[Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

[Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by XMTdeluxe »

Suhu-suhu SM yang terhormat, saya dalam waktu dekat ini akan memilih di antara 2 mobil di atas. Kenapa 2 mobil di atas?
Jadi ceritanya, 7 bulan lalu saya sebenarnya mau ambil Rocky 1.0 T, karena sdh ada ANT X MT. Pas iseng2 lihat kembarannya di Auto2000, eeh... malah kepincut innova gara2 ada PPNBM, dan saya TT dgn ANT saya. Keputusan yang saya syukuri sekarang, karena harga Reborn sdh naik jauh. Tapi saat itu, saya sdh terlanjur SPK di daihatsu, uang sdh masuk 5 juta.
Karena sudah terlanjur masuk uang, saya baru neruskan lagi sekarang, nunggu nafas dl, hehehe...
Seiring perkembangan, dimana harga mobil sdh "normal", dimana PPNBM sdh tiada, PPN jadi 11%, dan BBM sekarang harganya sdh beda, jadilah konsidernya 2 mobil tadi. Rocky 1.0 Turbo coret, karena kebayang harus pertamax dan out of budget.
Kebutuhannya, untuk daily commuter dalkot, dan istri saya baru belajar mobil untuk menambah jam terbang dan mengasah skill nya. Memang tidak apple to apple, tapi basicly 2 itu menurut saya yang masuk. Juga kalau bisa sih, dipakai lukot untuk saya kalau sendirian atau berdua dari Jateng ke Bandung/Jakarta, sekaligus hemat ongkos BBM.

Pertanyaannya:
1. Mana yg lebih durable diminumin pertalite jika utk pemakaian dalkot? (Lukot akan pakai Pertamax karena efisiensinya tetap lebih tinggi dari Reborn Bensin). Perbandingan pemakaian BBM saya dgn Reborn Bensin AT di Dalam Kota : Full Pertalite dalkot Jkt 8.5 - 9.1 kmpl, dalkot Bdg 7.5-8.7 kmpl, dalkot salatiga 7.7-8.3 kmpl. Jadi mobil ini ya harus lebih efisien dari Reborn.
2. Apakah benar Rocky 1.2 CVT lebih irit BBM dari Ayla 1.2 R? Dari suhu-suhu yang sdh punya unitnya, saya berterimakasih jika berkenan dishare pengalaman masing2 unitnya.
3. Apa benar Ayla ngelitik, bahkan dikasih pertamax pun masih ngelitik? Rocky dengan kompresi 12.8 vs Ayla 11.5, apakah artinya requirement BBM-nya jadi sama? (ini nyambung jg ke poin 1).
4. Bagaimana isu DCVT dari Rocky?

Saat ini saya kepinginnya rocky, tapi lihat harganya (Ayla 161 mio vs Rocky 230 mio, harga semarang. Saya masih tunggu harga Bandung krn saya KTP Bandung tapi ambil di Semarang) Worth gak ya? Kalau ada saran lain, saya berterimakasih dan dijadikan masukan. Tapi tetap mempertimbangkan uang yang sdh terlanjur masuk.
Terimakasih sebelumnya suhu-suhu sekalian.
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by Frenzyking »

Halo Pak,

Pengguna Agya 1.2 G A/T Tahun 2019 disini. Kebetulan mertua miara seekor Ayla 1.2 R A/T 2021. Sharing pengalaman untuk cons BBM Pertalite Agya ane dalkot ada di 1:12.4 - 1:13 tergantung traffic dan frekuensi idle dengan AC menyala.

dan yes ngelitik itu mau saya isi pertabo sekalipun gejala ngelitik itu tetap ada, dan itu bikin jengkel. Setelah hampir 3 thn miara Agya, akhirnya ane memutuskan untuk minta Auto2000 lakukan Carbon Clean, Cek Knocking Sensor. So far setelah ditreatment dengan menggunakan Chamber Clean dan sepertinya ada sedikit dituning ECUnya, Agya ane sudah tidak ngelitik lagi sekalipun dibejek dan pakai pertalite. Tp tidak tahu akan bertahan berapa lama karena terakhir service baru 1 bulan lalu di bulan April.O ya, saya pakai Oli 0w-20 Fastron Gold yg rutin diganti 6 bln sekali. Sy lihat Oli sangat berpengaruh pada kons BBM setelah sebelumnya pakai Daihatsu Genuine Oil 0w-20, Agya saya kons BBM dalkotnya 1: 11an paling tinggi 1: 12. Semua berubah setelah diisi Fastron Gold.

Untuk Ayla mertua sejak awal isi pertalite, ngelitik terus sampe saat ini cuma tdk separah agya saya. Memang bawaan mobil beginian sukanya ngelitik kali yaa. Tapi ya kudu minta tuning sma Beres di ECUnya. Kons BBM Ayla mertua ane di 1:11an btw dengan perawatan ala kadar tanpa melihat spek oli.

Sekian sharing dari saya Pak semoga dapat membantu. Well, untuk Rocky mohon maaf sy blm pernah mencoba tapi klo budget bukan kendala, rasanya Rocky bakal lbh oke Pak menurut pendapat nubie oe. hehehe
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by vipere »

Rocky turbo aja sekalian.karena rocky 1.2 pun wajib pertamax. Kompresinya tinggi banget. 12.8
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by kendibocor »

Frenzyking wrote: Tue May 17, 2022 13:04 Halo Pak,

Pengguna Agya 1.2 G A/T Tahun 2019 disini. Kebetulan mertua miara seekor Ayla 1.2 R A/T 2021. Sharing pengalaman untuk cons BBM Pertalite Agya ane dalkot ada di 1:12.4 - 1:13 tergantung traffic dan frekuensi idle dengan AC menyala.

dan yes ngelitik itu mau saya isi pertabo sekalipun gejala ngelitik itu tetap ada, dan itu bikin jengkel. Setelah hampir 3 thn miara Agya, akhirnya ane memutuskan untuk minta Auto2000 lakukan Carbon Clean, Cek Knocking Sensor. So far setelah ditreatment dengan menggunakan Chamber Clean dan sepertinya ada sedikit dituning ECUnya, Agya ane sudah tidak ngelitik lagi sekalipun dibejek dan pakai pertalite. Tp tidak tahu akan bertahan berapa lama karena terakhir service baru 1 bulan lalu di bulan April.O ya, saya pakai Oli 0w-20 Fastron Gold yg rutin diganti 6 bln sekali. Sy lihat Oli sangat berpengaruh pada kons BBM setelah sebelumnya pakai Daihatsu Genuine Oil 0w-20, Agya saya kons BBM dalkotnya 1: 11an paling tinggi 1: 12. Semua berubah setelah diisi Fastron Gold.

Untuk Ayla mertua sejak awal isi pertalite, ngelitik terus sampe saat ini cuma tdk separah agya saya. Memang bawaan mobil beginian sukanya ngelitik kali yaa. Tapi ya kudu minta tuning sma Beres di ECUnya. Kons BBM Ayla mertua ane di 1:11an btw dengan perawatan ala kadar tanpa melihat spek oli.

Sekian sharing dari saya Pak semoga dapat membantu. Well, untuk Rocky mohon maaf sy blm pernah mencoba tapi klo budget bukan kendala, rasanya Rocky bakal lbh oke Pak menurut pendapat nubie oe. hehehe
Ayla 1:11-13 apa rute macet banget om? Ga irit2 amat juga ya. Soalnya mbl saya yg 1500cc NA di MID average 1:14,9. Tp rute emang 70% lancar sih.

Bwat TS. Kako budget cukup, ambil rocky aja om uda pilihan paling bener ambil rocky. Kompresi setinggi itu kayaknya keduanya paling ideal minum pertamax.
Ayla platformnya uda brp tahun dan saya yakin mayoritas minum pertalite, sampe skrng ga denger yg aneh2 sih. Tp modelnya uda agak uzur ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by the-mantal »

Sudah test drive keduanya belum om?

Klo saya jadi om sih ambil ayla aja...
Rocky 1.2 buat saya kekurangannya : mesin 3 silinder lama2 pst akan terasa getarannya, suara mesin persis sama ky ayla 1000 cc (tarikannya juga, tp kenceng sih narik nya),dan mentul2nya itu cukup parah entah knp
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by DOHC »

numpang komen sikit dr pmakai reborn bensin metik dan agya metik (tp yg 1.0 )

utk rute lurkot, apalagi transjawabahn, jgn kaget kl ribon bensin metik bsa irit, amat sangat irit, bagaikan bukan kijang umumnya

saya perna dr jakarta - semarang - lanjut bablas ke kudus, full transjawabahn dapet 1: 14 koma an, bensin full pertalite

sdgkan perna lg pake si agya utk rute jakarta - semarang via transjawabahn, cuman mentok di 1:13 gemuk nyaris 14, bensin full pertalite

dan enaknya ribon, full tank dr jakarta bsa bablas ampe semarang masi nyisa sperempat tangki, hal yg mustahil waktu saya coba pake si agya

btw, saya malah nyaranin TS utk ambil yg ayla 1.2 , karena scara body ayla tu ringkas banget, enak buat nyetir ugal2an d dalkot, dan lagi enjin 4 silinder jauhhhhhh lebi refine dbanding 3 silinder.. NVH enjin 3 silinder tu lama2 apalagi pas macet2an, agak bkin keki loh.. dan yg paling penting, enjin non turbo lebi tolerable sehh dgn bbm oktan rendah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by sherryandkez »

XMTdeluxe wrote: Tue May 17, 2022 12:54 Suhu-suhu SM yang terhormat, saya dalam waktu dekat ini akan memilih di antara 2 mobil di atas. Kenapa 2 mobil di atas?
Jadi ceritanya, 7 bulan lalu saya sebenarnya mau ambil Rocky 1.0 T, karena sdh ada ANT X MT. Pas iseng2 lihat kembarannya di Auto2000, eeh... malah kepincut innova gara2 ada PPNBM, dan saya TT dgn ANT saya. Keputusan yang saya syukuri sekarang, karena harga Reborn sdh naik jauh. Tapi saat itu, saya sdh terlanjur SPK di daihatsu, uang sdh masuk 5 juta.
Karena sudah terlanjur masuk uang, saya baru neruskan lagi sekarang, nunggu nafas dl, hehehe...
Seiring perkembangan, dimana harga mobil sdh "normal", dimana PPNBM sdh tiada, PPN jadi 11%, dan BBM sekarang harganya sdh beda, jadilah konsidernya 2 mobil tadi. Rocky 1.0 Turbo coret, karena kebayang harus pertamax dan out of budget.
Kebutuhannya, untuk daily commuter dalkot, dan istri saya baru belajar mobil untuk menambah jam terbang dan mengasah skill nya. Memang tidak apple to apple, tapi basicly 2 itu menurut saya yang masuk. Juga kalau bisa sih, dipakai lukot untuk saya kalau sendirian atau berdua dari Jateng ke Bandung/Jakarta, sekaligus hemat ongkos BBM.

Pertanyaannya:
1. Mana yg lebih durable diminumin pertalite jika utk pemakaian dalkot? (Lukot akan pakai Pertamax karena efisiensinya tetap lebih tinggi dari Reborn Bensin). Perbandingan pemakaian BBM saya dgn Reborn Bensin AT di Dalam Kota : Full Pertalite dalkot Jkt 8.5 - 9.1 kmpl, dalkot Bdg 7.5-8.7 kmpl, dalkot salatiga 7.7-8.3 kmpl. Jadi mobil ini ya harus lebih efisien dari Reborn.
2. Apakah benar Rocky 1.2 CVT lebih irit BBM dari Ayla 1.2 R? Dari suhu-suhu yang sdh punya unitnya, saya berterimakasih jika berkenan dishare pengalaman masing2 unitnya.
3. Apa benar Ayla ngelitik, bahkan dikasih pertamax pun masih ngelitik? Rocky dengan kompresi 12.8 vs Ayla 11.5, apakah artinya requirement BBM-nya jadi sama? (ini nyambung jg ke poin 1).
4. Bagaimana isu DCVT dari Rocky?

Saat ini saya kepinginnya rocky, tapi lihat harganya (Ayla 161 mio vs Rocky 230 mio, harga semarang. Saya masih tunggu harga Bandung krn saya KTP Bandung tapi ambil di Semarang) Worth gak ya? Kalau ada saran lain, saya berterimakasih dan dijadikan masukan. Tapi tetap mempertimbangkan uang yang sdh terlanjur masuk.
Terimakasih sebelumnya suhu-suhu sekalian.
1. rocky minumnya ideal pertamax, pertalite di mesin WA-VE sptnya ga ideal karena kompresi tinggi. btw yang turbo oke2 aja kok minum pertalite, saya biasa isi pertalite di rocky.
2. harusnya iya ya, technya lebih baru.
3. ayla diminumin premium aja ga gelitik sih hahaha. cuman concern saya di feel mobil aja karena ayla vs rocky jauh.
4. dcvt nanjak aman kok, asal nginjek gasnya pelan jangan langsung dipolin karena begitu detect spin dia langsung cut power dari mesin. sejauh ini rocky raize veloz aman semua nanjak2 even tinggi kaya di punclut.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by Pboyz97 »

XMTdeluxe wrote: Tue May 17, 2022 12:54 Suhu-suhu SM yang terhormat, saya dalam waktu dekat ini akan memilih di antara 2 mobil di atas. Kenapa 2 mobil di atas?
Jadi ceritanya, 7 bulan lalu saya sebenarnya mau ambil Rocky 1.0 T, karena sdh ada ANT X MT. Pas iseng2 lihat kembarannya di Auto2000, eeh... malah kepincut innova gara2 ada PPNBM, dan saya TT dgn ANT saya. Keputusan yang saya syukuri sekarang, karena harga Reborn sdh naik jauh. Tapi saat itu, saya sdh terlanjur SPK di daihatsu, uang sdh masuk 5 juta.
Karena sudah terlanjur masuk uang, saya baru neruskan lagi sekarang, nunggu nafas dl, hehehe...
Seiring perkembangan, dimana harga mobil sdh "normal", dimana PPNBM sdh tiada, PPN jadi 11%, dan BBM sekarang harganya sdh beda, jadilah konsidernya 2 mobil tadi. Rocky 1.0 Turbo coret, karena kebayang harus pertamax dan out of budget.
Kebutuhannya, untuk daily commuter dalkot, dan istri saya baru belajar mobil untuk menambah jam terbang dan mengasah skill nya. Memang tidak apple to apple, tapi basicly 2 itu menurut saya yang masuk. Juga kalau bisa sih, dipakai lukot untuk saya kalau sendirian atau berdua dari Jateng ke Bandung/Jakarta, sekaligus hemat ongkos BBM.

Pertanyaannya:
1. Mana yg lebih durable diminumin pertalite jika utk pemakaian dalkot? (Lukot akan pakai Pertamax karena efisiensinya tetap lebih tinggi dari Reborn Bensin). Perbandingan pemakaian BBM saya dgn Reborn Bensin AT di Dalam Kota : Full Pertalite dalkot Jkt 8.5 - 9.1 kmpl, dalkot Bdg 7.5-8.7 kmpl, dalkot salatiga 7.7-8.3 kmpl. Jadi mobil ini ya harus lebih efisien dari Reborn.
2. Apakah benar Rocky 1.2 CVT lebih irit BBM dari Ayla 1.2 R? Dari suhu-suhu yang sdh punya unitnya, saya berterimakasih jika berkenan dishare pengalaman masing2 unitnya.
3. Apa benar Ayla ngelitik, bahkan dikasih pertamax pun masih ngelitik? Rocky dengan kompresi 12.8 vs Ayla 11.5, apakah artinya requirement BBM-nya jadi sama? (ini nyambung jg ke poin 1).
4. Bagaimana isu DCVT dari Rocky?

Saat ini saya kepinginnya rocky, tapi lihat harganya (Ayla 161 mio vs Rocky 230 mio, harga semarang. Saya masih tunggu harga Bandung krn saya KTP Bandung tapi ambil di Semarang) Worth gak ya? Kalau ada saran lain, saya berterimakasih dan dijadikan masukan. Tapi tetap mempertimbangkan uang yang sdh terlanjur masuk.
Terimakasih sebelumnya suhu-suhu sekalian.
saya bantu jawab ya
1. ayla
2. konsumsi bbm 11 12 sepertinya
3. kurang tau, tapi kalo ayla setau saya masih bisa minum pertalite dan aman2 aja hehehe, kalo rocky sepertinya minimal wajib pertamax
4. kurang tau

intinya tergantung kebutuhan aja. kalo pengen mobil kecil yg bisa minum pertalte , tekologi simple, dimensi kompak jadi bisa dipake kemana aja, sm gak masalah sm gc dan model yg udh mulai berumur dibanding rocky pilih ayla, tapi kalo mau mobil dengan desain yg lebih fresh + fitur yg lebih lengkap dan gc tinggi pilih rocky, tapi konsekuensinya ya mesti dikasih minimal pertamax secara teknologinya juga lebih canggih + modern dibanding ayla menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by gadjahalphien »

Kalo boleh saran : ambil aja daihatsu yg CVT.
Itu beneran bisa membuat mobil lebih irit.

Ada 2 rekan kantor yg pakai dcvt
1.0t harian tembus 19-20km/l (mudik non lebaran 23-24 km/l)
1.5 2NR - New xenia, mudik non lebaran 20km/l, harian enggak tanya

Kalo perbandingan dg Ayla 1.2 AT, saya sehari2 dapet 14.7an km/l, rute harian : tol pulogebang-sunter & macet danau sunter-moi + exit tol pulogebang-lampu merah.

Dulu pas full jorr, mayoritas 15.4km/l.

Jujur saya sendiri nunggu Ayla CVT.
Bukan pengemar mobil tinggi.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by Frenzyking »

kendibocor wrote: Tue May 17, 2022 13:31
Frenzyking wrote: Tue May 17, 2022 13:04 Halo Pak,

Pengguna Agya 1.2 G A/T Tahun 2019 disini. Kebetulan mertua miara seekor Ayla 1.2 R A/T 2021. Sharing pengalaman untuk cons BBM Pertalite Agya ane dalkot ada di 1:12.4 - 1:13 tergantung traffic dan frekuensi idle dengan AC menyala.

dan yes ngelitik itu mau saya isi pertabo sekalipun gejala ngelitik itu tetap ada, dan itu bikin jengkel. Setelah hampir 3 thn miara Agya, akhirnya ane memutuskan untuk minta Auto2000 lakukan Carbon Clean, Cek Knocking Sensor. So far setelah ditreatment dengan menggunakan Chamber Clean dan sepertinya ada sedikit dituning ECUnya, Agya ane sudah tidak ngelitik lagi sekalipun dibejek dan pakai pertalite. Tp tidak tahu akan bertahan berapa lama karena terakhir service baru 1 bulan lalu di bulan April.O ya, saya pakai Oli 0w-20 Fastron Gold yg rutin diganti 6 bln sekali. Sy lihat Oli sangat berpengaruh pada kons BBM setelah sebelumnya pakai Daihatsu Genuine Oil 0w-20, Agya saya kons BBM dalkotnya 1: 11an paling tinggi 1: 12. Semua berubah setelah diisi Fastron Gold.

Untuk Ayla mertua sejak awal isi pertalite, ngelitik terus sampe saat ini cuma tdk separah agya saya. Memang bawaan mobil beginian sukanya ngelitik kali yaa. Tapi ya kudu minta tuning sma Beres di ECUnya. Kons BBM Ayla mertua ane di 1:11an btw dengan perawatan ala kadar tanpa melihat spek oli.

Sekian sharing dari saya Pak semoga dapat membantu. Well, untuk Rocky mohon maaf sy blm pernah mencoba tapi klo budget bukan kendala, rasanya Rocky bakal lbh oke Pak menurut pendapat nubie oe. hehehe
Ayla 1:11-13 apa rute macet banget om? Ga irit2 amat juga ya. Soalnya mbl saya yg 1500cc NA di MID average 1:14,9. Tp rute emang 70% lancar sih.

Bwat TS. Kako budget cukup, ambil rocky aja om uda pilihan paling bener ambil rocky. Kompresi setinggi itu kayaknya keduanya paling ideal minum pertamax.
Ayla platformnya uda brp tahun dan saya yakin mayoritas minum pertalite, sampe skrng ga denger yg aneh2 sih. Tp modelnya uda agak uzur ya.
Well, saya tinggal di kota yg ga ada jalan tolnya Pak. Sehingga avg speed mobil berada di 25 - 30an kph. Mgkin hal tsb membuat kons bbmnya jelek. Tapi yaa itu faktanya haha duo Ayla Agya ini rajanya ngelitik kykna ada tuningan ECU by default yg membuat spt itu. Cuma balik lg pas sy konfirmasi ke SA A2000, ngelitik di Agya tdk jd masalah begitu katanya :mky_04:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by kendibocor »

Frenzyking wrote: Tue May 17, 2022 23:51 Well, saya tinggal di kota yg ga ada jalan tolnya Pak. Sehingga avg speed mobil berada di 25 - 30an kph. Mgkin hal tsb membuat kons bbmnya jelek. Tapi yaa itu faktanya haha duo Ayla Agya ini rajanya ngelitik kykna ada tuningan ECU by default yg membuat spt itu. Cuma balik lg pas sy konfirmasi ke SA A2000, ngelitik di Agya tdk jd masalah begitu katanya :mky_04:
Ooo pantes lebih boros om.
jangka panjang ngelitik itu akan bikin internal mesin premature wear om karena kena knocking terus. Kalo rencana pake mbl jangka panjang mending bbm disesuaikan sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by Frenzyking »

kendibocor wrote: Wed May 18, 2022 1:22
Frenzyking wrote: Tue May 17, 2022 23:51 Well, saya tinggal di kota yg ga ada jalan tolnya Pak. Sehingga avg speed mobil berada di 25 - 30an kph. Mgkin hal tsb membuat kons bbmnya jelek. Tapi yaa itu faktanya haha duo Ayla Agya ini rajanya ngelitik kykna ada tuningan ECU by default yg membuat spt itu. Cuma balik lg pas sy konfirmasi ke SA A2000, ngelitik di Agya tdk jd masalah begitu katanya :mky_04:
Ooo pantes lebih boros om.
jangka panjang ngelitik itu akan bikin internal mesin premature wear om karena kena knocking terus. Kalo rencana pake mbl jangka panjang mending bbm disesuaikan sih.
Nah itu masalahnya Pak, sudah aman setelah dituning oleh beres. Tp sblm dituning mau sy isi Pertabo smpe 3 4 tangki pun ngelitiknya tetap ada 😆
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by mike22 »

Kalau sanggup afford rocky utk apa consider ayla :big_peace:
Dari platform nya saja sudah beda sekali.
Tentu sj cvt di mesin cc kecil akan membuat jadi irit
Infonya ayla jg mau keluar new modelnya akhir tahun ini, apa mending sekalian inden itu saja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by ChZ »

XMTdeluxe wrote: Tue May 17, 2022 12:54
Pertanyaannya:
1. Mana yg lebih durable diminumin pertalite jika utk pemakaian dalkot? (Lukot akan pakai Pertamax karena efisiensinya tetap lebih tinggi dari Reborn Bensin). Perbandingan pemakaian BBM saya dgn Reborn Bensin AT di Dalam Kota : Full Pertalite dalkot Jkt 8.5 - 9.1 kmpl, dalkot Bdg 7.5-8.7 kmpl, dalkot salatiga 7.7-8.3 kmpl. Jadi mobil ini ya harus lebih efisien dari Reborn.
2. Apakah benar Rocky 1.2 CVT lebih irit BBM dari Ayla 1.2 R? Dari suhu-suhu yang sdh punya unitnya, saya berterimakasih jika berkenan dishare pengalaman masing2 unitnya.
3. Apa benar Ayla ngelitik, bahkan dikasih pertamax pun masih ngelitik? Rocky dengan kompresi 12.8 vs Ayla 11.5, apakah artinya requirement BBM-nya jadi sama? (ini nyambung jg ke poin 1).
4. Bagaimana isu DCVT dari Rocky?

Saat ini saya kepinginnya rocky, tapi lihat harganya (Ayla 161 mio vs Rocky 230 mio, harga semarang. Saya masih tunggu harga Bandung krn saya KTP Bandung tapi ambil di Semarang) Worth gak ya? Kalau ada saran lain, saya berterimakasih dan dijadikan masukan. Tapi tetap mempertimbangkan uang yang sdh terlanjur masuk.
Terimakasih sebelumnya suhu-suhu sekalian.
dr 4 pertanyaan ini kayaknya concern lebih ke op cost ya.

dgn budget yang ada sya kasih saran agak nyeleneh : honda brio satya. sdh proven mesin bisa mimik pertalite + platform mesin jadul dan 4 silinder. dah terbukti battle proven juga.

tapi klo mau salah satu dari itu si rocky aja mau yg turbo jg ga masalah mimik pertalit. ini sy bukan tim nyuruh bbm murah lalu treatment a b c d atau pake racun, tapi idealnya most toyo-dai enjin di indo itu ga ada yg gak bbm busuk proven kecuali emang disengaja macem 1GD atau 2GD belakangan.

enjin skrg mah gampang CR udah ga relevan lagi krn knocking sensor dah pasti mundurin timing kl detect pengapian ga normal. dulu temen sy mau ambil rocky 1.2 jg goyah iman akhirnya ambil 1.0 manual. di semarang juga tuh. cm yang 1.2 kayaknya minta oli bagusan.

klo toyo-dai nyuruh isi bbm bagus sampe tt kontrak barulah kuatir.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by gadjahalphien »

mike22 wrote: Wed May 18, 2022 2:03..cut..
Infonya ayla jg mau keluar new modelnya akhir tahun ini, apa mending sekalian inden itu saja
Duo kembar yg satunya om.

duo AA, terakhir minor change di 2021., artinya masih ada 1-2 tahun sebelum lifecycle nya berakhir
ChZ wrote: Wed May 18, 2022 3:21…cut…
enjin skrg mah gampang CR udah ga relevan lagi krn knocking sensor dah pasti mundurin timing kl detect pengapian ga normal
…cut…
Mod @ChZ, sekilas ngerasa engine nya Toyota/Daihatsu enggak ada knocking sensor deh.

Dari beberapa kali ortu punya Toyota, dan akhirnya pelihara sendiri 3NR, sering banget mengalami knocking.
Beda amat sama honda, mau di isi sultan atau jelata, jarang banget knocking.
Last edited by gadjahalphien on Wed May 18, 2022 5:17, edited 1 time in total.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by Kaleng »

ChZ wrote: Wed May 18, 2022 3:21 dr 4 pertanyaan ini kayaknya concern lebih ke op cost ya.

dgn budget yang ada sya kasih saran agak nyeleneh : honda brio satya. sdh proven mesin bisa mimik pertalite + platform mesin jadul dan 4 silinder. dah terbukti battle proven juga.

tapi klo mau salah satu dari itu si rocky aja mau yg turbo jg ga masalah mimik pertalit. ini sy bukan tim nyuruh bbm murah lalu treatment a b c d atau pake racun, tapi idealnya most toyo-dai enjin di indo itu ga ada yg gak bbm busuk proven kecuali emang disengaja macem 1GD atau 2GD belakangan.

enjin skrg mah gampang CR udah ga relevan lagi krn knocking sensor dah pasti mundurin timing kl detect pengapian ga normal. dulu temen sy mau ambil rocky 1.2 jg goyah iman akhirnya ambil 1.0 manual. di semarang juga tuh. cm yang 1.2 kayaknya minta oli bagusan.

klo toyo-dai nyuruh isi bbm bagus sampe tt kontrak barulah kuatir.
Apa sudah ada om ChZ produk toyo-dai yg suruh ttd kontrak?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by ChZ »

Kaleng wrote: Wed May 18, 2022 5:09
Apa sudah ada om ChZ produk toyo-dai yg suruh ttd kontrak?
lah itu geng gajah diesel 2GD dan 1GD.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by XMTdeluxe »

Frenzyking wrote: Tue May 17, 2022 13:04 Halo Pak,

Pengguna Agya 1.2 G A/T Tahun 2019 disini. Kebetulan mertua miara seekor Ayla 1.2 R A/T 2021. Sharing pengalaman untuk cons BBM Pertalite Agya ane dalkot ada di 1:12.4 - 1:13 tergantung traffic dan frekuensi idle dengan AC menyala.

dan yes ngelitik itu mau saya isi pertabo sekalipun gejala ngelitik itu tetap ada, dan itu bikin jengkel. Setelah hampir 3 thn miara Agya, akhirnya ane memutuskan untuk minta Auto2000 lakukan Carbon Clean, Cek Knocking Sensor. So far setelah ditreatment dengan menggunakan Chamber Clean dan sepertinya ada sedikit dituning ECUnya, Agya ane sudah tidak ngelitik lagi sekalipun dibejek dan pakai pertalite. Tp tidak tahu akan bertahan berapa lama karena terakhir service baru 1 bulan lalu di bulan April.O ya, saya pakai Oli 0w-20 Fastron Gold yg rutin diganti 6 bln sekali. Sy lihat Oli sangat berpengaruh pada kons BBM setelah sebelumnya pakai Daihatsu Genuine Oil 0w-20, Agya saya kons BBM dalkotnya 1: 11an paling tinggi 1: 12. Semua berubah setelah diisi Fastron Gold.

Untuk Ayla mertua sejak awal isi pertalite, ngelitik terus sampe saat ini cuma tdk separah agya saya. Memang bawaan mobil beginian sukanya ngelitik kali yaa. Tapi ya kudu minta tuning sma Beres di ECUnya. Kons BBM Ayla mertua ane di 1:11an btw dengan perawatan ala kadar tanpa melihat spek oli.

Sekian sharing dari saya Pak semoga dapat membantu. Well, untuk Rocky mohon maaf sy blm pernah mencoba tapi klo budget bukan kendala, rasanya Rocky bakal lbh oke Pak menurut pendapat nubie oe. hehehe
Terimakasih Pak atas Reply-nya, 1 hal yang jadi concern terkait mesin ayla terjawab. Memang karakternya spt itu ya Pak?
Untuk long term use, apakah nglitiknya ini dapat merusak/mempengaruhi mesin dalam jangka panjang? Untuk oli, baru tahu DGO kok bisa beda ya, padahal kekentalannya sama... Padahal idemitsu lho katanya.
vipere wrote: Tue May 17, 2022 13:24 Rocky turbo aja sekalian.karena rocky 1.2 pun wajib pertamax. Kompresinya tinggi banget. 12.8


Siap Om. Kompresi 12,8 ini memang tinggi sekali menurut saya. Tapi kalau untuk ke Turbo, sementara concern-nya budget Om. Juga akan sharing dengan istri saya untuk melancarkan nyetirnya, jadi mesin overpower untuk sementara waktu skip dl. Knp lebih ke rocky, karena ada HSA. Istri happy, krn kalau ada tanjakan nggak gelagapan, hehehe... tapi kalau matic pada prinsipnya kan tdk langsung meluncur, mesin agak nahan sih.
kendibocor wrote: Tue May 17, 2022 13:31
Bwat TS. Kako budget cukup, ambil rocky aja om uda pilihan paling bener ambil rocky. Kompresi setinggi itu kayaknya keduanya paling ideal minum pertamax.
Ayla platformnya uda brp tahun dan saya yakin mayoritas minum pertalite, sampe skrng ga denger yg aneh2 sih. Tp modelnya uda agak uzur ya.
Oke Om, sekalian voting, hehehe... Betul om, Ayla ini dengar2 mau ganti model tahun depan, dan justru pakai engine WA-VE dan DCVT Rocky sekarang. Tapi itu justru sekaligus kepikiran, jangan2 lebih worthed dari Rocky-nya. Apa saya Ayla model ini dulu, 2 tahun lagi TT dengan new Ayla atau siapa tahu Rocky ada perbaikan. Karena 2 isu Rocky sdh kelihatan, recall dan DCVT yg meskipun nongol di avanza dan raize Turbo. Utk WA-VE engine blm ada beritanya sih..
the-mantal wrote: Tue May 17, 2022 14:25 Sudah test drive keduanya belum om?

Klo saya jadi om sih ambil ayla aja...
Rocky 1.2 buat saya kekurangannya : mesin 3 silinder lama2 pst akan terasa getarannya, suara mesin persis sama ky ayla 1000 cc (tarikannya juga, tp kenceng sih narik nya),dan mentul2nya itu cukup parah entah knp
Sudah Om. Ayla juga sering dpt taksol nya. Impresinya sih, cukupan yah Om. Cuma posisi duduknya yang mengingatkan saya waktu masih belajar nyetir. Mepet banget badan sama setir. Dan Jok depan yg khas daihasut, kecil. Tapi kalau utk istri saya sih fine, karena masih belajaran jg. Rocky lebih rileks, jok lebih besar dan empuk. Mgkn jok daihatsu paling enak dari semua mobil yg dia keluarin, termasuk Xenia FWD.
Oh iya om, mental mentulnya itu bagaimana ya? Spt reborn atau spt Rushter lama, yg jalan rata mental mentul, jalan jelek malah gedubrakan? Jangka panjang mesin 3 silinder ini, cenderung spt itu ya Om?
DOHC wrote: Tue May 17, 2022 14:40 numpang komen sikit dr pmakai reborn bensin metik dan agya metik (tp yg 1.0 )

utk rute lurkot, apalagi transjawabahn, jgn kaget kl ribon bensin metik bsa irit, amat sangat irit, bagaikan bukan kijang umumnya

saya perna dr jakarta - semarang - lanjut bablas ke kudus, full transjawabahn dapet 1: 14 koma an, bensin full pertalite

sdgkan perna lg pake si agya utk rute jakarta - semarang via transjawabahn, cuman mentok di 1:13 gemuk nyaris 14, bensin full pertalite

dan enaknya ribon, full tank dr jakarta bsa bablas ampe semarang masi nyisa sperempat tangki, hal yg mustahil waktu saya coba pake si agya

btw, saya malah nyaranin TS utk ambil yg ayla 1.2 , karena scara body ayla tu ringkas banget, enak buat nyetir ugal2an d dalkot, dan lagi enjin 4 silinder jauhhhhhh lebi refine dbanding 3 silinder.. NVH enjin 3 silinder tu lama2 apalagi pas macet2an, agak bkin keki loh.. dan yg paling penting, enjin non turbo lebi tolerable sehh dgn bbm oktan rendah
Waaah.... ada yang mirip nih Om. Iya om... ternyata bukan hanya dieselnya, bensinnya pun bikin innova ini jadi agak repot kalau dipakai sebagai barometer mobil keluaran terakhir. Perawatan mesin gak mikir, gak khawatir blas pakai pertalite, dan ternyata konsumsi BBM-nya nggak ngeri2 amat. Terimakasih Om atas sarannya. Hanya gak nyangka jg, bisa lebih boros ayla nya justru ya... Utk NVH engine 3 silinder, saya sdh TD Rocky tapi yg 1.0T, muter2 area bengkel aja sih. Memang masih kerasa getarannya, mirip 2GD, hehehe... Tapi kalau dipakai untuk jalan, hilang getarannya. Hanya saja, saya bandingkan 2 unit yg tdk apple to apple ini, karena basicly 2 mobil ini punya spek yang sama dengan value for money berbeda. Sama2 1200 cc dengan output tdk terpaut jauh. Juga faktor ukuran bodi, saya lebih merasa pas aja utk cari parkir. Hanya saja, kalau utk lukot gantian dengan reborn, dalam pikiran saya masih lebih nyaman Rocky sptnya ya Om? Atau Ayla sebenarnya tolerable jg? Bandingannya jgn reborn, mobil lawas saya aja AN Terios. Di tol transjawa bisa lebih nyaman dari ANT, bungkus.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by ChZ »

gadjahalphien wrote: Wed May 18, 2022 5:09
Mod @ChZ, sekilas ngerasa engine nya Toyota/Daihatsu enggak ada knocking sensor deh.

Dari beberapa kali ortu punya Toyota, dan akhirnya pelihara sendiri 3NR, sering banget mengalami knocking.
Beda amat sama honda, mau di isi sultan atau jelata, jarang banget knocking.
Nah itu msh rada misteri om... Dlu saya pny xenia 1.3 jadul jg suka knocking isi premium.....

Masalahnya mesin xenia 1.3 ga ad yang ambrol diisi premium. Wkwkwkwkwk. Biasa krn lousy maintenance aja

Ajaib memang. Knocking tapi kuat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed May 18, 2022 6:33
gadjahalphien wrote: Wed May 18, 2022 5:09
Mod @ChZ, sekilas ngerasa engine nya Toyota/Daihatsu enggak ada knocking sensor deh.

Dari beberapa kali ortu punya Toyota, dan akhirnya pelihara sendiri 3NR, sering banget mengalami knocking.
Beda amat sama honda, mau di isi sultan atau jelata, jarang banget knocking.
Nah itu msh rada misteri om... Dlu saya pny xenia 1.3 jadul jg suka knocking isi premium.....

Masalahnya mesin xenia 1.3 ga ad yang ambrol diisi premium. Wkwkwkwkwk. Biasa krn lousy maintenance aja

Ajaib memang. Knocking tapi kuat
Itu om frenzyking ayla diminumin pertabo 3/4 tanki masi knocking mbah :mky_04:
Kayaknya tp anomali sih ya, masa minum pertabo masih knocking, macem supercar aja harus pake pertamax racing jangan2. Untungnya ilang abis dituning
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by XMTdeluxe »

sherryandkez wrote: Tue May 17, 2022 15:33 1. rocky minumnya ideal pertamax, pertalite di mesin WA-VE sptnya ga ideal karena kompresi tinggi. btw yang turbo oke2 aja kok minum pertalite, saya biasa isi pertalite di rocky.
2. harusnya iya ya, technya lebih baru.
3. ayla diminumin premium aja ga gelitik sih hahaha. cuman concern saya di feel mobil aja karena ayla vs rocky jauh.
4. dcvt nanjak aman kok, asal nginjek gasnya pelan jangan langsung dipolin karena begitu detect spin dia langsung cut power dari mesin. sejauh ini rocky raize veloz aman semua nanjak2 even tinggi kaya di punclut.
Terimakasih Om atas insightnya. Betul, saya majumundur Rocky ini karena kompresinya tinggi sekali. Saya pikir, semua N/A aman Pertalite. Tapi kalau tinggi begini, kira2 bagaimana ya... Kata SA nya sih, cuma drop aja powernya. Tapi apa betul..
Untuk Ayla, saya jg pernah pengalaman punya mesin NR, yg 2NR. Sepertinya famili mesin NR sama semua kompresinya, di 11,5. Tapi di ANT saya dulu, nggak ada gejala ngelitik. Di Ayla saya denger2 kok ngelitik. Ini jg yang bikin kepikiran lagi. Kalau sama2 wajib pertamax, ya mgkn ambil yang paling efisien saja.
Utk DCVT saya kepincut iritnya dan kehalusan ketika cruising di tol transjawa. Saya lihat di yutub, ayla di 100 kmph RPM-nya di 3000. Kayaknya sdh agak berisik ya di dlm kabin...
Pboyz97 wrote: Tue May 17, 2022 17:16 saya bantu jawab ya
1. ayla
2. konsumsi bbm 11 12 sepertinya
3. kurang tau, tapi kalo ayla setau saya masih bisa minum pertalite dan aman2 aja hehehe, kalo rocky sepertinya minimal wajib pertamax
4. kurang tau

intinya tergantung kebutuhan aja. kalo pengen mobil kecil yg bisa minum pertalte , tekologi simple, dimensi kompak jadi bisa dipake kemana aja, sm gak masalah sm gc dan model yg udh mulai berumur dibanding rocky pilih ayla, tapi kalo mau mobil dengan desain yg lebih fresh + fitur yg lebih lengkap dan gc tinggi pilih rocky, tapi konsekuensinya ya mesti dikasih minimal pertamax secara teknologinya juga lebih canggih + modern dibanding ayla menurut saya
Terimakasih Om Pboyz atas insight-nya. Om Pboyz kan jualbeli mobil ya, saya boleh minta saran? hehehe... kalau saya ambil ayla, kemudian 2-3 tahun lagi saya TT dengan mobil lainnya, kira2 depresiasinya bagaimana ya? karena terkait jg gosip2 mau keluar ayla baru, apakah ayla model skrg akan turun jauh, atau malah jadi incaran kayak reborn ini yg mau ganti model FWD? Kadangkala, simple dan durable itu justru punya nilai tersendiri dibanding comfort dengan segala kompleksitasnya. Kalau Rocky, kira2 dari trend saat ini, apakah bisa ke dpn harganya bisa sama nahannya gak ya?
Saya rencana besarnya, istri belajar dl pakai mobil kecil. Kalau sdh bisa, sambil saya nabung lagi 2-3 tahun, tukar tambah dengan kelas compact car atau small mpv/suv. Rocky bagi saya sdh masuk itu, tapi di entry level banget. Hanya kalau saya ambil Rocky skrg, 2-3 tahun lagi ada rejeki trus kepengen tuker, sayang gak ya...
gadjahalphien wrote: Tue May 17, 2022 20:04 Kalo boleh saran : ambil aja daihatsu yg CVT.
Itu beneran bisa membuat mobil lebih irit.

Ada 2 rekan kantor yg pakai dcvt
1.0t harian tembus 19-20km/l (mudik non lebaran 23-24 km/l)
1.5 2NR - New xenia, mudik non lebaran 20km/l, harian enggak tanya

Kalo perbandingan dg Ayla 1.2 AT, saya sehari2 dapet 14.7an km/l, rute harian : tol pulogebang-sunter & macet danau sunter-moi + exit tol pulogebang-lampu merah.

Dulu pas full jorr, mayoritas 15.4km/l.

Jujur saya sendiri nunggu Ayla CVT.
Bukan pengemar mobil tinggi.
Terimakasih Om, kebetulan masih berat ke Rocky karena berbagai perbedaannya. Gosip2 lukot 23 kmpl ini jg menggoda sekali, bisa lebih efisien kalau utk lukot daripada Reborn Bensin. Utk Ayla nya, BBM 14,7 kmpl itu dalkot campuran tol-non tol ya Om? Sdh oke banget sih Om. Asumsi saya pakai pertamax ya itu...
mike22 wrote: Wed May 18, 2022 2:03 Kalau sanggup afford rocky utk apa consider ayla :big_peace:
Dari platform nya saja sudah beda sekali.
Tentu sj cvt di mesin cc kecil akan membuat jadi irit
Infonya ayla jg mau keluar new modelnya akhir tahun ini, apa mending sekalian inden itu saja
Platform memang beda Om, tapi naikannya sesuai harganya masing2. Bahkan Ayla secara bantingan (diluar posisi nyetir dan jok yg kecil tipis), bagi saya agak di atas harganya... Rocky kalau harganya masih spt PPNBM, ride quality nya bagi saya sesuai banget. Tapi dgn harga saat ini, agak2 gmn ya... Bandingkannya simpel aja, dgn harga yg sama kita lihat mobil lainnya dapat apa dan spt apa. Utk ayla, dgn harga segitu gak/blm ada lawan. Brio Satya CVT harganya selisih 13-15 juta dari Ayla R AT (CMIIW), itu jg oke sih. Tapi saya ada konsiderasi sendiri terkait Brio.
Terimakasih Om insight nya.
ChZ wrote: Wed May 18, 2022 3:21 dr 4 pertanyaan ini kayaknya concern lebih ke op cost ya.

dgn budget yang ada sya kasih saran agak nyeleneh : honda brio satya. sdh proven mesin bisa mimik pertalite + platform mesin jadul dan 4 silinder. dah terbukti battle proven juga.

tapi klo mau salah satu dari itu si rocky aja mau yg turbo jg ga masalah mimik pertalit. ini sy bukan tim nyuruh bbm murah lalu treatment a b c d atau pake racun, tapi idealnya most toyo-dai enjin di indo itu ga ada yg gak bbm busuk proven kecuali emang disengaja macem 1GD atau 2GD belakangan.

enjin skrg mah gampang CR udah ga relevan lagi krn knocking sensor dah pasti mundurin timing kl detect pengapian ga normal. dulu temen sy mau ambil rocky 1.2 jg goyah iman akhirnya ambil 1.0 manual. di semarang juga tuh. cm yang 1.2 kayaknya minta oli bagusan.

klo toyo-dai nyuruh isi bbm bagus sampe tt kontrak barulah kuatir.
Yes Om, titik beratnya ke ops cost karena kalau jatuhnya lebih mahal dari pakai reborn bensin akan tdk kena dgn tujuan awalnya. Meskipun saya tdk akan brutal full pertalite jg, dan fokusnya lebih ke pemakaian dalkot (70% dalkot-30% lukot). Rencananya akan ganti2an ngisi bensinnya. 1 kali full tank pertalite, 1 kali full tank pertamax, or 2 kali full tank pertalite 1 kali full tank pertamax. Jika dipakai lukot dipastikan akan full pertamax. Kalau konsiderasinya lukot, sptnya rocky lebih unggul karena cvt. Utk Rocky Turbo pakai pertalite, Sales nya bilang bisa karena gak ada juklak nya, hahaha.. tapi SA-nya bilang, lebih tolerable yg 1.2 NA drpd 1.0 T meskipun kompresi yg 1.2 lebih tinggi.
Saya pernah pakai brio satya CVT, kalau dari ride quality, indeed it is far better car. Saya gak nilai kelengkapannya yah, karena saya gak begitu antusias dengan gimmick. Ada tapinya sih...
Deal breaker paling pertama, gak ada info Range di MID, hahahaha... Ini penyumbang terbesar Brio gak saya masukkan sebagai alternatif saat SPK dulu. Saya tipe paling senang "menunda2 pekerjaan". Kalau ada range, saya gampang mem-planning dimana dan kapan ngisi bensin. Hal sepele, tapi bagi saya ini fitur paling bermanfaat dari semua mobil jaman sekarang.
Kedua, saya KTP Bandung gak bisa ambil Honda di Semarang. Dan sdh terlanjur masuk uang jg sih. Kalau bisa dibalikin 100%, saya akan ngobrol lagi dgn istri. Tapi nanti malah BHB jadi masuk opsi Om. Mesin ertiga 1.4, harga mirip2 Rocky 1.2, hahahaha....
Ketiga, Full CVT dgn DCVT apakah reliabilitinya akan sama ya Om? Mengingat istri saya baru belajaran, jadi ada perasaan agak eman2. Ini jg yg bikin kenapa Ayla masuk sbg bandingan. Khawatir pas istri pakai, CVT-nya kadang mis-used. Butuh pendapat Om Chz dan suhu-suhu lainnya, karena ini akan jadi mobil kepemilikan sendiri kedua yg Matic.
Terimakasih Om atas insight nya ttg Rocky 1.0 T. Ada harapan Rocky 1.2 bisa selang seling pertalite jg nih...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by DOHC »

XMTdeluxe wrote: Wed May 18, 2022 6:05 [ innova ini jadi agak repot kalau dipakai sebagai barometer mobil keluaran terakhir. Perawatan mesin gak mikir, gak khawatir blas pakai pertalite, dan ternyata konsumsi BBM-nya nggak ngeri2 amat. Terimakasih Om atas sarannya. Hanya gak nyangka jg, bisa lebih boros ayla nya justru ya... Utk NVH engine 3 silinder, saya sdh TD Rocky tapi yg 1.0T, muter2 area bengkel aja sih. Memang masih kerasa getarannya, mirip 2GD, hehehe... Tapi kalau dipakai untuk jalan, hilang getarannya. Hanya saja, saya bandingkan 2 unit yg tdk apple to apple ini, karena basicly 2 mobil ini punya spek yang sama dengan value for money berbeda. Sama2 1200 cc dengan output tdk terpaut jauh. Juga faktor ukuran bodi, saya lebih merasa pas aja utk cari parkir. Hanya saja, kalau utk lukot gantian dengan reborn, dalam pikiran saya masih lebih nyaman Rocky sptnya ya Om? Atau Ayla sebenarnya tolerable jg? Bandingannya jgn reborn, mobil lawas saya aja AN Terios. Di tol transjawa bisa lebih nyaman dari ANT, bungkus.
Inofa bensin kl ga masalah ama "agak" boros dan "agak" lemot nya sehh, bener2 worthed koq om.. nyaman, robust pake banget, bahkan dgn perawatan yg amat sangat minim. Apalagi yg gen reborn ini

Kl agya ayla utk lurkot sehh sbg pengemudi, ga enak nya cuman 2 om, body kelewat enteng yg bkin mobil rentan goyang2 kena angin samping dr mobil yg lbi gede, ama jok supir yg minimalis khas jaman kijang super.. kl tenaga malah saya ga ngerasa kurang, pas lari di transjawabahn dl saya beberapa kl clocked 130 ga masalah padahal agya saya cuman 1000 cc, metik pula. Buat lurkot mending tetep pake si reborn bensin, ud kodrat nya dia

Tp baca2 buat mobil istri nya blajar, saya rasa sehh agya ayla malah pas, posisi duduk agak tinggi, moncong super pesek, setir sangat direct, body jg super minim ukuran nya, tp daleman nya lmayan luas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed May 18, 2022 6:49
Itu om frenzyking ayla diminumin pertabo 3/4 tanki masi knocking mbah :mky_04:
Kayaknya tp anomali sih ya, masa minum pertabo masih knocking, macem supercar aja harus pake pertamax racing jangan2. Untungnya ilang abis dituning
kyknya ini sama kasusnya ama lipina gen awal. isi pertamak plus juga gelitik dulu temen saya.

bisa krn desain exhaust yang bikin jadi tambah panas, bisa jg itu mekanisme VVT-i nya gak dimainin dari pabrik. klo dibaca obd reader pas mau remap sehh banyak yang gt terutama nissin ama toyota.
XMTdeluxe wrote: Wed May 18, 2022 7:09
Yes Om, titik beratnya ke ops cost karena kalau jatuhnya lebih mahal dari pakai reborn bensin akan tdk kena dgn tujuan awalnya. Meskipun saya tdk akan brutal full pertalite jg, dan fokusnya lebih ke pemakaian dalkot (70% dalkot-30% lukot). Rencananya akan ganti2an ngisi bensinnya. 1 kali full tank pertalite, 1 kali full tank pertamax, or 2 kali full tank pertalite 1 kali full tank pertamax. Jika dipakai lukot dipastikan akan full pertamax. Kalau konsiderasinya lukot, sptnya rocky lebih unggul karena cvt. Utk Rocky Turbo pakai pertalite, Sales nya bilang bisa karena gak ada juklak nya, hahaha.. tapi SA-nya bilang, lebih tolerable yg 1.2 NA drpd 1.0 T meskipun kompresi yg 1.2 lebih tinggi.
Saya pernah pakai brio satya CVT, kalau dari ride quality, indeed it is far better car. Saya gak nilai kelengkapannya yah, karena saya gak begitu antusias dengan gimmick. Ada tapinya sih...
Deal breaker paling pertama, gak ada info Range di MID, hahahaha... Ini penyumbang terbesar Brio gak saya masukkan sebagai alternatif saat SPK dulu. Saya tipe paling senang "menunda2 pekerjaan". Kalau ada range, saya gampang mem-planning dimana dan kapan ngisi bensin. Hal sepele, tapi bagi saya ini fitur paling bermanfaat dari semua mobil jaman sekarang.
Kedua, saya KTP Bandung gak bisa ambil Honda di Semarang. Dan sdh terlanjur masuk uang jg sih. Kalau bisa dibalikin 100%, saya akan ngobrol lagi dgn istri. Tapi nanti malah BHB jadi masuk opsi Om. Mesin ertiga 1.4, harga mirip2 Rocky 1.2, hahahaha....
Ketiga, Full CVT dgn DCVT apakah reliabilitinya akan sama ya Om? Mengingat istri saya baru belajaran, jadi ada perasaan agak eman2. Ini jg yg bikin kenapa Ayla masuk sbg bandingan. Khawatir pas istri pakai, CVT-nya kadang mis-used. Butuh pendapat Om Chz dan suhu-suhu lainnya, karena ini akan jadi mobil kepemilikan sendiri kedua yg Matic.
Terimakasih Om atas insight nya ttg Rocky 1.0 T. Ada harapan Rocky 1.2 bisa selang seling pertalite jg nih...
wah baru tau brio satya gak ada range nya... saya wkt nyoba gak ngeliatin itunya :mky_01: murni cm tripmeter doank ya.

nah klw CVT sih asal jgn lupa ganti oli aja per 20rebu. sama jenis olinya, hrs liat buku manual krn beberapa CVT konvensional aja jenisnya bisa beda. honda pny tuh CVT harus pake oli HCF-2 bawaan. gak semua CVTF masuk di dia.

jgn lupa selalu cek itu beneran dicekokin CVTF apa ATF, biasa mah kejadian aja CVT dicekokin ATF. ud 2022 yang msh salah gini banyak. tau tau ntar berapa pulu ribu kemudian ambrol.
Last edited by ChZ on Wed May 18, 2022 7:30, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by XMTdeluxe »

Terimakasih Suhu-suhu semua, betul2 masukan yang berharga. Akhir bulan ini rencananya harus putuskan pesan mana karena sebelum mulai tahun ajaran baru, mobil sdh datang untuk istri membiasakan dulu. Jadi bisa antar jemput sekolah anak, dan kalau belanja saya gak perlu ngantar2, hehehe... Sementara kesimpulannya, Rocky tahan banting. Tinggal value for money-nya. Menurut saya 2 mobil ini sama2 value for money di harganya masing-masing, dengan rocky lebih fleksibel (lebih nyaman dipakai lukot).

Oh iya, 1 lagi kepikiran. Saya sering lihat Rocky kok dimuatin full penumpang di belakang (dan barang sepertinya), kok kelihatan ambles ya? Ayla malah jarang, kecuali di instagram yg dimuatin motor itu, hehehe... Kalau pas muatan penuh begitu, dengan postur ambles apakah handlingnya jadi berubah? geal geol gitu.. Atau hanya tampilan luarnya aja ambles, tapi feel di dalam sama aja. Barangkali ada user disini yang bisa sharing.
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [Mohon Saran Again dan Bertanya] Ayla 1.2 R AT vs Rocky 1.2 X AT

Post by gadjahalphien »

Saran lain : lebih baik tanya istri mau SUV atau hatch, sekalian ajak istri test drive.
Toh ybs yg akan mengendarai lebih sering.

Namun kalo lihat tipical wanita masa kini, ada kecenderungan ambil SUV (meski itu Rocky). Karena lebih macho, tinggi dan enggak kawatir terintimidasi mobil2 yg lebih tinggi.
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z