(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Kent »

menurut pengalaman pakai CVT sejak zaman city i-dsi.
selama oli matic nya ganti rutin 20rb, sejauh ini pakai CVT lom pernah ada problem seperti yg horror2 di berita.
Namun kondisi mobil selalu standard (bensin premium, pertamax campur2)

Menurut saya pribadi, modif-modif atau remap pasti pengaruh pada keawetan mesin dan transmisi.
karena dari principle mobil sudah set margin aman pada mechanical untuk power yg dihasilkan.
namun barnag tetap ada usia nya (pst berasa penurunan performance), serapi apapun di rawat.
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Omnibus »

kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

Omnibus wrote: Mon May 23, 2022 13:13
kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?

wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Omnibus »

kentbertlee wrote: Tue May 24, 2022 4:23
Omnibus wrote: Mon May 23, 2022 13:13
kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?

wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
:big_okay: hehehe mantep kan di videonya ada banyak itu sabuk.

kl odo sdh 250rb km mau diganti sama part copotan begitu spt yg di video? nah masalahnya spt sy bilang sebelumnya, pulley yg menjadi pasangan hidup sabuk yg lama kan sdh aus juga, pasti ga akan matching sama sabuk yg dr part copotan itu, katakanlah msh baru dipake 40k km. si pulley yg lama kemungkinan sdh gentong, nanti jd slip atau mobil jalannya ndul ndulan (kl dipanteng rpm konstan). yg perfect itu sabuk dan pulley nya diganti bersamaan dgn barang baru. masalahnya ga ada yg jual. mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin :mky_03: :mky_04:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10994
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue May 24, 2022 7:16

mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin :mky_03: :mky_04:


mbah ono aja udah punya oli DGO walopun pabriknya hanya bisa diliat oleh mata batin, masa ngana kalah? bikin lah OmniParts. the trusted parts for your car.....

:big_grin:
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

Omnibus wrote: Tue May 24, 2022 7:16
kentbertlee wrote: Tue May 24, 2022 4:23
Omnibus wrote: Mon May 23, 2022 13:13

sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


wah thanks atas informasinya, jadi kalau kita sudah mencapai misal 250ribu Km kan da mayan tuh pemakaiannya.. sebaiknya kita ke bengkel ganti sabuk baja sendiri y?

wah videonya mantap hahaha ada sabuk baja banyak bgt ya ( kata orangnya " jangan mau kita dibodohi" ) hahaha
:big_okay: hehehe mantep kan di videonya ada banyak itu sabuk.

kl odo sdh 250rb km mau diganti sama part copotan begitu spt yg di video? nah masalahnya spt sy bilang sebelumnya, pulley yg menjadi pasangan hidup sabuk yg lama kan sdh aus juga, pasti ga akan matching sama sabuk yg dr part copotan itu, katakanlah msh baru dipake 40k km. si pulley yg lama kemungkinan sdh gentong, nanti jd slip atau mobil jalannya ndul ndulan (kl dipanteng rpm konstan). yg perfect itu sabuk dan pulley nya diganti bersamaan dgn barang baru. masalahnya ga ada yg jual. mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin :mky_03: :mky_04:
owh i see, ya semoga kedepan ada yang jual 1 set ya, soalnya kan klo dilihat sekarang hampir semua mobil cvt pada waktunya hehehe
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by the-mantal »

Nissan yg dlu jual part resmi nya 1 set assy cvt, kayanya belakangan ini mereka dah resmi jual belt n pulley nya juga jadi ada parts baru resmi tuh.

Honda kayanya masih set assy ya, jd klo mo betul2in ekonomis ya kampakan gitu, tp di tokped saya sering lihat ada yg jual belt cvt honda mobilio baru, ga tahu resmi apa ngga.

Toyota cvt nya ga kliatan part2nya malah, apa jarang banget yg rusak atau gmn ga ngerti

Daihatsu cvt saya yakin ke depannya bakal diissue part pretelan cvt resmi nya, penjualan avanza veloz xenia raize rocky kan kl ditotal gede banget rasanya mereka jg ga mau sia2in pasar parts ini
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue May 24, 2022 7:35
Omnibus wrote: Tue May 24, 2022 7:16

mungkin suatu saat merk heiker ngeluarin :mky_03: :mky_04:


mbah ono aja udah punya oli DGO walopun pabriknya hanya bisa diliat oleh mata batin, masa ngana kalah? bikin lah OmniParts. the trusted parts for your car.....

:big_grin:
wkwkwk dijualnya bundling sama tools2 hedon ya mbah. :big_weee:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ak4ng »

Omnibus wrote: Mon May 23, 2022 13:13
kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


Mantaps sharing nya om, kukira CVT mobil dah kaya CVT motor metik, parta bila beli eceran terpisah2 and banyak KW2nya
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11306
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Omnibus »

ak4ng wrote: Tue May 24, 2022 10:22
Omnibus wrote: Mon May 23, 2022 13:13
kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
sabuk baja itu ga bisa diganti di bengkel resmi. selain krn SOP mrk cuma ganti unit gearbox assy segelondong, juga krn sabuk baja ga dijual spare part barunya.
ga ada schedule penggantian sabuk baja di KM berapa krn dianggap bukan preventive maintenance item. sabuk itu, diluar manufacturing defect, cuma akan fail krn 3 hal:
1. misuse/abuse. penggunaan diluar designed spec khususnya torque limit spt mesinnya di upgrade lbh kenceng dan pemakaian diluar kenormalan (launch control, angkut beban berlebih, overheat, dll)
2. fatigue failure. ini menyangkut faktor umur pakai, beban berulang2, getaran, dsb. makanya di cvt kl kedetect adanya excessive shudder bakal ngeflag DTC krn kl dibiarkan ga lama bakal putus itu belt.
3. ganti oli telat. krn cvt itu gesekan konstan antara belt dan pulley jd olinya hrs dijaga bersih dgn rajin ganti oli cvt tiap max 20k km.

kl harus putus paling diganti dgn parts dr junk yard (atau copotan, atau kampakan, atau klaiman asuransi, whatever you wanna call it). tp part ini krn dipasangkan dgn pulley yg berbeda dr lahirnya belum tentu sehalus aslinya krn wear nya ga matching.

bonus footage: tonton 30 detik pertama, then skip ke menit 10:28 :big_grin:


Mantaps sharing nya om, kukira CVT mobil dah kaya CVT motor metik, parta bila beli eceran terpisah2 and banyak KW2nya
kebetulan ketemu video itu mbah :big_grin:

belt cvt juga tiap merk beda2 bentuk dan ukurannya. n sepertinya makin modern makin hebat teknik buatannya. kl sekilas lihat sdh mayan improve dibanding jaman dulu gen awal cvt.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

Jika semua sdh cvt.
Bisa jadi parts cvt juga akan bertebaran in the future. 😆
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kervey
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 26, 2022 0:52
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Kervey »

Suryaputra wrote: Wed May 25, 2022 1:44 Jika semua sdh cvt.
Bisa jadi parts cvt juga akan bertebaran in the future. 😆
Sebenernya jgn takut² amat lah ama CVT
Wong d masa depan kita pasti harus berdamai dg CVT
Skrg aja xpander / veloz jg udah CVT
Tinggal tunggu waktu aja sampe smua akan CVT pada waktunya
.
Kalo takut akan durable CVT.ya 1-1nya hal yg bisa kita lakukan pake oli CVT cap keraton :big_smoking:
Pakelah mas amsoli :big_smoking:
Rutin ganti di 15k kalo perlu
Paling pake 5 taun klo daily car d KM 100rb
Saya yakin masih jalan la
Abis itu jual.tuker boil baru :big_smoking:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by vanosz »

ya takut amat sih sama mobil cvt,

klo rusak tinggal benerin,


ane aja pake mobil cvt hampir selalu jarum sepet nyender pojok kanan bawah,

kalo ketemu kawan ane pindahin manual redlin,ngerem pun manual,


kmrn wara wiri brp hari jakarta tangerang sama sahabat pena yang nyetir selalu gaspol trs lari 160,klo sahabat pena sih kurang nekats malah selalu nasehatin sudah tua umur hampir gocap bukan masa sekolah lagi,


ane pikir biar ajalah kena e telang,


skrg lagi diam sih mobilnya,



klo serba takut berarti mental belum kerasss dlm menjalani bahtera hidup,

sing utama hepi gans,

idup hanya 1x rasakan nikmat dhuniawi biar masuk sorgahwi,


Screenshot_20220527-063135_Video Player.jpg
Screenshot_20220527-062853_Gallery.jpg
Screenshot_20220527-062056_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MaddMaxx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
Location: In the middle of nowhere
Daily Vehicle: Yamaha 2DP

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by MaddMaxx »

yg pasti kalo medan yg sering dilalui banyakan naik turun kek di batu, lembang, puncak, dll apalagi dgn muatan full mah mending jgn cvt, geared at ato mt aja sekalian. krn cvt ga didesain buat heavy duty operation. just my 2 cents :big_peace:
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

MaddMaxx wrote: Fri May 27, 2022 1:15 yg pasti kalo medan yg sering dilalui banyakan naik turun kek di batu, lembang, puncak, dll apalagi dgn muatan full mah mending jgn cvt, geared at ato mt aja sekalian. krn cvt ga didesain buat heavy duty operation. just my 2 cents :big_peace:
asal coolingnya bgs sebenernya ga masalah sih. apalagi kalau ada sequential mode nya kan jadi gak terlalu sering ngoper-oper bisa ngelock 1 posisi aja macem matic biasa.

AT jg beberapa zonk pendinginannya.
MT juga bisa gosong clutchnya malahan.

transmisi apapun jenisnya kan secara prinsip kerja sebenarnya hanya slip-lock-release aja. dalam proses ini panas yang jadi musuh utama.

enak lagi CVT beberapa uda lebih pinter daripada AT. kadang pake AT malah suka gear hunting lagi butuh momentum dia malah pindah gigi krn bbrp automatic didesain untuk economy, oper di rpm tinggi itu selalu dihindari.

CVT rusakan masa lalu lah, dari 10 thn terakhir kita udah sering liat mobil ber-CVT warawiri bahkan yg katanya rusakan macem jatco nissan aja byk yang masih exist di jalanan. HRV 1.5 malah kacang goreng odonya gondrong2 jg aman aman bae.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by RezPrat »

kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
Btw ane pernah lihat analysis bule d yutube, dia bongkar cvt jatco Nissa Rogue(Xtrail), berdasarkan analisis dia (di videoin semua bongkar and analisis nya) rantainya putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp d jatco cvt, yg gak kuat itu bearing2nya yg pecah bisa jadi karena fluid yg jelek atau kualitas bearing yg buruk. Jd rantai putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp bearing pecah sehingga rantai lepas dan akhirnya berserakan kena gulung pulley.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Fri May 27, 2022 3:24
MaddMaxx wrote: Fri May 27, 2022 1:15 yg pasti kalo medan yg sering dilalui banyakan naik turun kek di batu, lembang, puncak, dll apalagi dgn muatan full mah mending jgn cvt, geared at ato mt aja sekalian. krn cvt ga didesain buat heavy duty operation. just my 2 cents :big_peace:
asal coolingnya bgs sebenernya ga masalah sih. apalagi kalau ada sequential mode nya kan jadi gak terlalu sering ngoper-oper bisa ngelock 1 posisi aja macem matic biasa.

AT jg beberapa zonk pendinginannya.
MT juga bisa gosong clutchnya malahan.

transmisi apapun jenisnya kan secara prinsip kerja sebenarnya hanya slip-lock-release aja. dalam proses ini panas yang jadi musuh utama.

enak lagi CVT beberapa uda lebih pinter daripada AT. kadang pake AT malah suka gear hunting lagi butuh momentum dia malah pindah gigi krn bbrp automatic didesain untuk economy, oper di rpm tinggi itu selalu dihindari.

CVT rusakan masa lalu lah, dari 10 thn terakhir kita udah sering liat mobil ber-CVT warawiri bahkan yg katanya rusakan macem jatco nissan aja byk yang masih exist di jalanan. HRV 1.5 malah kacang goreng odonya gondrong2 jg aman aman bae.
Setuju, pengalaman pernah ke taman safari puncak naik MT, itu kopling kerja keras jg sih, berasa soalnya pas udah akhir2 menjelang tour kelilingnya itu selesai itu kopling mulai geter2 pas start awal.

Yakin itu karena panas sih mbah, soalnya kontur kebanyakan nanjak. Maju dikit berenti ngasih makan binatang, maju lg dikit berenti lg, gitu terus selama hampir 2 jam kan
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

Which CVT is most reliable?

https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT

https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/

https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/

Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi :weekk:

PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

ac235287 wrote: Fri May 27, 2022 3:38
kentbertlee wrote: Mon May 23, 2022 10:08 mau tanya dunk, kan mobil cvt itu yg jadi masalah sabuk bajanya suatu saat bakal putus.. saat terjadi itu kan yg menjadikan biaya mahal merembet kemana2. nah yg mau d tanyakan..biasanya dari bengkel resmi menyarankan pergantian sabuk baja itu d KM brapa y? mungkin ada yg sudah pernah ganti disini bisa berbagi pengalamannya. terima kasih.
Btw ane pernah lihat analysis bule d yutube, dia bongkar cvt jatco Nissa Rogue(Xtrail), berdasarkan analisis dia (di videoin semua bongkar and analisis nya) rantainya putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp d jatco cvt, yg gak kuat itu bearing2nya yg pecah bisa jadi karena fluid yg jelek atau kualitas bearing yg buruk. Jd rantai putus itu bukan karena rantainya gak kuat, tp bearing pecah sehingga rantai lepas dan akhirnya berserakan kena gulung pulley.
thank you atas infonya ga... jadi banyak tau nih dari thread ini, semoga berguna lagi untuk yang lain ya . :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Fri May 27, 2022 3:39
Setuju, pengalaman pernah ke taman safari puncak naik MT, itu kopling kerja keras jg sih, berasa soalnya pas udah akhir2 menjelang tour kelilingnya itu selesai itu kopling mulai geter2 pas start awal.

Yakin itu karena panas sih mbah, soalnya kontur kebanyakan nanjak. Maju dikit berenti ngasih makan binatang, maju lg dikit berenti lg, gitu terus selama hampir 2 jam kan
:mky_01:
iya mbah, pdhl cerita kopling gosong mahh ga usah ngomong CVT atau matic, manual aja klo dipaksa beban penuh terus juga KO koplingnya :upss:

kaya orang jaman dulu aja takut transmisi matic kenapa-napa perawatan mahal dll, pdhl sekarang mahh avanza metik aja laku juga.
Suryaputra wrote: Fri May 27, 2022 4:06 Which CVT is most reliable?

https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT

https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/

https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/

Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi :weekk:

PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
barusan jg browsing forum civicX ada koq yang pake civic FK CVT tune sampe 300whp daily tp masih sesekali dibawa trackday tanpa cvtf cooler di usa sono.

dan kyknya di usa maupun indo civic tuned jarang yang koit CVTnya. malah enjinnya nyerah dulu lbh banyak :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Fri May 27, 2022 4:06 Which CVT is most reliable?

https://mysweetindulgence.com/other/who ... liable_CVT

https://carfromjapan.com/article/car-ma ... ions-last/

https://eagletransrowlett.com/cvt-transmissions/

Honda emang CVT nya proven badak dan reliable (selama lendirnya bener).
apalagi klo dah pakai langsung; buat daily, apalagi nanjak2, dan penggunaan moderat (bukan resing) emang paling enak.
no gear hunting/ pindah2 gigi :weekk:

PLUS nya lagi; Karena girboksnya lebih simpel, Ganti lendirnya juga gak seribet matic konvensional, udh mirip ganti olmes ajah.
Ngetap dan ngisi langsung sekian liter (sesuai kapasitas di manual book).
ciyus nih gans,


ane ada kepikiran beli hrv turbo nih gans,enak nih honda kan vtak kik in yo jago di rpm 4000an sampe redline,

ni prempuan senang liat hrv baru dijalan,


kmrn ane mau jual truk gak boleh ktnya mau pake mobil bagus,

eh skrg ngomong beli hrv jual truk dah,

prempuan tuh selalu egois ya,


ya ane bilang tar dulu urus satu mobil taun depan nanti liat gimana dah,

dikira duit bisa cetak sendiri x ya,



:ngacir:
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by sanfip77 »

googling di youtube D-CVT punya new Avanza dan Xenia, malah ketemu video ini. Kok di video ini disebutkan kalau puley yang kecil bikin cepet rusak CVT.
tapi ga tau juga sih, video ini bener apa ga :big_peace:
sama sama masih belajar, ane juga ga kenal awak di youtube tersebut

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

sanfip77 wrote: Sat May 28, 2022 7:18 googling di youtube D-CVT punya new Avanza dan Xenia, malah ketemu video ini. Kok di video ini disebutkan kalau puley yang kecil bikin cepet rusak CVT.
tapi ga tau juga sih, video ini bener apa ga :big_peace:
sama sama masih belajar, ane juga ga kenal awak di youtube tersebut

Ya klo khawatir, beli aja honda.
Jaminan mutu cvt nya
Pengalaman in house built sejak thn 2002 dr jaman jazz gd3

Dan diakui dunia jg :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by KielConstantine »

Suryaputra wrote: Sat May 28, 2022 8:39 Ya klo khawatir, beli aja honda.
Jaminan mutu cvt nya
Pengalaman in house built sejak thn 2002 dr jaman jazz gd3

Dan diakui dunia jg :big_exellent:
Mantap memang honda .. cvt aja bisa dibikin racing.. tapi coba dia bikin in house dual clutch .. trus pakein ke civic type R. Bakal lebih seru lagi :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: