Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

Sugeng ndalu suhu2 SM, salam hormat dari newbie..

Sesuai judul di atas, sebenarnya sy sudah menentukan pilihan utk upgrade dari Swift GX AT 2016 yg masa COPnya akan segera habis, tapi masih galau apakah memang sudah tepat atau mungkin masih ada saran lain dari suhu2 SM disini..

Kriteria upgrade yg sy butuhkan:
- Budget max 150 jt all in (mobil + restorasi)
- Usia mobil tidak lebih dari 11th
- Prefer RWD tapi kalau ada FWD yg sangat awet kaki2 & steering racknya juga boleh. Sebelum Swift sy pernah piara Avanza, entah kenapa sy merasa Avanza memberikan peace of mind di sektor kaki2 & steering, dari segi keawetan pastinya, bukan kenyamanan, meskipun alhamdulillah Swift sy ga pernah bermalasah dg steering rack & kaki2 depan..
- 2 atau 3 row no issue, krn sy baru punya 1 istri & 1 anak kelas 2 SD
- Bagasi harus luas, biar kalo mudik bisa bawa banyak oleh2
- Biaya perawatan hemat, biasa pakai Avanza & Swift cukup murah biaya maintenancenya
- Konsumsi BBM no issue, rencana akan jadi weekend car saja
- Nyaman utk keluarga kecil saya
- Prefer Jepangan aja
- Rencana mau dipakai di atas 5 th

Pernah mempertimbangkan beberapa opsi:
- CRV 2.0 Gen 3 th awal: budget masuk tp perawatan & penyakit kaki2 depan menghantui
- Grand Vitara 2.0 th 2010-an: budget juga masuk tp "katanya" kurang nyaman
- Outlander Sport th awal: budget "maksa" masuk, tp pajaknya masih tinggi banget
- Ertiga 2015-2016: budget masuk, cukup suka & nyaman, tapi berasa tidak upgrade krn sma aja kaya Swift, beda dimensi aja
- Rush-Terios 2013-2014: pernah punya Avanza dan seringa nyetir Rushter, sy pikir Rushter rasanya sama aja kaya Avanza
- Mobilio: mertua sdh ada dan sy ga suka rasa nyetir serta kualitas interiornya

So, mohon masukannya suhu, sy butuh diyakinkan atas pilihan saya atau mungkin ada opsi yg bisa mengubah pilihan saya..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by sintoni »

Udah cocok sih minang si Ipah, paling cuma boros sama tenaga pas2an aja untuk 2000cc metik.

Tapi yg lain dapet sih..
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by gaspol »

Kalo saya baca2 belum ada alasan kuat buat angkut innova..
Saya lebih prefer ambil CRV Gen 3 yang 2.4 om..ga ada issue seperti yang 2.0 😁 lebih nyaman & lebih powerfull drpd seekor ipah
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by trebla88 »

Ertiga ga dilirik?
Sol

Sebenernya kalau bensin ga masalah dan buat weekend car coba cari crv 2.4 atau grand escudo xl7
:big_deal:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by DOHC »

Ud bener koq

Inofa bensin metik

Avansa versi upgret

Mo 30 taon lagi jg masi jlan tu mobil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by ariswp »

cuma bisa komen crv gen 3 2.0at sama gv 2.0mt jlx

gv 2.0mt jlx : perawatan di beres lumayan tinggi, tenaga biasa (manual padahal), bejek tol sanggup 170, interior rattling, kaki2 agak lemah
plusnya : uda keyless, audio manteb, ac dingin, modelnya terutama pilar c ikonik banget, gagah pokoknya

crv 2.0at (pengganti gv) :.perawatan di beres sedikit lebih murah dari suzuki, tenaga emang boyo buat di kota, tapi enak buat lukot dan tol rasio khas 5at honda yg panjang, 185-190 masi dpt, irit juga untuk suv bensin 2liter matic, interior dari desain dan kelegaan gak ada lawan, kaki2 surprisingly ga seringkih gv, hanya pr di eps dengan dana 1.6 juta udah senyap seperti baru dan feedback hidup,
Minusnya : road noise ancur, lampu remang2, ac gak sedingin susuki apa toyota
Saran saya ambil crv 2.0 facelift ajah, ganti velgnya pake punya cx5 2014 manteb dahh
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

sintoni wrote: Fri Aug 06, 2021 11:59 Udah cocok sih minang si Ipah, paling cuma boros sama tenaga pas2an aja untuk 2000cc metik.

Tapi yg lain dapet sih..
Bener om, bbm no issue sih krn cm weekend car, sm setahun mgkn 2x mudik ke jateng..

Tenaga cukupan lah ya, ga berani ngebut juga selama ini.
:mky_04:
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

gaspol wrote: Fri Aug 06, 2021 12:05 Kalo saya baca2 belum ada alasan kuat buat angkut innova..
Saya lebih prefer ambil CRV Gen 3 yang 2.4 om..ga ada issue seperti yang 2.0 😁 lebih nyaman & lebih powerfull drpd seekor ipah
Emang harus pake alasan khusus apa om buat minang inopa? :mky_01:

Menarik nih, emang beda ya om kaki2 & steering rack CRV gen 3 2.0 vs 2.4?

Pajak gimana om yg 2.4, signifikan ga bedanya dg yg 2.0?

Kalo sama2 di bengkel resmi, kira2 jauh bgt ga bedanya biaya servis ipah 2.0 vs crv 2.0?
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

trebla88 wrote: Fri Aug 06, 2021 12:43 Ertiga ga dilirik?
Sol

Sebenernya kalau bensin ga masalah dan buat weekend car coba cari crv 2.4 atau grand escudo xl7
:big_deal:
Ertiga dilirik om, slh 1 LMPV ternyaman..

Cm jadi ga brasa upgrade, krn daleman sma dg Swift, malah ada yg downgrade dr swift (keyless n ac digital). Upgrade di dimensi aja sih makin gede akomodasinya..

Grand escudo ga ketuaan om?
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

DOHC wrote: Fri Aug 06, 2021 12:53 Ud bener koq

Inofa bensin metik

Avansa versi upgret

Mo 30 taon lagi jg masi jlan tu mobil
Nah ini, RELIABILITY. Ini yg masuk pertimbangan sy juga..
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

ariswp wrote: Fri Aug 06, 2021 13:04 cuma bisa komen crv gen 3 2.0at sama gv 2.0mt jlx

gv 2.0mt jlx : perawatan di beres lumayan tinggi, tenaga biasa (manual padahal), bejek tol sanggup 170, interior rattling, kaki2 agak lemah
plusnya : uda keyless, audio manteb, ac dingin, modelnya terutama pilar c ikonik banget, gagah pokoknya

crv 2.0at (pengganti gv) :.perawatan di beres sedikit lebih murah dari suzuki, tenaga emang boyo buat di kota, tapi enak buat lukot dan tol rasio khas 5at honda yg panjang, 185-190 masi dpt, irit juga untuk suv bensin 2liter matic, interior dari desain dan kelegaan gak ada lawan, kaki2 surprisingly ga seringkih gv, hanya pr di eps dengan dana 1.6 juta udah senyap seperti baru dan feedback hidup,
Minusnya : road noise ancur, lampu remang2, ac gak sedingin susuki apa toyota
Saran saya ambil crv 2.0 facelift ajah, ganti velgnya pake punya cx5 2014 manteb dahh
Wah, trnyata bisa juga ya biaya susuki lebih mahal dibanding ahond..

Slm ni pake swift rasanya adem di dompet. :big_peace:

Denger2 krn spare part GV yg banyakan impor dr nippong, makanya mahal..

kaki2 surprisingly ga seringkih gv
Masa sih om, kirain FWD secara umum akan lebih ringkih dibanding RWD, khususnya kaki2 depan..

CRV gen 3 emang udh ganteng dr sononya sih..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by maastricht889 »

crcsystm wrote: Fri Aug 06, 2021 15:14
ariswp wrote: Fri Aug 06, 2021 13:04 cuma bisa komen crv gen 3 2.0at sama gv 2.0mt jlx

gv 2.0mt jlx : perawatan di beres lumayan tinggi, tenaga biasa (manual padahal), bejek tol sanggup 170, interior rattling, kaki2 agak lemah
plusnya : uda keyless, audio manteb, ac dingin, modelnya terutama pilar c ikonik banget, gagah pokoknya

crv 2.0at (pengganti gv) :.perawatan di beres sedikit lebih murah dari suzuki, tenaga emang boyo buat di kota, tapi enak buat lukot dan tol rasio khas 5at honda yg panjang, 185-190 masi dpt, irit juga untuk suv bensin 2liter matic, interior dari desain dan kelegaan gak ada lawan, kaki2 surprisingly ga seringkih gv, hanya pr di eps dengan dana 1.6 juta udah senyap seperti baru dan feedback hidup,
Minusnya : road noise ancur, lampu remang2, ac gak sedingin susuki apa toyota
Saran saya ambil crv 2.0 facelift ajah, ganti velgnya pake punya cx5 2014 manteb dahh
Wah, trnyata bisa juga ya biaya susuki lebih mahal dibanding ahond..

Slm ni pake swift rasanya adem di dompet. :big_peace:

Denger2 krn spare part GV yg banyakan impor dr nippong, makanya mahal..

kaki2 surprisingly ga seringkih gv
Masa sih om, kirain FWD secara umum akan lebih ringkih dibanding RWD, khususnya kaki2 depan..

CRV gen 3 emang udh ganteng dr sononya sih..
Susuki itu selaen trim fleet sama yg mesin K series mahal semua om. Saya pake ertiga dr 2014 itu berasa banget murahnya, tp liat cerita2 disini yg pake karimun lama, SX4 yg partnya msh jepang semua sih mahal tp kualitas terjamin yg mesin.

Om kebutuhannya mau gimana dulu? Kalo mau belajar ragat, rawat dan siap duit sih oke lah crv 2.0. Ini mobil enak, saya msh pake yg 2.4 2011. Row 2nya bener2 lega, yg bs ngunggulin cm almaz, innova lama, sama palisade kelegaannya. Cuma kl mulai kena part body ato part printilan aneh2 sih udh lah, saya dah capek ngerawat crv. Krn gen 3 ini life cyclenya udah berhenti dr 2012 = part body mulai susah, part slow moving mulai susah kaya engine mounting ori sekalipun (kejadian jg di civic FD seangkatan, saya br aja diceritain bengkel langganan itu inden eng mounting civic FD ori 4 biji aja 2 bulan). Eng mounting crv saya udah kena dikit, sayapun males inden krn barangnya satu kota saya susah, krn barang major saya kudu ori, kl KW meragukan grade material part kaya begitu. Buat saya harga mahal ndak papa, penting barang ada atau sejelek2nya inden 2 minggu. Lha ini udah mahal, barang gak ada dan harus inden gak jelas kapan datengnya. Skrg kena di switch pedal rem yang mulai ngadat, jadi kl kaki lepas pedal rem itu lampu rem msh nyala terus (common di honda kaya freed jg begitu), barangnya sy indenin tp pasrah aja penting bengkel kabarin kl udh dateng krn mobil msh bisa dipakai.

Walaupun kl crv itu di sektor mesin itu penyakit mesin dan rawatannya msh banyak bengkel yg bs nangani om. Kl 2.0 sama 2.4 selaen mesin ya bedanya di power steering om, 2.0 udah EPS; 2.4 HPS walaupun long term steer rack dua tipe itu bkl sama2 kena jg maklum FWD. Penyakit crv ya paling pada males stel klep, paking degsel-paking kruk as belakang-vtec-sama paking satu lagi yg langganan rembes, kaki2 yg pada males ganti krn mahal, cv joint kering. Mgkn kl 2.0 hati2 sama businya om, sering pd hajar bengsin busuk itu businya yg iridium kesiksa pasti. Honda buat saya batas aman itu pake yg kelas2 1500cc NA ke bawah kaya jazz, mobilio, brio krn partnya banyak ready.

Tapi kl om mau peace of mind sih saya merem innova bengsin matic, saya msh pake innova bengsin manual dr 2010 ya enak2 aja sih. Mau berasa boros pun yaudh buat saya, krn ini mobil bener2 kuat, terhitung nyaman dan handal. Buat jalan santai cruising sih enak innova, apalg V Bensin. Di luar mesin 1TR yg boros itu biaya maintenancenya terhitung murah dan simpel om, pol2an penyakit mesin 1TR bensin itu koil yg tau2 koit (cap denso harga 600an/pc, ori toyota yg mungkin jg denso 1,2jt/pc tgl kali 4 aja), ganti busi (murah), sama paking2 bawah itu saya lupa namanya apa yg rembes krn umur. Paling sama ganti filter bengsin+bersih2 tangki bengsin (cek dulu). Kl seken sdh berumur saya tetep merem cap toyota sih om mau gimanapun. Dan kl innova bensin krn mesin lama ya gampang ketebak problemnya terus gampang ngerti seluk beluk penyebabnya. Part2 30th lg jg masih ada yg jualan apalg slow moving, krn di tokped jg bertebaran itu orang jual part2 innova kl sampe mentok ndak dapet. Rapih2 innova kaya ganti fluida dan servis-tuneup, sokbreker kl dah mati, kuras oli matic, kuras oli gardan, oli 5w30 bagusan semahal2nya 8jt beres om, udh enak dipakenya

View saya begitu sih om dr pengalaman sy juga yg msh pake ertiga matic, crv 2.4 sama innova bengsin lama. Pastiin pas lihat unit cari yg record servis lengkap, buku2 lengkap aja biar keaslian odo terjamin dan kl bs dr user lsg yg kenal
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

erwinign wrote: Fri Aug 06, 2021 16:21
crcsystm wrote: Fri Aug 06, 2021 15:14
ariswp wrote: Fri Aug 06, 2021 13:04 cuma bisa komen crv gen 3 2.0at sama gv 2.0mt jlx

gv 2.0mt jlx : perawatan di beres lumayan tinggi, tenaga biasa (manual padahal), bejek tol sanggup 170, interior rattling, kaki2 agak lemah
plusnya : uda keyless, audio manteb, ac dingin, modelnya terutama pilar c ikonik banget, gagah pokoknya

crv 2.0at (pengganti gv) :.perawatan di beres sedikit lebih murah dari suzuki, tenaga emang boyo buat di kota, tapi enak buat lukot dan tol rasio khas 5at honda yg panjang, 185-190 masi dpt, irit juga untuk suv bensin 2liter matic, interior dari desain dan kelegaan gak ada lawan, kaki2 surprisingly ga seringkih gv, hanya pr di eps dengan dana 1.6 juta udah senyap seperti baru dan feedback hidup,
Minusnya : road noise ancur, lampu remang2, ac gak sedingin susuki apa toyota
Saran saya ambil crv 2.0 facelift ajah, ganti velgnya pake punya cx5 2014 manteb dahh
Wah, trnyata bisa juga ya biaya susuki lebih mahal dibanding ahond..

Slm ni pake swift rasanya adem di dompet. :big_peace:

Denger2 krn spare part GV yg banyakan impor dr nippong, makanya mahal..

kaki2 surprisingly ga seringkih gv
Masa sih om, kirain FWD secara umum akan lebih ringkih dibanding RWD, khususnya kaki2 depan..

CRV gen 3 emang udh ganteng dr sononya sih..
Susuki itu selaen trim fleet sama yg mesin K series mahal semua om. Saya pake ertiga dr 2014 itu berasa banget murahnya, tp liat cerita2 disini yg pake karimun lama, SX4 yg partnya msh jepang semua sih mahal tp kualitas terjamin yg mesin.

Om kebutuhannya mau gimana dulu? Kalo mau belajar ragat, rawat dan siap duit sih oke lah crv 2.0. Ini mobil enak, saya msh pake yg 2.4 2011. Row 2nya bener2 lega, yg bs ngunggulin cm almaz, innova lama, sama palisade kelegaannya. Cuma kl mulai kena part body ato part printilan aneh2 sih udh lah, saya dah capek ngerawat crv. Krn gen 3 ini life cyclenya udah berhenti dr 2012 = part body mulai susah, part slow moving mulai susah kaya engine mounting ori sekalipun (kejadian jg di civic FD seangkatan, saya br aja diceritain bengkel langganan itu inden eng mounting civic FD ori 4 biji aja 2 bulan). Eng mounting crv saya udah kena dikit, sayapun males inden krn barangnya satu kota saya susah, krn barang major saya kudu ori, kl KW meragukan grade material part kaya begitu. Buat saya harga mahal ndak papa, penting barang ada atau sejelek2nya inden 2 minggu. Lha ini udah mahal, barang gak ada dan harus inden gak jelas kapan datengnya. Skrg kena di switch pedal rem yang mulai ngadat, jadi kl kaki lepas pedal rem itu lampu rem msh nyala terus (common di honda kaya freed jg begitu), barangnya sy indenin tp pasrah aja penting bengkel kabarin kl udh dateng krn mobil msh bisa dipakai.

Walaupun kl crv itu di sektor mesin itu penyakit mesin dan rawatannya msh banyak bengkel yg bs nangani om. Kl 2.0 sama 2.4 selaen mesin ya bedanya di power steering om, 2.0 udah EPS; 2.4 HPS walaupun long term steer rack dua tipe itu bkl sama2 kena jg maklum FWD. Penyakit crv ya paling pada males stel klep, paking degsel-paking kruk as belakang-vtec-sama paking satu lagi yg langganan rembes, kaki2 yg pada males ganti krn mahal, cv joint kering. Mgkn kl 2.0 hati2 sama businya om, sering pd hajar bengsin busuk itu businya yg iridium kesiksa pasti. Honda buat saya batas aman itu pake yg kelas2 1500cc NA ke bawah kaya jazz, mobilio, brio krn partnya banyak ready.

Tapi kl om mau peace of mind sih saya merem innova bengsin matic, saya msh pake innova bengsin manual dr 2010 ya enak2 aja sih. Mau berasa boros pun yaudh buat saya, krn ini mobil bener2 kuat, terhitung nyaman dan handal. Buat jalan santai cruising sih enak innova, apalg V Bensin. Di luar mesin 1TR yg boros itu biaya maintenancenya terhitung murah dan simpel om, pol2an penyakit mesin 1TR bensin itu koil yg tau2 koit (cap denso harga 600an/pc, ori toyota yg mungkin jg denso 1,2jt/pc tgl kali 4 aja), ganti busi (murah), sama paking2 bawah itu saya lupa namanya apa yg rembes krn umur. Paling sama ganti filter bengsin+bersih2 tangki bengsin (cek dulu). Kl seken sdh berumur saya tetep merem cap toyota sih om mau gimanapun. Dan kl innova bensin krn mesin lama ya gampang ketebak problemnya terus gampang ngerti seluk beluk penyebabnya. Part2 30th lg jg masih ada yg jualan apalg slow moving, krn di tokped jg bertebaran itu orang jual part2 innova kl sampe mentok ndak dapet. Rapih2 innova kaya ganti fluida dan servis-tuneup, sokbreker kl dah mati, kuras oli matic, kuras oli gardan, oli 5w30 bagusan semahal2nya 8jt beres om, udh enak dipakenya

View saya begitu sih om dr pengalaman sy juga yg msh pake ertiga matic, crv 2.4 sama innova bengsin lama. Pastiin pas lihat unit cari yg record servis lengkap, buku2 lengkap aja biar keaslian odo terjamin dan kl bs dr user lsg yg kenal

Ini keren sih penjelasannya, holistik bgt..

Thanx om..

CRV 2.0 tetap adalah pilihan yg menarik: gagah, nyaman, lega & cukup irit (dibanding sekelasnya). Tapi sepertinya memang sy lebih condong ke inopa om, lebih ke maintenance sih alasannya (waktu & biaya). Plus reliability yg OK..

Soal kenyamanan, bagi (maaf) pantat sy yg kaleng ini, udh lebih dr cukup sih. Pasti berasa upgradenya dibanding avanza & swift..

Skali lg thanx om utk sharingnya yg luar biasa..
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by dori2802 »

saya pernah pny ipah bensin AT 2011 om. kalau soal lega, menurut saya ini lebih lega vs reborn. terutama bangku ke 3.
perawatan murah om. part ada banyak pilihan dari yg ori sampai kw 5.. :mky_03:
saya ganti shockbreaker 4 biji aja sama pasang cuma 1,5jt.
power steering hidrolik masih pakai oli jadi lebih kuat dibanding mobil2 sekarang yg EPS (rawan di racksteer).
mesin teknologi jadul... jadi semua bengkel bisa tangani. kalau mau/suka diy sih, mesin ini sih bisa banget.
body part bejibun dimana2 buanyak yg jual

konsumsi BBM dalam kota sih 1:8-9, luar kota 1:11-12
buat nanjak2 aman sentosa, pernah ke bandung lewat punclut yg lagi macet gr2 banyak yg nyangkut ga kuat naik. ipah ini dg sigap naik dg nyaman
bawa ke cangar mojokerto juga aman...dg full loaded

palingan ntr di oli yg sdkt butuh budget lebih oli mesin : 5,5lt, oli matic 8-12 liter, oli gardan 3 lt
budget 150, mgkn kalau sabar cari bisa dapat 2012-13.

yg pasti pakai innova lebih peace of mind. mobil badak.
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

dori2802 wrote: Sat Aug 07, 2021 1:28 saya pernah pny ipah bensin AT 2011 om. kalau soal lega, menurut saya ini lebih lega vs reborn. terutama bangku ke 3.
perawatan murah om. part ada banyak pilihan dari yg ori sampai kw 5.. :mky_03:
saya ganti shockbreaker 4 biji aja sama pasang cuma 1,5jt.
power steering hidrolik masih pakai oli jadi lebih kuat dibanding mobil2 sekarang yg EPS (rawan di racksteer).
mesin teknologi jadul... jadi semua bengkel bisa tangani. kalau mau/suka diy sih, mesin ini sih bisa banget.
body part bejibun dimana2 buanyak yg jual

konsumsi BBM dalam kota sih 1:8-9, luar kota 1:11-12
buat nanjak2 aman sentosa, pernah ke bandung lewat punclut yg lagi macet gr2 banyak yg nyangkut ga kuat naik. ipah ini dg sigap naik dg nyaman
bawa ke cangar mojokerto juga aman...dg full loaded

palingan ntr di oli yg sdkt butuh budget lebih oli mesin : 5,5lt, oli matic 8-12 liter, oli gardan 3 lt
budget 150, mgkn kalau sabar cari bisa dapat 2012-13.

yg pasti pakai innova lebih peace of mind. mobil badak.
Thanx om sharingnya..

Perawatan & reliability memang jadi nilai lebih inopa ya om.

Kalo utk power sih ga trlalu issue ya bagi saya, sadar diri juga, cc cuma 2.0 dg bawa bodi segede itu, boyo & lemot wajar lah ya..

Cairan2 masih wajar kan om kaya mobil pada umumnya?
Dulu avanza ganti oli tiap 10rb, swift malah tiap 5rb..

Ipah harusnya ganti tiap 10rb aman2 aja ya..

Sy cek Oh eLeKs 2013 V AT masih pada pasang di atas 150jt om, paling nego dpt 145an. Tp kan harus siap 10-15 jt utk rapi2 & upgrade tipis2 audio dll
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by ChZ »

mau komen dikit soal beberapa pilihan di atas kebetulan pernah punya...

CRV gen 3 ini untuk taun 2021 paling muda itu sudah 9th dan yakinlah rata-rata CRV adalah workhorse nya horangkayah yg suka nyetir sendiri... krn tampangnya dulu sangat mevvah di zamannya buat kerja ktm client masih kliatan bonafid, rawatan nggak sepusing mikirin tagihan bengkel kaya sedan shirr repairing plisurr yg cuma dielus di garasi.... tapi sialnya ni mobil khas sekali ahond buatan karawang : didesain untuk porotin waktu dan duit anda jika sdh lebih dari 5 taun (skrg mungkin bangsanya mobilio dkk itu 3 taun) krn pasti sekali-kali minta ke bengkel. walaupun duitnya no prob partsnya murmercrot sekali made in HPM tapi yah kalo buat orang gak hobi ngebengkel sih males banget ngurusinnya. rata-rata jika sudah ganti pemilik 2-3 kali ini mobil akan keliatan bapuk sekali krn kebanyakan second atau third ownernya (maaf) budget cekak. kalau first hand owner masih aman pake banget krn banyakan terawat.

GV kenapa tidak cari yang 2.4 liter saja? GV 2 liter itu lucunya lebih boros dan (pasti) lebih boyo daripada yang 2.4 liter. harganya relatif mirip koq di marketplace. budget 150 dapet lah masih kembalian. yang pre-facelift ya yg cbu japan 2013 up kayaknya blm dapat. cuma walaupun logonya sama dengan susuki keri dan harga baru spertinya lebih murah dari si ar pi tapi jangan tertipu karena parts fast maupun slo-mo nya bisa buat makan all u can eat satu kampung... maklum msh cbu japan partnya. kaki-kaki mesin sih aman tp electricalnya dl pake gampang kena duluan. thn ke-4 dinamo amper kena harga 4juta (bengkel resmi, kl skrg mungkin dah banyak tembakan kw nya) kalo gak salah. lbh mahil daripada dinamo amper ahond odessi temen saya malah gak ada separonya. oil filter per pcs harganya 2x oil filter punya H atau T.

otlendir semprot kl cari kenyamanan gak deh kursi baris keduanya aneh. bagasinya jg gak lebih gede dari seekor ha er vi. dan kl mengingat kebanyakan mobil diservis di bengkel resmi dengan oli MMGO yg entah terbuat dari apa krn bisa murah banget yg artinya disukai oleh konsumen... lebih baik skip. krn dl pake sekitar 3 thn idle up tiap pagi kasar bgt suaranya (dan makin lama makin kasar) entah tu akibat apa.

jadi kalau suka rasa peace of mind nya toyota...

memang paling bener inova saja. apalagi bensin matik tipe V biasa bekas pakean pribadi (kl bekas travel / rental biasanya bensin manual / diesel manual tipe G)... boros boyo gampang pasang catless downpipe udah nolong bgt buat kota-kota. kl buat luar kota enakin lagi pasang pigibek atau remap... inova mah mobil bahan bgt dibagusin dibikin enak banyak racunnya kasih ban bagusan jg enak...

paling kl saya demi keselamatan bokong kl nyetir luar kota coba retrofit joknya reborn krn jahanam sekali joknya inofa ini plek jok avanza rush yg artinya bakal sering mampir ke masas...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by KielConstantine »

:big_biglaugh:

Tepat om.. tepat banget malah. Old ipah mobil mantap selama itu type V . Dapet airbag 2 kiri kanan; ABS; peredaman lebih senyap; setir camry with steering audio switch; jok tengah ada tv plafon.. AC digital ky di fortuner.. Antenna radio ada di jendela samping paling blakang, jd kg ada antena di pillar A depan. Itu yg jd nilai unik type V jg…

Masalah kenyamanan tinggal upgrade jok driver aja. Ganti pake innova reborn. Itu dy posisi bautnya sama plek, tinggal obengin aja kepasang :mky_03:

Harga jok reborn kurang lebih 5 juta yah dpt sepasang kiri-kanan bagian depan. Ini cmiiw ya

Trus ban ganti yg bagus.. macam michelin primacy. Velg std oke.
Tambah peredam lagi full body klo mau lebih senyap..
Lampu pasang projector LED supaya kg ketinggalan jaman sama mobil kluaran skarang.

Kalo mau nyaman. Shock sama per dibiarin standart aja, selama masih tolelir body roll & limbung pas nikung. Mau firm dikit coba upgrade lowering kit pake merk Eibach, bantingannya lebih ky mobil eropa nanti.

Perawatan mudah; sparepart gampang dicari; murah; kuat; tahan banting; bisa minum premium pula klo masi ada yg jualan hahaha

Ini mobil ud reliable dan terbukti klo ownernya jorok kg ngurusin tetep bakal jalan aja sampe kiamat. Apalagi klo pelihara Toyota tp mobilnya disayang, macam mbah omni… wuuush joss abis deh

Yang ada malah bingung… duit kok didompet kagak abis2 yah.. numpuk kg kepake…. Pelihara Toyota gitulohh :upss:

Kabur ah.. ntar di cap militan ipah…. :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

ChZ wrote: Sat Aug 07, 2021 3:00 mau komen dikit soal beberapa pilihan di atas kebetulan pernah punya...

CRV gen 3 ini untuk taun 2021 paling muda itu sudah 9th dan yakinlah rata-rata CRV adalah workhorse nya horangkayah yg suka nyetir sendiri... krn tampangnya dulu sangat mevvah di zamannya buat kerja ktm client masih kliatan bonafid, rawatan nggak sepusing mikirin tagihan bengkel kaya sedan shirr repairing plisurr yg cuma dielus di garasi.... tapi sialnya ni mobil khas sekali ahond buatan karawang : didesain untuk porotin waktu dan duit anda jika sdh lebih dari 5 taun (skrg mungkin bangsanya mobilio dkk itu 3 taun) krn pasti sekali-kali minta ke bengkel. walaupun duitnya no prob partsnya murmercrot sekali made in HPM tapi yah kalo buat orang gak hobi ngebengkel sih males banget ngurusinnya. rata-rata jika sudah ganti pemilik 2-3 kali ini mobil akan keliatan bapuk sekali krn kebanyakan second atau third ownernya (maaf) budget cekak. kalau first hand owner masih aman pake banget krn banyakan terawat.

GV kenapa tidak cari yang 2.4 liter saja? GV 2 liter itu lucunya lebih boros dan (pasti) lebih boyo daripada yang 2.4 liter. harganya relatif mirip koq di marketplace. budget 150 dapet lah masih kembalian. yang pre-facelift ya yg cbu japan 2013 up kayaknya blm dapat. cuma walaupun logonya sama dengan susuki keri dan harga baru spertinya lebih murah dari si ar pi tapi jangan tertipu karena parts fast maupun slo-mo nya bisa buat makan all u can eat satu kampung... maklum msh cbu japan partnya. kaki-kaki mesin sih aman tp electricalnya dl pake gampang kena duluan. thn ke-4 dinamo amper kena harga 4juta (bengkel resmi, kl skrg mungkin dah banyak tembakan kw nya) kalo gak salah. lbh mahil daripada dinamo amper ahond odessi temen saya malah gak ada separonya. oil filter per pcs harganya 2x oil filter punya H atau T.

otlendir semprot kl cari kenyamanan gak deh kursi baris keduanya aneh. bagasinya jg gak lebih gede dari seekor ha er vi. dan kl mengingat kebanyakan mobil diservis di bengkel resmi dengan oli MMGO yg entah terbuat dari apa krn bisa murah banget yg artinya disukai oleh konsumen... lebih baik skip. krn dl pake sekitar 3 thn idle up tiap pagi kasar bgt suaranya (dan makin lama makin kasar) entah tu akibat apa.

jadi kalau suka rasa peace of mind nya toyota...

memang paling bener inova saja. apalagi bensin matik tipe V biasa bekas pakean pribadi (kl bekas travel / rental biasanya bensin manual / diesel manual tipe G)... boros boyo gampang pasang catless downpipe udah nolong bgt buat kota-kota. kl buat luar kota enakin lagi pasang pigibek atau remap... inova mah mobil bahan bgt dibagusin dibikin enak banyak racunnya kasih ban bagusan jg enak...

paling kl saya demi keselamatan bokong kl nyetir luar kota coba retrofit joknya reborn krn jahanam sekali joknya inofa ini plek jok avanza rush yg artinya bakal sering mampir ke masas...

Dapet tambahan insight nih bikin old ipah jadi makin nyaman: ganti jok reborn. :mky_02:

Trus ganti setir reborn
Trua ganti spion reborn
Trus ganti lampu kabin reborn
Gitu aja terus sampe beneran ganti ke reborn. :big_peace:

Thanx om sharingnya, makin yakin ke ipah, sesuai saran suhu2 SM..
crcsystm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Oct 20, 2016 16:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by crcsystm »

KielConstantine wrote: Sat Aug 07, 2021 5:10 :big_biglaugh:

Tepat om.. tepat banget malah. Old ipah mobil mantap selama itu type V . Dapet airbag 2 kiri kanan; ABS; peredaman lebih senyap; setir camry with steering audio switch; jok tengah ada tv plafon.. AC digital ky di fortuner.. Antenna radio ada di jendela samping paling blakang, jd kg ada antena di pillar A depan. Itu yg jd nilai unik type V jg…

Masalah kenyamanan tinggal upgrade jok driver aja. Ganti pake innova reborn. Itu dy posisi bautnya sama plek, tinggal obengin aja kepasang :mky_03:

Harga jok reborn kurang lebih 5 juta yah dpt sepasang kiri-kanan bagian depan. Ini cmiiw ya

Trus ban ganti yg bagus.. macam michelin primacy. Velg std oke.
Tambah peredam lagi full body klo mau lebih senyap..
Lampu pasang projector LED supaya kg ketinggalan jaman sama mobil kluaran skarang.

Kalo mau nyaman. Shock sama per dibiarin standart aja, selama masih tolelir body roll & limbung pas nikung. Mau firm dikit coba upgrade lowering kit pake merk Eibach, bantingannya lebih ky mobil eropa nanti.

Perawatan mudah; sparepart gampang dicari; murah; kuat; tahan banting; bisa minum premium pula klo masi ada yg jualan hahaha

Ini mobil ud reliable dan terbukti klo ownernya jorok kg ngurusin tetep bakal jalan aja sampe kiamat. Apalagi klo pelihara Toyota tp mobilnya disayang, macam mbah omni… wuuush joss abis deh

Yang ada malah bingung… duit kok didompet kagak abis2 yah.. numpuk kg kepake…. Pelihara Toyota gitulohh :upss:

Kabur ah.. ntar di cap militan ipah…. :ngacir:


Udh cocok jadi brand ambassadornya ipah om. :big_biglaugh:

Anyway, thanx om atas saran & sharingnya.. :big_exellent:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by maastricht889 »

crcsystm wrote: Sat Aug 07, 2021 0:43
erwinign wrote: Fri Aug 06, 2021 16:21
crcsystm wrote: Fri Aug 06, 2021 15:14

Wah, trnyata bisa juga ya biaya susuki lebih mahal dibanding ahond..

Slm ni pake swift rasanya adem di dompet. :big_peace:

Denger2 krn spare part GV yg banyakan impor dr nippong, makanya mahal..

kaki2 surprisingly ga seringkih gv
Masa sih om, kirain FWD secara umum akan lebih ringkih dibanding RWD, khususnya kaki2 depan..

CRV gen 3 emang udh ganteng dr sononya sih..
Susuki itu selaen trim fleet sama yg mesin K series mahal semua om. Saya pake ertiga dr 2014 itu berasa banget murahnya, tp liat cerita2 disini yg pake karimun lama, SX4 yg partnya msh jepang semua sih mahal tp kualitas terjamin yg mesin.

Om kebutuhannya mau gimana dulu? Kalo mau belajar ragat, rawat dan siap duit sih oke lah crv 2.0. Ini mobil enak, saya msh pake yg 2.4 2011. Row 2nya bener2 lega, yg bs ngunggulin cm almaz, innova lama, sama palisade kelegaannya. Cuma kl mulai kena part body ato part printilan aneh2 sih udh lah, saya dah capek ngerawat crv. Krn gen 3 ini life cyclenya udah berhenti dr 2012 = part body mulai susah, part slow moving mulai susah kaya engine mounting ori sekalipun (kejadian jg di civic FD seangkatan, saya br aja diceritain bengkel langganan itu inden eng mounting civic FD ori 4 biji aja 2 bulan). Eng mounting crv saya udah kena dikit, sayapun males inden krn barangnya satu kota saya susah, krn barang major saya kudu ori, kl KW meragukan grade material part kaya begitu. Buat saya harga mahal ndak papa, penting barang ada atau sejelek2nya inden 2 minggu. Lha ini udah mahal, barang gak ada dan harus inden gak jelas kapan datengnya. Skrg kena di switch pedal rem yang mulai ngadat, jadi kl kaki lepas pedal rem itu lampu rem msh nyala terus (common di honda kaya freed jg begitu), barangnya sy indenin tp pasrah aja penting bengkel kabarin kl udh dateng krn mobil msh bisa dipakai.

Walaupun kl crv itu di sektor mesin itu penyakit mesin dan rawatannya msh banyak bengkel yg bs nangani om. Kl 2.0 sama 2.4 selaen mesin ya bedanya di power steering om, 2.0 udah EPS; 2.4 HPS walaupun long term steer rack dua tipe itu bkl sama2 kena jg maklum FWD. Penyakit crv ya paling pada males stel klep, paking degsel-paking kruk as belakang-vtec-sama paking satu lagi yg langganan rembes, kaki2 yg pada males ganti krn mahal, cv joint kering. Mgkn kl 2.0 hati2 sama businya om, sering pd hajar bengsin busuk itu businya yg iridium kesiksa pasti. Honda buat saya batas aman itu pake yg kelas2 1500cc NA ke bawah kaya jazz, mobilio, brio krn partnya banyak ready.

Tapi kl om mau peace of mind sih saya merem innova bengsin matic, saya msh pake innova bengsin manual dr 2010 ya enak2 aja sih. Mau berasa boros pun yaudh buat saya, krn ini mobil bener2 kuat, terhitung nyaman dan handal. Buat jalan santai cruising sih enak innova, apalg V Bensin. Di luar mesin 1TR yg boros itu biaya maintenancenya terhitung murah dan simpel om, pol2an penyakit mesin 1TR bensin itu koil yg tau2 koit (cap denso harga 600an/pc, ori toyota yg mungkin jg denso 1,2jt/pc tgl kali 4 aja), ganti busi (murah), sama paking2 bawah itu saya lupa namanya apa yg rembes krn umur. Paling sama ganti filter bengsin+bersih2 tangki bengsin (cek dulu). Kl seken sdh berumur saya tetep merem cap toyota sih om mau gimanapun. Dan kl innova bensin krn mesin lama ya gampang ketebak problemnya terus gampang ngerti seluk beluk penyebabnya. Part2 30th lg jg masih ada yg jualan apalg slow moving, krn di tokped jg bertebaran itu orang jual part2 innova kl sampe mentok ndak dapet. Rapih2 innova kaya ganti fluida dan servis-tuneup, sokbreker kl dah mati, kuras oli matic, kuras oli gardan, oli 5w30 bagusan semahal2nya 8jt beres om, udh enak dipakenya

View saya begitu sih om dr pengalaman sy juga yg msh pake ertiga matic, crv 2.4 sama innova bengsin lama. Pastiin pas lihat unit cari yg record servis lengkap, buku2 lengkap aja biar keaslian odo terjamin dan kl bs dr user lsg yg kenal

Ini keren sih penjelasannya, holistik bgt..

Thanx om..

CRV 2.0 tetap adalah pilihan yg menarik: gagah, nyaman, lega & cukup irit (dibanding sekelasnya). Tapi sepertinya memang sy lebih condong ke inopa om, lebih ke maintenance sih alasannya (waktu & biaya). Plus reliability yg OK..

Soal kenyamanan, bagi (maaf) pantat sy yg kaleng ini, udh lebih dr cukup sih. Pasti berasa upgradenya dibanding avanza & swift..

Skali lg thanx om utk sharingnya yg luar biasa..
CRV saya akuin memang naikannya enak om, mesin dan chassisnya bagus. Tp ya gitu deh, honda tuaan dikit itu isinya dandan terus dan part slow movingnya mulai aneh2 rusak krn umur. Kl ga sanggup gausah sekalian.

Soal innova sih udh bener sekennya cr yg bensin, krn yg disel biasa banyak jd bekas mobil dan banyak busuknya

Jok innova lama sih buat saya minimal di G ke atas udah enak om, dr material kain sama supportnya. Innova saya E itu joknya yg kurang enak, walaupun masih mendingan drpd jok innova baru yg G/yaris lele.

Kl cari V bengsin, usahain jg yg jok kainnya msh nempel asli ya om. Banyak itu yg udh pada dibekleed pake kulit2an jelas dan wrnnya norak. Kl suka jok fabric sih saya pribadi ngakuin material jok innova lama yg G sama V itu lbh enak dr innova baru. Sapa tau kl beruntung bs dapet V bengsin luxury yg joknya capt seat beneran.

Oh ya, masalah mesin kl bisa dicek visco fannya ya om. Kl udah pernah ganti, cek apakah gantinya itu cm oli visco fannya atau segelondong visco fan. Dr yg saya alamin kl cm ganti olinya thok biasa isinya pd ngasal kebanyakan, jd kipasnya muter terus yg nyebabin tambah boros dan boyo. Kl visco fannya segelondong lumayan sih hampir 2jt, tapi hasilnya pasti kaya baru keluar pabrik dan tarikan lebih di taraf semestinya.

Soal oli sih cr oli bagusan aja om kl mau buat 10rb km/1 tahun krn bkl jarang pake jg. Oli TMO itu ketulis 10rb, pdhl 5rban km udh ga enak. Oli suzuki lg tambah parah bapuknya, untung anjuran mereka per 5rb km. Mgkn cr modelan PTT ato amsoil ato Q8 gitu.

Trs kl innova V itu juga harus siapin budget kaca film om/minimal cek kaca film di unit yg dilihat, krn udh mulai umur kan. Sy bilang gini krn yg V itu udh ada pemanas kaca belakang sama antenna radio yg modelnya udah printed di kaca baris 3 kanan kaya elemen defogger belakang. Jd kl kaca film tuanya nempel kelamaan itu elemen2nya bs ilang kan sayang om, agak repot gantinya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by DOHC »

Btw, kl mmg ud bulet ati nyari inofa

Pastiin unitnya bukan bekas luar pulau

Krn d luar pulau, justru inofa bensin primadona nya, tu liat aj d yutub, buanyak bener vidio2 inofa bensin d ajak reli, berenang dsb

Mengenai jok, stuju ama mbah kiel, kl ad dana lebih, mending bawa ke tukang bekleed tu kursi, mo type e, g,V sama aj ga ad yg enak, bagian punggung celong ke dalem, insinyurnya lupa ama yg namanya lumbar support, dikira tulang punggung manusia malah celong ke dalem... untung d inofa ribon ud mendingan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by trebla88 »

Kayanya ts uda palingcocok ke inopah bensin yah
Tinggal pilih tahun dan kondisi
Grand escudo xl7 ga se reliable crv atau inopah sih
Makanya harganya suram :big_slap:

Inopah part dr super kw smpai super duper ori ada smua :big_biglaugh:
Cuma ati2 kalau beli part fastmoving seperti busi filter udara dan ac. Beli yg beneran, kalau perlu dari beres, dah kbanyakan super kw nya itu :big_biglaugh:

Moga cepet ketemu unit yg cocok di hati :big_okay:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by Pboyz97 »

kalo dari semua kriteria yg om sebutin, innova bensin AT udh cukup kok, kalo gamasalah sm tarikannya yg lemot parah menurut saya, karena lega, muat banyak, perawatan murah, part juga melimpah dimana2, bandel dan awet + fiturnya juga udh cukup oke, karena tipe V tahun segitu udh dilengkapin sm dual airbag dan ABS which is cukup lengkap lah buat ukuran innova lama. saran saya sih, coba bawa mekanik atau orang yg ngerti mobil pas cek unit , minimal buku manual, buku servis sm faktur wajib ada. kalo salah 1 dari 3 item itu gaada mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes barangnya, walaupun menurut saya ya, nyari innova bensin at termasuk yg paling mudah buat dapetin yg kondisinya oke dibanding varian lainnya, seperti bensin mt, diesel mt or diesel at yg banyak dipake buat workhorse ownernya , dan dijadiin armada PT serta rental jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, apalagi di jakarta wkwkkw

kalo alterantif sih, saya vote ertiga, karena walaupun om bilang sama aja kaya swift, tapi juga masuk kriteria, tahun paling muda dibanding kandidat lainnya + paling nyaman juga dikelas LMPV menurut saya, minus tarikannya aja yg agak kurang.

selain itu, crv juga bisa jadi pertimbangan alternatif sih, kalo bisa nyari yg 2.4 aja, kebetulan dulu pernah pelihara crv 2.4 2011 selama 8 tahun, budget segitu kayanya dapet yg 2010-2011. konsumsi bbm beda tipis sm 2.0 tapi tarikannya jauh lebih enak yg 2.4. kalo yg perlu diperhatiin pas beli sekennya :
- kaki2 dan rack steering, biasanya suka kena di 2 bagian itu, apalagi km nya diatas 100rb
- kulit di bagian doortrim ,karena gampang bgt ngelupas
- pastiin owner sebelumnya telaten dan rutin ganti oli maticnya
- mounting dan paking, karena cukup rawan rembes juga , kalo km nya udh diatas 100 rb menurut saya
- ac, karena punya saya dulu pernah mati sendiri ac nya pas ditengah jalan di tahun ke 6
- servis lebih baik di spesialis saja, karena selisihnya lumayan dibanding beres + partnya masih cukup banyak kok menurut saya untuk crv ini dan bengkel spesialis nya juga masih lumayan banyak yg bisa nanganin

kalo soal penyakit ya selama 8 tahun pemakaian dengan odo 125 rb mirip2 lah sm yg bro erwin bilang, yaitu kaki2 dan rack steering , terus rembes, kulit di doortrim udh ngelupas semua, dan ac ga dingin. cuma plusnya ya kalo kondisi sehat, mobil ini cukup fun to drive dan punya handling yg oke kok + tarikan putaran tengah - atasnya juga lumayan ngisi walaupun putaran bawahnya agak kurang

kalo plusnya sih menurut saya ya selama pemakaian:
- desain timeless
- row 2 lega
- storage banyak
- fun to drive
-handling oke
- putaran tengah dan atasnya cukup ngisi
- inteiror quality cukup baik

minusnya:
- biaya perawtan cukup mahal kalo di beres, mending servis di spesialis aja karena selisihnya lumayan banyak dibanding beres + crv ini masih cukup banyak kok spesialisnya yg bisa nanganin
- boros bbm
- minim fitur
- tarikan putaran bawahnya agak kurang
- durability dibagian kaki2 dan rack steeringnya kurang oke
- kualitas audio bawaan kurang baik
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by maastricht889 »

crcsystm wrote: Sat Aug 07, 2021 0:43
erwinign wrote: Fri Aug 06, 2021 16:21
crcsystm wrote: Fri Aug 06, 2021 15:14

Wah, trnyata bisa juga ya biaya susuki lebih mahal dibanding ahond..

Slm ni pake swift rasanya adem di dompet. :big_peace:

Denger2 krn spare part GV yg banyakan impor dr nippong, makanya mahal..

kaki2 surprisingly ga seringkih gv
Masa sih om, kirain FWD secara umum akan lebih ringkih dibanding RWD, khususnya kaki2 depan..

CRV gen 3 emang udh ganteng dr sononya sih..
Susuki itu selaen trim fleet sama yg mesin K series mahal semua om. Saya pake ertiga dr 2014 itu berasa banget murahnya, tp liat cerita2 disini yg pake karimun lama, SX4 yg partnya msh jepang semua sih mahal tp kualitas terjamin yg mesin.

Om kebutuhannya mau gimana dulu? Kalo mau belajar ragat, rawat dan siap duit sih oke lah crv 2.0. Ini mobil enak, saya msh pake yg 2.4 2011. Row 2nya bener2 lega, yg bs ngunggulin cm almaz, innova lama, sama palisade kelegaannya. Cuma kl mulai kena part body ato part printilan aneh2 sih udh lah, saya dah capek ngerawat crv. Krn gen 3 ini life cyclenya udah berhenti dr 2012 = part body mulai susah, part slow moving mulai susah kaya engine mounting ori sekalipun (kejadian jg di civic FD seangkatan, saya br aja diceritain bengkel langganan itu inden eng mounting civic FD ori 4 biji aja 2 bulan). Eng mounting crv saya udah kena dikit, sayapun males inden krn barangnya satu kota saya susah, krn barang major saya kudu ori, kl KW meragukan grade material part kaya begitu. Buat saya harga mahal ndak papa, penting barang ada atau sejelek2nya inden 2 minggu. Lha ini udah mahal, barang gak ada dan harus inden gak jelas kapan datengnya. Skrg kena di switch pedal rem yang mulai ngadat, jadi kl kaki lepas pedal rem itu lampu rem msh nyala terus (common di honda kaya freed jg begitu), barangnya sy indenin tp pasrah aja penting bengkel kabarin kl udh dateng krn mobil msh bisa dipakai.

Walaupun kl crv itu di sektor mesin itu penyakit mesin dan rawatannya msh banyak bengkel yg bs nangani om. Kl 2.0 sama 2.4 selaen mesin ya bedanya di power steering om, 2.0 udah EPS; 2.4 HPS walaupun long term steer rack dua tipe itu bkl sama2 kena jg maklum FWD. Penyakit crv ya paling pada males stel klep, paking degsel-paking kruk as belakang-vtec-sama paking satu lagi yg langganan rembes, kaki2 yg pada males ganti krn mahal, cv joint kering. Mgkn kl 2.0 hati2 sama businya om, sering pd hajar bengsin busuk itu businya yg iridium kesiksa pasti. Honda buat saya batas aman itu pake yg kelas2 1500cc NA ke bawah kaya jazz, mobilio, brio krn partnya banyak ready.

Tapi kl om mau peace of mind sih saya merem innova bengsin matic, saya msh pake innova bengsin manual dr 2010 ya enak2 aja sih. Mau berasa boros pun yaudh buat saya, krn ini mobil bener2 kuat, terhitung nyaman dan handal. Buat jalan santai cruising sih enak innova, apalg V Bensin. Di luar mesin 1TR yg boros itu biaya maintenancenya terhitung murah dan simpel om, pol2an penyakit mesin 1TR bensin itu koil yg tau2 koit (cap denso harga 600an/pc, ori toyota yg mungkin jg denso 1,2jt/pc tgl kali 4 aja), ganti busi (murah), sama paking2 bawah itu saya lupa namanya apa yg rembes krn umur. Paling sama ganti filter bengsin+bersih2 tangki bengsin (cek dulu). Kl seken sdh berumur saya tetep merem cap toyota sih om mau gimanapun. Dan kl innova bensin krn mesin lama ya gampang ketebak problemnya terus gampang ngerti seluk beluk penyebabnya. Part2 30th lg jg masih ada yg jualan apalg slow moving, krn di tokped jg bertebaran itu orang jual part2 innova kl sampe mentok ndak dapet. Rapih2 innova kaya ganti fluida dan servis-tuneup, sokbreker kl dah mati, kuras oli matic, kuras oli gardan, oli 5w30 bagusan semahal2nya 8jt beres om, udh enak dipakenya

View saya begitu sih om dr pengalaman sy juga yg msh pake ertiga matic, crv 2.4 sama innova bengsin lama. Pastiin pas lihat unit cari yg record servis lengkap, buku2 lengkap aja biar keaslian odo terjamin dan kl bs dr user lsg yg kenal

Ini keren sih penjelasannya, holistik bgt..

Thanx om..

CRV 2.0 tetap adalah pilihan yg menarik: gagah, nyaman, lega & cukup irit (dibanding sekelasnya). Tapi sepertinya memang sy lebih condong ke inopa om, lebih ke maintenance sih alasannya (waktu & biaya). Plus reliability yg OK..

Soal kenyamanan, bagi (maaf) pantat sy yg kaleng ini, udh lebih dr cukup sih. Pasti berasa upgradenya dibanding avanza & swift..

Skali lg thanx om utk sharingnya yg luar biasa..
Domisili di mana om kl boleh tau? Sapa tau bs prediksi kira2 gimana karakteristik persekenan di kota om
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Tepatkah Innova V 2.0 AT 2011-2012 utk saya?

Post by black2345 »

Pernah piara ipah 2011 V a/t 2.0 beberapa tahun, so far ini mobil nyaman & bandel banget ni mobil..

Tapi dari swift terus pindah ipah bensin metic kudu jangan kaget untuk konsumsi bahan bakarnya ya. Sebagai gambaran daily car saya dulu ertiga manual 2012, isi 300rb pertalite bisa dipakai 2 minggu lebih dari rumah - kantor - main - rumah, rute stop & go khas surabaya. Pakai ipah cuman bertahan semingguan, itupun ngegasnya kudu pelan banget, kalau langsung injek dalem dijamin bakal lebih boros lagi konsumsi bahan bakarnya.

Selain konsumsi bahan bakar, yg kudu siap mental adalah soal akselerasi. Pakai ipah kalau mau salip kendaraan di rute luar kota non tol harus pakai ancang-ancang dulu, kalau nggak maka itu knalpot cuman nggereng aja tapi mobilnya nggak maju :big_peace:

Kalau sy jadi om sih akan masukin ertiga diesel sebagai pertimbangan ya, meskipun sama-sama ertiga, tp feel nyeterinya beda dibanding yg bensin punya, apalagi tarikannya joss banget dan konsumsi bahan bakar yg super irit sebagai bonusnya