Needs Suggestion, Creta vs CX3

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Suryaputra »

irwan2011 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:52
Omiyup wrote:Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb


Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
Cx3 memang lebih road noise dibanding creta, mungkin krn pake high performance tire Toyo proxes kali. Dan uda ring 18. Kalo yg 1.5 memang tarikannya 11-12 lah ama creta. Lain cerita kalo yg 2.0, masih berani lawan Pajero atau Fortuner. Space cabin memang ya begitu sempit hehehe..
Buidl quality mazda terkenal bagus kok, dulu sempet miara mazda 2 HB & blm pernah ada rattle noise dr interiornya selama 3 th lebih.
Kalo harga spare part mazda memang sedikit lebih mahal karena masih CBU, tapi masih plus minus lah.
Uda om langsung deh SPK, warna selain soul red aja biar cepat dapatnya. Soul red banyak bgt peminatnya.
Yah gak heran

Creta pk Ban GY ATM2 emang enak itu ban
Kelas premium touring
Ditambah peredam pabrik yg sesuai
Dan profil tebal
215/60 R17

Klo perform tyre beda orientasi
Buat yg suka pecicilan gaspol spido nyender kanan selap selip :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 5:46
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:27 mungkin boleh diperhatiin juga cost service nya. ini temen saya sharing di ig stories, katanya ganti oli, filter dll bisa abis 5 juta. Trus masuk service dikasih estimasi perbaikan sekitar 48 juta. akhirnya setelah dipilih2 yg crucial abisnya 12 juta (tanpa yang jasa oli sebelumnya itu) aki juga kayanya harus pake yang iss ya sekitar 3 juta. Sisanya dia mau pake bengkel luar beres.
Cx3 ya mbah?

Ada case mirip soal biaya servis.. Xpander pny ipar kmrn digetok 2 jt servis 20rb km atau thn ke 2 katanya
Dan dah dibayar :upss:

Pas sy itung" cm yg penting" aja harusnya kena <1jt
Include biaya servis dan pajak.

Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu :upss:
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
irwan2011 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:52
Omiyup wrote:Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb


Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
Cx3 memang lebih road noise dibanding creta, mungkin krn pake high performance tire Toyo proxes kali. Dan uda ring 18. Kalo yg 1.5 memang tarikannya 11-12 lah ama creta. Lain cerita kalo yg 2.0, masih berani lawan Pajero atau Fortuner. Space cabin memang ya begitu sempit hehehe..
Buidl quality mazda terkenal bagus kok, dulu sempet miara mazda 2 HB & blm pernah ada rattle noise dr interiornya selama 3 th lebih.
Kalo harga spare part mazda memang sedikit lebih mahal karena masih CBU, tapi masih plus minus lah.
Uda om langsung deh SPK, warna selain soul red aja biar cepat dapatnya. Soul red banyak bgt peminatnya.
Emang saya maunya merah om, kalo ga bisa merah udah saya coret tipenya (contoh hrv se). Lagian saya masih ada kendaraan sih jadinya lumayan santai (kalo creta saya juga ambil ngopsi juga kok)

Saya juga rencana 1.5 om biar irit dan emang budgetnya segitu
Mazda 2 nya thai om? Atau masih cbu jap? Sering lewat jalan jelek om? Saya domisili di kotanya pak pres sih, jadi jalan ga selalu bagus. Dulu saya pake hrv bulet rattling om :big_biglaugh:

Mazda thai ama jap bq nya sama om? Case nya mazda 2 ama cx3
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Suryaputra »

Klo rattle ini emang need to be proven in mid term.
Setelah dipakai dan terjemur matahari 1-2 thn ke atas, kena getaran jalan dsb :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
irwan2011
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue May 03, 2011 5:01

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by irwan2011 »

Omiyup wrote:
Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 5:46
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:27 mungkin boleh diperhatiin juga cost service nya. ini temen saya sharing di ig stories, katanya ganti oli, filter dll bisa abis 5 juta. Trus masuk service dikasih estimasi perbaikan sekitar 48 juta. akhirnya setelah dipilih2 yg crucial abisnya 12 juta (tanpa yang jasa oli sebelumnya itu) aki juga kayanya harus pake yang iss ya sekitar 3 juta. Sisanya dia mau pake bengkel luar beres.
Cx3 ya mbah?

Ada case mirip soal biaya servis.. Xpander pny ipar kmrn digetok 2 jt servis 20rb km atau thn ke 2 katanya
Dan dah dibayar :upss:

Pas sy itung" cm yg penting" aja harusnya kena <1jt
Include biaya servis dan pajak.

Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu :upss:
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
irwan2011 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:52
Omiyup wrote:Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb


Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
Cx3 memang lebih road noise dibanding creta, mungkin krn pake high performance tire Toyo proxes kali. Dan uda ring 18. Kalo yg 1.5 memang tarikannya 11-12 lah ama creta. Lain cerita kalo yg 2.0, masih berani lawan Pajero atau Fortuner. Space cabin memang ya begitu sempit hehehe..
Buidl quality mazda terkenal bagus kok, dulu sempet miara mazda 2 HB & blm pernah ada rattle noise dr interiornya selama 3 th lebih.
Kalo harga spare part mazda memang sedikit lebih mahal karena masih CBU, tapi masih plus minus lah.
Uda om langsung deh SPK, warna selain soul red aja biar cepat dapatnya. Soul red banyak bgt peminatnya.
Emang saya maunya merah om, kalo ga bisa merah udah saya coret tipenya (contoh hrv se). Lagian saya masih ada kendaraan sih jadinya lumayan santai (kalo creta saya juga ambil ngopsi juga kok)

Saya juga rencana 1.5 om biar irit dan emang budgetnya segitu
Mazda 2 nya thai om? Atau masih cbu jap? Sering lewat jalan jelek om? Saya domisili di kotanya pak pres sih, jadi jalan ga selalu bagus. Dulu saya pake hrv bulet rattling om :big_biglaugh:

Mazda thai ama jap bq nya sama om? Case nya mazda 2 ama cx3
Mazda 2 2018 om, kayaknya produksi japan deh. Saya domisili di Jakarta. Ya memang banyakan lewat tol sih.
Kalo hrv mah interior build qualitynya ya begitulah hehehe. Don’t expect too much. Kebetulan cx 3 saya warna hitam. Cx 3 dikasih warna apa aja kayaknya bagus.
Kemarin sempet liat komparasi tes creta vs new hrv dr media online, creta akselerasinya paling cepat.

Saya uda pernah nyetir new hrv se 1.5, build quality interiornya jg kurang bagus. Road noisenya sama aja kayak yg lama. Masih mending creta.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by timbermaniac123 »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:21
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

irwan2011 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:31
Omiyup wrote:
Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 5:46

Cx3 ya mbah?

Ada case mirip soal biaya servis.. Xpander pny ipar kmrn digetok 2 jt servis 20rb km atau thn ke 2 katanya
Dan dah dibayar :upss:

Pas sy itung" cm yg penting" aja harusnya kena <1jt
Include biaya servis dan pajak.

Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu :upss:
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
irwan2011 wrote: Fri Aug 12, 2022 5:52
Cx3 memang lebih road noise dibanding creta, mungkin krn pake high performance tire Toyo proxes kali. Dan uda ring 18. Kalo yg 1.5 memang tarikannya 11-12 lah ama creta. Lain cerita kalo yg 2.0, masih berani lawan Pajero atau Fortuner. Space cabin memang ya begitu sempit hehehe..
Buidl quality mazda terkenal bagus kok, dulu sempet miara mazda 2 HB & blm pernah ada rattle noise dr interiornya selama 3 th lebih.
Kalo harga spare part mazda memang sedikit lebih mahal karena masih CBU, tapi masih plus minus lah.
Uda om langsung deh SPK, warna selain soul red aja biar cepat dapatnya. Soul red banyak bgt peminatnya.
Emang saya maunya merah om, kalo ga bisa merah udah saya coret tipenya (contoh hrv se). Lagian saya masih ada kendaraan sih jadinya lumayan santai (kalo creta saya juga ambil ngopsi juga kok)

Saya juga rencana 1.5 om biar irit dan emang budgetnya segitu
Mazda 2 nya thai om? Atau masih cbu jap? Sering lewat jalan jelek om? Saya domisili di kotanya pak pres sih, jadi jalan ga selalu bagus. Dulu saya pake hrv bulet rattling om :big_biglaugh:

Mazda thai ama jap bq nya sama om? Case nya mazda 2 ama cx3
Mazda 2 2018 om, kayaknya produksi japan deh. Saya domisili di Jakarta. Ya memang banyakan lewat tol sih.
Kalo hrv mah interior build qualitynya ya begitulah hehehe. Don’t expect too much. Kebetulan cx 3 saya warna hitam. Cx 3 dikasih warna apa aja kayaknya bagus.
Kemarin sempet liat komparasi tes creta vs new hrv dr media online, creta akselerasinya paling cepat.

Saya uda pernah nyetir new hrv se 1.5, build quality interiornya jg kurang bagus. Road noisenya sama aja kayak yg lama. Masih mending creta.
Creta emang kenceng om surprisingly padahal dia cvt lho. Ga bego kok cvt nya

Wah enaknya masih dapat japs, tinggal beli logo demio om biar jadi jdm :upss:
Creta susahnya belom teruji ini dia

Jujur pusing juga ini plus minusnya saling nutupin :upss:
Tapi ada yang pernah tau servisnya creta bagaimana? Mahal ga ya?
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:35
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:21
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.
Wah, kalo segitu ya ampun banget lah. Coba ditanya om rusaknya kenapa. Ga mungkin kalo remeh2 digetok segitu kali, pasti ada sesuatu yang rusak itu
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by timbermaniac123 »

Suryaputra wrote: Fri Aug 12, 2022 5:46
Itu belum masuk item ganti ATF padahal.
ATF sy bilang harusnya ganti jg tiap 2thn, cmn gak masuk item servis di buku di km segitu :upss:
Ah itu om oli matic harus ganti 2 tahun max walaupun beres bilang aman bisa untuk 40-50rb km / 4-5 tahun ? Mobil voxy saya udah 2.5 tahun, kemarin mau ganti oli dibilangnya belum perlu. Memang si masih 12rb km.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by josomba »

Pertimbangan lain,

Since om bukan di jabodetabek dan bakal ke BeRes, di daerah om bengkel mazda-nya rame ga? Kalau ga rame, berpotensi tutup sih.

Ini BeRes mazda kan pelan2 bertumbangan satu-per-satu, kalau area saya di seputaran tangerang, ada 1 BeRes di serpong raya itu sih rame banget. Jadi cukup pede piara ini merk untuk beberapa tahun ke depan.

Berkebalikan Hyundai masih gencar2nya expansi, nampaknya lebih aman secara aftersales.
Image
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by timbermaniac123 »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:54
Wah, kalo segitu ya ampun banget lah. Coba ditanya om rusaknya kenapa. Ga mungkin kalo remeh2 digetok segitu kali, pasti ada sesuatu yang rusak itu
Kayanya si itu yg 8 juta seinget saya, aki sama oli + filter + kampas rem. Akinya yg 3 juta. Oli mungkin sekitar 1-2 juta, Belum include jasa. Kemarin dia ada manya kampas rem 1.4 juta termasuk normal ga harga di pasaran.

Mungkin new baleno bisa jadi pertimbangan ? Kalau ga peduliin gengsi si kayanya menarik banget di tengah harga bbm lagi begini. Pake mesin k15b yang irit. Ditambah sisa duit masukin investasi aja itung2 bunga nya bisa buat bayarin pajak tahunan.

Denger2 diskonnya si 20 juta. Jadi sekitar 250an.
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 7:05 Pertimbangan lain,

Since om bukan di jabodetabek dan bakal ke BeRes, di daerah om bengkel mazda-nya rame ga? Kalau ga rame, berpotensi tutup sih.

Ini BeRes mazda kan pelan2 bertumbangan satu-per-satu, kalau area saya di seputaran tangerang, ada 1 BeRes di serpong raya itu sih rame banget. Jadi cukup pede piara ini merk untuk beberapa tahun ke depan.

Berkebalikan Hyundai masih gencar2nya expansi, nampaknya lebih aman secara aftersales.
Lumayan rame sih, cuma agak jauh aja om, ujung ke ujung kota
Kalo hyundai deket banget, kalo disini yang berpotensi tutup sih kia ama nissan. Asli sepi bener terutama kia
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 7:12
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:54
Wah, kalo segitu ya ampun banget lah. Coba ditanya om rusaknya kenapa. Ga mungkin kalo remeh2 digetok segitu kali, pasti ada sesuatu yang rusak itu
Kayanya si itu yg 8 juta seinget saya, aki sama oli + filter + kampas rem. Akinya yg 3 juta. Oli mungkin sekitar 1-2 juta, Belum include jasa. Kemarin dia ada manya kampas rem 1.4 juta termasuk normal ga harga di pasaran.

Mungkin new baleno bisa jadi pertimbangan ? Kalau ga peduliin gengsi si kayanya menarik banget di tengah harga bbm lagi begini. Pake mesin k15b yang irit. Ditambah sisa duit masukin investasi aja itung2 bunga nya bisa buat bayarin pajak tahunan.

Denger2 diskonnya si 20 juta. Jadi sekitar 250an.

Wah gak dulu deh om, saya cari BQ juga om. Creta aja kemaren sempet kepikiran gara2 dia produk keturunan vrindavan

Saya sebelumnya pake altis 2.0, kalo baleno hb mending saya keep altis om :upss: (jimny aja saya coret, padahal sempet dapet tawaran inden harga retail)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by KielConstantine »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:35
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:21
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.

Image
Wadaw ….


Masa lebih mahal drpd pelihara shir riper plaisur X3 :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by DrivingPotato »

Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by kendibocor »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:35
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:21
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.
Kalo kayak gini susah om ga ada list pengerjaan + partnya. Tp ga semahal itu kok kalo fast moving + maintenance rutin. Kalo slow moving mungkin ya mahal. Secara mzd connect aja kalo iseng2 update firmware / ngetweaks sekali ngebrick langsung ganti unit total. Itu aja bisa 7 jutaan.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by yaseinotulip »

Klo ga salah mazda dpt free service 3 th ya... Atau sy salah inget kmrn adik sy blg..

Ya lebih mahal jg wajar2 aja lah, katanya Mazda kan emg mau naik kelas ke pasar lexus :mky_03:

Lagian service setaun sekali atau max 2x kecuali bener2 mobil cape.. yg penting ga ada problem dan ga ngerepotin..

Sy service HRV terakhir 40 rb km jg 2 jt kok di beres Honda Imora.. ganti apa aja lupa, yg pasti ga ada CVT oil karena udah diganti pas 30 rb dan ga ada keluhan..

Spare part makin mahal, oli makin mahal, gaji jg naik mulu kan UMR nya.. mobil nya aja juga makin mahal :big_biglaugh:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by josomba »

DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Image
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Hmmmm, 2 juta ya? Normal kah buat mobil harga segini?
kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 8:22
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:35
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 6:21
Saya diajarin sudah diajarin ortu untuk servis ga nurut sama buku kok om, ambil yang penting2 aja dan yang mengganggu (misal ga enak atau complain2)
Cuma kalo diambil2 kok tetep mahal ya, emang bener yak semahal itu meskipun yang esensial?
Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.
Kalo kayak gini susah om ga ada list pengerjaan + partnya. Tp ga semahal itu kok kalo fast moving + maintenance rutin. Kalo slow moving mungkin ya mahal. Secara mzd connect aja kalo iseng2 update firmware / ngetweaks sekali ngebrick langsung ganti unit total. Itu aja bisa 7 jutaan.
Kalo slow moving ya amit amit ya kecuali emang usia tua ya. Tapi awet kan si mazda ini?
Btw itu mzd connect kenapa tuh? Tiba tiba nge brick atau abis diutak atik?
yaseinotulip wrote: Fri Aug 12, 2022 8:29 Klo ga salah mazda dpt free service 3 th ya... Atau sy salah inget kmrn adik sy blg..

Ya lebih mahal jg wajar2 aja lah, katanya Mazda kan emg mau naik kelas ke pasar lexus :mky_03:

Lagian service setaun sekali atau max 2x kecuali bener2 mobil cape.. yg penting ga ada problem dan ga ngerepotin..

Sy service HRV terakhir 40 rb km jg 2 jt kok di beres Honda Imora.. ganti apa aja lupa, yg pasti ga ada CVT oil karena udah diganti pas 30 rb dan ga ada keluhan..

Spare part makin mahal, oli makin mahal, gaji jg naik mulu kan UMR nya.. mobil nya aja juga makin mahal :big_biglaugh:
Ya om, mazda 3th (+2 buat M2 HB atau sedan) kalo ditempat saya

Bener juga sih om, tapi tang saya penasaran dibanding honda hyundai dll itu jauh ga sih?
josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 8:46
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Imbang om sebenernya, kalo saya driving feel lebih ke Cx 3, kalo accomodations ama gimmick Creta lebih unggul. Makanya galau berat om soalnya setelah td ulang mereka berdua saling melengkapi (creta deal breakernya adalah bentuk yang sangat indihe sekali, sedangkan mazda inden sama belom tau perawatannya gimana)

Oh ya soal road noise cx3 ada benernya juga, creta lebih senyap tapi cx3 ga separah honda kan?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Pboyz97 »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 4:36 Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb


Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
mazda cx3 = mazda 2 yg ditinggiin om, jadi ya gaheran kalo dalemannya juga sama kaya m2 :big_biglaugh: . kalo soal quality ya kebetulan udh pernah test drive dua duanya mirip2 aja. cbu thai mazda sih setau saya cukup oke ya. pengalaman piara kakaknya, CX5 dari 2018-2021 yg CBU malay sampe odo 43rb pas dijual kabinnya masih senyap dan solid, gaada rattle yg aneh2
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

Pboyz97 wrote: Fri Aug 12, 2022 13:16
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 4:36 Baru aja TD CX3, saya bandingin dengan creta ya
- larinya mirip2 tapi handling masih menang CX3
- kabinnya SSS aka sangat2 sempit, lumayan bikin claustrophobic tapi saya no problem
- material interior sejujurnya +- ya, (saya ga cek ruang mesin 2 2 nya) jadi tinggal pilih
- roadnoise nya lumayan kalo dibanding creta
- kok saya liatnya dalemnya sama aja ama mazda 2 hb yang thai ya? Kalo qualitynya apa bener mirip? Saya sempet terlintas untuk ambil mazda 2 hb


Bisa ditambah mungkin pengalaman yang lain. Saya dibilangin 8 bulan untuk soul red nya (kalo ini ga masalah sih, saya masih ada kendaraan lain)
mazda cx3 = mazda 2 yg ditinggiin om, jadi ya gaheran kalo dalemannya juga sama kaya m2 :big_biglaugh: . kalo soal quality ya kebetulan udh pernah test drive dua duanya mirip2 aja. cbu thai mazda sih setau saya cukup oke ya. pengalaman piara kakaknya, CX5 dari 2018-2021 yg CBU malay sampe odo 43rb pas dijual kabinnya masih senyap dan solid, gaada rattle yg aneh2
Makanya om, kalo disuruh pilih antara itu sama cx3 bisa galau lebiih lagi

Canda om, gampang kok milihnya.
CX3 6airbags M2 2airbags tapi auto lamp ama auto wiper (kalo sedan dapet semua tapi ga suka bentuknya)

Sama bentuknya CX3 lebih minul minul apalagi kalo dipendekin om :upss:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Pboyz97 »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 9:19
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Hmmmm, 2 juta ya? Normal kah buat mobil harga segini?
kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 8:22
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 12, 2022 6:35

Mobilnya cx 5 kayanya tahun 2016 atau 2017.

Nah itu saya juga diajarkan seperti itu. Cuma temen saya itu case nya mungkin udah mogok kali ya bukan service berkala jatuhnya.
Kalo kayak gini susah om ga ada list pengerjaan + partnya. Tp ga semahal itu kok kalo fast moving + maintenance rutin. Kalo slow moving mungkin ya mahal. Secara mzd connect aja kalo iseng2 update firmware / ngetweaks sekali ngebrick langsung ganti unit total. Itu aja bisa 7 jutaan.
Kalo slow moving ya amit amit ya kecuali emang usia tua ya. Tapi awet kan si mazda ini?
Btw itu mzd connect kenapa tuh? Tiba tiba nge brick atau abis diutak atik?
yaseinotulip wrote: Fri Aug 12, 2022 8:29 Klo ga salah mazda dpt free service 3 th ya... Atau sy salah inget kmrn adik sy blg..

Ya lebih mahal jg wajar2 aja lah, katanya Mazda kan emg mau naik kelas ke pasar lexus :mky_03:

Lagian service setaun sekali atau max 2x kecuali bener2 mobil cape.. yg penting ga ada problem dan ga ngerepotin..

Sy service HRV terakhir 40 rb km jg 2 jt kok di beres Honda Imora.. ganti apa aja lupa, yg pasti ga ada CVT oil karena udah diganti pas 30 rb dan ga ada keluhan..

Spare part makin mahal, oli makin mahal, gaji jg naik mulu kan UMR nya.. mobil nya aja juga makin mahal :big_biglaugh:
Ya om, mazda 3th (+2 buat M2 HB atau sedan) kalo ditempat saya

Bener juga sih om, tapi tang saya penasaran dibanding honda hyundai dll itu jauh ga sih?
josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 8:46
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Imbang om sebenernya, kalo saya driving feel lebih ke Cx 3, kalo accomodations ama gimmick Creta lebih unggul. Makanya galau berat om soalnya setelah td ulang mereka berdua saling melengkapi (creta deal breakernya adalah bentuk yang sangat indihe sekali, sedangkan mazda inden sama belom tau perawatannya gimana)

Oh ya soal road noise cx3 ada benernya juga, creta lebih senyap tapi cx3 ga separah honda kan?
kebetulan saya ex user CX5 2013 dan CX5 2018. kalo poin pertama, servis 2 jtan ya masih lumayan wajar menurut saya, apalagi teknologinya mazda termasuk yg paling canggih dikelasnya, jadi ya gak heran kalo biaya servisnya lebih mahal jg dibanding kompetitornya

kalo dibanding honda gak jauh kalo sama2 di beres. believe me. saya sudah piara keduanya selama kurleb 8 tahun ,dari 2013 - 2021. kebetulan dari 2013 - 2019 saya miara CX5 2013 dan crv 2011 barengan dan dari 2019 - 2021 saya miara cx5 2018 dan crv turbo 2019 barengan. emg lebih mahal mazda, tapi gasampe 2x lipet kok kalo sama2 di beres + kalo buat long term saya berani bilang masih lebih awet mazda, cuma minusnya part mazda in some case harus inden aja sm agak sulit kalo tinggal diluar jabodetabek menurut saya. kalo di jakarta mah aman, beresnya masih banyak yg bisa handle. plusnya honda ya karena part subtitusi sm bengkel spesialisnya banyak, jadi harga partsnya jg bervarasi, kalo mazda bengkel spesialis nya sm part subtitusinya jarang, jadi mau gak mau harus pake yg ori dan ke beres. kalo dibanding hyundai saya kurang tau karena blm pernah miara

mazda kalo perawatan ya aman2 aja kalo di kota saya , jakarta, cuma kalo di luar jakarta kurang tau saya. cuma minus part inden aja, sm kalo durability ya mazda ini cukup awet lah. dulu saya pernah miara cx5 gen 1 sampe km 152 rb dan cx5 gen 2 sampe km 43 rb pas dua duanya dijual di tahun 2019 dan 2021, gak ada masalah yg aneh2, yg gen 1 cuma ganti mounting sm shock aja, yg gen 2 cuma ganti shock belakang kiri kanan doang. sisanya masih aman2 aja

sm poin terakhir, kalo creta saya no komen karena blm pernah test drive. tapi kalo dibanding hrv, ya masih lebih bagus cx3 menurut saya, kebetulan dulu pernah punya HRV 2018 PFL juga yg 1.5 hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by kendibocor »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 9:19
Wajar lah om servis rutin 2 jutaan. Emang om biasa servis mbl yg skrng di beres brp duit? :mky_03:

Mzd connect ngebrick biasanya abis di tweaks (kalo di iphone jaman dlu macem kayak di jailbreak). Biasanya mazda2 yg mzd connectnya blm ada android auto di tweaks bisa jd ada AA tanpa ganti apa2. Ada cara yg lebih aman sih beli modul AA n carplay di aliexpress cuman sejutaan. Tp tetep harus update firmware ke 7.xx jg yg mana prosesnya ada resiko brick jg. Itu contoh kecil aja slow movingnya mazdut.


Kalo saya jd om sih gampang sebenernya decidenya, mau nunggu minimal setengah tahun ga hanya untuk seekor CX3? Kalo om mau ya artinya bener2 demen ma CX3. Kalo gamau n memang keperluan butuh cepet ya creta. Kecuali mau beli 2nd yg skrng pasarannya agak2 ga wajar harganya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by DrivingPotato »

josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 8:46
Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Iya nih dikasih BeRes DOT3, tapi so far ga masalah sih om. Kayanya bawaannya juga masih DOT3.

Di manual book specnya SAE J1703 or FMVSS116 DOT-3 or DOT-4.

Dah nyobain DOT4 Nya Ate om? Oke gak?


Btw saran buat TS, apalagi kalau masih freshgrad (kalau ga salah baca di page sblmnya)
Pilih yg sekiranya nggak menyulitkan dan praktis kalau ada sesuatu terjadi aja. Di case ini saya sendiri cenderung suggest Creta meski saya sendiri pakai CX3. Brand Hyundai jg udah no worries soal aftersales IMHO, Creta sendiri juga bukan mobil yg jelek, buktinya yang pake banyak dan pada puas, dan CX3 sendiri gak dapat free jasa servis & spare part utk jangka panjang, tentu maintenance cost akan lebih tinggi, riwayat inden part lama. Inden 8 bulan keburu ilang euforia jatuh cinta sama CX3 nya juga.

Semua mobil pasti komplementer om, ada plusnya dan ada minusnya, yg kadang minusnya di mobil A ternyata unggul di mobil B. Makanya saya ga setuju blas sama kaum mendang-mending yg mau semuanya full spek. Keberagaman details produk tsb diciptakan bisa jadi pilihan untuk kebutuhan orang yg berbeda2, jadi pada akhirnya pilih yang paling sreg di hati dan di dompet, bukan hanya dompet dlm konteks initial cost tapi juga running cost :big_peace:

Ngomong soal running cost saya lg sering isi CX3 1.5 pake Pertalite kurleb 35 liter Pertabo 8 liter, works fine tidak ada gejala ngelitik dan malah performance better daripada pake Pertamax. Running costnya untuk BBM perliter jadi bisa di angka 9850 an, lumayan.

Semoga bisa segera dapat yg cocok :big_exellent:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

Pboyz97 wrote: Fri Aug 12, 2022 13:34
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 9:19
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 8:10 Oli Mazda sekarang seliter 200 ribuan.. 220 kayanya? ya itung aja oli 880 ribu karena 4 liter.

Jasa servis kisaran 700-900 ribu.

Rata-rata kalau ambil yg esensial aja ya hampir 2 jutaan.

Nih CX-3, tanpa oli.
Hmmmm, 2 juta ya? Normal kah buat mobil harga segini?
kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 8:22
Kalo kayak gini susah om ga ada list pengerjaan + partnya. Tp ga semahal itu kok kalo fast moving + maintenance rutin. Kalo slow moving mungkin ya mahal. Secara mzd connect aja kalo iseng2 update firmware / ngetweaks sekali ngebrick langsung ganti unit total. Itu aja bisa 7 jutaan.
Kalo slow moving ya amit amit ya kecuali emang usia tua ya. Tapi awet kan si mazda ini?
Btw itu mzd connect kenapa tuh? Tiba tiba nge brick atau abis diutak atik?
yaseinotulip wrote: Fri Aug 12, 2022 8:29 Klo ga salah mazda dpt free service 3 th ya... Atau sy salah inget kmrn adik sy blg..

Ya lebih mahal jg wajar2 aja lah, katanya Mazda kan emg mau naik kelas ke pasar lexus :mky_03:

Lagian service setaun sekali atau max 2x kecuali bener2 mobil cape.. yg penting ga ada problem dan ga ngerepotin..

Sy service HRV terakhir 40 rb km jg 2 jt kok di beres Honda Imora.. ganti apa aja lupa, yg pasti ga ada CVT oil karena udah diganti pas 30 rb dan ga ada keluhan..

Spare part makin mahal, oli makin mahal, gaji jg naik mulu kan UMR nya.. mobil nya aja juga makin mahal :big_biglaugh:
Ya om, mazda 3th (+2 buat M2 HB atau sedan) kalo ditempat saya

Bener juga sih om, tapi tang saya penasaran dibanding honda hyundai dll itu jauh ga sih?
josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 8:46

Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Imbang om sebenernya, kalo saya driving feel lebih ke Cx 3, kalo accomodations ama gimmick Creta lebih unggul. Makanya galau berat om soalnya setelah td ulang mereka berdua saling melengkapi (creta deal breakernya adalah bentuk yang sangat indihe sekali, sedangkan mazda inden sama belom tau perawatannya gimana)

Oh ya soal road noise cx3 ada benernya juga, creta lebih senyap tapi cx3 ga separah honda kan?
kebetulan saya ex user CX5 2013 dan CX5 2018. kalo poin pertama, servis 2 jtan ya masih lumayan wajar menurut saya, apalagi teknologinya mazda termasuk yg paling canggih dikelasnya, jadi ya gak heran kalo biaya servisnya lebih mahal jg dibanding kompetitornya

kalo dibanding honda gak jauh kalo sama2 di beres. believe me. saya sudah piara keduanya selama kurleb 8 tahun ,dari 2013 - 2021. kebetulan dari 2013 - 2019 saya miara CX5 2013 dan crv 2011 barengan dan dari 2019 - 2021 saya miara cx5 2018 dan crv turbo 2019 barengan. emg lebih mahal mazda, tapi gasampe 2x lipet kok kalo sama2 di beres + kalo buat long term saya berani bilang masih lebih awet mazda, cuma minusnya part mazda in some case harus inden aja sm agak sulit kalo tinggal diluar jabodetabek menurut saya. kalo di jakarta mah aman, beresnya masih banyak yg bisa handle. plusnya honda ya karena part subtitusi sm bengkel spesialisnya banyak, jadi harga partsnya jg bervarasi, kalo mazda bengkel spesialis nya sm part subtitusinya jarang, jadi mau gak mau harus pake yg ori dan ke beres. kalo dibanding hyundai saya kurang tau karena blm pernah miara

mazda kalo perawatan ya aman2 aja kalo di kota saya , jakarta, cuma kalo di luar jakarta kurang tau saya. cuma minus part inden aja, sm kalo durability ya mazda ini cukup awet lah. dulu saya pernah miara cx5 gen 1 sampe km 152 rb dan cx5 gen 2 sampe km 43 rb pas dua duanya dijual di tahun 2019 dan 2021, gak ada masalah yg aneh2, yg gen 1 cuma ganti mounting sm shock aja, yg gen 2 cuma ganti shock belakang kiri kanan doang. sisanya masih aman2 aja

sm poin terakhir, kalo creta saya no komen karena blm pernah test drive. tapi kalo dibanding hrv, ya masih lebih bagus cx3 menurut saya, kebetulan dulu pernah punya HRV 2018 PFL juga yg 1.5 hehehe
Ok, bisa jadi bahan pikiran lagi nih om. BTW gratisannya mazda 3 th jasa ya? Lupa saya padahal barusan ketemu sales nya :big_slap:
kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 15:16
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 9:19
Wajar lah om servis rutin 2 jutaan. Emang om biasa servis mbl yg skrng di beres brp duit? :mky_03:

Mzd connect ngebrick biasanya abis di tweaks (kalo di iphone jaman dlu macem kayak di jailbreak). Biasanya mazda2 yg mzd connectnya blm ada android auto di tweaks bisa jd ada AA tanpa ganti apa2. Ada cara yg lebih aman sih beli modul AA n carplay di aliexpress cuman sejutaan. Tp tetep harus update firmware ke 7.xx jg yg mana prosesnya ada resiko brick jg. Itu contoh kecil aja slow movingnya mazdut.


Kalo saya jd om sih gampang sebenernya decidenya, mau nunggu minimal setengah tahun ga hanya untuk seekor CX3? Kalo om mau ya artinya bener2 demen ma CX3. Kalo gamau n memang keperluan butuh cepet ya creta. Kecuali mau beli 2nd yg skrng pasarannya agak2 ga wajar harganya.
Hmmmm, ini juga dilema sih om, takut di selama penungguan berubah haluan repot juga sih :big_biglaugh: Saya kalo 2nd ga boleh soalnya, harus angkut baru om, soalnya emang tujuannya jangka panjang jadinya disuruh baru om
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 15:17
josomba wrote: Fri Aug 12, 2022 8:46
Waduh dikasih brake fluid dot 3 ama BeRes? Di bukman ama di tutup kalau ga salah inget ditulisnya Dot 4.

Keduanya ga masalah sih, tapi Dot4 itu titik didihnya lebih tinggi, lebih aman aja kalau perjalanan jauh n ngetol naik turun.

BTT ke TS, kalau dr baca2 ke atas sbenernya TS lebih ke arah Creta ga sih condong memilihnya? Wkwk.

Cx3 kepincut asal soul red aja soalnya
:big_peace:
Iya nih dikasih BeRes DOT3, tapi so far ga masalah sih om. Kayanya bawaannya juga masih DOT3.

Di manual book specnya SAE J1703 or FMVSS116 DOT-3 or DOT-4.

Dah nyobain DOT4 Nya Ate om? Oke gak?


Btw saran buat TS, apalagi kalau masih freshgrad (kalau ga salah baca di page sblmnya)
Pilih yg sekiranya nggak menyulitkan dan praktis kalau ada sesuatu terjadi aja. Di case ini saya sendiri cenderung suggest Creta meski saya sendiri pakai CX3. Brand Hyundai jg udah no worries soal aftersales IMHO, Creta sendiri juga bukan mobil yg jelek, buktinya yang pake banyak dan pada puas, dan CX3 sendiri gak dapat free jasa servis & spare part utk jangka panjang, tentu maintenance cost akan lebih tinggi, riwayat inden part lama. Inden 8 bulan keburu ilang euforia jatuh cinta sama CX3 nya juga.

Semua mobil pasti komplementer om, ada plusnya dan ada minusnya, yg kadang minusnya di mobil A ternyata unggul di mobil B. Makanya saya ga setuju blas sama kaum mendang-mending yg mau semuanya full spek. Keberagaman details produk tsb diciptakan bisa jadi pilihan untuk kebutuhan orang yg berbeda2, jadi pada akhirnya pilih yang paling sreg di hati dan di dompet, bukan hanya dompet dlm konteks initial cost tapi juga running cost :big_peace:

Ngomong soal running cost saya lg sering isi CX3 1.5 pake Pertalite kurleb 35 liter Pertabo 8 liter, works fine tidak ada gejala ngelitik dan malah performance better daripada pake Pertamax. Running costnya untuk BBM perliter jadi bisa di angka 9850 an, lumayan.

Semoga bisa segera dapat yg cocok :big_exellent:
Wah, poinnya om pas banget ini sama yang saya pikirin

Kalo mazda driving quality ama build quality nya udah kejamin (udah lama juga si cx3 dijual dan sudah terbukti), tapi jadi minus yaitu model yang jadul (malah takutnya begitu dapet unit eh malah facelift atau ganti model), running cost yang mahal, dan kalo misalnya perlu inden ini jelas lama (denger2 hyundai juga lama kan? tapi saya pikir akan dipercepat karena sudah produksi disini dan pabrik sudah jalan)

Kalo creta: model fresh (tapi bentuk india yang menurut saya sangat kaku, mau ganti velg ala2 jdm kayanya ga ada yang masuk, ga kaya cx3 yang emang ganteng banget), running cost yang lebih murah (4th tinggal cuur isi pertamax aja, bahkan kalo mau bisa extended), dan inden unit cepet (3 bulan). Minusnya ya driving feel yang cukup hambar, bentuk yang kaku tadi, crash rating 3* (moga2 ada revisi ya, ga dipake utuh dari indihe trus masuk kesini dengan safety yang sama), sama belom tau durability nya karena produk baru


Ada 1 plus nya sih kalo creta, jaminan 70% harga. I know, beli mobil buat dipake, tapi promo ini cukup make sense kalo misalnya masa depan saya mau ganti mobil lain dan perlu jual. (tapi ini kayanya marketing BS aja deh :big_biglaugh: )

But, thanks buat poinnya om, cukup make sense juga sih :big_exellent:



Oh ya, cx3 ama hrv lama kalo hujan atapnya berisik mana ya? Saya baru inget mau cari tau ini :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by kendibocor »

DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 15:17
Iya nih dikasih BeRes DOT3, tapi so far ga masalah sih om. Kayanya bawaannya juga masih DOT3.

Di manual book specnya SAE J1703 or FMVSS116 DOT-3 or DOT-4.

Dah nyobain DOT4 Nya Ate om? Oke gak?
Saya kemaren baru ganti selang rem di F30 trus pake Ate dot 4. Works fine aja sih selayaknya minyak rem lain. Tp emang saya jg ga bisa rasain sih pengaruh minyak rem ke peforma. Soalnya mobil cuman pake daily dalem kota hehehe.
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 15:51
Intinya sih sama kayak yg om drivingpotato blg, ga ada mobil yg perfect. Kadang kebanyakan mikir malah bikin pusing ga bisa buat decision. Harus bikin skala prioritas mana kebutuhan yg paling penting sampe yg ga gitu penting. Kalo ga bikin kayak ginian malah bingung hahaha. Kalo memang mobil daily dan satu2nya sih justru lebih penting mempertimbangkan kondisi sehari2 daripada model/fitur. Misalkan tinggal di tempat yg jalanan rusak ya jgn beli sedan. Kalo mobil pake daily dan ga ada cadangan ya jgn beli mobil yg sparepartnya indent mulu.

Saya liat uda sampe page 5 om malah makin bingung mau ambil yg mana. Sekedar masukan aja om, back to kriteria om di page awal aja. Om kan concern sama built quality sama ride quality. Bbm harusnya kalo uda sanggup pertamax uda cukup bwat creta or cx3. Yg 2 awal itu yg subjektif banget, menurut saya sih om ga bakal dapet jawaban yg bener kecuali om TD sendiri agak lamaan. Jujur aja sama salesnya masih ngecompare 2 mobil ini dan om butuh TD agak lama bwat bikin keputusan. Saya kemarin jg gitu pas mo ambil mobil, salesnya welcome kok saya mo muter kemana aja dilayanin. Kalo om TD cuman muter <5 km ya ga akan berasa. Harus lebih lama, sukur2 bisa masuk tol, ketemu macet, dll. Paling ya kita isiin bensin aja mobil TDnya, soalnya denger2 beberapa merk kalo orng mau TD, bensin ditanggung sales.

Kalo masalah maintenance mobil selalu rule of thumbnya ya mobil makin mahal ya servis jgn berharap murah. Contoh, ayla sama innova aja ya sama2 toyota tp pasti maintenancenya akan beda. Orng yg blg innova maintenancenya murah karena mereka uda bisa afford pake innova. Jd murah atau mahal itu relatif. Lagian kalo misalkan om suka mobil A, biaya servis lebih mahal 1-2jt saya rasa harusnya no problem. Servis cuman 1-2x setahun. Apalah bedanya 2-4jt dibanding kepuasan pribadi pake mobil yg sesuai keinginannya. Kalo lg apes kena slowmoving yg mahal ya anggap aja lg apes. Kalo ini menurut saya sih ga peduli merk apapun jg. Kaya orng pake fortuner yg orng2 blg toyota murah maintenancenya, eh kena injectornya yg gantinya bisa seharga motor matic. Ya tetep aja mahal mampus biar kata toyota jg.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Omiyup »

kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 16:49
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 15:17
Iya nih dikasih BeRes DOT3, tapi so far ga masalah sih om. Kayanya bawaannya juga masih DOT3.

Di manual book specnya SAE J1703 or FMVSS116 DOT-3 or DOT-4.

Dah nyobain DOT4 Nya Ate om? Oke gak?
Saya kemaren baru ganti selang rem di F30 trus pake Ate dot 4. Works fine aja sih selayaknya minyak rem lain. Tp emang saya jg ga bisa rasain sih pengaruh minyak rem ke peforma. Soalnya mobil cuman pake daily dalem kota hehehe.
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 15:51
Intinya sih sama kayak yg om drivingpotato blg, ga ada mobil yg perfect. Kadang kebanyakan mikir malah bikin pusing ga bisa buat decision. Harus bikin skala prioritas mana kebutuhan yg paling penting sampe yg ga gitu penting. Kalo ga bikin kayak ginian malah bingung hahaha. Kalo memang mobil daily dan satu2nya sih justru lebih penting mempertimbangkan kondisi sehari2 daripada model/fitur. Misalkan tinggal di tempat yg jalanan rusak ya jgn beli sedan. Kalo mobil pake daily dan ga ada cadangan ya jgn beli mobil yg sparepartnya indent mulu.

Saya liat uda sampe page 5 om malah makin bingung mau ambil yg mana. Sekedar masukan aja om, back to kriteria om di page awal aja. Om kan concern sama built quality sama ride quality. Bbm harusnya kalo uda sanggup pertamax uda cukup bwat creta or cx3. Yg 2 awal itu yg subjektif banget, menurut saya sih om ga bakal dapet jawaban yg bener kecuali om TD sendiri agak lamaan. Jujur aja sama salesnya masih ngecompare 2 mobil ini dan om butuh TD agak lama bwat bikin keputusan. Saya kemarin jg gitu pas mo ambil mobil, salesnya welcome kok saya mo muter kemana aja dilayanin. Kalo om TD cuman muter <5 km ya ga akan berasa. Harus lebih lama, sukur2 bisa masuk tol, ketemu macet, dll. Paling ya kita isiin bensin aja mobil TDnya, soalnya denger2 beberapa merk kalo orng mau TD, bensin ditanggung sales.

Kalo masalah maintenance mobil selalu rule of thumbnya ya mobil makin mahal ya servis jgn berharap murah. Contoh, ayla sama innova aja ya sama2 toyota tp pasti maintenancenya akan beda. Orng yg blg innova maintenancenya murah karena mereka uda bisa afford pake innova. Jd murah atau mahal itu relatif. Lagian kalo misalkan om suka mobil A, biaya servis lebih mahal 1-2jt saya rasa harusnya no problem. Servis cuman 1-2x setahun. Apalah bedanya 2-4jt dibanding kepuasan pribadi pake mobil yg sesuai keinginannya. Kalo lg apes kena slowmoving yg mahal ya anggap aja lg apes. Kalo ini menurut saya sih ga peduli merk apapun jg. Kaya orng pake fortuner yg orng2 blg toyota murah maintenancenya, eh kena injectornya yg gantinya bisa seharga motor matic. Ya tetep aja mahal mampus biar kata toyota jg.

Semalam saya pikir2 lagi om
Jujur dua merk ini diluar kewajaran standar org indo (wajarnya orang indo kalo ga duo astra ya ahond).
Tapi setelah menimbang2 secara rasional sepertinya lebih masuk akal ambil creta ya? Memang ada minus dan lebih mahal 8 jt. Juga setelah saya pikir2 saya bakal sporty driving vs daily proporsinya sangat jauh banget. Saya bakalan lebih sering macet2an dan eco driving. Kemudian soal parts mungkin harga 11-12 tetapi dengan usaha hyundai yang penetrasi pasar yang massive dibandingkan mazda yang IU dan pasar niche sepertinya akan lebih gampang pelihara hyundai.

Segitu sih om pemikiran saya semalam, mungkin ada yang bisa ditambahkan kalo dari om om sekalian.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Needs Suggestion, Creta vs CX3

Post by Suryaputra »

Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 23:23
kendibocor wrote: Fri Aug 12, 2022 16:49
DrivingPotato wrote: Fri Aug 12, 2022 15:17
Iya nih dikasih BeRes DOT3, tapi so far ga masalah sih om. Kayanya bawaannya juga masih DOT3.

Di manual book specnya SAE J1703 or FMVSS116 DOT-3 or DOT-4.

Dah nyobain DOT4 Nya Ate om? Oke gak?
Saya kemaren baru ganti selang rem di F30 trus pake Ate dot 4. Works fine aja sih selayaknya minyak rem lain. Tp emang saya jg ga bisa rasain sih pengaruh minyak rem ke peforma. Soalnya mobil cuman pake daily dalem kota hehehe.
Omiyup wrote: Fri Aug 12, 2022 15:51
Intinya sih sama kayak yg om drivingpotato blg, ga ada mobil yg perfect. Kadang kebanyakan mikir malah bikin pusing ga bisa buat decision. Harus bikin skala prioritas mana kebutuhan yg paling penting sampe yg ga gitu penting. Kalo ga bikin kayak ginian malah bingung hahaha. Kalo memang mobil daily dan satu2nya sih justru lebih penting mempertimbangkan kondisi sehari2 daripada model/fitur. Misalkan tinggal di tempat yg jalanan rusak ya jgn beli sedan. Kalo mobil pake daily dan ga ada cadangan ya jgn beli mobil yg sparepartnya indent mulu.

Saya liat uda sampe page 5 om malah makin bingung mau ambil yg mana. Sekedar masukan aja om, back to kriteria om di page awal aja. Om kan concern sama built quality sama ride quality. Bbm harusnya kalo uda sanggup pertamax uda cukup bwat creta or cx3. Yg 2 awal itu yg subjektif banget, menurut saya sih om ga bakal dapet jawaban yg bener kecuali om TD sendiri agak lamaan. Jujur aja sama salesnya masih ngecompare 2 mobil ini dan om butuh TD agak lama bwat bikin keputusan. Saya kemarin jg gitu pas mo ambil mobil, salesnya welcome kok saya mo muter kemana aja dilayanin. Kalo om TD cuman muter <5 km ya ga akan berasa. Harus lebih lama, sukur2 bisa masuk tol, ketemu macet, dll. Paling ya kita isiin bensin aja mobil TDnya, soalnya denger2 beberapa merk kalo orng mau TD, bensin ditanggung sales.

Kalo masalah maintenance mobil selalu rule of thumbnya ya mobil makin mahal ya servis jgn berharap murah. Contoh, ayla sama innova aja ya sama2 toyota tp pasti maintenancenya akan beda. Orng yg blg innova maintenancenya murah karena mereka uda bisa afford pake innova. Jd murah atau mahal itu relatif. Lagian kalo misalkan om suka mobil A, biaya servis lebih mahal 1-2jt saya rasa harusnya no problem. Servis cuman 1-2x setahun. Apalah bedanya 2-4jt dibanding kepuasan pribadi pake mobil yg sesuai keinginannya. Kalo lg apes kena slowmoving yg mahal ya anggap aja lg apes. Kalo ini menurut saya sih ga peduli merk apapun jg. Kaya orng pake fortuner yg orng2 blg toyota murah maintenancenya, eh kena injectornya yg gantinya bisa seharga motor matic. Ya tetep aja mahal mampus biar kata toyota jg.

Semalam saya pikir2 lagi om
Jujur dua merk ini diluar kewajaran standar org indo (wajarnya orang indo kalo ga duo astra ya ahond).
Tapi setelah menimbang2 secara rasional sepertinya lebih masuk akal ambil creta ya? Memang ada minus dan lebih mahal 8 jt. Juga setelah saya pikir2 saya bakal sporty driving vs daily proporsinya sangat jauh banget. Saya bakalan lebih sering macet2an dan eco driving. Kemudian soal parts mungkin harga 11-12 tetapi dengan usaha hyundai yang penetrasi pasar yang massive dibandingkan mazda yang IU dan pasar niche sepertinya akan lebih gampang pelihara hyundai.

Segitu sih om pemikiran saya semalam, mungkin ada yang bisa ditambahkan kalo dari om om sekalian.
Sikat mbah
Creta :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri