(ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: Sat May 07, 2022 2:28 rewel sih engga ya om, cuman mungkin kudu pake oli bagusan aja. gatau dah ini dicekokin solar goceng bisa tahan brapa lama. kalo kuat sampe 70/80 ribu atau lebih sih ya untung, ganti injektornya ketutup selisih sama dex wkwkwk. so far pake 14 ribu masih aman aja nih
karena turbo punya saya malah saya isi oli kentel tau sendiri kalo kentel jatohnya murah saya sih pake spek truk 70rban/lt :big_biglaugh:

sebenernya yang rewel bukan dieselnya karena diesel jaman sekarang turbo semua jd lebih extra caution aja sebenernya mah parahan bensin turbo juga :big_biglaugh:

jd ya lebih rewel karena sekarang mayoritas turbodiesel kalo bensin kan masih jarang yang turbo karena mayoritas bensin N/A jd lebih gak rewel
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by RezPrat »

Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by AbdulHakim »

ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
no wonder om :big_smile] begitulah seharusnya takdir seekor kijang
beda mindset aja kok sama owner 2gd perorangan
Perusahaan travel begitu ada unit yg trouble (misalnya injektornya divonis musti diganti segelondong), tinggal lego sedikit di bawah harga pasar (tahun udah pasti tahun rendah, cuma odonya aja udah gondrong), ga pake lama lsg disamber, yg ngebenerin trouble-nya biarlah pemilik berikutnya (si pembeli), travel tinggal beli unit 2GD baru, BEP nya juga ga lama karena ini dipake buat narik cuan (mobil travel).
Kalo mobil pribadi, beda cerita
IMHO lho ya om, kalo saya salah mohon dikoreksi :big_smile]
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Zaxis »

ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
Mirip tuh kaya 2gd di rumah
Km dah 160rb,selalu solar busuk ga perna pake doping
Oli juga meditran sx ngecor dari drum
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by silentIm2 »

Biarin saja orang ada yg suka mesin bensin , ada yg suka diesel. Abis di Indonesia pilihan mobil diesel sedikit bgt dan kurang terjangkau. Ada juga paling masuk akal ya innova 2GD.

Yang pasti diesel bawaannya weekend suka turing tipis2.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by mobilkutu »

Anki diesel kakak kalo parkir mundur di rumah pasti langsung tutup pintu 5menit. Ga nahan bau nya.🤮🤮🤮🤮🤮
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

Zaxis wrote: Sun May 08, 2022 6:11
ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
Mirip tuh kaya 2gd di rumah
Km dah 160rb,selalu solar busuk ga perna pake doping
Oli juga meditran sx ngecor dari drum
:big_biglaugh:


mobil ane dr sowrom sampe skrg jg isi solar busuk

masa sorum mau isiin pertadek,


malah skrg 260 hp,gaspolll trs,jalan merayap gas sedikit sering dag dug di kolong ky di tendang,lambat laun as kopel copot nih ky shir repair plisur X5, :ungg:


hampir 3 bulan sudah mau 6000 ribu km,

klo gak dirasa juga ane mau isi tmo 15-40,

skali lagi ngejar tarikan ya cari encer,


lah teman aja vrz sentul 14,8 pake oli bardal 10-40,murah meriah aja


ane bilang sama kawan kawan klo ini mobil rewel isi solar mungkin ane jual aja ah,mau ganti mobil bensin apa gitu yg kencang kecil,

walo di cak juga isi pertadek tetap lebih irit dr mobil bensin,

1 GD mesin 2.8 mana bisa dibandingkan dengan mesin unyu unyu 1.5 turbo dengan harga lbih mahal, :wkkk:

orang bengkel tayota tau ane isi solar,

Screenshot_20220509-090329_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090240_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090318_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-085709_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Sat May 07, 2022 23:51
ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
no wonder om :big_smile] begitulah seharusnya takdir seekor kijang
beda mindset aja kok sama owner 2gd perorangan
Perusahaan travel begitu ada unit yg trouble (misalnya injektornya divonis musti diganti segelondong), tinggal lego sedikit di bawah harga pasar (tahun udah pasti tahun rendah, cuma odonya aja udah gondrong), ga pake lama lsg disamber, yg ngebenerin trouble-nya biarlah pemilik berikutnya (si pembeli), travel tinggal beli unit 2GD baru, BEP nya juga ga lama karena ini dipake buat narik cuan (mobil travel).
Kalo mobil pribadi, beda cerita
IMHO lho ya om, kalo saya salah mohon dikoreksi :big_smile]
fun fact nya odo gondrong tuh malah cenderung lebih awet.

betul odo makin gondrong parts akan lebih cepat aus / wear. tapi life cycle sebuah engine itu diliatnya dari siklus start-stop nya. ini juga kenapa mesin mesin pabrik itu jarang mati, harus operasi 24 jam dan mati paling cuma beberapa bulan sekali buat maintenance.

jadi mobil travel nyala 2 hari gak mati itu justru malah cenderung lebih minim wear nya daripada yang kita matiin setiap pulang dari kantor dan nyalain lagi besok paginya. belum lagi mobil travel itu sekali jalan nggak macet macetan stop and go dalem kota. frekwensinya banyakan dibawa supirnya jalan di atas kecepatan cruise rata-rata yang uniknya, malah cenderung lebih awet. penggunaan normal dalam kota jalan 20 km per jam stop and go tuh stressnya malah lebih tinggi daripada ngetol sesekali digeber, bukan terus terusan digeber tanpa ampun ya.

knp ? karena engine tuh emang didesain untuk bekerja dalam kondisi tertentu dalam waktu tertentu, tak ubahnya dgn mesin pabrik. makanya pada bingung kan dulu oil life civic turbo kok pendek banget, padahal yang bener ya gitu, liatnya dari engine working hours, bukan kilometer berjalan.

belum lagi diesel itu sampai temperatur kerja aja lama banget dan yakin lah klo keburu ke kantor, mau ga mau ya dijalanin. kluar komplek, udah ngantri stop and go. gimana gak bete mesinnya?

biasanya pun bos travelnya punya garasi atau mekanik sendiri klo rusak ga bingung toh banyak unitnya kalo rusak 1 pake aja unit pengganti lain. knp? ya karena lebih murah. mobil travel tiap servis ke bengkel resmi gak nutup operasional, lebih murah gaji mekanik. k bengkel masih dicuanin biaya bongkar pasang.

dah gitu ada itungan nya kapan mobil harus dijual dan dia ganti mobil barunya. yang nanggung rusak rusaknya ya yang beli mobilnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by bensinsolar »

Punya 2GD, kekurangan diesel ya powerbandnya.
Tiap overtake di tol kalo mau buru2 pasti di klakson/dim, soalnya bejek rpm atas ngempos :big_cry:
Makanya kalau lagi buru2 & seruntulan di tol, pake OS, mau pindah jalur pantengin di rpm 4k bejek sampe redline pindah jalur malah perlu ngerem karena terlalu cepat keep up ama traffic sebelah :mky_08:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: Mon May 09, 2022 2:42
AbdulHakim wrote: Sat May 07, 2022 23:51
ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
no wonder om :big_smile] begitulah seharusnya takdir seekor kijang
beda mindset aja kok sama owner 2gd perorangan
Perusahaan travel begitu ada unit yg trouble (misalnya injektornya divonis musti diganti segelondong), tinggal lego sedikit di bawah harga pasar (tahun udah pasti tahun rendah, cuma odonya aja udah gondrong), ga pake lama lsg disamber, yg ngebenerin trouble-nya biarlah pemilik berikutnya (si pembeli), travel tinggal beli unit 2GD baru, BEP nya juga ga lama karena ini dipake buat narik cuan (mobil travel).
Kalo mobil pribadi, beda cerita
IMHO lho ya om, kalo saya salah mohon dikoreksi :big_smile]
fun fact nya odo gondrong tuh malah cenderung lebih awet.

betul odo makin gondrong parts akan lebih cepat aus / wear. tapi life cycle sebuah engine itu diliatnya dari siklus start-stop nya. ini juga kenapa mesin mesin pabrik itu jarang mati, harus operasi 24 jam dan mati paling cuma beberapa bulan sekali buat maintenance.

jadi mobil travel nyala 2 hari gak mati itu justru malah cenderung lebih minim wear nya daripada yang kita matiin setiap pulang dari kantor dan nyalain lagi besok paginya. belum lagi mobil travel itu sekali jalan nggak macet macetan stop and go dalem kota. frekwensinya banyakan dibawa supirnya jalan di atas kecepatan cruise rata-rata yang uniknya, malah cenderung lebih awet. penggunaan normal dalam kota jalan 20 km per jam stop and go tuh stressnya malah lebih tinggi daripada ngetol sesekali digeber, bukan terus terusan digeber tanpa ampun ya.

knp ? karena engine tuh emang didesain untuk bekerja dalam kondisi tertentu dalam waktu tertentu, tak ubahnya dgn mesin pabrik. makanya pada bingung kan dulu oil life civic turbo kok pendek banget, padahal yang bener ya gitu, liatnya dari engine working hours, bukan kilometer berjalan.

belum lagi diesel itu sampai temperatur kerja aja lama banget dan yakin lah klo keburu ke kantor, mau ga mau ya dijalanin. kluar komplek, udah ngantri stop and go. gimana gak bete mesinnya?

biasanya pun bos travelnya punya garasi atau mekanik sendiri klo rusak ga bingung toh banyak unitnya kalo rusak 1 pake aja unit pengganti lain. knp? ya karena lebih murah. mobil travel tiap servis ke bengkel resmi gak nutup operasional, lebih murah gaji mekanik. k bengkel masih dicuanin biaya bongkar pasang.

dah gitu ada itungan nya kapan mobil harus dijual dan dia ganti mobil barunya. yang nanggung rusak rusaknya ya yang beli mobilnya :mky_03:
mobil travel bsa saling tukar parts antar unit. hindarin bengkel resmi selain biaya ada keuntungan jg supaya ga ada jejak odometernya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

lemonadelovers wrote: Mon May 09, 2022 3:02 mobil travel bsa saling tukar parts antar unit. hindarin bengkel resmi selain biaya ada keuntungan jg supaya ga ada jejak odometernya
wkwkwkw rusak mah tuker ajaa langsung cuss di kanibal.

kan kita ngga tau yang dilakukan di garasi apa aja :mky_03:

kayak di channel om soni istimiwir kan isinya begitu semua, biarpun bedanya dia mobil tambang. tapi yakin pasti prakteknya soal repair akan sama aja. jd mobilnya udah bangke, makin busuk lagi. part barunya ya disimpen buat kanibalan :mky_03:

lah kok bengkel begitu, bengkel resmi klo kepepet jg kanibalin part mobil stok gudang. jadi fingers crossed aja mobil baru kita itu kemungkinan pernah di kanibal sama mobil lama :mky_03: jadi tau krn pernah ngeliat walau sebenernya dikanibal cuma buat ngetes aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Zaxis »

vanosz wrote: Mon May 09, 2022 2:24
Zaxis wrote: Sun May 08, 2022 6:11
ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
Mirip tuh kaya 2gd di rumah
Km dah 160rb,selalu solar busuk ga perna pake doping
Oli juga meditran sx ngecor dari drum
:big_biglaugh:


mobil ane dr sowrom sampe skrg jg isi solar busuk

masa sorum mau isiin pertadek,


malah skrg 260 hp,gaspolll trs,jalan merayap gas sedikit sering dag dug di kolong ky di tendang,lambat laun as kopel copot nih ky shir repair plisur X5, :ungg:


hampir 3 bulan sudah mau 6000 ribu km,

klo gak dirasa juga ane mau isi tmo 15-40,

skali lagi ngejar tarikan ya cari encer,


lah teman aja vrz sentul 14,8 pake oli bardal 10-40,murah meriah aja


ane bilang sama kawan kawan klo ini mobil rewel isi solar mungkin ane jual aja ah,mau ganti mobil bensin apa gitu yg kencang kecil,

walo di cak juga isi pertadek tetap lebih irit dr mobil bensin,

1 GD mesin 2.8 mana bisa dibandingkan dengan mesin unyu unyu 1.5 turbo dengan harga lbih mahal, :wkkk:

orang bengkel tayota tau ane isi solar,


Screenshot_20220509-090329_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090240_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090318_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-085709_Gallery.jpg
Mantap 260 hp,colek gas dikit langsung ngepot2 ya om
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Mon May 09, 2022 3:28 bengkel resmi klo kepepet jg kanibalin part mobil stok gudang. jadi fingers crossed aja mobil baru kita itu kemungkinan pernah di kanibal sama mobil lama :mky_03:
:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


Ciri - cirinya .. diskon gede stok taon lalu
Para pemburu diskon gede mobil baru biasa kejebak disitu . . .

Diskon sih gede .. sparepartnya (yg katanya baru dari pabrik) jg kena diskon :big_grin: :big_grin:

Yg masih jaga quality yg gw tau si Lexus . Bisa di liat mobil2 dy pada pelit diskon. Mentok2 jg 10-15 juta diskon , ud kek diskon beli mobil 200 - 300 jt-an ; pdhl harga unitnya milyaran :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Mon May 09, 2022 4:17
ChZ wrote: Mon May 09, 2022 3:28 bengkel resmi klo kepepet jg kanibalin part mobil stok gudang. jadi fingers crossed aja mobil baru kita itu kemungkinan pernah di kanibal sama mobil lama :mky_03:
:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


Ciri - cirinya .. diskon gede stok taon lalu
Para pemburu diskon gede mobil baru biasa kejebak disitu . . .

Diskon sih gede .. sparepartnya (yg katanya baru dari pabrik) jg kena diskon :big_grin: :big_grin:

Yg masih jaga quality yg gw tau si Lexus . Bisa di liat mobil2 dy pada pelit diskon. Mentok2 jg 10-15 juta diskon , ud kek diskon beli mobil 200 - 300 jt-an ; pdhl harga unitnya milyaran :big_biglaugh:
Ahh klo dah judulnya stok lama, kemungkinan pernah dijadiin kanibalan walau dibalikin lg. Alias jadi mobil test bed parts.

Cuma ya gitu, mekanik bengkel mana bisa balikin kayak ori pabrikan :mky_03: ngencenginnya ya pokok gak goyang udah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
curaph
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Sep 01, 2019 11:35

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by curaph »

saya pengguna captiva fl3 diesel, review singkat
- wajib dex (asep masih aman d hidung)
- ganti oli tiap 5rb km (1 ltr -+ 185rb x 6 liter)
- tenaga jos 👍
- bisa d bilang irit, mudik tangsel-kebumen isi 700rb turun 3 strip, isi lagi 300rb buat jaga2 dex langka di jawa
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by yaseinotulip »

Untuk diesel disini kan plg umum dan masi terjangkau 2KD dan 2GD ya.. bagi gw geteran masi berasa sih terutama pas idle..
Nah alesannya klo gw
1. geteran2 ini dan suara diesel bikin ngantuk klo nyetir :mky_01:
2. Kurang halus tarikan bawah dan klo rem itu body mobil ikut mantuk2 jd ga enak klo stop n go.
3. Bau dan perawatan mahal.

Klo diesel eropa sih getaran dan atart stop wih udah kaya bensin ya..
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

curaph wrote:saya pengguna captiva fl3 diesel, review singkat
- wajib dex (asep masih aman d hidung)
- ganti oli tiap 5rb km (1 ltr -+ 185rb x 6 liter)
- tenaga jos [emoji106]
- bisa d bilang irit, mudik tangsel-kebumen isi 700rb turun 3 strip, isi lagi 300rb buat jaga2 dex langka di jawa
running cost nya mahal juga ya om. oli pake apa om?
pecinta bio solar
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by farizfsa »

yaseinotulip wrote: Mon May 09, 2022 7:16 Untuk diesel disini kan plg umum dan masi terjangkau 2KD dan 2GD ya.. bagi gw geteran masi berasa sih terutama pas idle..
Nah alesannya klo gw
1. geteran2 ini dan suara diesel bikin ngantuk klo nyetir :mky_01:
2. Kurang halus tarikan bawah dan klo rem itu body mobil ikut mantuk2 jd ga enak klo stop n go.
3. Bau dan perawatan mahal.

Klo diesel eropa sih getaran dan atart stop wih udah kaya bensin ya..
ga juga sih diesel eropa jg ga halus2 bgt selama diesel nya cuma 4 silinder. kalo diesel 6 silinder keatas baru anteng dan halus
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
curaph
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Sep 01, 2019 11:35

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by curaph »

ctopher7 wrote: Mon May 09, 2022 9:41
curaph wrote:saya pengguna captiva fl3 diesel, review singkat
- wajib dex (asep masih aman d hidung)
- ganti oli tiap 5rb km (1 ltr -+ 185rb x 6 liter)
- tenaga jos [emoji106]
- bisa d bilang irit, mudik tangsel-kebumen isi 700rb turun 3 strip, isi lagi 300rb buat jaga2 dex langka di jawa
running cost nya mahal juga ya om. oli pake apa om?
q8 dexos 2 👍
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

curaph wrote:
ctopher7 wrote: Mon May 09, 2022 9:41
curaph wrote:saya pengguna captiva fl3 diesel, review singkat
- wajib dex (asep masih aman d hidung)
- ganti oli tiap 5rb km (1 ltr -+ 185rb x 6 liter)
- tenaga jos [emoji106]
- bisa d bilang irit, mudik tangsel-kebumen isi 700rb turun 3 strip, isi lagi 300rb buat jaga2 dex langka di jawa
running cost nya mahal juga ya om. oli pake apa om?
q8 dexos 2 [emoji106]
wkwkwk pantes mahal olinya, ga coba yang formula truck 8800 om? harga mirip mirip
pecinta bio solar
curaph
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Sep 01, 2019 11:35

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by curaph »

ctopher7 wrote: Mon May 09, 2022 14:15
curaph wrote:
ctopher7 wrote: Mon May 09, 2022 9:41
running cost nya mahal juga ya om. oli pake apa om?
q8 dexos 2 [emoji106]
wkwkwk pantes mahal olinya, ga coba yang formula truck 8800 om? harga mirip mirip
sepertinya engga, belum approve GM dexos2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by b0ku »



sesuai yang saya prediksi yang udah2x mesin yang satu ini bakalan jadi RAS kecoak alias susah buat punah :wkkk:

skip ke 12:40
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by MSU »

ChZ wrote: Mon May 09, 2022 2:42
AbdulHakim wrote: Sat May 07, 2022 23:51
ac235287 wrote: Sat May 07, 2022 16:53 Travel padang-pekanbaru itu kijang 2gd, matiin mesin sekali 2 harii tuh, odo setahun bisa 50k, selalu solar goceng dan tentunya pake oli Mesran diesel 15w40. Tiap 10-15k ganti oli. Idup2 aja tuh armadanya semua.
no wonder om :big_smile] begitulah seharusnya takdir seekor kijang
beda mindset aja kok sama owner 2gd perorangan
Perusahaan travel begitu ada unit yg trouble (misalnya injektornya divonis musti diganti segelondong), tinggal lego sedikit di bawah harga pasar (tahun udah pasti tahun rendah, cuma odonya aja udah gondrong), ga pake lama lsg disamber, yg ngebenerin trouble-nya biarlah pemilik berikutnya (si pembeli), travel tinggal beli unit 2GD baru, BEP nya juga ga lama karena ini dipake buat narik cuan (mobil travel).
Kalo mobil pribadi, beda cerita
IMHO lho ya om, kalo saya salah mohon dikoreksi :big_smile]
fun fact nya odo gondrong tuh malah cenderung lebih awet.

betul odo makin gondrong parts akan lebih cepat aus / wear. tapi life cycle sebuah engine itu diliatnya dari siklus start-stop nya. ini juga kenapa mesin mesin pabrik itu jarang mati, harus operasi 24 jam dan mati paling cuma beberapa bulan sekali buat maintenance.

jadi mobil travel nyala 2 hari gak mati itu justru malah cenderung lebih minim wear nya daripada yang kita matiin setiap pulang dari kantor dan nyalain lagi besok paginya. belum lagi mobil travel itu sekali jalan nggak macet macetan stop and go dalem kota. frekwensinya banyakan dibawa supirnya jalan di atas kecepatan cruise rata-rata yang uniknya, malah cenderung lebih awet. penggunaan normal dalam kota jalan 20 km per jam stop and go tuh stressnya malah lebih tinggi daripada ngetol sesekali digeber, bukan terus terusan digeber tanpa ampun ya.

knp ? karena engine tuh emang didesain untuk bekerja dalam kondisi tertentu dalam waktu tertentu, tak ubahnya dgn mesin pabrik. makanya pada bingung kan dulu oil life civic turbo kok pendek banget, padahal yang bener ya gitu, liatnya dari engine working hours, bukan kilometer berjalan.

belum lagi diesel itu sampai temperatur kerja aja lama banget dan yakin lah klo keburu ke kantor, mau ga mau ya dijalanin. kluar komplek, udah ngantri stop and go. gimana gak bete mesinnya?

biasanya pun bos travelnya punya garasi atau mekanik sendiri klo rusak ga bingung toh banyak unitnya kalo rusak 1 pake aja unit pengganti lain. knp? ya karena lebih murah. mobil travel tiap servis ke bengkel resmi gak nutup operasional, lebih murah gaji mekanik. k bengkel masih dicuanin biaya bongkar pasang.

dah gitu ada itungan nya kapan mobil harus dijual dan dia ganti mobil barunya. yang nanggung rusak rusaknya ya yang beli mobilnya :mky_03:
setuju om..kalo inget jaman bbrp tahun lalu waktu pemerintah bolehin impor truk bekas...itu Volvo kepala trailer yg diimpor ke indo rata2 udh 800rb-1jt km tp kondisi masih bagus & akhirnya banyak dipake ama big bird..kondisi body & interior jg cakep2
cm kalah di velg krn ktnya kena garam jalanan pas bersalju
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

Zaxis wrote: Mon May 09, 2022 3:37
vanosz wrote: Mon May 09, 2022 2:24
Zaxis wrote: Sun May 08, 2022 6:11

Mirip tuh kaya 2gd di rumah
Km dah 160rb,selalu solar busuk ga perna pake doping
Oli juga meditran sx ngecor dari drum
:big_biglaugh:


mobil ane dr sowrom sampe skrg jg isi solar busuk

masa sorum mau isiin pertadek,


malah skrg 260 hp,gaspolll trs,jalan merayap gas sedikit sering dag dug di kolong ky di tendang,lambat laun as kopel copot nih ky shir repair plisur X5, :ungg:


hampir 3 bulan sudah mau 6000 ribu km,

klo gak dirasa juga ane mau isi tmo 15-40,

skali lagi ngejar tarikan ya cari encer,


lah teman aja vrz sentul 14,8 pake oli bardal 10-40,murah meriah aja


ane bilang sama kawan kawan klo ini mobil rewel isi solar mungkin ane jual aja ah,mau ganti mobil bensin apa gitu yg kencang kecil,

walo di cak juga isi pertadek tetap lebih irit dr mobil bensin,

1 GD mesin 2.8 mana bisa dibandingkan dengan mesin unyu unyu 1.5 turbo dengan harga lbih mahal, :wkkk:

orang bengkel tayota tau ane isi solar,


Screenshot_20220509-090329_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090240_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090318_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-085709_Gallery.jpg
Mantap 260 hp,colek gas dikit langsung ngepot2 ya om
:big_biglaugh:


khas disel gans,dr awal tuningan minta bawahnya gak lag aja,dyno gak tlalu gede jg gak apa, buat harian harus bisa solar,

lumayan lah,lg kepikiran pasang auto legen,kadang bego transmisi,blm spenuhnya ane pegang nih mobil,dipake kerja sama prempuan,taun depan keluar mobil tuh perempuan,



lebaran lg santai jalan bawah lari 100 diajakin main lawan honda tbaru tempelin blakang di gas diuber trs n lampu merah kasi duluan sama sama ngegas libas samping eh kabur belok tuh unyu unyu :wkkk:


diesel jos gandos,,

zaman lg susah gans,minyak dunia tambah mahal,mungkin bulan depan naik lg tuh minyak bensin,


tekorss,
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

vanosz wrote:
Zaxis wrote: Mon May 09, 2022 3:37
vanosz wrote: Mon May 09, 2022 2:24 :big_biglaugh:


mobil ane dr sowrom sampe skrg jg isi solar busuk

masa sorum mau isiin pertadek,


malah skrg 260 hp,gaspolll trs,jalan merayap gas sedikit sering dag dug di kolong ky di tendang,lambat laun as kopel copot nih ky shir repair plisur X5, :ungg:


hampir 3 bulan sudah mau 6000 ribu km,

klo gak dirasa juga ane mau isi tmo 15-40,

skali lagi ngejar tarikan ya cari encer,


lah teman aja vrz sentul 14,8 pake oli bardal 10-40,murah meriah aja


ane bilang sama kawan kawan klo ini mobil rewel isi solar mungkin ane jual aja ah,mau ganti mobil bensin apa gitu yg kencang kecil,

walo di cak juga isi pertadek tetap lebih irit dr mobil bensin,

1 GD mesin 2.8 mana bisa dibandingkan dengan mesin unyu unyu 1.5 turbo dengan harga lbih mahal, :wkkk:

orang bengkel tayota tau ane isi solar,


Screenshot_20220509-090329_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090240_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-090318_Gallery.jpg
Screenshot_20220509-085709_Gallery.jpg
Mantap 260 hp,colek gas dikit langsung ngepot2 ya om
:big_biglaugh:


khas disel gans,dr awal tuningan minta bawahnya gak lag aja,dyno gak tlalu gede jg gak apa, buat harian harus bisa solar,

lumayan lah,lg kepikiran pasang auto legen,kadang bego transmisi,blm spenuhnya ane pegang nih mobil,dipake kerja sama prempuan,taun depan keluar mobil tuh perempuan,



lebaran lg santai jalan bawah lari 100 diajakin main lawan honda tbaru tempelin blakang di gas diuber trs n lampu merah kasi duluan sama sama ngegas libas samping eh kabur belok tuh unyu unyu :wkkk:


diesel jos gandos,,

zaman lg susah gans,minyak dunia tambah mahal,mungkin bulan depan naik lg tuh minyak bensin,


tekorss,
transmisi bego mah emng penyakit gd om wkwk. ada yang lebih ekonomis om drpd autolegend: pake gotrans gd, ganti oli matic yang bagusan, remap tcu (transmission control unit) harusnya di rev bisa smua itu om.
pecinta bio solar