[Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

[Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by faridrach »

Selamat sore rekan2 SM, mudah2an rekan semua selalu dalam kondisi sehat dan berkecukupan.

Setelah kurang lebih 90rb kilometer bersama ANKI G 2.4 tahun 2017, rasa2nya mulai muncul secercah keinginan untuk meremajakan kendaraan. Walaupun di sisi hati lain merasa sudah sangat cocok dengan segala kelebihan dan kekurangan ANKI ini.

Mulai ada diskusi dengan istri untuk ganti ke ANPS, mungkin secondan tahun 2016-2017 agar tidak nombok terlalu banyak. Karena saya belum familiar dengan brand Mitsubishi (Riwayat kepemilikan mobil hanya Toyota, Isuzu, Suzuki), khususnya ANPS ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

1. Bagaimana layanan aftersales Mitsubishi? Apakah sebaik Toyota?

2. Melihat fakta bahwa ANPS TKDN nya tidak sampai 70%, apa berarti banyak sparepart yang didatangkan dari luar? apa perlu indent2 yg terlalu lama?

3. Dari sisi kenyamanan, apakah berbeda jauh antara ANKI dan ANPS? baik kenyamanan di sisi driver maupun sebagai penumpang? karena saya tipikal driver yang nyantai yg suka kenyamanan kalau di tol (walaupun ANKI juga gak nyaman2 amat sih), namun tidak bisa santai kalo di jalur pantura (rute kerja) pasti harus salip2 truck yang jalannya kayak keong racun.

4. Istri saya beberapa kali tanya apakah limbung keterlaluan sampai bikin mual? saya pribadi belum bisa jawab karena belum pernah bawa.

5. Apa hal yang saya dapatkan maupun yang tidak saya dapatkan ketika ganti dari ANKI ke ANPS?

oiya ada juga opsi penggantinya adalah Fortuner, tapi setelah dipikir2 dengan basis yang sama + mesin yang sama maka sudah pasti ANKI akan tetap lebih nyaman, lebih irit, lebih kencang dan lebih murah perawatannya. jadi mungkin agak kecil ya kemungkinannya utk ganti ke Fortuner, walaupun sama sekali tidak menutup kemungkinan.

Mungkin sekian, mohon masukannya dari rekan2 sekalian. trims.

salam
kuzkuz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu May 28, 2015 7:40

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by kuzkuz »

Halo om,

Coba Jawab ya :

Mobil Saya ANKI Diesel Matic, tapi pernah bawa pajero sport punya teman yang PFL

dengan asumsi sama-sama std (no remap dll), tarikan bawah pajero sport agak lemot sehingga harus injek gas lebih dalam sementara toyota lebih responsif tarikan bawahnya.

Untuk keluar masuk kendaraan, jauh lebih nyaman innova karena naikan pajero sport agak tinggi.

Secara prestise ANPS > ANKI (harga gak bohong lah)

Yang perlu diperhatikan adalah daya tahan ANPS terhadap bio solar karena setahu saya injectornya lebih canggih daripada innova.

Semoga membantu
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by Pboyz97 »

faridrach wrote: Sat Nov 13, 2021 9:44 Selamat sore rekan2 SM, mudah2an rekan semua selalu dalam kondisi sehat dan berkecukupan.

Setelah kurang lebih 90rb kilometer bersama ANKI G 2.4 tahun 2017, rasa2nya mulai muncul secercah keinginan untuk meremajakan kendaraan. Walaupun di sisi hati lain merasa sudah sangat cocok dengan segala kelebihan dan kekurangan ANKI ini.

Mulai ada diskusi dengan istri untuk ganti ke ANPS, mungkin secondan tahun 2016-2017 agar tidak nombok terlalu banyak. Karena saya belum familiar dengan brand Mitsubishi (Riwayat kepemilikan mobil hanya Toyota, Isuzu, Suzuki), khususnya ANPS ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

1. Bagaimana layanan aftersales Mitsubishi? Apakah sebaik Toyota?

2. Melihat fakta bahwa ANPS TKDN nya tidak sampai 70%, apa berarti banyak sparepart yang didatangkan dari luar? apa perlu indent2 yg terlalu lama?

3. Dari sisi kenyamanan, apakah berbeda jauh antara ANKI dan ANPS? baik kenyamanan di sisi driver maupun sebagai penumpang? karena saya tipikal driver yang nyantai yg suka kenyamanan kalau di tol (walaupun ANKI juga gak nyaman2 amat sih), namun tidak bisa santai kalo di jalur pantura (rute kerja) pasti harus salip2 truck yang jalannya kayak keong racun.

4. Istri saya beberapa kali tanya apakah limbung keterlaluan sampai bikin mual? saya pribadi belum bisa jawab karena belum pernah bawa.

5. Apa hal yang saya dapatkan maupun yang tidak saya dapatkan ketika ganti dari ANKI ke ANPS?

oiya ada juga opsi penggantinya adalah Fortuner, tapi setelah dipikir2 dengan basis yang sama + mesin yang sama maka sudah pasti ANKI akan tetap lebih nyaman, lebih irit, lebih kencang dan lebih murah perawatannya. jadi mungkin agak kecil ya kemungkinannya utk ganti ke Fortuner, walaupun sama sekali tidak menutup kemungkinan.

Mungkin sekian, mohon masukannya dari rekan2 sekalian. trims.

salam
kebetulan saya sudah pernah test drive dua duanya + pernah punya xpander, yaris joker dan avanza juga . saya coba bantu jawab ya
1. layanannya sepengalaman saya miara xpander lumayan bagus ya, cuma ya secara overall masih lebih baik toyota menurut saya
2. memang banyak, cuma indennya gak terlalu lama harusnya, karena setau saya masih lumayan banyak beres dan spesialisnya yg bisa handle apalagi di jakarta
3. tidak. kalo buat nyetir sendiri atau duduk didepan, worth it ganti pajero karena lebih enak disetir + tarikkan atasnya lumayan ngisi . tapi kalo buat kenyamanan, sepertinya masih lebih nyaman innova menurut saya (kalo opsinya cuma 2 itu). kalo emg tipikalnya driver yg nyantai dan suka kenyamanan + pengen kenceng di pantura , saya sarankan buat ke mobil monokok saja, lebih nyaman dibanding ladder frame menurut saya apalagi kalo di tol. coba pertimbangkan ke crv turbo aja. yg prestige 2017-2018 sepertinya masuk budget. emg tarikan bawahnya gak sekenceng innova + tarikan atasnya gak sekenceng pajero kalo dalam kondisi standar, tapi buat jalan jauh lebih nyaman dibanding ANKI atau ANPS + bisa diajak keceng juga (tinggal remap aja udh naik lumayan tenaganya), walaupun minusnya interior quality dan road noisenya dibawah ANKI dan ANPS menurut saya
4. kalo buat saya pribadi , kebetulan biasa bawa SUV monokok kaya CRV dan CX5, cukup limbung ya, cuma masih tolerable buat saya pribadi, kalo biasa pake ANKI kayanya gajauh beda ya soal kestabilan . mending test drive aja, biar lebih tau sregnya ke yg mana , karena pendapat orang bisa aja beda2, gabisa disamaratakan
5 yg didapatkan
- kelas yg lebih tinggi
- lebih gagah
- GC yg sedikit lebih tinggi
- 8 speed
- tarikan atas yg lumayan ngisi
- desain exterior dan interior yg lebih cakep
- fitur yg lebih lengkap
- driving feel yg lebih baik

yg gak didapat
- kenyamanan kalo duduk di row 2
- tarikan bawahnya agak kurang kalo kondisi std
- agak limbung dikecepatan tinggi walaupun buat saya pribadi masih tolerable
- kalo bawa lansia, bakal lebih sulit akses keluar masuknya karena GCnya lebih tinggi , gak semudah innova

kalo saya pribadi bakal tetep stay di ANKI atau kalo mau ganti, saya bakal ganti ke SUV monokok kaya CX5 atau CRV Turbo, karena lebih nyaman dibanding ladder frame + memenuhi kriteria juga hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by rito »

Ato ke santa fe aja om
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by McLaren »

Rasa mirip-mirip aja, walau Pajero rasanya less truckish daripada Innova Reborn prefacelift.
Klo di toll sering nakal diatas 120 km perjam, Innova lebih stabil.

Sy dulu test drive trio ladder frame ini bawa bayi di row kedua, mobil mana yg bisa bikin dia tidur.. itu yg saya beli 🤣
Dan akhirnya sy pilih innova. Dua kali malah.
Jd ada dua innova hitam di rumah, satu dipakai bapak, satu dipakai saya.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by ariswp »

Ga worth sih om kalo ngejar nyaman, malah beberapa aspek seperti handling sama kenyamanan terutama row 2 malah menurun
Kalo ngejar prestise dan performa okelah
Dari ANKI saya prefer up ke santa fe ajah om, tapi ya gitu, bukan merk dan mekanikal yg mainstream
Gak nunggu fortie 1GD/next facelift yg siapa tau udah dapet "fitur" kekinian yg lagi hype di kelas lmpv om? Hehe
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by fl4b1e »

di kamtor ada Innova dan ANPS. kalau mnrt saya sebagai penumpang di row 2, kalau kenyamanan masih lebih nyaman ANKI. mungkin karena ground clearance ANKI yang lebih rendah.

Kalau panfangan saya sebagai penumpang, kalau cari yang nyaman ya Xtrail T32, CRV Turbo atau Hyundai Santa Fe.
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by faridrach »

kuzkuz wrote: Sat Nov 13, 2021 10:02 Halo om,

dengan asumsi sama-sama std (no remap dll), tarikan bawah pajero sport agak lemot sehingga harus injek gas lebih dalam sementara toyota lebih responsif tarikan bawahnya.

Semoga membantu
thank you sharingnya om, untuk point yang bold, berarti kalau kondisi stop n go lebih enak ANKI ya?
Pboyz97 wrote: Sat Nov 13, 2021 17:03
kebetulan saya sudah pernah test drive dua duanya + pernah punya xpander, yaris joker dan avanza juga . saya coba bantu jawab ya
1. layanannya sepengalaman saya miara xpander lumayan bagus ya, cuma ya secara overall masih lebih baik toyota menurut saya
2. memang banyak, cuma indennya gak terlalu lama harusnya, karena setau saya masih lumayan banyak beres dan spesialisnya yg bisa handle apalagi di jakarta
3. tidak. kalo buat nyetir sendiri atau duduk didepan, worth it ganti pajero karena lebih enak disetir + tarikkan atasnya lumayan ngisi . tapi kalo buat kenyamanan, sepertinya masih lebih nyaman innova menurut saya (kalo opsinya cuma 2 itu). kalo emg tipikalnya driver yg nyantai dan suka kenyamanan + pengen kenceng di pantura , saya sarankan buat ke mobil monokok saja, lebih nyaman dibanding ladder frame menurut saya apalagi kalo di tol. coba pertimbangkan ke crv turbo aja. yg prestige 2017-2018 sepertinya masuk budget. emg tarikan bawahnya gak sekenceng innova + tarikan atasnya gak sekenceng pajero kalo dalam kondisi standar, tapi buat jalan jauh lebih nyaman dibanding ANKI atau ANPS + bisa diajak keceng juga (tinggal remap aja udh naik lumayan tenaganya), walaupun minusnya interior quality dan road noisenya dibawah ANKI dan ANPS menurut saya
4. kalo buat saya pribadi , kebetulan biasa bawa SUV monokok kaya CRV dan CX5, cukup limbung ya, cuma masih tolerable buat saya pribadi, kalo biasa pake ANKI kayanya gajauh beda ya soal kestabilan . mending test drive aja, biar lebih tau sregnya ke yg mana , karena pendapat orang bisa aja beda2, gabisa disamaratakan
5 yg didapatkan
- kelas yg lebih tinggi
- lebih gagah
- GC yg sedikit lebih tinggi
- 8 speed
- tarikan atas yg lumayan ngisi
- desain exterior dan interior yg lebih cakep
- fitur yg lebih lengkap
- driving feel yg lebih baik

yg gak didapat
- kenyamanan kalo duduk di row 2
- tarikan bawahnya agak kurang kalo kondisi std
- agak limbung dikecepatan tinggi walaupun buat saya pribadi masih tolerable
- kalo bawa lansia, bakal lebih sulit akses keluar masuknya karena GCnya lebih tinggi , gak semudah innova

kalo saya pribadi bakal tetep stay di ANKI atau kalo mau ganti, saya bakal ganti ke SUV monokok kaya CX5 atau CRV Turbo, karena lebih nyaman dibanding ladder frame + memenuhi kriteria juga hehehe
wah mantap sekali ini penjelasannya, sangat menjawab... terutama point no.3. karena kondisinya saya selalu nyetir sendiri dan istri lebih suka duduk di depan, berarti sebagai driver saya ambil kesimpulan justru ANPS kebih enak dari ANKI yah om. Row 2 paling diisi ART atau orang tua (sangat jarang, mungkin setahun hanya 3-4x aja, karena ortu di Jakarta, sedangkan saya di Semarang)

kalau CX5 dan CRV Turbo saya sebetulnya suka juga sih, tapi untuk medan harian saya Semarang-Jepara sepertinya lebih pas pakai ladder frame karena kualitas jalan yang tambal sulam dan cukup banyak lubang. Dan juga ada satu daerah di Demak namanya Sayung, daerah ini seringkali banjir. Jadi kaki2 kuat dan ground clearence tinggi jadi faktor penentu penting sih om.

anyway terima kasih banyak masukannya ya om!! :big_exellent: :big_exellent:
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by faridrach »

McLaren wrote: Sun Nov 14, 2021 1:10 Rasa mirip-mirip aja, walau Pajero rasanya less truckish daripada Innova Reborn prefacelift.
Klo di toll sering nakal diatas 120 km perjam, Innova lebih stabil.

Sy dulu test drive trio ladder frame ini bawa bayi di row kedua, mobil mana yg bisa bikin dia tidur.. itu yg saya beli 🤣
Dan akhirnya sy pilih innova. Dua kali malah.
Jd ada dua innova hitam di rumah, satu dipakai bapak, satu dipakai saya.
Saya malah mengira Pajero lebih terasa truckish, ternyata justru sebaliknya ya? :ungg:
rito wrote: Sun Nov 14, 2021 0:58 Ato ke santa fe aja om
kira2 durability mesin dieselnya gimana yah om?
ariswp wrote: Sun Nov 14, 2021 1:16 Ga worth sih om kalo ngejar nyaman, malah beberapa aspek seperti handling sama kenyamanan terutama row 2 malah menurun
Kalo ngejar prestise dan performa okelah

Dari ANKI saya prefer up ke santa fe ajah om, tapi ya gitu, bukan merk dan mekanikal yg mainstream
Gak nunggu fortie 1GD/next facelift yg siapa tau udah dapet "fitur" kekinian yg lagi hype di kelas lmpv om? Hehe
Berarti tinggal kita apakah mau menukar kenyamanan dengan prestise dan performa ya.
hahaa iya kayaknya bakal keren sih fitur fortuner 1GD, tapi ada daya budgetnya terbatas untuk ANPS second aja hehe.
fl4b1e wrote: Sun Nov 14, 2021 1:21 di kamtor ada Innova dan ANPS. kalau mnrt saya sebagai penumpang di row 2, kalau kenyamanan masih lebih nyaman ANKI. mungkin karena ground clearance ANKI yang lebih rendah.

Kalau panfangan saya sebagai penumpang, kalau cari yang nyaman ya Xtrail T32, CRV Turbo atau Hyundai Santa Fe.
terima kasih om.. ternyata rekan2 di sini mayoritas satu suara ya bahwa ANKI memang lebih nyaman dari ANPS. Baiklah akan jadi bahan pertimbangan. Memilih mobil bagi saya harus jeli, karena rata2 pemakaian minimal 4 tahun, jadi segala pertimbangan harus matang. :big_exellent: :big_grin:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by McLaren »

Pajero less truckish karena setirnya lebih ringan wkwk
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by faridrach »

McLaren wrote: Sun Nov 14, 2021 8:20 Pajero less truckish karena setirnya lebih ringan wkwk
Ah iya bener lagi :big_childish: kadang suka aneh sendiri kenapa ini setir berat gini hahaa
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by F272 »

Kenapa ngga ANKI ganti ke ANF om ?
Jika sudah puas dengan ANKi dan butuh tambah gagah, bisa pindah nya ke ANF .. bisa libas segala medan ..kemanapun tanpa harus khawatir kualitas bahan bakar di seluruh peloksok Indonesia...

:big_peace: :big_peace:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by McLaren »

F 272 wrote: Sun Nov 14, 2021 9:24 Kenapa ngga ANKI ganti ke ANF om ?
Jika sudah puas dengan ANKi dan butuh tambah gagah, bisa pindah nya ke ANF .. bisa libas segala medan ..kemanapun tanpa harus khawatir kualitas bahan bakar di seluruh peloksok Indonesia...

:big_peace: :big_peace:
Suhu inih..
Smg klo anak udah gedhe dikittt.. Sy bisa tuker ke fortie G 4x4 lalu keliling nusantara seperti suhu 🙏🏼
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by Pboyz97 »

faridrach wrote: Sun Nov 14, 2021 3:23

wah mantap sekali ini penjelasannya, sangat menjawab... terutama point no.3. karena kondisinya saya selalu nyetir sendiri dan istri lebih suka duduk di depan, berarti sebagai driver saya ambil kesimpulan justru ANPS kebih enak dari ANKI yah om. Row 2 paling diisi ART atau orang tua (sangat jarang, mungkin setahun hanya 3-4x aja, karena ortu di Jakarta, sedangkan saya di Semarang)

kalau CX5 dan CRV Turbo saya sebetulnya suka juga sih, tapi untuk medan harian saya Semarang-Jepara sepertinya lebih pas pakai ladder frame karena kualitas jalan yang tambal sulam dan cukup banyak lubang. Dan juga ada satu daerah di Demak namanya Sayung, daerah ini seringkali banjir. Jadi kaki2 kuat dan ground clearence tinggi jadi faktor penentu penting sih om.

anyway terima kasih banyak masukannya ya om!! :big_exellent: :big_exellent:
iya om. kalo buat duduk didepan dan buat nyetir sendiri, ANPS lebih enak dari ANKI, tapi kalo buat duduk row 2, ANKI lebih nyaman dibanding ANPS. kalo row 2 nya masih cukup sering diisi ortu, mungkin bisa pertimbangkan opsi ANKI V diesel AT FL baru atau venturer diesel AT FL baru. walaupun sekilas sama2 ANKI, tapi kekedapan + fiturnya kerasa upgrade dibanding tipe G menurut saya + lebih nyaman buat orang tua dan lebih mudah juga akses keluar masuknya dibanding ANPS menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rito
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Mar 12, 2012 4:28

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by rito »

kira2 durability mesin dieselnya gimana yah om?
kalau santafe, saya jujur belum pernah pakai om. tapi menurut saya, model nya yang sekarang ok. sudah ada yang review di forum ini, berikut link nya :
viewtopic.php?p=1024294#p1024294
oh ya, santafe ini penggerak roda depan, dan tenaga diesel dan torsinya lumayan besar
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by jakanjc »

Ex user ANKI V 2GD 2017 dan ANPS 2017 Dakar

Coba bantu jawab,

To the point saja saya jawab sesuai judul threadnya, kl untuk upgrade kenyamanaan tidak worth. Somehow, di beberapa sisi aspek kenyamanaan ANKI malah lebih unggul seperti:
- Buat row kedua, di Innova berasa lebih lega karena headroom jauuhh lebih lega, legroom mirip2 lah. Dan di ANPS row keduanya sukses bikin ART mabok darat rute jalur selatan garut-banjarnegara (di ANKI rute yg sama gapernah mabok).
- Buat high speed diatas 110 km/h, saya ngerasa lebih pede nyetir ANKI, di ANPS gatau knp kerasa lebih melayang atau karena faktor sugesti GC lebih tinggi juga bisa jadi.

Tapi kalau om ingin upgrade ke karena aspek fun to drive dan prestige silahkan ganti ke ANPS karena:
- Power ANPS enak banget untuk rute toll, tenaga mid-high rpm kuat. Ditambah, paddle shift + 8 AT nya bikin driver ga bosen kl nyetir jarak jauh. Stir lebih enteng walaupun sama2 ga direct :big_weee: . Tapi buat seruntulan dalkot, malah ANKI lebih enteng untuk stop n go / merayap di kemacetan.
- Faktor prestige yaa gabisa dipungkiri ANPS dianggap sebagai mobil ‘sukses&berhasil’ orang-orang warga Indonesia tercintah.
-Ohiya, satu point plus buat kenyamaan ANPS dibanding ANKI yaitu buat row 1 kursi ANPS sangat nyaman dari keempukan & bentuk joknya yang sangat pas buat postur orang Indonesia. Jok depan ANKI bentuknya lebih kecil dan busanya lebih tipis (padahal punya saya sudah di retrim + tambah busa dibagian pantat+punggung) tetep saja gabisa ngalahin kenyamanaan jok ANPS :big_slap:

Semoga membantu
'You can go fast, But I can go anywhere'
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by KielConstantine »

McLaren wrote: Sun Nov 14, 2021 11:03
F 272 wrote: Sun Nov 14, 2021 9:24 Kenapa ngga ANKI ganti ke ANF om ?
Jika sudah puas dengan ANKi dan butuh tambah gagah, bisa pindah nya ke ANF .. bisa libas segala medan ..kemanapun tanpa harus khawatir kualitas bahan bakar di seluruh peloksok Indonesia...

:big_peace: :big_peace:
Suhu inih..
Smg klo anak udah gedhe dikittt.. Sy bisa tuker ke fortie G 4x4 lalu keliling nusantara seperti suhu 🙏🏼
Suhu roadtrip “denger-denger” mau tuker bpkb ke fortie 2.8 4x4 🤭
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by KielConstantine »

faridrach wrote: Sun Nov 14, 2021 3:35
rito wrote: Sun Nov 14, 2021 0:58 Ato ke santa fe aja om
kira2 durability mesin dieselnya gimana yah om?
Mobil korea kluaran skarang ud lumayan oke & tahan banting sih om. Diajak jalan sampe odo ratusan ribu jg ok.

Minusnya santa-fe ya musti colok bbm pertadex .. ANPS ANKI VRZ kan minum solar busuk masih oke ya wkwk

Sama santafe kalo tinggal di daerah2 agak susah cari bengkelnya, sparepart mungkin bs order via online dari kota besar . Itu aja palingan issues nya .. maklum lah mobil anti mainstream lebih manja dikit :ungg:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by vp920b »

Anki ganti shock aja biar mantep dan stabil.

Keluar dikit sedikit hanya under 5jt udah mantap.

Kalau upgrade mending ke santa fe, hidup di kota metropolitan harusnya ga masalah.

Mobil robust makanya banyak yg kmnya panjang.

Untuk solar harus pertadex. Walaupun terlihat boros tapi konsumsi bbm sangat irit. Di dalkot bisa 1:12an, lurkot kaki sekolah bisa 1:20. Handling dan rem dan bantingan ga perlu diragukan lg.

Just my 2 cents
winnertrollino
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Feb 23, 2017 13:04

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by winnertrollino »

Share pengalaman saya : 3 tahun pakai ANPS Dakkar 2017, 3 bulan pakai ANKI 2.4 V A/T :

Menurut saya untuk kenyamanan jauh lebih nyaman ANKI. Ruang kabin seluruh row jauh lebih lega dan di ANPS ada tunnel transmission yang cukup mengganggu di perjalanan jauh

Tenaga memang ANPS menang di putaran atas tapi solusinya mudah tinggal Remap aja ANKI nya
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by epinjose »

Driver ANKI ke ANPS:
Posisi duduk lebih nyaman, saya tinggi 160, buat jalan jauh > 3jam di paha dan betis tidak cape, dan posisi duduk gak tenggelem kyk ANKI.
stir lebih ringan
AC di kursi depan somehow saya lebih pas di ANPS
lebih "ngayun kapal" plus/minus.. kalau driver poin plus karena nyaman.
cockpit lebih sempit dari anki
bensin lebih boros. anki tarikan bawah ok, anps ada jeda di bawah ke tengah

2nd row ANKI ke ANPS
jalan gelombang agak eneg karena teralu "ngapal"
orang tua perhatikan kesehatan dengkul, walo dibantu handgrip di 2nd row
ga ada meja.
kalo gak mau berasa sempit, ambil yg ulti supaya dapat interior beige.

Bonus, image kl turun dari ANPS.
playful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Oct 15, 2018 11:38
Location: Kota Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Mazda 2 Skyactive

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by playful »

Saran ane gan
Cobain deh Xtrail T32
Row 2 nya nyaman buat anak istri
Dibawanya jg enak
Kl image harusnya T32 lbh tinggi kah daripd ANKI?
thompst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by thompst »

Kebetulan mobil operasional di lapangan (pedalamam kalimantan) ada ANKI dan ANPS. Jadi kalau saya berkunjung ke lapangan pasti dijemputnya pakai ANKI atau ANPS. Jadi ini murni pengalaman saya sebagai penumpang kedua mobil ini karena yang bawa driver.

Sebagai penumpang saya pasti pesan untuk dijemput dengan ANKI jika memungkinkan. Perjalanan dari bandara ke lapangan lebih dari 4 jam dengan kombinasi jalan aspal dan jalan tanah (laterit) dengan medan sebagian berbukit2 sehingga cukup banyak belokan2. Dan kita ketahui bersama jika jalan aspal di pedalaman kalimantan tentunya tidak semulus jalan aspal di jawa.

Kenapa saya pilih ANKI dibandingkan ANPS? Karena ANKI jauh lbh nyaman sebagai penumpang. Selain ruang di baris kedua lebih lapang, yang paling penting ANKI lebih tidak memabukkan dibandingkan ANPS yang menurut saya sangat mengayun. Untuk orang yg mudah mabuk perjalanan, naik ANPS di medan seperti saya jelaskan diatas bisa membuat muntah2 dan ini pernah terjadi di beberapa tamu yang saya bawa.

Jadi to the point dari sisi penumpang, secara kenyamanan ANKI jauh lbh nyaman dibandingkan ANPS. Jika anda ingin SUV yang lebih nyaman dari ANKI dan lebih fun to drive mungkin bisa pertimbangkan SUV monocoque seperti CRV, CX-5 atau Santa Fe.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: [Minta Saran] Ganti ANKI ke ANPS apakah worth it (secara kenyamanan)?

Post by silentIm2 »

Kebetulan saya juga make ANPS 2016 om, jadi ini pendapat saya:

1. ANPS populasinya sgt banyak, dan harga partnya mirip2 dengan ANKI. Sharing part juga sama strada triton. Jadi menurut ane ga usah takut.
2. Liat nomor 1.
3. Bantingan akan lebih terasa di ANPS. Karena ANPS lebih pendek jarak sumbunya dari ANKI. 2-2nya ga terlalu nyaman kalo buat bantingan. Serius, lebih nyaman expander jauh daripada live axle ladder frame kayak ANPS dan ANKI. Live axle itu kuat soal durability, karena beban selalu ditanggung 2 roda. Tapi kelemahannya ya kalau ban kiri turun kena lubang, ban kanan akan naik, sehingga goncangan melintang lebih terasa.
4. Kalo kursi depan sih aman om buat istri. Kursi baris 2 yg waspada. Yg paling tersiksa yg di tengah dan di belakang. Di tengah ga ada headrest, di belakang sempit bgt. Masih luasan ANKI.
5. Yang anda dapet: power. Torsi responsive di semua RPM.
Lubang dan tanjakan hajar om full power. Tanjakan mudah dilibas.
Sunroof.
Stability control. Di ANKI cuma ada di Venturer, kalo ga salah fortuner taun segitu juga belum ada VSC.
Roof rail included. Tinggal tambah roof rack buat taeuh barang banyak di atap kalo lagi turing keluarga.
Dakkar rem belakang disc brake om. ANKI sampe sekarang masih tromol. Ya memang untuk performa harian tidak ada bedanya. Tapi untuk rem darurat, rem belakang cakram lebih baik.
Parking brake dah elektronik, bukan handel tarik.

Kekurangan ANPS saya: head unit clarion touch screen kalah sama sinar matahari. Karena layarnya miring sedikit ke atas, bukan tegak. Kalo lagi mundur cameranya jadi kurang keliatan. Resolusi kameranya juga rendah.
Minim tempat botol minum, cuma 4 di depan. Tempat penyimpanan juga minim.
Ga ada cruise control. Bisa dimodif sih kalo mau.
Ga ada monitor tengah seperti ANKI versi Q.
Bagasi belakang belum elektrik. Tutup bagasi masih pakai tenaga manual.
Pajak tahunan lebih mahal dibanding ANKI.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140