Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:09
erwinign wrote: 27 Jun 2021, 21:42
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 21:31

nah ini dulu saya jg ingin komen om.. venturer kok ga ada yang ngeluhin, apa mgkn warga sini ga ngerasain atau belom kerasa atau gimana....
venturer kan profil bannya 215 55 r17, sedangkan G dan V 205 65 r16. secara ban memang beda (turanza vs ecopia) tapi profil 55 vs 65, harusnya kan gimana2 pasti lebih empuk (dan limbung) kalau di r65 nya tipe G dan V, kok selama ini venturer user ga ada yang ngeluh kalau keras ?

ternyata memang keras ya 215 55 r17. diisi 33 psi keras ya. apa mgkn bisa coba di cek di table load indexnya dari kode laod index nya ban masing2 om, harusnya ga perlu sampe 33psi udah cukup.

saat ini di ANKI saya pake michelin primacy 4, 235 50 r18 97v (load index 97, speed max V), dulu saya isi dengan 33-35psi rata, kerasnya minta ampun, sampe kayak naik gerobak. nah setelah sharing2 ama temen, dapat info kalau ban ukuran segitu, diisi 30-31 psi aja udah cukup. dan saya coba sendiri memang cukup dan masih empuk, serta ga boros banget (resiko kalau ban kurang tekanan, agak nyeret)
akhirnya saat ini saya pake 31 psi.
Soal ukur2 tekanan ban kl udah upsized gini nih gimana ya om caranya? Saya di ertiga jg upsize jd 215 45 17 itu ya asal dikasih 35 tp krg mantep sih, walaupun sbnrnya dg tekanan 35 saya oke2 aja kl disetir
setahu saya gini om :
cari kurb weight (berat kotor) mobil masing2. misalnya innova reborn : disadur dari wikipedia : Kerb weight 1,700–1,930 kg (3,747.9–4,254.9 lb)
jadi 1.900kg. alias 2 ton lah ditambahin sendiri. misal ada penumpang 5orang x 70kg : 350kg. jadi total rata2 beban : 2.350kg.

nah cek ukuran ban masing2, ban saya : 235 50 r18 load ratingnya : 97V

yang dilihat yg 97 nya. di google banyak tabel load index, coba search pake : tyre pressure load index table.
nanti akan muncul salah satu tabel seperti di bawah.
di tabel bisa kita lihat kalau 1 ban, dengan load index 97, diisi dengan tekanan 31psi, dia bisa nerima beban 1425lb --> 4ban x 1425lb : 5700lbs setara 2.575kg. jadi harusnya masih cukup kuat untuk menahan beban mobil yang rata2 2350kg.

tapi ini perkiraan ya om, bisa salah tabel nya, tapi tempo hari saya searching2, dari beberapa tabel, saya rangkum, ada yang itungannya 4 ban 97 31psi itu bisa terima 2300-2500kg. jadi saya anggap ini nilai aman. saya ga berani terlalu ngepres, misalnya diisi tekanan 30, karena takutnya beda pabrikan ban , beda tabel.

CMIIW semoga berguna om.

btw, ertiga diisi tekanan 35psi ga kekerasen om ? pake ban apa ?
Pake potenza RE003 om, msh cukup pas sih yg tak rasa pake 35psi. Alesan2 toko ban/banyakan orang dikasih 35 gara2 udah ranah ban aspect ratio tipis om, katanya biar velg ga korban peyang. Ini yg saya ndak mantep sama argumennya.

Makasih banyak om ilmu bergizinya :big_exellent:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

erwinign wrote: 27 Jun 2021, 22:20
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:09
erwinign wrote: 27 Jun 2021, 21:42

Soal ukur2 tekanan ban kl udah upsized gini nih gimana ya om caranya? Saya di ertiga jg upsize jd 215 45 17 itu ya asal dikasih 35 tp krg mantep sih, walaupun sbnrnya dg tekanan 35 saya oke2 aja kl disetir
setahu saya gini om :
cari kurb weight (berat kotor) mobil masing2. misalnya innova reborn : disadur dari wikipedia : Kerb weight 1,700–1,930 kg (3,747.9–4,254.9 lb)
jadi 1.900kg. alias 2 ton lah ditambahin sendiri. misal ada penumpang 5orang x 70kg : 350kg. jadi total rata2 beban : 2.350kg.

nah cek ukuran ban masing2, ban saya : 235 50 r18 load ratingnya : 97V

yang dilihat yg 97 nya. di google banyak tabel load index, coba search pake : tyre pressure load index table.
nanti akan muncul salah satu tabel seperti di bawah.
di tabel bisa kita lihat kalau 1 ban, dengan load index 97, diisi dengan tekanan 31psi, dia bisa nerima beban 1425lb --> 4ban x 1425lb : 5700lbs setara 2.575kg. jadi harusnya masih cukup kuat untuk menahan beban mobil yang rata2 2350kg.

tapi ini perkiraan ya om, bisa salah tabel nya, tapi tempo hari saya searching2, dari beberapa tabel, saya rangkum, ada yang itungannya 4 ban 97 31psi itu bisa terima 2300-2500kg. jadi saya anggap ini nilai aman. saya ga berani terlalu ngepres, misalnya diisi tekanan 30, karena takutnya beda pabrikan ban , beda tabel.

CMIIW semoga berguna om.

btw, ertiga diisi tekanan 35psi ga kekerasen om ? pake ban apa ?
Pake potenza RE003 om, msh cukup pas sih yg tak rasa pake 35psi. Alesan2 toko ban/banyakan orang dikasih 35 gara2 udah ranah ban aspect ratio tipis om, katanya biar velg ga korban peyang. Ini yg saya ndak mantep sama argumennya.

Makasih banyak om ilmu bergizinya :big_exellent:
semoga membantu om.
dulu saya upsize ke ring 18 ini juga, para penjual ban dan montir2nya pada bengong, ditanyain diisi berapa psi, pada ga tau, akhirnya ada yg nyeletuk diisi 35, diisilah 35, lgsg berasa kayak gerobak.

wow ertiga dikasih potenza, siap racing ini mah. selamat menghitung om hihi.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:27
erwinign wrote: 27 Jun 2021, 22:20
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:09

setahu saya gini om :
cari kurb weight (berat kotor) mobil masing2. misalnya innova reborn : disadur dari wikipedia : Kerb weight 1,700–1,930 kg (3,747.9–4,254.9 lb)
jadi 1.900kg. alias 2 ton lah ditambahin sendiri. misal ada penumpang 5orang x 70kg : 350kg. jadi total rata2 beban : 2.350kg.

nah cek ukuran ban masing2, ban saya : 235 50 r18 load ratingnya : 97V

yang dilihat yg 97 nya. di google banyak tabel load index, coba search pake : tyre pressure load index table.
nanti akan muncul salah satu tabel seperti di bawah.
di tabel bisa kita lihat kalau 1 ban, dengan load index 97, diisi dengan tekanan 31psi, dia bisa nerima beban 1425lb --> 4ban x 1425lb : 5700lbs setara 2.575kg. jadi harusnya masih cukup kuat untuk menahan beban mobil yang rata2 2350kg.

tapi ini perkiraan ya om, bisa salah tabel nya, tapi tempo hari saya searching2, dari beberapa tabel, saya rangkum, ada yang itungannya 4 ban 97 31psi itu bisa terima 2300-2500kg. jadi saya anggap ini nilai aman. saya ga berani terlalu ngepres, misalnya diisi tekanan 30, karena takutnya beda pabrikan ban , beda tabel.

CMIIW semoga berguna om.

btw, ertiga diisi tekanan 35psi ga kekerasen om ? pake ban apa ?
Pake potenza RE003 om, msh cukup pas sih yg tak rasa pake 35psi. Alesan2 toko ban/banyakan orang dikasih 35 gara2 udah ranah ban aspect ratio tipis om, katanya biar velg ga korban peyang. Ini yg saya ndak mantep sama argumennya.

Makasih banyak om ilmu bergizinya :big_exellent:
semoga membantu om.
dulu saya upsize ke ring 18 ini juga, para penjual ban dan montir2nya pada bengong, ditanyain diisi berapa psi, pada ga tau, akhirnya ada yg nyeletuk diisi 35, diisilah 35, lgsg berasa kayak gerobak.

wow ertiga dikasih potenza, siap racing ini mah. selamat menghitung om hihi.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: wah memang bener kok om, siap resing tapi bannya thok krn selain itu masih OEM semua. Cm udah mulai dapet feel ugalnya pake ini ban, soalnya diajak tekuk2 sama jailin bbrp mobil yg ugal di transjawa bahn enak banget ini, beberapa kali coba tes bannya belok tanpa ngerem juga enak banget kaya yg dibilang om kompre di alphardnya. Dikasih 35 ini saya blg masih enak krn sokbreker-per bawaannya kl pake size ban OEM itu sedikit keempukan buat saya om, jd pake ban keras gini ya bs counter biar ke arah balance bantingannya.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

erwinign wrote:
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:27
erwinign wrote: 27 Jun 2021, 22:20 Pake potenza RE003 om, msh cukup pas sih yg tak rasa pake 35psi. Alesan2 toko ban/banyakan orang dikasih 35 gara2 udah ranah ban aspect ratio tipis om, katanya biar velg ga korban peyang. Ini yg saya ndak mantep sama argumennya.

Makasih banyak om ilmu bergizinya :big_exellent:
semoga membantu om.
dulu saya upsize ke ring 18 ini juga, para penjual ban dan montir2nya pada bengong, ditanyain diisi berapa psi, pada ga tau, akhirnya ada yg nyeletuk diisi 35, diisilah 35, lgsg berasa kayak gerobak.

wow ertiga dikasih potenza, siap racing ini mah. selamat menghitung om hihi.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: wah memang bener kok om, siap resing tapi bannya thok krn selain itu masih OEM semua. Cm udah mulai dapet feel ugalnya pake ini ban, soalnya diajak tekuk2 sama jailin bbrp mobil yg ugal di transjawa bahn enak banget ini, beberapa kali coba tes bannya belok tanpa ngerem juga enak banget kaya yg dibilang om kompre di alphardnya. Dikasih 35 ini saya blg masih enak krn sokbreker-per bawaannya kl pake size ban OEM itu sedikit keempukan buat saya om, jd pake ban keras gini ya bs counter biar ke arah balance bantingannya.
Pas dah ya om. Ban tipis keras + shock empuk jadinya pas.
Potenza ga berisik om? Grip nya waktu wet road jg bagus?

Sayangnya kenapa di reborn kok rumus tadi ga berlaku ya... shock empuk + ban keras : pancet limbung.

Shock keras + ban keras: gerobak
Shock keras + ban rada empuk: separuh gerobak [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Shock empuk+ ban empuk: limbung
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:42
erwinign wrote:
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:27

semoga membantu om.
dulu saya upsize ke ring 18 ini juga, para penjual ban dan montir2nya pada bengong, ditanyain diisi berapa psi, pada ga tau, akhirnya ada yg nyeletuk diisi 35, diisilah 35, lgsg berasa kayak gerobak.

wow ertiga dikasih potenza, siap racing ini mah. selamat menghitung om hihi.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: wah memang bener kok om, siap resing tapi bannya thok krn selain itu masih OEM semua. Cm udah mulai dapet feel ugalnya pake ini ban, soalnya diajak tekuk2 sama jailin bbrp mobil yg ugal di transjawa bahn enak banget ini, beberapa kali coba tes bannya belok tanpa ngerem juga enak banget kaya yg dibilang om kompre di alphardnya. Dikasih 35 ini saya blg masih enak krn sokbreker-per bawaannya kl pake size ban OEM itu sedikit keempukan buat saya om, jd pake ban keras gini ya bs counter biar ke arah balance bantingannya.
Pas dah ya om. Ban tipis keras + shock empuk jadinya pas.
Potenza ga berisik om? Grip nya waktu wet road jg bagus?

Sayangnya kenapa di reborn kok rumus tadi ga berlaku ya... shock empuk + ban keras : pancet limbung.

Shock keras + ban keras: gerobak
Shock keras + ban rada empuk: separuh gerobak [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Shock empuk+ ban empuk: limbung
Soal noise pasti berisik om, cuma buat saya sih potenza ga berisik2 amat. Memang ada dengung2 dikit tp dah biasa saya. Berisiknya masih enak sih, ndak kaya ban2 murah yg jelas. Berisiknya agak mirip bridgestone RFT di bmw cuman kl di bmw ndak ada dengung yg saya bilang. Wet grip oke banget sih om buat saya, udh pernah tes lewat becekan gede nyaris ndak ada kerasa ngangkat/selip. Sblm ini pake falken 912 itu wetgripnya horor banget

Saya coba di innova baru pake potenza+kaki2 ori mendingan om bantingannya, dibanding pake ekopia. Buat ukuran modif fungsi itu ganti ban ke potenza+upsize ke R18 di innova udh jauh mendingan sih buat commute dalkot, ngerem enakan, bodi yang nungging2 waktu dr R ke D ato sebaliknya ndak gitu kerasa. Tekanan sptnya 35 juga (bukan innova saya).

Cm emang namanya ladder prem sih ya om, di digimanain pun minus bawaannya scr naikan masih cukup kerasa ya saya lihat2
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Venturtle »

Clonz wrote: 27 Jun 2021, 21:31
Venturtle wrote: 27 Jun 2021, 19:38
erwinign wrote: 27 Jun 2021, 18:47

Nah bener ini om, biasa kl yang udah kelamaan pake bensin sih terus pake disel itu di hidung jadi ga tahan sama bau asepnya. Mungkin itu jg salah satu karakteristik konsumen innova bengsin juga ya om
yup.. di lingkungan sekitar ane, karakteristik konsumen innova reborn bensin kebanyakan uda berumur dan pakai supir.. jadi duduk manis aja di row 2.. kebanyakan pilih bensin alasannya karena ga tahan bau asap diesel.. kalo getaran diesel sih ane rasa uda minim apalagi di 2 GD.. diesel cukup berisik memang, tapi kalo uda di dalam kabin sih cukup hening..

btw, suspensi venturer yg pake turanza ring 17 beda karakteristik bantingannya.. keras rebound suspensinya dibanding tipe G dan V yg pake ring 16.. sekarang sih mungkin ane mau coba akali dengan tekanan angin ban belakang pakai 30 atau 31 saja.. pakai 33 keras rebound suspensinya.. tapi kalo jadi driver, tekanan angin depan mau 30 atau 33 sih nyaman nyaman saja..

ane pribadi uda kapok pake diesel .. ANKI dan ANPS ini jadi yg pertama dan terakhir.. bukan cuma bau asap diesel tapi juga perih dimata pas panasin mobil.. :big_childish:
nah ini dulu saya jg ingin komen om.. venturer kok ga ada yang ngeluhin, apa mgkn warga sini ga ngerasain atau belom kerasa atau gimana....
venturer kan profil bannya 215 55 r17, sedangkan G dan V 205 65 r16. secara ban memang beda (turanza vs ecopia) tapi profil 55 vs 65, harusnya kan gimana2 pasti lebih empuk (dan limbung) kalau di r65 nya tipe G dan V, kok selama ini venturer user ga ada yang ngeluh kalau keras ?

ternyata memang keras ya 215 55 r17. diisi 33 psi keras ya. apa mgkn bisa coba di cek di table load indexnya dari kode laod index nya ban masing2 om, harusnya ga perlu sampe 33psi udah cukup.

saat ini di ANKI saya pake michelin primacy 4, 235 50 r18 97v (load index 97, speed max V), dulu saya isi dengan 33-35psi rata, kerasnya minta ampun, sampe kayak naik gerobak. nah setelah sharing2 ama temen, dapat info kalau ban ukuran segitu, diisi 30-31 psi aja udah cukup. dan saya coba sendiri memang cukup dan masih empuk, serta ga boros banget (resiko kalau ban kurang tekanan, agak nyeret)
akhirnya saat ini saya pake 31 psi.
ANKI om pake tekanan angin 31 rata depan belakang ya.. kalo 31,jadi penumpang row 2 bantingan suspensinya gimana?

venturer tekanan angin depan 33 masih oke dan cukup stabil juga untuk ukuran ladder frame.. cuma tekanan angin belakang 33 ga enak rebound suspensinya..
mungkin rekan SM banyak yg nyetir sendiri Venturer nya jadi ya nyaman nyaman saja.. pas jadi penumpang row 2 baru berasa keras bantingan suspensinya.
venturer kalo sempat mau ane tes antara 30-30 atau 31-31..
sekarang kebanyakan di garasi venturer nya.. pake mazda 2 buat dalkot.. :ungg:

oh ya, di ANKI , P ke R kadang kadang keras perpindahannya.. apakah om juga mengalami? :ungg:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

erwinign wrote:
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 22:42
erwinign wrote: :big_biglaugh: :big_biglaugh: wah memang bener kok om, siap resing tapi bannya thok krn selain itu masih OEM semua. Cm udah mulai dapet feel ugalnya pake ini ban, soalnya diajak tekuk2 sama jailin bbrp mobil yg ugal di transjawa bahn enak banget ini, beberapa kali coba tes bannya belok tanpa ngerem juga enak banget kaya yg dibilang om kompre di alphardnya. Dikasih 35 ini saya blg masih enak krn sokbreker-per bawaannya kl pake size ban OEM itu sedikit keempukan buat saya om, jd pake ban keras gini ya bs counter biar ke arah balance bantingannya.
Pas dah ya om. Ban tipis keras + shock empuk jadinya pas.
Potenza ga berisik om? Grip nya waktu wet road jg bagus?

Sayangnya kenapa di reborn kok rumus tadi ga berlaku ya... shock empuk + ban keras : pancet limbung.

Shock keras + ban keras: gerobak
Shock keras + ban rada empuk: separuh gerobak [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Shock empuk+ ban empuk: limbung
Soal noise pasti berisik om, cuma buat saya sih potenza ga berisik2 amat. Memang ada dengung2 dikit tp dah biasa saya. Berisiknya masih enak sih, ndak kaya ban2 murah yg jelas. Berisiknya agak mirip bridgestone RFT di bmw cuman kl di bmw ndak ada dengung yg saya bilang. Wet grip oke banget sih om buat saya, udh pernah tes lewat becekan gede nyaris ndak ada kerasa ngangkat/selip. Sblm ini pake falken 912 itu wetgripnya horor banget

Saya coba di innova baru pake potenza+kaki2 ori mendingan om bantingannya, dibanding pake ekopia. Buat ukuran modif fungsi itu ganti ban ke potenza+upsize ke R18 di innova udh jauh mendingan sih buat commute dalkot, ngerem enakan, bodi yang nungging2 waktu dr R ke D ato sebaliknya ndak gitu kerasa. Tekanan sptnya 35 juga (bukan innova saya).

Cm emang namanya ladder prem sih ya om, di digimanain pun minus bawaannya scr naikan masih cukup kerasa ya saya lihat2
Mantap jg ya. Temen saya jg ada yg ganti ecopia ke conti trus ke potenza kyknya udah puas banget ama potenza nya.

Dengung2 di ertiga mgkn ga kerasa soalnya ertiga tergolong cukup baik jg kekedapan kabinnya ya om. Tp ya masih kalah lah kalo ama bmw nya om ha3.

Oh ya saya sempet pake r18, kaki2 standart, tekanan dr 32, 33,35,37 saya coba semua. Sampe dipelototin orang bengkel, ini orang waras apa ga kok ganti2 tekanan terus. Ya gimana lagi ya, ga ada yg enak bantingannya. Keras kalau dah kena poldur2 atau speed trap. Ganti ban ke r18 memang udah kerasa sih mengurangi limbung dan efek lari2 waktu manuver, tp kalau goyangan body waktu belok ke samping kanan kirinya memang ga bisa ilang.

Betul2... ladder frame emang ga bisa nyaingi kenyamanan monokok emang kali ya. Makanya di negara maju sono, dah jarang keliatan suv suv ladder frame. Jadul jaduulll. CMIIW
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »


Venturtle wrote:
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 21:31
Venturtle wrote: 27 Jun 2021, 19:38 yup.. di lingkungan sekitar ane, karakteristik konsumen innova reborn bensin kebanyakan uda berumur dan pakai supir.. jadi duduk manis aja di row 2.. kebanyakan pilih bensin alasannya karena ga tahan bau asap diesel.. kalo getaran diesel sih ane rasa uda minim apalagi di 2 GD.. diesel cukup berisik memang, tapi kalo uda di dalam kabin sih cukup hening..

btw, suspensi venturer yg pake turanza ring 17 beda karakteristik bantingannya.. keras rebound suspensinya dibanding tipe G dan V yg pake ring 16.. sekarang sih mungkin ane mau coba akali dengan tekanan angin ban belakang pakai 30 atau 31 saja.. pakai 33 keras rebound suspensinya.. tapi kalo jadi driver, tekanan angin depan mau 30 atau 33 sih nyaman nyaman saja..

ane pribadi uda kapok pake diesel .. ANKI dan ANPS ini jadi yg pertama dan terakhir.. bukan cuma bau asap diesel tapi juga perih dimata pas panasin mobil.. :big_childish:
nah ini dulu saya jg ingin komen om.. venturer kok ga ada yang ngeluhin, apa mgkn warga sini ga ngerasain atau belom kerasa atau gimana....
venturer kan profil bannya 215 55 r17, sedangkan G dan V 205 65 r16. secara ban memang beda (turanza vs ecopia) tapi profil 55 vs 65, harusnya kan gimana2 pasti lebih empuk (dan limbung) kalau di r65 nya tipe G dan V, kok selama ini venturer user ga ada yang ngeluh kalau keras ?

ternyata memang keras ya 215 55 r17. diisi 33 psi keras ya. apa mgkn bisa coba di cek di table load indexnya dari kode laod index nya ban masing2 om, harusnya ga perlu sampe 33psi udah cukup.

saat ini di ANKI saya pake michelin primacy 4, 235 50 r18 97v (load index 97, speed max V), dulu saya isi dengan 33-35psi rata, kerasnya minta ampun, sampe kayak naik gerobak. nah setelah sharing2 ama temen, dapat info kalau ban ukuran segitu, diisi 30-31 psi aja udah cukup. dan saya coba sendiri memang cukup dan masih empuk, serta ga boros banget (resiko kalau ban kurang tekanan, agak nyeret)
akhirnya saat ini saya pake 31 psi.
ANKI om pake tekanan angin 31 rata depan belakang ya.. kalo 31,jadi penumpang row 2 bantingan suspensinya gimana?

venturer tekanan angin depan 33 masih oke dan cukup stabil juga untuk ukuran ladder frame.. cuma tekanan angin belakang 33 ga enak rebound suspensinya..
mungkin rekan SM banyak yg nyetir sendiri Venturer nya jadi ya nyaman nyaman saja.. pas jadi penumpang row 2 baru berasa keras bantingan suspensinya.
venturer kalo sempat mau ane tes antara 30-30 atau 31-31..
sekarang kebanyakan di garasi venturer nya.. pake mazda 2 buat dalkot.. :ungg:

oh ya, di ANKI , P ke R kadang kadang keras perpindahannya.. apakah om juga mengalami? :ungg:
Iya om skrg ANKI saya pake tekanan 31 psi depan belakang.
Bantigan row 2 saya ga pernah coba sih, soalnya saya selalu jadi sopir. Cuman sya sendiri biasanya selalu mantau ngedengerin suara jeduk dr belakang kalau ngelewatin poldur atau jalan belombang, waktu pake ban ori tipe G 205 65 r16 isi 33psi masih kerasa keras.
Waktu ganti 235 50 r18 33psi, lebih keras lagi.
Skrg 235 50 r18 31psi, lebih tolerable. Pernah pake 235 50 r18 30psi, ini enak bener empuk, tp tarikan gambot lebih berat dan MID menunjukkan konsumsi bbm lebih boros.

Coba om cek ban nya venturernya itu entah turanza apa saya lupa. Er33 kali yah. Itu load ratingnya berapa, coba dihitung pake rumus di post saya sebelumnya, kalau 30psi aman ya dicoba aja om, tp itu profil bannya 215 55 r17 itu tipis banget, kalau tekanan terlalu tipis apa ga takut jeduk velg nya?

Untuk perpindahan gigi, kerasnya itu maksudnya: 1.ngoper dr P ke R nya susah atau 2. bunyi suara keras atau 3. keluar suara jedug om?

Kalau saya sih:
1. Ngoper ga keras. Dr P saya ke N dulu trus R. Dan ga pernah masuk ke P dulu sebelum handbrake, terutama kalau parkir di tanjakan.
2. Bunyi keras waktu shifting ga ada. Lancar dan ga ada suara aneh2
3. Sering keluar suara gludug atau jeduk waktu dr N ke D atau ke R. Dan transmisi ANKI ini kan bodo banget kan, mau masuk gigi aja jedanya sampe sedetik baru pindah. Udah dikomplainkan ke beres, katanya ya emang gini. Ya apa mau dikata dah...udah gitu kalau pindah ke D atau R, selalu mobilnya mendal.

Btw omnya ga merasa transmisi AT nya rada kagok2 ini ANKI? Kayak ga bisa cari torsi yg pas.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by KielConstantine »

Clonz wrote: 27 Jun 2021, 23:58 Oh ya saya sempet pake r18, kaki2 standart, tekanan dr 32, 33,35,37 saya coba semua. Sampe dipelototin orang bengkel, ini orang waras apa ga kok ganti2 tekanan terus. Ya gimana lagi ya, ga ada yg enak bantingannya. Keras kalau dah kena poldur2 atau speed trap. Ganti ban ke r18 memang udah kerasa sih mengurangi limbung dan efek lari2 waktu manuver, tp kalau goyangan body waktu belok ke samping kanan kirinya memang ga bisa ilang.

Betul2... ladder frame emang ga bisa nyaingi kenyamanan monokok emang kali ya. Makanya di negara maju sono, dah jarang keliatan suv suv ladder frame. Jadul jaduulll. CMIIW
Apa kabar om? Tumben threadnya bangkit lg. Gile ngeri amat kolega kerja di wuling, kepapar corona meninggal….. Niat berburu mobil tunda dulu yah … ini aja mulai mengganas lg, prediksi sampe agustus 2021 makin menjadi si virus kampret 🦠

Btw, iya bener tuh kodrat ladder frame. Ane ud coba racik-racik suspensi 2kd pake ini itu sgala macam shock profender, lowering kit tein, ultra racing, segala michelin primacy 4. Supaya nikung enak pas high speed. Memang menolong sihh ada perbedaan. Tp diadu sama bmw spek standart ya kalah :big_biglaugh:

Belom lagi kerasnya…… Jangan ditanya deh bantingan ud kek gerobak (kalo hal ini ane kg komplain sih, maklum masih muda.. wkwkwk)

Ladder frame emang lebih peruntukan offroad, pergi2 ke remote places gitu sih. Di sini (indo) laku keras, ya karena jalanan kita banyak rusak, lobang, sama banjir. Ditambah faktor third world country, cari mobil yg perawatan seminimal mungkin, kalo bisa jgn bikin kantong bolong. Semodel sama india, filipina dan sebangsanya

Ane sih sampe skarang penasaran aja sama Toyota land cruiser, Mercedes G class, GLS dan sebangsanya. Itu kan mereka jg masuk ladder frame. Kg pernah coba driving sih. Mau tau aja, apa separah itu juga ride qualitynya. Atau karena kategori luxury class ada komponen2 yg dipasang buat bisa membuai pengendara & penumpangnya :)
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

KielConstantine wrote: 28 Jun 2021, 00:27
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 23:58 Oh ya saya sempet pake r18, kaki2 standart, tekanan dr 32, 33,35,37 saya coba semua. Sampe dipelototin orang bengkel, ini orang waras apa ga kok ganti2 tekanan terus. Ya gimana lagi ya, ga ada yg enak bantingannya. Keras kalau dah kena poldur2 atau speed trap. Ganti ban ke r18 memang udah kerasa sih mengurangi limbung dan efek lari2 waktu manuver, tp kalau goyangan body waktu belok ke samping kanan kirinya memang ga bisa ilang.

Betul2... ladder frame emang ga bisa nyaingi kenyamanan monokok emang kali ya. Makanya di negara maju sono, dah jarang keliatan suv suv ladder frame. Jadul jaduulll. CMIIW
Apa kabar om? Tumben threadnya bangkit lg. Gile ngeri amat kolega kerja di wuling, kepapar corona meninggal….. Niat berburu mobil tunda dulu yah … ini aja mulai mengganas lg, prediksi sampe agustus 2021 makin menjadi si virus kampret 🦠

Btw, iya bener tuh kodrat ladder frame. Ane ud coba racik-racik suspensi 2kd pake ini itu sgala macam shock profender, lowering kit tein, ultra racing, segala michelin primacy 4. Supaya nikung enak pas high speed. Memang menolong sihh ada perbedaan. Tp diadu sama bmw spek standart ya kalah :big_biglaugh:

Belom lagi kerasnya…… Jangan ditanya deh bantingan ud kek gerobak (kalo hal ini ane kg komplain sih, maklum masih muda.. wkwkwk)

Ladder frame emang lebih peruntukan offroad, pergi2 ke remote places gitu sih. Di sini (indo) laku keras, ya karena jalanan kita banyak rusak, lobang, sama banjir. Ditambah faktor third world country, cari mobil yg perawatan seminimal mungkin, kalo bisa jgn bikin kantong bolong. Semodel sama india, filipina dan sebangsanya

Ane sih sampe skarang penasaran aja sama Toyota land cruiser, Mercedes G class, GLS dan sebangsanya. Itu kan mereka jg masuk ladder frame. Kg pernah coba driving sih. Mau tau aja, apa separah itu juga ride qualitynya. Atau karena kategori luxury class ada komponen2 yg dipasang buat bisa membuai pengendara & penumpangnya :)
iya gara2 ada om yang ngomen, jadi ikut nimbrung lagi dah. haha.

ooo om nya ngoprek 2kd to. kirain main 2gd juga. 2kd vs 2gd sepengamatan saya, meskipun bentuk per dan shocknya mirip2, ternyata beda lo om.
saya naik 2kd temen saya, diesel, ban + per + shock standart semua, lebih anteng drpd 2gd yang standartan. bahkan setelah saya upsize ban, ganti shock, malah kelewat over keras drpd 2kd hahaha. ampon dah.

Tp diadu sama bmw spek standart ya kalah :big_biglaugh: --> baca ini ngenes hahaha. udah mumet dan abis uang banyak, kalah ama standaran.

"Ane sih sampe skarang penasaran aja sama Toyota land cruiser, Mercedes G class, GLS dan sebangsanya. Itu kan mereka jg masuk ladder frame. Kg pernah coba driving sih. Mau tau aja, apa separah itu juga ride qualitynya. Atau karena kategori luxury class ada komponen2 yg dipasang buat bisa membuai pengendara & penumpangnya :)" --> kayaknya begitu om, pasti ada yang beda di kaki2nya. klalau ga gitu ga mgkn bisa mahal segitunya harganya. pasti banyak yang beda di segi kaki2 supaya ladder frame tetep nyaman dan kuat.

ini gua google tadi :
Land Cruiser rides on an independent double-wishbone suspension with coil springs and stabilizer bar up front, and a 4-link rear suspension with coil springs, stabilizer bar and semi-floating axle in the rear. It's a proven system that has stood the test of time.

independent suspesion ommm. jelasss. lha ini innova ? gerobak 1 papan ahahhaa. mau dioperk gimanapun ga akan bisa ngejar, karena memang secara konstruksi udah kalah teknologi. jadul abisss... kaki2nya aja kalah ama cortez tipe L yang udah independen (ga ngomongin awetnya ya, teknologinya)

tadi sempet liak tokped juga, shocknya land cruiser mah dah 40jt satu set. ngeriii
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by rakyatwkwkland »

Clonz wrote: 28 Jun 2021, 14:23
KielConstantine wrote: 28 Jun 2021, 00:27
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 23:58 Oh ya saya sempet pake r18, kaki2 standart, tekanan dr 32, 33,35,37 saya coba semua. Sampe dipelototin orang bengkel, ini orang waras apa ga kok ganti2 tekanan terus. Ya gimana lagi ya, ga ada yg enak bantingannya. Keras kalau dah kena poldur2 atau speed trap. Ganti ban ke r18 memang udah kerasa sih mengurangi limbung dan efek lari2 waktu manuver, tp kalau goyangan body waktu belok ke samping kanan kirinya memang ga bisa ilang.

Betul2... ladder frame emang ga bisa nyaingi kenyamanan monokok emang kali ya. Makanya di negara maju sono, dah jarang keliatan suv suv ladder frame. Jadul jaduulll. CMIIW
Apa kabar om? Tumben threadnya bangkit lg. Gile ngeri amat kolega kerja di wuling, kepapar corona meninggal….. Niat berburu mobil tunda dulu yah … ini aja mulai mengganas lg, prediksi sampe agustus 2021 makin menjadi si virus kampret 🦠

Btw, iya bener tuh kodrat ladder frame. Ane ud coba racik-racik suspensi 2kd pake ini itu sgala macam shock profender, lowering kit tein, ultra racing, segala michelin primacy 4. Supaya nikung enak pas high speed. Memang menolong sihh ada perbedaan. Tp diadu sama bmw spek standart ya kalah :big_biglaugh:

Belom lagi kerasnya…… Jangan ditanya deh bantingan ud kek gerobak (kalo hal ini ane kg komplain sih, maklum masih muda.. wkwkwk)

Ladder frame emang lebih peruntukan offroad, pergi2 ke remote places gitu sih. Di sini (indo) laku keras, ya karena jalanan kita banyak rusak, lobang, sama banjir. Ditambah faktor third world country, cari mobil yg perawatan seminimal mungkin, kalo bisa jgn bikin kantong bolong. Semodel sama india, filipina dan sebangsanya

Ane sih sampe skarang penasaran aja sama Toyota land cruiser, Mercedes G class, GLS dan sebangsanya. Itu kan mereka jg masuk ladder frame. Kg pernah coba driving sih. Mau tau aja, apa separah itu juga ride qualitynya. Atau karena kategori luxury class ada komponen2 yg dipasang buat bisa membuai pengendara & penumpangnya :)
iya gara2 ada om yang ngomen, jadi ikut nimbrung lagi dah. haha.

ooo om nya ngoprek 2kd to. kirain main 2gd juga. 2kd vs 2gd sepengamatan saya, meskipun bentuk per dan shocknya mirip2, ternyata beda lo om.
saya naik 2kd temen saya, diesel, ban + per + shock standart semua, lebih anteng drpd 2gd yang standartan. bahkan setelah saya upsize ban, ganti shock, malah kelewat over keras drpd 2kd hahaha. ampon dah.

Tp diadu sama bmw spek standart ya kalah :big_biglaugh: --> baca ini ngenes hahaha. udah mumet dan abis uang banyak, kalah ama standaran.

"Ane sih sampe skarang penasaran aja sama Toyota land cruiser, Mercedes G class, GLS dan sebangsanya. Itu kan mereka jg masuk ladder frame. Kg pernah coba driving sih. Mau tau aja, apa separah itu juga ride qualitynya. Atau karena kategori luxury class ada komponen2 yg dipasang buat bisa membuai pengendara & penumpangnya :)" --> kayaknya begitu om, pasti ada yang beda di kaki2nya. klalau ga gitu ga mgkn bisa mahal segitunya harganya. pasti banyak yang beda di segi kaki2 supaya ladder frame tetep nyaman dan kuat.

ini gua google tadi :
Land Cruiser rides on an independent double-wishbone suspension with coil springs and stabilizer bar up front, and a 4-link rear suspension with coil springs, stabilizer bar and semi-floating axle in the rear. It's a proven system that has stood the test of time.

independent suspesion ommm. jelasss. lha ini innova ? gerobak 1 papan ahahhaa. mau dioperk gimanapun ga akan bisa ngejar, karena memang secara konstruksi udah kalah teknologi. jadul abisss... kaki2nya aja kalah ama cortez tipe L yang udah independen (ga ngomongin awetnya ya, teknologinya)

tadi sempet liak tokped juga, shocknya land cruiser mah dah 40jt satu set. ngeriii
Yha maklum oom, LC ada trim yg dah airsus. Kalo di indo yg LC200 yg msh dijual saat ini yg trim VX-R. Jadi ya harap maklum kalo harga partsnya udah mirip2 ngeropah :big_grin:
Mungkin mobil2 macam Mercy GLS juga segituan kali ya harga SA nya sepasang, atau kalau teknologi suspensinya one step ahead lagi bahkan bisa lebih mahal...
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Venturtle »

Clonz wrote: 28 Jun 2021, 00:08
Venturtle wrote:
Clonz wrote: 27 Jun 2021, 21:31

nah ini dulu saya jg ingin komen om.. venturer kok ga ada yang ngeluhin, apa mgkn warga sini ga ngerasain atau belom kerasa atau gimana....
venturer kan profil bannya 215 55 r17, sedangkan G dan V 205 65 r16. secara ban memang beda (turanza vs ecopia) tapi profil 55 vs 65, harusnya kan gimana2 pasti lebih empuk (dan limbung) kalau di r65 nya tipe G dan V, kok selama ini venturer user ga ada yang ngeluh kalau keras ?

ternyata memang keras ya 215 55 r17. diisi 33 psi keras ya. apa mgkn bisa coba di cek di table load indexnya dari kode laod index nya ban masing2 om, harusnya ga perlu sampe 33psi udah cukup.

saat ini di ANKI saya pake michelin primacy 4, 235 50 r18 97v (load index 97, speed max V), dulu saya isi dengan 33-35psi rata, kerasnya minta ampun, sampe kayak naik gerobak. nah setelah sharing2 ama temen, dapat info kalau ban ukuran segitu, diisi 30-31 psi aja udah cukup. dan saya coba sendiri memang cukup dan masih empuk, serta ga boros banget (resiko kalau ban kurang tekanan, agak nyeret)
akhirnya saat ini saya pake 31 psi.
ANKI om pake tekanan angin 31 rata depan belakang ya.. kalo 31,jadi penumpang row 2 bantingan suspensinya gimana?

venturer tekanan angin depan 33 masih oke dan cukup stabil juga untuk ukuran ladder frame.. cuma tekanan angin belakang 33 ga enak rebound suspensinya..
mungkin rekan SM banyak yg nyetir sendiri Venturer nya jadi ya nyaman nyaman saja.. pas jadi penumpang row 2 baru berasa keras bantingan suspensinya.
venturer kalo sempat mau ane tes antara 30-30 atau 31-31..
sekarang kebanyakan di garasi venturer nya.. pake mazda 2 buat dalkot.. :ungg:

oh ya, di ANKI , P ke R kadang kadang keras perpindahannya.. apakah om juga mengalami? :ungg:
Iya om skrg ANKI saya pake tekanan 31 psi depan belakang.
Bantigan row 2 saya ga pernah coba sih, soalnya saya selalu jadi sopir. Cuman sya sendiri biasanya selalu mantau ngedengerin suara jeduk dr belakang kalau ngelewatin poldur atau jalan belombang, waktu pake ban ori tipe G 205 65 r16 isi 33psi masih kerasa keras.
Waktu ganti 235 50 r18 33psi, lebih keras lagi.
Skrg 235 50 r18 31psi, lebih tolerable. Pernah pake 235 50 r18 30psi, ini enak bener empuk, tp tarikan gambot lebih berat dan MID menunjukkan konsumsi bbm lebih boros.

Coba om cek ban nya venturernya itu entah turanza apa saya lupa. Er33 kali yah. Itu load ratingnya berapa, coba dihitung pake rumus di post saya sebelumnya, kalau 30psi aman ya dicoba aja om, tp itu profil bannya 215 55 r17 itu tipis banget, kalau tekanan terlalu tipis apa ga takut jeduk velg nya?

Untuk perpindahan gigi, kerasnya itu maksudnya: 1.ngoper dr P ke R nya susah atau 2. bunyi suara keras atau 3. keluar suara jedug om?

Kalau saya sih:
1. Ngoper ga keras. Dr P saya ke N dulu trus R. Dan ga pernah masuk ke P dulu sebelum handbrake, terutama kalau parkir di tanjakan.
2. Bunyi keras waktu shifting ga ada. Lancar dan ga ada suara aneh2
3. Sering keluar suara gludug atau jeduk waktu dr N ke D atau ke R. Dan transmisi ANKI ini kan bodo banget kan, mau masuk gigi aja jedanya sampe sedetik baru pindah. Udah dikomplainkan ke beres, katanya ya emang gini. Ya apa mau dikata dah...udah gitu kalau pindah ke D atau R, selalu mobilnya mendal.

Btw omnya ga merasa transmisi AT nya rada kagok2 ini ANKI? Kayak ga bisa cari torsi yg pas.
thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 20:27
Clonz wrote: 28 Jun 2021, 00:08
Venturtle wrote: ANKI om pake tekanan angin 31 rata depan belakang ya.. kalo 31,jadi penumpang row 2 bantingan suspensinya gimana?

venturer tekanan angin depan 33 masih oke dan cukup stabil juga untuk ukuran ladder frame.. cuma tekanan angin belakang 33 ga enak rebound suspensinya..
mungkin rekan SM banyak yg nyetir sendiri Venturer nya jadi ya nyaman nyaman saja.. pas jadi penumpang row 2 baru berasa keras bantingan suspensinya.
venturer kalo sempat mau ane tes antara 30-30 atau 31-31..
sekarang kebanyakan di garasi venturer nya.. pake mazda 2 buat dalkot.. :ungg:

oh ya, di ANKI , P ke R kadang kadang keras perpindahannya.. apakah om juga mengalami? :ungg:
Iya om skrg ANKI saya pake tekanan 31 psi depan belakang.
Bantigan row 2 saya ga pernah coba sih, soalnya saya selalu jadi sopir. Cuman sya sendiri biasanya selalu mantau ngedengerin suara jeduk dr belakang kalau ngelewatin poldur atau jalan belombang, waktu pake ban ori tipe G 205 65 r16 isi 33psi masih kerasa keras.
Waktu ganti 235 50 r18 33psi, lebih keras lagi.
Skrg 235 50 r18 31psi, lebih tolerable. Pernah pake 235 50 r18 30psi, ini enak bener empuk, tp tarikan gambot lebih berat dan MID menunjukkan konsumsi bbm lebih boros.

Coba om cek ban nya venturernya itu entah turanza apa saya lupa. Er33 kali yah. Itu load ratingnya berapa, coba dihitung pake rumus di post saya sebelumnya, kalau 30psi aman ya dicoba aja om, tp itu profil bannya 215 55 r17 itu tipis banget, kalau tekanan terlalu tipis apa ga takut jeduk velg nya?

Untuk perpindahan gigi, kerasnya itu maksudnya: 1.ngoper dr P ke R nya susah atau 2. bunyi suara keras atau 3. keluar suara jedug om?

Kalau saya sih:
1. Ngoper ga keras. Dr P saya ke N dulu trus R. Dan ga pernah masuk ke P dulu sebelum handbrake, terutama kalau parkir di tanjakan.
2. Bunyi keras waktu shifting ga ada. Lancar dan ga ada suara aneh2
3. Sering keluar suara gludug atau jeduk waktu dr N ke D atau ke R. Dan transmisi ANKI ini kan bodo banget kan, mau masuk gigi aja jedanya sampe sedetik baru pindah. Udah dikomplainkan ke beres, katanya ya emang gini. Ya apa mau dikata dah...udah gitu kalau pindah ke D atau R, selalu mobilnya mendal.

Btw omnya ga merasa transmisi AT nya rada kagok2 ini ANKI? Kayak ga bisa cari torsi yg pas.
thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Venturtle »

erwinign wrote: 28 Jun 2021, 21:17
Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 20:27
Clonz wrote: 28 Jun 2021, 00:08

Iya om skrg ANKI saya pake tekanan 31 psi depan belakang.
Bantigan row 2 saya ga pernah coba sih, soalnya saya selalu jadi sopir. Cuman sya sendiri biasanya selalu mantau ngedengerin suara jeduk dr belakang kalau ngelewatin poldur atau jalan belombang, waktu pake ban ori tipe G 205 65 r16 isi 33psi masih kerasa keras.
Waktu ganti 235 50 r18 33psi, lebih keras lagi.
Skrg 235 50 r18 31psi, lebih tolerable. Pernah pake 235 50 r18 30psi, ini enak bener empuk, tp tarikan gambot lebih berat dan MID menunjukkan konsumsi bbm lebih boros.

Coba om cek ban nya venturernya itu entah turanza apa saya lupa. Er33 kali yah. Itu load ratingnya berapa, coba dihitung pake rumus di post saya sebelumnya, kalau 30psi aman ya dicoba aja om, tp itu profil bannya 215 55 r17 itu tipis banget, kalau tekanan terlalu tipis apa ga takut jeduk velg nya?

Untuk perpindahan gigi, kerasnya itu maksudnya: 1.ngoper dr P ke R nya susah atau 2. bunyi suara keras atau 3. keluar suara jedug om?

Kalau saya sih:
1. Ngoper ga keras. Dr P saya ke N dulu trus R. Dan ga pernah masuk ke P dulu sebelum handbrake, terutama kalau parkir di tanjakan.
2. Bunyi keras waktu shifting ga ada. Lancar dan ga ada suara aneh2
3. Sering keluar suara gludug atau jeduk waktu dr N ke D atau ke R. Dan transmisi ANKI ini kan bodo banget kan, mau masuk gigi aja jedanya sampe sedetik baru pindah. Udah dikomplainkan ke beres, katanya ya emang gini. Ya apa mau dikata dah...udah gitu kalau pindah ke D atau R, selalu mobilnya mendal.

Btw omnya ga merasa transmisi AT nya rada kagok2 ini ANKI? Kayak ga bisa cari torsi yg pas.
thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
oh ya, ANKI om pakai tekanan angin berapa depan belakang? bannya masih standar?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 21:49
erwinign wrote: 28 Jun 2021, 21:17
Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 20:27

thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
oh ya, ANKI om pakai tekanan angin berapa depan belakang? bannya masih standar?
Saya ga pake ANKI oom, beberapa kali perna nyetir agak lama aja punya sodara. Yg saya inget kl yg potenza 235 50 18 pake 35psi, satunya pake dueler 689 215 65 16 ngga tau berapa
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by sintoni »

Penturer ortu cuma dipake ber2 selalu diisi 33, alasannya kalau tekanan ban dibawah itu, bannya kayak kempes gitu, kayak kurang angin.

Emang ane liat gitu jg, 33 aja masi kayak kurang angin, bagusnya 35 tapi emang naikan keras
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

erwinign wrote: 28 Jun 2021, 21:17
Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 20:27
Clonz wrote: 28 Jun 2021, 00:08

Iya om skrg ANKI saya pake tekanan 31 psi depan belakang.
Bantigan row 2 saya ga pernah coba sih, soalnya saya selalu jadi sopir. Cuman sya sendiri biasanya selalu mantau ngedengerin suara jeduk dr belakang kalau ngelewatin poldur atau jalan belombang, waktu pake ban ori tipe G 205 65 r16 isi 33psi masih kerasa keras.
Waktu ganti 235 50 r18 33psi, lebih keras lagi.
Skrg 235 50 r18 31psi, lebih tolerable. Pernah pake 235 50 r18 30psi, ini enak bener empuk, tp tarikan gambot lebih berat dan MID menunjukkan konsumsi bbm lebih boros.

Coba om cek ban nya venturernya itu entah turanza apa saya lupa. Er33 kali yah. Itu load ratingnya berapa, coba dihitung pake rumus di post saya sebelumnya, kalau 30psi aman ya dicoba aja om, tp itu profil bannya 215 55 r17 itu tipis banget, kalau tekanan terlalu tipis apa ga takut jeduk velg nya?

Untuk perpindahan gigi, kerasnya itu maksudnya: 1.ngoper dr P ke R nya susah atau 2. bunyi suara keras atau 3. keluar suara jedug om?

Kalau saya sih:
1. Ngoper ga keras. Dr P saya ke N dulu trus R. Dan ga pernah masuk ke P dulu sebelum handbrake, terutama kalau parkir di tanjakan.
2. Bunyi keras waktu shifting ga ada. Lancar dan ga ada suara aneh2
3. Sering keluar suara gludug atau jeduk waktu dr N ke D atau ke R. Dan transmisi ANKI ini kan bodo banget kan, mau masuk gigi aja jedanya sampe sedetik baru pindah. Udah dikomplainkan ke beres, katanya ya emang gini. Ya apa mau dikata dah...udah gitu kalau pindah ke D atau R, selalu mobilnya mendal.

Btw omnya ga merasa transmisi AT nya rada kagok2 ini ANKI? Kayak ga bisa cari torsi yg pas.
thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
iya bener. pas stop and go selalu bgng. dan apalagi kalau low speed, harusnya bisa gear 2, tapi selalu ke arah gear 1, jadi njedul2 ga jelas.

oya sekalian tanya, ATF nya speknya yang recommended berapa ya ? kayaknya dalam waktu dekat musti kuras ATF nih... km 27rb now.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

om om ada yang pernah pake ban 225 55 r17 atau 225 60 r17 atau 225 55 r18 ?
mohon sharing impresi dong.
dan grasruk ga ya ? per ketinggian standart, ga ceper2an
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:01
erwinign wrote: 28 Jun 2021, 21:17
Venturtle wrote: 28 Jun 2021, 20:27

thanks sharing ilmunya, om.. :big_deal:

barusan ane liat di inet dan coba hitung dengan turanza er33 215/55/r17 itu 94 V.. tekanan angin 30/31 masih bisa sih tergantung angkut berapa penumpang.. kalo feeling ane sih pasnya antara 30-30 atau 31-31 mungkin.. kalo 33 sih keras bantingannya di row 2.. kecuali kalo mau isi full penumpang ya tekanan angin ban ditingkatkan lagi.. kalo ane sih biasanya paling 2-4 orang saja..
P pas pindah gigi ke R kadang agak keras, tapi kadang kadang saja sih.. oh, harus pindah ke N dulu baru ke R ya ? jadi urutan kalo P ke R itu P-N-R ?
Soal transmisi ya begitulah.. masih enakan transmisi 6 speed automaticnya mazda 2 kalo menurut selera ane :mky_01:
Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
iya bener. pas stop and go selalu bgng. dan apalagi kalau low speed, harusnya bisa gear 2, tapi selalu ke arah gear 1, jadi njedul2 ga jelas.

oya sekalian tanya, ATF nya speknya yang recommended berapa ya ? kayaknya dalam waktu dekat musti kuras ATF nih... km 27rb now.
Innova baru itu ATF WS om kl saya paca pdf buku panduannya. Bs ke Q8 auto MV ato ga PTT LV1. Mic saya geser ke mbah DOHC :big_smile]
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by McLaren »

Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:02 om om ada yang pernah pake ban 225 55 r17 atau 225 60 r17 atau 225 55 r18 ?
mohon sharing impresi dong.
dan grasruk ga ya ? per ketinggian standart, ga ceper2an
Sy pake 225/50 r18 continental ultracontact, lengket bgt ama jalan. Dan masih longgar banget kolong bannya. Nanti klo ganti ban mau pake yg 225/55 r18, merk yg sama.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

erwinign wrote: 29 Jun 2021, 21:02
Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:01
erwinign wrote: 28 Jun 2021, 21:17

Geared AT toyota pasaran itu mau dr jaman 4sp sampe 6sp di innova itu tetep punya 1 karakter sama om = pas stop and go suka bingung gear hunting terus masuk gigi 1. Apalagi kl ATFnya salah spek udh deh, ga enak banget pas momen itu
iya bener. pas stop and go selalu bgng. dan apalagi kalau low speed, harusnya bisa gear 2, tapi selalu ke arah gear 1, jadi njedul2 ga jelas.

oya sekalian tanya, ATF nya speknya yang recommended berapa ya ? kayaknya dalam waktu dekat musti kuras ATF nih... km 27rb now.
Innova baru itu ATF WS om kl saya paca pdf buku panduannya. Bs ke Q8 auto MV ato ga PTT LV1. Mic saya geser ke mbah DOHC :big_smile]
siap. PTT LV1 ya. musti diganti tiap berapa rb km ya om ? kmrn saya tanya ke beres dijawabnya 80rb. kok ga masuk akal kayaknya...

McLaren wrote: 30 Jun 2021, 07:54
Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:02 om om ada yang pernah pake ban 225 55 r17 atau 225 60 r17 atau 225 55 r18 ?
mohon sharing impresi dong.
dan grasruk ga ya ? per ketinggian standart, ga ceper2an
Sy pake 225/50 r18 continental ultracontact, lengket bgt ama jalan. Dan masih longgar banget kolong bannya. Nanti klo ganti ban mau pake yg 225/55 r18, merk yg sama.
wah conti uc6 kah om ? enak ya ? conti ini karakternya kek gimana sih ? mending conti atau michelin ?
225 50 r18 ga keras ta om karena kan ketebalannya termasuk agak tipis. nah iya saya jg kmrn kepikiran mau 225 55 r18. tp kok carinya susah, dan yang ada kmrn saya searching2 nemunya yokohama, michelin, harganya udah tembus 2jutaan 1 ban.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by maastricht889 »

Clonz wrote: 01 Jul 2021, 16:36
erwinign wrote: 29 Jun 2021, 21:02
Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:01

iya bener. pas stop and go selalu bgng. dan apalagi kalau low speed, harusnya bisa gear 2, tapi selalu ke arah gear 1, jadi njedul2 ga jelas.

oya sekalian tanya, ATF nya speknya yang recommended berapa ya ? kayaknya dalam waktu dekat musti kuras ATF nih... km 27rb now.
Innova baru itu ATF WS om kl saya paca pdf buku panduannya. Bs ke Q8 auto MV ato ga PTT LV1. Mic saya geser ke mbah DOHC :big_smile]
siap. PTT LV1 ya. musti diganti tiap berapa rb km ya om ? kmrn saya tanya ke beres dijawabnya 80rb. kok ga masuk akal kayaknya...
Std aman ya ganti yg di karter per 20rb km, flush per 40rb km om. Itu std yang sering macet2an, pake daily, mesin udah oprek2

Saya dulu di ertiga ngetes di 2018 keadaan blm pernah kuras dr baru+sebagian di karter pake ATF salah spek sih tahan sampe 58rb km cuman ya gearboksnya dah menuju sakaratul maut saking ngga enaknya :big_biglaugh:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by McLaren »

Clonz wrote: 01 Jul 2021, 16:36
erwinign wrote: 29 Jun 2021, 21:02
Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:01

iya bener. pas stop and go selalu bgng. dan apalagi kalau low speed, harusnya bisa gear 2, tapi selalu ke arah gear 1, jadi njedul2 ga jelas.

oya sekalian tanya, ATF nya speknya yang recommended berapa ya ? kayaknya dalam waktu dekat musti kuras ATF nih... km 27rb now.
Innova baru itu ATF WS om kl saya paca pdf buku panduannya. Bs ke Q8 auto MV ato ga PTT LV1. Mic saya geser ke mbah DOHC :big_smile]
siap. PTT LV1 ya. musti diganti tiap berapa rb km ya om ? kmrn saya tanya ke beres dijawabnya 80rb. kok ga masuk akal kayaknya...

McLaren wrote: 30 Jun 2021, 07:54
Clonz wrote: 29 Jun 2021, 18:02 om om ada yang pernah pake ban 225 55 r17 atau 225 60 r17 atau 225 55 r18 ?
mohon sharing impresi dong.
dan grasruk ga ya ? per ketinggian standart, ga ceper2an
Sy pake 225/50 r18 continental ultracontact, lengket bgt ama jalan. Dan masih longgar banget kolong bannya. Nanti klo ganti ban mau pake yg 225/55 r18, merk yg sama.
wah conti uc6 kah om ? enak ya ? conti ini karakternya kek gimana sih ? mending conti atau michelin ?
225 50 r18 ga keras ta om karena kan ketebalannya termasuk agak tipis. nah iya saya jg kmrn kepikiran mau 225 55 r18. tp kok carinya susah, dan yang ada kmrn saya searching2 nemunya yokohama, michelin, harganya udah tembus 2jutaan 1 ban.
Saya baru ngerasain ban standar ecopiya r16, itu kaya melayang.
Enak si lubang ngga gitu kerasa, apalagi sy di pantura.
Tp kontrolnya ngga ada.

Lalu Toyo Tranpath 235/50 R18, tp setirnya jd jerky klo kena lubang. Goyang2.
Keras wkwkwk, tp stabil lah nikung2.

Lalu ganti UC6 225/50 R18, setir jadi anteng klo kena lubang, mirip pake ecopiya bawaan.
Sama kerasnya kek Tranpath 235/50.

Posisi pake velg oem aphard yak..
nanti makanya mo ganti 225/55 klo yg UC6 dah habis.
UC6 ada juga yg 225/55, cuman pas sy ganti ban, tinggal dua biji yg profil 55. Ya udah, sy angkut yg profil 50.
Pilihan lain 225/55 R18 tuh Savero SUV, murah 900 rb per ban, cmn sy belum pernah coba.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by carlzeiss »

Sorry membangkitkan thread lama daripada bikin baru

Mau nanya nih dan minta pendapat om om semua

Worth it ga tuker almaz exclusive 5 seater tahun 2020 km 30 ribuan pakai dari baru ke venturer, V atau Q bensin 2016-2017 km 45 - 76 rbuan

Keperluannya sbenernya :
1. Muat banyak , karena almaz saya seatnya hanya 5 , harusnya waktu itu beli yg 7

2. Tiap hari ngejer waktu, jd udh otomatis diajak lompat , lari terus

3. Nyaman keluar kota, ini blm pernah coba sih ANKI, dibanding kenyamanannya dengan almaz gmn, klo waktu itu dari hrv ke almaz sih berasa bgt perubahannya jauh lebih nyaman almaz

4. Apakah perbedaan kenyamanan sangat naik di Anki ini dibanding innova dono gen sblumnya, sempet pelihara V bensin matic 2014 luxury dan menurut saya keras apalagi lewat lubang pasti geter dar dar

Mohon maaf ga ambil yg diesel, karna satu harganya ga masuk kantong, kedua seandainya masuk kantong, dptnya yang tipe trondol dan kek kurang sreg takut cepet bosen

Oh ya bensin di anki dibanding gnki ada improvement ya di konsumsi bensin ? Bener kah ?
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?

Post by Clonz »

McLaren wrote:
Clonz wrote: 01 Jul 2021, 16:36
erwinign wrote: 29 Jun 2021, 21:02 Innova baru itu ATF WS om kl saya paca pdf buku panduannya. Bs ke Q8 auto MV ato ga PTT LV1. Mic saya geser ke mbah DOHC :big_smile]
siap. PTT LV1 ya. musti diganti tiap berapa rb km ya om ? kmrn saya tanya ke beres dijawabnya 80rb. kok ga masuk akal kayaknya...

McLaren wrote: 30 Jun 2021, 07:54 Sy pake 225/50 r18 continental ultracontact, lengket bgt ama jalan. Dan masih longgar banget kolong bannya. Nanti klo ganti ban mau pake yg 225/55 r18, merk yg sama.
wah conti uc6 kah om ? enak ya ? conti ini karakternya kek gimana sih ? mending conti atau michelin ?
225 50 r18 ga keras ta om karena kan ketebalannya termasuk agak tipis. nah iya saya jg kmrn kepikiran mau 225 55 r18. tp kok carinya susah, dan yang ada kmrn saya searching2 nemunya yokohama, michelin, harganya udah tembus 2jutaan 1 ban.
Saya baru ngerasain ban standar ecopiya r16, itu kaya melayang.
Enak si lubang ngga gitu kerasa, apalagi sy di pantura.
Tp kontrolnya ngga ada.

Lalu Toyo Tranpath 235/50 R18, tp setirnya jd jerky klo kena lubang. Goyang2.
Keras wkwkwk, tp stabil lah nikung2.

Lalu ganti UC6 225/50 R18, setir jadi anteng klo kena lubang, mirip pake ecopiya bawaan.
Sama kerasnya kek Tranpath 235/50.

Posisi pake velg oem aphard yak..
nanti makanya mo ganti 225/55 klo yg UC6 dah habis.
UC6 ada juga yg 225/55, cuman pas sy ganti ban, tinggal dua biji yg profil 55. Ya udah, sy angkut yg profil 50.
Pilihan lain 225/55 R18 tuh Savero SUV, murah 900 rb per ban, cmn sy belum pernah coba.
Sbb om. Sampe lupa ada trit ini yg tiba2 dibangkitkan oleh user lain haha.

Makasih sharingnya om. Mau coba conti deh next time.

Tp jadi kepikiran mau ganti 215 60 r17 aja deh. Lebih murah, dan capek kena 235 50 r18. Keras bantingannya dan ketarik kanan kiri bannya kelewat lebar.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post