Re: Mohon saran innova diesel tukar guling almaz rs?
Posted: Mon Apr 05, 2021 10:28
Terima kasih sebelumnya buat para om om warga sini, ternyata thread saya kok jadi heboh amat gini ya. mgkn karena topiknya ingin mengganti innova reborn 2gd diesel yang jadi primadona seindonesia dengan mobil lain.
dan mobil penggantinya kontroversial haha.
Saya ingin ceritakan aja panjang lebar dikit ya om om sekalian, kenapa kok saya bisa ada kepikiran ingin mengganti 2GD ini ke mobil kontroversial Almaz RS ini...
jadi beberapa tahun lalu saya pake CRV RE 2011 2.4 AT yang saya beli 2nd waktu itu.
saya cukup puas dengan mobil ini karena lebih mewah dari mobil sebelumnya suzuki SX4 2011 AT.
yaaa,mobil tidak ada yang sempurna, CRV RE ini kekurangannya menurut saya :
1. agak keras (dan sebelum dijual terakhir kali, semkain keras, mgkn shocknya udah mati)
2. berisik, road noise masuk kemana2 (katanya memang trademarknya honda), dan sayangnya saya ga coba ganti ban sebelum saya jual, waktu itu ban pake BS dueler ht.
3. boros walaupun udah pake pertamax terus sejak awal beli sampe dijual.
Akhirnya RE dijual karena mulai jajan, dan yg annoying terakhir, dia setir lari ke kiri terus, walaupun udah spooring, rotasi ban, ganti bushing, ganti shock, ganti tierod longtierod di bengkel spesialis (yg menjengkelkan adalah, beres nya saya tanyain ini mobil kenapa, mereka ga ngerti). Keluarga saya waktu itu 1 istri dan 1 anak saja, rada2 sayang sih RE dijual karena mereka merasa cukup nyaman dengan naikannya (stabil dan ga goyang2 limbung, meskipun rada mbanting karena keras)
nah berangkat dari situ, saya cari mobil pengganti, puter2, cari2 2nd dan new, yang masuk radar waktu itu : xtral t32 2nd, isuzu mux 2nd (dulu mgkn om ginting pernah sempet tau kalau saya tanya mobil itu di sini), all new ertiga, serta innova 2gd diesel new, (dan sempet voxy, tapi waktu itu masih over budget karena baru launch).
dan sembari memilih, waktu itu saya sampe coba2 mocin2, DFSK dan wuling, salah satunya almaz (belum RS) dan cortez.
DFSK saya not impressed sama sekali (maaf), sepertinya mobilnya campur sari, semacam 1 brand laptop keluarin produk yang 1 windows 8, satunya lagi windows 10, yg lain windows xp. jadi ga ada yang perfect, dan kurang mature.
anak dan istri waktu itu kesengsem cortez dan almaz waktu test drive. corteznya suka karena anak bisa "jalan2" di dalam mobil karena captain seatnya, dan saya sendiri drive cortez mayan cocok, mirip2 crv feelnya (bantingannya, lebih kedap, tapi not impressed dengan mesin dan transmisinya), almaz malah lebih mirip lagi ama RE (dan lebih empuk)
cuman akhirnya mocin saya tinggalkan karena ya, faktor yang udah disebutin oleh om om sekalian di sini : reliability dan resale value (ini salah satu faktor penting waktu itu dalam memilih mobil pengganti REnya)
pendek cerita, akhirnya temen2 dan keluarga lain, serta banyak masukan dari sana sini, semua condongnya ke Innova 2GD Diesel 2.4 G AT dan akhirnya saya ambil mobil itu beli dari baru (karena harga 2ndnya masih tinggi, dengan dikasih bonus kilometer yang tinggi pula hahaha), jadi ya mending beli baru. Walaupun dengan kurang sreg, karena ini mobil diesel pertama saya, kemudian saya dari dulu memang tidak suka toyota, apalagi mobil mainstreamnya dia (ortu punya innova bensin di rumah, dan saya jg mabok kalau disuruh naik mobil itu, nose dive waktu ngerem, kejambak waktu ngegas dikit, bikin mual), tapi karena tidak ada pilihan lain ya akhirnya dibelilah itu 2GD.
kenapa saya pilih tipe G? Waktu itu pertimbangannya :
1. Saya kira beda di ornamen interior dan dashboard aja --> dan salesnya jg ga ngerti bedanya apa G dan V
2. Harga lebih terjangkau (waktu itu beda 70-80jt)
3. Saya lihat mobil ini bisa diupgrade/dipermak dikit2 sehingga mirip dengan V atau dipermak di sektor lain sehingga better dengan V (misal audionya, atau bodykitnya, atau jok kulitnya)
Seiring jalannya waktu pake ini mobil, saya yang udah beberapa tahun kebiasaan naik mobil monokok lama2 gerah juga, antara lain :
1. limbungnya, yg ternyata setelah bawa innova ortu, baru kerasa kalau ini 2gd lebih parah lagi nose divenya
2. tarikannya kurang kontan kalau pake mode normal (dan eco apalagi), dibanding RE. kalau pake power mode, malah sruntulan susah ngaturnya.
3. transmisinya aneh, dan sering "gledak" waktu masuk mundur atau masuk D --> katanya normal oleh beres.
4. remnya ga pakem (untung punya saya ga getar)
5. ini subjektif sih karena memang saya ambil G --> interior plain dan minim fitur banget, lampu masih halogen, ga ada retart spion, dll dll. padahal ini mobil udah 350jt waktu itu, dan skrg udah menyentuh 400jt (sebelum ppnbm).
6. peredaman minim
7. kaca film dapat yang biasa banget dan bikin kabin jadi panas.
8. setir suka lari2 sendiri, dan kelewat ringan, juga waktu spooring susah cari centernya.
9. ban berasa kayak donat, dan agak horor kalau udah di tol hujan, ga hujan pun mau manuver selip2 udah feel horor kayak mau cemet bannya.
10. ac kompor, yg bikin bete tuh ac nya sering bikin kaca ngembun, dan kalau mau agak2 anget gitu ga bisa, dinginnn terus...
11. tenaga agak boyo di putaran tengah (2000am rpm) kalau di bawah sih enak tarikan njambak, tapi waktu di tengah dan pas tanjakan, kok kayak hilang tenaga.
12. ga irit2 amat, kalau jalan pelan2 sih mayan irit, tapi kalau udah dibawa agak kenceng dikit dia ga terlalu istimewa.
13. built quality jelek amat : pernah struntulan ama spion avanza, lgsg spions aya pecah, bodi peyok, cat ngelupas, tipis amat.... shock belom setahun lemes, disc brake tau sendiri, dll dll.
overall saya merasa saya keluarin duit segini (sori, kebiasaan beli mobil 2nd) tapi kok dapatnya ga enak semua (kabin panas, jok belom kulit, lampu ga terang, transmisi ga jelas, limbung, serta peredaman minim)
tapi sembari 2 tahun ini, mobil saya modif dikit2 dengan harapan bisa lebih aman, nyaman dan ganteng:
1. kasih jok semibekleed, yg apes nya saya pake mbtech camaro yg super panas, abis 3.5 jt kalao ga salah
2. audio saya kasih audio dari mobil lama, ya lumayan lah ada bassnya abis 3jt
3. HU saya ganti android tomiki 10inch biar bisa ala2 kekinian maps dan youtube di tengah layar. abis 7jt
4. kaki2 udah saya ceritain di atas kalau udah pernah ganti ban dan per + shock (ban pake michelin priumacy 4 235 50 r18, velg kw r18 saja, per ganti mulai dari eibach/tein/jamex, shock profender/jamex) tapi ga nemu kombinasi yang enak jadi mobil malah keras. --> untuk sektor kaki2 saya sebelum memutuskan unttuk ganti ban dan per+shock sudah coba punya temen yang pake spek mirip tapi innovanya tipe V, waktu diaplikasikan ke tipe G beda, ga nemu settingan yang bisa enak kayak V. ban velg abis 14, kaki2 10an kurang lebih
5. lainnya kosmetik seperti part luxury, bodykit, stoplamp (headlamp belom ganti, udah males mau ngoprek) mgkn abis 7-8jt
6. kasih peredam 1 layer aja, abis 4jutaan
7. oya bbm saya pake dexlite, dan dex, akhir2 ini banyak dex terus. oli pake delvac dan ptt 5w40.
nah setelah di kasih pernak pernik, yang dibilang banyak mgkn juga nggak bagi sebagian orang, tapi juga ga bisa dibilang dikit buat saya, tetep aja ini mobil kerasa ga enak.
yg paling bikin saya merasa gerah adalah : bantingan ga bisa enak, memang lebih mendingan sih kalau pake primacy4, tapi malah kelewat keras dan keluarga jadi teriak2 kalau kena jalan gelombang atau lubang. mau kenceng dikit di kec 60 atau 80km/h di kota aja saya sendiri sebagai driver jg merasa ga pede dalam arti merasa mobil ini udah ga bisa ngegrip enak di jalan, pasti penumpang akan merasa terombang-ambing di belakang. dan memang iya, anak saya udah kerasa ga nyaman.
banyak yang bilang bannya r18 itu terlalu tipis, jadi mending pake r17, tapi ya udah terlanjur.
nah sejak itu saya sempet kepikiran memang ini mobil gimana2 pun ga akan bisa enak naikannya (ladder frame vs monokok). Stelah abis duit segitu, kenapa kok dulu ga beli mobil yang udah fit dan proper aja sekalian ya.
jadi saya langsung stop aja modif2 (kaca film ga diapa2in walaupun panas, peredam jg udah 4jt aja, kaki2 balik standard dll, remap ? pingin sih, tapi takut efek ke belakangnya soalnya remap itu kan membuka potensi mesin digenjot hingga beberapa persen lebih tinggi drpd yg ditentukan pabrik, pasti akan menambah friction yang takutnya malah bikin mesin trouble lah dll (maaf saya awam tlg di koreksi atau dikasih masukan))
Dan skrg saya kuat2in pake mobil ini walaupun dengan kekurangan2nya. Ngebayangin mau keluar kota dengan bantingan mobil kayak gerobak menurut pantat saya (no offense) gini kok males ya.
Anak skrg udah 2, yg 1 juga udah mulai sekolah dan banyak aktivitas, jadi saya mulai ancang2 cari mobil kedua yg mana saya cari mobil yang agak kompak, tapi tetep 7 seater kalau bisa, tapi ga gede amat, dan irit serta biaya ga tinggi. sambil hunting2 dan memantau, lha kok tiba2 ada Almaz RS datang, udah gitu dikasih diskon khusus menyambut sikon PPnBM, di harga 360jt an dengan seabrek fitur, kemewahan, serta safety features (yang mana ga ada blas di innova).
Saya kepikiran: adanya ADAS itu bisa bikin nyetir lebih santai kayaknya ya, bisa menjaga mobil lebih aman ga keluar jalur, bisa rem sendiri ga telat, bisa cruise control adaptive, trus udah canggih pula, ada sunroof, udah 7 seater, trus dulu pernah TD juga kok kayaknya lebih enak naikannya dr innova (skrg belum TD lagi sih hehe)
nah dari situ aja, mencuat pemikiran apa enaknnya ini innova dituker ke almaz ya ? tapi ini masih wacana dan saya masih awam ama almaz ini, apalagi di kota kecil saya, masih jarang pemilik dan apalagi komunitasnya, oleh karena itu saya minta bantuan temen2 om2 SM sekalian yg beraneka ragam asalnya, mgkn lebih banyak tahu dari saya , terutama yang jadi ketakutan terbesar di mobcin : reliability dan durabilitynya. Untuk resale value sebenarnya tetep masuk dalam pertimbangan, cuman karena udah tiap hari kayak sedikit alergi naik 2gd, jadi saya kesampingkan dulu hahaha.
Begitu cerita saya, semoga ga capek mbacanya (karena saya ngetiknya ajak capek), kira2 rekomendasi dari om om sekalian apa ? terlepas dari wuling almaz yang kontroversial hahaha.
innova mgkn bukan mobil jelek, tapi not really buat saya sebenarnya, saya ga butuh mobil yang bisa buat angkut beras ber sak2 sampe ratusan kilo, atau masukin 7 orang tiap hari kayak travel/rental, mobil yang super irit bisa minum biosolar dan ngebut kayak racing car (nyetir kec 120-140 aja udah cukup mengerikan di innova dengan ban ecopianya, dan saya beli pertadex jg untungnya masih mampu), mobil jg ga mgkn dipake sampe 10 tahun atau lebih, apalagi yang tipe G saya punya ini boring amat dalemnya, pasti.
kriteria yang diinginkan :
1. lumayan lega mirip innova, terutama di baris kedua dan bagasi jangan dilupakan
2. naikan enak dan stabil ga limbung dan aneh kayak innova reborn
3. fitur juga mumpuni (sukur2 ada cruise control, serta safety features)
4. fit dan proper lah
5. 5 seater atau 7 seater is okay
6. di buat luar kota ga bikin cape dan mual.
7. kalau bisa jangan diesel lagi.
8. budget less than 400mil.
9. baru atau 2nd boleh.
10. interior ga parah2 amat
untuk om om yang rekomndasikan voxy, serena, crv, mazda dll terima kasih banget ya.
paling mengena di hati sih voxy kalau play safe.
terima kasih SM, semua saran dan masukan akan saya tampung, beberapa mobil kandidat lain juga saya tampung, belom tentu juga ini 2gd saya tuker guling apalagi lihat sharing dari rekan2 yang bikin almaz bisa overheat dll, bikin jadi ngeri. Ditunggu saran2 selanjutnya. salam.
dan mobil penggantinya kontroversial haha.
Saya ingin ceritakan aja panjang lebar dikit ya om om sekalian, kenapa kok saya bisa ada kepikiran ingin mengganti 2GD ini ke mobil kontroversial Almaz RS ini...
jadi beberapa tahun lalu saya pake CRV RE 2011 2.4 AT yang saya beli 2nd waktu itu.
saya cukup puas dengan mobil ini karena lebih mewah dari mobil sebelumnya suzuki SX4 2011 AT.
yaaa,mobil tidak ada yang sempurna, CRV RE ini kekurangannya menurut saya :
1. agak keras (dan sebelum dijual terakhir kali, semkain keras, mgkn shocknya udah mati)
2. berisik, road noise masuk kemana2 (katanya memang trademarknya honda), dan sayangnya saya ga coba ganti ban sebelum saya jual, waktu itu ban pake BS dueler ht.
3. boros walaupun udah pake pertamax terus sejak awal beli sampe dijual.
Akhirnya RE dijual karena mulai jajan, dan yg annoying terakhir, dia setir lari ke kiri terus, walaupun udah spooring, rotasi ban, ganti bushing, ganti shock, ganti tierod longtierod di bengkel spesialis (yg menjengkelkan adalah, beres nya saya tanyain ini mobil kenapa, mereka ga ngerti). Keluarga saya waktu itu 1 istri dan 1 anak saja, rada2 sayang sih RE dijual karena mereka merasa cukup nyaman dengan naikannya (stabil dan ga goyang2 limbung, meskipun rada mbanting karena keras)
nah berangkat dari situ, saya cari mobil pengganti, puter2, cari2 2nd dan new, yang masuk radar waktu itu : xtral t32 2nd, isuzu mux 2nd (dulu mgkn om ginting pernah sempet tau kalau saya tanya mobil itu di sini), all new ertiga, serta innova 2gd diesel new, (dan sempet voxy, tapi waktu itu masih over budget karena baru launch).
dan sembari memilih, waktu itu saya sampe coba2 mocin2, DFSK dan wuling, salah satunya almaz (belum RS) dan cortez.
DFSK saya not impressed sama sekali (maaf), sepertinya mobilnya campur sari, semacam 1 brand laptop keluarin produk yang 1 windows 8, satunya lagi windows 10, yg lain windows xp. jadi ga ada yang perfect, dan kurang mature.
anak dan istri waktu itu kesengsem cortez dan almaz waktu test drive. corteznya suka karena anak bisa "jalan2" di dalam mobil karena captain seatnya, dan saya sendiri drive cortez mayan cocok, mirip2 crv feelnya (bantingannya, lebih kedap, tapi not impressed dengan mesin dan transmisinya), almaz malah lebih mirip lagi ama RE (dan lebih empuk)
cuman akhirnya mocin saya tinggalkan karena ya, faktor yang udah disebutin oleh om om sekalian di sini : reliability dan resale value (ini salah satu faktor penting waktu itu dalam memilih mobil pengganti REnya)
pendek cerita, akhirnya temen2 dan keluarga lain, serta banyak masukan dari sana sini, semua condongnya ke Innova 2GD Diesel 2.4 G AT dan akhirnya saya ambil mobil itu beli dari baru (karena harga 2ndnya masih tinggi, dengan dikasih bonus kilometer yang tinggi pula hahaha), jadi ya mending beli baru. Walaupun dengan kurang sreg, karena ini mobil diesel pertama saya, kemudian saya dari dulu memang tidak suka toyota, apalagi mobil mainstreamnya dia (ortu punya innova bensin di rumah, dan saya jg mabok kalau disuruh naik mobil itu, nose dive waktu ngerem, kejambak waktu ngegas dikit, bikin mual), tapi karena tidak ada pilihan lain ya akhirnya dibelilah itu 2GD.
kenapa saya pilih tipe G? Waktu itu pertimbangannya :
1. Saya kira beda di ornamen interior dan dashboard aja --> dan salesnya jg ga ngerti bedanya apa G dan V
2. Harga lebih terjangkau (waktu itu beda 70-80jt)
3. Saya lihat mobil ini bisa diupgrade/dipermak dikit2 sehingga mirip dengan V atau dipermak di sektor lain sehingga better dengan V (misal audionya, atau bodykitnya, atau jok kulitnya)
Seiring jalannya waktu pake ini mobil, saya yang udah beberapa tahun kebiasaan naik mobil monokok lama2 gerah juga, antara lain :
1. limbungnya, yg ternyata setelah bawa innova ortu, baru kerasa kalau ini 2gd lebih parah lagi nose divenya
2. tarikannya kurang kontan kalau pake mode normal (dan eco apalagi), dibanding RE. kalau pake power mode, malah sruntulan susah ngaturnya.
3. transmisinya aneh, dan sering "gledak" waktu masuk mundur atau masuk D --> katanya normal oleh beres.
4. remnya ga pakem (untung punya saya ga getar)
5. ini subjektif sih karena memang saya ambil G --> interior plain dan minim fitur banget, lampu masih halogen, ga ada retart spion, dll dll. padahal ini mobil udah 350jt waktu itu, dan skrg udah menyentuh 400jt (sebelum ppnbm).
6. peredaman minim
7. kaca film dapat yang biasa banget dan bikin kabin jadi panas.
8. setir suka lari2 sendiri, dan kelewat ringan, juga waktu spooring susah cari centernya.
9. ban berasa kayak donat, dan agak horor kalau udah di tol hujan, ga hujan pun mau manuver selip2 udah feel horor kayak mau cemet bannya.
10. ac kompor, yg bikin bete tuh ac nya sering bikin kaca ngembun, dan kalau mau agak2 anget gitu ga bisa, dinginnn terus...
11. tenaga agak boyo di putaran tengah (2000am rpm) kalau di bawah sih enak tarikan njambak, tapi waktu di tengah dan pas tanjakan, kok kayak hilang tenaga.
12. ga irit2 amat, kalau jalan pelan2 sih mayan irit, tapi kalau udah dibawa agak kenceng dikit dia ga terlalu istimewa.
13. built quality jelek amat : pernah struntulan ama spion avanza, lgsg spions aya pecah, bodi peyok, cat ngelupas, tipis amat.... shock belom setahun lemes, disc brake tau sendiri, dll dll.
overall saya merasa saya keluarin duit segini (sori, kebiasaan beli mobil 2nd) tapi kok dapatnya ga enak semua (kabin panas, jok belom kulit, lampu ga terang, transmisi ga jelas, limbung, serta peredaman minim)
tapi sembari 2 tahun ini, mobil saya modif dikit2 dengan harapan bisa lebih aman, nyaman dan ganteng:
1. kasih jok semibekleed, yg apes nya saya pake mbtech camaro yg super panas, abis 3.5 jt kalao ga salah
2. audio saya kasih audio dari mobil lama, ya lumayan lah ada bassnya abis 3jt
3. HU saya ganti android tomiki 10inch biar bisa ala2 kekinian maps dan youtube di tengah layar. abis 7jt
4. kaki2 udah saya ceritain di atas kalau udah pernah ganti ban dan per + shock (ban pake michelin priumacy 4 235 50 r18, velg kw r18 saja, per ganti mulai dari eibach/tein/jamex, shock profender/jamex) tapi ga nemu kombinasi yang enak jadi mobil malah keras. --> untuk sektor kaki2 saya sebelum memutuskan unttuk ganti ban dan per+shock sudah coba punya temen yang pake spek mirip tapi innovanya tipe V, waktu diaplikasikan ke tipe G beda, ga nemu settingan yang bisa enak kayak V. ban velg abis 14, kaki2 10an kurang lebih
5. lainnya kosmetik seperti part luxury, bodykit, stoplamp (headlamp belom ganti, udah males mau ngoprek) mgkn abis 7-8jt
6. kasih peredam 1 layer aja, abis 4jutaan
7. oya bbm saya pake dexlite, dan dex, akhir2 ini banyak dex terus. oli pake delvac dan ptt 5w40.
nah setelah di kasih pernak pernik, yang dibilang banyak mgkn juga nggak bagi sebagian orang, tapi juga ga bisa dibilang dikit buat saya, tetep aja ini mobil kerasa ga enak.
yg paling bikin saya merasa gerah adalah : bantingan ga bisa enak, memang lebih mendingan sih kalau pake primacy4, tapi malah kelewat keras dan keluarga jadi teriak2 kalau kena jalan gelombang atau lubang. mau kenceng dikit di kec 60 atau 80km/h di kota aja saya sendiri sebagai driver jg merasa ga pede dalam arti merasa mobil ini udah ga bisa ngegrip enak di jalan, pasti penumpang akan merasa terombang-ambing di belakang. dan memang iya, anak saya udah kerasa ga nyaman.
banyak yang bilang bannya r18 itu terlalu tipis, jadi mending pake r17, tapi ya udah terlanjur.
nah sejak itu saya sempet kepikiran memang ini mobil gimana2 pun ga akan bisa enak naikannya (ladder frame vs monokok). Stelah abis duit segitu, kenapa kok dulu ga beli mobil yang udah fit dan proper aja sekalian ya.
jadi saya langsung stop aja modif2 (kaca film ga diapa2in walaupun panas, peredam jg udah 4jt aja, kaki2 balik standard dll, remap ? pingin sih, tapi takut efek ke belakangnya soalnya remap itu kan membuka potensi mesin digenjot hingga beberapa persen lebih tinggi drpd yg ditentukan pabrik, pasti akan menambah friction yang takutnya malah bikin mesin trouble lah dll (maaf saya awam tlg di koreksi atau dikasih masukan))
Dan skrg saya kuat2in pake mobil ini walaupun dengan kekurangan2nya. Ngebayangin mau keluar kota dengan bantingan mobil kayak gerobak menurut pantat saya (no offense) gini kok males ya.
Anak skrg udah 2, yg 1 juga udah mulai sekolah dan banyak aktivitas, jadi saya mulai ancang2 cari mobil kedua yg mana saya cari mobil yang agak kompak, tapi tetep 7 seater kalau bisa, tapi ga gede amat, dan irit serta biaya ga tinggi. sambil hunting2 dan memantau, lha kok tiba2 ada Almaz RS datang, udah gitu dikasih diskon khusus menyambut sikon PPnBM, di harga 360jt an dengan seabrek fitur, kemewahan, serta safety features (yang mana ga ada blas di innova).
Saya kepikiran: adanya ADAS itu bisa bikin nyetir lebih santai kayaknya ya, bisa menjaga mobil lebih aman ga keluar jalur, bisa rem sendiri ga telat, bisa cruise control adaptive, trus udah canggih pula, ada sunroof, udah 7 seater, trus dulu pernah TD juga kok kayaknya lebih enak naikannya dr innova (skrg belum TD lagi sih hehe)
nah dari situ aja, mencuat pemikiran apa enaknnya ini innova dituker ke almaz ya ? tapi ini masih wacana dan saya masih awam ama almaz ini, apalagi di kota kecil saya, masih jarang pemilik dan apalagi komunitasnya, oleh karena itu saya minta bantuan temen2 om2 SM sekalian yg beraneka ragam asalnya, mgkn lebih banyak tahu dari saya , terutama yang jadi ketakutan terbesar di mobcin : reliability dan durabilitynya. Untuk resale value sebenarnya tetep masuk dalam pertimbangan, cuman karena udah tiap hari kayak sedikit alergi naik 2gd, jadi saya kesampingkan dulu hahaha.
Begitu cerita saya, semoga ga capek mbacanya (karena saya ngetiknya ajak capek), kira2 rekomendasi dari om om sekalian apa ? terlepas dari wuling almaz yang kontroversial hahaha.
innova mgkn bukan mobil jelek, tapi not really buat saya sebenarnya, saya ga butuh mobil yang bisa buat angkut beras ber sak2 sampe ratusan kilo, atau masukin 7 orang tiap hari kayak travel/rental, mobil yang super irit bisa minum biosolar dan ngebut kayak racing car (nyetir kec 120-140 aja udah cukup mengerikan di innova dengan ban ecopianya, dan saya beli pertadex jg untungnya masih mampu), mobil jg ga mgkn dipake sampe 10 tahun atau lebih, apalagi yang tipe G saya punya ini boring amat dalemnya, pasti.
kriteria yang diinginkan :
1. lumayan lega mirip innova, terutama di baris kedua dan bagasi jangan dilupakan
2. naikan enak dan stabil ga limbung dan aneh kayak innova reborn
3. fitur juga mumpuni (sukur2 ada cruise control, serta safety features)
4. fit dan proper lah
5. 5 seater atau 7 seater is okay
6. di buat luar kota ga bikin cape dan mual.
7. kalau bisa jangan diesel lagi.
8. budget less than 400mil.
9. baru atau 2nd boleh.
10. interior ga parah2 amat
untuk om om yang rekomndasikan voxy, serena, crv, mazda dll terima kasih banget ya.
paling mengena di hati sih voxy kalau play safe.
terima kasih SM, semua saran dan masukan akan saya tampung, beberapa mobil kandidat lain juga saya tampung, belom tentu juga ini 2gd saya tuker guling apalagi lihat sharing dari rekan2 yang bikin almaz bisa overheat dll, bikin jadi ngeri. Ditunggu saran2 selanjutnya. salam.