(ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by satrialiar69 »

- gak tahan dengan bau asap solar
- gak suka dengan getaran mesin diesel
- kalo ngejar iritnya mesti dibarengi dengan ritual yang lebih banyak
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Pboyz97 »

satrialiar69 wrote: Sun May 15, 2022 16:20 - gak tahan dengan bau asap solar
- gak suka dengan getaran mesin diesel
- kalo ngejar iritnya mesti dibarengi dengan ritual yang lebih banyak
sama kaya ibu saya, kebetulan saya ada mobil bensin dan diesel di garasi, tapi yg dieselnya mayoritas dipakai saya dan bapak saya, ibu saya mau make kalo kepaksa alias gaada mobil lain dirumah, alesannya mirip yg om bilang
- gak suka sm bau asap solar
- gak suka dengan getarannya
- gak nyaman karena biasa pake mobil monokok selama puluhan tahun + mayoritas disopirin, kebetulan mobil diesel saya ladder frame dan blm lama beli seken, sekaligus menjadi pengalaman baru kami memakai mobil diesel setelah puluhan tahun pakai mobil bensin hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Pboyz97 »

satrialiar69 wrote: Sun May 15, 2022 16:20 - gak tahan dengan bau asap solar
- gak suka dengan getaran mesin diesel
- kalo ngejar iritnya mesti dibarengi dengan ritual yang lebih banyak
yg saya bold tergantung jenis BBM nya, kalo pake bbm bagus ya aman2 aja, gaperlu ritual yg aneh2 (mungkin yg udh miara mobil diesel agak lama bisa berbagi pengalamannya atau koreksi kalau salah, maklum saya masih newbie di dunia perdieselan) , tapi kalo bisa make bbm subsidi memang perlu ritual yg lebih banyak, kalo irit ya gak perlu ritual yg banyak asal pake bbm yg bagus, bukan subsidi, terutama buat yg tahun 2016 keatas, kalo dibawah itu sepertinya make bbm subsidi masih aman2 aja :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by fl4b1e »

kentbertlee wrote:hi all, lagi pengen beli mobil tapi lagi lagi bingung milihnya haha

setelah membaca2 walau sebelumnya belum pernah punya dan bawa mobil diesel. dari sini gw dpt kesimpulan

1. mobil diesel itu enak bgt tarikannya (khususnya tarikan bawah, bertenaga banget)
2. perawatan sangat mudah
3. bandel banget mesinnya
4. hemat bbm, soalnya tenaganya gede jadi rpmnya terjaga. lalu juga denger2 bisa minum biosolar ( goceng )
5. harga jual kembalinya juga sangat2 bagus (kita bisa lihat innova)

nah yang jadi pertanyaan, apa sih alasan kalian tidak membeli mobil diesel? mungkin warga sini bisa bagi2 pengalaman biar gw lbh ada gambaran untuk membeli mobil. terima kasih ya :big_peace:
ga ada yang salah di pernyataan Om. Sudah pernah punya monil diesel sij saya Om senelumnya. dari Chevy Spin Diesel pindahnya ke K15B. yNh zalah satu, budget saya vak cukup tuk beli Santa Fe baru ataupun Seltos Diesel baru.. wwkwwk
Kalau cukup budgetnya ya ga brralah ke mesin brnsin.. wwkwwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Omnibus »

typo nya ga nahan ... :mrgreen:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2523
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by KielConstantine »

vanosz wrote: Fri May 06, 2022 3:00
KielConstantine wrote: Thu May 05, 2022 15:18 Alesan ane kg beli diesel sih kalo solar goceng udah diapus :big_biglaugh:

Selama masih ada & boleh mah colok aja trus tuh . Yang penting gelinding dan goceng :wkkk: :wkkk:
klo pilihan cuma ada pertamak dan pertabo dan pertadek pilih mana gans,
Cari mobil listrik kali ya gans .. harus yg lebih murah drpd 5150 .

Nanti slogannya berubah jadi orang pintar tidak ke pom bensin :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by remedusakti »

Yang enggak enak buat mobil diesel
1. Saat nunggu belanja di parkiran atau saat di kapal nyalain mesin+AC kl pake diesels orang diluar tau kalo mobil ini nyala, trus kalo dibelakang mobil ada orang, atau toko jd gak enak ati, mereka kena asepnya.

2. Panasin mobil pagi hari, kl diesel gak berani panasin didalem garasi, pasti asepnya bau ampe msk ke rumah

3. Turun dari mobil, pasti kerasa bau asep diesel, jd seolah ngerasa bau asep diesel nempel dibaju,jd pas msk kantor ngerasa kaya bau asep diesel

4. Untuk Stop n Go dan jalan santai ( gak pake bejek, gas toel nyantai ) rata2 kl matic RPM gak sampe 2000 bahkan malah gak sampe 1500, karakter turbo diesel spool turbo nya msh rendah, kerasa mesinnya males, beda ma bensin, toel dikit mesin responsif.. beda cerita kl di gas dalem ampe dapet spool turbo lebih 2000rpm, tenaga diesel emang kerasa ngisi terus.

Hasil analisa saya tentang diesel, worthed kalo pake BBM 5150. Kalo pake dexlite atau pertadex lebih worthed mesin bensin.

Untuk diesel cammon rail kl usia udh tua, perbaikannya bs lebih bnyk dari bensin, karna mesinnya lebih complek.
1. Ada turbo, ini ada umurnya kl jebol harganya mahal
2. Perangkat pendukung turbo, selang2 turbo, kl dah lama rawan robek juga. Aktuator VGT juga resiko rusak, ada umur pakainya

Untuk irit2 bbm, diesel emang lebih irit tp gak jauh banget.

Diesel 4N15 2.4 liter jalan antar kabupaten bisa 1:12.5 pake solar 5150
Bensin 2AZFE 2.4 liter jalan antar kabupaten bisa 1: 11 pake pertalite 7650
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by b0ku »

remedusakti wrote: Mon May 16, 2022 1:56 Yang enggak enak buat mobil diesel
1. Saat nunggu belanja di parkiran atau saat di kapal nyalain mesin+AC kl pake diesels orang diluar tau kalo mobil ini nyala, trus kalo dibelakang mobil ada orang, atau toko jd gak enak ati, mereka kena asepnya.

2. Panasin mobil pagi hari, kl diesel gak berani panasin didalem garasi, pasti asepnya bau ampe msk ke rumah

3. Turun dari mobil, pasti kerasa bau asep diesel, jd seolah ngerasa bau asep diesel nempel dibaju,jd pas msk kantor ngerasa kaya bau asep diesel

4. Untuk Stop n Go dan jalan santai ( gak pake bejek, gas toel nyantai ) rata2 kl matic RPM gak sampe 2000 bahkan malah gak sampe 1500, karakter turbo diesel spool turbo nya msh rendah, kerasa mesinnya males, beda ma bensin, toel dikit mesin responsif.. beda cerita kl di gas dalem ampe dapet spool turbo lebih 2000rpm, tenaga diesel emang kerasa ngisi terus.

Hasil analisa saya tentang diesel, worthed kalo pake BBM 5150. Kalo pake dexlite atau pertadex lebih worthed mesin bensin.

Untuk diesel cammon rail kl usia udh tua, perbaikannya bs lebih bnyk dari bensin, karna mesinnya lebih complek.
1. Ada turbo, ini ada umurnya kl jebol harganya mahal
2. Perangkat pendukung turbo, selang2 turbo, kl dah lama rawan robek juga. Aktuator VGT juga resiko rusak, ada umur pakainya

Untuk irit2 bbm, diesel emang lebih irit tp gak jauh banget.

Diesel 4N15 2.4 liter jalan antar kabupaten bisa 1:12.5 pake solar 5150
Bensin 2AZFE 2.4 liter jalan antar kabupaten bisa 1: 11 pake pertalite 7650
kayak dulu saya ditanya mobil buat dipake di kalimantan bebas rewel malah saya recomend fortuner 2.7 karena bisa minum bensin busuk tanpa ada masalah kompresi rendah dan karena n/a jadi minim perawatan :big_think:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Profith83 »

Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

Profith83 wrote:Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
filsol asli toyota ini aneh ya, saya uda pake 15 rebu belom diminta ganti. temen saya uda pake 19 rebu hampir 20 rebu juga masih belom muncul indikatornya. rada ngeri ngeri juga full solar goceng sama aditif aja
pecinta bio solar
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Profith83 »

ctopher7 wrote: Mon May 16, 2022 4:23
Profith83 wrote:Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
filsol asli toyota ini aneh ya, saya uda pake 15 rebu belom diminta ganti. temen saya uda pake 19 rebu hampir 20 rebu juga masih belom muncul indikatornya. rada ngeri ngeri juga full solar goceng sama aditif aja
fisol kan memang lama mbah. Malah ada yang pakai Dex sampai 50rb KM baru nyala.

Kalau solar saja biasanya 15rb minta ganti, tapi kalau pakai additif yang menghambat pembentukan gell biasanya sekitar 30rb KM baru nyala.
Kalau saya amannya ganti saja tiap 3 thn atau 25rb KM sebelum nyala indikator. Oh iya gantinya yang fisol asli belinya di Auto2000,
jangan beli tempat lain.

Misal fisol ORI tempat lain lebih murah 50rb dari harga 600rb an saya mending beli di Auto2000. Justru kalau beda sampai 100rb curiga palsu mbah.

Nah kalau cuma beda 50rb tapi hati gak yakin .... bayangin fisol itu menjaga Injector yang nilainya sebiji 12 jt x 4 = sekitar 50 jt mbah

Buang 50 rb tapi hati tenang gak takut 50 jt rusak
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by sintoni »

Profith83 wrote: Mon May 16, 2022 3:28 Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
Rasanya itu itungannya masih salah sih mbah.

2GD sama 1TR konsumsi BBMnya beda loh, kalau 2GD mungkin 1:12 bisa kalau 1TR maks 1:9.

Terus oli gardan kok ga diitung di 1TR mbah, kan sama2 pake oli gardan.

Oli transmisi di 2GD sama 1TR beda ya kuantitasnya mbah?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Mon May 16, 2022 1:41
Cari mobil listrik kali ya gans .. harus yg lebih murah drpd 5150 .

Nanti slogannya berubah jadi orang pintar tidak ke pom bensin :wkkk:
tapi kredit batre :big_bored:

nanti boleh juga tuh buka leasing buat orang nyicil batre, keknya bisa laris tuh kan batre juga rusaknya bisa kambuhan ntar pas jebol orangnya gak punya duit kita kasih kredit cicilan bunganya 10% :big_smoking:
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by forzanetti »

sintoni wrote: Mon May 16, 2022 5:01
Profith83 wrote: Mon May 16, 2022 3:28 Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
Rasanya itu itungannya masih salah sih mbah.

2GD sama 1TR konsumsi BBMnya beda loh, kalau 2GD mungkin 1:12 bisa kalau 1TR maks 1:9.

Terus oli gardan kok ga diitung di 1TR mbah, kan sama2 pake oli gardan.

Oli transmisi di 2GD sama 1TR beda ya kuantitasnya mbah?
menurut bukman, kapasitas oli transmisi matic di 2GD 9.5L, di 1TR 8.5L, selisih 1L.
oya oli mesin 2GD 7.5L, 1TR 5.6L, selisih sekitar 2L.

sama 2GD tambahin ganti filsol 1x yang ori anggep aja 700rb.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Profith83 »

sintoni wrote: Mon May 16, 2022 5:01
Profith83 wrote: Mon May 16, 2022 3:28 Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
Rasanya itu itungannya masih salah sih mbah.

2GD sama 1TR konsumsi BBMnya beda loh, kalau 2GD mungkin 1:12 bisa kalau 1TR maks 1:9.

Terus oli gardan kok ga diitung di 1TR mbah, kan sama2 pake oli gardan.

Oli transmisi di 2GD sama 1TR beda ya kuantitasnya mbah?
Iya mbah salah total hitungannya asalnya bedain HRV dan Innova. Setelah saya pikir gak fair, saya ganti sama2x Innova tapi hitungannya gak saya benerin wakakaka
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Omnibus »

forzanetti wrote: Mon May 16, 2022 6:28
sintoni wrote: Mon May 16, 2022 5:01
Profith83 wrote: Mon May 16, 2022 3:28 Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
Rasanya itu itungannya masih salah sih mbah.

2GD sama 1TR konsumsi BBMnya beda loh, kalau 2GD mungkin 1:12 bisa kalau 1TR maks 1:9.

Terus oli gardan kok ga diitung di 1TR mbah, kan sama2 pake oli gardan.

Oli transmisi di 2GD sama 1TR beda ya kuantitasnya mbah?
menurut bukman, kapasitas oli transmisi matic di 2GD 9.5L, di 1TR 8.5L, selisih 1L.
oya oli mesin 2GD 7.5L, 1TR 5.6L, selisih sekitar 2L.

sama 2GD tambahin ganti filsol 1x yang ori anggep aja 700rb.
seinget sy inova bensin juga ada filter bensin nya yg hrs diganti juga. lumayan jg kl ga salah harganya yg genuine krn casingnya besi gitu. itu di inova gen 1, ga tau kl di rebon skrg.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 7:22

seinget sy inova bensin juga ada filter bensin nya yg hrs diganti juga. lumayan jg kl ga salah harganya yg genuine krn casingnya besi gitu. itu di inova gen 1, ga tau kl di rebon skrg.
di ribon bensin jg sama mbah, masi pake filter yg sama, beli di beres gopeceng brikut pasang, usia pakai 80-100 rebu km

tp kl mo pake yg sakura, aspira, dkk murah cuman lakban - jitban kira2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon May 16, 2022 8:21
Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 7:22

seinget sy inova bensin juga ada filter bensin nya yg hrs diganti juga. lumayan jg kl ga salah harganya yg genuine krn casingnya besi gitu. itu di inova gen 1, ga tau kl di rebon skrg.
di ribon bensin jg sama mbah, masi pake filter yg sama, beli di beres gopeceng brikut pasang, usia pakai 80-100 rebu km

tp kl mo pake yg sakura, aspira, dkk murah cuman lakban - jitban kira2
ladies n gents,

the mastah of inopa benzin has spoken :mky_02:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

Profith83 wrote:
ctopher7 wrote: Mon May 16, 2022 4:23
Profith83 wrote:Kalau suka naikan enak yah mobil bensin.
-Getaran paling minim
-Suara gak bising
-Gak ada bau.

Tapi bosennya sering ke pompa bensin

Semua ada kurang lebihnya.
Kalau tidak mikir biaya perawatan lebih minim diesel maka pakai mobil bensin saja

Diesel boros di Olie dan filter solar.

Anggap tiap 6rb KM ganti oli. Tiap 24rb KM ganti filter solar.
Asumsi pemakaian BBM sama 10KM/liter --> padahal kalau sama sama pakai Innova (bensin dan diesel) lumayan bedanya, diesel lebih irit 30% an

Running cost diesel selama 24rb KM atau 2 tahun
2.4rb liter solar x 5.150 = 12.360.000
beda olie mesin 4 liter x 4 ganti olie = 16 liter x 100rb = 1.600.000
Olie gardan 4 liter x 100rb = 400.000
Olie transmisi beda 4 liter = 400.000
Total = 14.760.000

Running cost pertalite selama 24rb KM
2.4 rb liter solar x 7.650 = 18.360.000
Busi 4 biji = 100.000
Total = 18.460.000
filsol asli toyota ini aneh ya, saya uda pake 15 rebu belom diminta ganti. temen saya uda pake 19 rebu hampir 20 rebu juga masih belom muncul indikatornya. rada ngeri ngeri juga full solar goceng sama aditif aja
fisol kan memang lama mbah. Malah ada yang pakai Dex sampai 50rb KM baru nyala.

Kalau solar saja biasanya 15rb minta ganti, tapi kalau pakai additif yang menghambat pembentukan gell biasanya sekitar 30rb KM baru nyala.
Kalau saya amannya ganti saja tiap 3 thn atau 25rb KM sebelum nyala indikator. Oh iya gantinya yang fisol asli belinya di Auto2000,
jangan beli tempat lain.

Misal fisol ORI tempat lain lebih murah 50rb dari harga 600rb an saya mending beli di Auto2000. Justru kalau beda sampai 100rb curiga palsu mbah.

Nah kalau cuma beda 50rb tapi hati gak yakin .... bayangin fisol itu menjaga Injector yang nilainya sebiji 12 jt x 4 = sekitar 50 jt mbah

Buang 50 rb tapi hati tenang gak takut 50 jt rusak
siap om thank you inputnya
pecinta bio solar
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 8:43
DOHC wrote: Mon May 16, 2022 8:21
Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 7:22

seinget sy inova bensin juga ada filter bensin nya yg hrs diganti juga. lumayan jg kl ga salah harganya yg genuine krn casingnya besi gitu. itu di inova gen 1, ga tau kl di rebon skrg.
di ribon bensin jg sama mbah, masi pake filter yg sama, beli di beres gopeceng brikut pasang, usia pakai 80-100 rebu km

tp kl mo pake yg sakura, aspira, dkk murah cuman lakban - jitban kira2
ladies n gents,

the mastah of inopa benzin has spoken :mky_02:
filsol vrz dah di ganti mbah ??

ada 2 loh , atas ama bawah :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon May 16, 2022 10:44
Omnibus wrote: Mon May 16, 2022 8:43
DOHC wrote: Mon May 16, 2022 8:21

di ribon bensin jg sama mbah, masi pake filter yg sama, beli di beres gopeceng brikut pasang, usia pakai 80-100 rebu km

tp kl mo pake yg sakura, aspira, dkk murah cuman lakban - jitban kira2
ladies n gents,

the mastah of inopa benzin has spoken :mky_02:
filsol vrz dah di ganti mbah ??

ada 2 loh , atas ama bawah :upss: :upss:
sorry mbah, ai pake dex. filter aman sentosa.
kecuali next ngecek filter atas ada anomali berarti kena dex zonk. baru deh panik .. :big_grin:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3395
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by kendibocor »

Yg bikin filter solar harus diganti per 10rb km apa sih? Endapan biosol yg kurang bagus? Atau biosolnya ngegel? Kalo dipake tiap hari harusnya si biosol ga jd gel kn ya?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Fri May 13, 2022 3:55
vanosz wrote:
Zaxis wrote: Mon May 09, 2022 3:37

Mantap 260 hp,colek gas dikit langsung ngepot2 ya om
:big_biglaugh:


khas disel gans,dr awal tuningan minta bawahnya gak lag aja,dyno gak tlalu gede jg gak apa, buat harian harus bisa solar,

lumayan lah,lg kepikiran pasang auto legen,kadang bego transmisi,blm spenuhnya ane pegang nih mobil,dipake kerja sama prempuan,taun depan keluar mobil tuh perempuan,



lebaran lg santai jalan bawah lari 100 diajakin main lawan honda tbaru tempelin blakang di gas diuber trs n lampu merah kasi duluan sama sama ngegas libas samping eh kabur belok tuh unyu unyu :wkkk:


diesel jos gandos,,

zaman lg susah gans,minyak dunia tambah mahal,mungkin bulan depan naik lg tuh minyak bensin,


tekorss,
transmisi bego mah emng penyakit gd om wkwk. ada yang lebih ekonomis om drpd autolegend: pake gotrans gd, ganti oli matic yang bagusan, remap tcu (transmission control unit) harusnya di rev bisa smua itu om.
:big_biglaugh:

tempat ane tuning ownernya malah pake auto lejen dan go trans di vrz nya gans,
pake oli matic aisin cukup,gak perlu mahal ktnya,

klo auto lejen biar gak ribet klo mau dijual mobilnya gans,mungkin gak lama lagi,

lagi keker keker mobil bensin kencang fun drib harian kesukaan ane gitu gans,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

kendibocor wrote: Mon May 16, 2022 11:48 Yg bikin filter solar harus diganti per 10rb km apa sih? Endapan biosol yg kurang bagus? Atau biosolnya ngegel? Kalo dipake tiap hari harusnya si biosol ga jd gel kn ya?
kagak ada patokan brp ribu km gans,

kembali ke orangnya masing aja,

mau 5 ribu km ganti silahkan, ky teman ane isi pertadek,

mau 50 ribu silahkan,

mau 100 ribu silahkan,

klo gak di coba kan gak pernah tau,

ky pake oli,

oli mahal itu bagus,tp oli murah juga belum tentu murahan,

di situ nikmatnya main mobil gans,jangan ky robot taunya a b c ya trs aja a b c dan tidak akan ke d e f g ......z


resiko tanggung masing aja,

yg penting mobil sendiri,

lanjut gans,

:ngacir:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by dsign1990 »

kalau diesel dinosaurus l300 atau colt kepala kuning sih berani
kalau diesel comonrail apalagi yg variable turbo ane pikir2 lagi