(Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by Pugman »

trendyleo wrote: 06 Oct 2021, 11:12
Pugman wrote: 16 Sep 2021, 22:35
trendyleo wrote: 12 Sep 2021, 20:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.

Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.

Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
Mau dipakai lama apa sebentar? nanti beberapa tahun ganti?

Kalau cari nyaman pakai tidak lebih 5 tahun saya Vote Sienta, kalau pakai untuk lebih dari 5 tahun saya Vote SX4, kecuali Sienta pilih yang manual.
Mungkin sekitar 5 th aja hu pemakaiannya sblm ganti kedepan. Btw, kalau Sienta vs Xpander mending mana hu?
Masalahnya saya zero experience di Xpander, cuma test statis doank ga pernah test jalan. Kalau kelegaan kabin Sienta dan Xpander mirip ya, cuma headroom enakan Sienta. Sienta Bantingan Suspensi enak dan cukup kedap juga, apalagi harga seken lumayan anjlok ya. Kalau beruntung bisa dapat yang Q.
Kalau 5 tahun ya Sienta masih OK lah, saya masih ragu soal ketahanan CVT meski Honda Jazz lawas yang CVT juga masih eksis sampai sekarang. Kalau Geared AT biasa yang tahan 300-500rb km itu banyak, kalau CVT saya belum pengalaman.
Karena CVT konstan bergesekan, lambat laun akan ada komponen yang aus, entah puli atau belt-nya.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by Pboyz97 »

trendyleo wrote: 06 Oct 2021, 11:15
Wah mantap hu brti overall kesan thd Xpander memuaskan ya hu. Siap hu, ane juga makin bingung ini apa Xpander aja hehe
cukup memuaskan secara overall. durabilitynya aja yg menurut saya agak kurang, dulu pas tahun ke 2 dan km baru 20rban kompresor ac nya udh kena, jadi acnya suka gak dingin gitu + udh pernah kena isu idle up juga. sisanya sih oke. sampe dijual tahun 2020 lalu interior masih solid no rattle + kaki2 jg masih senyap, blm ada bunyi2an sama sekali

kalo mobil yg mana ya tergantung prioritas om lebih mentingin yg mana. kalo mau yg nyaman, bantingan empuk tapi ga masalah sm tarikannya yg agak kurang dan bisa nerima desain exteriornya vote ertiga. kalo pengen yg pintu geser, fitur lengkap + irit bbm tapi gamasalah sm tarikan bawahnya yg agak kurang vote sienta. kalo pengen yg fun to drive, handling oke, storage banyak + desain yg oke tapi gamasalah sm bantingan suspensi yg keras vote xpander. coba test drive ketiganya aja om biar lebih tau sregnya ke yg mana
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by Pboyz97 »

Pugman wrote: 06 Oct 2021, 22:29
trendyleo wrote: 06 Oct 2021, 11:12
Pugman wrote: 16 Sep 2021, 22:35
Mau dipakai lama apa sebentar? nanti beberapa tahun ganti?

Kalau cari nyaman pakai tidak lebih 5 tahun saya Vote Sienta, kalau pakai untuk lebih dari 5 tahun saya Vote SX4, kecuali Sienta pilih yang manual.
Mungkin sekitar 5 th aja hu pemakaiannya sblm ganti kedepan. Btw, kalau Sienta vs Xpander mending mana hu?
Masalahnya saya zero experience di Xpander, cuma test statis doank ga pernah test jalan. Kalau kelegaan kabin Sienta dan Xpander mirip ya, cuma headroom enakan Sienta. Sienta Bantingan Suspensi enak dan cukup kedap juga, apalagi harga seken lumayan anjlok ya. Kalau beruntung bisa dapat yang Q.
Kalau 5 tahun ya Sienta masih OK lah, saya masih ragu soal ketahanan CVT meski Honda Jazz lawas yang CVT juga masih eksis sampai sekarang. Kalau Geared AT biasa yang tahan 300-500rb km itu banyak, kalau CVT saya belum pengalaman.
Karena CVT konstan bergesekan, lambat laun akan ada komponen yang aus, entah puli atau belt-nya.
CVT mah asal dirawat dengan baik sm ganti olinya bener + telaten dan rutin awet terus kok. yg penting jangan pernah telat ganti oli dan pake olinya yg khusus CVT, karena beda sm matic konvensional olinya . transmisi geared at biasa juga kalo pemakaiannya ngasal dan gak kerawat juga bakal cepet rusak juga kok hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by Pugman »

Pboyz97 wrote: 06 Oct 2021, 22:37
Pugman wrote: 06 Oct 2021, 22:29
trendyleo wrote: 06 Oct 2021, 11:12

Mungkin sekitar 5 th aja hu pemakaiannya sblm ganti kedepan. Btw, kalau Sienta vs Xpander mending mana hu?
Masalahnya saya zero experience di Xpander, cuma test statis doank ga pernah test jalan. Kalau kelegaan kabin Sienta dan Xpander mirip ya, cuma headroom enakan Sienta. Sienta Bantingan Suspensi enak dan cukup kedap juga, apalagi harga seken lumayan anjlok ya. Kalau beruntung bisa dapat yang Q.
Kalau 5 tahun ya Sienta masih OK lah, saya masih ragu soal ketahanan CVT meski Honda Jazz lawas yang CVT juga masih eksis sampai sekarang. Kalau Geared AT biasa yang tahan 300-500rb km itu banyak, kalau CVT saya belum pengalaman.
Karena CVT konstan bergesekan, lambat laun akan ada komponen yang aus, entah puli atau belt-nya.
CVT mah asal dirawat dengan baik sm ganti olinya bener + telaten dan rutin awet terus kok. yg penting jangan pernah telat ganti oli dan pake olinya yg khusus CVT, karena beda sm matic konvensional olinya . transmisi geared at biasa juga kalo pemakaiannya ngasal dan gak kerawat juga bakal cepet rusak juga kok hehehe
CVT yang reviewnya saya lihat paling positif dan tembus 300.000 km malah punya Subaru
omnyanaira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: 23 Jan 2018, 07:55

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by omnyanaira »

marmut wrote: 13 Sep 2021, 20:22
trendyleo wrote: 12 Sep 2021, 20:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.

Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.

Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih


mohon ijin pengguna sienta V m/t (walopun tidak setiap hari saya pakai) ikut nimbrung.
ini murni sebagai pengguna dari tahun 2015 atau 2016 (nggak inget pastinya), bukan katanya sodara dari tetangga punya keponakan yang punya temen di gang sebelah.

dari awal beli yang sudah diganti adalah :

- ecu (klaim ke toyota karena FC sampai dengan odo 10ribuan masih 1:8 -1:9).
setelah diganti, jauh sekali perbedaannya jadi sekitar 1:12 - 1:13 metode full to full, kondisi jalan 70% lancar. bbm pertalite.
- steering rack dan front strut assy hanyabsisi kanan (klaim ke toyota karena sedari awal serah terima kunci sudah ada bunyi).
- aki. 1x klaim karena masih garansi, 1x beli sendiri sampai sekarang sudah berjalan 1 tahun 7 bulan.
- ban depan belakang dan 4 pcs strut/shock (depan-belakang).
- brake pad depan diganti saat odo sekitar 80 atau 90ribuan saya lupa. sekarang posisi odometer sekitar 110ribuan.
- oli transmisi ganti di odo 70ribuan kalau tidak salah.
- oli mesin rutin ganti per 10rb KM.
- filter udara baru 2x ganti.
- minyak rem ganti mengikuti jadwal di buku servis.

busi, plat kopling, drive belt, belum ada penggantian. tapi mengingat usia dan jarak tempuh, sudah musti persiapan.

beruntung sampai dengan saat ini tidak ada rattle walopun sektor suspensi sudah waktunya penggantian (tie rod, inner tie rod, ball joint assy).

kalau matic, seperti yang om erwinign katakan, periksa cvtf. wajib. karena sienta tidak ada dipstick, mau tidak mau musti buka check bolt yang letaknya disamping dejat ban kiri plus track record penggantian cvtf.

*edit : plus penggantian karet wiper setiap musim penghujan.
Om, itu oli transmisi baru diganti di km 70rb om?? Bukannya malah di 40rb ya harusnya?! Ertiga m/t malah tiap 20rb km
Trus coolant radiator blom ganti ya om? Sama busi jg lom ganti yaa
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by marmut »

omnyanaira wrote: 09 Oct 2021, 08:34
Om, itu oli transmisi baru diganti di km 70rb om?? Bukannya malah di 40rb ya harusnya?! Ertiga m/t malah tiap 20rb km
Trus coolant radiator blom ganti ya om? Sama busi jg lom ganti yaa


seingat saya, iya di KM 70ribuan karena waktu itu dibawa ke BeRes oleh nyonya.
coolant saya nggak periksa.
busi, sampai dengan saat ini masih bawaan pabrik.

saya sudah berniat mau ganti coolant dan busi tapi ada pembicaraan mobil mau dijual. jadi saya tahan dulu.
semisal masih mau dinikmati lagi setidaknya setahun kedepan, ya pasti saya ganti ketiga item diatas.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by ChZ »

Pugman wrote: 06 Oct 2021, 22:29 Masalahnya saya zero experience di Xpander, cuma test statis doank ga pernah test jalan. Kalau kelegaan kabin Sienta dan Xpander mirip ya, cuma headroom enakan Sienta. Sienta Bantingan Suspensi enak dan cukup kedap juga, apalagi harga seken lumayan anjlok ya. Kalau beruntung bisa dapat yang Q.
Kalau 5 tahun ya Sienta masih OK lah, saya masih ragu soal ketahanan CVT meski Honda Jazz lawas yang CVT juga masih eksis sampai sekarang. Kalau Geared AT biasa yang tahan 300-500rb km itu banyak, kalau CVT saya belum pengalaman.
Karena CVT konstan bergesekan, lambat laun akan ada komponen yang aus, entah puli atau belt-nya.
kl kata mbah suhu omnibus...

CVT paling cepet koit kalo sering standing start dipake drag resing

:ngacir:

ane kadang tuh curiga yang bikin komponen transmisi atau engine gak awet itu bukan karena komponennya sendiri tp karena kebiasaan manut ama spek lendir bengkel resmi.... belum lg kalo banyak kejadian salah tuang dan gak dicek ulang sama pemilik. dl toyota sienta mak ane pernah kejadian salah tuang dikasih ATF WS. di 2020 masih ada bengkel salah tuang pdhl itu ktnya anak perusahaan diler toyota di kota ane.

ntu oli HCF2 di civic ane aja begitu ganti ke FK pulse langsung jd enak banget selipnya minim. mana HCF2nya waktu di tap keluar bau sangit kuat banget... pdhl paling baru jalan 10k 2 taun... yang mejik tuh HRV adik ane 5 thn lebih gak pernah ganti CVTF krn odo masih di bawah 50k tapi masih bae-bae aja... pikir ane sakti jg neh CVT ahond. pdhl bawa luar kota terus dan mobil udah remap. spek lendirnya aja rada ngasal.

bengkel resmi assume kita semua nyetir a la nenek nenek di bawah 40 km/jam tidak pernah drag resing atau pedal to the kampret.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by Pugman »

ChZ wrote: 09 Oct 2021, 09:31
Pugman wrote: 06 Oct 2021, 22:29 Masalahnya saya zero experience di Xpander, cuma test statis doank ga pernah test jalan. Kalau kelegaan kabin Sienta dan Xpander mirip ya, cuma headroom enakan Sienta. Sienta Bantingan Suspensi enak dan cukup kedap juga, apalagi harga seken lumayan anjlok ya. Kalau beruntung bisa dapat yang Q.
Kalau 5 tahun ya Sienta masih OK lah, saya masih ragu soal ketahanan CVT meski Honda Jazz lawas yang CVT juga masih eksis sampai sekarang. Kalau Geared AT biasa yang tahan 300-500rb km itu banyak, kalau CVT saya belum pengalaman.
Karena CVT konstan bergesekan, lambat laun akan ada komponen yang aus, entah puli atau belt-nya.
kl kata mbah suhu omnibus...

CVT paling cepet koit kalo sering standing start dipake drag resing

:ngacir:

ane kadang tuh curiga yang bikin komponen transmisi atau engine gak awet itu bukan karena komponennya sendiri tp karena kebiasaan manut ama spek lendir bengkel resmi.... belum lg kalo banyak kejadian salah tuang dan gak dicek ulang sama pemilik. dl toyota sienta mak ane pernah kejadian salah tuang dikasih ATF WS. di 2020 masih ada bengkel salah tuang pdhl itu ktnya anak perusahaan diler toyota di kota ane.

ntu oli HCF2 di civic ane aja begitu ganti ke FK pulse langsung jd enak banget selipnya minim. mana HCF2nya waktu di tap keluar bau sangit kuat banget... pdhl paling baru jalan 10k 2 taun... yang mejik tuh HRV adik ane 5 thn lebih gak pernah ganti CVTF krn odo masih di bawah 50k tapi masih bae-bae aja... pikir ane sakti jg neh CVT ahond. pdhl bawa luar kota terus dan mobil udah remap. spek lendirnya aja rada ngasal.

bengkel resmi assume kita semua nyetir a la nenek nenek di bawah 40 km/jam tidak pernah drag resing atau pedal to the kampret.
Tapi kalau Civic atau Accord Turbo kan ga mungkin orang ga tergoda buat standing start ya.. 😁
Tapi memang buku manual soal oli matic ini sering tidak dedicated untuk mobilnya meskipun beberapa tipe mobil pakai sistem AT yang sama. Jadinya buku manual seperti formalitas ya..
Beberapa tabel panduan check, ganti oli, busi di Buku manual mobil saya campur antara mobil saya sama untuk mesin Diesel dan tipe lain. Pernah suatu saat saya salah baca tabel soal jumlah oli saat ganti filter, ternyata yang saya baca tabel untuk yang Diesel
:mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta

Post by ChZ »

Pugman wrote: 10 Oct 2021, 17:19
Tapi kalau Civic atau Accord Turbo kan ga mungkin orang ga tergoda buat standing start ya.. 😁
Tapi memang buku manual soal oli matic ini sering tidak dedicated untuk mobilnya meskipun beberapa tipe mobil pakai sistem AT yang sama. Jadinya buku manual seperti formalitas ya..
Beberapa tabel panduan check, ganti oli, busi di Buku manual mobil saya campur antara mobil saya sama untuk mesin Diesel dan tipe lain. Pernah suatu saat saya salah baca tabel soal jumlah oli saat ganti filter, ternyata yang saya baca tabel untuk yang Diesel
:mky_01:
ntu dia mbah.... ane aj cukup sering tp inget ini CVT mulai ngurangin kebiasaan standing start di gerbang tol :big_biglaugh:

betul mbah, ane kadang rada gak secure dengan bukman mobil-mobil yang beredar di sini. speknya suka ngasal. dulu punya FD1 dibilang di bukman bensinnya cukup RON88.... pdhl ntuh mesin R CRnya uda tinggi banget.

aplg urusan lendir transmisi... kl orang yang serba nyerahin ke bengkel resmi walahualam deh. di bengkel resmi mobil 100jt yg tanpa katup variabel, teknologi rada jadul, ama 1 miliar yang serba canggih sering disamain spek olinya.

yang serem ntu ntar atoyot raize ama dai rocky gimana, mobil murah berturbo....... CRV yang 500 jt pake turbo aj gagap spek oli pabrikan ampe salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post