Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11411
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by ChZ »

artoodetoo wrote: 12 Jan 2022, 14:24
OK lah, saya tunda sampai 90K km. Eh pas 90K km, olinya kosong katanya, alhasil sampai 120K km baru ganti tuh oli metiknya. :big_slap:
Untung baik2 saja. Tapi jangan ditiru ya :upss:
bused sampe olinya kosong.... pantes ntu batu makam pd ambrol... :ungg: di miras sehh aman kyknya mobil kecil beban ngga berat power ngga gede. tp mungkin tu transmisi jg sakaratul maut udahan. kebayang makin ancur di supir yang suka pedal to the metal :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
rujaktahu
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 22 Jul 2018, 04:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by rujaktahu »

black2345 wrote: 12 Jan 2022, 10:57
rujaktahu wrote: 12 Jan 2022, 09:43
black2345 wrote: 12 Jan 2022, 09:33 +1 vote buat xp

Kmrn pas anter nyonya belanja, ternyata di depannya sedang ada pameran mobil. Pas bgt veloz q & xp sport didisplay berdampingan. Rekap kedua mobil ini menurut sudut pandang saya ya:

Eksterior
Design selera masing2 org, tp waktu jejer kelihatan xp lebih besar drpd veloz q. Av/xe baru ini mirip banget calsig digedein

Interior
Lebih mature xp sport & kelihatan lebih mahal drpd veloz q. Veloz uda >250jt bahan plastiknya chepo banget. Oya selain itu jok jg lebih besar & support paha lebih bagus xp, ini ngaruh bgt pas dipake jalan agak lama

Mesin
Jujur blm pernah coba avanza yg baru, cm bokap pake xp ultimate 2018 & adek pake xp cross 2020. Di xp cross ecu nampaknya sudah dirubah map-nya sehingga jauh lebih responsif drpd bokap punya

Oya knp ga masukin ertiga/xl7 buat bahan pertimbangan? Menurut sy ini mobil value-nya paling dapet dibanding yg lain. Nyaman, servis terjangkau, transmisi matic jaman purba yg sudah terbukti, minusnya memang blm ada fitur2 kekinian yg ada di veloz
Sy user XL7 beta at. Kawan kantor ada yg baru ambil xpander fl ultimate. Pas parkir sebelahan kok kelihatan lebih elegan dan mahal expander fl :big_grin:

Kl dananya bisa 300 up vote xpander fl. Kl dana mentok 250an juta vote xl7
Hahaha emg xp yg fl itu cakep sih.. minusnya cm 1: lampunya kurang keatas.. pakai yg bohlam & led sama2 ngerasa kurang terang
Setuju emang cakep bener xpander fl ultimate.

Alasan sy beli xl7 ya karena dana gak cukup buat beli xpander :mky_01:
Mercer29
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Mercer29 »

azure wrote: 12 Jan 2022, 10:15
@Mercer29 : nah,ini ada user veloz. makasi om review singkatnya. Faktor utama yg bkin pilih veloz apa om? fitur n safety (6 balon)? krn dari review singkat om kan semua nya 11-12,kalaupun ada perbedaan gak signifikan? beda jauh di fitur memang sih..
Aslinya pertimbangan saya ngga macem" sih om :mky_01:, cuma feel bawa Veloz aja yang memang lebih cocok buat saya.

Waktu jaman hot" nya masih antara Xpander 4AT sama Ertiga, saya juga lebih condong prefer kearah Ertiga soalnya. Dan bawa Veloz ini sedikit banyak mengingatkan saya ke feel bawa Ertiga hehe. Lebih berasa enak dibawa sendiri daripada Xpander yang condong lebih enak buat disetirin karena nyaman nya itu dan pembawaannya yang emang lebih santai dan kalem output keluaran tenaga nya untuk speed segitu, yang bikin kesan nya lebih halus daripada Veloz. Tapi Xpander kalo yang bawa rada sableg juga bisa kenceng bener sih... ya inti nya perbedaan yang minor tapi jadi preferensi gitu deh om.

Build quality ini awalnya saya kira bakal bertolak-belakang Xpander ahead of Veloz, tapi ternyata soal panel gap dan alignment di exterior, keknya sama aja tipikal mobil jaman sekarang yang banyak ngga rapi nya. Ini saya patokan dari panel semacam pintu dan lining krom diatas nya ya. Tapi kalo ngomongin interior apalagi bahan material sih soft touch ga bohong wkwk. Interior Veloz yang sekarang lebih reminiscent ke Xpander pre-facelift kalo soal bahan.

Fitur sama safety ga jadi pertimbangan om, saya beranjak nya dari Innova diesel metik lama non-facelift tipe G pula :mky_07: ambil nya non TSS pula. Udah ga dapet active safety feature set, airbag juga standar cuma di depan doang.

Oh ya, soal interval ganti oli transmisi di Veloz ini juga ga kalah gila, di 100k km baru minta ganti, 40k sama 80k cuma inspeksi gatau diapain kalo ngikut normal service interval. Kalau saya sih ya patokan severe service 50k ganti oli aja... agak penasaran saya sama service interval Mitsubishi kalo yang severe service gimana, sayang ngga nemu buku manual nya di Internet hehe.

CVT kedua nya juga kalo saya ubek" spek di Internet, sama" ada basis penggunaan planetary gearset sih. Beda implementasi sama cara kerja aja. Gear ratio range juga sama aja kayaknya, di sekitar 7.3 (kalo Jatco CVT7 yang dipake Xpander bukan yang versi W/R alias Wide Range). Literature Jatco sendiri (sama Daihatsu untuk D-CVT Veloz ini) juga ngomong kalo range ratio segini itu sama kayak tipikal 8-speed AT sih, ya gatau kenapa Veloz jadi cuma 7-speed tapi Xpander 8-speed dah, toh juga simulated bohongan wkwk.
Didihasnaasri83
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 11 Aug 2020, 16:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Didihasnaasri83 »

Saya tidak dua duanya, cvt msh agak horror kalau dibawa ke daerah tanjakan soalnya saya sering, sya prefer at konvensional misal ertiga atau xl7
fajarrian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Location: Palembang-Bekasi
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by fajarrian »

AbdulHakim wrote: 12 Jan 2022, 08:28
fajarrian wrote: 12 Jan 2022, 03:52 XL7 sama ertiga juga boleh tuh masuk ke list
Cuma ada beberapa issue di xl7 sama ertiga, mesin rembes (walopun gasampe basah) sama di bawah handle pintu banyak yang ngalamin cat retak bahkan sampe timbul karat, issue ini udah dari new ertiga 2018 bahkan sampe xl7 2021 pun ngalamin

Saya kalo lagi di parkiran mall kadang suka iseng aja liatin dibawah handle kadang ada aja nemu yang udah retak garis dibawah handle pintunya xl7 atopun ertiga new padahal unit tahun 2020/2021, paling keliatan di unit warna putih ato silver
Nah iya yg di-bold itu, penyebabnya apa ya? pernah liat malah di pintu belakang ertiga, korosinya kyk udah nyebar kemana-mana dari bawah cat?
Nah gatau juga, pengalaman di orang2 yang ngalamin dari suzukinya juga gatau

Saya ada contohnya kaya gini, padahal unit baru
E1DFB405-0826-458E-B6D1-BEE0815C5C1D.jpeg
ADF48A79-A5A4-415E-B09A-824A705A65E2.jpeg
ADF48A79-A5A4-415E-B09A-824A705A65E2.jpeg (52.48 KiB) Viewed 979 times



Dan ini sih yang paling parah, sampe bisa kaya gini
97B153B4-8210-41DE-8930-E2748F3627EA.jpeg
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 12 Feb 2016, 14:50

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by aryoajiwibowo »

Kl disuruh beli Lmpv lagi sih pilihane malah ke Xenia duitnya lumayan murah atau ya merem ambil Xpndir kl duite cukup... kl pilih kelas ini sih utk sekarng yang sreg modelnya aja lah masalah harga jual,biaya sebelas duabelas lah....
:big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3373
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by kunaskun »

Volk wrote: 11 Jan 2022, 23:10 Salesnya kmren ampe nonjolin torsi terus..kaga dibahas interior² nya.mgkin dia sudah lelah
Dibanding BQ hrv,jazz,city hb,ini paling menyedihkan aslinya bner..pdhl gw salah satu pecinta honda
kenop wrote: 11 Jan 2022, 23:15 Pada ga kapok ye beli kucing dlm karung
Apa uda pd lupa pas mobilio awal kluar ya, booking tanpa liat interior :big_biglaugh:
ahond magic. kalau pikiran saya:
1. Karena ahond tau yg beli ahond baru itu mayoritasnya nyetirnya di luar mobil, bukan di dalem mobil.
2. karena dikit yg beli, mahal pula, jadi makin rare = makin mencolok :big_childish:

joking ya :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3373
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by kunaskun »

azure wrote: 12 Jan 2022, 10:15 yang agak menjadi pertimbangan adalah cvt si xpander ini. jatco cvt 7. ubek2 inet,transmisi ini dipake sama mitsu mirage,nissan march,nissan juke,suzuki swift. (sumber : www.jatco.co.th/product.php) apa ada yang pernah pegang mobil2 ini? Atau rahasia umur panjang cvt cuma ganti oli rutin yg tiap 20rb km?
jatco ini terbesar, terdepan, terjago lah di dunia soal urusan CVT. ya maklum mirip Denso yang sekian persen punya Toyota, nah Jatco ini sekian persen punya Nissan. jadi kalau dibilang jelek bisa karena, menurut saya ya, populasi banyak, yang rusak biarpun hanya katakanlah 0,00001 persen tapi karena yang pake banyak sampe jutaan kendaraan jadi kelihatan rusaknya, terus ketambahan lagi brand image Nissan di Indo parah. Di USA pun memang CVT Nissan ini terkenal parah, tapi jangan lupa di sana beda situasi beda kondisi dengan Indo, di USA sudah terkenal banyak pemakai ga pernah ganti oli, bahkan oli mesin sekalipun. Nah di indo kondisinya juga mirip jadilah makin parah lagi nasibnya si Jatco ini.

positifnya, karena populasi banyak, jadi banyak yang tau cara benerinnya kalau rusak. dan buat saya pribadi dari dulu, dari zaman transmisi geared AT masih pake kabel overdrive, cvt ahond generasi awal, geared at pake kabel ga pake kabel di daitoyo, geared AT nissan, semuanya sama aja soal perawatan: gantilah itu fluida transmisi sesering mungkin. seberapa sering? ya sekuatnya dompet kaya anjuran mbah2 disini. tiap 40/20 ribu km? tanggung tiap 5 ribu km kalau perlu, overkill? emang :big_biglaugh: :big_biglaugh: tapi ya resepnya emang cuma gitu aja, kenyamanan dan kemudahan AT kan disini juga. kecuali untuk transmisi yang memang dari sananya mau merek apapun pasti error di kemudian hari yaitu the notorious DSG / DCT ini mah obatnya cuma satu kalau kata mbah2 disini: jangan dibeli. :big_smoking:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by slapnuts »

Entah ini powernya ga kuat atau memang ada masalah di CVTnya jadi gabisa ngangkat mobilnya sama sekali. Ga kebayang antri macet di tanjakan full penumpang tapi mobil stuck seperti ini. Harusnya test ginian dicoba juga ke kompetitornya sesama CVT (Xpander & BRV) atau kompetitornya 4AT (XL7) di tanjakan yang sama biar tau masalahnya di CVT atau power mesin yang gakuat ngangkat.

User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 367
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by rajapb »

slapnuts wrote: 13 Jan 2022, 11:03 Entah ini powernya ga kuat atau memang ada masalah di CVTnya jadi gabisa ngangkat mobilnya sama sekali. Ga kebayang antri macet di tanjakan full penumpang tapi mobil stuck seperti ini. Harusnya test ginian dicoba juga ke kompetitornya sesama CVT (Xpander & BRV) atau kompetitornya 4AT (XL7) di tanjakan yang sama biar tau masalahnya di CVT atau power mesin yang gakuat ngangkat.

loh di channel satu lagi malah bisa nanjak baik veloz maupun xpander
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Volk »

fajarrian wrote: 12 Jan 2022, 19:56
AbdulHakim wrote: 12 Jan 2022, 08:28
fajarrian wrote: 12 Jan 2022, 03:52 XL7 sama ertiga juga boleh tuh masuk ke list
Cuma ada beberapa issue di xl7 sama ertiga, mesin rembes (walopun gasampe basah) sama di bawah handle pintu banyak yang ngalamin cat retak bahkan sampe timbul karat, issue ini udah dari new ertiga 2018 bahkan sampe xl7 2021 pun ngalamin

Saya kalo lagi di parkiran mall kadang suka iseng aja liatin dibawah handle kadang ada aja nemu yang udah retak garis dibawah handle pintunya xl7 atopun ertiga new padahal unit tahun 2020/2021, paling keliatan di unit warna putih ato silver
Nah iya yg di-bold itu, penyebabnya apa ya? pernah liat malah di pintu belakang ertiga, korosinya kyk udah nyebar kemana-mana dari bawah cat?
Nah gatau juga, pengalaman di orang2 yang ngalamin dari suzukinya juga gatau

Saya ada contohnya kaya gini, padahal unit baru

E1DFB405-0826-458E-B6D1-BEE0815C5C1D.jpeg

ADF48A79-A5A4-415E-B09A-824A705A65E2.jpeg




Dan ini sih yang paling parah, sampe bisa kaya gini

97B153B4-8210-41DE-8930-E2748F3627EA.jpeg
Wah Knapa bisa begini y..seperti cat nya melotok itu..
Claim ke suzuki nya gbs?
M2 DJ BLACK
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by pradit_d »

Antara 2 pilihan itu ane sih lebih ke xpander, karena lebih suka interiornya, secara build quality ya. veloz karena masih keluaran baru n jarang di jalan aja masih keliatan agak keren secara tampilan, tunggu tahun depan, udah jadi mobil biasa. Klo agak worry ama cvt, bisa ambil kembarannya, livina yg masih pake 4at
:big_peace:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Suryaputra »

rajapb wrote: 13 Jan 2022, 11:50
slapnuts wrote: 13 Jan 2022, 11:03 Entah ini powernya ga kuat atau memang ada masalah di CVTnya jadi gabisa ngangkat mobilnya sama sekali. Ga kebayang antri macet di tanjakan full penumpang tapi mobil stuck seperti ini. Harusnya test ginian dicoba juga ke kompetitornya sesama CVT (Xpander & BRV) atau kompetitornya 4AT (XL7) di tanjakan yang sama biar tau masalahnya di CVT atau power mesin yang gakuat ngangkat.

loh di channel satu lagi malah bisa nanjak baik veloz maupun xpander
klo GridOto, gradien tanjakan sekitar 17 derajat/ke atas, dah gak kuat nanjak, isi 7 orang.

di channel satu lg, gak ditunjukin gradien tanjakan brp derajat.
bisa jadi, di channel satu lagi itu, gradien tanjakan <17 derajat, jadi bisa lewatin.

klo CVT, honda lah jagonya,
even BQ interior kalah dgn rival2nya
wkwkwkwkwk
*Colek me if I'm wrong
Mercer29
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 06 Nov 2017, 09:46

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Mercer29 »

slapnuts wrote: 13 Jan 2022, 11:03
Entah ini powernya ga kuat atau memang ada masalah di CVTnya jadi gabisa ngangkat mobilnya sama sekali. Ga kebayang antri macet di tanjakan full penumpang tapi mobil stuck seperti ini. Harusnya test ginian dicoba juga ke kompetitornya sesama CVT (Xpander & BRV) atau kompetitornya 4AT (XL7) di tanjakan yang sama biar tau masalahnya di CVT atau power mesin yang gakuat ngangkat.

Nah ini emang bikin penasaran, tapi kok kelihatannya agak aneh juga ya. Di video CM reaksi mobil nya lebih sering wheelspin gitu, terutama ketika udah jalan. Yang di video GO malah ngga ada sama sekali kek ketahan bener sama traction control nya jadi output mesin seakan gabisa cukup keluar buat narik mobil nya terus maju gitu, padahal ada skenario yang udah disable traction control (apa perlu stability control nya juga, tapi kan ga berhubungan?)

Saya ekspektasi nya lebih ke bakal wheelspin, ini malah cuma jalan di tempat :ungg: apa memang tetep bakal selalu intervensi nge-cut power?

Gradien kalo berpatokan ke video CM yang ngetes FWD-RWD sebelumnya di tempat yang sama, kecuraman juga sama aja sekitar 18%. Bisa jadi penyebab nya malah masalah ketinggian elevasi yang lebih tinggi di tempat tes GO yang bikin mesin NA kecil gabisa produce power sih, tapi kalau gitu gimana nasib Avanza lama yang pada nanjak" daerah situ dong wkwk.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 910
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by marama »

saya baru 2 hari lalu naik GOCAR dptnya avanza G TSS , agah heran jg kl duduk di blkg interiornya kok kualitasnya biasa aj khususnya area yg bersentuhan (doortrim) , bantingan cenderung stiff, jok kesannya lega, aura2 calya lumayan berasa kl duduk blkg di avanza FWD ini. yg veloz blm pernah nyoba jalan mgkn lbh mewah
topiqfurqan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 28 Mar 2017, 20:05

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by topiqfurqan »

azure wrote: 12 Jan 2022, 10:15 wah,rata rata pada condong ke xpander ya. :big_biglaugh:

untuk masalah lemot,dari om fajarrian udah ada tips nya di thread om sintoni soal xpander cross. Jadi no prob lah,lagian ini family car,gak perlu terlalu kenceng IMO. :big_smile]

yang agak menjadi pertimbangan adalah cvt si xpander ini. jatco cvt 7. ubek2 inet,transmisi ini dipake sama mitsu mirage,nissan march,nissan juke,suzuki swift. (sumber : www.jatco.co.th/product.php) apa ada yang pernah pegang mobil2 ini? Atau rahasia umur panjang cvt cuma ganti oli rutin yg tiap 20rb km?

untuk suzuki xl7/ertiga sebenernya secara produk value for money sih cukup baik ya,tapi balik lagi soal selera, kurang sreg sama exterior nya. Ini subjektif ya.. :big_grin:

Mungkin krn ini produk IDM (India Domestic Market) selera ikutin org india. Plus nya adalah interior space nya bisa lebih lega,maklum lah,orang india rata2 lebih gede dari kita ukuran badan nya.


@Mercer29 : nah,ini ada user veloz. makasi om review singkatnya. Faktor utama yg bkin pilih veloz apa om? fitur n safety (6 balon)? krn dari review singkat om kan semua nya 11-12,kalaupun ada perbedaan gak signifikan? beda jauh di fitur memang sih..

@Pboyz : nah ini,brand toyota yg identik dengan bulletproof. Pengalaman di agya ini,ya meskipun lcgc,cm ganti oli2 aja.. kaki2 baru mulai jajan di km 89rban,sekitar oktober 2021 kemarin,ya untuk 6 taon pemakaian baru jajan kaki2 saya pikir oke lah. Meskipun rattle ataupun bunyi2an di kabin ud muncul dari awal taon ketiga.. lcgc,gak mau berharap banyak.. :big_peace:
saya kebetulan pake mirage cvt 2014
sampe kemaren baru dijual buat upgrade, km 134rb untuk 7 tahun pake
service ikutin beres terus, ganti oli matic seinget saya di 40rb sama 80rb selama pake

so far gada masalah apa apa mesinnya sampe kemaren dijual, pemakaian dalam kota sekitar 50km, luar kota paling jauh bandung

sampe saat ini pertimbangan upgrade veloz / xpander / brv, dan sekarang condong ke brv karena modelnya baru dan rencana dipakai dalam jangka waktu lama juga rencananya (>5 tahun)
ga milih xpander karna takut 2/3 taun lagi ganti model
kalo veloz kekurangannya sama dengan yang udah dimention rekan rekan disini kurang lebih
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Suryaputra »

Fyi.. Barusan WA beberapa sales honda kenalan,
BRV gakda diskonnn
*Colek me if I'm wrong
azure
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 22 Sep 2015, 10:39

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by azure »

@artoodetoo : wah,ada om mod.. makasi masukannya om mod.. :big_smile]

@fajarrian : ecu nya siap oprek ya ternyata,tinggal berani bayar gak buat modul modul itu.. meskipun plug n play,tetep harus ada modifikasi yang dilakukan kali ya.. harus trial n error dulu,krn lum pernah liat xpander pake fitur2 kaya pajero sport.

@Mercer : haha.. ujung2nya beli pakai hati juga ya om.. tapi bener sh,beli yang bener2 sreg di ati.. biar gak ada penyesalan belinya.. :big_blushing:

@kunaskun : lebih pendek interval waktu ganti oli nya lebih aman.. noted om.. :big_okay:

@topiq : wah,mirip pemakaiannya,saya jg jalan sekitar segitu setiap hari n paling jauh bandung.. ud td brv om? Untuk brv,sy sh suka karena ada ACC nya,klo lewat trans jawa itu pasti kepake.. :big_love:

Next step bakal tes drive kedua kandidat,xpander n veloz.. klo ada kesempatan,boleh lah test drive brv.. nanti klo sudah test drive,nanti bakal update lg impresi nya disini..
fajarrian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 23 Dec 2020, 03:35
Location: Palembang-Bekasi
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by fajarrian »

azure wrote: 13 Jan 2022, 22:26 @artoodetoo : wah,ada om mod.. makasi masukannya om mod.. :big_smile]

@fajarrian : ecu nya siap oprek ya ternyata,tinggal berani bayar gak buat modul modul itu.. meskipun plug n play,tetep harus ada modifikasi yang dilakukan kali ya.. harus trial n error dulu,krn lum pernah liat xpander pake fitur2 kaya pajero sport.

@Mercer : haha.. ujung2nya beli pakai hati juga ya om.. tapi bener sh,beli yang bener2 sreg di ati.. biar gak ada penyesalan belinya.. :big_blushing:

@kunaskun : lebih pendek interval waktu ganti oli nya lebih aman.. noted om.. :big_okay:

@topiq : wah,mirip pemakaiannya,saya jg jalan sekitar segitu setiap hari n paling jauh bandung.. ud td brv om? Untuk brv,sy sh suka karena ada ACC nya,klo lewat trans jawa itu pasti kepake.. :big_love:

Next step bakal tes drive kedua kandidat,xpander n veloz.. klo ada kesempatan,boleh lah test drive brv.. nanti klo sudah test drive,nanti bakal update lg impresi nya disini..
ada om banyak, b channel udah full upgrade tuh kalo di total mahalan modifnya daripada harga xpnya
di youtubenya supermekanik banyak yg upgrade
topiqfurqan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 28 Mar 2017, 20:05

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by topiqfurqan »

azure wrote: 13 Jan 2022, 22:26 @artoodetoo : wah,ada om mod.. makasi masukannya om mod.. :big_smile]

@fajarrian : ecu nya siap oprek ya ternyata,tinggal berani bayar gak buat modul modul itu.. meskipun plug n play,tetep harus ada modifikasi yang dilakukan kali ya.. harus trial n error dulu,krn lum pernah liat xpander pake fitur2 kaya pajero sport.

@Mercer : haha.. ujung2nya beli pakai hati juga ya om.. tapi bener sh,beli yang bener2 sreg di ati.. biar gak ada penyesalan belinya.. :big_blushing:

@kunaskun : lebih pendek interval waktu ganti oli nya lebih aman.. noted om.. :big_okay:

@topiq : wah,mirip pemakaiannya,saya jg jalan sekitar segitu setiap hari n paling jauh bandung.. ud td brv om? Untuk brv,sy sh suka karena ada ACC nya,klo lewat trans jawa itu pasti kepake.. :big_love:

Next step bakal tes drive kedua kandidat,xpander n veloz.. klo ada kesempatan,boleh lah test drive brv.. nanti klo sudah test drive,nanti bakal update lg impresi nya disini..
belum td om, langsung beli aja kayaknya ini lagi proses, so far liat review sih bagus bagus aja jadi yaudah lah, semoga aman aman aja
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Suryaputra »

*Colek me if I'm wrong
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by Tampanman »

Mercer29 wrote: 13 Jan 2022, 13:39
slapnuts wrote: 13 Jan 2022, 11:03
Entah ini powernya ga kuat atau memang ada masalah di CVTnya jadi gabisa ngangkat mobilnya sama sekali. Ga kebayang antri macet di tanjakan full penumpang tapi mobil stuck seperti ini. Harusnya test ginian dicoba juga ke kompetitornya sesama CVT (Xpander & BRV) atau kompetitornya 4AT (XL7) di tanjakan yang sama biar tau masalahnya di CVT atau power mesin yang gakuat ngangkat.

Nah ini emang bikin penasaran, tapi kok kelihatannya agak aneh juga ya. Di video CM reaksi mobil nya lebih sering wheelspin gitu, terutama ketika udah jalan. Yang di video GO malah ngga ada sama sekali kek ketahan bener sama traction control nya jadi output mesin seakan gabisa cukup keluar buat narik mobil nya terus maju gitu, padahal ada skenario yang udah disable traction control (apa perlu stability control nya juga, tapi kan ga berhubungan?)

Saya ekspektasi nya lebih ke bakal wheelspin, ini malah cuma jalan di tempat :ungg: apa memang tetep bakal selalu intervensi nge-cut power?

Gradien kalo berpatokan ke video CM yang ngetes FWD-RWD sebelumnya di tempat yang sama, kecuraman juga sama aja sekitar 18%. Bisa jadi penyebab nya malah masalah ketinggian elevasi yang lebih tinggi di tempat tes GO yang bikin mesin NA kecil gabisa produce power sih, tapi kalau gitu gimana nasib Avanza lama yang pada nanjak" daerah situ dong wkwk.
Untuk mobil toyota yang cvt kyaknya emang di cut powernya waktu tanjakan om, yang sebenernya kuat2 aja nanjaknya. Naik mobil yaris yang cvt aja di punclut kyak ngeden gitu jalan merayap pelan2 tapi selalu berhasil. Pernah juga disasarin pakai gmaps di daerah bandung juga yang tanjakan jauh lebih ekstrim ketemu sama all new rush yang katanya disasarin juga sama gmaps, malah rushnya ga kuat nanjak, yaris cvt berhasil nanjak dengan 5 penumpang dewasa full. Cuma belom nyoba juga kalau traction control dimatikan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11411
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by ChZ »

Mercer29 wrote: 13 Jan 2022, 13:39
Nah ini emang bikin penasaran, tapi kok kelihatannya agak aneh juga ya. Di video CM reaksi mobil nya lebih sering wheelspin gitu, terutama ketika udah jalan. Yang di video GO malah ngga ada sama sekali kek ketahan bener sama traction control nya jadi output mesin seakan gabisa cukup keluar buat narik mobil nya terus maju gitu, padahal ada skenario yang udah disable traction control (apa perlu stability control nya juga, tapi kan ga berhubungan?)

Saya ekspektasi nya lebih ke bakal wheelspin, ini malah cuma jalan di tempat :ungg: apa memang tetep bakal selalu intervensi nge-cut power?

Gradien kalo berpatokan ke video CM yang ngetes FWD-RWD sebelumnya di tempat yang sama, kecuraman juga sama aja sekitar 18%. Bisa jadi penyebab nya malah masalah ketinggian elevasi yang lebih tinggi di tempat tes GO yang bikin mesin NA kecil gabisa produce power sih, tapi kalau gitu gimana nasib Avanza lama yang pada nanjak" daerah situ dong wkwk.
toyota punya treksyen kontrol kyknya over sensitip mbah. mao kt matiin kayak gimana by default ngecut powernya cukup banyak.

ini kejadian dulu coba yg sekelas mark X gak pernah berhasil bikin pantatnya goyang sedikitpun :ungg: dan selalu keliatan tiap deteksi slip sedikitpun dia engage TCSnya.

klo honda gak seberapa nge cut, klo kita matiin tcs nge spin ya agak dibiarin gitu biarpun nanti at some point bakal kedip kedip nandain powercut :upss:

old avanza kyknya menang gak ada powercut dari tcsnya :upss: yg susah itu kalo naik dari berenti gini dengan tcs over sensitif kita injek gas segimanapun rpm nya ikut gak mau naik jadi torsinya gak dapet
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
rujaktahu
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 22 Jul 2018, 04:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by rujaktahu »

ChZ wrote: 15 Jan 2022, 10:16
Mercer29 wrote: 13 Jan 2022, 13:39
Nah ini emang bikin penasaran, tapi kok kelihatannya agak aneh juga ya. Di video CM reaksi mobil nya lebih sering wheelspin gitu, terutama ketika udah jalan. Yang di video GO malah ngga ada sama sekali kek ketahan bener sama traction control nya jadi output mesin seakan gabisa cukup keluar buat narik mobil nya terus maju gitu, padahal ada skenario yang udah disable traction control (apa perlu stability control nya juga, tapi kan ga berhubungan?)

Saya ekspektasi nya lebih ke bakal wheelspin, ini malah cuma jalan di tempat :ungg: apa memang tetep bakal selalu intervensi nge-cut power?

Gradien kalo berpatokan ke video CM yang ngetes FWD-RWD sebelumnya di tempat yang sama, kecuraman juga sama aja sekitar 18%. Bisa jadi penyebab nya malah masalah ketinggian elevasi yang lebih tinggi di tempat tes GO yang bikin mesin NA kecil gabisa produce power sih, tapi kalau gitu gimana nasib Avanza lama yang pada nanjak" daerah situ dong wkwk.
toyota punya treksyen kontrol kyknya over sensitip mbah. mao kt matiin kayak gimana by default ngecut powernya cukup banyak.

ini kejadian dulu coba yg sekelas mark X gak pernah berhasil bikin pantatnya goyang sedikitpun :ungg: dan selalu keliatan tiap deteksi slip sedikitpun dia engage TCSnya.

klo honda gak seberapa nge cut, klo kita matiin tcs nge spin ya agak dibiarin gitu biarpun nanti at some point bakal kedip kedip nandain powercut :upss:

old avanza kyknya menang gak ada powercut dari tcsnya :upss: yg susah itu kalo naik dari berenti gini dengan tcs over sensitif kita injek gas segimanapun rpm nya ikut gak mau naik jadi torsinya gak dapet
Owalah ini toh penyebabnya. Setiap stop n go di tanjakan pake new sirion rpm gak naik2. TCS nya on
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11411
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need advice : veloz 2022 vs xpander FL 2022 vs ???

Post by ChZ »

rujaktahu wrote: 15 Jan 2022, 11:20
Owalah ini toh penyebabnya. Setiap stop n go di tanjakan pake new sirion rpm gak naik2. TCS nya on
jadi bukan issue di cvt dan fwdnya :upss: ntu new sirion masih 4at khan.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply