Mohon Saran, butuh PPF

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »

DOHC wrote: Mon Mar 29, 2021 16:10
scorpionz wrote: Mon Mar 29, 2021 14:55
DOHC wrote:
Kl ppf sejauh yg saya nonton channel nya fitra eri seh, self healing tp utk skala tertentu kan yah, kl seandainya ngadu gesek lawan pemotor, bajaj, atau truk sehh saya yakin tetep aj baret dan penyok

Nah kl lapis clear coat, mungkin kl cuman gesek2 ringan mustinya gapapa kl yah, d kompon jg beres scara kan teori nya tuh lapisan clear coat ud lebi tebel

Btw ppf jg kl sobek secuil, tetep ganti ny sepanel kan yah
Yes om. Benar.

Utk skala tertentu. Maka dari itu saya bilang dent, biasanya sih dent ga parah ya. Sama keba stone chip gitu kalau di highway. Karena bete aja om kalau harus repaint. Biaya repaint nya lebih mahal.

Biasanya termasuk garansi ga kalau ada sobek?

Tapi kalau liat di demonya sih dihajar pake besi gitu kencang juga tetap balik normal ya om. Kalau clear coat setelah PPF gmn om?
Kl soal garansi saya krg tau om, mungkin bsa d kontek ke vkool nya lgs
Ok. siap om. Thank you ya. :big_smile]
marr wrote: Mon Mar 29, 2021 16:43 Gw agak kurang srek sama ppf, banyak liat di IG owner luxury cars/supercars yang ujung2nya copot ppf di mobil mereka, entah kenapa. Padahal mobilnya tergolong masih baru dan pasti pasangnya belom lama. Kapan hari gw sempet liat rolls royce ppf nya dicopot, buset warnanya kuning tuh ppf. Gatau kenapa, mungkin kena matahari ato cucinya ga bener jadi kuning begitu.

Gw sendiri lbh prefer pps yg kyk di 3steps/di dsg. Kalo di 3steps, setau gw emg lapisan primer awalnya memang sejenis cat yang bisa di peel, abis itu baru ditimpa lagi. Ini CMIIIW ya

*bukan sales
Dicopot karena mengkerut om? Atau jadi kyk stretch mark gitu? Kalau yang saya dengar karena kena panas matahari. Tapi ini juga kemarin info dari teman di Surabaya. Disana katanya komunitas supercar jadinya ganti PPF dari V-Kool ke 3M. Katanya lebih better. :big_think:

PPF merk apa om?

Tapi di Jakarta yang kedengaran cuma V-Kool ya kalau official. :big_childish:

Kalau PPS ini cara kerjanya bagaimana om?
Seperti plastidip gitu?
Kisaran harga di angka brp? Dan dimana recommended di Jakarta?
Naruto wrote: Mon Mar 29, 2021 17:47 Penasaran juga dengan PPF ini jadi sekalian research2 dikit.

Vkool kalo di luar negeri (US) pake nama Suntek.
Ini ada link FAQ nya : https://suntekfilms.com/paintprotection/ppf-faq

Point2 utamanya sih:
1. Wax dan Coating setelah dilapisi PPF. Bukan sebelum diaplikasikan PPF karena bisa mengganggu adhesive-nya
2. Noda membandel yang nempel, ga boleh sering2 di compound
3. Cat mobil yang sudah di repaint (bukan ori) tidak direkomendasikan untuk dilapisi PPF (di Suntek bahkan tidak digaransi)
4. Suntek PPF (Vkool) digaransi tidak menguning.

Yang masih concern dan jadi pertanyaan.
1. Kalo ada big dent di panel yang perlu cat ulang, apa bisa repaint warnanya sama dengan panel sebelah yang masih dilapisi PPF ya? Takutnya nanti abis dicat, mau lapis ulang PPF, warna jadi belang. Males banget kalo ngulangin lagi proses dari awal.
2. Ada caranya buat ngelepas PPFnya. Jadi tambah PR waktu harus cat panel bagi orang body repairnya. Kan cari kerjaan juga kalo mesti ngelupas di vendor ppf nya dulu terus baru ke body repair.
3. Apa bisa PPF ini dimasukkan ke polis asuransi ya? Seperti case nya kaca film. Jadi begitu kita perlu claim asuransi buat repaint, PPF nya juga termasuk.
4. Kalo banyak kena stone chips / kerikil / aspal yang membekas atau lengket di PPF, untuk long term kok cenderung lebih buluk daripada tanpa dilapisi PPF ya? Contoh di beberapa mobil honda kan juga ada yang di bawah pintu dekat roda belakang, lapisan filmnya sudah jelek sekali setelah beberapa tahun dan tidak bisa diapa2in lagi kecuali diganti baru. Mungkin ini yang membuat mobil2 mewah pada copot PPF seperti kata postingan diatas. Kasarnya, kalau dilihat secara visual lebih gampang me-maintain cat asli daripada yg dilaspis PPF.

Ini ada contoh PPF (merk xpel) yang sering dipakai ngetrack dan dipeeling off.


Kesimpulan sementara sih, PPF ini cocok untuk mempertahankan cat ori dan setelah 10 tahun dikupas dan ganti baru PPF nya. Mungkin untuk orang OCD juga kurang cocok karena bekas2 stone chip juga masih kelihatan dan terasa kalau di raba (walaupun ketika dikupas, hanya PPFnya doank yang luka tapi cat ori nya gpp).

Mohon koreksi kalo salah
Nah saya baru tau Suntek = V-Kool om.
Thank you infonya om. :upss: :upss:

Sejauh dari info yang saya research, kalau ada dent bisa hilang terkena panas jadi self healing.
Dan tidak ninggalin bekas di PPF nya, tapi kalau kondisi nya udah berat saya belum tahu sih.

Yes om, sejauh yang saya baca2 coating setelah PPF. Biar dapat efek daun talas dan makin kinclong lagi catnya.

Nah soal yang repaint saya blm tau. Apakah harus PPF ulang semuanya sambil dibenerin cat yang di panel yg ada big dent or cuma ganti PPF tersebut.

Untuk PPF sepertinya bisa dimasukin ke polis asuransi deh om. Paling kena tambahan premi om.

Xpel diluar sepertinya memang terkenal ya om sama 3M. Tapi disini ga terdengar. :big_bored:
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by marr »

Utk referensi pps kurleb kyk gini
harganya kurleb start from 50jt an, mirip2 lah kyk ppf nya vkool. 3steps daerah gading serpong, dsg daerah pondok indah

Ppf setau gw maxdecal/axevinyl/klt agak lebih murah, sekitar 15-30 jutaan, installer nya coba search aja om di website resmi mereka, lumayan banyak dealernya di daerah jabodetabek. Kurang tau juga saya bedanya sama yang lebih mahal kyk gmn hahaha

Sama ada 1 lagi installer ppf/wrapping ternama yg bnyk dipake supercar, coba search aja oom premiumautowrap di ig. Keliatannya si hasilnya cakep2 bgt
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


marr wrote:Utk referensi pps kurleb kyk gini
harganya kurleb start from 50jt an, mirip2 lah kyk ppf nya vkool. 3steps daerah gading serpong, dsg daerah pondok indah

Ppf setau gw maxdecal/axevinyl/klt agak lebih murah, sekitar 15-30 jutaan, installer nya coba search aja om di website resmi mereka, lumayan banyak dealernya di daerah jabodetabek. Kurang tau juga saya bedanya sama yang lebih mahal kyk gmn hahaha

Sama ada 1 lagi installer ppf/wrapping ternama yg bnyk dipake supercar, coba search aja oom premiumautowrap di ig. Keliatannya si hasilnya cakep2 bgt

Harganya ga beda jauh ya sama PPF V-Kool.

Siap om. Thank you infonya.

Saya sambil cek youtube and IG nya dulu ya. [emoji1317][emoji1317][emoji1317]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Mon Mar 29, 2021 16:09 Kl wetgloss no komen dah mbah

Harga nya ud kelewat aneh buat saya kl cuman utk sekedar lapis clear coat doank.. dl perna nanya2 bengkel body repair, biaya lapis clear coat satu mobil biasanya ga ampe 7 digit koq

Mungkin kta bsa geser mic nya ke mbah gerasi 69 deh kl soal semprot2 an cat gini
AFAIK Kalau ngobrol2 dengan owner salah satu car detailer. memang paling top itu clear coat berlapis. masalahnya ada di biaya dan waktu.
karena clear coat itu kan kategori finishing, yg mana dikondisikan cukup 2-3 lapis saja. nah kalau sampe berlapis2 maka akan ada banyak resiko. paling sederhana: semakin tebal semakin bagus dan kuat tentunya, tapi efeknya warna cat yg digunakan itu tidak "keluar", mirip seperti kaca bening, semakin tebal semakin berkurang daya tembus cahayanya. nah tukang cat akan mainkan kombinasi berbagai teknik supaya warna tetap bisa bagus = makan biaya dan waktu lagi karena ga bisa sekali kerja, misal seperti di pabrik yg pakai robot.
dan ini salah satu faktor, ada lagi misalnya: kebanyakan clear coat malah jadi orange peel = ujungn2ya tetap ke car detailer untuk paint correction.

dan tentu paling ngeselin HUMAN ERROR. karena kan orang yang kerjain. robot aja ngaco apalagi orang.

saya pernah dikasih lihat salah satu Audi A6 atau apa saya lupa, itu warna silvernya luar biasa, macam lihat brosur asli pabrikan ketika press launching. dikasih tahu, repainting tuh, karena ga puas habis detailing, habisnya mayan tembus 20 juta lah :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Wed Mar 31, 2021 14:43
DOHC wrote: Mon Mar 29, 2021 16:09 Kl wetgloss no komen dah mbah

Harga nya ud kelewat aneh buat saya kl cuman utk sekedar lapis clear coat doank.. dl perna nanya2 bengkel body repair, biaya lapis clear coat satu mobil biasanya ga ampe 7 digit koq

Mungkin kta bsa geser mic nya ke mbah gerasi 69 deh kl soal semprot2 an cat gini
AFAIK Kalau ngobrol2 dengan owner salah satu car detailer. memang paling top itu clear coat berlapis. masalahnya ada di biaya dan waktu.
karena clear coat itu kan kategori finishing, yg mana dikondisikan cukup 2-3 lapis saja. nah kalau sampe berlapis2 maka akan ada banyak resiko. paling sederhana: semakin tebal semakin bagus dan kuat tentunya, tapi efeknya warna cat yg digunakan itu tidak "keluar", mirip seperti kaca bening, semakin tebal semakin berkurang daya tembus cahayanya. nah tukang cat akan mainkan kombinasi berbagai teknik supaya warna tetap bisa bagus = makan biaya dan waktu lagi karena ga bisa sekali kerja, misal seperti di pabrik yg pakai robot.
dan ini salah satu faktor, ada lagi misalnya: kebanyakan clear coat malah jadi orange peel = ujungn2ya tetap ke car detailer untuk paint correction.

dan tentu paling ngeselin HUMAN ERROR. karena kan orang yang kerjain. robot aja ngaco apalagi orang.

saya pernah dikasih lihat salah satu Audi A6 atau apa saya lupa, itu warna silvernya luar biasa, macam lihat brosur asli pabrikan ketika press launching. dikasih tahu, repainting tuh, karena ga puas habis detailing, habisnya mayan tembus 20 juta lah :big_biglaugh:
Ahh makasi info nya mbah

Baru tau kl orange peel itu = clear coat ketebelan

Repainting emg bener2 tergantung operatornya seh, saya abis repaint pintu d a2000 sunter aj hasil nya jelek pake banget, kaya ga beda ama mamang2 cat duco d kramat senen, boro2 mengkilap, pantulan bayangan aj ga ad, boro2 orange peel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


kunaskun wrote:
DOHC wrote: Mon Mar 29, 2021 16:09 Kl wetgloss no komen dah mbah

Harga nya ud kelewat aneh buat saya kl cuman utk sekedar lapis clear coat doank.. dl perna nanya2 bengkel body repair, biaya lapis clear coat satu mobil biasanya ga ampe 7 digit koq

Mungkin kta bsa geser mic nya ke mbah gerasi 69 deh kl soal semprot2 an cat gini
AFAIK Kalau ngobrol2 dengan owner salah satu car detailer. memang paling top itu clear coat berlapis. masalahnya ada di biaya dan waktu.
karena clear coat itu kan kategori finishing, yg mana dikondisikan cukup 2-3 lapis saja. nah kalau sampe berlapis2 maka akan ada banyak resiko. paling sederhana: semakin tebal semakin bagus dan kuat tentunya, tapi efeknya warna cat yg digunakan itu tidak "keluar", mirip seperti kaca bening, semakin tebal semakin berkurang daya tembus cahayanya. nah tukang cat akan mainkan kombinasi berbagai teknik supaya warna tetap bisa bagus = makan biaya dan waktu lagi karena ga bisa sekali kerja, misal seperti di pabrik yg pakai robot.
dan ini salah satu faktor, ada lagi misalnya: kebanyakan clear coat malah jadi orange peel = ujungn2ya tetap ke car detailer untuk paint correction.

dan tentu paling ngeselin HUMAN ERROR. karena kan orang yang kerjain. robot aja ngaco apalagi orang.

saya pernah dikasih lihat salah satu Audi A6 atau apa saya lupa, itu warna silvernya luar biasa, macam lihat brosur asli pabrikan ketika press launching. dikasih tahu, repainting tuh, karena ga puas habis detailing, habisnya mayan tembus 20 juta lah :big_biglaugh:
Makan waktu berapa lama om?

Tapi kalau soal human error kembali lagi ke skill aplikatornya. Sama moodnya lagi benar apa ga waktu kerjainnya. Wkwkwk.

Tadi sempat nanya utk PPF merk 3M dapat harga 63jt full body. Kalau mau coating tambah lagi 7.5jt

Sedangkan garansi cuma 3 th. Dan waktu kerja utk PPF sekitar 1 minggu.

Kalau V-Kool kalau saya tidak salah sekitar 10th garansinya.

Tapi harga belum nanya.

Nah tadi setelah liat video katanya PPS lebih kuat dari PPF. Harga mirip2. Tapi waktu mungkin bisa 2 minggu atau lebih.

Sedangkan yg saya tanya orang sebelumnya itu bilang PPF lebih kuat karena film dan lebih elastis.

Kira-kira mana yang lebih bagus ya antara PPF atau PPS?
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »

DOHC wrote:
kunaskun wrote: Wed Mar 31, 2021 14:43
DOHC wrote: Mon Mar 29, 2021 16:09 Kl wetgloss no komen dah mbah

Harga nya ud kelewat aneh buat saya kl cuman utk sekedar lapis clear coat doank.. dl perna nanya2 bengkel body repair, biaya lapis clear coat satu mobil biasanya ga ampe 7 digit koq

Mungkin kta bsa geser mic nya ke mbah gerasi 69 deh kl soal semprot2 an cat gini
AFAIK Kalau ngobrol2 dengan owner salah satu car detailer. memang paling top itu clear coat berlapis. masalahnya ada di biaya dan waktu.
karena clear coat itu kan kategori finishing, yg mana dikondisikan cukup 2-3 lapis saja. nah kalau sampe berlapis2 maka akan ada banyak resiko. paling sederhana: semakin tebal semakin bagus dan kuat tentunya, tapi efeknya warna cat yg digunakan itu tidak "keluar", mirip seperti kaca bening, semakin tebal semakin berkurang daya tembus cahayanya. nah tukang cat akan mainkan kombinasi berbagai teknik supaya warna tetap bisa bagus = makan biaya dan waktu lagi karena ga bisa sekali kerja, misal seperti di pabrik yg pakai robot.
dan ini salah satu faktor, ada lagi misalnya: kebanyakan clear coat malah jadi orange peel = ujungn2ya tetap ke car detailer untuk paint correction.

dan tentu paling ngeselin HUMAN ERROR. karena kan orang yang kerjain. robot aja ngaco apalagi orang.

saya pernah dikasih lihat salah satu Audi A6 atau apa saya lupa, itu warna silvernya luar biasa, macam lihat brosur asli pabrikan ketika press launching. dikasih tahu, repainting tuh, karena ga puas habis detailing, habisnya mayan tembus 20 juta lah :big_biglaugh:
Ahh makasi info nya mbah

Baru tau kl orange peel itu = clear coat ketebelan

Repainting emg bener2 tergantung operatornya seh, saya abis repaint pintu d a2000 sunter aj hasil nya jelek pake banget, kaya ga beda ama mamang2 cat duco d kramat senen, boro2 mengkilap, pantulan bayangan aj ga ad, boro2 orange peel
Waduh. Padahal A 2000 ya.
Mungkin kepenuhan om dan ditarget waktu untuk selesaikan catnya per hari. [emoji2960][emoji2960]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by DOHC »

scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:06
DOHC wrote:
kunaskun wrote: Wed Mar 31, 2021 14:43

AFAIK Kalau ngobrol2 dengan owner salah satu car detailer. memang paling top itu clear coat berlapis. masalahnya ada di biaya dan waktu.
karena clear coat itu kan kategori finishing, yg mana dikondisikan cukup 2-3 lapis saja. nah kalau sampe berlapis2 maka akan ada banyak resiko. paling sederhana: semakin tebal semakin bagus dan kuat tentunya, tapi efeknya warna cat yg digunakan itu tidak "keluar", mirip seperti kaca bening, semakin tebal semakin berkurang daya tembus cahayanya. nah tukang cat akan mainkan kombinasi berbagai teknik supaya warna tetap bisa bagus = makan biaya dan waktu lagi karena ga bisa sekali kerja, misal seperti di pabrik yg pakai robot.
dan ini salah satu faktor, ada lagi misalnya: kebanyakan clear coat malah jadi orange peel = ujungn2ya tetap ke car detailer untuk paint correction.

dan tentu paling ngeselin HUMAN ERROR. karena kan orang yang kerjain. robot aja ngaco apalagi orang.

saya pernah dikasih lihat salah satu Audi A6 atau apa saya lupa, itu warna silvernya luar biasa, macam lihat brosur asli pabrikan ketika press launching. dikasih tahu, repainting tuh, karena ga puas habis detailing, habisnya mayan tembus 20 juta lah :big_biglaugh:
Ahh makasi info nya mbah

Baru tau kl orange peel itu = clear coat ketebelan

Repainting emg bener2 tergantung operatornya seh, saya abis repaint pintu d a2000 sunter aj hasil nya jelek pake banget, kaya ga beda ama mamang2 cat duco d kramat senen, boro2 mengkilap, pantulan bayangan aj ga ad, boro2 orange peel
Waduh. Padahal A 2000 ya.
Mungkin kepenuhan om dan ditarget waktu untuk selesaikan catnya per hari. [emoji2960][emoji2960]
A2000 sunter skg seh kl mnurut saya ud turun jauh kualitas nya

Dl circa 1 dekade lalu saya beberapa kl ngecat ama mreka, hasilnya nyaris sempurna, hampir ga kliatan bekas d dempul.. bahkan corak kulit jeruk nya bisa mirip ama plaat ori yg ga d repair

Kl skrg ancur banget, ampe ngamuk saya kmaren ini ama SA nya, bekas dempul masi kurang alus ud naek cat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


DOHC wrote:
scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:06
DOHC wrote: Ahh makasi info nya mbah

Baru tau kl orange peel itu = clear coat ketebelan

Repainting emg bener2 tergantung operatornya seh, saya abis repaint pintu d a2000 sunter aj hasil nya jelek pake banget, kaya ga beda ama mamang2 cat duco d kramat senen, boro2 mengkilap, pantulan bayangan aj ga ad, boro2 orange peel
Waduh. Padahal A 2000 ya.
Mungkin kepenuhan om dan ditarget waktu untuk selesaikan catnya per hari. [emoji2960][emoji2960]
A2000 sunter skg seh kl mnurut saya ud turun jauh kualitas nya

Dl circa 1 dekade lalu saya beberapa kl ngecat ama mreka, hasilnya nyaris sempurna, hampir ga kliatan bekas d dempul.. bahkan corak kulit jeruk nya bisa mirip ama plaat ori yg ga d repair

Kl skrg ancur banget, ampe ngamuk saya kmaren ini ama SA nya, bekas dempul masi kurang alus ud naek cat
Quality controlnya udah kurang ya om.

Mungkin bengkel2 yang ga segede gitu bisa lebih better kerjanya.

Yang repot kalau mau cat ulang lagi karena masalah dempulan kan makan waktu lagi ya. [emoji22][emoji22]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by DOHC »

scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 4:15
DOHC wrote:
scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:06 Waduh. Padahal A 2000 ya.
Mungkin kepenuhan om dan ditarget waktu untuk selesaikan catnya per hari. [emoji2960][emoji2960]
A2000 sunter skg seh kl mnurut saya ud turun jauh kualitas nya

Dl circa 1 dekade lalu saya beberapa kl ngecat ama mreka, hasilnya nyaris sempurna, hampir ga kliatan bekas d dempul.. bahkan corak kulit jeruk nya bisa mirip ama plaat ori yg ga d repair

Kl skrg ancur banget, ampe ngamuk saya kmaren ini ama SA nya, bekas dempul masi kurang alus ud naek cat
Quality controlnya udah kurang ya om.

Mungkin bengkel2 yang ga segede gitu bisa lebih better kerjanya.

Yang repot kalau mau cat ulang lagi karena masalah dempulan kan makan waktu lagi ya. [emoji22][emoji22]
Nah itu makanya om

Biar kata d cat ulang jg malah jd ga karuan, ud rugi waktu, duit, ama kualitas cat yg ampas.. kesel bener

Ini kayanya semenjak mreka ngejar setoran sehh.. kl dl btulin body repair biasa mreka bsa 3-4 hari.. lah skrg smua dikebut max 2 hari kelar.. itu aj saya punya ngecat 2 panel, pagi masuk sore kelar.. sintingg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 4:15
DOHC wrote: A2000 sunter skg seh kl mnurut saya ud turun jauh kualitas nya

Dl circa 1 dekade lalu saya beberapa kl ngecat ama mreka, hasilnya nyaris sempurna, hampir ga kliatan bekas d dempul.. bahkan corak kulit jeruk nya bisa mirip ama plaat ori yg ga d repair

Kl skrg ancur banget, ampe ngamuk saya kmaren ini ama SA nya, bekas dempul masi kurang alus ud naek cat
Quality controlnya udah kurang ya om.

Mungkin bengkel2 yang ga segede gitu bisa lebih better kerjanya.

Yang repot kalau mau cat ulang lagi karena masalah dempulan kan makan waktu lagi ya. [emoji22][emoji22]
Nah itu makanya om

Biar kata d cat ulang jg malah jd ga karuan, ud rugi waktu, duit, ama kualitas cat yg ampas.. kesel bener

Ini kayanya semenjak mreka ngejar setoran sehh.. kl dl btulin body repair biasa mreka bsa 3-4 hari.. lah skrg smua dikebut max 2 hari kelar.. itu aj saya punya ngecat 2 panel, pagi masuk sore kelar.. sintingg
Hahahah... ane jg sdh tobat ke sana lg om klep, ampe gebrak meja jg waktu itu, tobat deh kagak mau lg ke sana.

Bukannya parah lg hasil kerjaannya tapi farahhhh (bukan farah queen yg seksi itu yah) [emoji1] 3x kali komplain, sampe akhirnya dikasih mobil pengganti, baru hasilnya "lumayan"... bukan bagus yah.

Taon 2008 ane pakai gard oto klaim di A2000 gampang banget prosedurnya & pengerjaan di sunter sana... hasilnya... waduh puas sekali waktu itu, nyaris sulit dicari perbedannya antara cat lama & hasil repaint. Ini baru bengkel body repair nih dalam ati ane.

Ehhh taon2 kesini hancur lebur hasilnya. Mau masuk bengkel aja fenuhnya minta ampun itu bengkel & kualitas sdh jd nomor sekian, lebih fenting omzetttt... pagi masuk kalau bisa siang sudah kelar & keluar mobilnya, sore pasien baru masuk lagi, kalau bisa 3 shift 24 jam, pagi sudah kelar lagi itu mobil hahahaha... [emoji1]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Thu Apr 01, 2021 5:04
DOHC wrote:
scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 4:15

Quality controlnya udah kurang ya om.

Mungkin bengkel2 yang ga segede gitu bisa lebih better kerjanya.

Yang repot kalau mau cat ulang lagi karena masalah dempulan kan makan waktu lagi ya. [emoji22][emoji22]
Nah itu makanya om

Biar kata d cat ulang jg malah jd ga karuan, ud rugi waktu, duit, ama kualitas cat yg ampas.. kesel bener

Ini kayanya semenjak mreka ngejar setoran sehh.. kl dl btulin body repair biasa mreka bsa 3-4 hari.. lah skrg smua dikebut max 2 hari kelar.. itu aj saya punya ngecat 2 panel, pagi masuk sore kelar.. sintingg
Hahahah... ane jg sdh tobat ke sana lg om klep, ampe gebrak meja jg waktu itu, tobat deh kagak mau lg ke sana.

Bukannya parah lg hasil kerjaannya tapi farahhhh (bukan farah queen yg seksi itu yah) [emoji1] 3x kali komplain, sampe akhirnya dikasih mobil pengganti, baru hasilnya "lumayan"... bukan bagus yah.

Taon 2008 ane pakai gard oto klaim di A2000 gampang banget prosedurnya & pengerjaan di sunter sana... hasilnya... waduh puas sekali waktu itu, nyaris sulit dicari perbedannya antara cat lama & hasil repaint. Ini baru bengkel body repair nih dalam ati ane.

Ehhh taon2 kesini hancur lebur hasilnya. Mau masuk bengkel aja fenuhnya minta ampun itu bengkel & kualitas sdh jd nomor sekian, lebih fenting omzetttt... pagi masuk kalau bisa siang sudah kelar & keluar mobilnya, sore pasien baru masuk lagi, kalau bisa 3 shift 24 jam, pagi sudah kelar lagi itu mobil hahahaha... [emoji1]
Ternjata emg bener, ta kira cuman saya doank

Itu saya jg ampe gebrak meja tarik urat leher sgala, akhirnya d cat ulang, tp malah tambah jelek mbah, itu jadinya overspray kliatan banget.. lah wong cat lama maen ditimpa doank

Wah keki banget dah udah, bohuat kapok ke sana lg.. ampe saya blg, itu yg kerja suru blajar lagi gih ama tukang cat duco d kramat senen sana.. ampe diliatin ama yg lg pd nunggu dsana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by Shonen »

scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:04
Makan waktu berapa lama om?

Tapi kalau soal human error kembali lagi ke skill aplikatornya. Sama moodnya lagi benar apa ga waktu kerjainnya. Wkwkwk.

Tadi sempat nanya utk PPF merk 3M dapat harga 63jt full body. Kalau mau coating tambah lagi 7.5jt

Sedangkan garansi cuma 3 th. Dan waktu kerja utk PPF sekitar 1 minggu.

Kalau V-Kool kalau saya tidak salah sekitar 10th garansinya.

Tapi harga belum nanya.

Nah tadi setelah liat video katanya PPS lebih kuat dari PPF. Harga mirip2. Tapi waktu mungkin bisa 2 minggu atau lebih.

Sedangkan yg saya tanya orang sebelumnya itu bilang PPF lebih kuat karena film dan lebih elastis.

Kira-kira mana yang lebih bagus ya antara PPF atau PPS?
BUSET, 63 jt 3m pulak kagak salah noh...mahal banget utk kelas 3m..kalo buat coating di ppf ga akan seefektif di cat si..malah setau saya di ppf itu uda ada lapisannya sendiri kalo di coating apa ga ngerusak tuh...
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


Shonen wrote:
scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:04
Makan waktu berapa lama om?

Tapi kalau soal human error kembali lagi ke skill aplikatornya. Sama moodnya lagi benar apa ga waktu kerjainnya. Wkwkwk.

Tadi sempat nanya utk PPF merk 3M dapat harga 63jt full body. Kalau mau coating tambah lagi 7.5jt

Sedangkan garansi cuma 3 th. Dan waktu kerja utk PPF sekitar 1 minggu.

Kalau V-Kool kalau saya tidak salah sekitar 10th garansinya.

Tapi harga belum nanya.

Nah tadi setelah liat video katanya PPS lebih kuat dari PPF. Harga mirip2. Tapi waktu mungkin bisa 2 minggu atau lebih.

Sedangkan yg saya tanya orang sebelumnya itu bilang PPF lebih kuat karena film dan lebih elastis.

Kira-kira mana yang lebih bagus ya antara PPF atau PPS?
BUSET, 63 jt 3m pulak kagak salah noh...mahal banget utk kelas 3m..kalo buat coating di ppf ga akan seefektif di cat si..malah setau saya di ppf itu uda ada lapisannya sendiri kalo di coating apa ga ngerusak tuh...
Harga PPF rangenya memang mulai dari 50jtan tergantung jenis mobil.

Nah kalau V-Kool juga mirip2 harganya dengan 3M. Tapi dengan durasi garansi lebih panjang. Maka dari itu saya juga penasaran perbedaannya dimana? Kenapa bisa beda waktu garansinya?

Mana paling recommended antara V-Kool, kompetitor dan 3M?

Di luar sih ada beberapa brand ya seperti xpel, 3m, suntek, dan beberapa brand lainnya yang sering orang pasang.

Kalau dari sejauh yang saya baca2 sih katanya PPF tidak ada efek daun talas. Jadi harus dicombine sama coating. Dan bisa buat keliatan makin kinclong.


kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Wed Mar 31, 2021 16:35 Ahh makasi info nya mbah

Baru tau kl orange peel itu = clear coat ketebelan
tapi maksud saya ga mesti clear coat ketebalan, berlaku untuk semua cat, primer aja bisa orange peel kok.

Repainting emg bener2 tergantung operatornya seh, saya abis repaint pintu d a2000 sunter aj hasil nya jelek pake banget, kaya ga beda ama mamang2 cat duco d kramat senen, boro2 mengkilap, pantulan bayangan aj ga ad, boro2 orange peel
nah kan, ga menjamin juga, mau pake standard pabrik dsb2 tetep saja. painting itu saja sudah seni, apalagi painting for mass :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by kunaskun »

scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:04
Makan waktu berapa lama om?
tidak tahu tapi tebakan saya pasti berminggu-minggu.
karena pro detailer yg kelasnya sudah biasa megang macem hyper car atau super exotic car (ga menentukan skill juga ya tentunya, bisa saja jagonya biasa saja tapi jago cari client high end) setahu saya kerjanya minimal puluhan jam. itu pro detailer. apalagi repainting. bayangin aja udah males. tapi ya ini tentunya customer yg memang semacam special order saja. karena berapa banyak org yg mau keluar waktu dan duit segitu banyak tentunya :big_exellent:
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


kunaskun wrote:
scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:04
Makan waktu berapa lama om?
tidak tahu tapi tebakan saya pasti berminggu-minggu.
karena pro detailer yg kelasnya sudah biasa megang macem hyper car atau super exotic car (ga menentukan skill juga ya tentunya, bisa saja jagonya biasa saja tapi jago cari client high end) setahu saya kerjanya minimal puluhan jam. itu pro detailer. apalagi repainting. bayangin aja udah males. tapi ya ini tentunya customer yg memang semacam special order saja. karena berapa banyak org yg mau keluar waktu dan duit segitu banyak tentunya :big_exellent:
Ahh benar sih om. Butuh waktu dan biaya ga sedikit. Dulu mobil saya coating only aja 4-5harian.

Kadang bingung sama yang coating sehari atau 2 hari selesai[emoji28][emoji28]

Kalau repainting harusnya sih makan waktu lebih lama dari detailing om. Kecuali dikejar target [emoji16]

Saya agak setuju sama statement om sih yg soal jagonya dalam hal mencari client [emoji1303][emoji1303]

Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by Shonen »

scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 17:21
kunaskun wrote:
scorpionz wrote: Wed Mar 31, 2021 17:04
Makan waktu berapa lama om?
tidak tahu tapi tebakan saya pasti berminggu-minggu.
karena pro detailer yg kelasnya sudah biasa megang macem hyper car atau super exotic car (ga menentukan skill juga ya tentunya, bisa saja jagonya biasa saja tapi jago cari client high end) setahu saya kerjanya minimal puluhan jam. itu pro detailer. apalagi repainting. bayangin aja udah males. tapi ya ini tentunya customer yg memang semacam special order saja. karena berapa banyak org yg mau keluar waktu dan duit segitu banyak tentunya :big_exellent:
Ahh benar sih om. Butuh waktu dan biaya ga sedikit. Dulu mobil saya coating only aja 4-5harian.

Kadang bingung sama yang coating sehari atau 2 hari selesai[emoji28][emoji28]

Kalau repainting harusnya sih makan waktu lebih lama dari detailing om. Kecuali dikejar target [emoji16]

Saya agak setuju sama statement om sih yg soal jagonya dalam hal mencari client [emoji1303][emoji1303]
jadi inget kejadian dulu detailing sampe bisa sendiri :big_biglaugh: mungkin rada terkait sama thread ini...jadi dulu pernah bahasanya clay full body dengan mahar bbrp ratus ribu lupa tepatnya brp...ditinggal bbrp jam dari pagi sampe sore buat ngilangin ampas rem sama aspal yang nempel di bagian bawah mobil mungkin sekitar 9-10 tahun lalu...pas diambil dibawa pulang aje gile ga dikerjain udah bayar trus telpon balik g kesel dsuru bawa balik mobilnya dikerjain ulang...eh cuman mendingan aja kerjaan ga bersih, g ga ngerti de orang clay cuman semprot lubricant gosok lap...

semenjak itu bisa sendiri karena belajar dr youtube krn dulu kan ga ada akses ke youtube...skrg, itu bengkel detailing yang banyak cabangnya satu persatu tutup padahal dulu g kalo kesitu lambo sama ferrari jg ada...mobil g bulukan masuk situ ga dikerjain kalo mobil yang jarang jalan bukan mobil perang ya ga heran dicuci jg bersih, kalo mobil perang masuk kesitu ga kinclong baru keliatan kerjaannya...g kadang bingung ada org bisnis detailing tp kerjaan kaya begitu pake ada qc lagi pengen ketawa g, ga heran tutup satu2...selama ini ke bengkel detailing yang rame2 jualan coatingan ampe 15 jt g coba satu2 sejak kejadian itu emang ga ada yang bener, paling bener kerjain sendiri gampang bahan murah...yang kerjain jg bisa dilihat cuman abang2 bukan yang punya tapi ngecas harga jutaan...bayangin kalo ada supercar masuk situ disentuh abang2 baru kemaren belajar rotary atau da trus diputer di atas cat mobilnya...meringisssss :big_dunno: maka itu skrg ga pernah ke tempat salon2an mobil tempat cuci cucian mobil karena males ngebayangin kerjaanya bgt..

klo punya semacem supercar masuk situ kasian dah, better kalo nyari installer jg sama yang punya pengalaman bekas training di luar, klo pengalaman cuman diajarin asal ya hasil bakalan asal...kalo ngelihat installernya cuman punya pengalaman baru2 mending jgn deh, atau ati2 karena ga semua installer bener, pernah liat vid di youtube ada org pasang ppf asal2an bener2 kaya gambar tempel direkatin udah mobil ancur pake bayar puluhan juta...kayanya ada di youtube f***********p de mobilnya kalo ga sala lexus nx..

but kalo tpt installer isinya mobil mewah ya ga heran lah, mayoritas bisnis ini kan ga punya sales, semua walk in customer itu org yang rekomendasiin ke temennya buat masang dst makanya kalo uda ada ferrari apa lambo yang ada komunitasnya pasti temennya ikut pasang dst berdasarkan "katanya" dan customer ini kan rata2 boss mrk ga ngerti jadi terima beres aja
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by kunaskun »

scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 17:21 Ahh benar sih om. Butuh waktu dan biaya ga sedikit. Dulu mobil saya coating only aja 4-5harian.

Kadang bingung sama yang coating sehari atau 2 hari selesai[emoji28][emoji28]
coating 2 hari selesai, kalau kerjanya total 20 jam menurut saya bisa, dikeroyok 4-5 orang sekaligus. tapi tentu ada sesuatu yg dikorbankan, misalnya orange peel tidak sepenuhnya hilang atau memang tidak mengejar koreksi deep scratch diatas sekian belas micron.
Kalau repainting harusnya sih makan waktu lebih lama dari detailing om. Kecuali dikejar target [emoji16]

Saya agak setuju sama statement om sih yg soal jagonya dalam hal mencari client [emoji1303][emoji1303]
ya kebetulan pernah ngobrol dengan beberapa detailer, jadi ada cerita2 :big_peace:

Shonen wrote: Fri Apr 02, 2021 8:26 jadi inget kejadian dulu detailing sampe bisa sendiri :big_biglaugh: mungkin rada terkait sama thread ini...jadi dulu pernah bahasanya clay full body dengan mahar bbrp ratus ribu lupa tepatnya brp...ditinggal bbrp jam dari pagi sampe sore buat ngilangin ampas rem sama aspal yang nempel di bagian bawah mobil mungkin sekitar 9-10 tahun lalu...pas diambil dibawa pulang aje gile ga dikerjain udah bayar trus telpon balik g kesel dsuru bawa balik mobilnya dikerjain ulang...eh cuman mendingan aja kerjaan ga bersih, g ga ngerti de orang clay cuman semprot lubricant gosok lap...

semenjak itu bisa sendiri karena belajar dr youtube krn dulu kan ga ada akses ke youtube...skrg, itu bengkel detailing yang banyak cabangnya satu persatu tutup padahal dulu g kalo kesitu lambo sama ferrari jg ada...mobil g bulukan masuk situ ga dikerjain kalo mobil yang jarang jalan bukan mobil perang ya ga heran dicuci jg bersih, kalo mobil perang masuk kesitu ga kinclong baru keliatan kerjaannya...g kadang bingung ada org bisnis detailing tp kerjaan kaya begitu pake ada qc lagi pengen ketawa g, ga heran tutup satu2...selama ini ke bengkel detailing yang rame2 jualan coatingan ampe 15 jt g coba satu2 sejak kejadian itu emang ga ada yang bener, paling bener kerjain sendiri gampang bahan murah...yang kerjain jg bisa dilihat cuman abang2 bukan yang punya tapi ngecas harga jutaan...bayangin kalo ada supercar masuk situ disentuh abang2 baru kemaren belajar rotary atau da trus diputer di atas cat mobilnya...meringisssss :big_dunno: maka itu skrg ga pernah ke tempat salon2an mobil tempat cuci cucian mobil karena males ngebayangin kerjaanya bgt..

klo punya semacem supercar masuk situ kasian dah, better kalo nyari installer jg sama yang punya pengalaman bekas training di luar, klo pengalaman cuman diajarin asal ya hasil bakalan asal...kalo ngelihat installernya cuman punya pengalaman baru2 mending jgn deh, atau ati2 karena ga semua installer bener, pernah liat vid di youtube ada org pasang ppf asal2an bener2 kaya gambar tempel direkatin udah mobil ancur pake bayar puluhan juta...kayanya ada di youtube f***********p de mobilnya kalo ga sala lexus nx..

but kalo tpt installer isinya mobil mewah ya ga heran lah, mayoritas bisnis ini kan ga punya sales, semua walk in customer itu org yang rekomendasiin ke temennya buat masang dst makanya kalo uda ada ferrari apa lambo yang ada komunitasnya pasti temennya ikut pasang dst berdasarkan "katanya" dan customer ini kan rata2 boss mrk ga ngerti jadi terima beres aja
zaman sekarang dengan sepuluh tahun lalu memang beda. zaman dulu mana ada youtube university. sekarang semuanya modal youtube dan otomatis graduate s3. seperti misalnya kaum mendang mending di dunia otomotif atau gadget :big_biglaugh:

begitu juga segala jenis bisnis, dari yg pas2an duitnya sampe yg emang ga berseri. ya kalau penghuni SM kan rata2 hobbyists n enthusiasts, seperti mbah2 tukang koleksi tool di trit sebelah yg koleksi tool ngalahin TMIIN :big_grin: jadi kalau ngelihat detailer2 yg umum pasti meringis :mky_04:
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by Andhyka »

Kok ini merasa coating itu bakar duit ya? Coating tidak akan melindungi dari swirl mark jika cara nyuci dan ngelapnya tetap salah. Sebelumnya goresan halus itu ada di lapisan clear coat. Setelah coating goresannya itu pindah ke lapisan coating kalo lapnya kanebo.

PPF lebih masuk akal memang bisa mempertahankan keaslian cat mobil dan melindungi dari stone chip, gesekan motor lalu lalang. Tapi jika terjadi goresan saat salah parkir atau nempel bodi mobil lain itu gimana apa ada garansi atau mesti bayar ganti satu panel? Satu panel bayar berapa tuh ganti PPF-nya apa 5-10 juta? Cat ulang satu mobil utuh aja 7-8 jutaan.

IMHO mending mobil cuci sendiri pakai sabun wash & wax dan lap microfiber. Sabun Wash & Wax itu menambah lapisan wax tiap kali nyuci jadi lapisan pelindungnya ada atau nambah setelah nyuci. Terus tiap 6-12 bulan dikasih sealant (beli di Ace Hardware). Subaru saya yg udah 8 tahun sampai sekarang kelihatan baru kilaunya bagus. Ada aja yg noleh atau kirain mobil baru padahal warnya white pearl. Beda banget sama Innova umurnya 4 tahun yg dipegang sopir catnya kusam cuci pake kanebo gak ada sabun.
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


Shonen wrote:
scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 17:21
kunaskun wrote: tidak tahu tapi tebakan saya pasti berminggu-minggu.
karena pro detailer yg kelasnya sudah biasa megang macem hyper car atau super exotic car (ga menentukan skill juga ya tentunya, bisa saja jagonya biasa saja tapi jago cari client high end) setahu saya kerjanya minimal puluhan jam. itu pro detailer. apalagi repainting. bayangin aja udah males. tapi ya ini tentunya customer yg memang semacam special order saja. karena berapa banyak org yg mau keluar waktu dan duit segitu banyak tentunya :big_exellent:
Ahh benar sih om. Butuh waktu dan biaya ga sedikit. Dulu mobil saya coating only aja 4-5harian.

Kadang bingung sama yang coating sehari atau 2 hari selesai[emoji28][emoji28]

Kalau repainting harusnya sih makan waktu lebih lama dari detailing om. Kecuali dikejar target [emoji16]

Saya agak setuju sama statement om sih yg soal jagonya dalam hal mencari client [emoji1303][emoji1303]
jadi inget kejadian dulu detailing sampe bisa sendiri :big_biglaugh: mungkin rada terkait sama thread ini...jadi dulu pernah bahasanya clay full body dengan mahar bbrp ratus ribu lupa tepatnya brp...ditinggal bbrp jam dari pagi sampe sore buat ngilangin ampas rem sama aspal yang nempel di bagian bawah mobil mungkin sekitar 9-10 tahun lalu...pas diambil dibawa pulang aje gile ga dikerjain udah bayar trus telpon balik g kesel dsuru bawa balik mobilnya dikerjain ulang...eh cuman mendingan aja kerjaan ga bersih, g ga ngerti de orang clay cuman semprot lubricant gosok lap...

semenjak itu bisa sendiri karena belajar dr youtube krn dulu kan ga ada akses ke youtube...skrg, itu bengkel detailing yang banyak cabangnya satu persatu tutup padahal dulu g kalo kesitu lambo sama ferrari jg ada...mobil g bulukan masuk situ ga dikerjain kalo mobil yang jarang jalan bukan mobil perang ya ga heran dicuci jg bersih, kalo mobil perang masuk kesitu ga kinclong baru keliatan kerjaannya...g kadang bingung ada org bisnis detailing tp kerjaan kaya begitu pake ada qc lagi pengen ketawa g, ga heran tutup satu2...selama ini ke bengkel detailing yang rame2 jualan coatingan ampe 15 jt g coba satu2 sejak kejadian itu emang ga ada yang bener, paling bener kerjain sendiri gampang bahan murah...yang kerjain jg bisa dilihat cuman abang2 bukan yang punya tapi ngecas harga jutaan...bayangin kalo ada supercar masuk situ disentuh abang2 baru kemaren belajar rotary atau da trus diputer di atas cat mobilnya...meringisssss :big_dunno: maka itu skrg ga pernah ke tempat salon2an mobil tempat cuci cucian mobil karena males ngebayangin kerjaanya bgt..

klo punya semacem supercar masuk situ kasian dah, better kalo nyari installer jg sama yang punya pengalaman bekas training di luar, klo pengalaman cuman diajarin asal ya hasil bakalan asal...kalo ngelihat installernya cuman punya pengalaman baru2 mending jgn deh, atau ati2 karena ga semua installer bener, pernah liat vid di youtube ada org pasang ppf asal2an bener2 kaya gambar tempel direkatin udah mobil ancur pake bayar puluhan juta...kayanya ada di youtube f***********p de mobilnya kalo ga sala lexus nx..

but kalo tpt installer isinya mobil mewah ya ga heran lah, mayoritas bisnis ini kan ga punya sales, semua walk in customer itu org yang rekomendasiin ke temennya buat masang dst makanya kalo uda ada ferrari apa lambo yang ada komunitasnya pasti temennya ikut pasang dst berdasarkan "katanya" dan customer ini kan rata2 boss mrk ga ngerti jadi terima beres aja
Waduh.. Terus mobil yang jadi rusak gitu bagaimana om tanggung jawab dari installernya?

Serem juga ya nyarinya.

Prefer cari yg pasti2 aja deh. Soalnya harga catnya jauh lebih mahal dari PPF.

Kalau V-Kool SCBD bagaimana om? Recommended tidak?
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


kunaskun wrote:
scorpionz wrote: Thu Apr 01, 2021 17:21 Ahh benar sih om. Butuh waktu dan biaya ga sedikit. Dulu mobil saya coating only aja 4-5harian.

Kadang bingung sama yang coating sehari atau 2 hari selesai[emoji28][emoji28]
coating 2 hari selesai, kalau kerjanya total 20 jam menurut saya bisa, dikeroyok 4-5 orang sekaligus. tapi tentu ada sesuatu yg dikorbankan, misalnya orange peel tidak sepenuhnya hilang atau memang tidak mengejar koreksi deep scratch diatas sekian belas micron.
Kalau repainting harusnya sih makan waktu lebih lama dari detailing om. Kecuali dikejar target [emoji16]

Saya agak setuju sama statement om sih yg soal jagonya dalam hal mencari client [emoji1303][emoji1303]
ya kebetulan pernah ngobrol dengan beberapa detailer, jadi ada cerita2 :big_peace:

Shonen wrote: Fri Apr 02, 2021 8:26 jadi inget kejadian dulu detailing sampe bisa sendiri :big_biglaugh: mungkin rada terkait sama thread ini...jadi dulu pernah bahasanya clay full body dengan mahar bbrp ratus ribu lupa tepatnya brp...ditinggal bbrp jam dari pagi sampe sore buat ngilangin ampas rem sama aspal yang nempel di bagian bawah mobil mungkin sekitar 9-10 tahun lalu...pas diambil dibawa pulang aje gile ga dikerjain udah bayar trus telpon balik g kesel dsuru bawa balik mobilnya dikerjain ulang...eh cuman mendingan aja kerjaan ga bersih, g ga ngerti de orang clay cuman semprot lubricant gosok lap...

semenjak itu bisa sendiri karena belajar dr youtube krn dulu kan ga ada akses ke youtube...skrg, itu bengkel detailing yang banyak cabangnya satu persatu tutup padahal dulu g kalo kesitu lambo sama ferrari jg ada...mobil g bulukan masuk situ ga dikerjain kalo mobil yang jarang jalan bukan mobil perang ya ga heran dicuci jg bersih, kalo mobil perang masuk kesitu ga kinclong baru keliatan kerjaannya...g kadang bingung ada org bisnis detailing tp kerjaan kaya begitu pake ada qc lagi pengen ketawa g, ga heran tutup satu2...selama ini ke bengkel detailing yang rame2 jualan coatingan ampe 15 jt g coba satu2 sejak kejadian itu emang ga ada yang bener, paling bener kerjain sendiri gampang bahan murah...yang kerjain jg bisa dilihat cuman abang2 bukan yang punya tapi ngecas harga jutaan...bayangin kalo ada supercar masuk situ disentuh abang2 baru kemaren belajar rotary atau da trus diputer di atas cat mobilnya...meringisssss :big_dunno: maka itu skrg ga pernah ke tempat salon2an mobil tempat cuci cucian mobil karena males ngebayangin kerjaanya bgt..

klo punya semacem supercar masuk situ kasian dah, better kalo nyari installer jg sama yang punya pengalaman bekas training di luar, klo pengalaman cuman diajarin asal ya hasil bakalan asal...kalo ngelihat installernya cuman punya pengalaman baru2 mending jgn deh, atau ati2 karena ga semua installer bener, pernah liat vid di youtube ada org pasang ppf asal2an bener2 kaya gambar tempel direkatin udah mobil ancur pake bayar puluhan juta...kayanya ada di youtube f***********p de mobilnya kalo ga sala lexus nx..

but kalo tpt installer isinya mobil mewah ya ga heran lah, mayoritas bisnis ini kan ga punya sales, semua walk in customer itu org yang rekomendasiin ke temennya buat masang dst makanya kalo uda ada ferrari apa lambo yang ada komunitasnya pasti temennya ikut pasang dst berdasarkan "katanya" dan customer ini kan rata2 boss mrk ga ngerti jadi terima beres aja
zaman sekarang dengan sepuluh tahun lalu memang beda. zaman dulu mana ada youtube university. sekarang semuanya modal youtube dan otomatis graduate s3. seperti misalnya kaum mendang mending di dunia otomotif atau gadget :big_biglaugh:

begitu juga segala jenis bisnis, dari yg pas2an duitnya sampe yg emang ga berseri. ya kalau penghuni SM kan rata2 hobbyists n enthusiasts, seperti mbah2 tukang koleksi tool di trit sebelah yg koleksi tool ngalahin TMIIN :big_grin: jadi kalau ngelihat detailer2 yg umum pasti meringis :mky_04:
Iya om.

Ada yang cuma 1 hari malah om. Pagi masuk sore bisa keluar [emoji23][emoji23][emoji23]
Dan ini banyak.

Tapi saya sangat puas dengan hasil coating nya walau agak lama.
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


Andhyka wrote:Kok ini merasa coating itu bakar duit ya? Coating tidak akan melindungi dari swirl mark jika cara nyuci dan ngelapnya tetap salah. Sebelumnya goresan halus itu ada di lapisan clear coat. Setelah coating goresannya itu pindah ke lapisan coating kalo lapnya kanebo.

PPF lebih masuk akal memang bisa mempertahankan keaslian cat mobil dan melindungi dari stone chip, gesekan motor lalu lalang. Tapi jika terjadi goresan saat salah parkir atau nempel bodi mobil lain itu gimana apa ada garansi atau mesti bayar ganti satu panel? Satu panel bayar berapa tuh ganti PPF-nya apa 5-10 juta? Cat ulang satu mobil utuh aja 7-8 jutaan.

IMHO mending mobil cuci sendiri pakai sabun wash & wax dan lap microfiber. Sabun Wash & Wax itu menambah lapisan wax tiap kali nyuci jadi lapisan pelindungnya ada atau nambah setelah nyuci. Terus tiap 6-12 bulan dikasih sealant (beli di Ace Hardware). Subaru saya yg udah 8 tahun sampai sekarang kelihatan baru kilaunya bagus. Ada aja yg noleh atau kirain mobil baru padahal warnya white pearl. Beda banget sama Innova umurnya 4 tahun yg dipegang sopir catnya kusam cuci pake kanebo gak ada sabun.
Nah untuk kena per panel saya blm tanya2 lebih lanjut om.

Tapi setau saya ada garansi sih. Cuma kalau karena ditabrak saya tidak tau termasuk apa tidak.

Karena kan masih liat mana yang paling ok?

Kalau saya prefer PPF + Coating om.
Soalnya catnya jauh2 lebih mahal dari itu [emoji1787]

Kenapa ditambah coating? Menurut dari info yang saya baca dan tanya karena PPF tidak punya efek daun talas. Jadi di combine sama coating biar ada efek daun talas. Selain itu buat makin mengkilap. Otomatis ganteng maksimal [emoji23]

Kalau hobi dan ngerawat pasti kinclong terus ya om.

Kalau supir kan kadang nyuci asal nyuci aja. [emoji2960]

Bukannya kanebo malah bikin swirl mark ya om?

Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by Shonen »

kunaskun wrote: Sat Apr 03, 2021 13:53
zaman sekarang dengan sepuluh tahun lalu memang beda. zaman dulu mana ada youtube university. sekarang semuanya modal youtube dan otomatis graduate s3. seperti misalnya kaum mendang mending di dunia otomotif atau gadget :big_biglaugh:

begitu juga segala jenis bisnis, dari yg pas2an duitnya sampe yg emang ga berseri. ya kalau penghuni SM kan rata2 hobbyists n enthusiasts, seperti mbah2 tukang koleksi tool di trit sebelah yg koleksi tool ngalahin TMIIN :big_grin: jadi kalau ngelihat detailer2 yg umum pasti meringis :mky_04:
iya om dulu mau ngerontokin aspal sama debu yang nempel mesti beli kura dirt & tar remover dioles seluruh bodi trus digosok, ledes badan makanya males ga tau ada metode claying segala yang ternyata jauh lebih cpt biasa pake clay mitt kalo pake clay tanah liat sama ledes jg :mky_03:
semenjak itu jadi ga pernah tu ke salon mobil apalagi cuman sekedar cuci...mending cuci sendiri de sekalian olahraga
scorpionz wrote: Sun Apr 04, 2021 4:12 Waduh.. Terus mobil yang jadi rusak gitu bagaimana om tanggung jawab dari installernya?

Serem juga ya nyarinya.

Prefer cari yg pasti2 aja deh. Soalnya harga catnya jauh lebih mahal dari PPF.

Kalau V-Kool SCBD bagaimana om? Recommended tidak?
ga ada tanggung jawab om, kalo udah jadi suatu masalah karena kerjaan ga bener dan kita tersangkut di dalem uda tau sendiri jawabannya...hehe...ya cuman miris aja bayar udah puluhan juta dengan harepan dan ekspektasi tinggi tapi ternyata ga seindah ekspektasi dalam angan2...
saya jg ga tau kejadian gmn cuman dr youtube yang bersangkutan dijelasin jgn pilih installer abal2 karena akhirannya dia yang benerin..
nyari installer ppf uda kaya nyari bengkel detailer om...
sekedar saran karena om mau coating mnrt pendapat saya yang ga pernah pasang ppf ini karena mobil saya ga semahal om2 disini :big_biglaugh: better kalo uda di ppf ga usa diapa apain dan lagi daya tahan coating ga bakal sebagus di cat...kayanya plastik itu ga bisa jamuran..coating itu kan hakikatnya menghindari jamur..

sptnya banyak yang belum paham beda coating, sealant, sama wax....intinya semua sama cuman beda daya tahan jgn mau dibohongin atau dibodo bodoin yang katanya coating itu pernis khusus buat cat anti baret, anti jamuran palagi ya claimnya ya bombastis lah pokonya cem sales jualan kalo anda percaya selamat anda termakan hoax :big_biglaugh:
coating bisa bertahan 1-2 tahun tergantung pemakaian mobilnya se badass apa kalo sering dijemur di luar max 9 bln juga luntur, sealant itu 3-6 bln sama balik lagi tergantung se badass apa, kalo wax ya cem macem cuman max 3x cuci jg luntur malah ada yang cuman sekali uda luntur...cat mobil ibarat kulit kita pas kena terik matahari kita butuh yang namanya sunscreen, ya 3 produk tadi itu ya sesimpel itu kegunaannya, jadi kalo kita garuk kulit kita apa ngga borok ttp aja kan terluka, tapi apa kita bisa jadi item abis make produk tsb ya bisa tergantung seberapa lama kita berjemur kalo ga lama dan kita pake sunscreennya dr produk oke kan bakal bisa menghindari item demikian jg 3 produk tsb utk mobil

ga ada ceritanya coating itu anti baret anti swirl mark, hal itu bakal terjadi pas kita cuci mobil apalagi yang pake produk waterless wash, selamat datang spider web :big_grin:
sama satu lagi saya pernah liat di youtube seorang senior detailer pernah bilang coating yang dilapis 2x3x itu kebohongan (saya lupa judulnya apa) karena logicnya ya kaya sunscreen tadi mo dilapis bbrp kali pun ya sama aja fungsinya apa daya tahan bertambah sepertinya ngga ya
waduh jadi curhat kepanjangan..sorry oot :big_smile]
scorpionz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 10, 2017 16:00

Re: Mohon Saran, butuh PPF

Post by scorpionz »


Shonen wrote:
scorpionz wrote: Sun Apr 04, 2021 4:12 Waduh.. Terus mobil yang jadi rusak gitu bagaimana om tanggung jawab dari installernya?

Serem juga ya nyarinya.

Prefer cari yg pasti2 aja deh. Soalnya harga catnya jauh lebih mahal dari PPF.

Kalau V-Kool SCBD bagaimana om? Recommended tidak?
ga ada tanggung jawab om, kalo udah jadi suatu masalah karena kerjaan ga bener dan kita tersangkut di dalem uda tau sendiri jawabannya...hehe...ya cuman miris aja bayar udah puluhan juta dengan harepan dan ekspektasi tinggi tapi ternyata ga seindah ekspektasi dalam angan2...
saya jg ga tau kejadian gmn cuman dr youtube yang bersangkutan dijelasin jgn pilih installer abal2 karena akhirannya dia yang benerin..
nyari installer ppf uda kaya nyari bengkel detailer om...
sekedar saran karena om mau coating mnrt pendapat saya yang ga pernah pasang ppf ini karena mobil saya ga semahal om2 disini :big_biglaugh: better kalo uda di ppf ga usa diapa apain dan lagi daya tahan coating ga bakal sebagus di cat...kayanya plastik itu ga bisa jamuran..coating itu kan hakikatnya menghindari jamur..

sptnya banyak yang belum paham beda coating, sealant, sama wax....intinya semua sama cuman beda daya tahan jgn mau dibohongin atau dibodo bodoin yang katanya coating itu pernis khusus buat cat anti baret, anti jamuran palagi ya claimnya ya bombastis lah pokonya cem sales jualan kalo anda percaya selamat anda termakan hoax :big_biglaugh:
coating bisa bertahan 1-2 tahun tergantung pemakaian mobilnya se badass apa kalo sering dijemur di luar max 9 bln juga luntur, sealant itu 3-6 bln sama balik lagi tergantung se badass apa, kalo wax ya cem macem cuman max 3x cuci jg luntur malah ada yang cuman sekali uda luntur...cat mobil ibarat kulit kita pas kena terik matahari kita butuh yang namanya sunscreen, ya 3 produk tadi itu ya sesimpel itu kegunaannya, jadi kalo kita garuk kulit kita apa ngga borok ttp aja kan terluka, tapi apa kita bisa jadi item abis make produk tsb ya bisa tergantung seberapa lama kita berjemur kalo ga lama dan kita pake sunscreennya dr produk oke kan bakal bisa menghindari item demikian jg 3 produk tsb utk mobil

ga ada ceritanya coating itu anti baret anti swirl mark, hal itu bakal terjadi pas kita cuci mobil apalagi yang pake produk waterless wash, selamat datang spider web :big_grin:
sama satu lagi saya pernah liat di youtube seorang senior detailer pernah bilang coating yang dilapis 2x3x itu kebohongan (saya lupa judulnya apa) karena logicnya ya kaya sunscreen tadi mo dilapis bbrp kali pun ya sama aja fungsinya apa daya tahan bertambah sepertinya ngga ya
waduh jadi curhat kepanjangan..sorry oot :big_smile]
Waduh.. Iya sih. Nyesek jg ya.
Tapi akhirnya bisa benar om?

Siap om.
Thanks inputnya.

Bener om. Makanya biasa ada maintenance per 6 bulan sekali kalau coating. Tapi untungnya saya jarang bgt parkir jemur.

Selalu tempat tertutup.

Benar om. Ada yg jualan bilang coating anti baret. Padahal bukan anti baret. Tapi banyak juga orang awam ga paham om. Kalau sudah coating berarti anti baret. [emoji849][emoji849][emoji849]

Padahal kan cuma buat kinclong sama efek daun talas and biar ga jamuran.

Waterless walau di coating malah swirl mark ya?

Tapi emang bagusnya harusnya kalau dah coating by logic sih jgn cuci waterless ya..