Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by levofloxacine »

Om-om, Tante-tante, Suhu-suhu sekalian, izinkan saya untuk sedikit curhat ya..

Jadi bermula dari rencana peremajaan Jazz GD3 2006 yang sudah saya pake selama 12 tahun, rencana awalnya mau mengganti ke City GM6, akan tetapi setelah berbulan2 mantengin OLX dan hunting ke showroom gak juga nemu akhirnya saya tergoda untuk naik kelas ke sedan compact. Saat itu yang masuk kriteria adalah Honda Civic Turbo Sedan dan Mazda 3 Sedan, tetapi berhubung di kota saya dealer Mazda hanya satu dan itu juga sempat tutup trus buka kembali mungkin karena penjualannya agak mengenaskan, jadi saat itu saya lebih cenderung ke Honda Civic Turbo Sedan. Singkat cerita saya ke dealer honda, ternyata yang ready hanya hatchback, untuk stok sedan tidak ready, dan harus dicari dulu ke dealer2 di jakarta atau tempat lainnya yang masih ada stok dan saya diminta untuk menunggu 1 minggu. Setelah 2 minggu baru dikabarin ternyata belum juga ketemu stok yang ready, dan saya diminta kepastian kalo memang masih berminat mereka baru mau teruskan pencarian, itupun belum jelas bakal diskon berapa karena kalo barang sudah ada baru disuruh nego sama managernya. Memang saya tahu untuk FC ini CBU Thailand, dan di Thailand sendiri saat ini Civic generasi 11 sudah masuk, jadi kemungkinan untuk generasi 10 masuk lagi ke Indo rada tipis apalagi sedan yang notabene penjualannya sedikit sekali. Oleh karena itu saat itu saya memutuskan untuk cari bekasnya aja, dan akhirnya saya ambil FC tahun 2017. Setelah beberapa minggu saya memakai FC, saya kembali teracuni oleh review-review mazda 3 sedan di youtube, dan saya iseng2 untuk mampir ke dealer mazda satu-satunya di kota saya yang sangat amat sepi sekali. Sesampainya disana seperti perkiraan saya pasti tidak ada stok Mazda 3 sedan yang dipajang, yang ada hanya hatchback, tetapi toh yang beda hanya exterior dan warna interior saja, dan saya ditawari salesnya buat TD tapi di parkiran dealer saja…. :big_bored:
Impresi saya saat TD tersebut terasa memang perbedaan kualitas interior, orang nyebutnya BQ ya? Kekedapan, feeling menggeser tuas transmisi pun terasa halus sekali seperti karet beradu karet, tidak seperti di ahond yang gradakan… Intinya sih memang menggoda sekali selain cantiknya warna soul red crystal yang mentereng itu :big_love:
Nah terlepas dari semua itu ada beberapa hal yang membuat saya ragu untuk mengambil mazda 3 sedan ini :
- Harganya yang stand out dibanding rival2nya untuk harga di kota saya 579 jt, sedangkan untuk FC 546 jt jadi selisih 33 jt, dengan asumsi diskon paling kenceng 10 jt
- ASS daripada Mazda sendiri yang saya masih ragu, soalnya cerita salesnya ada konsumen mazda CX-3 yang LCD Spedo yang rusak makan waktu 3 bulan untuk penggantian, entah sparepart yang lain apakah segitu lama juga
- 16 Oktober 2021 ini akan berlaku PP nomor 73 tahun 2019 tentang PPnBM yang intinya “seharusnya” harga sedan akan turun lumayan drastis karena penurunan PPnBM dari 30% menjadi 15%
Jadi menurut om tante suhu sekalian apakah worthed untuk mengambil mazda 3 sedan ini, atau saya pertahankan saja FC 2017 yang sudah saya pake beberapa minggu ini?
(Mohon maaf bila curhatnya kepanjangan, dan juga tidak ada maksud untuk menjelekkan merek tertentu, murni atas pengalaman pribadi saja)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by ChZ »

dgn selisih 33jt kalo suka modif sy sih ambil civic sedan aja. aftermarket parts berlimpah dan lebih puas.

tp kalo mau leave it stock mazda aja.

mazda is a good looking car tapi not for me sih, engine performance nya dull abis. dan potensi modifnya jauh lebih sedikit. jd lebih cocok buat yang suka mewah dan nyaman. ya malah lucu skrg mazda malah buat yang suka kemewahan bukan sportness.

cuma harus inget civic sedan udah di fase akhir life cyclenya, tahun depan mungkin paling cepat sudah keluar all new. di thailand sudah dijual soalnya. tapi selera sih model all new nya lebih kalem, kalo lebih suka FC beli FC saja masih overall sama secara mechanical (yes not 100% walaupun sama sama L15B7 engine, menurut kesaksian para tuner luar banyak refinement di generasi terbarunya dari sisi mekanikal).

yang baru pasti naik harga. mungkin jatuhnya malah gak worth karena dekat mazda3.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by levofloxacine »

ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 2:13 dgn selisih 33jt kalo suka modif sy sih ambil civic sedan aja. aftermarket parts berlimpah dan lebih puas.

tp kalo mau leave it stock mazda aja.

mazda is a good looking car tapi not for me sih, engine performance nya dull abis. dan potensi modifnya jauh lebih sedikit. jd lebih cocok buat yang suka mewah dan nyaman. ya malah lucu skrg mazda malah buat yang suka kemewahan bukan sportness.

cuma harus inget civic sedan udah di fase akhir life cyclenya, tahun depan mungkin paling cepat sudah keluar all new. di thailand sudah dijual soalnya. tapi selera sih model all new nya lebih kalem, kalo lebih suka FC beli FC saja masih overall sama secara mechanical (yes not 100% walaupun sama sama L15B7 engine, menurut kesaksian para tuner luar banyak refinement di generasi terbarunya dari sisi mekanikal).

yang baru pasti naik harga. mungkin jatuhnya malah gak worth karena dekat mazda3.
Sebenernya kalo untuk FC dan Mazda 3 sedan ini pun untuk beberapa tahun ke depan akan saya biarkan standar aja, karena lebih buat touring dan santai, kalo untuk modif2an sudah ada FD1 2011 jadi korban modif2an ringan di rumah, iya betul yang om ChZ bilang kalo FC ini sudah di masa end cyclenya makanya barang barunya juga tambah susah dapetinnya, dan untuk generasi 11 terlalu "biasa" desainnya menurut saya, dan itu kisi2 AC seperti kawat nyamuk di interior dari ujung ke ujung gimana bersihinnya yak..., makanya kemarin saya ambil sekennya, sekalin buat tes impresi berkendaranya, kalo untuk power memang jauh dibanding mazda 3 sih terlepas dari turbo lagnya, tetapi saya juga bukan yang hobi kebut2an atau sruntulan lagi, maklum sekarang udh ada anak bini :ungg: . Oh iya salah satu poin plus saya tergoda mazda 3 sedan ini juga karena "rare"nya, kalo saya ambil mungkin satu-satunya unit di kota saya bahkan di provinsi... :big_smoking:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by josomba »

Anu,

Saya tidak punya mazda 3 jadi gabisa komentar detail, tp bisa share beberapa related issue.

Untuk speedo CX3 ini, masalah display speedometer lcd-nya mati atau cuman nongol garis2 saja ya? Jika iya, ini hanya untuk speedo mzd 2 dan cx3 saja sih um. Untuk mazda 3, cx5 setahu saya tidak ada problem itu.

Masalah indent part, saya bisa bilang iya cenderung lama untuk pesen di BeRes. Saya ada pesan intake manifold gasket dan TB gasket di BeRes butuh 2-3 bulan. Selama pake mazda walaupun hanya mazda 2, saya lebih ngandelin part aftermarket.
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 2:23
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 2:13 dgn selisih 33jt kalo suka modif sy sih ambil civic sedan aja. aftermarket parts berlimpah dan lebih puas.

tp kalo mau leave it stock mazda aja.

mazda is a good looking car tapi not for me sih, engine performance nya dull abis. dan potensi modifnya jauh lebih sedikit. jd lebih cocok buat yang suka mewah dan nyaman. ya malah lucu skrg mazda malah buat yang suka kemewahan bukan sportness.

cuma harus inget civic sedan udah di fase akhir life cyclenya, tahun depan mungkin paling cepat sudah keluar all new. di thailand sudah dijual soalnya. tapi selera sih model all new nya lebih kalem, kalo lebih suka FC beli FC saja masih overall sama secara mechanical (yes not 100% walaupun sama sama L15B7 engine, menurut kesaksian para tuner luar banyak refinement di generasi terbarunya dari sisi mekanikal).

yang baru pasti naik harga. mungkin jatuhnya malah gak worth karena dekat mazda3.
Sebenernya kalo untuk FC dan Mazda 3 sedan ini pun untuk beberapa tahun ke depan akan saya biarkan standar aja, karena lebih buat touring dan santai, kalo untuk modif2an sudah ada FD1 2011 jadi korban modif2an ringan di rumah, iya betul yang om ChZ bilang kalo FC ini sudah di masa end cyclenya makanya barang barunya juga tambah susah dapetinnya, dan untuk generasi 11 terlalu "biasa" desainnya menurut saya, dan itu kisi2 AC seperti kawat nyamuk di interior dari ujung ke ujung gimana bersihinnya yak..., makanya kemarin saya ambil sekennya, sekalin buat tes impresi berkendaranya, kalo untuk power memang jauh dibanding mazda 3 sih terlepas dari turbo lagnya, tetapi saya juga bukan yang hobi kebut2an atau sruntulan lagi, maklum sekarang udh ada anak bini :ungg: . Oh iya salah satu poin plus saya tergoda mazda 3 sedan ini juga karena "rare"nya, kalo saya ambil mungkin satu-satunya unit di kota saya bahkan di provinsi... :big_smoking:
nah kalo mau leave it stock dan daripada penasaran mending beli aja om... soalnya experience may vary kan. dan worst case nya slow moving parts kan jarang sekali rusak sebenarnya.

honda pun kalau slow moving parts suka lama dan civic turbo partsnya tidak selalu ready di bengkel resmi. saya cari busi aja keliling semarang gak ready semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by levofloxacine »

josomba wrote: Wed Sep 15, 2021 2:51 Anu,

Saya tidak punya mazda 3 jadi gabisa komentar detail, tp bisa share beberapa related issue.

Untuk speedo CX3 ini, masalah display speedometer lcd-nya mati atau cuman nongol garis2 saja ya? Jika iya, ini hanya untuk speedo mzd 2 dan cx3 saja sih um. Untuk mazda 3, cx5 setahu saya tidak ada problem itu.

Masalah indent part, saya bisa bilang iya cenderung lama untuk pesen di BeRes. Saya ada pesan intake manifold gasket dan TB gasket di BeRes butuh 2-3 bulan. Selama pake mazda walaupun hanya mazda 2, saya lebih ngandelin part aftermarket.
Kalo dari cerita salesnya LCD Speedonya seperti retak2 mungkin maksudnya bergaris-garis ya, oh ternyata spare part pun lama indennya ya, entah kalo parts yang lebih fast moving apakah sama saja, jangan2 inden air filter dan oil filter juga 3 bulan OMG :big_chicken: , dan juga di kota saya jangan ngarep bakal ada parts aftermarket buat mazda, yang buat merek mainstream aja susah koq...

Memang kalo dari cerita salesnya ada program garansi all in 3 tahun atau 60.000 km jasa n sparepart, tapi kalo nunggu sparepartnya berbulan-bulan yah masa garansinya abis buat nunggu aja ntar ya...
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by josomba »

levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 3:26
Kalo dari cerita salesnya LCD Speedonya seperti retak2 mungkin maksudnya bergaris-garis ya, oh ternyata spare part pun lama indennya ya, entah kalo parts yang lebih fast moving apakah sama saja, jangan2 inden air filter dan oil filter juga 3 bulan OMG :big_chicken: , dan juga di kota saya jangan ngarep bakal ada parts aftermarket buat mazda, yang buat merek mainstream aja susah koq...

Memang kalo dari cerita salesnya ada program garansi all in 3 tahun atau 60.000 km jasa n sparepart, tapi kalo nunggu sparepartnya berbulan-bulan yah masa garansinya abis buat nunggu aja ntar ya...
Hemm retak2 ya, setahu saya yg kek gini soalnya:
Image
source gambar: mazda3revolution

Kalau filter udara n oil filter sih harusnya ndak ya. Part aftermarket palingan beli online sih um, kirim dr jakarta (terpaksa sih). Saya juga kadang beli part mobil online untuk kirim ke tempat mertua juga di sumatera. :ungg:

Anw kalau saya jadi om, saya sikat sih si mazda 3 jika dana memang sudah didedikasikan untuk mobil ya. Yang penting sudah SNI (sudah nanya istri) dan ISO (istri sudah oke) kan?

Jadi OOT mau sharing. Saya ngalamin sendiri pas mazda 2 keluar, saya mupeng terus cuman dulu alm bokap paling anti sama non-mainstream ... setelah 9 tahun nongol dan saya akhirnya mandiri finansial, baru deh saya beli. Puasnya sih bener2 puas ya. Eh tapi setelah 3 tahun pake mazda 2, sekarang lg ngidam seri kakak2nya si mazda 2 :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... dasar memang manusia, ga pernah puas :ungg:
Image
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by levofloxacine »

josomba wrote: Wed Sep 15, 2021 3:40
levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 3:26
Kalo dari cerita salesnya LCD Speedonya seperti retak2 mungkin maksudnya bergaris-garis ya, oh ternyata spare part pun lama indennya ya, entah kalo parts yang lebih fast moving apakah sama saja, jangan2 inden air filter dan oil filter juga 3 bulan OMG :big_chicken: , dan juga di kota saya jangan ngarep bakal ada parts aftermarket buat mazda, yang buat merek mainstream aja susah koq...

Memang kalo dari cerita salesnya ada program garansi all in 3 tahun atau 60.000 km jasa n sparepart, tapi kalo nunggu sparepartnya berbulan-bulan yah masa garansinya abis buat nunggu aja ntar ya...
Hemm retak2 ya, setahu saya yg kek gini soalnya:
Image
source gambar: mazda3revolution

Kalau filter udara n oil filter sih harusnya ndak ya. Part aftermarket palingan beli online sih um, kirim dr jakarta (terpaksa sih). Saya juga kadang beli part mobil online untuk kirim ke tempat mertua juga di sumatera. :ungg:

Anw kalau saya jadi om, saya sikat sih si mazda 3 jika dana memang sudah didedikasikan untuk mobil ya. Yang penting sudah SNI (sudah nanya istri) dan ISO (istri sudah oke) kan?

Jadi OOT mau sharing. Saya ngalamin sendiri pas mazda 2 keluar, saya mupeng terus cuman dulu alm bokap paling anti sama non-mainstream ... setelah 9 tahun nongol dan saya akhirnya mandiri finansial, baru deh saya beli. Puasnya sih bener2 puas ya. Eh tapi setelah 3 tahun pake mazda 2, sekarang lg ngidam seri kakak2nya si mazda 2 :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... dasar memang manusia, ga pernah puas :ungg:
ahaha, urusan SNI dan ISO ini, seharusnya oke sih, tetapi sebenarnya saya agak sedikit sayang untuk melepas FC 2017 yang baru saya ambil seken untuk diganti Mazda 3 ini, soalnya memang FC powernya mantap, jadi saya sempat berpikir untuk menawarkan menkeu buat mengganti brio 2018 yang dia pake untuk diganti mazda 3 sedan ini (hanya buat alasan pembenaran saya saja sihh :mky_03: ). Tetapi waktu saya ajak ke dealer mazda buat lihat2 mazda 3, menkeu justru melipir ke CX-3 yang dipajang di belakangnya, tampaknya menkeu justru lebih tertarik CX-3 buat ganti brionya :mky_05: , dan lagi menkeu ini belum terlalu fasih nyetir, jadi dia rada takut2 untuk bawa mobil yang lebih lebar dan panjang..
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by sh00t »

levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 3:53
josomba wrote: Wed Sep 15, 2021 3:40
levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 3:26
Kalo dari cerita salesnya LCD Speedonya seperti retak2 mungkin maksudnya bergaris-garis ya, oh ternyata spare part pun lama indennya ya, entah kalo parts yang lebih fast moving apakah sama saja, jangan2 inden air filter dan oil filter juga 3 bulan OMG :big_chicken: , dan juga di kota saya jangan ngarep bakal ada parts aftermarket buat mazda, yang buat merek mainstream aja susah koq...

Memang kalo dari cerita salesnya ada program garansi all in 3 tahun atau 60.000 km jasa n sparepart, tapi kalo nunggu sparepartnya berbulan-bulan yah masa garansinya abis buat nunggu aja ntar ya...
Hemm retak2 ya, setahu saya yg kek gini soalnya:
Image
source gambar: mazda3revolution

Kalau filter udara n oil filter sih harusnya ndak ya. Part aftermarket palingan beli online sih um, kirim dr jakarta (terpaksa sih). Saya juga kadang beli part mobil online untuk kirim ke tempat mertua juga di sumatera. :ungg:

Anw kalau saya jadi om, saya sikat sih si mazda 3 jika dana memang sudah didedikasikan untuk mobil ya. Yang penting sudah SNI (sudah nanya istri) dan ISO (istri sudah oke) kan?

Jadi OOT mau sharing. Saya ngalamin sendiri pas mazda 2 keluar, saya mupeng terus cuman dulu alm bokap paling anti sama non-mainstream ... setelah 9 tahun nongol dan saya akhirnya mandiri finansial, baru deh saya beli. Puasnya sih bener2 puas ya. Eh tapi setelah 3 tahun pake mazda 2, sekarang lg ngidam seri kakak2nya si mazda 2 :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... dasar memang manusia, ga pernah puas :ungg:
ahaha, urusan SNI dan ISO ini, seharusnya oke sih, tetapi sebenarnya saya agak sedikit sayang untuk melepas FC 2017 yang baru saya ambil seken untuk diganti Mazda 3 ini, soalnya memang FC powernya mantap, jadi saya sempat berpikir untuk menawarkan menkeu buat mengganti brio 2018 yang dia pake untuk diganti mazda 3 sedan ini (hanya buat alasan pembenaran saya saja sihh :mky_03: ). Tetapi waktu saya ajak ke dealer mazda buat lihat2 mazda 3, menkeu justru melipir ke CX-3 yang dipajang di belakangnya, tampaknya menkeu justru lebih tertarik CX-3 buat ganti brionya :mky_05: , dan lagi menkeu ini belum terlalu fasih nyetir, jadi dia rada takut2 untuk bawa mobil yang lebih lebar dan panjang..
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by Pboyz97 »

levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 1:56 Om-om, Tante-tante, Suhu-suhu sekalian, izinkan saya untuk sedikit curhat ya..

Jadi bermula dari rencana peremajaan Jazz GD3 2006 yang sudah saya pake selama 12 tahun, rencana awalnya mau mengganti ke City GM6, akan tetapi setelah berbulan2 mantengin OLX dan hunting ke showroom gak juga nemu akhirnya saya tergoda untuk naik kelas ke sedan compact. Saat itu yang masuk kriteria adalah Honda Civic Turbo Sedan dan Mazda 3 Sedan, tetapi berhubung di kota saya dealer Mazda hanya satu dan itu juga sempat tutup trus buka kembali mungkin karena penjualannya agak mengenaskan, jadi saat itu saya lebih cenderung ke Honda Civic Turbo Sedan. Singkat cerita saya ke dealer honda, ternyata yang ready hanya hatchback, untuk stok sedan tidak ready, dan harus dicari dulu ke dealer2 di jakarta atau tempat lainnya yang masih ada stok dan saya diminta untuk menunggu 1 minggu. Setelah 2 minggu baru dikabarin ternyata belum juga ketemu stok yang ready, dan saya diminta kepastian kalo memang masih berminat mereka baru mau teruskan pencarian, itupun belum jelas bakal diskon berapa karena kalo barang sudah ada baru disuruh nego sama managernya. Memang saya tahu untuk FC ini CBU Thailand, dan di Thailand sendiri saat ini Civic generasi 11 sudah masuk, jadi kemungkinan untuk generasi 10 masuk lagi ke Indo rada tipis apalagi sedan yang notabene penjualannya sedikit sekali. Oleh karena itu saat itu saya memutuskan untuk cari bekasnya aja, dan akhirnya saya ambil FC tahun 2017. Setelah beberapa minggu saya memakai FC, saya kembali teracuni oleh review-review mazda 3 sedan di youtube, dan saya iseng2 untuk mampir ke dealer mazda satu-satunya di kota saya yang sangat amat sepi sekali. Sesampainya disana seperti perkiraan saya pasti tidak ada stok Mazda 3 sedan yang dipajang, yang ada hanya hatchback, tetapi toh yang beda hanya exterior dan warna interior saja, dan saya ditawari salesnya buat TD tapi di parkiran dealer saja…. :big_bored:
Impresi saya saat TD tersebut terasa memang perbedaan kualitas interior, orang nyebutnya BQ ya? Kekedapan, feeling menggeser tuas transmisi pun terasa halus sekali seperti karet beradu karet, tidak seperti di ahond yang gradakan… Intinya sih memang menggoda sekali selain cantiknya warna soul red crystal yang mentereng itu :big_love:
Nah terlepas dari semua itu ada beberapa hal yang membuat saya ragu untuk mengambil mazda 3 sedan ini :
- Harganya yang stand out dibanding rival2nya untuk harga di kota saya 579 jt, sedangkan untuk FC 546 jt jadi selisih 33 jt, dengan asumsi diskon paling kenceng 10 jt
- ASS daripada Mazda sendiri yang saya masih ragu, soalnya cerita salesnya ada konsumen mazda CX-3 yang LCD Spedo yang rusak makan waktu 3 bulan untuk penggantian, entah sparepart yang lain apakah segitu lama juga
- 16 Oktober 2021 ini akan berlaku PP nomor 73 tahun 2019 tentang PPnBM yang intinya “seharusnya” harga sedan akan turun lumayan drastis karena penurunan PPnBM dari 30% menjadi 15%
Jadi menurut om tante suhu sekalian apakah worthed untuk mengambil mazda 3 sedan ini, atau saya pertahankan saja FC 2017 yang sudah saya pake beberapa minggu ini?
(Mohon maaf bila curhatnya kepanjangan, dan juga tidak ada maksud untuk menjelekkan merek tertentu, murni atas pengalaman pribadi saja)
kalo ga masalah sm brand + cuek dengan akomodasi yg ga sebagus honda go for it. kebetulan saat ini saya pakai kedua brand tersebut . dulu pernah melihara crv gen 3 2.4 2010 dan cx5 gen 1 2.0 touring 2013 + sekarang saya pakai crv turbo prestige 2019 pfl dan cx5 elite 2018. kalo saya pribadi sih lebih ke prioritas om seperti apa ya. kalo om masih perlu kenyamanan, bantingan suspensi yg empuk , storage dan bagasi yg lebih luas + row 2 yg lebih lega, + masih kuatir dengan ass nya mazda di kota tempat tinggal om, keep civic fc . tapi kalo om lebih prefer fun to drive , handling, tarikan, fitur dan teknologi, vote mazda 3. worth kok menurut saya nambah 33 jt, karena interior quality, driving feel, tarikan, handling, fitur dan road noisenya jauh lebih bagus mazda dibanding honda (ini murni pengalaman saya pribadi, bukan katanya- katanya). terus kalo biaya maintenance ya mirip2 kok sebenernya. sepengalaman saya miara crv dan cx5 barengan sih selishnya gajauh beda kok kalo sama2 di beres, malah lebih durable mazda menurut saya kalo buat jangka panjang . poin plusnya honda ada di bengkel spesialis + part subtisusinya yg lebih banyak jadi ada opsi alternatif selain beres. sedangkan mazda, bengkel spesialisnya masih jarang , jadi mau ga mau harus pake yg ori + ke beres. harusnya biaya perawatannya mazda 3 sm civic turbo gajauh beda ya kalo dibandingin sm cx5 dan crv hehehe

kalo part inden. saya setuju ,beberapa part memang mesti inden kalo di mazda, tapi kalo emg udh siap sm segala resikonya, cukup worth dan durable kok kalo mazda. dulu saya pernah pakai cx5 gen 1 selama 6 tahun dan dijual di km 152 rb gaada masalah yg aneh2. cuma servis rutin dan ganti oli doang. sekarang pake AN CX5 elite 2018 km udh 45 rb juga gaada masalah yg aneh2. cuma servis rutin dan ganti oli doang. kebetulan saya tinggal di jakarta jadi soal part masih cukup mudah lah, karena beresnya lumayan banyak yg bisa nanganin. cuma kalo di daerah, saya kurang tau hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by rakyatwkwkland »

Cuma mau kasih saran, kalo emang oom TS minat ngangkut M3 sedan, mending ditahan sampe bulan depan sampe aturan PPNBM baru berlaku, seraya harap2 cemas dan berdoa supaya price list brand new nya bisa terjun lumayan... :big_love: :big_smoking:

Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by marmut »

levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 3:26
, jangan2 inden air filter dan oil filter juga 3 bulan OMG :big_chicken: , dan juga di kota saya jangan ngarep bakal ada parts aftermarket buat mazda, yang buat merek mainstream aja susah koq...


filter oli ga usah kawatir, pake nissan saja. livina atau xtrail atau datsun cross atau evalia atau serena.
atau kalo ruangannya cukup bisa pake kepunyaan honda.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by ChZ »

sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 3:58
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 6:37 Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Last edited by ChZ on Wed Sep 15, 2021 7:37, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by levofloxacine »

Pboyz97 wrote: Wed Sep 15, 2021 6:23
levofloxacine wrote: Wed Sep 15, 2021 1:56 Om-om, Tante-tante, Suhu-suhu sekalian, izinkan saya untuk sedikit curhat ya..

Jadi bermula dari rencana peremajaan Jazz GD3 2006 yang sudah saya pake selama 12 tahun, rencana awalnya mau mengganti ke City GM6, akan tetapi setelah berbulan2 mantengin OLX dan hunting ke showroom gak juga nemu akhirnya saya tergoda untuk naik kelas ke sedan compact. Saat itu yang masuk kriteria adalah Honda Civic Turbo Sedan dan Mazda 3 Sedan, tetapi berhubung di kota saya dealer Mazda hanya satu dan itu juga sempat tutup trus buka kembali mungkin karena penjualannya agak mengenaskan, jadi saat itu saya lebih cenderung ke Honda Civic Turbo Sedan. Singkat cerita saya ke dealer honda, ternyata yang ready hanya hatchback, untuk stok sedan tidak ready, dan harus dicari dulu ke dealer2 di jakarta atau tempat lainnya yang masih ada stok dan saya diminta untuk menunggu 1 minggu. Setelah 2 minggu baru dikabarin ternyata belum juga ketemu stok yang ready, dan saya diminta kepastian kalo memang masih berminat mereka baru mau teruskan pencarian, itupun belum jelas bakal diskon berapa karena kalo barang sudah ada baru disuruh nego sama managernya. Memang saya tahu untuk FC ini CBU Thailand, dan di Thailand sendiri saat ini Civic generasi 11 sudah masuk, jadi kemungkinan untuk generasi 10 masuk lagi ke Indo rada tipis apalagi sedan yang notabene penjualannya sedikit sekali. Oleh karena itu saat itu saya memutuskan untuk cari bekasnya aja, dan akhirnya saya ambil FC tahun 2017. Setelah beberapa minggu saya memakai FC, saya kembali teracuni oleh review-review mazda 3 sedan di youtube, dan saya iseng2 untuk mampir ke dealer mazda satu-satunya di kota saya yang sangat amat sepi sekali. Sesampainya disana seperti perkiraan saya pasti tidak ada stok Mazda 3 sedan yang dipajang, yang ada hanya hatchback, tetapi toh yang beda hanya exterior dan warna interior saja, dan saya ditawari salesnya buat TD tapi di parkiran dealer saja…. :big_bored:
Impresi saya saat TD tersebut terasa memang perbedaan kualitas interior, orang nyebutnya BQ ya? Kekedapan, feeling menggeser tuas transmisi pun terasa halus sekali seperti karet beradu karet, tidak seperti di ahond yang gradakan… Intinya sih memang menggoda sekali selain cantiknya warna soul red crystal yang mentereng itu :big_love:
Nah terlepas dari semua itu ada beberapa hal yang membuat saya ragu untuk mengambil mazda 3 sedan ini :
- Harganya yang stand out dibanding rival2nya untuk harga di kota saya 579 jt, sedangkan untuk FC 546 jt jadi selisih 33 jt, dengan asumsi diskon paling kenceng 10 jt
- ASS daripada Mazda sendiri yang saya masih ragu, soalnya cerita salesnya ada konsumen mazda CX-3 yang LCD Spedo yang rusak makan waktu 3 bulan untuk penggantian, entah sparepart yang lain apakah segitu lama juga
- 16 Oktober 2021 ini akan berlaku PP nomor 73 tahun 2019 tentang PPnBM yang intinya “seharusnya” harga sedan akan turun lumayan drastis karena penurunan PPnBM dari 30% menjadi 15%
Jadi menurut om tante suhu sekalian apakah worthed untuk mengambil mazda 3 sedan ini, atau saya pertahankan saja FC 2017 yang sudah saya pake beberapa minggu ini?
(Mohon maaf bila curhatnya kepanjangan, dan juga tidak ada maksud untuk menjelekkan merek tertentu, murni atas pengalaman pribadi saja)
kalo ga masalah sm brand + cuek dengan akomodasi yg ga sebagus honda go for it. kebetulan saat ini saya pakai kedua brand tersebut . dulu pernah melihara crv gen 3 2.4 2010 dan cx5 gen 1 2.0 touring 2013 + sekarang saya pakai crv turbo prestige 2019 pfl dan cx5 elite 2018. kalo saya pribadi sih lebih ke prioritas om seperti apa ya. kalo om masih perlu kenyamanan, bantingan suspensi yg empuk , storage dan bagasi yg lebih luas + row 2 yg lebih lega, + masih kuatir dengan ass nya mazda di kota tempat tinggal om, keep civic fc . tapi kalo om lebih prefer fun to drive , handling, tarikan, fitur dan teknologi, vote mazda 3. worth kok menurut saya nambah 33 jt, karena interior quality, driving feel, tarikan, handling, fitur dan road noisenya jauh lebih bagus mazda dibanding honda (ini murni pengalaman saya pribadi, bukan katanya- katanya). terus kalo biaya maintenance ya mirip2 kok sebenernya. sepengalaman saya miara crv dan cx5 barengan sih selishnya gajauh beda kok kalo sama2 di beres, malah lebih durable mazda menurut saya kalo buat jangka panjang . poin plusnya honda ada di bengkel spesialis + part subtisusinya yg lebih banyak jadi ada opsi alternatif selain beres. sedangkan mazda, bengkel spesialisnya masih jarang , jadi mau ga mau harus pake yg ori + ke beres. harusnya biaya perawatannya mazda 3 sm civic turbo gajauh beda ya kalo dibandingin sm cx5 dan crv hehehe

kalo part inden. saya setuju ,beberapa part memang mesti inden kalo di mazda, tapi kalo emg udh siap sm segala resikonya, cukup worth dan durable kok kalo mazda. dulu saya pernah pakai cx5 gen 1 selama 6 tahun dan dijual di km 152 rb gaada masalah yg aneh2. cuma servis rutin dan ganti oli doang. sekarang pake AN CX5 elite 2018 km udh 45 rb juga gaada masalah yg aneh2. cuma servis rutin dan ganti oli doang. kebetulan saya tinggal di jakarta jadi soal part masih cukup mudah lah, karena beresnya lumayan banyak yg bisa nanganin. cuma kalo di daerah, saya kurang tau hehehe
karena interior quality, driving feel, tarikan, handling, fitur dan road noisenya jauh lebih bagus mazda dibanding honda nah memang ini beberapa hal yang buat saya tertarik ke mazda 3, kalo untuk part slow moving sih memang saya paham kalo harus inden, tapi 3 bulan lama amat yak, dulu saya pernah inden selang bensin civic FD aja yang nota bene very slow moving parts ga sampe 3 minggu, tapi memang resiko brand dengan sales yang masih minim mungkin ini salah satunya ya atau entahlah...
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by sh00t »

ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 3:58
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 6:37 Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Nah ngomong"tentang crossover SUV, yang lagi ditunggu" ini Hyundai Tucson. Berharap saja pas pabriknya sudah siap, sudah bisa diproduksi disini. :big_blushing:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by maastricht889 »

sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 8:06
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 3:58
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 6:37 Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Nah ngomong"tentang crossover SUV, yang lagi ditunggu" ini Hyundai Tucson. Berharap saja pas pabriknya sudah siap, sudah bisa diproduksi disini. :big_blushing:
Saya juga nunggu mobil satu ini om. KEREENN modelnya!!! Dan ada diesel 2.0cc di koreanya
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 782
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 3:58
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 6:37 Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Yes, mubil mainstream pun kalo dah urusan sama bodypart kudune buat part2 tertentu tetep ada pake acara inden2 :D
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by maastricht889 »

rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 8:26
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 3:58
Kalau budget sudah sampai di Mazda3 dan istri suka Subcompact SUV, mendingan ambil sekalian CX-30 om. :upss:
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
rakyatwkwkland wrote: Wed Sep 15, 2021 6:37 Anyway, walau ane gapernah piara mzd, tapi logikanya mobil yg gak mainstream kalo sparepart terutama slow moving kudu inden2 ya cukup wajar sih. Kalo mau no inden atau inden tapi gak lama memang kudu belinya apanjah... :ngacir: Atau kalo ga beli mazda VX1 :ngacir: :ngacir: :drinking:
benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Yes, mubil mainstream pun kalo dah urusan sama bodypart kudune buat part2 tertentu tetep ada pake acara inden2 :D
Yaris bakpao yg cuman CBU thai aja dan toyota itu tetep harus inden dan harganya sama aja kok om. Krn kl masyarakat sini kebanyakan nyamain ke kijang/avansa dr availability sama harga2 itu
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by josomba »

marmut wrote: Wed Sep 15, 2021 6:42
filter oli ga usah kawatir, pake nissan saja. livina atau xtrail atau datsun cross atau evalia atau serena.
atau kalo ruangannya cukup bisa pake kepunyaan honda.
Nah mbah yg beneran dah pernah nguprek mobil owe dr kaki2 sampe filter bensin dah bersabda

:big_weee:

ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
Hemm dibaca berulang kali ya bener sih nih. sekarang lg pake hatchback ... bini mulai req pake cx-3 aja .... sampe dah ane jelasin bakal sama aja feel berkendara dan duduk di dalamnya, kecuali bagasi lebih gede dikit doang. Tetep wae dibilangnye cx-3 lebih lega dll.

:big_biglaugh:
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28 benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

-cut-
Ngomongin part, partman BeRes deket saya pernah ada ngmg kalau yg kudu import dr nihon, ada batching shipment setahun cuman berapa kali gitu. Kalau yg from Thai lebih luwes shipmentnya. CMIIW barangkali di SM ada yg gawe di masdut.

Nah perkara gasket TB n intek manipold, apesnya made in nihon ...... padahal keknya lebih layak kalau si Thai yg produksi karet gasket dowang ketimbang si nihon dah

:big_biglaugh:
Image
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by maastricht889 »

josomba wrote: Wed Sep 15, 2021 9:22
marmut wrote: Wed Sep 15, 2021 6:42
filter oli ga usah kawatir, pake nissan saja. livina atau xtrail atau datsun cross atau evalia atau serena.
atau kalo ruangannya cukup bisa pake kepunyaan honda.
Nah mbah yg beneran dah pernah nguprek mobil owe dr kaki2 sampe filter bensin dah bersabda

:big_weee:

ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28
ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.
Hemm dibaca berulang kali ya bener sih nih. sekarang lg pake hatchback ... bini mulai req pake cx-3 aja .... sampe dah ane jelasin bakal sama aja feel berkendara dan duduk di dalamnya, kecuali bagasi lebih gede dikit doang. Tetep wae dibilangnye cx-3 lebih lega dll.

:big_biglaugh:
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28 benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

-cut-
Ngomongin part, partman BeRes deket saya pernah ada ngmg kalau yg kudu import dr nihon, ada batching shipment setahun cuman berapa kali gitu. Kalau yg from Thai lebih luwes shipmentnya. CMIIW barangkali di SM ada yg gawe di masdut.

Nah perkara gasket TB n intek manipold, apesnya made in nihon ...... padahal keknya lebih layak kalau si Thai yg produksi karet gasket dowang ketimbang si nihon dah

:big_biglaugh:
Mazda sky yg 1.5 itu partnya ada yg buatan lokal kok om, catalytic converternya (doang) :big_weee:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by josomba »

erwinign wrote: Wed Sep 15, 2021 10:19
Mazda sky yg 1.5 itu partnya ada yg buatan lokal kok om, catalytic converternya (doang) :big_weee:
Sekalinya yg lokal, ternyata part yang sangat slow slow slow moving* ya mbah

*kecuali sang user pake oli 20w50 api SJ + premium lalu bikin mampet cat
:big_biglaugh:
Image
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by sh00t »

erwinign wrote: Wed Sep 15, 2021 8:20
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 8:06
ChZ wrote: Wed Sep 15, 2021 7:28

ane lama lama mikir loh crossover suv tuh sebenernya mobil kompromi suami yang ga dibolehin istrinya beli hatchback / sedan, tp ogah beli family car / minivan, jadinya beli crossover :big_biglaugh: driving feelnya masih agak mirip sedan tapi dalemnya luas kayak wagon istri hepi.



benernya tuh kl tau sistem logistik ATPM sebenernya merek apapun punya potensi inden berbulan-bulan utk slow moving parts. even sebuah toyota ya. blom bicara logistik pengiriman kl di kota kecil warehouse nya biasa jadi 1 dengan kota besar. jadi ya musti memang nunggu agak lama.

krn kalo ngirim barang kadang gak bisa jalan per pcs, setiap rit angkut pasti ada minimalnya. dan kl gak mencapai minimal udah pasti ditunda-tunda kalo gak berat di ongkos.

cilakanya brand non-established spt mazda udah warehouse part gak banyak, unit muternya dikit, mencapai minimal ini agak lebih lama drpd honda/toyota. jd merek spt mazda pasti banyak meleset dari yang dijanjikan oleh partman / SA. apalagi kalau bicara part body atau interior yang sebenernya nyaris tidak pernah memerlukan penggantian / perawatan, di part warehouse udah pasti tidak banyak tersedia dan kalo udah gitu kan mesti produksi dulu. lagi-lagi produksi juga ada kuotanya.

makanya inilah peran penting bisnis junkyard / part bekas, krn ada part yang sebenarnya kita tidak terlalu perlu kondisi barangnya brand new spt body atau interior. belum lagi jika mobilnya sudah phase out / discontinue produksi partnya sudah pasti dikurangi, dan mau pesan juga inden sangat-sangat lama.

yang nyaris tidak inden itu engine atau electronic parts, yakin deh walau mobil udah beda generasi gak semuanya itu baru. printilan-printilan mesin antar model lama dan baru itu mayoritas tidak jauh berbeda sebenarnya. apalagi banyak mobil yang sebenarnya sharing platform dan same platform bisa digunakan sampai 10-15 tahun. belum kita bicara kadang merek lain pakai vendor parts yang sama dengan spec sama persis.
Nah ngomong"tentang crossover SUV, yang lagi ditunggu" ini Hyundai Tucson. Berharap saja pas pabriknya sudah siap, sudah bisa diproduksi disini. :big_blushing:
Saya juga nunggu mobil satu ini om. KEREENN modelnya!!! Dan ada diesel 2.0cc di koreanya
Oh, ada yah om? Saya pikir cuma ada 1.6L Turbo dan 2.0L saja.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by maastricht889 »

sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 11:18
erwinign wrote: Wed Sep 15, 2021 8:20
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 8:06

Nah ngomong"tentang crossover SUV, yang lagi ditunggu" ini Hyundai Tucson. Berharap saja pas pabriknya sudah siap, sudah bisa diproduksi disini. :big_blushing:
Saya juga nunggu mobil satu ini om. KEREENN modelnya!!! Dan ada diesel 2.0cc di koreanya
Oh, ada yah om? Saya pikir cuma ada 1.6L Turbo dan 2.0L saja.
Ada kok om, dr gen sebelumnya jg udah ada. Mgkn pamornya sekarang blm gt mentereng gara2 ada hibrid juga kan. Diselnya saya lihat di wiki 1.6 sama 2.0

Sekarang tinggal nunggu aja sih kapan tucson mampang di njkb samsat, krn si video launch tucson udah sempet disebut pasti masuk indonesia yg 3rows
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by ChZ »

josomba wrote: Wed Sep 15, 2021 9:22
Hemm dibaca berulang kali ya bener sih nih. sekarang lg pake hatchback ... bini mulai req pake cx-3 aja .... sampe dah ane jelasin bakal sama aja feel berkendara dan duduk di dalamnya, kecuali bagasi lebih gede dikit doang. Tetep wae dibilangnye cx-3 lebih lega dll.

:big_biglaugh:

Ngomongin part, partman BeRes deket saya pernah ada ngmg kalau yg kudu import dr nihon, ada batching shipment setahun cuman berapa kali gitu. Kalau yg from Thai lebih luwes shipmentnya. CMIIW barangkali di SM ada yg gawe di masdut.

Nah perkara gasket TB n intek manipold, apesnya made in nihon ...... padahal keknya lebih layak kalau si Thai yg produksi karet gasket dowang ketimbang si nihon dah

:big_biglaugh:
:big_biglaugh: soalnya skrg tuh crossover ya kayak hatchback gendut dengan ban besar aja sih gak ada offroad capabilitynya dan beberapa ruang kargonya extra. apa lagi kalo bukan buat kompromi family car dan sedan.

jd paham skrg kenapa raize rocky laku mbah... tuh mobil ud kek kacang goreng. ud sugesti kalo suv pasti lebih luas drpd sedan pdhl mah form factor doang...

nahh itu dia yang ribet kalo mobilnya beberapa part musti shipping dari luar kayak thai apalagi nihon. dulu ane punya sisuka SX4 tabrakan nunggu part ampe 6 bulan meleset dr yang dijanjiin 2 bulan kelar pdhl ya itu mobil udah CKD itungannya. abis liat ternyata banyak bngt yang made in nihon. pantes lama dan mahil...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1254
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Mazda 3 Sedan VS Honda Civic Turbo Sedan

Post by sh00t »

erwinign wrote: Wed Sep 15, 2021 11:51
sh00t wrote: Wed Sep 15, 2021 11:18
erwinign wrote: Wed Sep 15, 2021 8:20

Saya juga nunggu mobil satu ini om. KEREENN modelnya!!! Dan ada diesel 2.0cc di koreanya
Oh, ada yah om? Saya pikir cuma ada 1.6L Turbo dan 2.0L saja.
Ada kok om, dr gen sebelumnya jg udah ada. Mgkn pamornya sekarang blm gt mentereng gara2 ada hibrid juga kan. Diselnya saya lihat di wiki 1.6 sama 2.0

Sekarang tinggal nunggu aja sih kapan tucson mampang di njkb samsat, krn si video launch tucson udah sempet disebut pasti masuk indonesia yg 3rows
Waduh, koq menyalahi kodratnya sebagai compact SUV yang 2 row? Mustinya kan dia cocoknya bersaing dengan Honda CR-V, Mazda CX-5.