Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
carlowolvie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Dec 20, 2021 2:09
Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es

Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by carlowolvie »

Good day,,

Setelah bertahun-tahun jadi silent reader akhir memberanikan diri buat topic untuk minta saran suhu-suhu SM.

Kebetulan lg ada rejeki. Mau cari second car yg jatuhnya collectible.. karena mau digunakan untuk waktu yg cukup lama. 8-10 tahun an, klo cocok ya forever :big_grin: Ada budget 150-200jt

Saat ini saya pakai bmw e39 528i black on beige buat daily dan e84 untuk pakean istri.

sempet kepikiran xv40 Q facelift (karena ada pijitnya), toyota harrier 3.0 non airs, crv gen 3 cbu, w220 s280 sunroof, w211 avant-garde..

Kmungkinan besar velg di ganti dan suspensi di ceperin.
Dipakai paling hanya untuk antar anak sekolah.

Untuk bensin dan perawatan selama ga melewati konsumsi e39 berarti masuk kategori aman :big_grin:
Sama plg males klo nyari parts nya susah, liat mobil jogrok ga ada parts itu sedih bgt.

w220 dan w211 ini masuknya ke kategori dendam. Pas punya dulu ga lama ortu bangkrut, jd blom puas pakenya kburu dijual. Dan dulu punya yg blum sunroof

Mungkin suhu-suhu dimari ada masukan atau opini lain.. mohon inputnya.. terima kasih
Last edited by carlowolvie on Mon Dec 20, 2021 3:29, edited 1 time in total.
User avatar
carlowolvie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Dec 20, 2021 2:09
Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by carlowolvie »

Celica kayanya masih tinggi deh. Klo dpt 200 bulet mungkin case closed..

Jaguar parts nya gmana? susah ga

Rx8 byk denger drama nya, betahan di bengkel katanya dibanding di garasi rumah
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by KielConstantine »

W211 E280 9th-Edition kluaran taon 2009. Dy pake air suspension.



Itu paling pas mau disimpen lama jg monggo :big_okay:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by ChZ »

200 jt kok saya mikirnya antara

w202 C230 kompressor

atau

E36 323i MT :mky_01:

meski bodinya mirip sama trim biasa 318i dan C180 tapi ini trimline yang agak lumayan diincar orang. klo collectible sih lebih ke C230K tapi E36 323 MT juga lumayan langka. buat parts rasanya gak susah banyak yang main juga apalagi si oom udah pegang E39.

200jt paling masih kembalian sih. buat benerin sana sini dan harga partsnya seingat saya gak lebih mahal dari honda accord taun sama. jd cukup enjoyable buat dirawat dibenerin sampe enak gak sampe jebol kantong macem piara modern BMWs :big_biglaugh:

cukup enak pake sehari hari badannya kecil parkir gak susah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Pboyz97 »

150-200 jt saya prefer camry Q FL, paling masuk kriteria, perawatan termasuk terjangkau dan mudah dibanding kandidat lainnya, kalo udh biasa miara BMW mah, miara camry harusnya gaada masalah lah ya. part masih cukup melimpah, dan bengkel spesialisnya masih banyak yg bisa handle kalo di jakarta. kalo harrier 3.0 non airs masuk yg recomeded juga, cuma kalo buat collectible, saya lebih prefer camry wkwk. kalo yg 3.0 non airs, mesti sabar, karena populasi unitnya agak jarang, mayoritas soalnya kalo ga 240 G, ya 3.0 AIRS, kalo 3.0 G agak jarang populasinya menurut saya. cuma perawatannya ya buat mesin dan kaki2 masih aman lah, masih bisa sharing sm camry dan alphard, cuma kalo bodypartnya agak susah,apalagi gak tinggal di kota besar karena gadijual resmi via ATPM. sama kalo nyari 2 mobil itu, kudu sabar, pake prinsip lebih baik bayar lebih mahal tapi barangnya siap pake daripada asal murah tapi banyak PRnya. bawa kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit jadi potensi dapet unit jeleknya bisa diminimalkan , jangan pake patokan tahun, tapi kondisi no 1 , apalagi kedua mobil itu umurnya udh lebih dari 6 tahun. cari yg service recordnya lengkap, dasbornya masih bagus (soalnya rata2 camry dan harrier tahun segitu dasbornya udh pada retak atau sobek), printilannya masih lengkap dan berfungsi semua, maticnya sehat (pas di test drive gaada gejala jedug atau ndut ndutan) , elektrikalnya bagus (kabelnya gaada bekas akal2an atau jumper2an) dan kalo bisa dari pemakai langsung dan full ori luar dalem, sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru. karena mobil2 ini rata2 udh tangan ke sekian which is kita gatau pemakaian dan perawatan owner sblmnya seperti apa

sebelum beli, saran saya pelajarin dulu. jangan sungkan2 nanya ke komunitasnya atau ke orang yg udh pengalmaan, jadi bisa dapet refrensi mulai spek, penyakit dan ketersediaan partsnya. kalo parts mobil tahun segitu emg agak susah, cuma asal kita tau kemana dan gimana benerinnya, miara mobil tahun segitu mah enak kok, apalagi punya koneksi ke komunitasnya hehehe. soalnya kalo sehat , mobil ini kalo yg camry cukup fun to drive, nyaman dan handlingnya oke + kalo harrier, mobilnya cukup nyaman, walaupun driving feelnya ga seenak bmw menurut saya

kalo saya pribadi diantara w220 atau w211, saya lebih prefer w211 ya , kalo w220 gatau knp saya kurang suka sm modelnya . cuma kalo yg w211 kalo mau aman ambil e200 fl tahun 2008 keatas, No SBC, No Airsus, No ECU panggang. sm kalo mau yg collectiblle item, coba cari E280 9th edition,kaya yg dibilang sm om kiel , paling yg kudu diperhatiin airsus sm ecu panggangnya aja, kalo urusan SBC udh aman, karena model FL tahun 2008 keatas udh gak pake SBC lg kaya model yg PFL dan peralihan tahun 2007 kalo gasalah . dan nyarinya kudu sabar, karena populasinya agak jarang. kalo kondisinya sehat , mobil ini nyaman kok, lebih nyaman dibanding bmw menurut saya. kalo biasa miara bmw, harga partsnya 11 12 kalo di spesialis. bengkel spesialisnya juga masih banyak kalo di jakarta yg bisa handle menurut saya

saran saya , om explore juga deh ke spesialis dan komunitasnya, pelajarin semua mobil yg om incer mulai dari spek, varian, fitur , biaya perawtatannya di beres berapa, di spesialis berapa, terus kalo nyari parts mesti kemana dan dimana, jadinya pas beli om udh tau nih, kalo mau servis atau perbaikkan mesti kemana dan dimana , apalagi om menjadikan ketersediaan spareparts sebagai prioritas hehehe

kalo mau alternatif, bisa lirik w124 300E AT atau E320 MPS, bisa dijadikan alternatif, kalo udh biasa miara bmw gamasalah harusnya, mercy yg termasuk badak, partsnya jg masih banyak kalo dikota besar karena spesialisnya banyak yg bisa handle. harga partsnya ya gajauh beda kok sm honda mazda nissan tahun sama. dan bisa jadi collectible item juga, apalagi E320 MPS, karena nyari yg kondisinya bagus, apalagi yg bener2 MPS asli bawaan lahir, bukan convertan dari PFL atau E320 biasa cukup sulit wkwkkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5689
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by sintoni »

RX8 dong..

Suicide doors + rotary engine..
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by doge »

budget bwt mobil aja ato mobil+repair/restore? klo mw 'selamanya' ya cri mobil yg teknologinya jadul sm msk collectible di LN; jd klo parts mulai susah di indo, di luar msh ada yg nyediain... e30 gitu?
:ngacir:
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Wed Jul 28, 2010 9:05

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by roymhs31 »

pernah punya camry Q FL 2010, konsumsi BBM sih klo dalkot 1:7, klo cruising di tol bisa lah 1:12-13. oiya klo gk salah ini dsarankan bensin min RON 95 di buku manualnya, beda ama yg versi 2.4 yg masi bs min 92. Berhubung saya bawa mobil gk grasak grusuk dan suka nyaman ya cocok2 aj ama ni mobil, cm prasaan jok kulitnya rada licin prasaan sama bahan dashboardnya klo berumur suka cracking jg, meski kataya gk separah versi PFL sih. mobil ini lbh sensitif di kaki2 depannya aj sih, termasuk as rodanya mungkin krn mesinnya lbh berat, klo kena dan ganti ori ya lumayan jg bs tembus 20 jutaan kiri kanan. selebihnya ya standar ngerawat toyota aj.

Trus ud pernah ngalamin proses turun mesin (rebuild) april 2020 lalu gegara coba2 engine flush krn salah pake cairan, pindah bengkel buat benerin di garden speed abs skitar hampir 30 juta klo gk salah. nyari spare parts sih gampang ya pas proses turun mesin kmrn, pdhl lgi jaman2 lokdon awal2 pandemi itu.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by farizfsa »

carlowolvie wrote: Mon Dec 20, 2021 3:33 Celica kayanya masih tinggi deh. Klo dpt 200 bulet mungkin case closed..

Jaguar parts nya gmana? susah ga

Rx8 byk denger drama nya, betahan di bengkel katanya dibanding di garasi rumah
Jaguar parts ga susah kok. Beli aja s-type facelift. Dr awal lahir udh bakl jd future classic.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by adriangaut »

Udah biasa main BMW ambil E34 aja, salah satu dream car tuh, kembalian banyak banget restore to showroom condition

Atau ambil W124 E320, mau sportline masterpiece atau yang standar bagus semua, ambil yang A/T dari pabriknya fitur lengkap, sama tuh beli, terus restore to showroom condition (cari yang bagus biar gak mahal restorenya) terus keep forever
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by dsign1990 »

w140 dan w124 AT ( ori bukan gendongan ), E34 530i ( terutama yg individual/ manual ) lagi pada nanjak harganya
kalau ada minat sebaiknya sekarang2 ini sebelum harganya "kurang logis" macam w123 AT dan e28 yg mint condition
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by thestoneroses »

Saya pakai W140 udah jalan 8 tahun oom, akhir-akhir ini udah mulai banyak yang nanyain, baik yang enam maupun dua belas silinder. Harganya sih yang bahan murah2 oom. Enak oom, tangkinya gede, ngisi bensinnya lebih jauh jaraknya daripada hot-hexbeck. 100x4=400 (dalkot) 100x5/6 kalau trans jawa.

Kalau nyaman ngga kalah sama camry, kebetulan dua-duanya saya standar + michelin aja. Kalau trans jawa aja sih cukup enak, keluar pasteur naik lembang juga masih mau lari. Paling yg 6 silinder agak boyo. Parts gampang. Tapi kalau nyari switch spion atau cantengan ac tengah ampun juga nyarinya he he

Gengsi kurang tahu oom, kayaknya masih gengsian bmw2 deh. Ini lebih ke sayang pinggang aja
Ron Asheton Forever
User avatar
carlowolvie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Dec 20, 2021 2:09
Daily Vehicle: e39_ACU30_civic es

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by carlowolvie »

Untuk e36 323i ane dulu pake yg a/t
Tp posisi di kaki entah kenapa krg cocok akhirnya abis restorasi total malah dijual.

e34 udah pernah pake yg 520i non vanos sunroof. Sama kaya alesan e36, ruang di kaki nya kaya aga sempit buat saya. Waktu itu patokan enak di e46 (karena ini mobil pertama saya, jd slalu menjadi benchmark saat beli mobil lagi) padahal e34 530i v8 nya asik banget.. Dulu nyoba punya midas rt 530i manual yg di upgrade jd 540i ngeriii abis tenaganya, bawa masuk parkiran mall alarm mobil lain pada bunyi saking suara engine nya bkin geter lantai parkir..

w211 9th edition ya? Kece jg sih,, naksir bgt liat punya temen w211 e320 atap nya panoramic,, cek2 harga masih >230jt an up ya??

Untuk w124 kk pernah punya yg boxer 230e sblm ganti ke R170. saya jujur krg suka sih,, no offense ya. Untuk mercy yg nyangkut di hati cuma w220 sama w211.. Bahkan yg baru2 skrg pun krg suka (sama harganya) hahaaa..

w140 itu s-class yg lady diana kan ya? Kece jg sih tu, gambot ada yg edisi double glass klo ga salah. Pake carlsson bantal harusnya udah ciamik

Yup, saya pernah pake jg camry 2003, mesin jebolbol melting dipinjem kk. Overheat ga ngeh dihajar jalan terus sampe mati sndiri. Pas di gendong kerumah intake nya ampe lengket kaya mozzarella. Rebuild ulang abis ±25jt an. Parts ambil dr cempaka putih original toyota.

Harrier emang rencana ambil yg 3.0 sih,, byk yg blg lebih berasa tenaganya compare sama yg 2.4 tp memang masalah dashboard ini kayanya jd main issue ya?

Klo untuk rx8 saya entah kenapa blm berani,, awam bgt sama mazda dan engine nya.

Honda estilo sbenernya ngincer tp harganya itu lhoo.. Gokiiil banget skrg


Maap ini caranya quote gmana ya? Bales dr hp nubie bingung
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by mike22 »

Suzuki swift sport kalo bisa warna kuning
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Newmember2018 »

Mumpung ada trit ini mau nanya sekalian dong subes. Kalau mau angkat w204 atau e46 kira-kira berapa budget yanh perlu disiapkan untuk peremajaan yang wajar karena usia? Ini dengan asumsi kalau mobilnya sehat ya. Kira-kira apa aja yamg perlu peremajaan?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Pboyz97 »

Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 10:43 Mumpung ada trit ini mau nanya sekalian dong subes. Kalau mau angkat w204 atau e46 kira-kira berapa budget yanh perlu disiapkan untuk peremajaan yang wajar karena usia? Ini dengan asumsi kalau mobilnya sehat ya. Kira-kira apa aja yamg perlu peremajaan?
kalo w204 spare budgetnya sekitar 30-50 jt, yg diremajain kalo dari w204 paling kaki2, rack steering sm elektrikalnya jg kudu diperhatiin, kalo ambilnya c230, c280 atau c300, paling tambahan yg mesti diperhatiin ecunya, karena dia letaknya diatas, beda sm c200 atau c250 yg letaknya dibawah mesin wkwkkw . kalo e46 ya spare budget 30jtan maksimal jg udh cukup, dan gak apple to apple jg karena beda gen, kalo w204 sekelasnya sm e90, kalo e46 sekelasnya sm w203. yg diperhatiin kalo angkut e46 paling kaki2, rack steering, matic, sm mountingnya yg mesti diperhatiin. sm kalo e46, pastiin elektrikalnya sehat sm maticnya sehat, gak ada gejala jedug atau nyentak pas test drive + wiringnya masih bagus (bukan bekas akal2an atau jumper2an). sm saran saya cari info dan refrensi dulu ke komunitas atau spesialisnya sblm ambil unit jadi udh ada gambaran kedepannya bakal seperti apa. semoga bermanfaat
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Newmember2018 »

Pboyz97 wrote: Fri Jan 07, 2022 11:37
Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 10:43 Mumpung ada trit ini mau nanya sekalian dong subes. Kalau mau angkat w204 atau e46 kira-kira berapa budget yanh perlu disiapkan untuk peremajaan yang wajar karena usia? Ini dengan asumsi kalau mobilnya sehat ya. Kira-kira apa aja yamg perlu peremajaan?
kalo w204 spare budgetnya sekitar 30-50 jt, yg diremajain kalo dari w204 paling kaki2, rack steering sm elektrikalnya jg kudu diperhatiin, kalo ambilnya c230, c280 atau c300, paling tambahan yg mesti diperhatiin ecunya, karena dia letaknya diatas, beda sm c200 atau c250 yg letaknya dibawah mesin wkwkkw . kalo e46 ya spare budget 30jtan maksimal jg udh cukup, dan gak apple to apple jg karena beda gen, kalo w204 sekelasnya sm e90, kalo e46 sekelasnya sm w203. yg diperhatiin kalo angkut e46 paling kaki2, rack steering, matic, sm mountingnya yg mesti diperhatiin. sm kalo e46, pastiin elektrikalnya sehat sm maticnya sehat, gak ada gejala jedug atau nyentak pas test drive + wiringnya masih bagus (bukan bekas akal2an atau jumper2an). sm saran saya cari info dan refrensi dulu ke komunitas atau spesialisnya sblm ambil unit jadi udh ada gambaran kedepannya bakal seperti apa. semoga bermanfaat
Thx om. Iye emang gak epel tu epel. Ini krn w203 bukan selera ane dan e90 byk isu mechatronik makanya loncat e46 atau w04. Kalau w204 harus siapin 30-50 jt buat peremajaan kyknya 200jt gak cukup ya hahaha.
Berarti nyari e46 aja, modelnya timeless. Pengalaman pernah beli mobkas sih justru yg paling perlu peremajaan itu karet karet di tempat oli yg sdh mulai keras trus retak dan bikin rembes, karetnya sih murah aja, jasanya yg mahal. Begitu juga karet bagian kaca depan dan pintu yg juga mulai retak. Kalau e46 brp ya buat beresin yg menyangkut karet2 oli oli dan karet2 kaca/pintu?
wiyono333
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Mar 22, 2015 13:49

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by wiyono333 »

Sudah ada 2 BMW mungkin saatnya punya mercedes.
W211 saya pernah pakai yang facelift tapi belum ninth edition.
Highhly reccomended kecuali kalau ada masalah electrical agak deg deg an dengar biayanya.
Pilihan lain Accord V6 ini saya masih pakai sampai sekarang.
Sudah 6 tahun pakai jalan 40K an cuma pernah benerin power steering system aja.
Kurang gaya aja sih.
W212 kalau minat nambah dikit juga recomended.
Fu227scd
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Feb 23, 2019 9:53
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Swift GX

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Fu227scd »

wiyono333 wrote: Fri Jan 07, 2022 15:54 Sudah ada 2 BMW mungkin saatnya punya mercedes.
W211 saya pernah pakai yang facelift tapi belum ninth edition.
Highhly reccomended kecuali kalau ada masalah electrical agak deg deg an dengar biayanya.
Pilihan lain Accord V6 ini saya masih pakai sampai sekarang.
Sudah 6 tahun pakai jalan 40K an cuma pernah benerin power steering system aja.
Kurang gaya aja sih.
W212 kalau minat nambah dikit juga recomended.
Accord nya tahun berapa om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Pboyz97 »

Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 15:36
Thx om. Iye emang gak epel tu epel. Ini krn w203 bukan selera ane dan e90 byk isu mechatronik makanya loncat e46 atau w04. Kalau w204 harus siapin 30-50 jt buat peremajaan kyknya 200jt gak cukup ya hahaha.
Berarti nyari e46 aja, modelnya timeless. Pengalaman pernah beli mobkas sih justru yg paling perlu peremajaan itu karet karet di tempat oli yg sdh mulai keras trus retak dan bikin rembes, karetnya sih murah aja, jasanya yg mahal. Begitu juga karet bagian kaca depan dan pintu yg juga mulai retak. Kalau e46 brp ya buat beresin yg menyangkut karet2 oli oli dan karet2 kaca/pintu?
sama om, w203 bentuknya juga saya kurang suka + e90 memang banyak isu mechatronic, apalagi yg pre lci wkwk. kalo w204 , saran saya ambil yg budgetnya 220-230, abis itu sisain 30-50 jt diluar harga mobil buat perbaikkan.

iya, mending angkat e46 aja. desainnya timeless, cari yg 325i fl 2002 keatas, cakep bentuknya sm kerasa worthnya karena tarikan mesinnya lebih kenceng dibanding yg 318 , tapi kalo ga butuh2 amat yg namanya tarikkan mesin, 318 udh cukup kok, coba cari yg last edition before e90 , tahun 2003 -2004 kalo gasalah, mesinnya n46, denger2 lebih reliable dibanding n42. kalo pengen yg m43 pfl juga termasuk oke. tapi nyari e46 yg sehat agak susah, rata2 udh tangan ke sekian which is kita gatau perawatannya kaya gmn sm owner sblmnya dan banyak yg ex modif, jarang yg standar, maklum, salah 1 mobil eropa favorit anak muda sampai sekarang :big_biglaugh: . kalo bisa cari di pemakai langsung dan sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Newmember2018 »

Pboyz97 wrote: Fri Jan 07, 2022 18:04
Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 15:36
Thx om. Iye emang gak epel tu epel. Ini krn w203 bukan selera ane dan e90 byk isu mechatronik makanya loncat e46 atau w04. Kalau w204 harus siapin 30-50 jt buat peremajaan kyknya 200jt gak cukup ya hahaha.
Berarti nyari e46 aja, modelnya timeless. Pengalaman pernah beli mobkas sih justru yg paling perlu peremajaan itu karet karet di tempat oli yg sdh mulai keras trus retak dan bikin rembes, karetnya sih murah aja, jasanya yg mahal. Begitu juga karet bagian kaca depan dan pintu yg juga mulai retak. Kalau e46 brp ya buat beresin yg menyangkut karet2 oli oli dan karet2 kaca/pintu?
sama om, w203 bentuknya juga saya kurang suka + e90 memang banyak isu mechatronic, apalagi yg pre lci wkwk. kalo w204 , saran saya ambil yg budgetnya 220-230, abis itu sisain 30-50 jt diluar harga mobil buat perbaikkan.

iya, mending angkat e46 aja. desainnya timeless, cari yg 325i fl 2002 keatas, cakep bentuknya sm kerasa worthnya karena tarikan mesinnya lebih kenceng dibanding yg 318 , tapi kalo ga butuh2 amat yg namanya tarikkan mesin, 318 udh cukup kok, coba cari yg last edition before e90 , tahun 2003 -2004 kalo gasalah, mesinnya n46, denger2 lebih reliable dibanding n42. kalo pengen yg m43 pfl juga termasuk oke. tapi nyari e46 yg sehat agak susah, rata2 udh tangan ke sekian which is kita gatau perawatannya kaya gmn sm owner sblmnya dan banyak yg ex modif, jarang yg standar, maklum, salah 1 mobil eropa favorit anak muda sampai sekarang :big_biglaugh: . kalo bisa cari di pemakai langsung dan sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru hehehe
W204 ane coret dah. Sebelumnya sempat liat kompresor 2008-2009 harga sih masih masuk di budget tapi kalau biaya rapihin peremajaan udah 50 juta jadinya nembus 200 lebih hehehe.
E46 yg 325 jarang barangnya dan harga nahan tinggi kalau yg bagus. E46 318i kalau m43 ane kurang cocok juga karena cenderung kurang tarikannya. Kalau yg n42 atau n46 lebih bagus tenaganya. Sdh liat bbrp unit n42 dan n46 keluaran 2003-2004 dapat dari situs2 jual mobil atau dari fb/ig. Kalau yg kondisi segar luar dalam, mesin, transmisi, kaki2 masih bagus kisaran 120jt - 125 jt, bahkan ada yg ane naksir banget tapi gak mau turun dari 135 jt (skr udah sold out). Itu bbrp yg ane sdh samperin, test drive dan juga liat service recordnya lumayan rapi di bengkel spesialis.
Yg sekitar 100 jt tipis atau under 100jt ene liat kondisinya spt yg om Pboyz97 bilang banyak gak bagus terutama di interior dan juga gak standar bekas modif. Kalau yg penampakannya nggak seger kyk itu, ane gak test drive.
Kalau 318i n42 atau n46 th 2003-2004 dengan kondisi seger luar dalem, mesih dan transmisi oke, kilometer masih 90rb-100rb kira-kira masih wajar atau mahal ya harga 120 - 125 jt? Spare 15jt-25 jt buat peremajaan.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Pboyz97 »

Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 18:45
W204 ane coret dah. Sebelumnya sempat liat kompresor 2008-2009 harga sih masih masuk di budget tapi kalau biaya rapihin peremajaan udah 50 juta jadinya nembus 200 lebih hehehe.
E46 yg 325 jarang barangnya dan harga nahan tinggi kalau yg bagus. E46 318i kalau m43 ane kurang cocok juga karena cenderung kurang tarikannya. Kalau yg n42 atau n46 lebih bagus tenaganya. Sdh liat bbrp unit n42 dan n46 keluaran 2003-2004 dapat dari situs2 jual mobil atau dari fb/ig. Kalau yg kondisi segar luar dalam, mesin, transmisi, kaki2 masih bagus kisaran 120jt - 125 jt, bahkan ada yg ane naksir banget tapi gak mau turun dari 135 jt (skr udah sold out). Itu bbrp yg ane sdh samperin, test drive dan juga liat service recordnya lumayan rapi di bengkel spesialis.
Yg sekitar 100 jt tipis atau under 100jt ene liat kondisinya spt yg om Pboyz97 bilang banyak gak bagus terutama di interior dan juga gak standar bekas modif. Kalau yg penampakannya nggak seger kyk itu, ane gak test drive.
Kalau 318i n42 atau n46 th 2003-2004 dengan kondisi seger luar dalem, mesih dan transmisi oke, kilometer masih 90rb-100rb kira-kira masih wajar atau mahal ya harga 120 - 125 jt? Spare 15jt-25 jt buat peremajaan.
e46 325 emg agak jarang om, karena pada masanya, varian yg paling laku 318 hehehe, sm kalo beli mobil eropa seken, jangan pake patokan harga murah, mending lebih mahal dikit tapi siap pake dan minim pr daripada asal murah tapi banyak jajannya. nyari bmw seken yg bagus emg agak susah om, soalnya jadi salah 1 mobil eropa favorit juga buat di obrak abrik alias dimodif wkwkwk. kalo 318i mending n46, lebih reliable dibanding n42, kalo km 90-100 rb asal recordnya lengkap + kondisi matic dan electrikalnya sehat sih 120-125 jt masih worth menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by HaykelAdityawarman »

carlowolvie wrote: Tue Dec 21, 2021 10:43 Untuk e36 323i ane dulu pake yg a/t
Tp posisi di kaki entah kenapa krg cocok akhirnya abis restorasi total malah dijual.

e34 udah pernah pake yg 520i non vanos sunroof. Sama kaya alesan e36, ruang di kaki nya kaya aga sempit buat saya. Waktu itu patokan enak di e46 (karena ini mobil pertama saya, jd slalu menjadi benchmark saat beli mobil lagi) padahal e34 530i v8 nya asik banget.. Dulu nyoba punya midas rt 530i manual yg di upgrade jd 540i ngeriii abis tenaganya, bawa masuk parkiran mall alarm mobil lain pada bunyi saking suara engine nya bkin geter lantai parkir..
Klo udah pengalaman sama E46 dan mau koleksi yang agak limited edition, cobain 330inya om. Dulu saya sempet test drive, akhirnya jadinya ambil 325i. Agak nyesel juga dulu kenapa ga maksain nambah budget buat 330i, fiturnya lebih komplit dari 325i dan tenaganya berasa beda banget.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Newmember2018 »

Pboyz97 wrote: Sat Jan 08, 2022 9:33
Newmember2018 wrote: Fri Jan 07, 2022 18:45
W204 ane coret dah. Sebelumnya sempat liat kompresor 2008-2009 harga sih masih masuk di budget tapi kalau biaya rapihin peremajaan udah 50 juta jadinya nembus 200 lebih hehehe.
E46 yg 325 jarang barangnya dan harga nahan tinggi kalau yg bagus. E46 318i kalau m43 ane kurang cocok juga karena cenderung kurang tarikannya. Kalau yg n42 atau n46 lebih bagus tenaganya. Sdh liat bbrp unit n42 dan n46 keluaran 2003-2004 dapat dari situs2 jual mobil atau dari fb/ig. Kalau yg kondisi segar luar dalam, mesin, transmisi, kaki2 masih bagus kisaran 120jt - 125 jt, bahkan ada yg ane naksir banget tapi gak mau turun dari 135 jt (skr udah sold out). Itu bbrp yg ane sdh samperin, test drive dan juga liat service recordnya lumayan rapi di bengkel spesialis.
Yg sekitar 100 jt tipis atau under 100jt ene liat kondisinya spt yg om Pboyz97 bilang banyak gak bagus terutama di interior dan juga gak standar bekas modif. Kalau yg penampakannya nggak seger kyk itu, ane gak test drive.
Kalau 318i n42 atau n46 th 2003-2004 dengan kondisi seger luar dalem, mesih dan transmisi oke, kilometer masih 90rb-100rb kira-kira masih wajar atau mahal ya harga 120 - 125 jt? Spare 15jt-25 jt buat peremajaan.
e46 325 emg agak jarang om, karena pada masanya, varian yg paling laku 318 hehehe, sm kalo beli mobil eropa seken, jangan pake patokan harga murah, mending lebih mahal dikit tapi siap pake dan minim pr daripada asal murah tapi banyak jajannya. nyari bmw seken yg bagus emg agak susah om, soalnya jadi salah 1 mobil eropa favorit juga buat di obrak abrik alias dimodif wkwkwk. kalo 318i mending n46, lebih reliable dibanding n42, kalo km 90-100 rb asal recordnya lengkap + kondisi matic dan electrikalnya sehat sih 120-125 jt masih worth menurut saya
Iya bener sih om. Liat yg harga murah tapi kondisinya
kok sptnya lemes banget tuh mobil kayak gak napsu makan dibanding dengan yg lebih mahal harganya tapi kondisi segar bugar. Emang harga gak boong sih. Cuma pajaknya udah mau abis dan udah gak bisa minjem ktp makanya jadi nambah nih cost bbn hahaha.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Minta saran, Mobil untuk koleksi dibawah 200jt

Post by Pboyz97 »

Newmember2018 wrote: Sat Jan 08, 2022 11:24

Iya bener sih om. Liat yg harga murah tapi kondisinya
kok sptnya lemes banget tuh mobil kayak gak napsu makan dibanding dengan yg lebih mahal harganya tapi kondisi segar bugar. Emang harga gak boong sih. Cuma pajaknya udah mau abis dan udah gak bisa minjem ktp makanya jadi nambah nih cost bbn hahaha.
kalo prnya cuma pajak aja sih masih worth kok buat diambil, daripada nanti puyeng beresin elektrikal, matic atau kaki2nya kalo amit2 udh bermasalah dikemudian hari padahal mobilnya blm lama dibeli which is makan waktu dan biaya yg lumayan juga, apalagi masih minim koneksi ke spesialis sm komunitas
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV