(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Andikheydot
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 09 Nov 2016, 19:00

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Andikheydot »

Dityyy wrote: 17 May 2022, 16:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
boleh tau nama bengkel nya om? saya coba mau dm om tapi not authorized
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

Dityyy wrote: 18 May 2022, 16:48
Kaleng wrote: 18 May 2022, 14:33
Dityyy wrote: 17 May 2022, 16:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: 07 Jan 2008, 10:10

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by singachu »

DOHC wrote: 20 Apr 2022, 15:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya

mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah

yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?

regards,
singachu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47
Suryaputra wrote: 18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
br3wox
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: 07 May 2015, 01:58

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by br3wox »

evanbngdor wrote:
ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47
Suryaputra wrote: 18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Oli Mesin dan Oli Transmisi nya pasti yahuddd punya nihhh
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by evanbngdor »

br3wox wrote: 19 May 2022, 09:57
evanbngdor wrote:
ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Oli Mesin dan Oli Transmisi nya pasti yahuddd punya nihhh
Wah kurang paham, punya sodara soalnya waktu itu saya pake Om. Cuma jd joki driver aja
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by DOHC »

singachu wrote: 19 May 2022, 08:02
DOHC wrote: 20 Apr 2022, 15:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya

mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah

yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?

regards,
singachu
Iya mbah, drain n fill aj ckup koq

Pas ngisi, baut cek nya jg d buka, jd pas atf ud mulai ngocor atau pas d mulut lobang cek, stop
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ariswp »

evanbngdor wrote: 19 May 2022, 09:52
ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47
Suryaputra wrote: 18 May 2022, 17:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by the-mantal »

Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
Last edited by the-mantal on 19 May 2022, 15:30, edited 1 time in total.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by t105erd »

kentbertlee wrote: 20 Apr 2022, 13:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:

1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.

mohon pencerahannya ya all.. thanks be4 :thanks: :big_peace:
Hallo om, izin ikutan nimbrung yah...
Kalo saya sih terus terang aliran old school jadi dari dulu pake manual terus, kebetulan saya ada background machine design dan mechanical engineering sedikit jadi mau ikut komen aja sebatas yg saya tahu:

1. Setahu saya gearbox cvt baru mulai populer tahun 90an akhir ke 2000an awal di mobil2 jepang, lain halnya dengan transmisi at konvensional yg udah polpuler dari tahun 80an bahkan civic tahun 70an akhir udah mulai pakai AT. Jadi namanya teknologi baru pasti perlu waktu buat improve dan usernya juga harus tahu gimana cara pemakaian yg benar kaya kasus honda cvt dulu saat baru yg salah isi oli. Nah cepet rusak bener ga? Iya bener, banyak kasus cvt jebol di mobil Nissan dimana supplier gearboxnya Jatco yg ga tau desainya fail atau gimana, dan kalo udah rusak yaa harus ganti segelondong soalnya pabrikan ga suplai part internal gearbox makanya jadi mahal, alternatifnya yaa part copotan/kanibal.

2. Nggak juga, banyak mobil cvt yang lebih dari 100rb km masih bagus dan smooth, malaupun umur pakainya juga ga bakal sepanjang AT konven. kalo di AT konven itu musuhnya panas, kalo di CVT musuhnya torsi/beban/panas, selama bawa mobilnya halus/gradual, dan beban mobil ringan maka transmisi bisa awet, kalo bawa mobil kaya orang gila, gas pol - lepas - gas pol, dan suka bawa muatan berat dan medannya banyak tanjakan yaa wassalam. Karena dari pabrikan cuma ngasih perkiraan umur transmisi cuma sampai 100rb km, jadi kalo lebih dari itu yaa bonus dan kalo jebol yaa beli transmisi baru lagi. Itu juga kenapa ada istilah lifetime fluid jadi olinya sepanjang umur transmisi doang, tapi tetep bagusnya ganti tiap 20rb km. Dan dibanyak kasus cvt honda emang well build dibanding jatco. Dan cvt ini lebih cocok buat mesin2 torsi kecil, kalo mesin torsi besar + cvt + sering bejek2 yaa sudah...

3. Kenapa sekarang banyak mobil cvt, karena ongkos pembuatan cvt itu lebih murah dibanding AT konvensional, part utama cuma pulley primer, pulley skunder dan belt. Kalo AT konvensional lebih kompleks dan mahal, tapi buat mobil2 dengan tenaga, torsi dan beban besar tetap pakai AT konven.

4. Ga pernah punya mobil CVT, tapi kalo mau ambil mobil CVT mending dari baru jangan seken, dan hindari cvt jatco. CVT Honda oke karena dia desain dan develop sendiri, Toyota pakai dari Aisin kalo konven, kalo cvt saya ga tau deh tapi dia juga less trouble.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Kaleng »

the-mantal wrote: 19 May 2022, 15:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)

Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by the-mantal »

[/quote]

wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
[/quote]

Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kunaskun »

Kaleng wrote: 19 May 2022, 15:47 wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
daihatsu CVT = Toyota CVT FE. oli yg ga aneh2 banget karena semua CVT Toyota sejak 2010an sudah pake ini, malah Redline CVT sudah comply.
the-mantal wrote: 19 May 2022, 15:52 Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
:mky_06: itu beres bikin speechless.. kalau saya lagi jahil saya tulis email ke daihatsu dan astra, minta extended warranty :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by DOHC »

mentang2 pake enjin sama2 1KR, lgs d hajar pukul rata pake atf biasa gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 20 Jan 2016, 11:09

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Dityyy »

Suryaputra wrote: 18 May 2022, 20:51
Dityyy wrote: 18 May 2022, 16:48
Kaleng wrote: 18 May 2022, 14:33

setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image
jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnya
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by AbdulHakim »

CVT adalah sebuah keniscayaan, semua akan CVT pada waktunya :big_grin:

eh, ada yg beda :ungg: IVT-nya Korean cars.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by evanbngdor »

ariswp wrote: 19 May 2022, 13:49
evanbngdor wrote: 19 May 2022, 09:52
ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 22 Feb 2016, 14:57

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Raynard22 »

kentbertlee wrote: 18 May 2022, 13:47
Raynard22 wrote: 17 May 2022, 15:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

Dityyy wrote: 20 May 2022, 07:34
Suryaputra wrote: 18 May 2022, 20:51
Dityyy wrote: 18 May 2022, 16:48

iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image
jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnya
Oh i see mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by wicaksono99 »

Raynard22 wrote: 20 May 2022, 09:49
kentbertlee wrote: 18 May 2022, 13:47
Raynard22 wrote: 17 May 2022, 15:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.
So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual... 😃
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 20 May 2022, 08:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.

tapi top speed juga beda kencengan di RM :mky_01:
the-mantal wrote: 19 May 2022, 15:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)

Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
wkwkwkwkwkw iya beneran kan kejadian, nih duo astra masih sering kejadian begini. taun 2022 loh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 20 May 2022, 10:26
evanbngdor wrote: 20 May 2022, 08:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.

tapi top speed juga beda kencengan di RM :mky_01:
Oh gitu ya mbaaah. Maklum bukan owner, cuma user aja jd ngga gitu aware pd waktu itu. Saya owner RM tp yg 6MT
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Omnibus »

wicaksono99 wrote: 20 May 2022, 10:09
Raynard22 wrote: 20 May 2022, 09:49
kentbertlee wrote: 18 May 2022, 13:47

nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.
So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual... 😃
dulu ga gitu om ... thn 90an dan awal 2000an harga pasaran seken matic lbh rendah drpd yg manual utk tiap tipe mobil, meskipun harga barunya matic selalu lebih mahal.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by doge »

ariswp wrote: 19 May 2022, 13:49
evanbngdor wrote: 19 May 2022, 09:52
ChZ wrote: 19 May 2022, 09:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
emg kesalahan itu ahond indo masukin pke 5at.. di jepang dan bbrp market lain wktu itu udh pke cvt... tp ya gmn, wktu itu org pd trauma cvt ahond rontok kena isi atf

kyknya 5atnya itu common part gtw sm mobil apa... rasionya kepanjangan bwt mesin kecil, smpe" itu rasio final drive freed dipakein 5.375 pun lari 100 msh kenanya di 2rb rpm aja

mw turun ke rasio brp lg cb hahaha
:ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post