KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by vulvy8858 »

KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT


Sore semua, cuaca yang baik dari perbatasan Jakarta dengan Tangerang

Setelah beberapa tahun tidak bertanya disini dan selalu memilih pilihan paling aman dalam purchasing a new car, karena harga mobil baru uda kian mahal, saya coba cari alternatif di rentan 250-300 jutaan, untuk unit baru, tapi bukan kendaraan yang jadi market leader, karena harganya uda ga masuk akal sama sekali.

dimana kondisi yang saya butuhkan adalah...
I need a 5 seater or 5+2 seater car with affordable price.
Untuk apa? Tandeman Innova, karena Innova sudah 142rb km lebih, dan mobil lain di rumah 5-seater.

Pilihan yang saya lihat adalah...
1. KIA Sonet Bensin Dynamic IVT
2. Wuling Cortez S CT 1.5 CVT


Pertanyaan yang muncul:
1. Durability
untuk Cortez, sejak 2018 masuk jalanan Indonesia, apakah durability nya cukup baik?
compare ke sesama MPV FWD, apa Cortez bisa diandalkan?
Seberapa kuat kah mesin Turbo dan CVT nya jika dipakai harian dengan bensin oktan rakyat dan oli dibawah 100 ribu seliter?
Seberapa kuatkah kaki kakinya jika dipakai hajar lubang dan menempuh ratusan kilometer setiap pemakaian?

Saya sudah test drive dengan unit yang baru mencapai 20rb km, ga ada bunyi2an aneh dan masih enak2 aja mobilnya, mungkin ada user Almaz / Cortez yang uda sampe ratusan ribu km?

==================================================================================

buat Sonet, karena ini mesin baru, sementara ini bisa kah disiksa sebagai kuda perang?
Compare to keluarga Suzuki K series dan Honda L series, apakah transmisi IVT dan mesin Gamma kecilnya cukup Tangguh untuk dirawat dengan budget mepet?

Apa harus bensin oktan diatas 92 dan oli top tier? Dan untuk mesin dan transmisi ini, apa benar-benar baru atau sudah pernah dipakai di produk KIA / Hyundai sebelumnya? Kereta pun masih produk baru jadi kalo compare ke kereta ya sepertinya belom ketauan rimbanya wkwkwk.

2. Pricing

Jujur aja saya melirik Sonet karena harganya sangat menarik compare to merek sebelahnya yang lagi digencar gencarkan.
Meski pricing nya belum semenarik Cortez yang initial investment nya ga sampe seharga LMPV seri sejuta umat.

buat Cortez, annual depreciation nya emang bisa dilihat sendiri di forum-forum dan beberapa marketplace,
jadi owning a 2nd handed Cortez juga masih masuk radar saya.

3. Size & Ride Quality

Sonet 7, 4.120 mm x 1.790 mm X 1.615 mm X 2.500 mm
compare ke:
Calya 4.110 mm X 1.655 mm X 1.600 mm X 2.525 mm

Apakah Sonet punya cabin size yang mirip Calya?
Alias Row 1 nya cukup lega, Row 2 bisa dimaksimalkan, tapi Row 3 Cuma buat penggembira saja?
Terakhir duduk di Sonet yang 5 seater sih saya ga bermasalah dengan spacing nya.
Dan apabila diisi 7 orang, apakah memadai buat long trip?

Kalo Cortez saya uda test drive dan saya ga bermasalah dengan sizing nya,
saya bisa duduk enak di Row 1-2 dan di Row 3 pun kepala saya masih nyaman dan kaki saya masih sangat bisa menerima posisi duduknya.
Ride Quality Cortez pun menurut saya sangat acceptable ketimbang LMPV LCGC LSUV even ke Hatchback yang masuk range 350-400 jutaan.

Namun, salah satu consideration saya ke Cortez adalah:
mobil ini Panjang dan besar, lebih Panjang dari Innova.

That’s why saya masukin Sonet sebagai opsi.

4. Cost of Ownership & Konsumsi BBM:

mungkin ada yang punya table biaya service nya Sonet?

kalau melihat review Cortez di beberapa group dan forum, biaya service berkala Cortez masih dibawah Innova dan saya ga bermasalah dengan hal ini.

bagaimanakah konsumsi BBM nya Sonet?
apakah on par dengan Creta yang ga jauh beda dari HR-V, S-Cross dan Avanza?
Alias dalkot ga jauh2 dari angka 9 dan bisa irit di rute lurkot?

kalo Cortez Turbo uda ketara lebih baik dikit dari Innova bensin matic, still acceptable for me.
Dalkot 1:8an, lurkot 1:12-13an, most likely sekitar 1:10
Pertanyaannya: apakah bisa dipaksakan Pertalite?

buat yang menyarankan Innova, justru saya sedang cari alternatifnya. Thank you.

buat yang menyarankan HR-V, terima kasih saya kurang srek.
On the other hand sudah ada City di rumah dan yang suka sama ni mobil di rumah cuma adik saya doang.

Buat team Xpander dan Livinder, skip, babeh ga suka wkwkwk.

============================================================================================================================

Other Options:
1. Suzuki All-New Ertiga, karena 7-seater, lega, harga relatively rendah, irit BBM dan biaya perawatan
Kenapa ga jadi option pertama karena sudah punya Baleno hatchback.

2. Hyundai Creta Trend
yang masih mengganjal dari Creta cuma harganya yang jauh diatas Sonet dan legroom row 2 nya sempit. Apakah worthed?

thanks, C&C's are really welcome..



regards



vulvy
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by KielConstantine »

Sampe ada yg bilang innova diesel gw gebukin
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Wed Apr 13, 2022 9:04 Sampe ada yg bilang innova diesel gw gebukin
bosen om ipah diesel mulu

saya si recomend toyota AN140 2.4 DIESEL bisa isi solar goceng :big_peace:
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by mike22 »

7 seater memadai longtrip, kalo sy malah pengen veloz gr 1.5 yg masih rwd. Trust me veloz beda kok dgn regular avanza, apalagi yg last fl ini.
Minusnya ya udh ga ada barunya cm ada sekenannya (tp dibawah budget tsb jd hemat lumayan)
Another opt sienta mungkin, kl ada diskon nik 21.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by b0ku »

sebenernya pusing2x kalo saya si ertiga aja dapet semua resale value, durability ditambah masukin beres suzuki aja murah banget kalo cuma mau asal gelinding doank mah :mky_01:
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by forzanetti »

b0ku wrote:sebenernya pusing2x kalo saya si ertiga aja dapet semua resale value, durability ditambah masukin beres suzuki aja murah banget kalo cuma mau asal gelinding doank mah :mky_01:
Setuju. Pilih ertiga udah pasti safe di segala aspek yang disebutin om TS.

Cuma kayanya om TS lagi pengen nyoba something new ya. Saya juga kadang gitu (meskipun akhirnya balik kucing dan ambil opsi yang safe lagi)
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by Astargea »

Sonet jelas jauh lebih irit daripada Cortez, on par bahkan lebih irit daripada Creta. Mesinnya enak, kalo Cortez rada gimanaa gitu. Resale value yakin Sonet kuat terus, kalo Cortez wassalam

Btw kalo dikata legroom Creta dibilang sempit apalagi Sonet dong
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by rakyatwkwkland »

Buat sonet kayanya hindari sonet7 deh kalo emang ngincer seven seater. Itu udah baris ke3 nya useless banget2, bangku baris keduanya juga berasa kayanya busanya ada yang dipangkas demi muat tiga baris. Yg pasti keliatan banget sandaran jok baris kedua itu jadi menciut, kalo orang tinggi seringkali gak kesupport sampe bahu. Ane udah pernah nyoba test duduk soalnya. Percayalah, jauh mendingan sonet 5 seater kemana2. Udah gitu beberapa fitur jg ada yg dipangkas di sonet7 ini, salah satunya yg ane liat pake mata sendiri adalah di tipe smart AC nya jadi analog dan kalo gasalah inget sonet7 jg ga ada sunroof ya?

Yang pasti ya, setau ane katanya sonet7 udah discontinue. Jadi kalo mau nyari paling ngarep sisa2 stok di dealer aja


Kalo cortez, selain boros, konon katanya lagi2 isu kaki2 sih. Cari aja yg bahas di yutub, ane dengernya sih dari situ ya. Gak bisa terlalu banyak komen soalnya gak punya dan orang sekitar kebetulan jg ga ada yg punya. Yg pasti sih akomodasi menang dari pilihan lainnya lah, kira2 kalo nurut ane setara inopah. Kalo review, di sini pernah ada yg review owning experience malaz sampe 50k km dalam setahun dan terakhir ada update-an nya lagi di 80k km kalo gasalah. Cari aja di trit review.

Kalo kompromi tengah2nya, ya sujelas jawabannya adalah ertiga :big_love:
Memang resikonya dari BHB ke ertiga pasti bosen, karena platform jg sama kan? Ride quality pasti ga beda jauh. Saran ya kalo mau ambil ertiga dan butuh mobilnya ga buru2, mending nunggu versi feslip aja. 1.5 mild hybrid + 6AT, at least dari segi powertrain rasanya beda lah.

Saran nyeleneh kalo butuh mobilnya ga buru2, karena oom dah ngelirik sonet tapi pengen 7 seater, kenapa gak nunggu carens rilis harga aja? Lauching udah, tinggal nunggu rilis harga dan dijual aja itu. Udah fix juga pake 1.4T + 7DCT dan 1.5D + 6AT, powertrainnya jelas jauh lebih superior dari ertiga.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by AbdulHakim »

Toyota aja..












Maksudnya Rush atau gak kembarannya yaitu Daihatsu Xenia :big_grin:
7 seater, checked!
kaki-kaki tangguh, checked!
libas tanjakan, RWD checked!
konsumsi BBM irit, checked!
lega, checked! itu om fitra eri udah bikin video head to head sama all new BRV, yg saya tangkep siy ANR lebih lega malah.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by the-mantal »

Sebagai pengguna cortez turbo pinjeman 6 bulan ini, klo cm utk family car sih nyaman yak. Tp sektor mesin n driving feel nya ya biasa aja. Saya bahkan lbh senang driving avanza lama drpd cortez (personal opinion). Saya pke cortez slalu pertamax ga pernah pertalite krn ini mobil dikasih pinjem. Dalkot jakarta 1:8-9
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by carlzeiss »

Saya ga pernah coba cortez sih tp skrg lagi pake almaz dari baru sampe 40 rb kilometer skrg

Mesin : aman aja sih ga ada aneh aneh / rusak
Bensin pakai pertamax , pernah cekokin pertalite bisa aja sih cuman konsumsi bensin lgsung drop

Pakai pertamax 1:10.7
Klo pertalite lgsung drop ke 1:9

Oli saya slalu pake ptt 5w-30
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by pendoli »

Pernah test drive sonet… dalemnya ya oke si. Naikan juga. Ga tau ketahanannya

Akhirnya ambil ertiga gx sih, karena… murah dan cukup di semua aspek. Ertiga gx nik 2021 cuma 218jt kemaren wkwkwk semua kekurangan bisa dimaafkan :big_peace:

Kalo feslip bentar lagi mending tunggu feslip si ya, minimal yg non feslip didiskon gede
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by sugarpot »

Kenapa gak pake innovanya aja om ? Siksa abis-abisan, toh biaya peliharanya juga gaakan semahal kalo om beli + perawatan kalo nambah mobil :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by ChZ »

Masih belum percaya aftersales duo korea walau barang bagus bagus tp oli bisa salah spek,

masih belum percaya wuling dan konco konconya.

Jadi ane pilih ertilu aja. Soalnya ane jg pake 2 mobil 1 basis udah keenakan :big_biglaugh:

Tp kalo cuma kortes ama sonet, ya sonet.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by imansyx »

Sonet Dynamic 5seat saya udah usia 1 tahun 1 bulan jalan 10300 km an,

1. Durability

Sejauh ini aman sentosa kecuali sempat ada kancing door trim depan ka-ki kendor jadi bunyi "trr trr" kalo lewat jalan gelombang dikit, dibenerin di beres kia free. Wireless Carplay sempat rada2 byarpet koneksinya akhirnya solve dengan update software HU di beres kia.

2. Pricing

Dulu saya kena 260... waktu harga pertama kali launch + disc dikit. Sekarang kalo dijual segituan juga karena udah naik harganya lol

3. Size & Ride Quality

pas banget kebetulan saya ada calya G M/T, compare ke calya:

Row 1 - 2 Sonet sesak :big_biglaugh: on the other hand, Calya itu feel tipisnya berasa banget.. Sonet sesak justru karena feel tebalnya

Row 3 Sonet 7 seat? buat naro batita ajah. Kalo mau ngehukum orang ya ditaro disitu

4. Cost of Ownership & Konsumsi BBM:

Pajak progresif ke-2 Jaktim: 4,9 juta

Service 1 free, service 2 980 rebu berapa ya?, service 3 980 an juga :mky_01: anggep aja sejuta kali ya

Asuransi ACA all risk perluasan dll Tgg jawab pihak 3 25jt per tahun di 5 juta

Bensin pokoknya pemakaian full dalkot jakarta rush hour ke kantor kalo tangki full range ada di 730 km kata MID

Yang masih disayangkan beberapa slow moving partnya inden, jadi lebih baik jangan jadi mobil satu satunya di rumah.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by vulvy8858 »

mike22 wrote: Wed Apr 13, 2022 9:50 7 seater memadai longtrip, kalo sy malah pengen veloz gr 1.5 yg masih rwd. Trust me veloz beda kok dgn regular avanza, apalagi yg last fl ini.
Minusnya ya udh ga ada barunya cm ada sekenannya (tp dibawah budget tsb jd hemat lumayan)
Another opt sienta mungkin, kl ada diskon nik 21.
kebetulan sudah pernah pakai Veloz 2012 dan 2018
dan sudah tidak memikirkan Avanza lagi..

Sienta kurang suka sama ground clearance nya yang pendek, karena buat dipake kemana mana hore.
b0ku wrote: Wed Apr 13, 2022 10:40 sebenernya pusing2x kalo saya si ertiga aja dapet semua resale value, durability ditambah masukin beres suzuki aja murah banget kalo cuma mau asal gelinding doank mah :mky_01:
forzanetti wrote: Wed Apr 13, 2022 10:45Setuju. Pilih ertiga udah pasti safe di segala aspek yang disebutin om TS.

Cuma kayanya om TS lagi pengen nyoba something new ya. Saya juga kadang gitu (meskipun akhirnya balik kucing dan ambil opsi yang safe lagi)
justru Ertiga ini last option yang bakal saya pilih karena uda keenakan sama maintenance cost & running cost nya Suzuki wkwkwkwk
Astargea wrote: Wed Apr 13, 2022 10:47 Sonet jelas jauh lebih irit daripada Cortez, on par bahkan lebih irit daripada Creta. Mesinnya enak, kalo Cortez rada gimanaa gitu. Resale value yakin Sonet kuat terus, kalo Cortez wassalam

Btw kalo dikata legroom Creta dibilang sempit apalagi Sonet dong
Sonet yang meragukan after sales nya dan uda mulai kurang2in tipe yang ditawarin ke market..
Rencana mau test lagi Sonet legroom nya gimana wkwkwk.
Sementara pake BHB ga terlalu bermasalah dengan legroom di row 2, headroom aman
CHB legroom sangat aman, headroom ga terlalu bermasalah..
patokannya headroom dan legroom selama masi ga bermasalah pas Row 1 saya yang naik, itu uda cukup..
rakyatwkwkland wrote: Wed Apr 13, 2022 13:15 Buat sonet kayanya hindari sonet7 deh kalo emang ngincer seven seater. Itu udah baris ke3 nya useless banget2, bangku baris keduanya juga berasa kayanya busanya ada yang dipangkas demi muat tiga baris. Yg pasti keliatan banget sandaran jok baris kedua itu jadi menciut, kalo orang tinggi seringkali gak kesupport sampe bahu. Ane udah pernah nyoba test duduk soalnya. Percayalah, jauh mendingan sonet 5 seater kemana2. Udah gitu beberapa fitur jg ada yg dipangkas di sonet7 ini, salah satunya yg ane liat pake mata sendiri adalah di tipe smart AC nya jadi analog dan kalo gasalah inget sonet7 jg ga ada sunroof ya?

Yang pasti ya, setau ane katanya sonet7 udah discontinue. Jadi kalo mau nyari paling ngarep sisa2 stok di dealer aja


Kalo cortez, selain boros, konon katanya lagi2 isu kaki2 sih. Cari aja yg bahas di yutub, ane dengernya sih dari situ ya. Gak bisa terlalu banyak komen soalnya gak punya dan orang sekitar kebetulan jg ga ada yg punya. Yg pasti sih akomodasi menang dari pilihan lainnya lah, kira2 kalo nurut ane setara inopah. Kalo review, di sini pernah ada yg review owning experience malaz sampe 50k km dalam setahun dan terakhir ada update-an nya lagi di 80k km kalo gasalah. Cari aja di trit review.

Kalo kompromi tengah2nya, ya sujelas jawabannya adalah ertiga :big_love:
Memang resikonya dari BHB ke ertiga pasti bosen, karena platform jg sama kan? Ride quality pasti ga beda jauh. Saran ya kalo mau ambil ertiga dan butuh mobilnya ga buru2, mending nunggu versi feslip aja. 1.5 mild hybrid + 6AT, at least dari segi powertrain rasanya beda lah.

Saran nyeleneh kalo butuh mobilnya ga buru2, karena oom dah ngelirik sonet tapi pengen 7 seater, kenapa gak nunggu carens rilis harga aja? Lauching udah, tinggal nunggu rilis harga dan dijual aja itu. Udah fix juga pake 1.4T + 7DCT dan 1.5D + 6AT, powertrainnya jelas jauh lebih superior dari ertiga.
well noted.
yap, makannya saya cari yang Dynamic
sunroof bukan prioritas utama...

=====================================================

Cortez dan keluarganya masih saya lirik lirik cost & benefit nya, karena cost yang ditawarin sangat amat menarik...

=====================================================

Ertiga yang pake batere dan 6AT saya nunggu juga sih...
cuma, kelamaan wkwkwkwkwk.
AbdulHakim wrote: Wed Apr 13, 2022 15:24 Toyota aja..

Maksudnya Rush atau gak kembarannya yaitu Daihatsu Xenia :big_grin:
7 seater, checked!
kaki-kaki tangguh, checked!
libas tanjakan, RWD checked!
konsumsi BBM irit, checked!
lega, checked! itu om fitra eri udah bikin video head to head sama all new BRV, yg saya tangkep siy ANR lebih lega malah.
sudah kenyang pake Avanza - Xenia, sudah ga kepikiran lagi..
RusTeri juga ga kepikiran lagi...
dan ga kepikiran buat ambil AvXen baru karena itu saya cari alternative nya.
the-mantal wrote: Wed Apr 13, 2022 16:13 Sebagai pengguna cortez turbo pinjeman 6 bulan ini, klo cm utk family car sih nyaman yak. Tp sektor mesin n driving feel nya ya biasa aja. Saya bahkan lbh senang driving avanza lama drpd cortez (personal opinion). Saya pke cortez slalu pertamax ga pernah pertalite krn ini mobil dikasih pinjem. Dalkot jakarta 1:8-9
kalo dalkot 1:8-9 masih cukup acceptable..
carlzeiss wrote: Wed Apr 13, 2022 18:02 Saya ga pernah coba cortez sih tp skrg lagi pake almaz dari baru sampe 40 rb kilometer skrg

Mesin : aman aja sih ga ada aneh aneh / rusak
Bensin pakai pertamax , pernah cekokin pertalite bisa aja sih cuman konsumsi bensin lgsung drop

Pakai pertamax 1:10.7
Klo pertalite lgsung drop ke 1:9

Oli saya slalu pake ptt 5w-30
well noted, thank you.

buat kaki-kaki, power window, AC dan kelistrikan, masih aman Om?
pendoli wrote: Thu Apr 14, 2022 0:58 Pernah test drive sonet… dalemnya ya oke si. Naikan juga. Ga tau ketahanannya

Akhirnya ambil ertiga gx sih, karena… murah dan cukup di semua aspek. Ertiga gx nik 2021 cuma 218jt kemaren wkwkwk semua kekurangan bisa dimaafkan :big_peace:

Kalo feslip bentar lagi mending tunggu feslip si ya, minimal yg non feslip didiskon gede
wakakakakak ini yang saya lagi incer, tks...
sugarpot wrote: Thu Apr 14, 2022 5:17 Kenapa gak pake innovanya aja om ? Siksa abis-abisan, toh biaya peliharanya juga gaakan semahal kalo om beli + perawatan kalo nambah mobil :big_think:
karena uda terlalu tersiksa mobil ini, dan masih dipakai harian sampe sekarang.
kilometer 140 ribuan mayoritas penggunaan dalkot jakarta dan sopir yang pake.
butuh 1 backup car seenggaknya yang masih bisa disetir sendiri.
kalo innova masuk bengkel, masih ada cadangan yang bisa accidentaly diisi 6 orang.
ChZ wrote: Thu Apr 14, 2022 5:21 Masih belum percaya aftersales duo korea walau barang bagus bagus tp oli bisa salah spek,

masih belum percaya wuling dan konco konconya.

Jadi ane pilih ertilu aja. Soalnya ane jg pake 2 mobil 1 basis udah keenakan :big_biglaugh:

Tp kalo cuma kortes ama sonet, ya sonet.
wkwkwkwkwkwkwkwk oke Pak
imansyx wrote: Thu Apr 14, 2022 5:58 Sonet Dynamic 5seat saya udah usia 1 tahun 1 bulan jalan 10300 km an,

1. Durability
Sejauh ini aman sentosa kecuali sempat ada kancing door trim depan ka-ki kendor jadi bunyi "trr trr" kalo lewat jalan gelombang dikit, dibenerin di beres kia free. Wireless Carplay sempat rada2 byarpet koneksinya akhirnya solve dengan update software HU di beres kia.

2. Pricing
Dulu saya kena 260... waktu harga pertama kali launch + disc dikit. Sekarang kalo dijual segituan juga karena udah naik harganya lol

3. Size & Ride Quality
pas banget kebetulan saya ada calya G M/T, compare ke calya:
Row 1 - 2 Sonet sesak :big_biglaugh: on the other hand, Calya itu feel tipisnya berasa banget.. Sonet sesak justru karena feel tebalnya
Row 3 Sonet 7 seat? buat naro batita ajah. Kalo mau ngehukum orang ya ditaro disitu

4. Cost of Ownership & Konsumsi BBM:
Pajak progresif ke-2 Jaktim: 4,9 juta
Service 1 free, service 2 980 rebu berapa ya?, service 3 980 an juga :mky_01: anggep aja sejuta kali ya
Asuransi ACA all risk perluasan dll Tgg jawab pihak 3 25jt per tahun di 5 juta

Bensin pokoknya pemakaian full dalkot jakarta rush hour ke kantor kalo tangki full range ada di 730 km kata MID

Yang masih disayangkan beberapa slow moving partnya inden, jadi lebih baik jangan jadi mobil satu satunya di rumah.

1. siaaapp ini mah minor lah..
2. wkwkwk masi murce ya, skrg uda upper 300 sebelom diskon..
3. buset compare ke Calya aja masih sesak :big_chicken: gua mesti liat sendiri ini mah.
4. pajak mirip sama HR-V, still acceptable. service nya setara sama CHB ya, diatas Toyota sama Suzuki yang kelas dibawah 300 juta.. ACA Insurance nya setara Innova ini.
5. irit sih itu, averagely 12-13 dalkot jakarta dapet, setara sama BHB.
6. nah, masalah slow moving parts ini yang masih ganjal dari Sonet, yang bisa diisi oleh Cortez..

================================================================================

well thank you SMers buat masukannya,
mungkin kalo ada waktu saya test drive Sonet..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by Venturtle »

All New Ertiga saja.. jok empuk, row 1 sampe 3 luas dan nyaman :mky_02:
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by forzanetti »

vulvy8858 wrote: Thu Apr 14, 2022 9:55 karena uda terlalu tersiksa mobil ini, dan masih dipakai harian sampe sekarang.
kilometer 140 ribuan mayoritas penggunaan dalkot jakarta dan sopir yang pake.
butuh 1 backup car seenggaknya yang masih bisa disetir sendiri.
kalo innova masuk bengkel, masih ada cadangan yang bisa accidentaly diisi 6 orang.
Innovanya bensin ya om?

sudah nyaman pake Innova, perlu mobil pendamping yang bakal disetir sendiri, muat 6 orang :big_think:

jawabannya tidak lain tidak bukan adalah Innova DIESEL!



*kabur sebelum dirajam massa
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by wicaksono99 »

vulvy8858 wrote: Wed Apr 13, 2022 8:41 KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT


Sore semua, cuaca yang baik dari perbatasan Jakarta dengan Tangerang

Setelah beberapa tahun tidak bertanya disini dan selalu memilih pilihan paling aman dalam purchasing a new car, karena harga mobil baru uda kian mahal, saya coba cari alternatif di rentan 250-300 jutaan, untuk unit baru, tapi bukan kendaraan yang jadi market leader, karena harganya uda ga masuk akal sama sekali.

dimana kondisi yang saya butuhkan adalah...
I need a 5 seater or 5+2 seater car with affordable price.
Untuk apa? Tandeman Innova, karena Innova sudah 142rb km lebih, dan mobil lain di rumah 5-seater.

Pilihan yang saya lihat adalah...
1. KIA Sonet Bensin Dynamic IVT
2. Wuling Cortez S CT 1.5 CVT


Pertanyaan yang muncul:
1. Durability
untuk Cortez, sejak 2018 masuk jalanan Indonesia, apakah durability nya cukup baik?
compare ke sesama MPV FWD, apa Cortez bisa diandalkan?
Seberapa kuat kah mesin Turbo dan CVT nya jika dipakai harian dengan bensin oktan rakyat dan oli dibawah 100 ribu seliter?
Seberapa kuatkah kaki kakinya jika dipakai hajar lubang dan menempuh ratusan kilometer setiap pemakaian?

Saya sudah test drive dengan unit yang baru mencapai 20rb km, ga ada bunyi2an aneh dan masih enak2 aja mobilnya, mungkin ada user Almaz / Cortez yang uda sampe ratusan ribu km?

==================================================================================

buat Sonet, karena ini mesin baru, sementara ini bisa kah disiksa sebagai kuda perang?
Compare to keluarga Suzuki K series dan Honda L series, apakah transmisi IVT dan mesin Gamma kecilnya cukup Tangguh untuk dirawat dengan budget mepet?

Apa harus bensin oktan diatas 92 dan oli top tier? Dan untuk mesin dan transmisi ini, apa benar-benar baru atau sudah pernah dipakai di produk KIA / Hyundai sebelumnya? Kereta pun masih produk baru jadi kalo compare ke kereta ya sepertinya belom ketauan rimbanya wkwkwk.

2. Pricing

Jujur aja saya melirik Sonet karena harganya sangat menarik compare to merek sebelahnya yang lagi digencar gencarkan.
Meski pricing nya belum semenarik Cortez yang initial investment nya ga sampe seharga LMPV seri sejuta umat.

buat Cortez, annual depreciation nya emang bisa dilihat sendiri di forum-forum dan beberapa marketplace,
jadi owning a 2nd handed Cortez juga masih masuk radar saya.

3. Size & Ride Quality

Sonet 7, 4.120 mm x 1.790 mm X 1.615 mm X 2.500 mm
compare ke:
Calya 4.110 mm X 1.655 mm X 1.600 mm X 2.525 mm

Apakah Sonet punya cabin size yang mirip Calya?
Alias Row 1 nya cukup lega, Row 2 bisa dimaksimalkan, tapi Row 3 Cuma buat penggembira saja?
Terakhir duduk di Sonet yang 5 seater sih saya ga bermasalah dengan spacing nya.
Dan apabila diisi 7 orang, apakah memadai buat long trip?

Kalo Cortez saya uda test drive dan saya ga bermasalah dengan sizing nya,
saya bisa duduk enak di Row 1-2 dan di Row 3 pun kepala saya masih nyaman dan kaki saya masih sangat bisa menerima posisi duduknya.
Ride Quality Cortez pun menurut saya sangat acceptable ketimbang LMPV LCGC LSUV even ke Hatchback yang masuk range 350-400 jutaan.

Namun, salah satu consideration saya ke Cortez adalah:
mobil ini Panjang dan besar, lebih Panjang dari Innova.

That’s why saya masukin Sonet sebagai opsi.

4. Cost of Ownership & Konsumsi BBM:

mungkin ada yang punya table biaya service nya Sonet?

kalau melihat review Cortez di beberapa group dan forum, biaya service berkala Cortez masih dibawah Innova dan saya ga bermasalah dengan hal ini.

bagaimanakah konsumsi BBM nya Sonet?
apakah on par dengan Creta yang ga jauh beda dari HR-V, S-Cross dan Avanza?
Alias dalkot ga jauh2 dari angka 9 dan bisa irit di rute lurkot?

kalo Cortez Turbo uda ketara lebih baik dikit dari Innova bensin matic, still acceptable for me.
Dalkot 1:8an, lurkot 1:12-13an, most likely sekitar 1:10
Pertanyaannya: apakah bisa dipaksakan Pertalite?

buat yang menyarankan Innova, justru saya sedang cari alternatifnya. Thank you.

buat yang menyarankan HR-V, terima kasih saya kurang srek.
On the other hand sudah ada City di rumah dan yang suka sama ni mobil di rumah cuma adik saya doang.

Buat team Xpander dan Livinder, skip, babeh ga suka wkwkwk.

============================================================================================================================

Other Options:
1. Suzuki All-New Ertiga, karena 7-seater, lega, harga relatively rendah, irit BBM dan biaya perawatan
Kenapa ga jadi option pertama karena sudah punya Baleno hatchback.

2. Hyundai Creta Trend
yang masih mengganjal dari Creta cuma harganya yang jauh diatas Sonet dan legroom row 2 nya sempit. Apakah worthed?

thanks, C&C's are really welcome..



regards



vulvy
Saran saya nungguin Ertiga hybrid aja om.. Tuh unitnya dah siap di pabriknya, tinggal tunggu launching aja. *info dari internal karyawan pabriknya.

Cortez turbo juga oke sih, kalau mau minum pertalite tapi tenaga ga boyo coba di TUSS provis. Saya punya all new ertiga, sebelumnya lirik cortez turbo cuma karna konsen bakal dipake sering dengan konsumsi bbm mesin turbo jadinya pilih ertiga.. Eh tapi habis tau tuss (ertiga saya tuss) agak mikir sih kenapa dulu ga ngambil cortez turbo bisa cuma pake pertalite/revvo 89. Tapi skip aja kalau bukan mobil cape karna BEPnya gak dapet/lama karna biayanya lumayan.. Hehe... (meskipun skrng bisa lebih cepet karna selisih pertalite dengan pertamax jauh banget).
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by Pboyz97 »

kalo dari semuanya ya saya vote ertiga aja. udh paling sesuai kriteria. kalo mau yg 5 seater, kalo pilihannya cuma sonet sm creta saya vote creta hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by carlzeiss »

Saya pakai sampe sejauh ini sih yang saya kagum AC nya masih dingin kaya baru

Pernah piara merk H tegak keknya waktu itu di km sgini ac nya udh mulai sayup sayup dan emg ciri khas sih ga sedingin merk T
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by grimjow »

Sonet baru launch versi facelift di India.
Tapi lifecycle untuk sampai ke Indo belum ada info jeda berapa bulan /tahun.
https://timesofindia.indiatimes.com/aut ... 725053.cms
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by vulvy8858 »

forzanetti wrote: Thu Apr 14, 2022 12:37
Innovanya bensin ya om?

sudah nyaman pake Innova, perlu mobil pendamping yang bakal disetir sendiri, muat 6 orang :big_think:

jawabannya tidak lain tidak bukan adalah Innova DIESEL!



*kabur sebelum dirajam massa
Existing pake INNOVA DIESEL MATIC 😂😂😂😂😂
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by vulvy8858 »

carlzeiss wrote: Thu Apr 14, 2022 16:44 Saya pakai sampe sejauh ini sih yang saya kagum AC nya masih dingin kaya baru

Pernah piara merk H tegak keknya waktu itu di km sgini ac nya udh mulai sayup sayup dan emg ciri khas sih ga sedingin merk T
Well noted, kalo AC ga ada masalah, akan jadi good consideration untuk melirik Almaz.

Setelah baca2 di beberapa forum dan group, Almaz sepertinya lebih minim keluhan dari Cortez.

Sementara alasan utama saya ga melirik Almaz adalah:
Harganya masih diatas 300 juta.

Alasan berikutnya:
Konsumsi BBM dan pajak tahunan nya pasti diatas Cortez
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: KIA Sonet Dynamic iVT vs Wuling Cortez S CT 1.5 CVT

Post by ilhami »

saya lihat wheel base nya sama.
Kalau disisi kelegaan kabin, mana yang lebih lega, wuling cortez atau innova reborn ?