Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Halo para suhu2 otomotif,
Pertama2 niubi mohon maaf kalo nulis thread yg kontroversial dan (mungkin) bisa memancing perdebatan sengit dari fanbase T besar dan H tegak, tapi maksud niubi disini untuk bertanya dan butuh saran, bukan untuk bilang mobil mana yg paling bagus secara umum, tapi lebih ke arah mana mobil yg niubi butuhkan untuk saat ini.

Niubi ceritain dulu backgroundnya keluarga ane ya. Niubi adalah suami keluarga kecil dg Istri dan 2 orang anak. Karena anak kedua baru mo genap 1 tahun, maka kemana2 selalu masih bawa babysitter. Umumnya kalo pergi selalu ber-5 (Niubi yg nyetir, istri, anak 2 dan babysitter).

Kondisi rumah saat ini Mobil tadinya ada 2, Honda HRV 1.5 2017 (yg didapet dg leasing super murah jatah kantor), dan Honda Jazz 2010 (bawaan istri sebelum nikah). Niubi jg ada Civic Turbo Hatchback (tapi dikasih ke nyokap, di rumah yg berbeda. Bokap udah gak ada, jadi nyokap barengan sama kk ane yg kedua). Mobil Jazz ini hanya untuk keperluan nganter anak ke sekolah, dan kebetulan sekolahnya jg deket (< 2Km).

Karena pandemi ini, dan Honda Jazz jadinya jarang bgt kepake karena anak jg School from Home (Zoom Zooman tiada akhir) dan kami juga jarang bgt keluar2 rumah, kecuali untuk beli kebutuhan pangan mingguan. Akhirnya Jazz diputuskan untuk dijual, tersisa mobil di rumah hanyalah Honda HRV. Nah bbrp minggu yg lalu sempet juga pengen liburan ke Bandung (dg protokol 5M tentunya), dibawalah HRV ini.

Sekilas sedikit ttg HRV ane, ini Mobil udah banyak kena modifan. Mulai dari kaki2 yg udah dipasang Double Rebound, full peredam, EXR Stabilizer (walaupun gak signifikan amat rasanya), ban udah pakai Continental Max Contact 5, full audio (HU ganti Kenwood DDX9017bt dan pasang 2 ways audio SQ), lampu LED semua dan kawan kawannya. Selalu nenggak Pertamax (karena ada jatah Bensin dari kantor). Syukurlah gak kena problem berarti kaya rattle sound, dashboard gerak2 dan lain sebagainya. Dan menurut ane mobil ini lumayan enak lah, setelah melewati proses modif yg lumayan panjang hehehe.

Nah ternyata pas perjalanan ke Bandung saat pandemi ini, berasa bgt ini HRV kesayangan udah gak muat lagi karena kapasitasnya terbatas. Kondisi ke Bandung bawa Koper besar 2, Koper Kecil 1, Stroller, UVC Light, Fogger (Sterilizer), Makanan Bayi untuk 4 hari dan berbagai barang lainnya, langsung berasa penuh bgt, plus diisi 4 orang penumpang (walaupun 1 nya bayi yg masih digendong), berasalah udah butuh Mobil yg gedean. Belum lagi kalo perjalanan lain nantinya Nyokap + Kakak Niubi mungkin bakalan ikut (misal ke Cirebon buat nyekar), jadinya praktis mobil bakal keisi 7 orang. Bokap + Nyokap Mertua Niubi jg lumayan sering ke Jakarta buat jenguk cucu2nya, jadi dalam setaun pasti akan ada kondisi mobil diisi 7 orang.

DAN DISINILAH KEGALAUAN BERMULA.

Karena kondisi Mobil yg sudah tidak memadai, muncul kebutuhan Ane buat ambil mobil baru sebagai berikut:
1. Butuh mobil yg bisa nampung hingga 7 penumpang (walaupun sebagian besar waktu bakal keisi 5 penumpang), dan kalo pandemi udah berakhir, sehari2 bakal ane setir sendiri ke kantor.
2. Irit bukan masalah. HRV jg kaga irit2 amat. 1:8 sampai 1:10 juga gak masalah. Dapet subsidi BBM juga dari kantor jadi gak terlalu jadi pertimbangan.
3. Harus baru, karena gak punya pengalaman sama sekali beli mobil bekas.
4. Nyaman dan aman, terutama buat keluarga. Dan Niubi gak masalah untuk modif mobil untuk mendukung kenyamanan dan keamanan, misalnya pasang strutbar, ganti ban atau ganti kaki2 dll. Budget buat modif jg lumayan relax sih, HRV diitung2 selama 4 tahun modifnya uda nembus 100 juta jg hehehe.
5. Fun to Drive – ini biasa aja sih, buat Niubi fun to drive itu definisinya agak2 ambigu. Selama bisa nyetir nyaman sambil dengerin lagu (dan maaf – ngevape di mobil saat gak ada orang lain selain ane) juga udah enak. Fitur2 seperti Gear Shift Paddle dan Cruise Control jg jarang bgt dipake. Sejauh ini udah pernah nyetir: Fortuner (punya mertua), Panther (punya mertua), Civic Hatchback, CRV Turbo (punya ipar), Yaris, Jazz, Kijang Lama, Altis, dari semua yg ane setir menurut ane baik2 aja semua huahuahua. Mungkin ane udah terlalu kebal sama Fun to Drive ini.
6. Fitur yg harusnya jadi standar – seperti Smart Key, Mobilizer, Start-Stop Engine harus ada.
7. Audio – so pasti ganti HU bawaan dan nambah audio. Jadi gak terlalu ngaruh jg mobil bawaannya dapet Audio apa.
8. Ground Clearance – masih bimbang perlukah ground clearance yang tinggi. Cuma pertimbangan bini pake Jazz sering gesrot sana sini kayanya butuh yg mayan tinggi jg walaupun gak perlu setinggi ANPS dan Fortuner. Dan ane jg bukan tipikal off roader, rata2 nyetir masih di jalan jg, walaupun kadang jalannya rusak jg.
9. Ladder Frame vs Monoque – gak suka mobil yg terlalu tinggi macam ANPS dan Fortuner. Cuma bedanya seperti limbung dll jg gak terlalu berasa. Nyetir Fortuner mertua jg biasa aja rasanya, emang sih berasa agak limbung tapi masih tolerable lah.
10. Korean Brand & Chinese Brand – blm punya pengalaman beli dua mobil ini. Wuling masih agak takut durability dalam jangka panjang dan takut dealernya kabur macam Cevy.
11. Diesel – belum punya pengalaman ngerawat sendiri, tapi ya dicoba aja. Ane termasuk rutin ke bengkel sesuai buku. Dan so pasti minum Dex jg.
12. Kondisi nyetir: sopan sesopan sopannya. Bukan yg suka balapan2 gak jelas di toll. Tipikal nyetir Defensive driver yg gak hobi bejek gas dalam2.

Nahh pas juga lagi dapat diskon PPnBM di bulan April – Mei ini, dan kebetulan ada budget lebih, langsunglah ane lirik 4 mobil (sekali lagi tanpa mempertimbangkan ini SUV atau ini MPV, ini Ladder Frame atau ini Monoque):
1. Innova Venturer (Diesel AT) 2021 – harus Venturer (bukan V atau G), karena butuh Start-Stop Button, Smart Key, 7 Airbag. Buka harga setelah PPnBM di 465 Jutaan (blm selesai nego untuk minta diskon dealer).
2. CRV 1.5 Turbo Prestige 2021. Buka harga setelah PPnBM di 548 Juta (kata sales masih bisa nego tipis kurang 2-3 juta lagi).
3. Mobil Roti Tawar: Voxy & Serena C27. Sempet masuk radar, Cuma ada beberapa pertimbangan di atas yg akhirnya memutuskan untuk gak ambil. Most likely karena ground clearance rendah. Walaupun kalo GC gak dipertimbangin, 2 mobil ini emang pasti bakalan ane angkut. Tapi ya gimana, bini nyetirnya kaya supir Bus AKAP. Suatu saat pasti ada kondisi ini disetir bini.
4. Kondisi mobil indent gak masalah. Nunggu sebulan masih santai lah.
5. Harga Jual kembali – gak ngaruh jg. Gak kepikiran buat jual dalam waktu dekat. Dulu punya Yaris bapao aja 10 taun baru diganti.

BUTUH MASUKAN DARI SUHU2 SEKALIAN.

Skrg kita berangkat ke pertimbangan Niubi ya. Ini murni pertimbangan Niubi, bukan bermaksud untuk menjelekkan brand apapun.
1. Kijang Innova Venturer 2.4 Diesel AT 2021:

PRO:
• Well it’s Kijang. Reliable old brand. Service di Auto2000 atau Tunas Toyota juga memang bengkel terbaik dibanding bengkel2 lain.
• Durability – udah ane baca semua ulasan ttg Innova dari forum ini maupun forum sebelah. Kesimpulannya mobil ini udah semi tank.
• Baris ketiga luas. One of deciding factor.
• Lebih nyaman dari Fortuner. Sama ANPS gak tau karena gak pernah nyicipin nyetir ANPS.
• Minum PertaDex – gak masalah. Biar bau keluaran dieselnya jg gak terlalu ganggu orang lain.
• Baca2 di berbagai forum, butuh extra effort untuk bikin Innova jadi lebih nyaman, dan ane udah siap untuk itu dg berbagai rencana:
o Nambah Full peredam sebadan.
o Ganti Ban (Michelin Primacy 4 atau Continental Ultra Contact 6)
o Ganti kaki2 – tentative, ngerasain dulu ban baru baru memutuskan butuhnya gimana. Toh ane bertahan jg dg kaki2 HRV yg terkenal keras.
o Pasang strutbar dan swaybar.
o Pasang ATF dan kawan2nya.
o Remap ECU dan pasang Super Ground ke Achien si Dukun Kabel.
o Ngubah Jok jadi Non Captain Seat – tinggal beli Jok di luaran yg Ori dari V.
o Pasang Camera 360, ganti Head Unit, upgrade Audio.
o Ganti Jok Kulit (tentative).
o Pasang auto bagasi dg kick sensor.

CONS:
• It is still Kijang. Walaupun Venturer udah kasta tertinggi, tetep aja Kijang. Perlakuan orang lain bakal beda dibandingkan dg CRV atau SantaFe. Atau bahkan dibandingkan Fortuner atau ANPS.
• Bahan bakar Diesel. Gak pernah ngerawat Diesel. Tapi ya kita selalu butuh pengalaman baru lah biar wawasan makin luas. Dan bau Diesel (walaupun PertaDEX) tetep lebih nusuk dari bau bensin.
• Biaya modif kemungkinan abis 100 Jutaan lagi hahahaa, sehingga secara total Harga bakal sama seperti CRV Turbo 1.5.
• Keluar effort untuk ganti baris kedua dari Captain Seat ke Non Captain Seat.

2. CRV Turbo 1.5 Prestige (Facelift 2021):

PRO:
• Upgrade dari HRV ke CRV. Karakteristik udah pengalaman + upgrade kenyamanan udah pasti dibandingkan HRV.
• Keliatan lebih berkelas bahkan dibandingkan Venturer di mata orang lain. Walaupun sejujurnya ane gak peduli juga. Tapi mungkin istri + mertua peduli urusan ini.
• Bensin, baunya santai. Dinyalain lama idle (misal anak tidur) jg gak ditimpukin orang.
• Ada sunroof – walaupun gak yakin bakal kepake jg dalam jangka panjang. Tapi (mungkin) anak2 bakal suka.
• Gak perlu banyak modif. Paling tinggal ganti Ban dan modif alus. Total biaya modif gak bakal sebesar Venturer untuk kejer kenyamanan.
• Bisa nyalain Mesin + AC dari remote – biarpun untuk AC gak terlalu direkomendasikan karena harus matiin mobil dalam keadaan AC nyala.
• Kursi baris kedua kagak captain seat. Enak muat banyak.
• Nyaman bawa sendiri (kalo lagi sendirian nyetir). Monoque vs Ladder Frame ya memang nyaman Monoque (fakta yg harus diakui), walaupun ane gak yakin apakah ini signifikan perbedaannya buat ane.

CONS:
• Banyak yg complain sama build quality – rattle dan kawan2nya, termasuk pemasangan interior dan exterior yg kurang sempurna.
• Baru aja facelift. Rata2 complain di CRV 2017 terjadi di batch pertama produksi (Turbo Jebol, Tombol Transmisi Patah, klip Sunroof patah, dll udah puas baca complainnya di berbagai forum). Entah bakalan ada complain yg sama gak nih di batch awal facelift. Jadi berasa agak gambling dan ngeri2 sedap.
• Bengkel Resmi – walaupun gak bisa ngalahin Auto2000 dan Tunas Toyota dalam hal pelayanan, tapi Honda Mugen Puri sih ane udah puas bingits.
• Pajak lebih gede – walaupun bedanya jg nyantai sebenernya.
• HU integrated (untuk nyalain AC dll) – jadi agak puyeng jg perlu ubah HU gak, kalo ubah HU trus itu gimana fitur2 yg bisa dinyalain dari HU.
• Game Changer – itu kursi baris ketiga sama sekali gak manusiawi. Cuma nyaman buat 2 anak kecil. Terkesan SUV 5 penumpang yg dipaksakan jadi 7 penumpang.
• Kapasitas muatan barang dan orang tidak sebesar Venturer.
• Harga Jual kembali – gak terlalu ngaruh jg karena ane kaga beli mobil 4 taun ganti.
• Suara jalanan masuk ke kabin (masalah kekedapan) - disolusikan dg pasang peredam sebadan.

Nah setelah berpanjang2 gini kaya nulis novel, kira2 ada masukan gak dari suhu2 sekalian, ane harus ambil Venturer ato CRV? Butuh masukannya ya para suhu yg udah melanglang buana di dunia otomotif ini. Maaci…
PS: Roti tawar masih masuk radar hohoho.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by trebla88 »

Nah ternyata pas perjalanan ke Bandung saat pandemi ini, berasa bgt ini HRV kesayangan udah gak muat lagi karena kapasitasnya terbatas. Kondisi ke Bandung bawa Koper besar 2, Koper Kecil 1, Stroller, UVC Light, Fogger (Sterilizer), Makanan Bayi untuk 4 hari dan berbagai barang lainnya, langsung berasa penuh bgt, plus diisi 4 orang penumpang (walaupun 1 nya bayi yg masih digendong), berasalah udah butuh Mobil yg gedean

Uda tau lah jawabannya ga usa panjang2 nulis :big_bored:

viewtopic.php?t=28548
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by DOHC »

Kl ngeliat kondisi TS dan kriteria nya

Say no more

Crv lah pasti nya

Itu scara dimensi jgn salah, crv itu dalemnya amat sangat luas loh, saya kl wiken beberapa kl sepedaan ama temen kantor pake crv dia aj muat masuk speda 2 biji loh ke dalem kabin, copotin ban, lgs masuk

Lagian ud ngerasain kan enak nya handling mobil2 honda, ntar kl bawa inofa yg kaya kapal laut diombang ambing, nyesel loh, ntar kaya tret sebelah, sgitu nyesel nya beli inofa ampe rela mo tuker ke mobil cungkwo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Omnibus »

kl mau keliatan lbh keren n macho jangan beli mpv. palagi pentulel krn gmn pun mahal tetap kijang. tp kelebihannya space n practicality.

mau keliatan laki ya ambil suv. cuma crv tuh cvt, agak gmn gitu di mobil besar. sy sih prefer geared A/T di mobil besar.

tp semua mobil jg kl row 3 nya ditegakin tetep bagasinya terbatas utk bawa barang2 printilan 4-5 org. kecuali yg ditegakinnya 1 biji aja utk duduk si babysitter, baru msh lumayan.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by sintoni »

Ambil Fortuner baru aja, gantengg...

Dapat reliability Atoyot tapi tampilan SUV.

Ada yg bilang jg kalau pengemudi lebih enak bawa Fortuner daripada Innova.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by whitehorse4 »

dari jazz, ke hrv, selanjutnya tentunya ya... crv turbo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ChZ »

Pertama2 niubi mohon maaf kalo nulis thread yg kontroversial dan (mungkin) bisa memancing perdebatan sengit dari fanbase T besar dan H tegak, tapi maksud niubi disini untuk bertanya dan butuh saran, bukan untuk bilang mobil mana yg paling bagus secara umum, tapi lebih ke arah mana mobil yg niubi butuhkan untuk saat ini.
pasti abis baca thread sebelah... wkwkwkwk...

tp tenang kalo CRV ama Pentulel rasanya agak mendingan. gak sepanas 2GD ANKI mau ditukar wuling...

Pentulel dan CRV ini keduanya dibuat utk fungsi yang berbeda.

Pentulel dibuat dari sasis truck - ladder frame. dikembangkan khusus untuk developing countries. ride sebenarnya bukan prioritas utama dari sebuah pentulel. nomer satu durability, sebagai go-anywhere car, do-anything car, termasuk mobil kerja. Naikan pentulel sebenarnya udah bisa dibilang enak dibanding kijang lama by a far margin (yang justify kenapa harganya mahal) ....

but still...

tidak bisa seperti CRV yang memang dirancang buat kenyamanan. proper family wagon on steroid (saya gak mau sebut mobil beginian SUV krn kenyataannya bukan). di jalan aspal biasa pasti CR-V akan terasa lebih smooth. apalagi track record TS yang pakai honda terus kayak saya juga skr ada HR-V dan Civic hatchback. di pantad akan terasa lebih forgiving nyetir CR-V daripada Pentulel.

jadi milih mana ? karena sptnya TS backgroundnya cukup mapan, tidak ada kebutuhan spesifik cari go-anywhere do-anything one-size-fits-all car, CRV bisa jadi pilihan yang lebih cocok. harga 100 juta lebih mahal tidak bohong lah... apalagi type prestige terbaru. ga bakalan nyesel. build quality sekilas saya lihat udah banyak sekali peningkatan dibanding versi lama. kebetulan saya pakai 2018 non-Prestige, liat yang terbaru langsung minder hehehehe :mky_01:

tp urusan ke luar kota aplg lewat tol si pentulel lewat mnurut saya... berkali kali lewat tol transjawa ya saya pake CRV ini.

CRV pe er nya cukup pasang peredam lantai dan spakbor aja... kl buat kenyamanan ya. remap boleh lah buat iseng-iseng berhadiah. ni mesin L15B7 diem diem galak di remap naik cukup signifikan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
Location: Java Island

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by privatemember »

Saya tuh nangkepnya walaupun om TS merasa "biasa" aja nyetir Fortuner lah, Yaris lah, Panther bahkan. Tapi memang kalau cuma sekali² nyetirnya, gak bakal kerasa kelemahan mobil itu masing². Nah itu buktinya HR-V yang kini daily driver-nya tetap habis juta²an untuk modif suspensi. Padahal untuk disetir sendiri dan kondisi standar, mestinya masih enak/pede HR-V dibanding para ladder framer.

Dari penuturannya juga kan kira² 35% bawa sendiri, 20% berdua/bertiga, 25% berlima (core family), 20% sisanya baru bawa extended family. Mungkin sebertujuhnya pun masih bisa tolerir pakai CR-V (budget modif suspensi gila²an misal jadi ambil Venturer, bisa dialokasiin buat beli roof box aja buat CR-V).

Tapi kalau ada kemungkinan lebih sering bertujuh pergi jauh² atau pulkam bawa koper lah oleh² lah, lebih gak worry Venturer dibanding CR-V. Jangan ambil Pajero Sport atau Fortuner. Kabin gak selega Venturer dan lantai kabinnya gak serendah Venturer. Kasihan kalau ortu TS naik-turun PS/Fortie udah kayak manjat candi *no offence :upss:


Untuk audio, kalau malas modif mending CR-V aja. Setelah facelift HU nya udah lebih bagus suaranya dari yang PFL, dan terintegrasi dengan HVAC dan MID mobilnya. Ada rasa mahalnya gitu integrasinya hehe. Kalau Venturer FL sepertinya masih kayak tape compo a la Innova biasanya.. Tapi kalau mau modif sekalian, mending Venturer karena 'gak perlu rugi' ngebelek part² audio standarnya.

Kesimpulan:
*CR-V: pergi sendiri s.d berlima asyik, teknologi lebih kekinian
*Venturer: sering pergi rame², BeRes-nya lebih beres dari bengkel resmi merek lain, mau sekalian total modifin audio

NB: karena BBM bukan concern utama, jarang ngebut, plus sering bawa keluarga besar; biar mereka semua nyaman apa gak sekalian pertimbangkan Venturer bensin? Biar pas macet² gak keganggu suara krrrkrrrkrrr nya GD Engine + bau solar 😆 New PS Dakar aja suaranya masih lebih hening, apalagi macam Santa Fe/Grand Sedona.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Pboyz97 »

nicholasmun wrote: Sun Apr 11, 2021 2:34 Halo para suhu2 otomotif,
Pertama2 niubi mohon maaf kalo nulis thread yg kontroversial dan (mungkin) bisa memancing perdebatan sengit dari fanbase T besar dan H tegak, tapi maksud niubi disini untuk bertanya dan butuh saran, bukan untuk bilang mobil mana yg paling bagus secara umum, tapi lebih ke arah mana mobil yg niubi butuhkan untuk saat ini.

Niubi ceritain dulu backgroundnya keluarga ane ya. Niubi adalah suami keluarga kecil dg Istri dan 2 orang anak. Karena anak kedua baru mo genap 1 tahun, maka kemana2 selalu masih bawa babysitter. Umumnya kalo pergi selalu ber-5 (Niubi yg nyetir, istri, anak 2 dan babysitter).

Kondisi rumah saat ini Mobil tadinya ada 2, Honda HRV 1.5 2017 (yg didapet dg leasing super murah jatah kantor), dan Honda Jazz 2010 (bawaan istri sebelum nikah). Niubi jg ada Civic Turbo Hatchback (tapi dikasih ke nyokap, di rumah yg berbeda. Bokap udah gak ada, jadi nyokap barengan sama kk ane yg kedua). Mobil Jazz ini hanya untuk keperluan nganter anak ke sekolah, dan kebetulan sekolahnya jg deket (< 2Km).

Karena pandemi ini, dan Honda Jazz jadinya jarang bgt kepake karena anak jg School from Home (Zoom Zooman tiada akhir) dan kami juga jarang bgt keluar2 rumah, kecuali untuk beli kebutuhan pangan mingguan. Akhirnya Jazz diputuskan untuk dijual, tersisa mobil di rumah hanyalah Honda HRV. Nah bbrp minggu yg lalu sempet juga pengen liburan ke Bandung (dg protokol 5M tentunya), dibawalah HRV ini.

Sekilas sedikit ttg HRV ane, ini Mobil udah banyak kena modifan. Mulai dari kaki2 yg udah dipasang Double Rebound, full peredam, EXR Stabilizer (walaupun gak signifikan amat rasanya), ban udah pakai Continental Max Contact 5, full audio (HU ganti Kenwood DDX9017bt dan pasang 2 ways audio SQ), lampu LED semua dan kawan kawannya. Selalu nenggak Pertamax (karena ada jatah Bensin dari kantor). Syukurlah gak kena problem berarti kaya rattle sound, dashboard gerak2 dan lain sebagainya. Dan menurut ane mobil ini lumayan enak lah, setelah melewati proses modif yg lumayan panjang hehehe.

Nah ternyata pas perjalanan ke Bandung saat pandemi ini, berasa bgt ini HRV kesayangan udah gak muat lagi karena kapasitasnya terbatas. Kondisi ke Bandung bawa Koper besar 2, Koper Kecil 1, Stroller, UVC Light, Fogger (Sterilizer), Makanan Bayi untuk 4 hari dan berbagai barang lainnya, langsung berasa penuh bgt, plus diisi 4 orang penumpang (walaupun 1 nya bayi yg masih digendong), berasalah udah butuh Mobil yg gedean. Belum lagi kalo perjalanan lain nantinya Nyokap + Kakak Niubi mungkin bakalan ikut (misal ke Cirebon buat nyekar), jadinya praktis mobil bakal keisi 7 orang. Bokap + Nyokap Mertua Niubi jg lumayan sering ke Jakarta buat jenguk cucu2nya, jadi dalam setaun pasti akan ada kondisi mobil diisi 7 orang.

DAN DISINILAH KEGALAUAN BERMULA.

Karena kondisi Mobil yg sudah tidak memadai, muncul kebutuhan Ane buat ambil mobil baru sebagai berikut:
1. Butuh mobil yg bisa nampung hingga 7 penumpang (walaupun sebagian besar waktu bakal keisi 5 penumpang), dan kalo pandemi udah berakhir, sehari2 bakal ane setir sendiri ke kantor.
2. Irit bukan masalah. HRV jg kaga irit2 amat. 1:8 sampai 1:10 juga gak masalah. Dapet subsidi BBM juga dari kantor jadi gak terlalu jadi pertimbangan.
3. Harus baru, karena gak punya pengalaman sama sekali beli mobil bekas.
4. Nyaman dan aman, terutama buat keluarga. Dan Niubi gak masalah untuk modif mobil untuk mendukung kenyamanan dan keamanan, misalnya pasang strutbar, ganti ban atau ganti kaki2 dll. Budget buat modif jg lumayan relax sih, HRV diitung2 selama 4 tahun modifnya uda nembus 100 juta jg hehehe.
5. Fun to Drive – ini biasa aja sih, buat Niubi fun to drive itu definisinya agak2 ambigu. Selama bisa nyetir nyaman sambil dengerin lagu (dan maaf – ngevape di mobil saat gak ada orang lain selain ane) juga udah enak. Fitur2 seperti Gear Shift Paddle dan Cruise Control jg jarang bgt dipake. Sejauh ini udah pernah nyetir: Fortuner (punya mertua), Panther (punya mertua), Civic Hatchback, CRV Turbo (punya ipar), Yaris, Jazz, Kijang Lama, Altis, dari semua yg ane setir menurut ane baik2 aja semua huahuahua. Mungkin ane udah terlalu kebal sama Fun to Drive ini.
6. Fitur yg harusnya jadi standar – seperti Smart Key, Mobilizer, Start-Stop Engine harus ada.
7. Audio – so pasti ganti HU bawaan dan nambah audio. Jadi gak terlalu ngaruh jg mobil bawaannya dapet Audio apa.
8. Ground Clearance – masih bimbang perlukah ground clearance yang tinggi. Cuma pertimbangan bini pake Jazz sering gesrot sana sini kayanya butuh yg mayan tinggi jg walaupun gak perlu setinggi ANPS dan Fortuner. Dan ane jg bukan tipikal off roader, rata2 nyetir masih di jalan jg, walaupun kadang jalannya rusak jg.
9. Ladder Frame vs Monoque – gak suka mobil yg terlalu tinggi macam ANPS dan Fortuner. Cuma bedanya seperti limbung dll jg gak terlalu berasa. Nyetir Fortuner mertua jg biasa aja rasanya, emang sih berasa agak limbung tapi masih tolerable lah.
10. Korean Brand & Chinese Brand – blm punya pengalaman beli dua mobil ini. Wuling masih agak takut durability dalam jangka panjang dan takut dealernya kabur macam Cevy.
11. Diesel – belum punya pengalaman ngerawat sendiri, tapi ya dicoba aja. Ane termasuk rutin ke bengkel sesuai buku. Dan so pasti minum Dex jg.
12. Kondisi nyetir: sopan sesopan sopannya. Bukan yg suka balapan2 gak jelas di toll. Tipikal nyetir Defensive driver yg gak hobi bejek gas dalam2.

Nahh pas juga lagi dapat diskon PPnBM di bulan April – Mei ini, dan kebetulan ada budget lebih, langsunglah ane lirik 4 mobil (sekali lagi tanpa mempertimbangkan ini SUV atau ini MPV, ini Ladder Frame atau ini Monoque):
1. Innova Venturer (Diesel AT) 2021 – harus Venturer (bukan V atau G), karena butuh Start-Stop Button, Smart Key, 7 Airbag. Buka harga setelah PPnBM di 465 Jutaan (blm selesai nego untuk minta diskon dealer).
2. CRV 1.5 Turbo Prestige 2021. Buka harga setelah PPnBM di 548 Juta (kata sales masih bisa nego tipis kurang 2-3 juta lagi).
3. Mobil Roti Tawar: Voxy & Serena C27. Sempet masuk radar, Cuma ada beberapa pertimbangan di atas yg akhirnya memutuskan untuk gak ambil. Most likely karena ground clearance rendah. Walaupun kalo GC gak dipertimbangin, 2 mobil ini emang pasti bakalan ane angkut. Tapi ya gimana, bini nyetirnya kaya supir Bus AKAP. Suatu saat pasti ada kondisi ini disetir bini.
4. Kondisi mobil indent gak masalah. Nunggu sebulan masih santai lah.
5. Harga Jual kembali – gak ngaruh jg. Gak kepikiran buat jual dalam waktu dekat. Dulu punya Yaris bapao aja 10 taun baru diganti.

BUTUH MASUKAN DARI SUHU2 SEKALIAN.

Skrg kita berangkat ke pertimbangan Niubi ya. Ini murni pertimbangan Niubi, bukan bermaksud untuk menjelekkan brand apapun.
1. Kijang Innova Venturer 2.4 Diesel AT 2021:

PRO:
• Well it’s Kijang. Reliable old brand. Service di Auto2000 atau Tunas Toyota juga memang bengkel terbaik dibanding bengkel2 lain.
• Durability – udah ane baca semua ulasan ttg Innova dari forum ini maupun forum sebelah. Kesimpulannya mobil ini udah semi tank.
• Baris ketiga luas. One of deciding factor.
• Lebih nyaman dari Fortuner. Sama ANPS gak tau karena gak pernah nyicipin nyetir ANPS.
• Minum PertaDex – gak masalah. Biar bau keluaran dieselnya jg gak terlalu ganggu orang lain.
• Baca2 di berbagai forum, butuh extra effort untuk bikin Innova jadi lebih nyaman, dan ane udah siap untuk itu dg berbagai rencana:
o Nambah Full peredam sebadan.
o Ganti Ban (Michelin Primacy 4 atau Continental Ultra Contact 6)
o Ganti kaki2 – tentative, ngerasain dulu ban baru baru memutuskan butuhnya gimana. Toh ane bertahan jg dg kaki2 HRV yg terkenal keras.
o Pasang strutbar dan swaybar.
o Pasang ATF dan kawan2nya.
o Remap ECU dan pasang Super Ground ke Achien si Dukun Kabel.
o Ngubah Jok jadi Non Captain Seat – tinggal beli Jok di luaran yg Ori dari V.
o Pasang Camera 360, ganti Head Unit, upgrade Audio.
o Ganti Jok Kulit (tentative).
o Pasang auto bagasi dg kick sensor.

CONS:
• It is still Kijang. Walaupun Venturer udah kasta tertinggi, tetep aja Kijang. Perlakuan orang lain bakal beda dibandingkan dg CRV atau SantaFe. Atau bahkan dibandingkan Fortuner atau ANPS.
• Bahan bakar Diesel. Gak pernah ngerawat Diesel. Tapi ya kita selalu butuh pengalaman baru lah biar wawasan makin luas. Dan bau Diesel (walaupun PertaDEX) tetep lebih nusuk dari bau bensin.
• Biaya modif kemungkinan abis 100 Jutaan lagi hahahaa, sehingga secara total Harga bakal sama seperti CRV Turbo 1.5.
• Keluar effort untuk ganti baris kedua dari Captain Seat ke Non Captain Seat.

2. CRV Turbo 1.5 Prestige (Facelift 2021):

PRO:
• Upgrade dari HRV ke CRV. Karakteristik udah pengalaman + upgrade kenyamanan udah pasti dibandingkan HRV.
• Keliatan lebih berkelas bahkan dibandingkan Venturer di mata orang lain. Walaupun sejujurnya ane gak peduli juga. Tapi mungkin istri + mertua peduli urusan ini.
• Bensin, baunya santai. Dinyalain lama idle (misal anak tidur) jg gak ditimpukin orang.
• Ada sunroof – walaupun gak yakin bakal kepake jg dalam jangka panjang. Tapi (mungkin) anak2 bakal suka.
• Gak perlu banyak modif. Paling tinggal ganti Ban dan modif alus. Total biaya modif gak bakal sebesar Venturer untuk kejer kenyamanan.
• Bisa nyalain Mesin + AC dari remote – biarpun untuk AC gak terlalu direkomendasikan karena harus matiin mobil dalam keadaan AC nyala.
• Kursi baris kedua kagak captain seat. Enak muat banyak.
• Nyaman bawa sendiri (kalo lagi sendirian nyetir). Monoque vs Ladder Frame ya memang nyaman Monoque (fakta yg harus diakui), walaupun ane gak yakin apakah ini signifikan perbedaannya buat ane.

CONS:
• Banyak yg complain sama build quality – rattle dan kawan2nya, termasuk pemasangan interior dan exterior yg kurang sempurna.
• Baru aja facelift. Rata2 complain di CRV 2017 terjadi di batch pertama produksi (Turbo Jebol, Tombol Transmisi Patah, klip Sunroof patah, dll udah puas baca complainnya di berbagai forum). Entah bakalan ada complain yg sama gak nih di batch awal facelift. Jadi berasa agak gambling dan ngeri2 sedap.
• Bengkel Resmi – walaupun gak bisa ngalahin Auto2000 dan Tunas Toyota dalam hal pelayanan, tapi Honda Mugen Puri sih ane udah puas bingits.
• Pajak lebih gede – walaupun bedanya jg nyantai sebenernya.
• HU integrated (untuk nyalain AC dll) – jadi agak puyeng jg perlu ubah HU gak, kalo ubah HU trus itu gimana fitur2 yg bisa dinyalain dari HU.
• Game Changer – itu kursi baris ketiga sama sekali gak manusiawi. Cuma nyaman buat 2 anak kecil. Terkesan SUV 5 penumpang yg dipaksakan jadi 7 penumpang.
• Kapasitas muatan barang dan orang tidak sebesar Venturer.
• Harga Jual kembali – gak terlalu ngaruh jg karena ane kaga beli mobil 4 taun ganti.
• Suara jalanan masuk ke kabin (masalah kekedapan) - disolusikan dg pasang peredam sebadan.

Nah setelah berpanjang2 gini kaya nulis novel, kira2 ada masukan gak dari suhu2 sekalian, ane harus ambil Venturer ato CRV? Butuh masukannya ya para suhu yg udah melanglang buana di dunia otomotif ini. Maaci…
PS: Roti tawar masih masuk radar hohoho.
Kalo dari background om TS sih, yg dulunya pernah punya GE8, terus sekarang pake HRV 2017 dan ada cirbo hatch juga , sepertinya saya lebih vote ke CRV ya. Karena lebih nyaman dan empuk bantingan suspensinya dibanding Venturer menurut saya, cuma kalo soal durability, saya lebih prefer venturer sih dan baris ke 3 nya juga lebih lega venturer menurut saya. CRV Pres FL ini worth kok apalagi dengan harga diskon PPNBM ini. Kebetulan background saya mirip2 nih sm om TS, dulu pernah punya GE8 tapi yg 2009, sama sekarang pelihara HRV 1.5 2018 dan CRV Turbo pres PFL 2019 juga hehehe , fiturnya udah jauh improve dibanding yg lama, saya aja naksir hehehe, terutama di HU nya dan speedonya yg udh full TFT dan ada fitur honda sensingnya which is itu salah 1 improvement yg cukup drastis juga menurut saya dibanding yg PFL nya, terus kalo road noise dan interior quality , katanya temen saya yg udh liat langsung unitnya, sudah mendingan kok dibanding yg lama. Kalo dari HRV sih, soal driving feel dan handling akan upgrade ya hehehe

Sama soal complain, saya bantu jawab ya. Punya saya, yg PFL juga, model persis 2017 tapi NIK 2019, udh pake 2 tahun dengan odometer 31 rb, tuas transmisi saya so far masih aman dan blm pernah copot sama sekali, turbo saya juga masih aman, dan panoramic sunroof dimobil saya so far masih berfungsi dengan baik dan normal, tanpa ada kendala sama sekali, troublenya sih selama 2 tahun pake paling dasbor sebelah kiri geter, terus rattling di doortrim depan sebelah kiri dan discbrake gelombang aja sih, tapi untungnya semua udh solved pas servis 30rb di beres blm lama ini sm minusnya ada di road noise yg cukup berisik buat mobil 500jt + audio bawaan yg bapuk. Wwkwk, sisanya fine2 aja, mobilnya lega, practical, nyaman, storagenya banyak, masih fun to drive, dan irit bbm. Terus om biasa di honda mugen puri juga? Setuju om, pelayanan disana juga memuaskan menurut saya, dulu saya juga beli CRV Turbo pres pfl 2019 lalu disana juga dan pelayanannya cukup memuaskan. Mungkin kalo emg ada rencana ngambil, bisa coba PM atau kontak saya, kebetulan saya ada kenalan sales disana yg menurut saya cukup recomended lah dari segi pelayanan maupun cara komunikasinya


Kalo venturer sih, Plusnya ya ada di GC yg tinggi, irit bbm, lega, practical, masih cukup enak disetir , badak, durable, perawatan mudah dan murah sama nama besar toyota dan RV nya ga jatoh2 amat karena diesel matic + row 3 nya lebih lega dibanding crv, minusnya ada di image kijangnya yg kentara bgt, terus bantingan suspensi dan kenyamanannya ga sebagus crv, tapi kalo om udh biasa modif, pake venturer harusnya gamasalahya. Soalnya venturer kalo udh dimodif udh cukup lumayan improve dari standarnya menurut saya

Balik lg ke kebutuhan om seperti apa, kalo om ngincer gc tinggi, sering lewat jalan jelek, pengen nyobain diesel sm ngincer row 3 yg lega + mentingin durability, RV yg ga jatoh2 amat dan gamasalah sm image kijangnya go for venturer

Tapi kalo om mentingin fun to drive, kenyamanan, keempukan bantingan suspensi sama fitur, go for crv
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ariswp »

Dari jabaran latar belakang, pertimbangan, alasan TS yg sangat panjang dan lengkap
jawaban saya cukup pendek dan singkat saja : CRV ALL THE WAY
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
argamuria
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Jan 18, 2020 3:29

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by argamuria »

Usul ah, kalo pengen mobil luas bisa lirik pabrikan gingseng, hyundai H1 CRDI, secara gedhe banget mobilnya, kek gudang berjalan :ngacir: :ngacir: :ngacir:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by trebla88 »

argamuria wrote: Sun Apr 11, 2021 7:26 Usul ah, kalo pengen mobil luas bisa lirik pabrikan gingseng, hyundai H1 CRDI, secara gedhe banget mobilnya, kek gudang berjalan :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ya tuh h1 kastil berjalan :big_biglaugh:
Tp kalau dipake setir ke mall2 sempit susah jg
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by trebla88 »

Dobel post :big_slap:
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 3:09 kl mau keliatan lbh keren n macho jangan beli mpv. palagi pentulel krn gmn pun mahal tetap kijang. tp kelebihannya space n practicality.

mau keliatan laki ya ambil suv. cuma crv tuh cvt, agak gmn gitu di mobil besar. sy sih prefer geared A/T di mobil besar.

tp semua mobil jg kl row 3 nya ditegakin tetep bagasinya terbatas utk bawa barang2 printilan 4-5 org. kecuali yg ditegakinnya 1 biji aja utk duduk si babysitter, baru msh lumayan.
Hahaha siap om. Gak butuh keliatan lebih keren dan macho sih. Gak terlalu suka off road ato semi off road jg. Dan gak butuh mobil yg tinggi yg malah menyulitkan keluarga buat naik. Jadi SUV model ANPS dan Fortuner jadi less preferable.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

sintoni wrote: Sun Apr 11, 2021 3:15 Ambil Fortuner baru aja, gantengg...

Dapat reliability Atoyot tapi tampilan SUV.

Ada yg bilang jg kalau pengemudi lebih enak bawa Fortuner daripada Innova.
Gak suka Om.. Terlalu tinggi dan menyulitkan penumpang. Mertua ane aja naik Fortuner repot bgt sepertinya. belum beliau udah sepuh.
Dan 2 mingguan ane di rumah mertua (di Semarang) nyetir Fortuner VRZ 2017 not really impressed jg.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

argamuria wrote: Sun Apr 11, 2021 7:26 Usul ah, kalo pengen mobil luas bisa lirik pabrikan gingseng, hyundai H1 CRDI, secara gedhe banget mobilnya, kek gudang berjalan :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hahaha gak sekalian usul Toyota Hi-Ace aja Om? Motor masuk tuh 2 di bagasi..
Tapi gak deh kalo H1, tetangga ane ada yg punya, mobilnya gede bgt buat belok2 di jalanan kompleks ane aja kayanya cukup ribet.

Prinsip ane gak mo beli mobil yg malah nanti jadinya menyusahkan diri sendiri wkwkwkwkw
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Pboyz97 wrote: Sun Apr 11, 2021 5:32
Kalo dari background om TS sih, yg dulunya pernah punya GE8, terus sekarang pake HRV 2017 dan ada cirbo hatch juga , sepertinya saya lebih vote ke CRV ya. Karena lebih nyaman dan empuk bantingan suspensinya dibanding Venturer menurut saya, cuma kalo soal durability, saya lebih prefer venturer sih dan baris ke 3 nya juga lebih lega venturer menurut saya. CRV Pres FL ini worth kok apalagi dengan harga diskon PPNBM ini. Kebetulan background saya mirip2 nih sm om TS, dulu pernah punya GE8 tapi yg 2009, sama sekarang pelihara HRV 1.5 2018 dan CRV Turbo pres PFL 2019 juga hehehe , fiturnya udah jauh improve dibanding yg lama, saya aja naksir hehehe, terutama di HU nya dan speedonya yg udh full TFT dan ada fitur honda sensingnya which is itu salah 1 improvement yg cukup drastis juga menurut saya dibanding yg PFL nya, terus kalo road noise dan interior quality , katanya temen saya yg udh liat langsung unitnya, sudah mendingan kok dibanding yg lama. Kalo dari HRV sih, soal driving feel dan handling akan upgrade ya hehehe

Sama soal complain, saya bantu jawab ya. Punya saya, yg PFL juga, model persis 2017 tapi NIK 2019, udh pake 2 tahun dengan odometer 31 rb, tuas transmisi saya so far masih aman dan blm pernah copot sama sekali, turbo saya juga masih aman, dan panoramic sunroof dimobil saya so far masih berfungsi dengan baik dan normal, tanpa ada kendala sama sekali, troublenya sih selama 2 tahun pake paling dasbor sebelah kiri geter, terus rattling di doortrim depan sebelah kiri dan discbrake gelombang aja sih, tapi untungnya semua udh solved pas servis 30rb di beres blm lama ini sm minusnya ada di road noise yg cukup berisik buat mobil 500jt + audio bawaan yg bapuk. Wwkwk, sisanya fine2 aja, mobilnya lega, practical, nyaman, storagenya banyak, masih fun to drive, dan irit bbm. Terus om biasa di honda mugen puri juga? Setuju om, pelayanan disana juga memuaskan menurut saya, dulu saya juga beli CRV Turbo pres pfl 2019 lalu disana juga dan pelayanannya cukup memuaskan. Mungkin kalo emg ada rencana ngambil, bisa coba PM atau kontak saya, kebetulan saya ada kenalan sales disana yg menurut saya cukup recomended lah dari segi pelayanan maupun cara komunikasinya


Kalo venturer sih, Plusnya ya ada di GC yg tinggi, irit bbm, lega, practical, masih cukup enak disetir , badak, durable, perawatan mudah dan murah sama nama besar toyota dan RV nya ga jatoh2 amat karena diesel matic + row 3 nya lebih lega dibanding crv, minusnya ada di image kijangnya yg kentara bgt, terus bantingan suspensi dan kenyamanannya ga sebagus crv, tapi kalo om udh biasa modif, pake venturer harusnya gamasalahya. Soalnya venturer kalo udh dimodif udh cukup lumayan improve dari standarnya menurut saya

Balik lg ke kebutuhan om seperti apa, kalo om ngincer gc tinggi, sering lewat jalan jelek, pengen nyobain diesel sm ngincer row 3 yg lega + mentingin durability, RV yg ga jatoh2 amat dan gamasalah sm image kijangnya go for venturer

Tapi kalo om mentingin fun to drive, kenyamanan, keempukan bantingan suspensi sama fitur, go for crv
Om punten boleh PM ane Nomor Salesnya di Honda Mugen Puri, ane member baru blm authorized untuk PM euy.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Tambahan lagi, sebenernya ane jg pertimbangin untuk masukin Santa Fe ke radar. Cuma terkesima aja liat harga barunya after Facelift uedan euy kayanya celengan yg harus dipecahin gak cuma celengan ane doang tapi termasuk celengan tetangga huahuauha.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Omnibus »

nicholasmun wrote: Sun Apr 11, 2021 8:57
Hahaha siap om. Gak butuh keliatan lebih keren dan macho sih. Gak terlalu suka off road ato semi off road jg. Dan gak butuh mobil yg tinggi yg malah menyulitkan keluarga buat naik. Jadi SUV model ANPS dan Fortuner jadi less preferable.
suv yg sy maksud ya sesuai pertanyaan om, yaitu crv maksudnya drpd venturer yg mpv. ok mungkin lebih jelasnya lite suv kali ya si crv.

bener om jangan beli fortuner. makin bikin tambah pasaran aja ntar. ane punya soalnya. ha ha ha
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 9:46
nicholasmun wrote: Sun Apr 11, 2021 8:57
Hahaha siap om. Gak butuh keliatan lebih keren dan macho sih. Gak terlalu suka off road ato semi off road jg. Dan gak butuh mobil yg tinggi yg malah menyulitkan keluarga buat naik. Jadi SUV model ANPS dan Fortuner jadi less preferable.
suv yg sy maksud ya sesuai pertanyaan om, yaitu crv maksudnya drpd venturer yg mpv. ok mungkin lebih jelasnya lite suv kali ya si crv.

bener om jangan beli fortuner. makin bikin tambah pasaran aja ntar. ane punya soalnya. ha ha ha
Oh siap. Hahaha CRV suv rasa monoque ya. Sementara Innova MPV rasa ladder frame. Emang pinter bingits sales mobil skrg euy.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by triport13 »

nicholasmun wrote:
Sekilas sedikit ttg HRV ane, ini Mobil udah banyak kena modifan. Mulai dari kaki2 yg udah dipasang Double Rebound, full peredam, EXR Stabilizer (walaupun gak signifikan amat rasanya), ban udah pakai Continental Max Contact 5, full audio (HU ganti Kenwood DDX9017bt dan pasang 2 ways audio SQ)
Punten Om OOT, saya malah salah fokus sama modifan om yg ganti shock double rebound, ini bengkel kaki2 yg F*S itu ya om? Reviewnya gimana apakah signifkan dr sisi kenyamanan sama performance?
agungbhaskara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
Daily Vehicle: GK5 CVT

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by agungbhaskara »

Karena dari penjelasan TS tidak tertulis budget sebagai kriteria

Saya sarankan CX9 saja. Kombinasi sempurna akomodasi dan kenyamanan
GD8 MT - GB3 5AT - DD1 CVT - NC1W 4AT - GK5 RS CVT - who's next?
superkar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 03, 2020 18:28
Location: Malang

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by superkar »

Vote venturer, kenapa? Karena om udah punya hrv, yang ukurannya kecil, dan enak buat dipake pas sendiri, berdua, atau sama anak, sekarang butuhnya yang bisa angkut istri, babysitter,
dan mertua pas dateng jengukin cucu2nya

Hehehe
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Pboyz97 »

nicholasmun wrote: Sun Apr 11, 2021 9:07
Om punten boleh PM ane Nomor Salesnya di Honda Mugen Puri, ane member baru blm authorized untuk PM euy.
Apakah ada WA? Nanti saya add. Saya sendnya via WA aja ya, gaenak saya kalo share nomor orangnya disini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by KielConstantine »

Omnibus wrote: Sun Apr 11, 2021 9:46
nicholasmun wrote: Sun Apr 11, 2021 8:57 Hahaha siap om. Gak butuh keliatan lebih keren dan macho sih. Gak terlalu suka off road ato semi off road jg. Dan gak butuh mobil yg tinggi yg malah menyulitkan keluarga buat naik. Jadi SUV model ANPS dan Fortuner jadi less preferable.
suv yg sy maksud ya sesuai pertanyaan om, yaitu crv maksudnya drpd venturer yg mpv. ok mungkin lebih jelasnya lite suv kali ya si crv.

bener om jangan beli fortuner. makin bikin tambah pasaran aja ntar. ane punya soalnya. ha ha ha
Kayanya CR-V ; CX-5 ; X-Trail dan kawan2, jatohnya disebut Compact Crossover SUV deh mbah omni . Bisa dibilang 1/2 SUV... wkwkwk

Ane vote for CR-V Turbo facelift @TS

Kijang pusing kalo standart, perlu banyak modif buat enakin drivabilitynya. Even sekelas venturer 500juta :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: