FK8R VS SUBARU

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: FK8R VS SUBARU

Post by omenRoo »

b0ku wrote: Tue Jan 25, 2022 16:39 parts mah gampang karena di toped banyak

bongkarnya susah karena ruang kerjanya sempit makannya saya bilang ada yang simple bisa2x mesinnya di turunin kayak ganti busi ya kalo emang bisa di copot di situ ya bagus :big_bored:

kalo reability itu yang diomongin dari tadi sih sih saya topicnya WRX STI ini mobi banyak issuenya, yang saya inget emang head gasket dan selidik punya selidik head gasket malah kena ke semua model saya pikirnya tuh cuma STI doank karena mesinnya turbo :big_think:

nah lanjut ke STI saya sempet ada omongin saya dapet beberapa barang dagangan low km tapi internal ud di ganti dan ternyata emang ada kasus di subaru 2014 sini banyak yang jebol pake ron 95 :big_think:

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... rame-jebol

saya sering denger STI itu sering turun mesin

dan saya cek lagi emang wrx sti banyak issue :mky_01:

ya sisanya cek disini deh

https://tuningpro.co/subaru-wrx-reliabi ... -problems/

ini belom omongin ring piston yang suka jebol terus bakar oli loh yang td saya bilang musuhnya gravitasi ya itu karena poisinya melintang akhirnya pistonnya suka nyender ke bawah bukan di topang sama setangnya kayak mesin biasa :mky_01:

kalo cuma pake outback mesinnya gak ada turbonya biasanya sih awet malah kek XV banyak yang odometernya ud gila2xan :big_biglaugh:

tapi dari tadi sih saya omonginnya STI :mky_01:
silakan dibaca lagi 2 link artikel yg situ kasih.. bacanya pelan2 aja jangan buru2.

artikel gridoto bahas bbm gak sesuai requirement mobil. hasilnya mobil rusak. jadi salah mobilnya?

gw bantu ambil salah satu quote ya dari artikel tuningpro ya..
However, it’s rarely a problem on completely stock engines. WRX internal engine problems are more likely to occur when tuned and modded.

kalo mau ngomongin reliability, fair nya dalam kondisi stock dong bro..
beda cerita kalo mobil udah dimodif, apalagi kalo ada kesalahan user.

hope u get the point.

btw, lain kali dengernya jangan setengah2 trus cerita ke orang lain. ini lah yang banyak terjadi bikin stigma jelek buat beberapa merk mobil. karena orang cuma tau dari "denger" tapi seolah2 tau segalanya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

omenRoo wrote: Wed Jan 26, 2022 0:33
silakan dibaca lagi 2 link artikel yg situ kasih.. bacanya pelan2 aja jangan buru2.

artikel gridoto bahas bbm gak sesuai requirement mobil. hasilnya mobil rusak. jadi salah mobilnya?

gw bantu ambil salah satu quote ya dari artikel tuningpro ya..
However, it’s rarely a problem on completely stock engines. WRX internal engine problems are more likely to occur when tuned and modded.

kalo mau ngomongin reliability, fair nya dalam kondisi stock dong bro..
beda cerita kalo mobil udah dimodif, apalagi kalo ada kesalahan user.

hope u get the point.

btw, lain kali dengernya jangan setengah2 trus cerita ke orang lain. ini lah yang banyak terjadi bikin stigma jelek buat beberapa merk mobil. karena orang cuma tau dari "denger" tapi seolah2 tau segalanya
ya bukan salah mobilnya salah yang jual masa cuma ada bbm 95 jual mobil requirementnya ron 98 :big_biglaugh:

tapi balik lagi sih jebolnya cepet banget :mky_01:

ud baca yang ini belom

A few known weak points include:

Rods

Rod bearings
Pistons
Piston rings
These issues appear most common on the 2004+ EJ255, EJ257, and FA20 engines. There have even been some lawsuits regarding internal engine issues on these engines. However, all Subaru WRX and STI engines may run into these problems.


itu bukannya model mesin yang masuk di jaman2x subaru indonesia dijual resmi ya mungkin gak semua generasi WRX kek gitu masalahnya, tapi yang harganya affordable dan gampang di cari model GVB dimana tipe mesin yang kena problem sampe di tuntut :mky_01:

yang bro bold itu kan buat general semua model STI ya gitu

EJ255 & EJ257 kan mesinnya GVB STI paling banyak disini :big_think:

palingan jd kalo mau STI buy older model tapi keliatanya harga mulai crispy di goreng :big_biglaugh:
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: FK8R VS SUBARU

Post by Sandaljepit »

b0ku wrote: Tue Jan 25, 2022 17:03
Sandaljepit wrote: Tue Jan 25, 2022 16:58
Iya sih brz n 86 aman2 aja boxernya
sebenernya sih saya doyan subaru terutama bugeye dulu tetangga pake bugeye yang STI rumblenya sih asek bener pas idle malah GVB itu suaranya ud rada2x alus gak seberisik bugeye, sama saya paling suka liat bugeye kacanya frameless :big_biglaugh:
Saya lebih ke blopeye si om

Dulu didealer yg sering kulewati ga laku2... sempet kepikiran ganti fk8 ke blopeye... ada 1 taun lebih tuh blopeye ga laku2 didealer... sekarang pada uda hilang semua subaru lama yg sti ... kena goyeng pengepul mobil 🤣
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 2:17

Saya lebih ke blopeye si om

Dulu didealer yg sering kulewati ga laku2... sempet kepikiran ganti fk8 ke blopeye... ada 1 taun lebih tuh blopeye ga laku2 didealer... sekarang pada uda hilang semua subaru lama yg sti ... kena goyeng pengepul mobil 🤣
https://www.olx.co.id/item/subaru-wrx-s ... -840855592

1M cuuuk :wkkk:

dulu gampang nyari subaru lama sekarang di kekep di gudang semua sama sultan kolektor :wkkk:

kita cuma kebagian GVB yang gampang rontok :big_biglaugh:

dulu waktu saya tinggal di singapore blob eye, bug eye, eagle eye ud kaya liatin civic turbo di jalan mana rata2x wrx semua lagi :big_biglaugh:
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: FK8R VS SUBARU

Post by Sandaljepit »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 2:30
Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 2:17

Saya lebih ke blopeye si om

Dulu didealer yg sering kulewati ga laku2... sempet kepikiran ganti fk8 ke blopeye... ada 1 taun lebih tuh blopeye ga laku2 didealer... sekarang pada uda hilang semua subaru lama yg sti ... kena goyeng pengepul mobil 🤣
https://www.olx.co.id/item/subaru-wrx-s ... -840855592

1M cuuuk :wkkk:

dulu gampang nyari subaru lama sekarang di kekep di gudang semua sama sultan kolektor :wkkk:

kita cuma kebagian GVB yang gampang rontok :big_biglaugh:

dulu waktu saya tinggal di singapore blob eye, bug eye, eagle eye ud kaya liatin civic turbo di jalan mana rata2x wrx semua lagi :big_biglaugh:
Ga sala itu udah laku jg 🤣
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: FK8R VS SUBARU

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 1:21
omenRoo wrote: Wed Jan 26, 2022 0:33
silakan dibaca lagi 2 link artikel yg situ kasih.. bacanya pelan2 aja jangan buru2.

artikel gridoto bahas bbm gak sesuai requirement mobil. hasilnya mobil rusak. jadi salah mobilnya?

gw bantu ambil salah satu quote ya dari artikel tuningpro ya..
However, it’s rarely a problem on completely stock engines. WRX internal engine problems are more likely to occur when tuned and modded.

kalo mau ngomongin reliability, fair nya dalam kondisi stock dong bro..
beda cerita kalo mobil udah dimodif, apalagi kalo ada kesalahan user.

hope u get the point.

btw, lain kali dengernya jangan setengah2 trus cerita ke orang lain. ini lah yang banyak terjadi bikin stigma jelek buat beberapa merk mobil. karena orang cuma tau dari "denger" tapi seolah2 tau segalanya
ya bukan salah mobilnya salah yang jual masa cuma ada bbm 95 jual mobil requirementnya ron 98 :big_biglaugh:

tapi balik lagi sih jebolnya cepet banget :mky_01:

ud baca yang ini belom

A few known weak points include:

Rods

Rod bearings
Pistons
Piston rings
These issues appear most common on the 2004+ EJ255, EJ257, and FA20 engines. There have even been some lawsuits regarding internal engine issues on these engines. However, all Subaru WRX and STI engines may run into these problems.


itu bukannya model mesin yang masuk di jaman2x subaru indonesia dijual resmi ya mungkin gak semua generasi WRX kek gitu masalahnya, tapi yang harganya affordable dan gampang di cari model GVB dimana tipe mesin yang kena problem sampe di tuntut :mky_01:

yang bro bold itu kan buat general semua model STI ya gitu

EJ255 & EJ257 kan mesinnya GVB STI paling banyak disini :big_think:

palingan jd kalo mau STI buy older model tapi keliatanya harga mulai crispy di goreng :big_biglaugh:
subaru jaman MII? emang jaman caur caurnya tuh. asal import aja specsnya gak disesuaikan sama BBM sini.

Forester XT pake RON95 aja dibaca di datalogger nya masih knocking. gila gak tuh. gak kebayang knockingnya separah apa di EJ257 STI. EJ257 GVB/GVF udah banyak yg ancur.

blom ada beberapa spec yang ternyata gado-gado ngga jelas VIN nya gak terdaftar buat indonesia bisa ampe sini. ada tuh member sini pake impreza 2.0i-S masa VIN nya terdaftar jamaika punya :big_biglaugh: blom segala kekacauan lain.

ya mobilnya gak jelek, emang ATPM nya lawak aja masukinnya...
Last edited by ChZ on Wed Jan 26, 2022 3:02, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 2:52
subaru jaman MII? emang jaman caur caurnya tuh. asal import aja specsnya gak disesuaikan sama BBM sini.

Forester XT pake RON95 aja dibaca di datalogger nya masih knocking. gila gak tuh. gak kebayang knockingnya separah apa di EJ257 STI. EJ257 GVB/GVF udah banyak yg ancur.

blom ada beberapa spec yang ternyata gado-gado ngga jelas VIN nya gak terdaftar buat indonesia bisa ampe sini.

ada tuh member sini pake impreza 2.0i-S masa VIN nya terdaftar jamaika punya :big_biglaugh:

ya mobilnya gak jelek, emang ATPM nya lawak aja masukinnya...
ATPM rasa Importir UMUM :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: FK8R VS SUBARU

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 2:56
ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 2:52
subaru jaman MII? emang jaman caur caurnya tuh. asal import aja specsnya gak disesuaikan sama BBM sini.

Forester XT pake RON95 aja dibaca di datalogger nya masih knocking. gila gak tuh. gak kebayang knockingnya separah apa di EJ257 STI. EJ257 GVB/GVF udah banyak yg ancur.

blom ada beberapa spec yang ternyata gado-gado ngga jelas VIN nya gak terdaftar buat indonesia bisa ampe sini.

ada tuh member sini pake impreza 2.0i-S masa VIN nya terdaftar jamaika punya :big_biglaugh:

ya mobilnya gak jelek, emang ATPM nya lawak aja masukinnya...
ATPM rasa Importir UMUM :wkkk:
again klo yang NA atau yang non-STI sih emang bener aman aman aja. XV impreza forester ada 2 kenalan gw masih piara XT 2.5 2012 jg baik baik aja.

tapi untuk performance rating yang mirip FK8 dituker STI sama sama 300hp klo ngga a fan of subaru / symmetrical awd / suka boxer gargle kayaknya FK8 aja deh. newer simpler dan more efficient powertrain konsumsi BBM masih waras makanya reviewer di luar bilang nih mobil loe pake harian jg enak biarpun kalo di sini yang bikin sakit ban tipisnya kena jalan berbatu bisa sobek tuh, pd downgrade ke 18inch :big_biglaugh:

anyway konstruksi K20C1 dan L15B7 itu identical jg. blom ngomong bodyparts yang swappable dengan FK4 :mky_01: tabrakan kena bagasi atau lampu sehh beli aja punya FK4
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 3:03

again klo yang NA atau yang non-STI sih emang bener aman aman aja. XV impreza forester ada 2 kenalan gw masih piara XT 2.5 2012 jg baik baik aja.

tapi untuk performance rating yang mirip FK8 dituker STI sama sama 300hp klo ngga a fan of subaru / symmetrical awd / suka boxer gargle kayaknya FK8 aja deh. newer simpler dan more efficient powertrain konsumsi BBM masih waras makanya reviewer di luar bilang nih mobil loe pake harian jg enak biarpun kalo di sini yang bikin sakit ban tipisnya kena jalan berbatu bisa sobek tuh, pd downgrade ke 18inch :big_biglaugh:

anyway konstruksi K20C1 dan L15B7 itu identical jg. blom ngomong bodyparts yang swappable dengan FK4 :mky_01: tabrakan kena bagasi atau lampu sehh beli aja punya FK4
WRX STI GVB aneh kok banyak banget saya nemu yang mesinnya ud REBUILD itu forester yang saya cerita diatas juga emang sih di modif cuma kemaren saya peratiin alesan kenapa itu mobil di modif juga keliatannya karena mesinnya rontok sekalian benerin sekalian modif :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: FK8R VS SUBARU

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 3:20
WRX STI GVB aneh kok banyak banget saya nemu yang mesinnya ud REBUILD itu forester yang saya cerita diatas juga emang sih di modif cuma kemaren saya peratiin alesan kenapa itu mobil di modif juga keliatannya karena mesinnya rontok sekalian benerin sekalian modif :big_biglaugh:
korban kekacauan MII jaman dulu pasti :mky_03: di rebuild terus isi pertamax turbo atau VPower nitro. jangan2 malah sekalian di up spec pake pertamax racing ron100 atau avgas buat drag race :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 3:25
korban kekacauan MII jaman dulu pasti :mky_03: di rebuild terus isi pertamax turbo atau VPower nitro. jangan2 malah sekalian di up spec pake pertamax racing ron100 atau avgas buat drag race :mky_07:
iya katanya owner sebelomnya ud abis banyak bikin tuh mesin matic sih mobilnya :big_biglaugh:
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: FK8R VS SUBARU

Post by racho »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 2:52 subaru jaman MII? emang jaman caur caurnya tuh. asal import aja specsnya gak disesuaikan sama BBM sini.

Forester XT pake RON95 aja dibaca di datalogger nya masih knocking. gila gak tuh. gak kebayang knockingnya separah apa di EJ257 STI. EJ257 GVB/GVF udah banyak yg ancur.

blom ada beberapa spec yang ternyata gado-gado ngga jelas VIN nya gak terdaftar buat indonesia bisa ampe sini. ada tuh member sini pake impreza 2.0i-S masa VIN nya terdaftar jamaika punya :big_biglaugh: blom segala kekacauan lain.

ya mobilnya gak jelek, emang ATPM nya lawak aja masukinnya...
dan si user JDM (Jamaica Domestic Market) ini, atau sebut saja Initial:H,
konon berhasil nyeburin puluhan orang buat jadi Subarist

:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

racho wrote: Wed Jan 26, 2022 6:08
dan si user JDM (Jamaica Domestic Market) ini, atau sebut saja Initial:H,
konon berhasil nyeburin puluhan orang buat jadi Subarist

:mky_03:
mantep tuh denger reagge sambil ngefly cannabis nyetir subaru JDM :wkkk:
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: FK8R VS SUBARU

Post by Sandaljepit »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 6:17
racho wrote: Wed Jan 26, 2022 6:08
dan si user JDM (Jamaica Domestic Market) ini, atau sebut saja Initial:H,
konon berhasil nyeburin puluhan orang buat jadi Subarist

:mky_03:
mantep tuh denger reagge sambil ngefly cannabis nyetir subaru JDM :wkkk:
Jadi dr rangkuman itu

Anda sarankan keep fk8 ya om

🤣🤣🤣
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 7:53
Jadi dr rangkuman itu

Anda sarankan keep fk8 ya om

🤣🤣🤣
kesimpulan saya keep FK8nya dulu

kalo mau emang mau subaru hoki2x cari model tua BUG, BLOB ATAU EAGLE eye yang harganya masih waras :big_biglaugh:

kalo incer GV mendingan nunggu 2023 sampe sti baru ud mulai kejual disini biar pasarannya turun

nah kalo nyari GV mendingan nyari yang internalya ud diganti ternyata banyak yang jual internalnya ud di ganti mungkin jebol pas baru beli gara2x isi ron 95 :big_biglaugh:

tapi emang mendingan KEEP FK8nya sih toh chasisnya lebih gampang di handle sama lebih nyaman buat harian :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: FK8R VS SUBARU

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Jan 26, 2022 8:03
kesimpulan saya keep FK8nya dulu

kalo mau emang mau subaru hoki2x cari model tua BUG, BLOB ATAU EAGLE eye yang harganya masih waras :big_biglaugh:

kalo incer GV mendingan nunggu 2023 sampe sti baru ud mulai kejual disini biar pasarannya turun

nah kalo nyari GV mendingan nyari yang internalya ud diganti ternyata banyak yang jual internalnya ud di ganti mungkin jebol pas baru beli gara2x isi ron 95 :big_biglaugh:

tapi emang mendingan KEEP FK8nya sih toh chasisnya lebih gampang di handle sama lebih nyaman buat harian :mky_01:
iya GVF/GVB udah mulai kegoreng nih, skrg susah cari GV di bawah 500 juta sejak subaru indo balik. pdhl taon lalu msh ada. skrg yang kepala 4 dapetnya matic.

cuma gorengan paling gila evo sehh apalagi evo IX MR bisa em em an
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: FK8R VS SUBARU

Post by racho »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 8:28 iya GVF/GVB udah mulai kegoreng nih, skrg susah cari GV di bawah 500 juta sejak subaru indo balik. pdhl taon lalu msh ada. skrg yang kepala 4 dapetnya matic.

cuma gorengan paling gila evo sehh apalagi evo IX MR bisa em em an
bukan cuma GV yang kegoreng. all subies. makanya kalo nemu subie murah dan sehat, sikat langsung sebelum yg jual sadar.

sidenote: subie harian non-STi taun lalu banyak yg jual 1xx kecil, sekarang? ya gitu
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Jan 26, 2022 8:28
iya GVF/GVB udah mulai kegoreng nih, skrg susah cari GV di bawah 500 juta sejak subaru indo balik. pdhl taon lalu msh ada. skrg yang kepala 4 dapetnya matic.

cuma gorengan paling gila evo sehh apalagi evo IX MR bisa em em an
tapi harusnya GVF GVB kalo keluar VB mah harganya turun sekarang naek karena orang lagi hype aja :mky_01:

ntar juga turun ya tinggal liat juga sih harga VB ntar jatohnya berapa jgn2x 1,5m bisa naek lagi tuh GVB :big_biglaugh:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: FK8R VS SUBARU

Post by haristk7 »

WRX dan STi yang light mod atau bahkan stock condition di komunitas pada awet2 tuh mesinnya..mau EJ20 atau EJ25 sekalipun..dengan catatan rajin dirawat dan gak diabuse mampus mobilnya..

orang2 punya WRX STi itu berasa keren banget dan pada gatel modif nya, makanya gak heran denger STi pd jebol..power dinaikin tp jeroan mesin bagian lainnya gak dikuatin ya buyar lah..

sebenernya ECU Subaru itu pinter, terutama yang engine bay nya factory spec, misal requirement octane98 dikasi minum cuma octane95, si ECU akan self learning bikin settingan pembakaran yang paling aman dan pas buat si mesin, dengan konsekuensi mobil jadi lebih lemot dan mungkin agak gelitik..tp engine life time nya jd awet dan mobilnya durable..

dulu ada yang punya GRF A-Line rajin pp Jakarta - Bandung buat urusan kerjaan, awet banget itu mobil, kilometer gondrong pula untuk ukuran STi..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: FK8R VS SUBARU

Post by Sandaljepit »

haristk7 wrote: Wed Jan 26, 2022 11:51 WRX dan STi yang light mod atau bahkan stock condition di komunitas pada awet2 tuh mesinnya..mau EJ20 atau EJ25 sekalipun..dengan catatan rajin dirawat dan gak diabuse mampus mobilnya..

orang2 punya WRX STi itu berasa keren banget dan pada gatel modif nya, makanya gak heran denger STi pd jebol..power dinaikin tp jeroan mesin bagian lainnya gak dikuatin ya buyar lah..

sebenernya ECU Subaru itu pinter, terutama yang engine bay nya factory spec, misal requirement octane98 dikasi minum cuma octane95, si ECU akan self learning bikin settingan pembakaran yang paling aman dan pas buat si mesin, dengan konsekuensi mobil jadi lebih lemot dan mungkin agak gelitik..tp engine life time nya jd awet dan mobilnya durable..

dulu ada yang punya GRF A-Line rajin pp Jakarta - Bandung buat urusan kerjaan, awet banget itu mobil, kilometer gondrong pula untuk ukuran STi..
Bro ikut komunistas subaru kah ?

Kata2 "rajin dirawat" itu gimana bro ?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: FK8R VS SUBARU

Post by haristk7 »

Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 12:28
Bro ikut komunistas subaru kah ?

Kata2 "rajin dirawat" itu gimana bro ?
1. gak pelit oli
2. rajin ganti oli sesuai interval jarak/waktu, mana yang lebih dulu
3. ganti parts yang kemakan usia/pemakaian
4. pake bensin sesuai recommended octane

itu aja oom, simpel kok ngerawat Subaru..

iyah ikut...sekedar meramaikan aja...
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: FK8R VS SUBARU

Post by Sandaljepit »

haristk7 wrote: Wed Jan 26, 2022 12:31
Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 12:28
Bro ikut komunistas subaru kah ?

Kata2 "rajin dirawat" itu gimana bro ?
1. gak pelit oli
2. rajin ganti oli sesuai interval jarak/waktu, mana yang lebih dulu
3. ganti parts yang kemakan usia/pemakaian
4. pake bensin sesuai recommended octane

itu aja oom, simpel kok ngerawat Subaru..

iyah ikut...sekedar meramaikan aja...
Pake subaru apa bro ?
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: FK8R VS SUBARU

Post by racho »

haristk7 wrote: Wed Jan 26, 2022 12:31
Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 12:28
Bro ikut komunistas subaru kah ?

Kata2 "rajin dirawat" itu gimana bro ?
1. gak pelit oli
2. rajin ganti oli sesuai interval jarak/waktu, mana yang lebih dulu
3. ganti parts yang kemakan usia/pemakaian
4. pake bensin sesuai recommended octane

itu aja oom, simpel kok ngerawat Subaru..

iyah ikut...sekedar meramaikan aja...
salam hormat suhu subarasta Initial:H :e-boohoo: ...

pastinya setuju sama suhu.
kasi oli kasi sintetik beneran, max 5000km, viskositas sesuai, kalo perlu kasi yg lebih kentel. subaru sensitif sama kurang oli/keenceran.
bensin kudu sesuai, subaru turbo JDM (bukan Jamaica) minta Premium Fuel (kalo ga salah RON 96). dibawah itu ada lah ngelitik2.
parts? awet-awet kok... blom lama ane ganti timing belt usia 120rb km/12 taun. no dent or crack found :mky_03:

dan yg terpenting ga usah modif2 kecuali budget besar n emang niat.

kesimpulan:
piara FK8R, nambah Subaru N/A ato WRX (non-STi) buat harian...
:big_biglaugh:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: FK8R VS SUBARU

Post by b0ku »

racho wrote: Thu Jan 27, 2022 1:25

salam hormat suhu subarasta Initial:H :e-boohoo: ...

pastinya setuju sama suhu.
kasi oli kasi sintetik beneran, max 5000km, viskositas sesuai, kalo perlu kasi yg lebih kentel. subaru sensitif sama kurang oli/keenceran.
bensin kudu sesuai, subaru turbo JDM (bukan Jamaica) minta Premium Fuel (kalo ga salah RON 96). dibawah itu ada lah ngelitik2.
parts? awet-awet kok... blom lama ane ganti timing belt usia 120rb km/12 taun. no dent or crack found :mky_03:

dan yg terpenting ga usah modif2 kecuali budget besar n emang niat.

kesimpulan:
piara FK8R, nambah Subaru N/A ato WRX (non-STi) buat harian...
:big_biglaugh:
paling gak ribet mendingan miara BRZ aja :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: FK8R VS SUBARU

Post by ChZ »

haristk7 wrote: Wed Jan 26, 2022 12:31
Sandaljepit wrote: Wed Jan 26, 2022 12:28
Bro ikut komunistas subaru kah ?

Kata2 "rajin dirawat" itu gimana bro ?
1. gak pelit oli
2. rajin ganti oli sesuai interval jarak/waktu, mana yang lebih dulu
3. ganti parts yang kemakan usia/pemakaian
4. pake bensin sesuai recommended octane

itu aja oom, simpel kok ngerawat Subaru..

iyah ikut...sekedar meramaikan aja...
nah ini pemilik impreza 2.0i-S Jamaica Domestic Market yang dimaksud :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7