depan + adjustment di suspensi lebih keras sidikit. sama aja kaya xpander dan xpander cross, mobilio sama brv
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

ginting wrote:
fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

fajarrian wrote:
ginting wrote: Mon Mar 15, 2021 11:29
fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16 Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
xl7 sama ertiga sebenernya plak ketimplek sama persis, cuma beda di muka depan + adjustment di suspensi lebih keras sidikit. sama aja kaya xpander dan xpander cross, mobilio sama brv
Iya om, banyakan beda di gimmick fitur, tp tetap bikin saya vingung karena harganya juga selisih dikit banget
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by ginting »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42
ginting wrote:
fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16

Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..

dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..

dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.

colek @b8099ok …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by maastricht889 »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42
ginting wrote:
fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16

Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget

Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi

Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
Minus Zeta thd GX biasa =
- panel ACnya yg kaya GL (digital tp blm climate krn gada auto mode)
- belum smart key
- blm retract
- stir blm leather
- gada kaca pemanas blkg
- blm ada steer switch control tapi udah ada blutut telephone

Plusnya Zeta thd GX =
- Speedo udah TFT

Itu yg saya pelajarin oom,
source
https://www.youtube.com/watch?v=42kbtHpxfM0
https://www.suzuki.co.id/uploads/brochu ... ur-XL7.pdf
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by kunaskun »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 9:51 Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
kalau hanya 3 kriteria itu, jelas Terios. camera 360. fitur safety basic sudah lengkap seperti yg lain.
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

ginting wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42
ginting wrote: saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..

dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..

dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.

colek [mention]b8099ok[/mention] …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
Ampun om, saya penganut maks 120kmph, diatas itu kurang sigap
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

erwinign wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42
ginting wrote: saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
Minus Zeta thd GX biasa =
- panel ACnya yg kaya GL (digital tp blm climate krn gada auto mode)
- belum smart key
- blm retract
- stir blm leather
- gada kaca pemanas blkg
- blm ada steer switch control tapi udah ada blutut telephone

Plusnya Zeta thd GX =
- Speedo udah TFT

Itu yg saya pelajarin oom,
source
https://www.youtube.com/watch?v=42kbtHpxfM0
https://www.suzuki.co.id/uploads/brochu ... ur-XL7.pdf
Zetta yg bikin saya mikir di headlamp led, ban ring 16, roof rail, dan jok warna gelap
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

kunaskun wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 9:51 Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
kalau hanya 3 kriteria itu, jelas Terios. camera 360. fitur safety basic sudah lengkap seperti yg lain.
Type x paling bawah kayaknya belum camera 360 om, karena harganya d bawah 200 skrg net nya
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by rakyatwkwkland »

anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Bedanya, r3 gx udah keyless start stop button, ac digitalnya udah auto climate (set tempraturnya juga udah pake angka derajat celcius sebab dah ada thermistornya), jok full fabric, perintilan macam krum2an di handle pintu dan panel kayu di interior. XL7 Zeta MID nya udah TFT LCD full color, jok campuran kulit dan fabric, bagian yg di r3 gx pake panel kayu dia pake panel karbon2an, ac digitalnya belum auto climate dan set suhunya msh pake angka step2 gak pake derajat celcius, lebih kayak ac digital di r3 tipe gl, liomobi, apanjah siniah (singkatnya macam ac analog yg pengaturannya pake panel digital lah).

XL7 dan r3 gx nik 2020 ke atas sama2 interior hitam, r3 yg interior beige itu tipe gl dan ga sama tipe gx nik 19 dan 18. Bedanya paling XL7 jok nya campuran kulit dan fabric sedangkan r3 full fabric. Tp kl personal preference ane enakan fabricnya r3, lebih halus gitu. XL7 punya fabric motifnya bikin berasa kasar di kulit, dah gitu bagian yg make bahan kulit jangan ente berharap kulitnya kulit bagus macam di s-cross, kalo kata ane kulitnya agak berasa kulit murahan... :big_grin:

Personal preference lagi, kl kata ane desain r3 berasa lebih murni dan lebih berasa itulah desain yg seharusnya gitu. Ane ngerasa r3 lebih well designed aja, jadinya semua lekuk2annya berasa lebih rapih dan segala sesuatu terpasang pada tempatnya. Meanwhile XL7 ane ngerasa macam r3 yg ditempel berbagai macam aksesoris dan clading2an item. Bagus2 aja sih, tapi jadi semakin berasa kalo itu mobil didesain untuk negara berflower gituh yg penuh dengan aksesoris dan tempelan ala pasar malam. :big_slap:
Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)
r3 berasa kalah kelas gegara emblem superman nya oom. Konon katanya emblem superman nya itu bikin berasa bawa angkot. Masa emblem superman disejajarkan sama triple elips, triple diamond, dan batumakam sih... :big_slap: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Btw lipinah el jg ok tuh oom kalo jatohnya selisih lumayan banyak ama r3 ok juga tuh. Lipinah jg enak. Tp kalo beti, kayanya mending r3 sebab nik lebih baru, pengecualian kalo lipinahnya dapet tipe VE apalagi VL. :big_grin:
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

rakyatwkwkland wrote:
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Bedanya, r3 gx udah keyless start stop button, ac digitalnya udah auto climate (set tempraturnya juga udah pake angka derajat celcius sebab dah ada thermistornya), jok full fabric, perintilan macam krum2an di handle pintu dan panel kayu di interior. XL7 Zeta MID nya udah TFT LCD full color, jok campuran kulit dan fabric, bagian yg di r3 gx pake panel kayu dia pake panel karbon2an, ac digitalnya belum auto climate dan set suhunya msh pake angka step2 gak pake derajat celcius, lebih kayak ac digital di r3 tipe gl, liomobi, apanjah siniah (singkatnya macam ac analog yg pengaturannya pake panel digital lah).

XL7 dan r3 gx nik 2020 ke atas sama2 interior hitam, r3 yg interior beige itu tipe gl dan ga sama tipe gx nik 19 dan 18. Bedanya paling XL7 jok nya campuran kulit dan fabric sedangkan r3 full fabric. Tp kl personal preference ane enakan fabricnya r3, lebih halus gitu. XL7 punya fabric motifnya bikin berasa kasar di kulit, dah gitu bagian yg make bahan kulit jangan ente berharap kulitnya kulit bagus macam di s-cross, kalo kata ane kulitnya agak berasa kulit murahan... :big_grin:

Personal preference lagi, kl kata ane desain r3 berasa lebih murni dan lebih berasa itulah desain yg seharusnya gitu. Ane ngerasa r3 lebih well designed aja, jadinya semua lekuk2annya berasa lebih rapih dan segala sesuatu terpasang pada tempatnya. Meanwhile XL7 ane ngerasa macam r3 yg ditempel berbagai macam aksesoris dan clading2an item. Bagus2 aja sih, tapi jadi semakin berasa kalo itu mobil didesain untuk negara berflower gituh yg penuh dengan aksesoris dan tempelan ala pasar malam. :big_slap:
Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)
r3 berasa kalah kelas gegara emblem superman nya oom. Konon katanya emblem superman nya itu bikin berasa bawa angkot. Masa emblem superman disejajarkan sama triple elips, triple diamond, dan batumakam sih... :big_slap: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Btw lipinah el jg ok tuh oom kalo jatohnya selisih lumayan banyak ama r3 ok juga tuh. Lipinah jg enak. Tp kalo beti, kayanya mending r3 sebab nik lebih baru, pengecualian kalo lipinahnya dapet tipe VE apalagi VL. :big_grin:
Terima kasih banyak suhu, sepertinya ini jawaban untuk saya yg denial dengan keunggulan ertiga hanya karena kembaran sama kakak.

Sepertinya untuk suzuki saya cenderung ke ertiga gl mt saja harganya udah mepet 200, kalau di banding terios x mt gimana ya? Asumsi dipakai 2-3 jam jalan gelombang khas pantura.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by b8099ok »

ginting wrote: Mon Mar 15, 2021 12:30
anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42
ginting wrote:
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnya
XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..

dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..

dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.

colek @b8099ok …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
Krn yg pny cm mau ron92. Klo mau pake ron102 sih bole deh sini gw mentokin,... Mslhnya ikhlas gak lmpv dituang pertamina racing?
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by XMTdeluxe »

Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.

Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.

ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soak :big_bored: dan sudah ganti.

Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.

Kira-kira begitu pengalaman saya Om :big_childish:
adrianwill
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by adrianwill »

kmrn sempet galau mau livina atau ertiga sport atau xl7

awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km


mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7

beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.

kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..

expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.

yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.

ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.

untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.

jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.

xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.

jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..

oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah

untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.

Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.

ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soak :big_bored: dan sudah ganti.

Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.

Kira-kira begitu pengalaman saya Om :big_childish:
Wah makasih om revienya, apakah ada pengalaman penumpangnya om? Maksudnya apakah dari sisi penumpang signifikan keluhannya ketika naik terios dibandingkan dengan ertiga?
anantairraz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001

Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el

Post by anantairraz »

adrianwill wrote:kmrn sempet galau mau livina atau ertiga sport atau xl7

awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km


mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7

beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.

kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..

expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.

yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.

ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.

untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.

jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.

xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.

jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..

oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah

untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
Murah banget om, domisili mana ya?
Di jatim sepertinya harga ppnbm 11 12 selisih dikit sekali.
Malah lebih mahal dibanding punya om
Ertiga sport at sekarang 236 nik 21
Livina ini yg nyebelin, salesnya masih aja jual mahal, sisa 2019 el matic di 205. Kalau ve sisa 2020 katanya di 240an