boleh tau nama bengkel nya om? saya coba mau dm om tapi not authorizedDityyy wrote: ↑17 May 2022, 16:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: 09 Nov 2016, 19:00
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9520
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
keren mbah,Dityyy wrote: ↑18 May 2022, 16:48iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya sajaKaleng wrote: ↑18 May 2022, 14:33setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?Dityyy wrote: ↑17 May 2022, 16:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling
Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006
klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1248
- Joined: 07 Jan 2008, 10:10
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?DOHC wrote: ↑20 Apr 2022, 15:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya
mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah
yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
regards,
singachu
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.Suryaputra wrote: ↑18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIWChZ wrote: ↑19 May 2022, 09:47ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.Suryaputra wrote: ↑18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: 07 May 2015, 01:58
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Oli Mesin dan Oli Transmisi nya pasti yahuddd punya nihhhevanbngdor wrote:Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIWChZ wrote: ↑19 May 2022, 09:47ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.Suryaputra wrote: ↑18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Wah kurang paham, punya sodara soalnya waktu itu saya pake Om. Cuma jd joki driver aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Iya mbah, drain n fill aj ckup koqsingachu wrote: ↑19 May 2022, 08:02gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?DOHC wrote: ↑20 Apr 2022, 15:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya
mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah
yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
regards,
singachu
Pas ngisi, baut cek nya jg d buka, jd pas atf ud mulai ngocor atau pas d mulut lobang cek, stop
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannyaevanbngdor wrote: ↑19 May 2022, 09:52Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIWChZ wrote: ↑19 May 2022, 09:47ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.Suryaputra wrote: ↑18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake
Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: 27 Apr 2005, 16:47
- Location: jakarta
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Last edited by the-mantal on 19 May 2022, 15:30, edited 1 time in total.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: 20 Mar 2022, 08:17
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Hallo om, izin ikutan nimbrung yah...kentbertlee wrote: ↑20 Apr 2022, 13:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
Kalo saya sih terus terang aliran old school jadi dari dulu pake manual terus, kebetulan saya ada background machine design dan mechanical engineering sedikit jadi mau ikut komen aja sebatas yg saya tahu:
1. Setahu saya gearbox cvt baru mulai populer tahun 90an akhir ke 2000an awal di mobil2 jepang, lain halnya dengan transmisi at konvensional yg udah polpuler dari tahun 80an bahkan civic tahun 70an akhir udah mulai pakai AT. Jadi namanya teknologi baru pasti perlu waktu buat improve dan usernya juga harus tahu gimana cara pemakaian yg benar kaya kasus honda cvt dulu saat baru yg salah isi oli. Nah cepet rusak bener ga? Iya bener, banyak kasus cvt jebol di mobil Nissan dimana supplier gearboxnya Jatco yg ga tau desainya fail atau gimana, dan kalo udah rusak yaa harus ganti segelondong soalnya pabrikan ga suplai part internal gearbox makanya jadi mahal, alternatifnya yaa part copotan/kanibal.
2. Nggak juga, banyak mobil cvt yang lebih dari 100rb km masih bagus dan smooth, malaupun umur pakainya juga ga bakal sepanjang AT konven. kalo di AT konven itu musuhnya panas, kalo di CVT musuhnya torsi/beban/panas, selama bawa mobilnya halus/gradual, dan beban mobil ringan maka transmisi bisa awet, kalo bawa mobil kaya orang gila, gas pol - lepas - gas pol, dan suka bawa muatan berat dan medannya banyak tanjakan yaa wassalam. Karena dari pabrikan cuma ngasih perkiraan umur transmisi cuma sampai 100rb km, jadi kalo lebih dari itu yaa bonus dan kalo jebol yaa beli transmisi baru lagi. Itu juga kenapa ada istilah lifetime fluid jadi olinya sepanjang umur transmisi doang, tapi tetep bagusnya ganti tiap 20rb km. Dan dibanyak kasus cvt honda emang well build dibanding jatco. Dan cvt ini lebih cocok buat mesin2 torsi kecil, kalo mesin torsi besar + cvt + sering bejek2 yaa sudah...
3. Kenapa sekarang banyak mobil cvt, karena ongkos pembuatan cvt itu lebih murah dibanding AT konvensional, part utama cuma pulley primer, pulley skunder dan belt. Kalo AT konvensional lebih kompleks dan mahal, tapi buat mobil2 dengan tenaga, torsi dan beban besar tetap pakai AT konven.
4. Ga pernah punya mobil CVT, tapi kalo mau ambil mobil CVT mending dari baru jangan seken, dan hindari cvt jatco. CVT Honda oke karena dia desain dan develop sendiri, Toyota pakai dari Aisin kalo konven, kalo cvt saya ga tau deh tapi dia juga less trouble.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 768
- Joined: 27 Aug 2009, 11:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?the-mantal wrote: ↑19 May 2022, 15:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: 27 Apr 2005, 16:47
- Location: jakarta
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
[/quote]
wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
[/quote]
Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
[/quote]
Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
daihatsu CVT = Toyota CVT FE. oli yg ga aneh2 banget karena semua CVT Toyota sejak 2010an sudah pake ini, malah Redline CVT sudah comply.
itu beres bikin speechless.. kalau saya lagi jahil saya tulis email ke daihatsu dan astra, minta extended warrantythe-mantal wrote: ↑19 May 2022, 15:52 Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
mentang2 pake enjin sama2 1KR, lgs d hajar pukul rata pake atf biasa gt
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: 20 Jan 2016, 11:09
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnyaSuryaputra wrote: ↑18 May 2022, 20:51keren mbah,Dityyy wrote: ↑18 May 2022, 16:48iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya sajaKaleng wrote: ↑18 May 2022, 14:33
setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling
Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006
klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1380
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
CVT adalah sebuah keniscayaan, semua akan CVT pada waktunya
eh, ada yg beda IVT-nya Korean cars.
eh, ada yg beda IVT-nya Korean cars.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.ariswp wrote: ↑19 May 2022, 13:49Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannyaevanbngdor wrote: ↑19 May 2022, 09:52Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake
Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: 22 Feb 2016, 14:57
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.kentbertlee wrote: ↑18 May 2022, 13:47nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.Raynard22 wrote: ↑17 May 2022, 15:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9520
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Oh i see mbahDityyy wrote: ↑20 May 2022, 07:34jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnyaSuryaputra wrote: ↑18 May 2022, 20:51keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling
Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006
klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual...Raynard22 wrote: ↑20 May 2022, 09:49Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.kentbertlee wrote: ↑18 May 2022, 13:47nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.Raynard22 wrote: ↑17 May 2022, 15:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.evanbngdor wrote: ↑20 May 2022, 08:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.
Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
tapi top speed juga beda kencengan di RM
wkwkwkwkwkw iya beneran kan kejadian, nih duo astra masih sering kejadian begini. taun 2022 loh.the-mantal wrote: ↑19 May 2022, 15:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: 13 Sep 2015, 10:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Oh gitu ya mbaaah. Maklum bukan owner, cuma user aja jd ngga gitu aware pd waktu itu. Saya owner RM tp yg 6MTChZ wrote: ↑20 May 2022, 10:26punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.evanbngdor wrote: ↑20 May 2022, 08:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.
Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
tapi top speed juga beda kencengan di RM
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
dulu ga gitu om ... thn 90an dan awal 2000an harga pasaran seken matic lbh rendah drpd yg manual utk tiap tipe mobil, meskipun harga barunya matic selalu lebih mahal.wicaksono99 wrote: ↑20 May 2022, 10:09So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual...Raynard22 wrote: ↑20 May 2022, 09:49Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.kentbertlee wrote: ↑18 May 2022, 13:47
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 748
- Joined: 18 Jan 2016, 21:54
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
emg kesalahan itu ahond indo masukin pke 5at.. di jepang dan bbrp market lain wktu itu udh pke cvt... tp ya gmn, wktu itu org pd trauma cvt ahond rontok kena isi atfariswp wrote: ↑19 May 2022, 13:49Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannyaevanbngdor wrote: ↑19 May 2022, 09:52Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake
Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
kyknya 5atnya itu common part gtw sm mobil apa... rasionya kepanjangan bwt mesin kecil, smpe" itu rasio final drive freed dipakein 5.375 pun lari 100 msh kenanya di 2rb rpm aja
mw turun ke rasio brp lg cb hahaha
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 17 Replies
- 1232 Views
-
Last post by ilhami
-
- 21 Replies
- 1146 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 69 Replies
- 6168 Views
-
Last post by bzt4
-
- 266 Replies
- 18999 Views
-
Last post by darrelund
-
- 15 Replies
- 1424 Views
-
Last post by Crankshaft
-
- 19 Replies
- 485 Views
-
Last post by Omnibus
-
- 37 Replies
- 1033 Views
-
Last post by Secretboys
-
- 29 Replies
- 2490 Views
-
Last post by Iriawans
-
- 41 Replies
- 3022 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 9 Replies
- 600 Views
-
Last post by DrivingPotato