First car 80-100jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

frouple
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Aug 12, 2022 2:05
Location: Jakarta

First car 80-100jt

Post by frouple »

Permisi para suhu mau minta saran untuk mobil pertama saya.
Untuk estimasi budget di sekitar 80-100jt.
Kebutuhan saya :
1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)

Ada beberapa kandidat yang saya sudah coba cari info
1. Nissan march XS (2011-2013)
+ Kabin dan Bagasi lumayan luas
+ Single Air Bag + ABS
+ AC digital

- 3 Silinder
- Baca2 info tenaga kurang apa lagi pas tanjakan

2. Daihatsu Sirion (2011-2014)
+ Kabin luas dan Bagasi cukup
+ 4 Silinder
+ Mesin 1300 sama dengan AVXEN

- Fitur pelit
- Fitur Safety kurang (gak ada ABS + Airbag)
- Ban serep Space saver

3. Duo kembar Ayla Agya
+ Kabin dan Bagasi luas

- 3 Silinder 1k cc

Sempet ngelirik Picanto 2012-2014 juga udah di coret dari list karena kabin dan bagasinya kecil dan fiturnya juga pelit :big_cry:
Apa para suhu punya rekomendasi lain selain inceran saya ?
nomnom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Fri Jan 20, 2017 13:42

Re: First car 80-100jt

Post by nomnom »

ignis GL AGS
+ sangat-sangat irit
+ bagasi lumayan luas
+ fitur lengkap dual SRS Airbag, rem ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution), kunci immobilizer, side impact beam atau pelindung baja untuk meredam benturan dari samping hingga fitur ISOFIX (pengait untuk kursi anak)

- maticnya ags yang tidak semua orang suka
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: First car 80-100jt

Post by quyquy »

frouple wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:34 Permisi para suhu mau minta saran untuk mobil pertama saya.
Untuk estimasi budget di sekitar 80-100jt.
Kebutuhan saya :
1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)

Ada beberapa kandidat yang saya sudah coba cari info
1. Nissan march XS (2011-2013)
+ Kabin dan Bagasi lumayan luas
+ Single Air Bag + ABS
+ AC digital

- 3 Silinder
- Baca2 info tenaga kurang apa lagi pas tanjakan

2. Daihatsu Sirion (2011-2014)
+ Kabin luas dan Bagasi cukup
+ 4 Silinder
+ Mesin 1300 sama dengan AVXEN

- Fitur pelit
- Fitur Safety kurang (gak ada ABS + Airbag)
- Ban serep Space saver

3. Duo kembar Ayla Agya
+ Kabin dan Bagasi luas

- 3 Silinder 1k cc

Sempet ngelirik Picanto 2012-2014 juga udah di coret dari list karena kabin dan bagasinya kecil dan fiturnya juga pelit :big_cry:
Apa para suhu punya rekomendasi lain selain inceran saya ?
Om...

Mau ngelurusin aja ya tentang mobil 3 silinder..

Jika sama2 CCnya, misal 1200cc, mobil A 4 silinder, mobil B 3 silinder, maka mobil B itu lebih kuat torsinya.

Jika Om bukan pembalap (yang mementingkan rpm tinggi), justru mobil B (yg 3 silinder) lebih menguntungkan buat daily use.

Lha kok bisa?

Begini, Daily use selalu menggunakan rpm rendah ke middle. Nah mobil 3 silinder karakternya bisa memberikan tenaga di area rpm itu.
Mobil 3 slinder torsinya lebih tinggi dan diraih di rpm lebih rendah ketimbang mobil 4 silinder, sehingga mobil 3 silinder:
1. Lebih gesit buat daily use.
2. Lebih fun to drive.
4. Nggak usah bejek rpm tinggi sudah ngacir.
5. Nggak perlu sering pindah gigi rendah sudah ngacir ketimbang 4 silinder
6. Karena poin 1-5 ujung2nya lebih irit bbm dari yang 4 silinder

Karakter mobil 3 silinder mirip mobil diesel, penuh torsi di rpm rendah.
Sehingga cara mengemudi mobil 3 silinder seperti mobil diesel, jng bejek2 rpm tinggi.
Dng mengemudi di rpm rendah, mobil 3 silinder bisa halus dan lebih ngacir ketimbang bejek di rpm atas.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: First car 80-100jt

Post by pendoli »

Vios gen 2, cari yang G AT πŸ’ͺ
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First car 80-100jt

Post by ChZ »

ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: First car 80-100jt

Post by DOHC »

ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:18 ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: First car 80-100jt

Post by ChZ »

DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06 Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
aseli pengganti xenia jaman susah dulu ini mobil. dlu nyetir ya emang rasanya begitu tp pas bngt buat mobil susah. tmen ane jg bilang ni kaleng dikasi roda tp irit ama bandelnya ga ad lawan :big_biglaugh:

sikat mbah, 1.2 nya enak banget itu lbh proper pula naikannya. kyknya peredam ama bantingan jg enakan di 1.2. larinya jg ga sebelet duo sigra calya :mky_03:

aplg pilihan lainnya yang atu seekor batu makam yang terkenal tidak low maintenance, yang satu mobil rakyat malaysia yang spare partnya rada tanda tanya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: First car 80-100jt

Post by farizfsa »

quyquy wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:52
frouple wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:34 Permisi para suhu mau minta saran untuk mobil pertama saya.
Untuk estimasi budget di sekitar 80-100jt.
Kebutuhan saya :
1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)

Ada beberapa kandidat yang saya sudah coba cari info
1. Nissan march XS (2011-2013)
+ Kabin dan Bagasi lumayan luas
+ Single Air Bag + ABS
+ AC digital

- 3 Silinder
- Baca2 info tenaga kurang apa lagi pas tanjakan

2. Daihatsu Sirion (2011-2014)
+ Kabin luas dan Bagasi cukup
+ 4 Silinder
+ Mesin 1300 sama dengan AVXEN

- Fitur pelit
- Fitur Safety kurang (gak ada ABS + Airbag)
- Ban serep Space saver

3. Duo kembar Ayla Agya
+ Kabin dan Bagasi luas

- 3 Silinder 1k cc

Sempet ngelirik Picanto 2012-2014 juga udah di coret dari list karena kabin dan bagasinya kecil dan fiturnya juga pelit :big_cry:
Apa para suhu punya rekomendasi lain selain inceran saya ?
Om...

Mau ngelurusin aja ya tentang mobil 3 silinder..

Jika sama2 CCnya, misal 1200cc, mobil A 4 silinder, mobil B 3 silinder, maka mobil B itu lebih kuat torsinya.

Jika Om bukan pembalap (yang mementingkan rpm tinggi), justru mobil B (yg 3 silinder) lebih menguntungkan buat daily use.

Lha kok bisa?

Begini, Daily use selalu menggunakan rpm rendah ke middle. Nah mobil 3 silinder karakternya bisa memberikan tenaga di area rpm itu.
Mobil 3 slinder torsinya lebih tinggi dan diraih di rpm lebih rendah ketimbang mobil 4 silinder, sehingga mobil 3 silinder:
1. Lebih gesit buat daily use.
2. Lebih fun to drive.
4. Nggak usah bejek rpm tinggi sudah ngacir.
5. Nggak perlu sering pindah gigi rendah sudah ngacir ketimbang 4 silinder
6. Karena poin 1-5 ujung2nya lebih irit bbm dari yang 4 silinder

Karakter mobil 3 silinder mirip mobil diesel, penuh torsi di rpm rendah.
Sehingga cara mengemudi mobil 3 silinder seperti mobil diesel, jng bejek2 rpm tinggi.
Dng mengemudi di rpm rendah, mobil 3 silinder bisa halus dan lebih ngacir ketimbang bejek di rpm atas.

3 silinder kalo idle, diam itu geter nya kerasa tp loh
mau bmw 218i 3 silinder, ford fiesta turbo 3 silinder, ttp geter nya kerasa ga bs bohong wkwk
cuma memang rasanya lebih efisien
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
frouple
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Aug 12, 2022 2:05
Location: Jakarta

Re: First car 80-100jt

Post by frouple »

quyquy wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:52
Om...

Mau ngelurusin aja ya tentang mobil 3 silinder..

Jika sama2 CCnya, misal 1200cc, mobil A 4 silinder, mobil B 3 silinder, maka mobil B itu lebih kuat torsinya.

Jika Om bukan pembalap (yang mementingkan rpm tinggi), justru mobil B (yg 3 silinder) lebih menguntungkan buat daily use.

Lha kok bisa?

Begini, Daily use selalu menggunakan rpm rendah ke middle. Nah mobil 3 silinder karakternya bisa memberikan tenaga di area rpm itu.
Mobil 3 slinder torsinya lebih tinggi dan diraih di rpm lebih rendah ketimbang mobil 4 silinder, sehingga mobil 3 silinder:
1. Lebih gesit buat daily use.
2. Lebih fun to drive.
4. Nggak usah bejek rpm tinggi sudah ngacir.
5. Nggak perlu sering pindah gigi rendah sudah ngacir ketimbang 4 silinder
6. Karena poin 1-5 ujung2nya lebih irit bbm dari yang 4 silinder

Karakter mobil 3 silinder mirip mobil diesel, penuh torsi di rpm rendah.
Sehingga cara mengemudi mobil 3 silinder seperti mobil diesel, jng bejek2 rpm tinggi.
Dng mengemudi di rpm rendah, mobil 3 silinder bisa halus dan lebih ngacir ketimbang bejek di rpm atas.

Ohh gitu..
Terima kasih ilmu baru nya :big_exellent:
ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:18 ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
Badak juga ya mobilnya
Denger2 juga sparepartnya gak bikin kantong bolong :mky_01:
DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
Pantesan harganya masih cukup tinggi di pasaran mokas :big_childish:
Iya om sebenernya saya gk ada rasa malu juga buat naik duo ayla agya
frouple
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Aug 12, 2022 2:05
Location: Jakarta

Re: First car 80-100jt

Post by frouple »

nomnom wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:51 ignis GL AGS
+ sangat-sangat irit
+ bagasi lumayan luas
+ fitur lengkap dual SRS Airbag, rem ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution), kunci immobilizer, side impact beam atau pelindung baja untuk meredam benturan dari samping hingga fitur ISOFIX (pengait untuk kursi anak)

- maticnya ags yang tidak semua orang suka
oke om, saya coba cari2 info ni mobil :big_okay:
pendoli wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:14 Vios gen 2, cari yang G AT πŸ’ͺ
Ane kurang suka mobil sedan om :mky_01:
Thanks masukannya :big_okay:
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: First car 80-100jt

Post by fansdiesel »

:ungg: Datsun go cvt
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: First car 80-100jt

Post by Syauqi »

DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06
ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:18 ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
wkwkwk bener mbah, ini mobil asli dah enak banget ngerawatnya.
Punya saya udah umur 8 tahun, emang mobilnya ga nyaman kalo dibandingkan kelas hatchback/lmpv tapi makenya ini bikin seneng. Bensin irit (yg m/t dalam kota 15km/l, yang a/t cuma 12km/l), body kecil tapi kabin & bagasi luas, ground clearance tinggi jadi ga takut mentok. Kaki-kaki juga surprisingly badak, mesin simple banget gampang DIY. Di instagramnya achmad_subechi ada loh itu ayla 2015 odonya udah 280rb, padahal bukan taxol loh.

Intinya ini mobil bener2 siap tempur ato bisa dibilang avanza versi city car. Tapi hati2 kalo mau hunting agya/ayla, namanya mobil murah banyak first buyer yang beli ga ngerti mobil dipake seenaknya ga pernah servis oli murah dihajar setahun lebih jadinya ga dikit juga agya/ayla yang kondisi jeroannya mengenaskan. Kalo ada yang ngeluh orang pake agya/ayla trus dipake jalan jauh langsung 'rusak', berarti itu orang emang ga siap punya mobil wkwkwk

Kalo pingin yang irit banget ambil yang manual soalnya yang metik ga gitu irit. Tapi metiknya kerasa jauh lebih enak makenya karena ga ndut2an.
Oh iya punya saya penyakit yang nyebelin cuma satu, ISC gampang kotor. Kalo ISC udah kotor itu rpm bisa naek2 sendiri ga mau turun. Solusinya antara bersihkan ISC + TB, atau ganti ISC atau kalo udah parah kaya punya saya ganti sekalian ISC + TPS :big_okay:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: First car 80-100jt

Post by DOHC »

ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:31
DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06 Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
aseli pengganti xenia jaman susah dulu ini mobil. dlu nyetir ya emang rasanya begitu tp pas bngt buat mobil susah. tmen ane jg bilang ni kaleng dikasi roda tp irit ama bandelnya ga ad lawan :big_biglaugh:

sikat mbah, 1.2 nya enak banget itu lbh proper pula naikannya. kyknya peredam ama bantingan jg enakan di 1.2. larinya jg ga sebelet duo sigra calya :mky_03:

aplg pilihan lainnya yang atu seekor batu makam yang terkenal tidak low maintenance, yang satu mobil rakyat malaysia yang spare partnya rada tanda tanya :mky_03:
lg nego2 mbah, ownernya masi mo urun rembug dl ama anak nya, soalnya ini mobil anak ciwi nya

kl ampe gol seh, lmayan neh, d ruma jd ada duo agay alay buat ganjil genap, trus inofa buat ngangkut kebo kambing :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: First car 80-100jt

Post by DOHC »

frouple wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 6:18
DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
Pantesan harganya masih cukup tinggi di pasaran mokas :big_childish:
Iya om sebenernya saya gk ada rasa malu juga buat naik duo ayla agya
nah itu dia, kl emg jelek, ga mungkin harga seken nya masi ga waras di pasaran , apalagi yg 1000 cc, lebi ga waras drpd yg 1200 cc malahan

cari aj pelan2 om, ga gampang nyari agay alay yg kondisi bagus soalnya, rata2 di lepas dalam kondisi ud super cape soalnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: First car 80-100jt

Post by DOHC »

Syauqi wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 7:32

wkwkwk bener mbah, ini mobil asli dah enak banget ngerawatnya.
Punya saya udah umur 8 tahun, emang mobilnya ga nyaman kalo dibandingkan kelas hatchback/lmpv tapi makenya ini bikin seneng. Bensin irit (yg m/t dalam kota 15km/l, yang a/t cuma 12km/l), body kecil tapi kabin & bagasi luas, ground clearance tinggi jadi ga takut mentok. Kaki-kaki juga surprisingly badak, mesin simple banget gampang DIY. Di instagramnya achmad_subechi ada loh itu ayla 2015 odonya udah 280rb, padahal bukan taxol loh.

Intinya ini mobil bener2 siap tempur ato bisa dibilang avanza versi city car. Tapi hati2 kalo mau hunting agya/ayla, namanya mobil murah banyak first buyer yang beli ga ngerti mobil dipake seenaknya ga pernah servis oli murah dihajar setahun lebih jadinya ga dikit juga agya/ayla yang kondisi jeroannya mengenaskan. Kalo ada yang ngeluh orang pake agya/ayla trus dipake jalan jauh langsung 'rusak', berarti itu orang emang ga siap punya mobil wkwkwk

Kalo pingin yang irit banget ambil yang manual soalnya yang metik ga gitu irit. Tapi metiknya kerasa jauh lebih enak makenya karena ga ndut2an.
Oh iya punya saya penyakit yang nyebelin cuma satu, ISC gampang kotor. Kalo ISC udah kotor itu rpm bisa naek2 sendiri ga mau turun. Solusinya antara bersihkan ISC + TB, atau ganti ISC atau kalo udah parah kaya punya saya ganti sekalian ISC + TPS :big_okay:
di ig nya si ahmad itu mah agay alay nya serem2 odo nya mbah, di atas 200an rebu banyakan , tp ga heran sehh, beberapa kl saya naek taksol jg dapet nya odo nya ud setinggi taksi beneran, ntuh suara mesin ama geteran ud kasar banget tp masi tetep jalan buat nyari rupiah

ISC ama TB seh rutin saya bersihin tiap kali 5000an km skalian pas gantol olmes, sejauh ini ud 8 taon masi aman jaya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: First car 80-100jt

Post by rakyatwkwkland »

Tambahin racun

Susuki splash oom enak juga

Mesin udah 4 silinder kl gasalah sama ama mesinnya ignis, K series susuki mah udah terbukti badak lah. Tapi maticnya masih 4AT jadul jadi ga ada urusan repot2 sama AGS.

Yg pasti pernah beberapa kali nyoba numpang enak juga kenyamanannya.

Cuma kalo urusan sparepart selain mesin transmisi ane kurang paham soalnya gapernah punya. Tapi di beres sendiri kayanya masih disupport abis sih jd ga terlalu khawatir.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: First car 80-100jt

Post by Pboyz97 »

frouple wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:34 Permisi para suhu mau minta saran untuk mobil pertama saya.
Untuk estimasi budget di sekitar 80-100jt.
Kebutuhan saya :
1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)

Ada beberapa kandidat yang saya sudah coba cari info
1. Nissan march XS (2011-2013)
+ Kabin dan Bagasi lumayan luas
+ Single Air Bag + ABS
+ AC digital

- 3 Silinder
- Baca2 info tenaga kurang apa lagi pas tanjakan

2. Daihatsu Sirion (2011-2014)
+ Kabin luas dan Bagasi cukup
+ 4 Silinder
+ Mesin 1300 sama dengan AVXEN

- Fitur pelit
- Fitur Safety kurang (gak ada ABS + Airbag)
- Ban serep Space saver

3. Duo kembar Ayla Agya
+ Kabin dan Bagasi luas

- 3 Silinder 1k cc

Sempet ngelirik Picanto 2012-2014 juga udah di coret dari list karena kabin dan bagasinya kecil dan fiturnya juga pelit :big_cry:
Apa para suhu punya rekomendasi lain selain inceran saya ?
kalo diantara semua kandidat saya pilih duo agya ayla, karena paling masuk kriteria. kedua sirion. minus bodyparts agak susah aja denger2, tapi bandelnya 11 12 sm avxen menurut saya kalo mesinnya hehehe. kalo alternatif, bisa lirik yaris bakpao E 2009-2010, sepertinya masuk budget
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: First car 80-100jt

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06
ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:18 ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
Mbahh, agya 1.2 sih ngga pernah salah tuh. Saya th lalu nemenin temen beli baru yg TRD manual, saya coba stir bentar wkt serah2an unit (bentar lho ya, bukan berarti dianggep udah coba beneran) memang beneran baru bisa dibilang "agya" tuh. Tarikannya enak banget, alus gr2 4 silinder, koplingannya enak, apalg yg model feslip udah projector jok depan bagian lumban udah diperbaikin biar duduknya wenak.

Mbl ini lucunya dr geometris gerigi steering racknya kayanya agak tumpul ya mbah, steer feedback rationya lucu

Pernah disuruh setirin sebentar agya 1.2 matic, larinya lumayan walaupun pas dibejek transmisinya agak loading buat ngeluarin torsinya. Tp saya paham kl mesin NR ini setelannya bukan setelan jadul, jd injek gasnya kudu dipijit. Agya 1.2 gitu2 pajaknya non pro udh 2jt an aja tuh mbah

LCGC model brio satya, agya 1.2/1.0 memang bener2 mobil dikala susah, kaya jaman senia 1.0 awal2 keluar
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: First car 80-100jt

Post by DOHC »

maastricht889 wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 13:41
DOHC wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 4:06
ChZ wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 3:18 ayla.

ga pernah salah ni mobil buat first owners dan gradakan style maupun alusan style driving.

emang mobil buat yang males dibudakin mobil (ya, siapa bilang anti dibudakin mobil itu beli innivi yg harganya 3x harga ayla baru dan olinya 8 liter :mky_03: )

sy dulu di surabaya sering dititipin temen ayla MT. tuh mobil bandel bgt temen ane pake high odo padahal setaun jalan ampir 30k. bbm irit eco driving santai style sidoarjo surabaya 19 km/l di MID. surprising emang dulu kirain emang habis reset jd segitu, ternyata ngga pernah reset trip aja segitu. ya sering kombinasi ngetol jg seh.

kl ga percaya tanya mbah suhu @DOHC . saksi hidup kebadakan agya.
Second that,

Ga usa malu pake ayla agya, jgn jg dengerin orang2 yg katanya2, palagi yg blg agya ayla ga bakal awet, pasti rontok dsb (perna baca komen ini oleh sala satu dedengkot quora, ketawa aj bacanya ga pnya tp komen ngawur gt)

Ini mobil jelek2 tp sala satu pejuang rupiah yg terbukti, ud ribuan tu jd taksol dgn odo ngalahin inofa2 rumahan, bahkan saingan ama taksi beneran, still going strong.. inilah real definition mobil saat ekonomi susah, bensin irit, perawatan irit, pajek irit, awet lg

Btw lg keker ayla 1.2 neh mbah, belom lama iseng nyari sekennya, puteran bawahnya ga sebengek yg 1000 cc, tp puteran mid to atas nya uenakk bener loh

Dsini kl ga sala diem2 jg banyak loh mbah pemakai agya ayla, tu mbah 69 alias mbah marmut, trus ad lg mbah syauqi, saking cinta nya ampe punya 2 biji
Mbahh, agya 1.2 sih ngga pernah salah tuh. Saya th lalu nemenin temen beli baru yg TRD manual, saya coba stir bentar wkt serah2an unit (bentar lho ya, bukan berarti dianggep udah coba beneran) memang beneran baru bisa dibilang "agya" tuh. Tarikannya enak banget, alus gr2 4 silinder, koplingannya enak, apalg yg model feslip udah projector jok depan bagian lumban udah diperbaikin biar duduknya wenak.

Mbl ini lucunya dr geometris gerigi steering racknya kayanya agak tumpul ya mbah, steer feedback rationya lucu

Pernah disuruh setirin sebentar agya 1.2 matic, larinya lumayan walaupun pas dibejek transmisinya agak loading buat ngeluarin torsinya. Tp saya paham kl mesin NR ini setelannya bukan setelan jadul, jd injek gasnya kudu dipijit. Agya 1.2 gitu2 pajaknya non pro udh 2jt an aja tuh mbah

LCGC model brio satya, agya 1.2/1.0 memang bener2 mobil dikala susah, kaya jaman senia 1.0 awal2 keluar
setir agya ayla emg agak unik mbah , krn itu setir "biasa" yg dikasi motor EPS di pangkal setir bagian atas nya (biar lebi awet), sdgkan di beberapa mobil, justru di bagian agak ke bawah steering collumn , makanya agya ayla setir nya ga se enteng setir2 yg ber EPS di posisi agak ke bawah tsb

utk tarikan awal (yg metik yah), tetep ga ad yg ngalahin yg 1KR non vvti mbah, itu respon awal nya seh tetep lebi enak , cuman gt masuk rpm tengah dan ke atas, lgs edi tansil

dan emg seh, utk all rounder, kayanya yg enjin 1.2 lebi enak , percis stuju ama kata fitra eri waktu coba NR enjin ini, pas lg cruising trus mendadak di bejeg, lah koq malah ngisi kontan, tanpa ngeden
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: First car 80-100jt

Post by idlamahilang »

Ada pilihan yang tidak populer : chevy spin ltz matic. Matic 6 speed, kabin kedap, mobil nyaman. Sayang merk chevy yang sudah cabut, dan ga semua orang suka. Kalau ada bengkel spesialis di kota nya si om bisa dicoba atau tanya2 dulu penyakitnya apa. Tapi kalau ga ada bengkelnya ya sudah lupakan aja karena ini bakal jadi mobil pertama.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: First car 80-100jt

Post by kunaskun »

frouple wrote: ↑Fri Aug 12, 2022 2:34 1. Matic
2. 5 Seater dengan bagasi lumayan (minimal muat stroller + tas)
3. kalo bisa tahun 2010++
4. Bandel + Perawatannya mudah (masih awam dengan dunia permobilan)
karena sempet pake march, untuk kelas 1200cc ga ada lawannya ni mobil. selain di faktor nomor 4, karena banyak yang kemakan omongan nissan mahal. walau nyata buat saya pribadi si biasa2 saja.
kalau diadu lawan agya ayla si menang march jauh selain kelegaan kabin dan faktor nomor 4 tentunya. karena memang beda kelas, aslinya march itu kan seperti Sirion dan Mirage kelasnya diatas agya ayla yang LCGC.
TuamaPinbet
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 14, 2024 13:49

Re: First car 80-100jt

Post by TuamaPinbet »

1. Vios G gen 2
2. Sirion RS