saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 06 Apr 2021, 09:58

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by thompst »

pianoblack wrote:
qushay20019 wrote: 25 Apr 2021, 15:37 Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.

Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
makasih masukannya om, tapi cukup yakin ga akan pakai 3rd row sih, karena mostly cuma dipakai sendiri atau berdua sama pasangan. Untuk masa pakai sendiri sebenarnya ga mutlak harus 6-7 tahun, tapi pengennya sih kalau bisa awet, mungkin ga ganti dulu untuk sementara waktu. Sempat diskusi juga mungkin setelah 2-3 tahun kalo ada rezeki lebih ganti ke tahun yang lebih muda, tapi kalo bisa diusahakan masih enak dan masih nyaman dipakai dalam 6-7 tahun
thompst wrote: 25 Apr 2021, 16:13 Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.

Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.

Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.

Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
makasih gambarannya om

kira2 apakah ada estimasi biaya di depan untuk perbaikan kalau minang mobil berumur? Sekitar 20jt untuk peremajaan apakah terlalu ngepas?

Selain itu untuk owning cost tahunan apakah ada estimasi di kisaran berapa, mungkin suhu2 yang pernah pegang CX-5 ada gambaran? Saya sempat lihat review di youtube, service per 10rb km di kisaran 2-3jt, di luar itu mungkin kalau ganti part besar kayak ban mungkin agak lumayan. Apakah khusus untuk maintenance (diluar pajak, bensin) disisihkan 10jt/tahun masih reasonable om untuk mobil dengan umur segini? Mengingat dalam 1-2 tahun ke depan juga mungkin ga akan terlalu sering dipakai sampai pandemi beneran beres dan udah harus wfo (ga yakin bakal tembus 10rb km/tahun), jadi paling servis rutin per 6 bulan
Shonen wrote: 25 Apr 2021, 16:39 pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebol

biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
josomba wrote: 26 Apr 2021, 06:18 indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.

Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2 :big_biglaugh:
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2 :big_peace:

Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:

1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.

https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah

Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.

:big_peace:
wah makasih infonya, very helpful om, kalau jadi minang bakal saya note untuk minta mekanik diperiksakan
mike22 wrote: 26 Apr 2021, 07:08 Kalo enggak terburu2, inden T raize aja. Platform udh DNGA dan lebih sensible kl buat daily, apalagi mau pake 6-7 thn kedepan.
Winz wrote: 26 Apr 2021, 08:30 Raize atau Rocky cukupan

Pakai selama itu aman New

Apalagi yg pakai Cewek juga

Tinggal sesuaiin budget aja dah

mau trim yang apa nanti pas rilis
jujur baru tau toyota bakal ngeluarin Raize & Rocky, bentuknya sih cukup menarik. Tapi dengan body sebesar itu dan cc cuma 1.0 dan 1.2, apa tenaganya ga bakal loyo banget om? Saya lihat2 di atas kertas hp dan torsinya agak kecil ya dibanding kelas 1.5. Sejujurnya saya bukan yang terlalu peduli dengan power, cuma agak concern kalau gak kuat dibawa ke daerah puncak/lembang dsb.

tapi ini opsi yang menarik, saya bakal coba lihat2 reviewnya yang di luar
satriakarisma wrote: 26 Apr 2021, 08:55 iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
mungkin yang MT di-skip dulu om, makasih sarannya. Soalnya pegel juga bawa MT di Jakarta :big_cry:
Andhyka wrote: 26 Apr 2021, 07:13 CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.

Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports

Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.

Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.

Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
makasih informasinya om, very helpful. Saya cuma penasaran, versi 2.5 dan 2.0 apakah cukup signifikan bedanya dalam pemakaian sehari2? Minggu kemarin sempat test drive 2x, sekali yang 2.5, sekali yang 2.0, yang 2.5 kondisi masih prima tapi unit tahun 2015 jadi overbudget. Yang 2.0 agak kurang ngena di hati karena kondisinya cukup ngenes (dan kata temen yg duduk di belakang, bantingan keras, alamat kaki2 ga sehat) dan service record ga lengkap. Waktu TD memang cukup berasa bedanya, tapi karena hanya muter2 di parkiran, ga bisa explore lebih jauh. Selama ini paling saya pakai mobil pinjaman yang kecil2 kayak Yaris/BRV, jadi kurang tau juga apakah kalau ambil yang 2.0 (mengingat juga harganya agak di bawah yg 2.5) kepuasannya berkurang
Poporing wrote: 26 Apr 2021, 09:20 kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..

saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
bisa dapet hadiah dikurung di kamar bareng suzana :big_love: :big_love:
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 10:35 Panoramic sunroof mungkin bagi yang pertama kali pakai sangat senang, tapi tetap aja gak bakalan kepakai di Indonesia. Pakai panoramic sunroof tidak sesenyap tanpa panoramic sunroof.
karena ane agak kampung, ngeliat yang keren2 begini emang senang sih, tapi kalo naik mobil temen yang ada sunroofnya justru lebih sering minta ditutup karena panas banget mataharai Indo wkwk :mky_01:
Harchi wrote: 26 Apr 2021, 19:35 Klo mau santafe tapi budgetnya mepet, ambil sodaranya si sorento aja. Harga kayaknya udah dpt dibawah 200 tuh. Ane jg lagi ngelirik2 sorento buat gantiin captiva istri ane
baru tau ada mobil namanya sorento, coba saya cek2 dulu om, makasih inputnya [emoji481]
Kalau dpt unit yg ga terlalu banyak pr harusnya 20jt cukup om. Jadi pastikan saja dpt unit yg baik sblm beli. Kalau saya pasti minta penjual utk general check up ke beres. Disana minta SA utk cek menyeluruh & minta estimasi perbaikan. Dr sana bs dpt gambaran berapa biaya utk restorasi. Pastikan juga mobil tdk bekas kena banjir & tabrakan besar. Kl penjual tdk mau diajak cek ke beres tinggalkan saja.

Saya belum pernah pelihara cx 5, tp utk perawatan rutin hrsnya 10jt/thn cukup om. Itu diluar pajak & komponen habis pakai spt ban. Tapi namanya mobil sdh berumur sebaiknya disiapkan dana cadangan utk slow moving parts yg cukup mahal spt steering rack, shock breaker, sensor2 dsb. Parts electrical yg sulit utk diprediksi kapan rusaknya.

Soal reliability, harus punya ekspektasi yg realistis yah om. Namanya mobil sdh berumur & punya fitur yg lumayan "canggih" bagaimanapun tdk se-reliable mobil baru yg serba konvensional. Kalau mobilnya lbh sering masuk bengkel & keluar biaya ekstra itu konsekuensinya. Kalau buat saya sih semua itu terbayar ketika ketika kita nikmati kenyamanan berkendara & kepuasan batin punya mobil impian.
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 24 Jun 2011, 13:40

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by andisyah »

Sienta second om............
Galaxy14
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: 01 Feb 2017, 09:24

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Galaxy14 »

Kalo buat mobil pertama dan cari yang reliable tentu lebih baik mobil baru, terlebih dipake 6 - 7 tahun ke depan.
Tapi kalo tetep mau ambil seken, saya pribadi sih saran ke brv saja kaya pilihan pertama om. Pertimbangannya dapat tahun agak muda, masih pantes dipake buat istri. Bangku ketiga ga pernah dipake ga masalah.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3920
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by yanuarra »

Ukuran indo blm tua2 amat 2013 mah. Kalo suka dan senang ya ambil aja om TS. Nyetirnya pun bahagia. Penting itu :big_biglaugh:
Dripd om lg nyetir mobil new tp sewaktu disalip cx-5 ntr ngiler gmn coba :big_grin:

Mau seken pun enggak masalah untuk dipake 6-7 taun kedepan.

Yg krusial om harus dpt unit yg overall in good condition. Bagaimana caranya mgkin udah dijelasin sm suhu2 diatas. Sisanya tinggal dirawat dgn proper. Always minum bbm yg sesuai, oli yg sesuai, dan tetek bengek lainnya. Pelajari mobilnya spy bisa ngerawat dgn apik. Kedepan pasti muncul kurang2 ya tinggal diberesin pelan2 jg bisa spy tetep nyaman..sabar aja nikmati Mazdanya.. kalo dirawat dijamin masih ngglinding kok itu mobilnya after 6-7 years :big_biglaugh: :big_slap:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Winz »

pianoblack wrote: 26 Apr 2021, 21:05
qushay20019 wrote: 25 Apr 2021, 15:37 Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.

Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
makasih masukannya om, tapi cukup yakin ga akan pakai 3rd row sih, karena mostly cuma dipakai sendiri atau berdua sama pasangan. Untuk masa pakai sendiri sebenarnya ga mutlak harus 6-7 tahun, tapi pengennya sih kalau bisa awet, mungkin ga ganti dulu untuk sementara waktu. Sempat diskusi juga mungkin setelah 2-3 tahun kalo ada rezeki lebih ganti ke tahun yang lebih muda, tapi kalo bisa diusahakan masih enak dan masih nyaman dipakai dalam 6-7 tahun
thompst wrote: 25 Apr 2021, 16:13 Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.

Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.

Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.

Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
makasih gambarannya om

kira2 apakah ada estimasi biaya di depan untuk perbaikan kalau minang mobil berumur? Sekitar 20jt untuk peremajaan apakah terlalu ngepas?

Selain itu untuk owning cost tahunan apakah ada estimasi di kisaran berapa, mungkin suhu2 yang pernah pegang CX-5 ada gambaran? Saya sempat lihat review di youtube, service per 10rb km di kisaran 2-3jt, di luar itu mungkin kalau ganti part besar kayak ban mungkin agak lumayan. Apakah khusus untuk maintenance (diluar pajak, bensin) disisihkan 10jt/tahun masih reasonable om untuk mobil dengan umur segini? Mengingat dalam 1-2 tahun ke depan juga mungkin ga akan terlalu sering dipakai sampai pandemi beneran beres dan udah harus wfo (ga yakin bakal tembus 10rb km/tahun), jadi paling servis rutin per 6 bulan
Shonen wrote: 25 Apr 2021, 16:39 pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebol

biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
josomba wrote: 26 Apr 2021, 06:18 indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.

Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2 :big_biglaugh:
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2 :big_peace:

Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:

1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.

https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah

Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.

:big_peace:
wah makasih infonya, very helpful om, kalau jadi minang bakal saya note untuk minta mekanik diperiksakan
mike22 wrote: 26 Apr 2021, 07:08 Kalo enggak terburu2, inden T raize aja. Platform udh DNGA dan lebih sensible kl buat daily, apalagi mau pake 6-7 thn kedepan.
Winz wrote: 26 Apr 2021, 08:30 Raize atau Rocky cukupan

Pakai selama itu aman New

Apalagi yg pakai Cewek juga

Tinggal sesuaiin budget aja dah

mau trim yang apa nanti pas rilis
jujur baru tau toyota bakal ngeluarin Raize & Rocky, bentuknya sih cukup menarik. Tapi dengan body sebesar itu dan cc cuma 1.0 dan 1.2, apa tenaganya ga bakal loyo banget om? Saya lihat2 di atas kertas hp dan torsinya agak kecil ya dibanding kelas 1.5. Sejujurnya saya bukan yang terlalu peduli dengan power, cuma agak concern kalau gak kuat dibawa ke daerah puncak/lembang dsb.

tapi ini opsi yang menarik, saya bakal coba lihat2 reviewnya yang di luar
satriakarisma wrote: 26 Apr 2021, 08:55 iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
mungkin yang MT di-skip dulu om, makasih sarannya. Soalnya pegel juga bawa MT di Jakarta :big_cry:
Andhyka wrote: 26 Apr 2021, 07:13 CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.

Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports

Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.

Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.

Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
makasih informasinya om, very helpful. Saya cuma penasaran, versi 2.5 dan 2.0 apakah cukup signifikan bedanya dalam pemakaian sehari2? Minggu kemarin sempat test drive 2x, sekali yang 2.5, sekali yang 2.0, yang 2.5 kondisi masih prima tapi unit tahun 2015 jadi overbudget. Yang 2.0 agak kurang ngena di hati karena kondisinya cukup ngenes (dan kata temen yg duduk di belakang, bantingan keras, alamat kaki2 ga sehat) dan service record ga lengkap. Waktu TD memang cukup berasa bedanya, tapi karena hanya muter2 di parkiran, ga bisa explore lebih jauh. Selama ini paling saya pakai mobil pinjaman yang kecil2 kayak Yaris/BRV, jadi kurang tau juga apakah kalau ambil yang 2.0 (mengingat juga harganya agak di bawah yg 2.5) kepuasannya berkurang
Poporing wrote: 26 Apr 2021, 09:20 kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..

saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
bisa dapet hadiah dikurung di kamar bareng suzana :big_love: :big_love:
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 10:35 Panoramic sunroof mungkin bagi yang pertama kali pakai sangat senang, tapi tetap aja gak bakalan kepakai di Indonesia. Pakai panoramic sunroof tidak sesenyap tanpa panoramic sunroof.
karena ane agak kampung, ngeliat yang keren2 begini emang senang sih, tapi kalo naik mobil temen yang ada sunroofnya justru lebih sering minta ditutup karena panas banget mataharai Indo wkwk :mky_01:
Harchi wrote: 26 Apr 2021, 19:35 Klo mau santafe tapi budgetnya mepet, ambil sodaranya si sorento aja. Harga kayaknya udah dpt dibawah 200 tuh. Ane jg lagi ngelirik2 sorento buat gantiin captiva istri ane
baru tau ada mobil namanya sorento, coba saya cek2 dulu om, makasih inputnya :beer:
Ini yang untuk Spek Indo, uda muncul Bocoran Brosur'nya :
Image
Image
Image
Image
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1236
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by sh00t »

pianoblack wrote: 26 Apr 2021, 21:05
qushay20019 wrote: 25 Apr 2021, 15:37 Kalo ane di posisi om TS, ane gak bakal beli seken krn rencana mo dipake 6-7 taun lagi, artinya sampe 2027-2028. Sekuat2nya mobil & sehalus2nya nyetir, sparepart (khususnya yg dari plastik & karet) pasti ada mulai minta ganti setelah umur mobil 8 tahun. Itu sebabnya juga umur ekonomis mobil biasanya dipatok 8 taunan. Makanya ane gak nyaranin beli seken klo syarat masa pakai ini mutlak.

Kalo emang masih bisa ditunda, tunda aja dulu om sambil nabung lagi biar bisa angkut yg baru, misalnya ertiga/ ertiga sport/ xl7/ xpander/ livina. Ane kasih pilihan 3 baris semua krn percayalah, buat mobil pertama akan sangat memudahkan kalo punya 3 baris meskipun jarang kepake baris ketiganya.
makasih masukannya om, tapi cukup yakin ga akan pakai 3rd row sih, karena mostly cuma dipakai sendiri atau berdua sama pasangan. Untuk masa pakai sendiri sebenarnya ga mutlak harus 6-7 tahun, tapi pengennya sih kalau bisa awet, mungkin ga ganti dulu untuk sementara waktu. Sempat diskusi juga mungkin setelah 2-3 tahun kalo ada rezeki lebih ganti ke tahun yang lebih muda, tapi kalo bisa diusahakan masih enak dan masih nyaman dipakai dalam 6-7 tahun
thompst wrote: 25 Apr 2021, 16:13 Harga 170-200jt dapat CX5 GT sktr tahun 2013 berarti sdh berumur sktr 8 tahun. Jadi harus disiapkan dana utk perbaikan & balik nama diluar harga mobilnya.

Ambil mobil yg lbh premium dibandingkan LMPV/LSUV sdh pasti lbh nyaman, lbh banyak fitur & lbh fun to drive. Tapi konsekuensinya ada di biaya2 yg akan dikeluarkan selanjutnya. Jd bisa jadi harga unitnya saja sama antara mazda CX 5 2013 dgn Xpander 2018 misalnya, tapi total owning cost nya utk 5 thn kedepan akan jauh berbeda. Perbedaan TOC seperti:
1. Biaya perawatan rutin CX5 sdh pasti lbh mahal dibandingkan LMPV
2. Slow moving parts juga akan banyak yg sdh harus diganti menginat usia sdh 8 thn & km sdh lumayan tinggi.
3. CX 5 punya fitur yg lbh tp konsekuensinya komponen electrical & sensor2 jg lbh banyak & ini juga pengaruh ke biaya perawatan jk harus diganti.
4. Pajak tahunan lbh mahal.
5. Ban, aki dsb yg hrs diganti rutin jg lbh mahal.

Tapi kalau sdh siap dgn TOC yg lbh mahal go ahead ambil mobil yg lbh premium. Drpd beli LMPV tapi setiap lihat CX5 di jalan kepikiran terus, kalau ada dana lebih ga ada salahnya punya mobil impian.

Satu lagi soal reliability, ambil LMPV atau innova dgn thn lbh muda sdh pasti lbh reliable. Mobil operasional perusahaan di kalimantan pakai innova, setahun jalan 100k+ lewat jalan aspal & jalan tanah. Skrg sdh lbh dr 3 thn masih oke2 saja. Pengalaman saya dulu pernah punya avanza (pemakaian dlm kota saja) ga pernah masuk bengkel selain perawatan rutin.
makasih gambarannya om

kira2 apakah ada estimasi biaya di depan untuk perbaikan kalau minang mobil berumur? Sekitar 20jt untuk peremajaan apakah terlalu ngepas?

Selain itu untuk owning cost tahunan apakah ada estimasi di kisaran berapa, mungkin suhu2 yang pernah pegang CX-5 ada gambaran? Saya sempat lihat review di youtube, service per 10rb km di kisaran 2-3jt, di luar itu mungkin kalau ganti part besar kayak ban mungkin agak lumayan. Apakah khusus untuk maintenance (diluar pajak, bensin) disisihkan 10jt/tahun masih reasonable om untuk mobil dengan umur segini? Mengingat dalam 1-2 tahun ke depan juga mungkin ga akan terlalu sering dipakai sampai pandemi beneran beres dan udah harus wfo (ga yakin bakal tembus 10rb km/tahun), jadi paling servis rutin per 6 bulan
Shonen wrote: 25 Apr 2021, 16:39 pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebol

biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
josomba wrote: 26 Apr 2021, 06:18 indent 3 bulan? hmm sepertinya sesuatu yg normal untuk ukuran Mazda punya slow moving parts.

Saya indent gasket intake manifold 3 bulan, padahal hanya untuk seekor mazda 2 :big_biglaugh:
Kebetulan karena lg pengen ganti aja sekalian bersihin TB n intake manifold di salah satu mbah di mari, tapi kalau misalnya kudu indent 3 bulan karena ada yg sobek bushingnya ... hmm suseh juga buat sehari2 :big_peace:

Particular issue, yang saya tahu ada TSB terkait:

1. bunyi jegluk2 karena bushing kecil di lower arm-nya bermasalah --> Sharing issue dengan mazda 6.
2. Strut bearing/shock bearing juga masalah untuk gen awal --> seandainya masalah, bisa pake Unifar punya. Di mazda 2 juga agak masalah tp ga ada TSB-nya, solusinya regrease yg banyak pake grease bagusan atau ganti merk pake Unifar.

https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2017/ ... 7-9999.pdf --> bisa cek page 3 untuk mobil yg agan incer dr kode chassisnya, apakah masuk yg masalah

Kalau mau liat DIY Maintenance CX-5, liat youtube-nya Felix Dan aja. Menjelaskan diy maintenance-nya cukup jelas, n applicable ke lineup mazda series lainnya juga.

:big_peace:
wah makasih infonya, very helpful om, kalau jadi minang bakal saya note untuk minta mekanik diperiksakan
mike22 wrote: 26 Apr 2021, 07:08 Kalo enggak terburu2, inden T raize aja. Platform udh DNGA dan lebih sensible kl buat daily, apalagi mau pake 6-7 thn kedepan.
Winz wrote: 26 Apr 2021, 08:30 Raize atau Rocky cukupan

Pakai selama itu aman New

Apalagi yg pakai Cewek juga

Tinggal sesuaiin budget aja dah

mau trim yang apa nanti pas rilis
jujur baru tau toyota bakal ngeluarin Raize & Rocky, bentuknya sih cukup menarik. Tapi dengan body sebesar itu dan cc cuma 1.0 dan 1.2, apa tenaganya ga bakal loyo banget om? Saya lihat2 di atas kertas hp dan torsinya agak kecil ya dibanding kelas 1.5. Sejujurnya saya bukan yang terlalu peduli dengan power, cuma agak concern kalau gak kuat dibawa ke daerah puncak/lembang dsb.

tapi ini opsi yang menarik, saya bakal coba lihat2 reviewnya yang di luar
satriakarisma wrote: 26 Apr 2021, 08:55 iya tuh bener,
inden raize atau rocky.
aman lagi ya terios x mt.
kemarin ada member sini dapat 195 baru gres.
mungkin yang MT di-skip dulu om, makasih sarannya. Soalnya pegel juga bawa MT di Jakarta :big_cry:
Andhyka wrote: 26 Apr 2021, 07:13 CX5 tergolong mobil yang worth it baik bekas maupun baru. Tahun segitu fiturnya sudah menyaingi/melebihi mobil yg dijual saat ini: ABS, EBD, BA, VSC, 6-airbag, Bose sound system apalagi sudah CBU rakitan Jepang. Perakitan Jepang sudah paling mantap dan juga merk Jepang tergolong reliable daripada merk Eropa.

Mesin CX5 juga masih naturally aspirated 2500cc jadi IMO masih aman untuk 10 tahun ke depan. Dan juga reliability rating merk Mazda sekarang juara satu berdasarkan tabloid terpercaya Consumer Reports:
1. Mazda - 83/100
2. Toyota - 74/100
3. Lexus - 71/100
https://driving.ca/mazda/auto-news/news ... er-reports

Jika ambil bekas, coba cari unit yang kondisinya bagus. Cek saja 4-5 iklan CX5 bekas terus disurvey satu persatu sekalian bawa teman yang mengerti mobil. Kemudian bandingkan diantara semua CX5 bekas kira2 mana yang kondisi mesin/interior/kaki/aki/ban paling prima.

Kalo bisa track record servis juga jelas walaupun servis di bengkel luar. Setidaknya owner memberi tahu kapan dan apa fast moving part yang sudah diganti. Sisihkan dana lebih untuk ganti oli transmisi, filter udara, filter AC, aki, ban jika owner-nya sama sekali belum ganti.

Happy hunting, segala usaha di atas akan terbayarkan karena CX5 tergolong mobil enak baik untuk pengemudi maupun penumpang. Mau lebih nyaman lagi di atas CX5 yg CBU Jepang harus ke Alphard/Lexus di mana harga barunya 1.3-1.5M.
makasih informasinya om, very helpful. Saya cuma penasaran, versi 2.5 dan 2.0 apakah cukup signifikan bedanya dalam pemakaian sehari2? Minggu kemarin sempat test drive 2x, sekali yang 2.5, sekali yang 2.0, yang 2.5 kondisi masih prima tapi unit tahun 2015 jadi overbudget. Yang 2.0 agak kurang ngena di hati karena kondisinya cukup ngenes (dan kata temen yg duduk di belakang, bantingan keras, alamat kaki2 ga sehat) dan service record ga lengkap. Waktu TD memang cukup berasa bedanya, tapi karena hanya muter2 di parkiran, ga bisa explore lebih jauh. Selama ini paling saya pakai mobil pinjaman yang kecil2 kayak Yaris/BRV, jadi kurang tau juga apakah kalau ambil yang 2.0 (mengingat juga harganya agak di bawah yg 2.5) kepuasannya berkurang
Poporing wrote: 26 Apr 2021, 09:20 kalo buat duo terirush, kayaknya om TS bakal pegel2...
kan kata review2 di yutub dan di SM, itu jok ga suportif buat pengemudi yg tingginya lebih dari 170cm...
bakal cepet capek pundaknya..

saran saya: saya biasanya nyaranin inopa.. tp ga deh kalo skrg... bisa2 saya dihajar mbah DOHC....
bisa dapet hadiah dikurung di kamar bareng suzana :big_love: :big_love:
sh00t wrote: 26 Apr 2021, 10:35 Panoramic sunroof mungkin bagi yang pertama kali pakai sangat senang, tapi tetap aja gak bakalan kepakai di Indonesia. Pakai panoramic sunroof tidak sesenyap tanpa panoramic sunroof.
karena ane agak kampung, ngeliat yang keren2 begini emang senang sih, tapi kalo naik mobil temen yang ada sunroofnya justru lebih sering minta ditutup karena panas banget mataharai Indo wkwk :mky_01:
Harchi wrote: 26 Apr 2021, 19:35 Klo mau santafe tapi budgetnya mepet, ambil sodaranya si sorento aja. Harga kayaknya udah dpt dibawah 200 tuh. Ane jg lagi ngelirik2 sorento buat gantiin captiva istri ane
baru tau ada mobil namanya sorento, coba saya cek2 dulu om, makasih inputnya :beer:
Kalau siang musti tutup om. Kalau gak mah panasnya sampai ubun". Sebaiknya tetap pasang kaca film om supaya gak terlalu panas pas mau buka di pagi atau sore. Jangan terlalu gelap kaca filmnya om. Maksimal 20% lah, biar malam masih kelihatan bintang. :big_biglaugh:

Sorento itu saudaranya SantaFe dari merk Kia om.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Pboyz97 »

Sebagai ex user CX5 Gen 1 2.0 touring 2013 selama 6 tahun dan dijual di odo 152 rb, saya bantu jawab ya

Tergantung om, apakah om orangnya
- Siap dengan perawatan yg lebih mahal dibanding rival sekelasnya
- Sabar, teliti dan jeli
- Punya spare budget diluar harga mobil
- Ga masalah sm akomodasi dan storage yg kurang dibanding rival sekelasnya
Kalo om siap dengan semua poin yg saya sebutkan, go for it, karena cx5 salah 1 medium suv yg paling fun to drive dan punya handling yg paling oke juga dikelasnya, selain itu, fiturnya juga cukup banyak.

Kalo ada budget buat yg 2.5, mending yg 2.5 om, karena tarikannya lebih oke dibanding yg 2.0, kalo 200 kayanya mepet ya, dapetnya yg 2.0 touring 2013 kayanya, tapi kalo buat mobil pertama yg 2.0 udh lebih dari cukup kok menurut saya, yg harus diperhatiin
- Kaki2
- Rack steering
- Elektrikal
- Sensor2
- Pastikan buku service, buku manual dan owner sblmnya telaten ganti rutin oli maticnya
- BBM Minimal pertamax

Dulu selama 6 tahun pake, mobil ini cukup reliable, km udh 100rb lebih gaada problem yg aneh2. Cuma servis rutin dan ganti oli doang, servis besar cuma di engine mounting aja, interior masih solid dan no rattle selama 6 tahun pakai, cuma ya yg kudu diperhatiin ketersediaan sparepartnya, kalo om tinggal dikota besar kaya jkt, partnya masih cukup mudah karena banyak beresnya yg bisa nanganin, minusnya ya cuma inden aja untuk beberapa partnya, tapi kalo om tinggal di daerah sih, mohon maaf sepertinya masih agak jarang partnya untuk mazda ini menurut saya. Kalo om siap dengan segala resikonya, ya go for it, karena kalo sehat mobil ini sangat enak disetir dan enak sekali buat selap selip + RV nya buat jangka panjang sih sepertinya masih reasonable buat saya pribadi kalo di jakarta, harganya cenderung nahan dan mirip2 sm kompetitornya kek CRV or xtrail Wkwkw, dan cari yg tipe tertinggi kalo cx5 baik yg 2.5 atau yg 2.0 sekalipun karena yg laku selalu tipe tertinggi dari tahun ke tahun kalo cx5 ini menurut pengamatan saya, ambil yg GT kalo 2.5 dan ambil yg touring 19inch kalo yg 2.0. tapi kalo om masih awam mobil, mending ambil baru aja atau ambil seken merek mainstream yg tahunnya lebih muda, kalo alternatif ada
- Jazz RS 2011- 2012
- CRV 2.4 Pres 2013-2014
- Yaris bapkao 2012-2013
- Baleno Hatch 2018-2019
- HRV E CVT 2015 (budget mepet)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 27 Jan 2013, 20:34

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Shonen »

pianoblack wrote: 26 Apr 2021, 21:05
Shonen wrote: 25 Apr 2021, 16:39 pertanyaannya simple aja buat ts, sdh pernah rawat mobil tua ? klo sudah pernah dan siap bolak balik bengkel ya go ahead aja...kalo dana pas2an mending ambil baru atau mobil yang emang peruntukannya buat kerja keras...
krn mobil udah 8 taon pasti ada aja penyakitnya dan benerinnya jg ga murah krn sesuai kelas dia 400 jt an artinya dana benerin jg ga bohong dgn mobil lvl 100 jtan (new)
sejujurnya sih belum pernah rawat mobil tua, dulu waktu dipinjemin kantor mobil muda dan semua urusan service dll dibantu sama kantor. Makanya bisa dibilang ini first car beneran. tergodanya karena baca review2 mesinnya CX-5 cukup reliable ya, jadi mudah2an ga ada penyakit yang bikin terlalu tekor karena mesin jebol

biasa yang bikin bolak balik bengkel untuk mobil di usia segini karena penyakit apa ya om?
udah tau rasanya cari2 ngebengkel nunggu dsb mobil ga bisa dipake? kalo belum tau mungkin bisa jadi pertimbangan...kalo udah umur segini mau mobil apapun pasti elektronik dan sensor ada aja yang tewas dan butuh diganti...misal retract spion, pbd, panel ac, speaker audio, sensor airbag dan sensor lainnya dkk yang bersifat elektronik bisa macem2...
sektor mesin belom, kalo ud umur segini koil pasti cpt atau lambat bakal tewas blom engine mounting dkk blom dr ac, kaki kaki, karet bodi dll
yang cerita pake bbrp tahun ga ada apa2, kuat dkk yah belom ajaa, hoki ga sampe diganti :big_biglaugh:
mobil itu ibarat badan manusia usia ga bisa bohong mau di maintain sebagus apapun komponen ada umurnya tinggal siap2 aja dompet utk ganti...kecuali hobist classic car ga bakal berasa benerin beginian, saya pelihara mobil sudah uzur satu 13 tahun satu lagi 8 thn udah bbrp x bolak balik walaupun ga sering dan krn dr baru rawatan sendiri jadi udah tau yang akan diganti apalagi..dan terkadang barang ga ready ini udah honda kadang2 kalo penyakitnya unik suka ga ada kaya kemaren ganti semacem tuas di transmisi saya lupa namanya apa barang ga ready
kalo buat transmisi sama mesin kecil kemungkinan akan problem selama dirawat dan bukan barang busuk...knp saya masih pelihara kalo udah nyusain ya karena blom nyusain banget kalo udah nyusain banget bakal saya jual krn ngapain bolak balik bengkel setorin uang utk hal2 spt ini...
sebagai catetan saya udah ganti bbrp part yang saya sebut di atas dan kalo dibanding harga mobilnya cukup lumayan lah apa yang bikin saya pertahanin karn masih punya sentimental value buat saya dan masih belom terlalu nyusahin walopun bbrp x saya mesti bolak balik bengkel dlm bbrp bulan tapi yaudah lah masih dalam taraf wajar tapi kalau sudah ga wajar ya terpaksa di jokul walopun ada sentimental valuenya...
kalo buat first car better ambil yang masih baru aja asumsi ini mobil bakal sering ngebengkel kan ga ada alternatif kendaraan lain, toh anda pun menikmati mobil tersebut cuman sejam 2 jam lebih dr itu utk pemakaian sehari2 apakah nyaman kan tentu tidak mau apapun mobilnya, anda kan tidak tinggal di mobil drpd mementingkan fun to drive yang tidak dinikmati lebih dr 2 jam rasanya ga sensible utk menitikberatkan point fun to drive ke kebutuhan sehari hari (my 2 cents ya) tentunya ke pribadi tiap org bisa berbeda termasuk ke om sendiri
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 03 Dec 2014, 14:35

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by sugarpot »

Cx-5nya tahun 2013 ya om ? Berarti saat ini udah 8 tahun,dan akan dipakai 6-7 tahun kedepan ....Kalo menurut saya sih asalkan om mau servis rutin gajadi masalah dan penggantian part” yang harus ganti gak ditunda”...
rmpm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 19 Sep 2016, 14:02
Daily Vehicle: 2011 CRV K24 2021 Innova Diesel At

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by rmpm »

Raize gak tertarik om? Lumayan juga tuh budget 250an dapet tss tadi saya udah cek langsung mobilnya ok juga fiturnya melimpah minus sunroof , jok elektrik sama bosenya aja hehehe
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1271
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by pendoli »

pianoblack wrote: 25 Apr 2021, 13:11
Sama saya penasaran untuk suhu2 yg pernah pakai panoramic sunroof, apakah worth it atau justru bikin pusing untuk maintenance-nya? Apakah selama ini useful untuk pemakaian mostly di Jakarta?
Menurut gw, pano sunroof itu nice to have aja, tapi ngga must have. Membantu banget si bikin suasana mobil jadi lega dan terang, tapi ya kadang jadi terik klo siang bolong haha

Perawatan ngga ada bikin pusing sih. Tapi mobil gw yg pano sunroof juga baru taon 2016 belom tua2 amat. Selama 5 taon sunroofnya gw buka (open air) kayanya <50x.

Kalo denger2 si sunroof klo dah tua karetnya bisa getas trus rembes, cmiiw yaa
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 06 Apr 2021, 09:58

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by thompst »

Sedikit sharing saja om. Daily driver saya saat ini mark x juga mulai digunakan tahun 2013. Jadi saat ini sudah berusia 8 tahun. Dalam dua tahun terakhir penggantian slow moving parts besar baru penggantian 3 shockbreaker (satu depan & dua belakang). Sebenarnya menurut SA masih bisa digunakan karena bocornya belum terlalu parah, namun karena saya sendiri sudah merasa kurang nyaman maka saya putuskan diganti saja.

Dan dalam dua tahun terakhir juga mobil masuk bengkel diluar service rutin hanya dua kali dan kedua2nya masalah electrical (sensor & kabel). Yang pertama sensor O2 kotor sehingga gas tersendat2 & check engine menyala. Yang dilakukan hanya dibersihkan O2 sensornya, di-reset & kembali normal. Biaya hanya ratusan ribu saja. Yang kedua disebabkan ada kabel sensor yang digigit tikus sehingga lampu check engine nyala. Setelah kabel diganti normal kembali, biaya juga cuma ratusan ribu saja.

Jadi pengalaman masing2 orang dalam memelihara mobil berbeda2 tidak bisa 100% dijadikan patokan. Saya sendiri masih nyaman sekali dengan mobil yang sudah berusia 8 tahun. Dengan harga jual saat ini dimana sama dengan harga LMPV baru, saya merasa worthed lah dgn konsekuensi biaya yg lebih mahal & sedikit lebih repot ngebengkel. Sampai saat ini saya masih belum ada rencana untuk ganti mobil ini untuk beberapa tahun kedepan. Yang penting pilih unit yang cukup reliable, seleksi sampai dapat yang kondisinya baik & siap dgn biaya restorasi & perawatan kedepannya. Kalau sudah siap sikat saja om, jalani dulu karena miara mobil berumur tidak selalu horror kok.
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 15 Apr 2014, 23:41

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Volare »

Test drive dulu om

Sy dulu sempat kepincut tp setelah test drive ternyata ga suka

Keras dan road noise lumayan, row 2 kurang landai

Audio bosenya ternyata standar aja
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by nyotnyet »

Saya taun lalu baru aja ambil cx5 GT 2015 facelift om, menggantikan D4D 2011 saya, dan sudah harus expect kuarin uang lebih untuk maintenancenya terutama isi bensin biasanya 5.150, sekarang 9000/ltr hahaha
Diluar itu, saya puas bgt pake cx5, dan rencana emang pakai di 5 tahunan, saya kalau pakai mbl cukup lama baru ganti.

Dari angkat cx5 ini, yang sudah saya ganti :
- shock depan pake kayaba excel G 2.3jt sepasang
- modul auto leveling 1.6jt sebiji, rusak 2-2nya
- bushing arm copotan 500rban (penyakit ttp ga sembuh sampe capek, solusinya pura2 ga denger)
- ganti2 oli
- spooring balancing

PR yang belum selesai:
Saya dapat posisi HU udah hacked, mau pasang apple car play harus kembalikan ke posisi stock, ada resiko HU mati total dan ganti CMU, lg pertimbangkan faedahnya ini.

Yang perlu diperhatikan :
Pajaknya lumayan buat mbl tahun segitu.
Kalo dpt yg velg R19, perhitungkan ganti bannya karna ga murah.
Bunyi kaki2 yang kayanya penyakit mazda (mazda 2 saya jg bunyi2 kaki2nya).
Aki khusus yang lumayan harganya.

Happy hunting Om, kalo dpt yg sehat manteb kok cx5

Soul Red zoom zoom
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by maastricht889 »

nyotnyet wrote: 03 May 2021, 08:56 Saya taun lalu baru aja ambil cx5 GT 2015 facelift om, menggantikan D4D 2011 saya, dan sudah harus expect kuarin uang lebih untuk maintenancenya terutama isi bensin biasanya 5.150, sekarang 9000/ltr hahaha
Diluar itu, saya puas bgt pake cx5, dan rencana emang pakai di 5 tahunan, saya kalau pakai mbl cukup lama baru ganti.

Dari angkat cx5 ini, yang sudah saya ganti :
- shock depan pake kayaba excel G 2.3jt sepasang
- modul auto leveling 1.6jt sebiji, rusak 2-2nya
- bushing arm copotan 500rban (penyakit ttp ga sembuh sampe capek, solusinya pura2 ga denger)
- ganti2 oli
- spooring balancing

PR yang belum selesai:
Saya dapat posisi HU udah hacked, mau pasang apple car play harus kembalikan ke posisi stock, ada resiko HU mati total dan ganti CMU, lg pertimbangkan faedahnya ini.

Yang perlu diperhatikan :
Pajaknya lumayan buat mbl tahun segitu.
Kalo dpt yg velg R19, perhitungkan ganti bannya karna ga murah.
Bunyi kaki2 yang kayanya penyakit mazda (mazda 2 saya jg bunyi2 kaki2nya).
Aki khusus yang lumayan harganya.

Happy hunting Om, kalo dpt yg sehat manteb kok cx5
Kaki2 bunyi bener sih om, di mazda 2 saya nonsky kl jalan jelek dikit mesti bunyi duk duk duk duk terus. Pdhl baru jalan 30rb
pianoblack
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 25 Apr 2021, 02:57

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by pianoblack »

Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian :beer:

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. :beer:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by ginting »

pianoblack wrote: 08 May 2021, 23:53 Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian :beer:

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. :beer:
selamat oom, atas mobil baru dibelinya…
pastinya masih happy banget nih , dan pigin selalu ajak jogging nih mobilnya..
ditunggu long term reviewnya ya oom
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by nyotnyet »

pianoblack wrote:Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian :beer:

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. :beer:
Rattling di dasbor bagian mana om? Saya di atas deket speedometer, pgn bongkar takut tambah yg lain ga kenceng malah ikutan bunyi hahahaha
Shock depan kalau ganti di beres lumayan harganya, sepasang kalo ga salah 6jtan, pake aftermarket kmrn saya 2.3jt sepasang pake kayaba excel G

2013 brati AFS ya, cek aja om kalo belok mobilnya, lampunya ikut belok ga, punya temen saya yg juga member sini sudah ga jalan AFS nya hahaha

Dpt type apa om? Kalo liat harga bannya kayanya GT yah? R19?

Soul Red zoom zoom
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by maastricht889 »

pianoblack wrote: 08 May 2021, 23:53 Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian :beer:

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. :beer:
Servis record penggantian oli mesin lengkap kan om? Kl iya, udah deh mesin mazda the best pake oli 0W20 preferably merk terbagus kaya amsoil SS. Sy di mazda 2 lama udh pernah pake ptt 5w30, ams SS 0w20, ptt evotec 0w20 non eco. The best dr kehalusan dan tarikan ttp ams SS 0W20. Oli buntut 30 dipakein ke mesin mazda berat banget, apalagi ini udah mesin skyactiv.

Oh ya, sekalian cek ada record penggantian/kuras oli transmisi ga itu om? Kl belum pernah dan dg km setinggi itu sekalian flush aja, krn di mazda yg udah skyactiv itu mereka standarnya "lifetime" yg bikin saya ragu2 krn gimanapun masih wujudnya oli atf yg harus dikuras satu waktu. Spek ATFny pake ATF FZ, sy rekomen merk Q8 auto MV/PTT LV1 yg keduanya udh comply ke ATF FZ
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 06 Apr 2021, 09:58

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by thompst »

pianoblack wrote:Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian [emoji481]

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. [emoji481]
Congratulation atas mobil barunya om. Mobil yg sudah enak dr sananya emg ga boong yah, walaupun sudah berumur.

Mesin mazda kan kompresinya tinggi om jadi tenaganya optimal kalau dikasih RON 98. Kalau saya sih tetap setia dgn pertabo krn selisihnya jauh dibandingkan shell. Dari pengalaman saya yg nubie ini rasanya ga beda antara pertabo dgn shell 98 jadi sayang aja isi shell.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Pboyz97 »

pianoblack wrote: 08 May 2021, 23:53 Makasih atas saran dan masukannya suhu2 sekalian :beer:

Akhirnya minggu lalu minang CX-5 2013 akhir, KM udah 100k+, plusnya dari unit yang saya dapat:
- service record lengkap
- interior mulus ga ada cacat
- exterior mulus bisa dibilang 98%
- aki diganti baru dari penjual
- baru ganti elektrikal power window lengkap (dr record habis sekitar 4jtan)
- ban yg lama masih tebal bunganya, tapi karena ada beberapa sompel aneh di beberapa titik, akhirnya nego harga ban dan langsung ganti ban baru (mahal euy 7jt sendiri 1 set ban, tapi udah expect sih)
- dapat garansi mesin+suspensi dari garansi plus 1 tahun dan jaminan bebas banjir & tabrak
- kaki2 super empuk, kata penjual (showroom) pemilik sebelumnya udah ganti suspensi lengkap depan belakang, tapi di service record ga kelihatan, cuma ada penggantian arm lengkap depan belakang, apakah itu sama suhu2 sekalian? showroom sih gak yakin, bisa jadi ganti di luar bengkel resmi katanya

Minusnya:
- angka odo udah agak tinggi, menjelang 120rb. Tapi karena banyak part yg udah baru, saya jadi lebih tenang, daripada ambil km rendah cuma masih banyak peer
- kalau lewat jalan yang kurang bagus atau speaker bassnya digedein, ada rattling dari dashboard, seperti itu mur yang kurang kencang. Ada yg pernah punya pengalaman serupa?

Kemarin baru isi full shell v power nitro+ (oktan 98) dan pakai sebentar agak dibejek di dalkot (bukan lewat tol) pas malam sepi, bisa dapat 1:13. Oktan 98 apakah overkill buat mesin skyactiv si cx5 ini suhu2 sekalian?

Rencana dalam waktu dekat akan service berkala lagi di beres (ga dapat antrian krn menjelang lebaran full), untuk oli apakah ada saran dari suhu2 sekalian? Saya lihat di record pakainya selalu 0w20, tapi lihat2 aftermarket banyak yg jual 5w30 dan 10w40, kira2 untuk pemakaian mostly di dalkot Jakarta bagusnya pakai yang mana ya?

So far sih cukup puas dengan experiencenya. Temen yang baru ambil HRV sempat test drive dan bilang ini mobil lebih seru dan enak dipakai daripada HRV SE-nya dia (service aside pastinya, krn vs mobil baru). Will update frequently kalau ada temuan baru. Sekali lagi thanks suhu2 SM. :beer:
Congrats om buat mobil barunya. Kalo oktan 98, udh lebih dari cukup kok buat mesin sky. Dulu saya pernah pelihara cx5 ini tapi yg 2.0 nya tahun 2013 juga selama 6 tahun dan odo 152rb selama make - dijual 2019 lalu gaada trouble yg aneh2 sih mesinnya. Servis besarnya juga cuma mounting doang hehehe. Mobil ini awet dan badak kok + sangat fun to drive juga serta punya handling dan tarikan yg oke. Kalo oktan 98 sih, udh cukup kok. Kalo mau sih om pake pertamax aja udh oke buat mobil ini, dulu pas saya pake cx5 ini pake pertamax terus dan surprisingly no trouble yg aneh2 dibagian mesin. Masih sehat dan awet terus mesinnya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
pianoblack
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 25 Apr 2021, 02:57

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by pianoblack »

ginting wrote: 09 May 2021, 00:06 selamat oom, atas mobil baru dibelinya…
pastinya masih happy banget nih , dan pigin selalu ajak jogging nih mobilnya..
ditunggu long term reviewnya ya oom
makasih banyak momod :beer:
nyotnyet wrote: 09 May 2021, 00:20 Rattling di dasbor bagian mana om? Saya di atas deket speedometer, pgn bongkar takut tambah yg lain ga kenceng malah ikutan bunyi hahahaha
Shock depan kalau ganti di beres lumayan harganya, sepasang kalo ga salah 6jtan, pake aftermarket kmrn saya 2.3jt sepasang pake kayaba excel G

2013 brati AFS ya, cek aja om kalo belok mobilnya, lampunya ikut belok ga, punya temen saya yg juga member sini sudah ga jalan AFS nya hahaha

Dpt type apa om? Kalo liat harga bannya kayanya GT yah? R19?
rattling di dashboard tengah atau kiri dekat penumpang, masih belum ketauan sampai sekarang. Kadang dia diem, kadang bisa keluar kalau lagi lewat jalan gak rata

bener GT 2.5 om, saya dapat harga cash 195 (sudah termasuk aki & ban baru). Sebenarnya sempat liat beberapa unit dari pemakai yang di bawah 180, tapi rata2 Touring 2.0 akhir 2012 atau 2013 awal. Karena masukan di sini mendingan ambil yg GT 2.5 biar puas, akhirnya sekalian dicoba mentokin ke GT 2.5

AFS-nya lupa ngecek, kayaknya iya udah mati. Agak sayang sih ga bisa ngerasain AFS, kira2 untuk perbaikan ini udah pernah ngecek om? Habis berapa kah?
erwinign wrote: 09 May 2021, 06:43 Servis record penggantian oli mesin lengkap kan om? Kl iya, udah deh mesin mazda the best pake oli 0W20 preferably merk terbagus kaya amsoil SS. Sy di mazda 2 lama udh pernah pake ptt 5w30, ams SS 0w20, ptt evotec 0w20 non eco. The best dr kehalusan dan tarikan ttp ams SS 0W20. Oli buntut 30 dipakein ke mesin mazda berat banget, apalagi ini udah mesin skyactiv.

Oh ya, sekalian cek ada record penggantian/kuras oli transmisi ga itu om? Kl belum pernah dan dg km setinggi itu sekalian flush aja, krn di mazda yg udah skyactiv itu mereka standarnya "lifetime" yg bikin saya ragu2 krn gimanapun masih wujudnya oli atf yg harus dikuras satu waktu. Spek ATFny pake ATF FZ, sy rekomen merk Q8 auto MV/PTT LV1 yg keduanya udh comply ke ATF FZ
Lengkap om, jadi agak tenang krn record pemakaian sebelumnya. Noted om pakai oli 0W20 ya. Soalnya saya dapat voucher dari Otoklix, opsinya hanya ada 5w30 sama 10w40, kayaknya akan pakai vouchernya untuk keperluan lain aja. Untuk oli transmisi, kayaknya sih ada pernah penggantian, nanti saya cek lagi. Memang rencananya akan beresin semua oli2 di beres supaya record pemakaian mulai di saya rapi dari awal

Biasanya untuk service rutin di bengkel, ongkos 1.5-2jt itu belum termasuk beli oli dll ya om?
thompst wrote: 09 May 2021, 10:13 Congratulation atas mobil barunya om. Mobil yg sudah enak dr sananya emg ga boong yah, walaupun sudah berumur.

Mesin mazda kan kompresinya tinggi om jadi tenaganya optimal kalau dikasih RON 98. Kalau saya sih tetap setia dgn pertabo krn selisihnya jauh dibandingkan shell. Dari pengalaman saya yg nubie ini rasanya ga beda antara pertabo dgn shell 98 jadi sayang aja isi shell.
makasih banyak om :beer: iya rencananya akan pakai pertabo setelah ini, lumayan kayaknya bedanya in longer term, buat nambah2 bedakin mobil
Pboyz97 wrote: 10 May 2021, 10:16 Congrats om buat mobil barunya. Kalo oktan 98, udh lebih dari cukup kok buat mesin sky. Dulu saya pernah pelihara cx5 ini tapi yg 2.0 nya tahun 2013 juga selama 6 tahun dan odo 152rb selama make - dijual 2019 lalu gaada trouble yg aneh2 sih mesinnya. Servis besarnya juga cuma mounting doang hehehe. Mobil ini awet dan badak kok + sangat fun to drive juga serta punya handling dan tarikan yg oke. Kalo oktan 98 sih, udh cukup kok. Kalo mau sih om pake pertamax aja udh oke buat mobil ini, dulu pas saya pake cx5 ini pake pertamax terus dan surprisingly no trouble yg aneh2 dibagian mesin. Masih sehat dan awet terus mesinnya hehehe
makasih om :beer: tapi karena selisih pertamax dan pertabo bisa dibilang marginal, mungkin akan pakai pertabo dulu.

mountingnya dulu ganti atau servis om? Habis berapa untuk mounting?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by maastricht889 »

pianoblack wrote: 12 May 2021, 10:51
erwinign wrote: 09 May 2021, 06:43 Servis record penggantian oli mesin lengkap kan om? Kl iya, udah deh mesin mazda the best pake oli 0W20 preferably merk terbagus kaya amsoil SS. Sy di mazda 2 lama udh pernah pake ptt 5w30, ams SS 0w20, ptt evotec 0w20 non eco. The best dr kehalusan dan tarikan ttp ams SS 0W20. Oli buntut 30 dipakein ke mesin mazda berat banget, apalagi ini udah mesin skyactiv.

Oh ya, sekalian cek ada record penggantian/kuras oli transmisi ga itu om? Kl belum pernah dan dg km setinggi itu sekalian flush aja, krn di mazda yg udah skyactiv itu mereka standarnya "lifetime" yg bikin saya ragu2 krn gimanapun masih wujudnya oli atf yg harus dikuras satu waktu. Spek ATFny pake ATF FZ, sy rekomen merk Q8 auto MV/PTT LV1 yg keduanya udh comply ke ATF FZ
Lengkap om, jadi agak tenang krn record pemakaian sebelumnya. Noted om pakai oli 0W20 ya. Soalnya saya dapat voucher dari Otoklix, opsinya hanya ada 5w30 sama 10w40, kayaknya akan pakai vouchernya untuk keperluan lain aja. Untuk oli transmisi, kayaknya sih ada pernah penggantian, nanti saya cek lagi. Memang rencananya akan beresin semua oli2 di beres supaya record pemakaian mulai di saya rapi dari awal

Biasanya untuk service rutin di bengkel, ongkos 1.5-2jt itu belum termasuk beli oli dll ya om?
Kasaran di beres all in 3jt sih om terawangan saya, krn oli ATF itu biasa butuh 10lt aja udah spend kurleb 1jt sendiri, jasa kuras biasanya 200-300. Tanyain bengkel mazdanya dulu om, kl yang skyactiv soal kuras atf sih kdg mereka emoh malah, krn "lifetime" itu. Jasanya sndr di mazda sih sekitar 600an itu servis berkala umum, plus 200-300an buat kuras ATF (dg asumsi gada problem/penggantian part lain ya om).

Krn dah lepas garansi sih, saya pribadi prefer bawa oli mesin dan oli ATF sendiri om, jauh lbh bagus soalnya drpd oli beres dg harga mirip per liternya. Mestinya mereka gpp kalo om bawa oli sendiri, cb ditanyain dl aja. Saya udh bbrp kali di bengkel mazda, susuki, toyota bw oli sendiri mereka no problem krn dah lewat 3th semua.

AFS mati siih hmmmmm, semoga motor/sejenisnya bs diganti ya om. Sayang kl rusak kan mubazir fitur itu
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by nyotnyet »

AFS mati saya kurang tau brp benerinnya, itu ada modul di belakang HL, kalo punya saya kmrn udah ALH (GT FL 2015), rusak juga modulnya, sebiji 1.6jt di dealer resmi om, coba cari copotan dulu aja

Soul Red zoom zoom
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: saran first car (CX5 2013 worth it untuk 6-7 tahun ke depan?)

Post by Pboyz97 »

pianoblack wrote: 12 May 2021, 10:51

makasih om :beer: tapi karena selisih pertamax dan pertabo bisa dibilang marginal, mungkin akan pakai pertabo dulu.

mountingnya dulu ganti atau servis om? Habis berapa untuk mounting?
Kalo gasalah cuma servis aja om seinget saya,kalo biaya sih agak lupa hehehe,cuma kalo biaya servis rutinnya ya sekitar 4-6 jtan lah kisarannya kalo di bengkel resmi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post