[NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

volcanoman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55

[NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by volcanoman »

Dear Mimin, Momod, Suhu, Master, Brother, Sister, & silent reader semua

Sebelumnya perkenalkan nubi merupakan member SM sejak 2015, namun lebih sering memantau Thread para master alias menjadi silent reader saja dikarenakan nubi seorang yang pemalu

Kali ini ijinkan nubi untuk bertanya mengenai mobil apa yang paling cocok untuk nubi miliki, dengan budget kurang lebih 100 juta rupiah. Mobil tersebut paling sering akan digunakan untuk pp 150km tiap weekend dan sesekali saat weekdays, mengangkut keluarga kecil (Istri & 1 anak bayi). Untuk sehari-hari berangkat ke kantor terbiasa naik jemputan, kecuali saat sedang hujan.

Mobil yang diinginkan diharapkan memiliki kriteria:

1. Non LCGC
2. Konsumsi bahan bakar relatif irit, atau paling tidak tak boros.
3. Mesin badak & perawatan mudah
4. Transmisi automatic

Sebagai informasi tambahan sebelumnya sudah menggunakan Suzuki Ignis GX M/T 2017 dan cukup puas dengan performa dan perawatannya. Mobil tersebut pernah digunakan untuk perjalanan dari ujung barat hingga ujung timur pulau jawa dengan kondisi full load, berlari 140km/h - 150km/h masih terasa nyaman dan BBM cukup irit untuk nubi

Beberapa kandidat yang terpikirkan diantaranya:
1. Suzuki SX4
2. Mitsubishi Mirage
3. Daihatsu Sirion
4. Nissan March

Untuk 7 seaternya:
1. Suzuki Ertiga
2. Nissan Grand Livina

Atas saran dan masukannya, nubi ucapkan terima kasih banyak
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by qushay20019 »

Krn udah pernah pake S kotak & cukup puas, maka ane saranin SX4 aja. Kalo ertiga sebenernya pengen nyaranin berhubung dgn adanya bayi lebih nyaman pake 3 baris buat bawa perlengkapan lenong si bocah.
Masalahnya, ertiga matic dgn budget cepek takutnya dapet yg udah capek/ ketuaan. Tapi cari aja sih, siapa tau ada rejeki.
masjaki
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Mar 22, 2021 5:30
Location: Bogor
Daily Vehicle: Angkot 05 A

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by masjaki »

Sharing pengalaman habis angkutmobil bekas di kisaran harga segitu. Kalau ngeliat kandidatnya berarti ngincer hatchback. Gak tertarik buat ambil Yaris om? Kebetulan saya baru aja ngadopsi saudara kembarnya, jadi kemungkinan bisa jadi gambaran.Maret lalu baru ngangkut Vios G AT 2010 (awas jangan ketuker sama Limo hehehe). Deal unit di 91 jt. Beresin PR habis 7,5 jt perincian sbb:
- Ganti parts (sesuai catatan setelah check up di beres): 2.265.000 (motor fan, packing tutup klep, bearing roda belakang, boot as luar dalam)
- Ganti ban 4 biji Hankook Kinergy Eco 2 185/60 r 15 + spooring: 2.880.000 (ada yg lebih murah lagi, maklum blm pengalaman keliling toko ban)
- Ganti oli mesin (Fastron) dan kuras matic: 1.575.000
- Salon interior biar kerasa mobil baru: 500.000

So far gak ada kendala setelah PR selesai. Karena seumur-umur cuma pengalaman bawa Terios AT 2013 punya ortu jadi ya bawa Vios ngerasa lebih lincah dan irit aja. Konsumsi BBM sejauh ini dalam kota 1:11, tol bisa 1:18, selalu pakai Pertamax. Pajak 2,5 juta/tahun.

Kenapa pilih Vios? karena sebagai yang masih awam ngerawat mobil perlu yg jelas-jelas aja sih kalo ada apa-apa hehehe. Selain itu juga mesin dan kaki-kaki terkenal badak. Saya beruntung dapet unit yang rapih dan rutin perawatan jadi list PR gak terlalu banyak (kecuali ban itu sih). Liat dari nota-nota servis pemilik sebelumnya aliran Beres. Tapi karena nota itu juga bisa liat biaya jasa di Beres yang bikin geleng-geleng kepala. Jadi utk selanjutnya memutuskan servis di bengkel umum dan spesialis aja.

PR-nya sih sejauh ini satu: sering dikira taksi karena warnanya mirip sama burung biru :big_biglaugh:

Terima kasih.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by maastricht889 »

Krn udah alumni S ya ertiga GX AT 2013an ato 2014 sapa tau dapet om walaupun dg budget segitu agak berat cr yg kondisi sesuai harapan. Yg penting hati2 di gearbox ATnya, krn banyak bengkel sampe kaya beres susuki pun asal tuang oli ATF salah spek (Spek AW1 tapi dituang ATF 3317). Kl bisa cr yang serv record lengkap juga, krn saya lihat banyak susuki tua2 yang masih loyal servis ke bengkel resmi kaya saya.

Saya kebetulan msh pake ertiga GX matic 14 dr baru, selama ini yg pernah perbaikan agak besar ya cm eng mounting RH, kuras oli matic spek bener, ganti sokbreker depan ori monroe susuki. Sejauh itu servis rutin, pake oli bagusan dan tuneup. Lukot pake pertamax/shell super paling boros 1:14, kl normal range avgnya 1:15,5-1:17; Rekor teririt jakarta-bandung dan sebaliknya lewat elevated 1:22. Dalem kota biasa aja sih, 1:8-10 kaya di bandung/semarang. Tp angka2 ini relatif tergantung kesehatan mobil sama kakinya.

Kl pernah naik ignis jangan kaget sama tarikannya ertiga ya om, ga bs se-enteng ignis kl di tol. Saya nyetir 140 udah mulai berat tarikannya, sedangkan bbrp kali di transjawa saya pernah liat ignis kenceng banget, mgkn lari 160an lebih. Livina juga sama lebih stabil dr ertiga, 140 pake mobil ini bener2 enteng (sblm ertiga saya pake levina 1.5 XV manual 2007 pake sampe 2012)

Alternatif lain ya levina, tapi sapa tau dapet yg Xgear 1.8 matic om, ini yahud huddddddddd tarikannya. Sy ngobrol sama bengkel langganan, penyakitnya di koil yg sering koit di luar kaki2 ya. Skrg nisan udah banyak yg bs nanganin om, begitu pun susuki.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by suketcell »

+1 untuk ertiga
100 jutaan bisa dapet minimal 2012...
User avatar
Dummy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
Location: Bandungan

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Dummy »

+1 lagi untuk ertiga, udah paling pas ini mobil. Irit, lega dan perawatan ga nyusahin.

Dan itu nulis sirion apa nggak kekerasan ?
Pernah punya sirion tapi kerasnya naudzubillah itu mobil masa sama yaris masi empukan yaris, apa unit yg saya dapet yg kaga waras yak [emoji854]
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by MSU »

erwinign wrote: Mon Aug 23, 2021 10:06 Krn udah alumni S ya ertiga GX AT 2013an ato 2014 sapa tau dapet om walaupun dg budget segitu agak berat cr yg kondisi sesuai harapan. Yg penting hati2 di gearbox ATnya, krn banyak bengkel sampe kaya beres susuki pun asal tuang oli ATF salah spek (Spek AW1 tapi dituang ATF 3317). Kl bisa cr yang serv record lengkap juga, krn saya lihat banyak susuki tua2 yang masih loyal servis ke bengkel resmi kaya saya.

Saya kebetulan msh pake ertiga GX matic 14 dr baru, selama ini yg pernah perbaikan agak besar ya cm eng mounting RH, kuras oli matic spek bener, ganti sokbreker depan ori monroe susuki. Sejauh itu servis rutin, pake oli bagusan dan tuneup. Lukot pake pertamax/shell super paling boros 1:14, kl normal range avgnya 1:15,5-1:17; Rekor teririt jakarta-bandung dan sebaliknya lewat elevated 1:22. Dalem kota biasa aja sih, 1:8-10 kaya di bandung/semarang. Tp angka2 ini relatif tergantung kesehatan mobil sama kakinya.

Kl pernah naik ignis jangan kaget sama tarikannya ertiga ya om, ga bs se-enteng ignis kl di tol. Saya nyetir 140 udah mulai berat tarikannya, sedangkan bbrp kali di transjawa saya pernah liat ignis kenceng banget, mgkn lari 160an lebih. Livina juga sama lebih stabil dr ertiga, 140 pake mobil ini bener2 enteng (sblm ertiga saya pake levina 1.5 XV manual 2007 pake sampe 2012)

Alternatif lain ya levina, tapi sapa tau dapet yg Xgear 1.8 matic om, ini yahud huddddddddd tarikannya. Sy ngobrol sama bengkel langganan, penyakitnya di koil yg sering koit di luar kaki2 ya. Skrg nisan udah banyak yg bs nanganin om, begitu pun susuki.
Wah lha bahaya amat kl beli ertiga bekas....
Jd mirip jaman jazz idsi dulu..
Itu matiknya lsg rusak kl salah isi om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Pboyz97 »

saya vote ertiga. karena paling sesuai kriteria, walaupun tarikannya ga seenak ignis. kalo yg 5 seater, saya vote sirion atau sx4
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by maastricht889 »

MSU wrote: Mon Aug 23, 2021 12:37
erwinign wrote: Mon Aug 23, 2021 10:06 Krn udah alumni S ya ertiga GX AT 2013an ato 2014 sapa tau dapet om walaupun dg budget segitu agak berat cr yg kondisi sesuai harapan. Yg penting hati2 di gearbox ATnya, krn banyak bengkel sampe kaya beres susuki pun asal tuang oli ATF salah spek (Spek AW1 tapi dituang ATF 3317). Kl bisa cr yang serv record lengkap juga, krn saya lihat banyak susuki tua2 yang masih loyal servis ke bengkel resmi kaya saya.

Saya kebetulan msh pake ertiga GX matic 14 dr baru, selama ini yg pernah perbaikan agak besar ya cm eng mounting RH, kuras oli matic spek bener, ganti sokbreker depan ori monroe susuki. Sejauh itu servis rutin, pake oli bagusan dan tuneup. Lukot pake pertamax/shell super paling boros 1:14, kl normal range avgnya 1:15,5-1:17; Rekor teririt jakarta-bandung dan sebaliknya lewat elevated 1:22. Dalem kota biasa aja sih, 1:8-10 kaya di bandung/semarang. Tp angka2 ini relatif tergantung kesehatan mobil sama kakinya.

Kl pernah naik ignis jangan kaget sama tarikannya ertiga ya om, ga bs se-enteng ignis kl di tol. Saya nyetir 140 udah mulai berat tarikannya, sedangkan bbrp kali di transjawa saya pernah liat ignis kenceng banget, mgkn lari 160an lebih. Livina juga sama lebih stabil dr ertiga, 140 pake mobil ini bener2 enteng (sblm ertiga saya pake levina 1.5 XV manual 2007 pake sampe 2012)

Alternatif lain ya levina, tapi sapa tau dapet yg Xgear 1.8 matic om, ini yahud huddddddddd tarikannya. Sy ngobrol sama bengkel langganan, penyakitnya di koil yg sering koit di luar kaki2 ya. Skrg nisan udah banyak yg bs nanganin om, begitu pun susuki.
Wah lha bahaya amat kl beli ertiga bekas....
Jd mirip jaman jazz idsi dulu..
Itu matiknya lsg rusak kl salah isi om?
Saya kurang tau om bs jebolnya stl berapa lama om.

Dr yg saya alamin sih masi bisa jalan om, cuma suara dr gearbox itu jd kasar dan boyo banget. Wkt masuk gigi 4 pun itu dengung banget gearboxnya, pas mundur di tanjakan pun itu suara gearboxnya kasar kletek2. Ertiga aja udh keitung boyo, ditambah oli ATFnya ga beres ya wasalam tarikannya. Untung saya ubek2 SM sini dan ngeh kl oli transmisinya salah spek.

Saya ngalamin 2th jalan 20rb dg kondisi spt itu, pdhl yg diganti cm di karter ATFnya. Akhirnya saya flush di beres susuki pake Q8 auto JK pas 2018, abis itu lancar jaya tarikan enak banget dan dengung2nya ilang semua. Wkt ganti pun saya nanya sama mandor teknisinya, dia bilang kl ertiga "biasanya" penting dexron 3 speknya, ngawur lagi ini masa disamain kaya spek matic avansa. Padahal dari dulu itu jelas banget susuki punya ATF AW1nya, dan skrg yg ecstar ada yg AW1. Soal oli transmisi ini juga berlaku di toyota2 CVT, SX4 scross, swift K14B, xpender krn speknya CVTF/ATF mobil2 itu ga umum om. Beberapa kali saya ngegep sienta CVT yg speknya antara CVT TC ato FE diisi ATF WS.

Makanya service record di sini penting sih walaupun ada zonknya kl ketauan 3317 dimasukinnya. Saya ada temen yg begitu juga om, ertiga GL matic 14. Th ke 5 dijual krn jebol ATnya, mgkn krn asal gelinding, nyetirnya ngasal juga ATFnya salah itu. Di video yutub yg cari2 mobil bekas itu pun jg pernah nemuin ertiga matic ya ketauan service recordnya ada overhaul transmisi.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by michaelgiri93 »

Saya user mirage 2014 m/t dan 2018 cvt
Kalo naikan sih so so hatchback ya
Empuk
Peredaman kolongnya sedih
Tapi bandel ni mobil, sejauh saya pake hampir gak ada pr
Bbmnya ngirit banget
Yg cvt dalkot surakarta antara 1:12-1:14 kalo gak main bejek aja nyetirnya

Tapi kalo saya vote ertiga
Meski mungkin agak mepet budget ya
Dibanding livina kayaknya lebih bandel ertiga sih

Kalo enggak coba cek unit ertiga+livina aja om
Cari yang lebih sehat mana itu yg d angkut
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
volcanoman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by volcanoman »

qushay20019 wrote: Mon Aug 23, 2021 9:17 Krn udah pernah pake S kotak & cukup puas, maka ane saranin SX4 aja. Kalo ertiga sebenernya pengen nyaranin berhubung dgn adanya bayi lebih nyaman pake 3 baris buat bawa perlengkapan lenong si bocah.
Masalahnya, ertiga matic dgn budget cepek takutnya dapet yg udah capek/ ketuaan. Tapi cari aja sih, siapa tau ada rejeki.
noted om, masih cari2 unit sx4 yang cocok dan lagi pertimbangin ambil ertiga yang manual juga.

masjaki wrote: Mon Aug 23, 2021 9:59 Sharing pengalaman habis angkutmobil bekas di kisaran harga segitu. Kalau ngeliat kandidatnya berarti ngincer hatchback. Gak tertarik buat ambil Yaris om? Kebetulan saya baru aja ngadopsi saudara kembarnya, jadi kemungkinan bisa jadi gambaran.Maret lalu baru ngangkut Vios G AT 2010 (awas jangan ketuker sama Limo hehehe). Deal unit di 91 jt. Beresin PR habis 7,5 jt perincian sbb:
- Ganti parts (sesuai catatan setelah check up di beres): 2.265.000 (motor fan, packing tutup klep, bearing roda belakang, boot as luar dalam)
- Ganti ban 4 biji Hankook Kinergy Eco 2 185/60 r 15 + spooring: 2.880.000 (ada yg lebih murah lagi, maklum blm pengalaman keliling toko ban)
- Ganti oli mesin (Fastron) dan kuras matic: 1.575.000
- Salon interior biar kerasa mobil baru: 500.000

So far gak ada kendala setelah PR selesai. Karena seumur-umur cuma pengalaman bawa Terios AT 2013 punya ortu jadi ya bawa Vios ngerasa lebih lincah dan irit aja. Konsumsi BBM sejauh ini dalam kota 1:11, tol bisa 1:18, selalu pakai Pertamax. Pajak 2,5 juta/tahun.

Kenapa pilih Vios? karena sebagai yang masih awam ngerawat mobil perlu yg jelas-jelas aja sih kalo ada apa-apa hehehe. Selain itu juga mesin dan kaki-kaki terkenal badak. Saya beruntung dapet unit yang rapih dan rutin perawatan jadi list PR gak terlalu banyak (kecuali ban itu sih). Liat dari nota-nota servis pemilik sebelumnya aliran Beres. Tapi karena nota itu juga bisa liat biaya jasa di Beres yang bikin geleng-geleng kepala. Jadi utk selanjutnya memutuskan servis di bengkel umum dan spesialis aja.

PR-nya sih sejauh ini satu: sering dikira taksi karena warnanya mirip sama burung biru :big_biglaugh:

Terima kasih.
cukup tertarik sih dengan yaris, dulu pas kuliah juga pernah nyambi jadi supir rental bawanya yaris manual, cukup nyaman dan irit bbm, tp begitu nengok bagasi rasanya cukup sempit bagasi untuk bawa perlengkapan lenong.
menarik juga ya vios, pajaknya berapa om?

erwinign wrote: Mon Aug 23, 2021 10:06 Krn udah alumni S ya ertiga GX AT 2013an ato 2014 sapa tau dapet om walaupun dg budget segitu agak berat cr yg kondisi sesuai harapan. Yg penting hati2 di gearbox ATnya, krn banyak bengkel sampe kaya beres susuki pun asal tuang oli ATF salah spek (Spek AW1 tapi dituang ATF 3317). Kl bisa cr yang serv record lengkap juga, krn saya lihat banyak susuki tua2 yang masih loyal servis ke bengkel resmi kaya saya.

Saya kebetulan msh pake ertiga GX matic 14 dr baru, selama ini yg pernah perbaikan agak besar ya cm eng mounting RH, kuras oli matic spek bener, ganti sokbreker depan ori monroe susuki. Sejauh itu servis rutin, pake oli bagusan dan tuneup. Lukot pake pertamax/shell super paling boros 1:14, kl normal range avgnya 1:15,5-1:17; Rekor teririt jakarta-bandung dan sebaliknya lewat elevated 1:22. Dalem kota biasa aja sih, 1:8-10 kaya di bandung/semarang. Tp angka2 ini relatif tergantung kesehatan mobil sama kakinya.

Kl pernah naik ignis jangan kaget sama tarikannya ertiga ya om, ga bs se-enteng ignis kl di tol. Saya nyetir 140 udah mulai berat tarikannya, sedangkan bbrp kali di transjawa saya pernah liat ignis kenceng banget, mgkn lari 160an lebih. Livina juga sama lebih stabil dr ertiga, 140 pake mobil ini bener2 enteng (sblm ertiga saya pake levina 1.5 XV manual 2007 pake sampe 2012)

Alternatif lain ya levina, tapi sapa tau dapet yg Xgear 1.8 matic om, ini yahud huddddddddd tarikannya. Sy ngobrol sama bengkel langganan, penyakitnya di koil yg sering koit di luar kaki2 ya. Skrg nisan udah banyak yg bs nanganin om, begitu pun susuki.

alumni sejak lama om, ortu pernah pake carry 1.5 dari 2001 - 2017 sangat puas, seinget saya cuma pernah ganti rotax doang untuk slow movingnya, lainnya untuk fast moving normal, AC masih dingin walau kayaknya ga pernah servis rutin.

anyway ngeri juga ya kalo sampai salah oli AT, saya ga pernah punya pengalaman pelihara mobil matic om :big_dunno:

kalo ambil bekas beda harga sampe 10 juta antara GX & GL untuk tahun yang sama dan kilometer ga terpaut jauh kira2 worthy gak ya om?

suketcell wrote: Mon Aug 23, 2021 10:26 +1 untuk ertiga
100 jutaan bisa dapet minimal 2012...

noted om, jadi semakin yakin untuk mempertimbangkan ertiga juga :big_okay:

Dummy wrote: Mon Aug 23, 2021 11:44 +1 lagi untuk ertiga, udah paling pas ini mobil. Irit, lega dan perawatan ga nyusahin.

Dan itu nulis sirion apa nggak kekerasan ?
Pernah punya sirion tapi kerasnya naudzubillah itu mobil masa sama yaris masi empukan yaris, apa unit yg saya dapet yg kaga waras yak [emoji854]


jujur milih sirion cuma karena masuk di budget aja om :mky_01: dan juga tampilannya lumayan lah, ga bosen juga karena presensinya di jalan ga sebanyak hatchback lainnya.
Pboyz97 wrote: Mon Aug 23, 2021 12:37 saya vote ertiga. karena paling sesuai kriteria, walaupun tarikannya ga seenak ignis. kalo yg 5 seater, saya vote sirion atau sx4

noted om, makasih untuk votingnya. saya akan sedikit maklum untuk tarikannya om.
michaelgiri93 wrote: Thu Aug 26, 2021 2:27 Saya user mirage 2014 m/t dan 2018 cvt
Kalo naikan sih so so hatchback ya
Empuk
Peredaman kolongnya sedih
Tapi bandel ni mobil, sejauh saya pake hampir gak ada pr
Bbmnya ngirit banget
Yg cvt dalkot surakarta antara 1:12-1:14 kalo gak main bejek aja nyetirnya

Tapi kalo saya vote ertiga
Meski mungkin agak mepet budget ya
Dibanding livina kayaknya lebih bandel ertiga sih

Kalo enggak coba cek unit ertiga+livina aja om
Cari yang lebih sehat mana itu yg d angkut

wah saya pikir mirage iritnya akan mirip2 kayak ignis yang bisa 1:20 (mid) kalo dibawa santai.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Pboyz97 »

volcanoman wrote: Sun Sep 12, 2021 4:32

alumni sejak lama om, ortu pernah pake carry 1.5 dari 2001 - 2017 sangat puas, seinget saya cuma pernah ganti rotax doang untuk slow movingnya, lainnya untuk fast moving normal, AC masih dingin walau kayaknya ga pernah servis rutin.

anyway ngeri juga ya kalo sampai salah oli AT, saya ga pernah punya pengalaman pelihara mobil matic om :big_dunno:

kalo ambil bekas beda harga sampe 10 juta antara GX & GL untuk tahun yang sama dan kilometer ga terpaut jauh kira2 worthy gak ya om?


saya bantu jawab ya. kalo kondisinya sama sama sehat, saya lebih prefer GX, karena fiturnya lebih lengkap dibanding GL
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by maastricht889 »

volcanoman wrote: Sun Sep 12, 2021 4:32
erwinign wrote: Mon Aug 23, 2021 10:06 Krn udah alumni S ya ertiga GX AT 2013an ato 2014 sapa tau dapet om walaupun dg budget segitu agak berat cr yg kondisi sesuai harapan. Yg penting hati2 di gearbox ATnya, krn banyak bengkel sampe kaya beres susuki pun asal tuang oli ATF salah spek (Spek AW1 tapi dituang ATF 3317). Kl bisa cr yang serv record lengkap juga, krn saya lihat banyak susuki tua2 yang masih loyal servis ke bengkel resmi kaya saya.

Saya kebetulan msh pake ertiga GX matic 14 dr baru, selama ini yg pernah perbaikan agak besar ya cm eng mounting RH, kuras oli matic spek bener, ganti sokbreker depan ori monroe susuki. Sejauh itu servis rutin, pake oli bagusan dan tuneup. Lukot pake pertamax/shell super paling boros 1:14, kl normal range avgnya 1:15,5-1:17; Rekor teririt jakarta-bandung dan sebaliknya lewat elevated 1:22. Dalem kota biasa aja sih, 1:8-10 kaya di bandung/semarang. Tp angka2 ini relatif tergantung kesehatan mobil sama kakinya.

Kl pernah naik ignis jangan kaget sama tarikannya ertiga ya om, ga bs se-enteng ignis kl di tol. Saya nyetir 140 udah mulai berat tarikannya, sedangkan bbrp kali di transjawa saya pernah liat ignis kenceng banget, mgkn lari 160an lebih. Livina juga sama lebih stabil dr ertiga, 140 pake mobil ini bener2 enteng (sblm ertiga saya pake levina 1.5 XV manual 2007 pake sampe 2012)

Alternatif lain ya levina, tapi sapa tau dapet yg Xgear 1.8 matic om, ini yahud huddddddddd tarikannya. Sy ngobrol sama bengkel langganan, penyakitnya di koil yg sering koit di luar kaki2 ya. Skrg nisan udah banyak yg bs nanganin om, begitu pun susuki.

alumni sejak lama om, ortu pernah pake carry 1.5 dari 2001 - 2017 sangat puas, seinget saya cuma pernah ganti rotax doang untuk slow movingnya, lainnya untuk fast moving normal, AC masih dingin walau kayaknya ga pernah servis rutin.

anyway ngeri juga ya kalo sampai salah oli AT, saya ga pernah punya pengalaman pelihara mobil matic om :big_dunno:

kalo ambil bekas beda harga sampe 10 juta antara GX & GL untuk tahun yang sama dan kilometer ga terpaut jauh kira2 worthy gak ya om?
Saya merem GX om, ABS-EBD sama dual airbag itu bener2 penting sih. Selain itu di GL kursi drivernya belum ada height adjusternya, jd kl nyetir agak ambles om posisi fix kursinya GL tuh.

Selain itu, GL juga ga ada spakbor dalem roda sama peredam firewall yg di dinding mesin ke interior sama peredam kap mesin ngga ada. Terus GL speaker masih 4 biji, GX pre fl itu udah ada tweeternya jadi lebih enak output suaranya. Ertiga ini kl GX speakernya salah satu yg bagus om bawaannya.

Ertiga ini saratnya kasih oli yang bagus, oli matic spek tepat, ban sejenis turanza ato falken sincera aja udah enak banget om tarikannya
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by r1409 »

denger2 ertiga penyakitnya di steering rack nya yah? banyak ga sih yg kena? kok org bengkel bilang ini penyakit ertiga, banyak yg kena di steering rack dan nggantinya 18jt...
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by maastricht889 »

r1409 wrote: Sun Sep 12, 2021 9:08 denger2 ertiga penyakitnya di steering rack nya yah? banyak ga sih yg kena? kok org bengkel bilang ini penyakit ertiga, banyak yg kena di steering rack dan nggantinya 18jt...
Iya om, susuki FWD banyak yg kena di steer rack tp dapet klaim garansi wkt 3th pertama itu. Kl ertiga saya unit yg cukup beruntung krn dr baru sampe hari ini (7th pake) ngga ada masalah di steer rack.

Selain itu jg soal sokbreker, itu kl di bengkel ada caranya sendiri wkt angkat di lift. Krn sokbreker bawaannya gas, jadi kl sering posisi ngegantung di lift cepet mati om (ini saya ga tau penjelasan persisnya gmn)
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Pugman »

volcanoman wrote: Mon Aug 23, 2021 8:50 Dear Mimin, Momod, Suhu, Master, Brother, Sister, & silent reader semua

Sebelumnya perkenalkan nubi merupakan member SM sejak 2015, namun lebih sering memantau Thread para master alias menjadi silent reader saja dikarenakan nubi seorang yang pemalu

Kali ini ijinkan nubi untuk bertanya mengenai mobil apa yang paling cocok untuk nubi miliki, dengan budget kurang lebih 100 juta rupiah. Mobil tersebut paling sering akan digunakan untuk pp 150km tiap weekend dan sesekali saat weekdays, mengangkut keluarga kecil (Istri & 1 anak bayi). Untuk sehari-hari berangkat ke kantor terbiasa naik jemputan, kecuali saat sedang hujan.

Mobil yang diinginkan diharapkan memiliki kriteria:

1. Non LCGC
2. Konsumsi bahan bakar relatif irit, atau paling tidak tak boros.
3. Mesin badak & perawatan mudah
4. Transmisi automatic

Sebagai informasi tambahan sebelumnya sudah menggunakan Suzuki Ignis GX M/T 2017 dan cukup puas dengan performa dan perawatannya. Mobil tersebut pernah digunakan untuk perjalanan dari ujung barat hingga ujung timur pulau jawa dengan kondisi full load, berlari 140km/h - 150km/h masih terasa nyaman dan BBM cukup irit untuk nubi

Beberapa kandidat yang terpikirkan diantaranya:
1. Suzuki SX4
2. Mitsubishi Mirage
3. Daihatsu Sirion
4. Nissan March

Untuk 7 seaternya:
1. Suzuki Ertiga
2. Nissan Grand Livina

Atas saran dan masukannya, nubi ucapkan terima kasih banyak
Sayangnya pilihan city car atau Hatchback tidak lebih nyaman dari Ignis buat saya, SX4 itu menang lega tapi nyamannya beda tipis.

Untuk 7 seater saya vote Ertiga kalau pilih matic dan vote Livina kalau pilih manual.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by whitehorse4 »

Mantan user sx4 cbu, mobilnya termasuk enak kok harga segitu
Tahun ke2 extra fan tiba2 mati
Minusnya baris 2 sangat tegak jadi ga nyaman buat jalan jauh dan beberapa parts mahal karena jepun punya (jangan bandingin dg hrg parts mobil suzuki niaga)

Oh iya versi maticnya cukup lemot, custom header + exhaust lumayan sedikit ngebantu tarikan bawah


ertiga, grand livina cuma pernah nyetir. Rasanya mendingan ertiga karena gl dalemnya sempit dan kalau ngincar matic ketemu tanjakan anda wajib ekstra sabar pakai grand livina 1.5 cvt
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by maastricht889 »

whitehorse4 wrote: Thu Sep 16, 2021 15:58 Mantan user sx4 cbu, mobilnya termasuk enak kok harga segitu
Tahun ke2 extra fan tiba2 mati
Minusnya baris 2 sangat tegak jadi ga nyaman buat jalan jauh dan beberapa parts mahal karena jepun punya (jangan bandingin dg hrg parts mobil suzuki niaga)

Oh iya versi maticnya cukup lemot, custom header + exhaust lumayan sedikit ngebantu tarikan bawah


ertiga, grand livina cuma pernah nyetir. Rasanya mendingan ertiga karena gl dalemnya sempit dan kalau ngincar matic ketemu tanjakan anda wajib ekstra sabar pakai grand livina 1.5 cvt
Saya sama levina CVT itu suka herannya kl lewat sliwer gitu ini levina mesti ngeluarin bunyi kaya fanbelt seret berdecit ya om. Entah itu wajar/"bunyi operasional" kalo kata SA" bengkel resmi umumnya ato emang gimana saya ga tau juga. Risih ada bunyi gituan :big_biglaugh:
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by whitehorse4 »

erwinign wrote: Thu Sep 16, 2021 16:04
whitehorse4 wrote: Thu Sep 16, 2021 15:58 Mantan user sx4 cbu, mobilnya termasuk enak kok harga segitu
Tahun ke2 extra fan tiba2 mati
Minusnya baris 2 sangat tegak jadi ga nyaman buat jalan jauh dan beberapa parts mahal karena jepun punya (jangan bandingin dg hrg parts mobil suzuki niaga)

Oh iya versi maticnya cukup lemot, custom header + exhaust lumayan sedikit ngebantu tarikan bawah


ertiga, grand livina cuma pernah nyetir. Rasanya mendingan ertiga karena gl dalemnya sempit dan kalau ngincar matic ketemu tanjakan anda wajib ekstra sabar pakai grand livina 1.5 cvt
Saya sama levina CVT itu suka herannya kl lewat sliwer gitu ini levina mesti ngeluarin bunyi kaya fanbelt seret berdecit ya om. Entah itu wajar/"bunyi operasional" kalo kata SA" bengkel resmi umumnya ato emang gimana saya ga tau juga. Risih ada bunyi gituan :big_biglaugh:
bunyi operasional :big_biglaugh:
Yah namanya juga jatco om
Padahal mubil enak buat ngetol yg manual full load lari 160 masih anteng
User avatar
Xclub
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Feb 04, 2016 7:08

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Xclub »

Maaf om membangunkan postingan lama, kalau boleh tau apa alasan om mau jual Ignis nya dan ganti ke sirion / march / mirage dll ?

Saya pribadi pengguna livina xv 2015 m/t sempat kepikiran mau dijual dan ganti ignis gx, takutnya saya malah nyesal om hehe
svaerd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Jun 18, 2019 7:10

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by svaerd »

NGL itu blowernya belah mana sih, pernah sekali naik, dapetnya monitor diplafon
vic9090
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Jan 08, 2017 12:08
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by vic9090 »

Nah kebetulan nemu trit ini hehe

Kl saya lagi nimbang:
(1) jazz vtec matic, jayanya cm dpt 2009
(2) yaris bakpao matic, mungkin bs dpt 2010
(3) ford fiesta trendy 1.4 matic, budget segitu bs dpt 2013
(4) Sirion fl matic 2015, cuma menang bemper baru aja dibanding Sirion saya dl yg tahun 2912, tp asli ini mobil keras banget
(5) Grand Avega, bs dpt 2013/2014

Syarat utama matic, dan ada airbag sih demi keamanan
Lalu postur saya besar nih hehe, 180 cm 95kg

Saat ini jujur cenderung ke fiesta / avega krn dpt tahun muda, dan kayanya kabin ckp luas
(Catatan: soal postur badan, kl nyetir mobilio 2016 ortu jok full ke belakang, rasanya msh butuh mundur 5-10cm lagi wkwk)

Ada sarankah?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by Pboyz97 »

vic9090 wrote: Sun Jan 02, 2022 18:03 Nah kebetulan nemu trit ini hehe

Kl saya lagi nimbang:
(1) jazz vtec matic, jayanya cm dpt 2009
(2) yaris bakpao matic, mungkin bs dpt 2010
(3) ford fiesta trendy 1.4 matic, budget segitu bs dpt 2013
(4) Sirion fl matic 2015, cuma menang bemper baru aja dibanding Sirion saya dl yg tahun 2912, tp asli ini mobil keras banget
(5) Grand Avega, bs dpt 2013/2014

Syarat utama matic, dan ada airbag sih demi keamanan
Lalu postur saya besar nih hehe, 180 cm 95kg

Saat ini jujur cenderung ke fiesta / avega krn dpt tahun muda, dan kayanya kabin ckp luas
(Catatan: soal postur badan, kl nyetir mobilio 2016 ortu jok full ke belakang, rasanya msh butuh mundur 5-10cm lagi wkwk)

Ada sarankah?
kalo jazz 2009 budget 100jtan mungkin agak berat, dapetnya mungkin yg 2007-2008 kalo vtec matic, dan agak rawan di transmisinya, karena yg tahun segitu pake CVT. kalo saya pribadi dari semua kandidat, saya vote yaris bakpao. bisa dapet yg tipe e matic 2010 atau s limited 2009. paling sesuai kriteria. kalo fiesta no komen karena blm pernah miara. kalo opsi kedua, saya vote sirion, termasuk bandel karena part mesinnya 11 12 sm avxen hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by krniawnhdr »

qushay20019 wrote: Mon Aug 23, 2021 9:17 Krn udah pernah pake S kotak & cukup puas, maka ane saranin SX4 aja. Kalo ertiga sebenernya pengen nyaranin berhubung dgn adanya bayi lebih nyaman pake 3 baris buat bawa perlengkapan lenong si bocah.
Masalahnya, ertiga matic dgn budget cepek takutnya dapet yg udah capek/ ketuaan. Tapi cari aja sih, siapa tau ada rejeki.
tapi sx4 budget cepek malah lebih worse ngga sih..dapetnya umurnya yang lebih tua? :big_childish:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [NEED ADVICE] Saran Mobil Bekas 100 Jutaan

Post by krniawnhdr »

saya sih saran pakai ertiga GX om..jangan GL. selisih dikit, bedanya lumayan :big_biglaugh:
jangan lirik mobil 2 baris lagi om kalo udah ada baby, apalagi kalo suka bawa stroller dll.
ertiga sih nyamannya itu loh, walau tahun 2013an masih ga kalah sama mobil sekelas yang buatan tahun 2020 macam avxen, ruster, dan mobilio. ngga bakal takut kerasa ketinggalan dari sisi kenyamanan.
tinggal semangat hunting cari unit yang sehatnya om :big_peace:
go for manual gapapa kan om? biar dapat yang harganya lebih rendah, toh kopling suzuki ini enak banget :big_okay: