Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

Malam suhu SM, sesuai judul karena mertua berniat untuk menjual agya dan ayla piaraannya dan diganti ke 1 mobil saja, maka sy ingin memohon atau sharing pengalaman dari para suhu antara ketiga mobil di atas yang kebetulan masuk ke budget mertua sy, kriteria utama sebenarnya hanya 7 seater dan bisa diisi pertalite, karna mertua orangnya taunya pakai doank. Kira kira better mana ya suhu antara ketiga itu, masalahnya selain budget masuk, setelah test duduk ketiganya juga mertua merasa cocok cocok aja dan masing-masing ada plus minusnya, kalau dari para suhu SM lbh saranin yang mana yakk?

Nuhunnnn :big_smile]
akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by akbarfit »

Bisa dijelasin dulu plus minusnya? Biar enak ntar kasi masukannya....

Karna dari sini bakal ketauan maunya gimana, maunya apa, dan pertimbangannya apa.

Drpd ntar keluar jawaban Inopah disel matik loh... :big_weee:
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1110
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by KielConstantine »

Yaudah innova diesel matic :mky_07: :mky_07:


Ga lah ..

Ertiga GX automatik aja, banyak review positif dari pemakai2 disini. Dirawat jg murah . Sparepart murah. Easy lahhh. Dijamin pengeluaran rupiah minim.. duitnya bisa dipake buat jalan2 .. makan2 .. nginep di hotel mewah.. mejeng uhuyyy
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2938
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by erwinign »

Frenzyking wrote: 13 Jun 2021, 22:53 Malam suhu SM, sesuai judul karena mertua berniat untuk menjual agya dan ayla piaraannya dan diganti ke 1 mobil saja, maka sy ingin memohon atau sharing pengalaman dari para suhu antara ketiga mobil di atas yang kebetulan masuk ke budget mertua sy, kriteria utama sebenarnya hanya 7 seater dan bisa diisi pertalite, karna mertua orangnya taunya pakai doank. Kira kira better mana ya suhu antara ketiga itu, masalahnya selain budget masuk, setelah test duduk ketiganya juga mertua merasa cocok cocok aja dan masing-masing ada plus minusnya, kalau dari para suhu SM lbh saranin yang mana yakk?

Nuhunnnn :big_smile]
Diperjelas lagi oom budgetnya brp, kudu bekas apa baru, range tahunnya gimana. Biar ga kaget kl jawapnya innova disel
Don't Judge The Book By It's Cover
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

akbarfit wrote: 13 Jun 2021, 23:26 Bisa dijelasin dulu plus minusnya? Biar enak ntar kasi masukannya....

Karna dari sini bakal ketauan maunya gimana, maunya apa, dan pertimbangannya apa.

Drpd ntar keluar jawaban Inopah disel matik loh... :big_weee:
KielConstantine wrote: 14 Jun 2021, 00:32 Yaudah innova diesel matic :mky_07: :mky_07:


Ga lah ..

Ertiga GX automatik aja, banyak review positif dari pemakai2 disini. Dirawat jg murah . Sparepart murah. Easy lahhh. Dijamin pengeluaran rupiah minim.. duitnya bisa dipake buat jalan2 .. makan2 .. nginep di hotel mewah.. mejeng uhuyyy
erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:41
Frenzyking wrote: 13 Jun 2021, 22:53 Malam suhu SM, sesuai judul karena mertua berniat untuk menjual agya dan ayla piaraannya dan diganti ke 1 mobil saja, maka sy ingin memohon atau sharing pengalaman dari para suhu antara ketiga mobil di atas yang kebetulan masuk ke budget mertua sy, kriteria utama sebenarnya hanya 7 seater dan bisa diisi pertalite, karna mertua orangnya taunya pakai doank. Kira kira better mana ya suhu antara ketiga itu, masalahnya selain budget masuk, setelah test duduk ketiganya juga mertua merasa cocok cocok aja dan masing-masing ada plus minusnya, kalau dari para suhu SM lbh saranin yang mana yakk?

Nuhunnnn :big_smile]
Diperjelas lagi oom budgetnya brp, kudu bekas apa baru, range tahunnya gimana. Biar ga kaget kl jawapnya innova disel
Haha jangan lah om kalau innova diesel matic, kalau baru overbudget itu.. nanti malah sy yg diminta nombokin :big_biglaugh: mertua maunya yang baru dengan budget max 240 - 250 dimana ketiganya msk ke kategori budget tsb

Mertua maunya yg baru nih om dan plihannya ya mmg jatuh pada ketiga itu, kalau dari hasil TD kesimpulan ybs kira kira spt ini:
1. Ertiga
(+) naiknya gampang
(+) suka tampilan dashboardnya terutama yg GX terbaru
(=) Menurut mertua, tenaga bawahnya paling nendang antara ketiganya
(-) Paling ceper antara ketiganya, walau tidak sering tp daerah sy pernah banjir dan ceritanya duo agya ayla mertua pernah kerendam :big_slap:
(-) Belum tau apakah bandel dengan bensin dan rawatan ala kadar

2. Terios
(+) Gagah karna tinggi
(+) Aman sekalipun ada banjir
(+) Sepertinya, aman dengan perawatan dan bensin ala kadar
(-) Jok serasa pendek, Interior sempit
(-) Cukup susah saat mau naik karna tinggi

3. Livina
(+) Modelnya ganteng
(+) Bukaan pintu terasa solid dan berat, peredaman menurut beliau juga ok
(+) Akomodasi lapang
(-) NIK 2020
(-) Brand Nissan lemah di RV
(-) Biaya penggantian parts / service sepertinya lebih mahal dan belum tau apakah mampu bertahan dengan perawatan dan bensin ala kadar

Kira kira seperti itu suhu mohon pencerahannya :big_childish:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by leogalih »

Kalau senang ertiga GX tapi mau agak tinggi bisa tengok XL7, sepertinya masih masuk budget yang Beta Matic
mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1257
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by mike22 »

Si R3 ini diskonnya paling gede dr lainnya + pasti pot ppnbm 100% krn unitnya pasti ready.
Ato kl mau yg agak unik bisa xpander rockford (skrg basis nya tipe sport) yg baru saja dirilis kembali. Buruan om mumpung diskon ppnbm diperpanjang dan unitnya mungkin baru dateng.
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by FR6 »

Kalo gitu ambil Livina aja Om, itu sebenernya Xpander berjubah Nissan Livina, semua2nya Xpander kok, mesinnya juga Mitsubishi.
saya pemakai Xpander dari Jan. 2019, sampe sekarang ga ada problem apa2.
apalagi kalo ambil Livina, bonus service + jasa sampe 50rb KM atau 4 tahun.
jadi 4 tahun tinggal isi bensin aja. Paling harus agak aware sama kaki2, katanya agak lemah.
Punya saya udh 49rb KM, belom ada masalah apa2 di kaki2, saya pakainya agak kasar kalo jalanan rusak, krn mikir "ini mobil tinggi".
NIK 2020 emg agak mengganjal, tapi coba nego diskon se-gede2nya. kalo gak salah, dulu sempet ada yg dpt diskon 60 juta:
https://kumparan.com/kumparanoto/awal-t ... v1sf7rgEsB

oh iya, bonus nya Xpander/Livina itu oprekable bgt fitur2nya.
mulai dari auto dimming mirror, lampu kabin depan yang bisa diganti punya Innova Reborn, auto backdoor, cruise control, headlamp height adjuster, sampe speedometer bisa diganti full TFT kaya Pajero Sport.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Xous »

Pemakaian setaun byk g. Klo d bawah 20 ribu pertahun. Ertiga aj, krg tinggi y vers XL7. Klo d atas 20k or pake d luar pulau jawa. Terios plg tepat. Klo sy pribadi Veloz 1.5 AT aj haha.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4046
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by sintoni »

Lipina emang masih ada ya stok 2020?

Kalau ane sih Ertiga aja, tapi ambil yang Sport, soalnya model exterior paling lumayan.

Jangan ambil Terios, karena mertua punya Rush, ga enak banget naikannya terus lemot.

Kalau ga ya Mobilio aja, paling enak sih harusnya, cuma emang model interior paling kuno.
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

leogalih wrote: 14 Jun 2021, 03:45 Kalau senang ertiga GX tapi mau agak tinggi bisa tengok XL7, sepertinya masih masuk budget yang Beta Matic
Mertua gak suka omm XL7 katanya aneh banyak tempelan plastik :big_dunno:
mike22 wrote: 14 Jun 2021, 06:54 Si R3 ini diskonnya paling gede dr lainnya + pasti pot ppnbm 100% krn unitnya pasti ready.
Ato kl mau yg agak unik bisa xpander rockford (skrg basis nya tipe sport) yg baru saja dirilis kembali. Buruan om mumpung diskon ppnbm diperpanjang dan unitnya mungkin baru dateng.
Ini ane udah tanya om, Xpander dengan budget segitu sudah plus diskon PpnBM di Kalimantan tempat ane dptnya cuma yg tipe GLS even seharga Livina VL sekalipun yg VIN 2021 dptnya cuma Xpander Exceed
FR6 wrote: 14 Jun 2021, 08:29 Kalo gitu ambil Livina aja Om, itu sebenernya Xpander berjubah Nissan Livina, semua2nya Xpander kok, mesinnya juga Mitsubishi.
saya pemakai Xpander dari Jan. 2019, sampe sekarang ga ada problem apa2.
apalagi kalo ambil Livina, bonus service + jasa sampe 50rb KM atau 4 tahun.
jadi 4 tahun tinggal isi bensin aja. Paling harus agak aware sama kaki2, katanya agak lemah.
Punya saya udh 49rb KM, belom ada masalah apa2 di kaki2, saya pakainya agak kasar kalo jalanan rusak, krn mikir "ini mobil tinggi".
NIK 2020 emg agak mengganjal, tapi coba nego diskon se-gede2nya. kalo gak salah, dulu sempet ada yg dpt diskon 60 juta:
https://kumparan.com/kumparanoto/awal-t ... v1sf7rgEsB

oh iya, bonus nya Xpander/Livina itu oprekable bgt fitur2nya.
mulai dari auto dimming mirror, lampu kabin depan yang bisa diganti punya Innova Reborn, auto backdoor, cruise control, headlamp height adjuster, sampe speedometer bisa diganti full TFT kaya Pajero Sport.
Kira kira aman gak ya om kalau perawatan ala kadar dan isi bensinnya pakai pertalet? Mertua orangnya ceroboh. Concern keduanya juga dulu ada keluarga miara Nissan katanya sparepartnya mahal mahal :mky_01:
Xous wrote: 14 Jun 2021, 08:44 Pemakaian setaun byk g. Klo d bawah 20 ribu pertahun. Ertiga aj, krg tinggi y vers XL7. Klo d atas 20k or pake d luar pulau jawa. Terios plg tepat. Klo sy pribadi Veloz 1.5 AT aj haha.
Mertua sy udah pensiun tp aktif om kesana kemari lihat cucunya anterin makan bawa jalan jalan dll jadi setahun kyknya lebih dari 20rb deh, Agyanya aja udah 160rb belinya di 2014 Ayla udah dkt 80b jg belinya di 2018. Perawatan bnr bnr ala kadar, bahkan kalao ada premium isinya premium :big_biglaugh:

Wah kenapa Veloz om? bs sharing sharing pemakaiannya om?
sintoni wrote: 14 Jun 2021, 08:56 Lipina emang masih ada ya stok 2020?

Kalau ane sih Ertiga aja, tapi ambil yang Sport, soalnya model exterior paling lumayan.

Jangan ambil Terios, karena mertua punya Rush, ga enak banget naikannya terus lemot.

Kalau ga ya Mobilio aja, paling enak sih harusnya, cuma emang model interior paling kuno.
Ada huu di tempat saya msh ada kurleb belasan unit VIN 2020 tp tipe VE saja bkn VL. Ohh klo Mobilio mertua ga suka hu, sudah dicoret dari sononya. Nah klo Ertiga beliau takutnya ceper amit-amit lg banjir kerendam jg kyk kasus agya aylanya.. walaupun banjirnya itu jarang jarang sih bs 1.5 - 2 tahun sekali tp banjirnya yg bs smpe kapnya Agya :big_slap:
omnyanaira
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 23 Jan 2018, 07:55

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by omnyanaira »

mike22 wrote: 14 Jun 2021, 06:54 Si R3 ini diskonnya paling gede dr lainnya + pasti pot ppnbm 100% krn unitnya pasti ready.
Ato kl mau yg agak unik bisa xpander rockford (skrg basis nya tipe sport) yg baru saja dirilis kembali. Buruan om mumpung diskon ppnbm diperpanjang dan unitnya mungkin baru dateng.
Mo nanya yaa om, emang diskon ppnbm 100% diperpanjang hingga junior yaa om??
FR6
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by FR6 »

Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 09:01
Kira kira aman gak ya om kalau perawatan ala kadar dan isi bensinnya pakai pertalet? Mertua orangnya ceroboh. Concern keduanya juga dulu ada keluarga miara Nissan katanya sparepartnya mahal mahal :mky_01:
Aman harusnya Om, saya gonta ganti bbm dari Turbo sampe Premium (krn terpaksa) ga ada masalah. gak pernah ngelitik kaya Livina dulu hahaha sekarang saya pakai Pertamax & lite juga gak ada bunyi2 aneh di mesin. paling berasa sih tenaga jadi loyo. Menurut saya sih kalo LMPV, pasti kodratnya mampu minum pertalite. selama pertalite nya bersih ya, bukan krn tanki SPBU nya yang kotor. toh juga ada warranty & gratis service+jasa. jadi peace of mind banget & maintenance free.
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by satriakarisma »

omnyanaira wrote: 14 Jun 2021, 09:22
mike22 wrote: 14 Jun 2021, 06:54 Si R3 ini diskonnya paling gede dr lainnya + pasti pot ppnbm 100% krn unitnya pasti ready.
Ato kl mau yg agak unik bisa xpander rockford (skrg basis nya tipe sport) yg baru saja dirilis kembali. Buruan om mumpung diskon ppnbm diperpanjang dan unitnya mungkin baru dateng.
Mo nanya yaa om, emang diskon ppnbm 100% diperpanjang hingga junior yaa om??
Iya Om diprpanjang yang 100%.
mungkin juklak nya belum turun ke delaer.
fl4b1e
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by fl4b1e »

kalau dr pandangan saya:

1. Terios mrmang punya GC paling tinggi, tapi kalau tuk mertua yang mungkin usianya diatas 40, kemungkinan butuh nyaman. Terus GC yang tingginya 220 mm mungkin positif di banjir (dibanding Livina 205mm arau Ertiga 180mm) tapi naik masuk mobil yang tinggi tuk senior citizen, sama potensi limbung di jalan berkelok2: menurut saya sih ini masalah yang beneran utama tuk dipertimbangkan. maklum, banjir misal maksimum 5 kali setahun, masalah nyaman tuh masalah tiap kali dipakai. Kalau saya sih prefer Livina, atau Ertiga, atau XL7 yang tipe bawah/tengah ya kalau mau yang 200mm tuk masalah ini. Kalau ga salah diskon suzuki selalu lumayan tebel.

2. masalah bandel atau nggak, meliat 3 mobil ini termasuk paling sering dipakai, asal servis sesuai buku pedoman servis, harusnya aman secara umum yaa.. Terus masalah bbm, kalau ga salah: kompresi Livina dan Ertiga di 10.5:1 sementara Terios di 11:1. kalau secara umum harusnya di ertiga dan Livina pakai pertamax (ron 92) dan sekelasnya, terios pakai ron 95 (idealnya).. Tapi ya itu, kalau ga salah ketiga mobil ini minimum pertalite kalau setau saya.
Paling ngga ertiga dan xenia dipakai taksi online logikanya bisa pakai pertalite (ron 90) sih.

Masalah matic, toh ketiganya pakai Torque Xonverter ATnya. harusnya aman.

Kalau lebih detil kayak kaki2 Rerios lebih panjang sedikit umurnya dibanding kompetitor, ya secara 2 rivalnya livina dan ertiga lebih nyaman, iru adalah harga yang dibayarkan. Toh Terios juga karena RWD ada PR tambahan ganti oli gardan juga kan..

3. Kalau biaya service, service yang sesuai dengan buku service dah ada di masing2 website ATPM itu kok. kalau gak salah liat yang paling mahal ya tuk tiap2 merk:
a. Suzuki 2.65 yang tiap 40 ribu km (saya liat yg XL7 supaya takut ambil yg Ertiga generasi sebelumnya) ,
b. Livina 2.42 juta tuk yg 100 ribu km.
c. Terios rada unik karena di web Daihatsu tulisannya Nan.. aambil dari oto.com sih paling mahal di 60ribu km sekitar 4.2 jutaa (curiga krn ganti oli transmisi dan gardan) yang normal paling tinggi 1.8jutaan.

Tapi dari website yaa.. mungkin dp gratis jasa service juga kan tuk mobil baru sampai 50 ribu km mesti nanya2 kan.. sama bisa saja biaya partsnya naik..

In summary kalau saya ditanya, preferensi mejurut pandangan saya sih lebih ke kenyamanan ya.. krn scr utilitas, ketiga mobil kan sama2 7 seater, ya prefer All New Livina VE atau Ertiga GX (atau XL7 Zeta/Beta) sih ga jauh beda yaa..

Isu lain kayak masalah konsumsi bbm, banyak yang dah test kalau ertiga sedikit lebih irit dari livina, sementara Livina memiliki shoulder room yang lebih lega dibanding ertiga, sama tempat penyimpanan terbuka dan tertutup lebih banyak di Livina, itu relatif sih.. di forum ini, di youtube2 otomotif lokal dah banyak yg ngebandingin kok..

Tapi kalau memang sangat concern masalah banjir tinggi ya sudah, Terios pilihan terbaik.

semoga membantu.
wicaksono99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by wicaksono99 »

Ambil new ertiga GX AT deh om... Suzuki sparepart dan servis paling murahlah dibanding lainnya. Diskonnya paling pol2an diantara merk lain, tahun lalu aja ngambil SS AT potongannya udh 34jt. Mobil baru dari NIK 2020 keatas biaya & sparepart sampai 50rb km ga usah dipikirin lagi karna free (1rb, 10rb, 20rb, 30rb, 40rb & 50rb km), kalau mau ganti oli per 5rb km bayar sendiri. Ertiga sejauh ini enak dipakainya, mesin suzuki mah udh pasti bandel & klaim garansi ga ribet, tenaga di rpm bawah lebih baik dari new livina. Minum pertalite untuk ertiga sih ga ada masalah cuma ya tenaganya so so lah (di manual book minimal ron 91). Kalau mau bisa minum pertalite/revvo 89 tapi tenaganya enak ya bisa di TUSS cuma ya memang nguras kocek lumayan.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by kenop »

Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 03:16
Haha jangan lah om kalau innova diesel matic, kalau baru overbudget itu.. nanti malah sy yg diminta nombokin :big_biglaugh: mertua maunya yang baru dengan budget max 240 - 250 dimana ketiganya msk ke kategori budget tsb

Mertua maunya yg baru nih om dan plihannya ya mmg jatuh pada ketiga itu, kalau dari hasil TD kesimpulan ybs kira kira spt ini:
1. Ertiga
(+) naiknya gampang
(+) suka tampilan dashboardnya terutama yg GX terbaru
(=) Menurut mertua, tenaga bawahnya paling nendang antara ketiganya
(-) Paling ceper antara ketiganya, walau tidak sering tp daerah sy pernah banjir dan ceritanya duo agya ayla mertua pernah kerendam :big_slap:
(-) Belum tau apakah bandel dengan bensin dan rawatan ala kadar

2. Terios
(+) Gagah karna tinggi
(+) Aman sekalipun ada banjir
(+) Sepertinya, aman dengan perawatan dan bensin ala kadar
(-) Jok serasa pendek, Interior sempit
(-) Cukup susah saat mau naik karna tinggi

3. Livina
(+) Modelnya ganteng
(+) Bukaan pintu terasa solid dan berat, peredaman menurut beliau juga ok
(+) Akomodasi lapang
(-) NIK 2020
(-) Brand Nissan lemah di RV
(-) Biaya penggantian parts / service sepertinya lebih mahal dan belum tau apakah mampu bertahan dengan perawatan dan bensin ala kadar

Kira kira seperti itu suhu mohon pencerahannya :big_childish:
klo buat orang yg uda berumur dan tinggi badan nya ngga tinggi2 amat menurut sy susah sih kluar masuk, terios / rush
sy tinggi 180 cm aja klo mau turun dari terios / rush harus agak loncat, jadi ngga bs pantat msh nempel di kursi tapi kaki kena tanah... tinggi bgt tu mobil :big_biglaugh:
FR6 wrote: 14 Jun 2021, 08:29 Kalo gitu ambil Livina aja Om, itu sebenernya Xpander berjubah Nissan Livina, semua2nya Xpander kok, mesinnya juga Mitsubishi.
saya pemakai Xpander dari Jan. 2019, sampe sekarang ga ada problem apa2.
apalagi kalo ambil Livina, bonus service + jasa sampe 50rb KM atau 4 tahun.
jadi 4 tahun tinggal isi bensin aja. Paling harus agak aware sama kaki2, katanya agak lemah.
Punya saya udh 49rb KM, belom ada masalah apa2 di kaki2, saya pakainya agak kasar kalo jalanan rusak, krn mikir "ini mobil tinggi".
NIK 2020 emg agak mengganjal, tapi coba nego diskon se-gede2nya. kalo gak salah, dulu sempet ada yg dpt diskon 60 juta:
https://kumparan.com/kumparanoto/awal-t ... v1sf7rgEsB

oh iya, bonus nya Xpander/Livina itu oprekable bgt fitur2nya.
mulai dari auto dimming mirror, lampu kabin depan yang bisa diganti punya Innova Reborn, auto backdoor, cruise control, headlamp height adjuster, sampe speedometer bisa diganti full TFT kaya Pajero Sport.
yg di bold setau ane itu program nya mitsu aja sih, kmrn ini seblm akhir nya ambil xpander, uda liat2 livina jg, uda tanya bbrp sales semua kompak blg cm ada servis gratis di 10rb km, sisa nya cm free biaya jasa aja,,
klo xpander full cover jasa dan parts
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

FR6 wrote: 14 Jun 2021, 09:31
Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 09:01
Kira kira aman gak ya om kalau perawatan ala kadar dan isi bensinnya pakai pertalet? Mertua orangnya ceroboh. Concern keduanya juga dulu ada keluarga miara Nissan katanya sparepartnya mahal mahal :mky_01:
Aman harusnya Om, saya gonta ganti bbm dari Turbo sampe Premium (krn terpaksa) ga ada masalah. gak pernah ngelitik kaya Livina dulu hahaha sekarang saya pakai Pertamax & lite juga gak ada bunyi2 aneh di mesin. paling berasa sih tenaga jadi loyo. Menurut saya sih kalo LMPV, pasti kodratnya mampu minum pertalite. selama pertalite nya bersih ya, bukan krn tanki SPBU nya yang kotor. toh juga ada warranty & gratis service+jasa. jadi peace of mind banget & maintenance free.
Noted Om, setelah sy pkir pikir yang bakal jadi opsi terakhir mungkin Livina dan Ertiga biar mertua yang mutusin sendiri, tp intinya untuk perihal bisa minum pertalite itu aman ya om untuk kedua mobil.
fl4b1e wrote: 14 Jun 2021, 09:45 kalau dr pandangan saya:

1. Terios mrmang punya GC paling tinggi, tapi kalau tuk mertua yang mungkin usianya diatas 40, kemungkinan butuh nyaman. Terus GC yang tingginya 220 mm mungkin positif di banjir (dibanding Livina 205mm arau Ertiga 180mm) tapi naik masuk mobil yang tinggi tuk senior citizen, sama potensi limbung di jalan berkelok2: menurut saya sih ini masalah yang beneran utama tuk dipertimbangkan. maklum, banjir misal maksimum 5 kali setahun, masalah nyaman tuh masalah tiap kali dipakai. Kalau saya sih prefer Livina, atau Ertiga, atau XL7 yang tipe bawah/tengah ya kalau mau yang 200mm tuk masalah ini. Kalau ga salah diskon suzuki selalu lumayan tebel.

2. masalah bandel atau nggak, meliat 3 mobil ini termasuk paling sering dipakai, asal servis sesuai buku pedoman servis, harusnya aman secara umum yaa.. Terus masalah bbm, kalau ga salah: kompresi Livina dan Ertiga di 10.5:1 sementara Terios di 11:1. kalau secara umum harusnya di ertiga dan Livina pakai pertamax (ron 92) dan sekelasnya, terios pakai ron 95 (idealnya).. Tapi ya itu, kalau ga salah ketiga mobil ini minimum pertalite kalau setau saya.
Paling ngga ertiga dan xenia dipakai taksi online logikanya bisa pakai pertalite (ron 90) sih.

Masalah matic, toh ketiganya pakai Torque Xonverter ATnya. harusnya aman.

Kalau lebih detil kayak kaki2 Rerios lebih panjang sedikit umurnya dibanding kompetitor, ya secara 2 rivalnya livina dan ertiga lebih nyaman, iru adalah harga yang dibayarkan. Toh Terios juga karena RWD ada PR tambahan ganti oli gardan juga kan..

3. Kalau biaya service, service yang sesuai dengan buku service dah ada di masing2 website ATPM itu kok. kalau gak salah liat yang paling mahal ya tuk tiap2 merk:
a. Suzuki 2.65 yang tiap 40 ribu km (saya liat yg XL7 supaya takut ambil yg Ertiga generasi sebelumnya) ,
b. Livina 2.42 juta tuk yg 100 ribu km.
c. Terios rada unik karena di web Daihatsu tulisannya Nan.. aambil dari oto.com sih paling mahal di 60ribu km sekitar 4.2 jutaa (curiga krn ganti oli transmisi dan gardan) yang normal paling tinggi 1.8jutaan.

Tapi dari website yaa.. mungkin dp gratis jasa service juga kan tuk mobil baru sampai 50 ribu km mesti nanya2 kan.. sama bisa saja biaya partsnya naik..

In summary kalau saya ditanya, preferensi mejurut pandangan saya sih lebih ke kenyamanan ya.. krn scr utilitas, ketiga mobil kan sama2 7 seater, ya prefer All New Livina VE atau Ertiga GX (atau XL7 Zeta/Beta) sih ga jauh beda yaa..

Isu lain kayak masalah konsumsi bbm, banyak yang dah test kalau ertiga sedikit lebih irit dari livina, sementara Livina memiliki shoulder room yang lebih lega dibanding ertiga, sama tempat penyimpanan terbuka dan tertutup lebih banyak di Livina, itu relatif sih.. di forum ini, di youtube2 otomotif lokal dah banyak yg ngebandingin kok..

Tapi kalau memang sangat concern masalah banjir tinggi ya sudah, Terios pilihan terbaik.

semoga membantu.
Makasih banyak om, ini in depth banget.. jd pilihan mertua dikerucutin ke Livina dan Ertiga saja penjelasan om memang membantu banget :big_smile]
wicaksono99 wrote: 14 Jun 2021, 10:04 Ambil new ertiga GX AT deh om... Suzuki sparepart dan servis paling murahlah dibanding lainnya. Diskonnya paling pol2an diantara merk lain, tahun lalu aja ngambil SS AT potongannya udh 34jt. Mobil baru dari NIK 2020 keatas biaya & sparepart sampai 50rb km ga usah dipikirin lagi karna free (1rb, 10rb, 20rb, 30rb, 40rb & 50rb km), kalau mau ganti oli per 5rb km bayar sendiri. Ertiga sejauh ini enak dipakainya, mesin suzuki mah udh pasti bandel & klaim garansi ga ribet, tenaga di rpm bawah lebih baik dari new livina. Minum pertalite untuk ertiga sih ga ada masalah cuma ya tenaganya so so lah (di manual book minimal ron 91). Kalau mau bisa minum pertalite/revvo 89 tapi tenaganya enak ya bisa di TUSS cuma ya memang nguras kocek lumayan.
Kalau dari ane pribadi, sepertinya lebih condong ke Erttiga setelah baca pandangan om, cuma kembali lg ke mertua ini tinggal dikerucutin ertiga vs Livina ajaa. Thanks ya omm ini sih sudah pasti isinya bakal pertalite teruss hahaha
kenop wrote: 14 Jun 2021, 10:18
Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 03:16
Haha jangan lah om kalau innova diesel matic, kalau baru overbudget itu.. nanti malah sy yg diminta nombokin :big_biglaugh: mertua maunya yang baru dengan budget max 240 - 250 dimana ketiganya msk ke kategori budget tsb

Mertua maunya yg baru nih om dan plihannya ya mmg jatuh pada ketiga itu, kalau dari hasil TD kesimpulan ybs kira kira spt ini:
1. Ertiga
(+) naiknya gampang
(+) suka tampilan dashboardnya terutama yg GX terbaru
(=) Menurut mertua, tenaga bawahnya paling nendang antara ketiganya
(-) Paling ceper antara ketiganya, walau tidak sering tp daerah sy pernah banjir dan ceritanya duo agya ayla mertua pernah kerendam :big_slap:
(-) Belum tau apakah bandel dengan bensin dan rawatan ala kadar

2. Terios
(+) Gagah karna tinggi
(+) Aman sekalipun ada banjir
(+) Sepertinya, aman dengan perawatan dan bensin ala kadar
(-) Jok serasa pendek, Interior sempit
(-) Cukup susah saat mau naik karna tinggi

3. Livina
(+) Modelnya ganteng
(+) Bukaan pintu terasa solid dan berat, peredaman menurut beliau juga ok
(+) Akomodasi lapang
(-) NIK 2020
(-) Brand Nissan lemah di RV
(-) Biaya penggantian parts / service sepertinya lebih mahal dan belum tau apakah mampu bertahan dengan perawatan dan bensin ala kadar

Kira kira seperti itu suhu mohon pencerahannya :big_childish:
klo buat orang yg uda berumur dan tinggi badan nya ngga tinggi2 amat menurut sy susah sih kluar masuk, terios / rush
sy tinggi 180 cm aja klo mau turun dari terios / rush harus agak loncat, jadi ngga bs pantat msh nempel di kursi tapi kaki kena tanah... tinggi bgt tu mobil :big_biglaugh:
FR6 wrote: 14 Jun 2021, 08:29 Kalo gitu ambil Livina aja Om, itu sebenernya Xpander berjubah Nissan Livina, semua2nya Xpander kok, mesinnya juga Mitsubishi.
saya pemakai Xpander dari Jan. 2019, sampe sekarang ga ada problem apa2.
apalagi kalo ambil Livina, bonus service + jasa sampe 50rb KM atau 4 tahun.
jadi 4 tahun tinggal isi bensin aja. Paling harus agak aware sama kaki2, katanya agak lemah.
Punya saya udh 49rb KM, belom ada masalah apa2 di kaki2, saya pakainya agak kasar kalo jalanan rusak, krn mikir "ini mobil tinggi".
NIK 2020 emg agak mengganjal, tapi coba nego diskon se-gede2nya. kalo gak salah, dulu sempet ada yg dpt diskon 60 juta:
https://kumparan.com/kumparanoto/awal-t ... v1sf7rgEsB

oh iya, bonus nya Xpander/Livina itu oprekable bgt fitur2nya.
mulai dari auto dimming mirror, lampu kabin depan yang bisa diganti punya Innova Reborn, auto backdoor, cruise control, headlamp height adjuster, sampe speedometer bisa diganti full TFT kaya Pajero Sport.
yg di bold setau ane itu program nya mitsu aja sih, kmrn ini seblm akhir nya ambil xpander, uda liat2 livina jg, uda tanya bbrp sales semua kompak blg cm ada servis gratis di 10rb km, sisa nya cm free biaya jasa aja,,
klo xpander full cover jasa dan parts
Iya om, ane barusan cek website kok Livina cuma 10rb KM aja yaa free servicenya, jgn jgn ini yg buat xpander di kota ane jauh melebihi harga livina :big_think:
akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by akbarfit »

Bisa jadikan VL AT ndak?

Atau kalau memang cukupnya di VE AT.... Juga bagus...

Pengalaman saya... Yg sudah pernah pakai ya...

Rush baru tidak pake konde....
Adalah pilihan teraman. Tapi ya gitu, tidak dapat apa2.
Tumpakan alakadarnya.

Ada uang dan pingin yg lain... Mending lainnya.


Ertiga baru... Rasanya lebih sempit lebarnya interior dibanding Livinapander.

Xpander... Bawahnya loyo... Tapi overall rasanya nyaman.

Masalah servis... Kalau dirasa mahal, segera cari bengkel alternatif. Spesialis mitsubishi/nissan...
Biaya kisaran 60-80% bengkel resmi.


Semua mobil diatas, mesinnya sangat tahan untuk disiksa. Kenapa?
Toyota... Semua tau, mayoritas market mobil pasti Toyota... Sehingga mau dari ORI, Kw Ori, Kw1 sampe Kw10 semua ada.
Problemnya... Mobil rusak sama nggak rusak, hampir gak kerasa bedanya. Ini yg bikin terasa bandel. Untuk sekedar tau saja ya... Servis Agya/Avanza bengkel resmi habisnya jg banyak lho... Juta juta an...

Suzuki, ini mesin dipake worldwide dan overseas market, terbukti dipake segala macam mobil, dipakai seri niaga. Buktinya travel jg banyak pakai, pastinya jos . K15B seri improvementnya dari mesin susuku yg baru...

Livinapander... Mesin mitsubishi ini bukan mesin baru, melainkan mesin tahun 2000an awal tengah. Secara teknologi, mesin ini lebih sederhana dibanding mesin Grand Livina sebelumnya...
4A91 ini mesin yg bandel dan pastinya gak rewelan.

Nah... Bicara masalah servis mahal... Mobil yang lain biasanya punya benchmark lebih nyaman kedap dan empuk dibanding rival Toyota nya...
Biasanya teknologi dan teknikal canggih banyak digunakan disini. Seperti misalnya desain kaki2 yang lebih empuk, dikarenakan banyak karet bushing dan desain konstruksi yg lebih advanced dari rival Toyotanya.
Hal ini pengaruh dengan kekuatan, yang mana akhirnya dirasa lebih ringkih krn asal hajar aja saking enaknya...

Ditambah merk lain, biasanya parts KW nya tidak sebanyak dan seterpisah-pisah Toyota nya...

Ini menyebabkan merk lain terkesan mahal... Padahal, kalau semua sama-sama original parts, begitu ditotal unda undi hampir sama. Selisih sekian ratus ribu saja...
Atau... Kadang membandingkannya tidak imbang. Contohnya Nissan Serena... Dibandingkan dengan Innova... Atau Nissan X-Trail dibandingkan dengan Avanza/Rush... Yaaaa jadi ngak sebanding ..
Saya sih bawanya X-Trail, kalo di compare Innova, ternyata kelas harga partsnya sama... Dibanding CRV, juga sama... Unda undi murah sini mahal situ dan sebaliknya.


Saran saya sih kembali lagi... Suka dan Mudah mana rawat merk nya... Apalagi mertua sudah pensiun,bisa jadi ini pembelian mobil baru terakhir...
Saya tetap vote Livina kalo bisa yang VL, fitur lebih lengkap. Rumit dikit diawal, habis itu terbiasa... VE bagus di dasbor+kursi warna coklat. Kalau VL fiturnya lengkap dipake 10 tahun jugaaa fiturnya ngak ketinggalan.
Ertiga juga bagus, tp saya belum pernah in-depth using... Jadi gak brani komen banyak.
Kalau saya boleh bilang, Suzuki itu biasanya nanggung... Dan Ertiga adalah pilihan kompromi dari semuanya. Yang kayak setengah A dapet, setengah B dapet.
Tapi kalo komplit susuki enggak bisa... Adanya di merk A dg kekurangan ini kelebihan itu. Atau di Merk B dgn kelebihan itu, kekurangan ini.


Oiya, usahakan AT... Lebih enak lebih halus lebih tidak ndat ndut di permacetan/jalan oelan dalkot 😁

≠======
Sekilas tentang AT,
Jangan kuatir. AT dengan perawatan betul, harusnya 200-250rb km bisa tercapai tanpa maintenance apapun kecuali ganti oli matik.

Kalau manula... Biasanya kelas mobil ini di 80-100rb km sudah minta ganti kopling set. Ditotal sampai KM yg sama... Bisa sudah ganti 2-3x kopling set, yang mana kalau ori semua... Habisnya kurleb sama seperti total overhaul matic 1x turun di KM 200-250rb.

Sebagai contoh
Avanza old 1.3 G MT saya KM sudah 170rb an, sudah kopling set ke 3. Tiap ganti selalu ori, kurleb 2jt an... Dikali 3 sampai km 240rb misalnya... Sudah 6jt ++ (belum labour cost), ini harga bengkel resmi/bengkel biasa hampir mirip.

Xtrail saya.... Belum pernah turun matic km 180, estimasi sampai terasa delay saat pagi hari gak bisa jalan... Mgkn di km 250rb an.... Total overhaul termasuk cek kampas kopling matiknya yg perlu diganti, estimasi di 6-8jt sudah labour cost di bengkel spesialis nissan.

Yaaa kurleb hampir sama lah, unda undi tambah2 dikit. Tapi memang gak enaknya langsung petok/pecah tabungan hahahah....
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by akbarfit »

Oiya usahakan jangan cari GC tinggi, makin umur kerasa gak enak naik turunnya...

Dan NIK tahun lalu jg gak ada yg salah kok. Semua baik2 saja, storage jg pastinya sudah ada standarnya.... Dijual lagi selalu harga STNK terbit ikut tahunnya gak ikut NIK. Whahahaha...
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
McLaren
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by McLaren »

Kelemahan Ertiga cuman satu, pas baru mmg hening, tp pas tambah usia, ratlle nambah cukup banyak… melebihi rival2nya
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Xous »

Xous wrote: 14 Jun 2021, 08:44 Pemakaian setaun byk g. Klo d bawah 20 ribu pertahun. Ertiga aj, krg tinggi y vers XL7. Klo d atas 20k or pake d luar pulau jawa. Terios plg tepat. Klo sy pribadi Veloz 1.5 AT aj haha.
Mertua sy udah pensiun tp aktif om kesana kemari lihat cucunya anterin makan bawa jalan jalan dll jadi setahun kyknya lebih dari 20rb deh, Agyanya aja udah 160rb belinya di 2014 Ayla udah dkt 80b jg belinya di 2018. Perawatan bnr bnr ala kadar, bahkan kalao ada premium isinya premium :big_biglaugh:

Wah kenapa Veloz om? bs sharing sharing pemakaiannya om?

Kebetulan sy juga org kalimantan yang nyasar d jawa om. Ortu sy pake rush 2020 MT. Kmrn sebelum lebaran mudik, bw itu mbl jalan2 slama d sana. Berasa lemot sekali n sempit cm tmp tinggal ortu sy dekat pasar tradisional, mau reborn bensin kebesaran. Mnrt sy lbh worthed veloz dr rusuh om. Scr penampilan g terliat spt mbl travel akap. Perawatan ala kadarnya juga rusuhnya krn klo kalau beres adanya d banjarmasin n tamianglayang.
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

akbarfit wrote: 14 Jun 2021, 12:41 Bisa jadikan VL AT ndak?

Atau kalau memang cukupnya di VE AT.... Juga bagus...

Pengalaman saya... Yg sudah pernah pakai ya...

Rush baru tidak pake konde....
Adalah pilihan teraman. Tapi ya gitu, tidak dapat apa2.
Tumpakan alakadarnya.

Ada uang dan pingin yg lain... Mending lainnya.


Ertiga baru... Rasanya lebih sempit lebarnya interior dibanding Livinapander.

Xpander... Bawahnya loyo... Tapi overall rasanya nyaman.

Masalah servis... Kalau dirasa mahal, segera cari bengkel alternatif. Spesialis mitsubishi/nissan...
Biaya kisaran 60-80% bengkel resmi.


Semua mobil diatas, mesinnya sangat tahan untuk disiksa. Kenapa?
Toyota... Semua tau, mayoritas market mobil pasti Toyota... Sehingga mau dari ORI, Kw Ori, Kw1 sampe Kw10 semua ada.
Problemnya... Mobil rusak sama nggak rusak, hampir gak kerasa bedanya. Ini yg bikin terasa bandel. Untuk sekedar tau saja ya... Servis Agya/Avanza bengkel resmi habisnya jg banyak lho... Juta juta an...

Suzuki, ini mesin dipake worldwide dan overseas market, terbukti dipake segala macam mobil, dipakai seri niaga. Buktinya travel jg banyak pakai, pastinya jos . K15B seri improvementnya dari mesin susuku yg baru...

Livinapander... Mesin mitsubishi ini bukan mesin baru, melainkan mesin tahun 2000an awal tengah. Secara teknologi, mesin ini lebih sederhana dibanding mesin Grand Livina sebelumnya...
4A91 ini mesin yg bandel dan pastinya gak rewelan.

Nah... Bicara masalah servis mahal... Mobil yang lain biasanya punya benchmark lebih nyaman kedap dan empuk dibanding rival Toyota nya...
Biasanya teknologi dan teknikal canggih banyak digunakan disini. Seperti misalnya desain kaki2 yang lebih empuk, dikarenakan banyak karet bushing dan desain konstruksi yg lebih advanced dari rival Toyotanya.
Hal ini pengaruh dengan kekuatan, yang mana akhirnya dirasa lebih ringkih krn asal hajar aja saking enaknya...

Ditambah merk lain, biasanya parts KW nya tidak sebanyak dan seterpisah-pisah Toyota nya...

Ini menyebabkan merk lain terkesan mahal... Padahal, kalau semua sama-sama original parts, begitu ditotal unda undi hampir sama. Selisih sekian ratus ribu saja...
Atau... Kadang membandingkannya tidak imbang. Contohnya Nissan Serena... Dibandingkan dengan Innova... Atau Nissan X-Trail dibandingkan dengan Avanza/Rush... Yaaaa jadi ngak sebanding ..
Saya sih bawanya X-Trail, kalo di compare Innova, ternyata kelas harga partsnya sama... Dibanding CRV, juga sama... Unda undi murah sini mahal situ dan sebaliknya.


Saran saya sih kembali lagi... Suka dan Mudah mana rawat merk nya... Apalagi mertua sudah pensiun,bisa jadi ini pembelian mobil baru terakhir...
Saya tetap vote Livina kalo bisa yang VL, fitur lebih lengkap. Rumit dikit diawal, habis itu terbiasa... VE bagus di dasbor+kursi warna coklat. Kalau VL fiturnya lengkap dipake 10 tahun jugaaa fiturnya ngak ketinggalan.
Ertiga juga bagus, tp saya belum pernah in-depth using... Jadi gak brani komen banyak.
Kalau saya boleh bilang, Suzuki itu biasanya nanggung... Dan Ertiga adalah pilihan kompromi dari semuanya. Yang kayak setengah A dapet, setengah B dapet.
Tapi kalo komplit susuki enggak bisa... Adanya di merk A dg kekurangan ini kelebihan itu. Atau di Merk B dgn kelebihan itu, kekurangan ini.


Oiya, usahakan AT... Lebih enak lebih halus lebih tidak ndat ndut di permacetan/jalan oelan dalkot 😁

≠======
Sekilas tentang AT,
Jangan kuatir. AT dengan perawatan betul, harusnya 200-250rb km bisa tercapai tanpa maintenance apapun kecuali ganti oli matik.

Kalau manula... Biasanya kelas mobil ini di 80-100rb km sudah minta ganti kopling set. Ditotal sampai KM yg sama... Bisa sudah ganti 2-3x kopling set, yang mana kalau ori semua... Habisnya kurleb sama seperti total overhaul matic 1x turun di KM 200-250rb.

Sebagai contoh
Avanza old 1.3 G MT saya KM sudah 170rb an, sudah kopling set ke 3. Tiap ganti selalu ori, kurleb 2jt an... Dikali 3 sampai km 240rb misalnya... Sudah 6jt ++ (belum labour cost), ini harga bengkel resmi/bengkel biasa hampir mirip.

Xtrail saya.... Belum pernah turun matic km 180, estimasi sampai terasa delay saat pagi hari gak bisa jalan... Mgkn di km 250rb an.... Total overhaul termasuk cek kampas kopling matiknya yg perlu diganti, estimasi di 6-8jt sudah labour cost di bengkel spesialis nissan.

Yaaa kurleb hampir sama lah, unda undi tambah2 dikit. Tapi memang gak enaknya langsung petok/pecah tabungan hahahah....
Makasihhh banyak suhu atas ilmu dan sharingnya yang in depth banget.. Noted Huu untuk budget kita kudu coba lihat dulu dari sales bisa msk smpe varian VLnya..

Ini sdh pasti Matic sih Hu soalnya duo agya ayla mertua matic semuaa
Xous wrote: 14 Jun 2021, 15:26
Xous wrote: 14 Jun 2021, 08:44 Pemakaian setaun byk g. Klo d bawah 20 ribu pertahun. Ertiga aj, krg tinggi y vers XL7. Klo d atas 20k or pake d luar pulau jawa. Terios plg tepat. Klo sy pribadi Veloz 1.5 AT aj haha.
Mertua sy udah pensiun tp aktif om kesana kemari lihat cucunya anterin makan bawa jalan jalan dll jadi setahun kyknya lebih dari 20rb deh, Agyanya aja udah 160rb belinya di 2014 Ayla udah dkt 80b jg belinya di 2018. Perawatan bnr bnr ala kadar, bahkan kalao ada premium isinya premium :big_biglaugh:

Wah kenapa Veloz om? bs sharing sharing pemakaiannya om?

Kebetulan sy juga org kalimantan yang nyasar d jawa om. Ortu sy pake rush 2020 MT. Kmrn sebelum lebaran mudik, bw itu mbl jalan2 slama d sana. Berasa lemot sekali n sempit cm tmp tinggal ortu sy dekat pasar tradisional, mau reborn bensin kebesaran. Mnrt sy lbh worthed veloz dr rusuh om. Scr penampilan g terliat spt mbl travel akap. Perawatan ala kadarnya juga rusuhnya krn klo kalau beres adanya d banjarmasin n tamianglayang.
Jadi kalau VS Terios, dari om suggest better Veloz yakkk
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2838
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Pboyz97 »

Saya vote terios, karena paling sesuai kriteria, bandel, awet, perawatan murah dan partnya cukup banyak dimana2 + fiturnya cukup lengkap dan desainnya juga cukup oke buat ukuran LSUV minusnya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi yg ga seenak livina dan ertiga hehehe . Kalo nyari kenyamanan, bisa lirik ANE GX AT, paling empuk dan nyaman buat ukuran LMPV, road noise dan interior quality juga cukup baik buat ukuran LMPV, cuma minusnya ada di desain exteriornya bukan selera semua orang dan tarikannya agak kurang kalo menurut saya

Kalo alternatif bisa lirik veloz 1.5 AT
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1024
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by vp920b »

Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 03:16
akbarfit wrote: 13 Jun 2021, 23:26 Bisa dijelasin dulu plus minusnya? Biar enak ntar kasi masukannya....

Karna dari sini bakal ketauan maunya gimana, maunya apa, dan pertimbangannya apa.

Drpd ntar keluar jawaban Inopah disel matik loh... :big_weee:
KielConstantine wrote: 14 Jun 2021, 00:32 Yaudah innova diesel matic :mky_07: :mky_07:


Ga lah ..

Ertiga GX automatik aja, banyak review positif dari pemakai2 disini. Dirawat jg murah . Sparepart murah. Easy lahhh. Dijamin pengeluaran rupiah minim.. duitnya bisa dipake buat jalan2 .. makan2 .. nginep di hotel mewah.. mejeng uhuyyy
erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:41
Frenzyking wrote: 13 Jun 2021, 22:53 Malam suhu SM, sesuai judul karena mertua berniat untuk menjual agya dan ayla piaraannya dan diganti ke 1 mobil saja, maka sy ingin memohon atau sharing pengalaman dari para suhu antara ketiga mobil di atas yang kebetulan masuk ke budget mertua sy, kriteria utama sebenarnya hanya 7 seater dan bisa diisi pertalite, karna mertua orangnya taunya pakai doank. Kira kira better mana ya suhu antara ketiga itu, masalahnya selain budget masuk, setelah test duduk ketiganya juga mertua merasa cocok cocok aja dan masing-masing ada plus minusnya, kalau dari para suhu SM lbh saranin yang mana yakk?

Nuhunnnn :big_smile]
Diperjelas lagi oom budgetnya brp, kudu bekas apa baru, range tahunnya gimana. Biar ga kaget kl jawapnya innova disel
Haha jangan lah om kalau innova diesel matic, kalau baru overbudget itu.. nanti malah sy yg diminta nombokin :big_biglaugh: mertua maunya yang baru dengan budget max 240 - 250 dimana ketiganya msk ke kategori budget tsb

Mertua maunya yg baru nih om dan plihannya ya mmg jatuh pada ketiga itu, kalau dari hasil TD kesimpulan ybs kira kira spt ini:
1. Ertiga
(+) naiknya gampang
(+) suka tampilan dashboardnya terutama yg GX terbaru
(=) Menurut mertua, tenaga bawahnya paling nendang antara ketiganya
(-) Paling ceper antara ketiganya, walau tidak sering tp daerah sy pernah banjir dan ceritanya duo agya ayla mertua pernah kerendam :big_slap:
(-) Belum tau apakah bandel dengan bensin dan rawatan ala kadar

2. Terios
(+) Gagah karna tinggi
(+) Aman sekalipun ada banjir
(+) Sepertinya, aman dengan perawatan dan bensin ala kadar
(-) Jok serasa pendek, Interior sempit
(-) Cukup susah saat mau naik karna tinggi

3. Livina
(+) Modelnya ganteng
(+) Bukaan pintu terasa solid dan berat, peredaman menurut beliau juga ok
(+) Akomodasi lapang
(-) NIK 2020
(-) Brand Nissan lemah di RV
(-) Biaya penggantian parts / service sepertinya lebih mahal dan belum tau apakah mampu bertahan dengan perawatan dan bensin ala kadar

Kira kira seperti itu suhu mohon pencerahannya :big_childish:
Kebetulan saya punya keduanya nih krn kantor pernah kasih livina, mertua pke ertiga GL MT.

Jujur livina bantingannya beda sama xpander ga tau dibedain apanya, mungkin shock. Kalau diisi pertalite agak manja jd ngelitik, keterusan isi, throttle body kotor. Perawatan ga pernah kluar duit krn free 3 tahun.

Utk ertiga jelas ini suzuki lebih tahan banting. Terobos banjir pernah sekap mesin kuat, no problem. Perawatan murah si sy servis sendiri ga ke beres. Tiap 7000km sy buang olinya, pke yg bagus kl ga repsol, valvoline full syn sy pkenya. So far 3 tahun cuma ganti oli, barusan sy ganti busi sendiri pke iridium, filter udara, filter ac, kuras minyak rem cuma ngabisin 800rb, maklum mobil baru 22rb KM.

So far so good lah. Tinggal dipilih. Kalau terios big NO, bantingan sakit pinggang, sempit pula
Post Reply