Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by alexand »

Hallo warga Forum SM & suhu2 SM

mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain

kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?

pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya.... :ungg:
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????

saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???

mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by zonepublic »

Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 17 Feb 2015, 09:23

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by Clonz »

zonepublic wrote:Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
Xpander lama dan innova reborn taon segitu sama2 limbungnya.

Menang nya xpander itu walaupun dimensi lebih kecil, tp baris ketiganya surprisingly lebih luas xpander dikit drpd baris ketiganya reborn.

Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 12 Jun 2020, 01:54

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by Omiyup »

Kalo bisa isi biosol tanpa harus pindah pom 3x sehari ya go for it. Selain itu tidak worthed kalo isi reborn pake dexlite/dex
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by Pboyz97 »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 02:12 Hallo warga Forum SM & suhu2 SM

mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain

kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?

pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya.... :ungg:
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????

saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???

mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks
kebetulan saya ex user xpander ultimate 2017 & innova reborn g diesel at 2018 . kebetulan yg reborn baru 1 bulan lalu saya jual karena ada kebutuhan yg saya ga bisa sebutkan disini, sedangkan yg xpander sudah saya jual akhir 2020 lalu . kalo dari harga. tergantung wilayah, kalo di jabodetabek. mahal. walaupun worth sm kondisinya. tawar aja sebagai awal pembukaan 290-295, apalagi warnanya putih or hitam beli aja (di harga 300-305 masih oke kok kalo emg km asli , kondisi bagus dan minim pr, tapi warnanya wajib 2 itu ya, putih or hitam hehehe) , warna favorit kok itu. kalo silver ya paling mentok tawar di 295, karena mohon maaf kalah populer dibanding 2 warna itu & kalo di reborn, harga sekennya antara silver dan hitam putih bisa selisih lumayan loh :big_biglaugh: (pengalaman sendiri bukan katanya katanya) . kalo emg abis cek unit mobilnya bagus dan minim pr. 305 masih oke lah. tapi kalo di luar jabodetabek, murah pake bgt, apalagi kalo km nya asli, 305 juga masih worthed hehehe. kalo modifan. tergantung selera om juga. kalo no 1,4&5 masih oke lah. dan tergantung, om mau pake berapa lama, kalo mau dipake sendiri diatas 2 tahun masih oke lah.

tapi kalo pakenya dibawah itu, mending cari yg standaran aja. minimal poin no 2 & 3. karena kalo emg suatu saat mau dijual lagi, gatau knp buyernya mayoritas lebih milih yg masih original speedonya dan fiturnya dkk menurut pengamatan sotoy saya. tapi kalo om mau pake long term or om ada waktu buat standarinnya lagi, go for it . sebagai gambaran, kebetulan saya juga blm lama jual punya saya sendiri innova g diesel at 2018 warna silver km 62 rb service record toyota dengan poin modifan persis kaya yg om sebutin, tapi yg no 4 & 5 aja , tapi bedanya punya saya velgnya up punya venturer 2018 juga yg pfl hehehe 305 ke pedagang bali. di jabodetabek ditawar rata2 dibawah 300, paling mentok jg 292 :big_biglaugh: . sedangkan warna hitam or putih tahun sama tipe sama km sama saya perhatiin masih banyak yg buka di angka 315 keatas :big_biglaugh:

efektif, asal bengkel yg masangnya bener & telaten. kalo mau tau lebih detil, bisa pm saya hehehe

kalo poin yg saya bold. saya sebagai user yg pernah miara keduanya coba bantu jawab ya. kalo dari saya. depends. pemakaian om seperti apa. kalo om makenya
- mayoritas lukot (1 tahun minimal 3x)
- sering lewat rute tol yg lancar (transjawa, cipali)
- sering lewat jalan jelek, jalan tanjakkan turunan
- gak masalah minum dex terus or rela mobilnya diisi bio (tapi dengan ritual tertentu, saya sendiri dari beli awal 2022, ampe dijual awal bulan lalu selalu pakai bio, kadang2 saja pakai dex, rutin ganti filsol tiap km 10rb, sampe dijual aman2 aja. beli di km 48rb, dijual di km 62rb) .
- sering nyetir sendiri
- suka dengan mobil yg lumayan kenceng, mentingin bgt tarikan kenceng hehehe . kalo dari xpander, tarikan saya berani jamin upgrade jauhhhhhhhh bgttt. kalo di xpander, 4 atnya berasa boyo bgt bawahnya, berat. walaupun tengah atasnya lumayan ngisi. tapi kalo di reborn diesel. tarikannya ngisi di semua putaran, blm lg transmisinya jg upgrade dari 4 at jadi 6 at, lari 170 gampang bgt di mobil ini :big_biglaugh: (walaupun xpander dulu saya pernah betot ampe 180 di tol, tapi rasanya udh berat, sedangkan kalo di reborn saya bawa ampe 180 masih ada nafasnya , cuma saya udh ga berani karena depan saya waktu itu udh mulai rame mobil :big_biglaugh: )
- sering dipakai baris ke 3 nya or buat bawa barang (sebagai gambaran, reborn saya jarang bgt kepake baris ke 3 nya, mayoritas buat bawa barang sampe akhirnya plafon saya ancur gara2 ketusuk barang untung ga parah, sampe akhirnya bapak saya memutuskan buat menjual mobil tersebut, karena saat ini lebih sering make brio yg lebih practical buat dalkot & kami hanya duduk maksimal ber 5 + buat 7 seater sudah ada crv turbo :big_biglaugh: )
- gak masalah sm fiturnya yg minim, apalagi yg om bakal beli tipe G
worthed ambil rebornnya

tapi kalo om makenya :
- mayoritas dalkot jabodetabek
- mayoritas rute yg dilewatin rute macet or jalan mulus
- jarang kepake baris ke 3 nya
- nyari mobil yg kompak
- worry kalo solarnya bakal dibatesin & agak keberatan kalo kudu diisi dexlite
- nyari fitur
keep xpandernya or ganti dengan lmpv or lsuv or crossover baru yg seharga

kalo masalah limbung. 11 12 ya, kalo lewat poldur or jalan rusak. tapi kalo buat dalkot jabodetabek, apalagi macet2an, lebih enak xpander . reborn diesel itu kelebihannya mayoritas baru berasa kalo kita pake ke lukot, rute tol yg lancar & mulus or jalan rusak, tanjakkan turunan. kalo mayoritas pemakaian oom TS cuma muter2 jabodetabek doang mah, apalagi jalan yg dilewatin mayoritas mulus di dalkot dan macet ga worthed reborn ini menurut saya? mengapa? kebetulan saya sudah pernah pakai keduanya dalam waktu lama dan sering dibawah harian tiap hari dengan berbagai rute jalan. buat perbandingan. di xpander, kalo dalkot, berasa kompak, ga berasa kaya nyetir mobil gede, lewat gang kecil jg masih bisa+ setirnya juga ringan bgt kalo dibandingin reborn, walaupun kalo di tol or jalan nanjak, tenaga putaran bawahnya agak kedodoran, apalagi diisi full load :big_biglaugh:. sedangkan kalo di reborn walaupun tenaganya enak pake bgt dibanding xpander , tapi kalo buat dalkot berasa bgt getaran mesinnya walaupun lebih halus dibanding innova lama (karena kami biasa puluhan tahun make mobil bensin) , setirnya berat bgt + kalo lewat gang kecil juga perlu effort dan buat macet2an agak susah jg selap selipnya & berasa rada limbung dan kegedean :big_biglaugh:

sm kalo soal kondisi kedepan yg om bilang " dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???". jawaban saya tergantung kebutuhan. balik lagi ke premis awal. kalo om rela antri buat biosol or rela ngisi dex yg lebih mahal buat mobil ini + rutenya mayoritas lukot or tol yg lancar alias ga macet2 amat + mentingin tarikan ya worthed2 aja, toh partnya juga gampang, dimana mana ada, mau ori mau kw jg gampang dapetnya. aftersalesnya juga terjamin because it's toyota + gak masalah sm fiturnya yg lumayan minim dibanding xpander. tapi kalo om mayoritas pemakaiannya untuk macet2an di jabodetabek, jarang sekali keluar kota, saya lebih prefer keep xpandernya saya or kalo emg pengen innova, langsung aja ke zenix. dijamin jauh jauh jauh lebih nyaman dan empuk buat dalkot dibanding reborn, saya sudah coba semua :big_biglaugh: . karena kalau saya jadi om, apalagi tinggalnya di jabodetabek. mohon maaf saya gak akan mau beli reborn diesel kalo harus isi dex, mending mobil yg lebih nyaman sekalian kaya misalkan santa fe crdi kalo emg sama2 dex hehehe :big_peace: , kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada

dan pertanyaan terakhir" kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????". kalo buat saya, tidak, apalagi om ts makenya cuma muter2 jabodetabek doang, apalagi sering macet2an :big_biglaugh: , saya masih lebih prefer mobil diesel modern kaya santa fe yg jauh lebih nyaman dibanding reborn kalo emg kudu sama2 diisi dex, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada or om makenya mayoritas lukot / sering lewat tanjakkan turunan jalan jelek hehehe . sebagai gambaran, kalo diisi biosol aja, kalo xpander , ganti oli sama2 yg bagus 300rban udh cukup (dengan bbm mayoritas pertamax pas saya make dulu). katakan lah biaya operasionalnya . kalo ditotal2 600rban. tapi kalo reborn diesel ,make biosol aja ganti oli yg bagus minimal 500rban + filsol 150rban + biosol ya kalo ditotal2 hampir 1jtan. bedanya kalo make dex , gausah pake filsol aja :big_biglaugh: , which is 1jtan lebih kalo ditotal2 heheh . sekian dari saya. semoga membantu

bonus gambar, peliharaan saya dulu yg keduanya sudah terjual :big_biglaugh: , sekarang pakai brio satya baru cukup hehehe

Image
Image
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by esaka »

ikut nimbrung...
Kalau boil jarang dipake, mending keep Espander-nya deh,
Boil diesel tuh wajib sering dipake agar solarnya bisa bersirkulasi teratur dan tidak meninggalkan endapan di tangki BBM
IMHO, saya penganut aliran dari monokok ke ladder frame adalah upgrade jika ingin mengantisipasi kondisi terburuk (harus angkut 7 orang, harus angkut barang dalam jumlah banyak, dipake jarak jauh pula)
Biosol kalau nggak pake racun/aditif harus lumayan perhatian ama sistem penyaluran bahan bakarnya (mulai dari tangki BBM, fuel pump, commonrail ama injektornya)
Tapi TS nggak nyebutin sikon pemakaian harian seperti apa jadinya ya mending keep Espander-nya deh
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by Venturtle »

Kalo ane sih Reborn minimal tipe V original ya.. tipe G ga ada spion lipat elektrik dan immobilizer dimana ini deal breaker buat ane :big_bored:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by Chr1stm1 »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 02:12 Hallo warga Forum SM & suhu2 SM

mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain

kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?

pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya.... :ungg:
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????

saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???

mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks
Taruhlah Budget 310 jt yah
Entah kenapa imo LMPV baru lebih menggoda
Opsi dapat mobil baru spt AN Veloz, Xpander Ultimate dan bahkan LSUV Honda BRV pilihan yg lebih seksi drpd kijang bekas th 2018

Dari segi irit2an dapet dan worry free at least 5 - 7 tahun kedepan
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by iamwewe »

ini mah berasa upgrade kemana2 dari xpander mah. apalagi ngomong running cost. santai aja bro ga usah dipikirin ke depan solar dilarang bla bla. slama masih ada mobil barang yg pake solar murah mah santai aja. kalo sampe dilarang pertamina, saya yakin masih bisa beli di pertamama pinggir jalan eceran. it's a toyota bro.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by KielConstantine »

Venturtle wrote: 14 Mar 2023, 09:53 Kalo ane sih Reborn minimal tipe V original ya.. tipe G ga ada spion lipat elektrik dan immobilizer dimana ini deal breaker buat ane :big_bored:
Nah ini bener. Langsung ke type V atau venturer skalian
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by ChZ »

coba xpandernya upgrade suspensi sama ban. jamin gak pengen innova deh. wkwkwkwkw.

bekas harga masih 3xx gitu gak worth sy bilang. semua kan bilangnya solar murahnya, tapi hal itu akan dipersulit dengan pembatasan yang belakangan ini.

skrg ngomong running cost....

oli mesin innova itu 7 liter, belum bicara oli gardan dan transmisi. berliter-liter lebih banyak dari espander. kalau mau isi solar, ya tambah per 1 thn / 10rb ganti filter solar. terus risiko injektor. siapa bilang 2GD ga rentan injektornya, kalo apes mah bisa aja kena tuh.

ini jadi pertanyaan saya juga dulu kok ga ada orang naik uber pake innova sih, kan irit solar cuma 5150, ternyata ya memang grand total perawatannya lebih mahal.

espander ga ada ritual gitu-gitu. saringan bensin kalo isi pertalite aja paling baru 3 thn bongkar bersihin.

nurut saya kalau espander dijual ga mungkin laku di atas 250 juta, nambah say 30% dari harganya, tidak lebih baik 30% juga sih mobilnya innova.
Last edited by ChZ on 14 Mar 2023, 13:50, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by forzanetti »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 02:12 Hallo warga Forum SM & suhu2 SM

mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain

kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?

pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya.... :ungg:
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????

saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???

mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks
ini yang unit warna putih, plat nomer tanpa huruf ya Om? kebetulan baru liat di IG. kalo ga salah ga termasuk plat ya?

kalo suka sama modifnya sih menurut saya oke, secara tambahan2nya kalo ditotal ga murah juga itu.

btw tertarik ganti ke reborn dari xpander pertimbangan utamanya apa Om? cari kabin lebih lega?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by silentIm2 »

Worth it saja kok. Solar di tempatku jarang antrinya. Tinggal ribet dikit daftar pake mypertamina udah deh malah jadi hobi touring nanti.

Saya bukannya mau ngerusak rejeki bengkel jualan, tapi jasa purging2, gurah mesin, menurut saya merusak. Disel itu self cleaning, karena tekanannya mencapai 1800 - 2000 bar. Itu sama dgn tekanan 1,8 ton / cm2. Yang jadi musuhnya diesel dari jaman bospom sampe commonrail sekarang itu cuma kontaminasi. Kontaminasi bisa dari aditif yg berlebihan, air, kotoran.

Saya sebagai user mobil diesel sudah 20 tahun lebih+ usaha truk kecil2an ya cuma isi solar dan ganti oli.saya malah ga pernah pake aditif karena menurut saya bahaya pencampuran yg tidak homogen ke dalam tangki. Apa aditif itu sudah diuji lubrisitasnya dan kelarutannya di minyak diesel?

Solar dilarang itu cuma isu, belum masuk rencana atau wacana. Kalau solar dilarang ya siap2 saja ekonomi ga jalan, karena semua barang yang kita pakai, makanan yg kita makan, bangunan yang kita bangun sebagian besar diangkut pake diesel.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by RezPrat »

Saya punya Innova diesel type V 2019, bbrp kali bawa diesel/bensin tipe G. Keluarga juga punya xpander cross.
Kalo ganti k Innova diesel G, bakal terasa koq upgrade nya, power mesin lebih ok, kenyamanan naik (apalagi tipe G incaran Om udah d upgrade sana sini). Yg jelas akomodasi lebih lapang. cobain deh row 2 itu jauh nyaman, kursi nya menyangga paha dgn sempurna d jalan jelek atau mulus lebih nyaman.

Kekurangan Innova diesel, kalo nanti udah gak boleh biosolar ya minum dexlite, tapi jgn terlalu kuatir ini mobil ckp irit koq. Rute kota itu dapat 1:11-12.

Klo THN 2018 pastikan ini dah versi improvement, udah bebas putu turbonya.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by alexand »

zonepublic wrote: 14 Mar 2023, 03:15 Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
noted om
nanya ke temen yg pake innova reborn diesel sih bisa 1:12 rute dalam kota jakarta di isi solar murah
xpander saya di isi pertalite rute dalam kota jakarta bisa 1:9 kadang2 1:10
Clonz wrote: 14 Mar 2023, 05:49
zonepublic wrote:Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
Xpander lama dan innova reborn taon segitu sama2 limbungnya.

Menang nya xpander itu walaupun dimensi lebih kecil, tp baris ketiganya surprisingly lebih luas xpander dikit drpd baris ketiganya reborn.
untuk row ke 3 saya biasanya di isi barang2 aja, jarang sekali di isi penumpang
akselerasi xpander emang agak lemes apalagi di isi pertalite :)
Omiyup wrote: 14 Mar 2023, 06:41 Kalo bisa isi biosol tanpa harus pindah pom 3x sehari ya go for it. Selain itu tidak worthed kalo isi reborn pake dexlite/dex
tadi nanya ke temen pemakai innova reborn diesel di jakarta masih bisa isi full tank asal daftar mypertamina
Pboyz97 wrote: 14 Mar 2023, 09:25
kebetulan saya ex user xpander ultimate 2017 & innova reborn g diesel at 2018 . kebetulan yg reborn baru 1 bulan lalu saya jual karena ada kebutuhan yg saya ga bisa sebutkan disini, sedangkan yg xpander sudah saya jual akhir 2020 lalu . kalo dari harga. tergantung wilayah, kalo di jabodetabek. mahal. walaupun worth sm kondisinya. tawar aja sebagai awal pembukaan 290-295, apalagi warnanya putih or hitam beli aja (di harga 300-305 masih oke kok kalo emg km asli , kondisi bagus dan minim pr, tapi warnanya wajib 2 itu ya, putih or hitam hehehe) , warna favorit kok itu. kalo silver ya paling mentok tawar di 295, karena mohon maaf kalah populer dibanding 2 warna itu & kalo di reborn, harga sekennya antara silver dan hitam putih bisa selisih lumayan loh :big_biglaugh: (pengalaman sendiri bukan katanya katanya) . kalo emg abis cek unit mobilnya bagus dan minim pr. 305 masih oke lah. tapi kalo di luar jabodetabek, murah pake bgt, apalagi kalo km nya asli, 305 juga masih worthed hehehe. kalo modifan. tergantung selera om juga. kalo no 1,4&5 masih oke lah. dan tergantung, om mau pake berapa lama, kalo mau dipake sendiri diatas 2 tahun masih oke lah.

tapi kalo pakenya dibawah itu, mending cari yg standaran aja. minimal poin no 2 & 3. karena kalo emg suatu saat mau dijual lagi, gatau knp buyernya mayoritas lebih milih yg masih original speedonya dan fiturnya dkk menurut pengamatan sotoy saya. tapi kalo om mau pake long term or om ada waktu buat standarinnya lagi, go for it . sebagai gambaran, kebetulan saya juga blm lama jual punya saya sendiri innova g diesel at 2018 warna silver km 62 rb service record toyota dengan poin modifan persis kaya yg om sebutin, tapi yg no 4 & 5 aja , tapi bedanya punya saya velgnya up punya venturer 2018 juga yg pfl hehehe 305 ke pedagang bali. di jabodetabek ditawar rata2 dibawah 300, paling mentok jg 292 :big_biglaugh: . sedangkan warna hitam or putih tahun sama tipe sama km sama saya perhatiin masih banyak yg buka di angka 315 keatas :big_biglaugh:

efektif, asal bengkel yg masangnya bener & telaten. kalo mau tau lebih detil, bisa pm saya hehehe

kalo poin yg saya bold. saya sebagai user yg pernah miara keduanya coba bantu jawab ya. kalo dari saya. depends. pemakaian om seperti apa. kalo om makenya
- mayoritas lukot (1 tahun minimal 3x)
- sering lewat rute tol yg lancar (transjawa, cipali)
- sering lewat jalan jelek, jalan tanjakkan turunan
- gak masalah minum dex terus or rela mobilnya diisi bio (tapi dengan ritual tertentu, saya sendiri dari beli awal 2022, ampe dijual awal bulan lalu selalu pakai bio, kadang2 saja pakai dex, rutin ganti filsol tiap km 10rb, sampe dijual aman2 aja. beli di km 48rb, dijual di km 62rb) .
- sering nyetir sendiri
- suka dengan mobil yg lumayan kenceng, mentingin bgt tarikan kenceng hehehe . kalo dari xpander, tarikan saya berani jamin upgrade jauhhhhhhhh bgttt. kalo di xpander, 4 atnya berasa boyo bgt bawahnya, berat. walaupun tengah atasnya lumayan ngisi. tapi kalo di reborn diesel. tarikannya ngisi di semua putaran, blm lg transmisinya jg upgrade dari 4 at jadi 6 at, lari 170 gampang bgt di mobil ini :big_biglaugh: (walaupun xpander dulu saya pernah betot ampe 180 di tol, tapi rasanya udh berat, sedangkan kalo di reborn saya bawa ampe 180 masih ada nafasnya , cuma saya udh ga berani karena depan saya waktu itu udh mulai rame mobil :big_biglaugh: )
- sering dipakai baris ke 3 nya or buat bawa barang (sebagai gambaran, reborn saya jarang bgt kepake baris ke 3 nya, mayoritas buat bawa barang sampe akhirnya plafon saya ancur gara2 ketusuk barang untung ga parah, sampe akhirnya bapak saya memutuskan buat menjual mobil tersebut, karena saat ini lebih sering make brio yg lebih practical buat dalkot & kami hanya duduk maksimal ber 5 + buat 7 seater sudah ada crv turbo :big_biglaugh: )
- gak masalah sm fiturnya yg minim, apalagi yg om bakal beli tipe G
worthed ambil rebornnya

tapi kalo om makenya :
- mayoritas dalkot jabodetabek
- mayoritas rute yg dilewatin rute macet or jalan mulus
- jarang kepake baris ke 3 nya
- nyari mobil yg kompak
- worry kalo solarnya bakal dibatesin & agak keberatan kalo kudu diisi dexlite
- nyari fitur
keep xpandernya or ganti dengan lmpv or lsuv or crossover baru yg seharga

kalo masalah limbung. 11 12 ya, kalo lewat poldur or jalan rusak. tapi kalo buat dalkot jabodetabek, apalagi macet2an, lebih enak xpander . reborn diesel itu kelebihannya mayoritas baru berasa kalo kita pake ke lukot, rute tol yg lancar & mulus or jalan rusak, tanjakkan turunan. kalo mayoritas pemakaian oom TS cuma muter2 jabodetabek doang mah, apalagi jalan yg dilewatin mayoritas mulus di dalkot dan macet ga worthed reborn ini menurut saya? mengapa? kebetulan saya sudah pernah pakai keduanya dalam waktu lama dan sering dibawah harian tiap hari dengan berbagai rute jalan. buat perbandingan. di xpander, kalo dalkot, berasa kompak, ga berasa kaya nyetir mobil gede, lewat gang kecil jg masih bisa+ setirnya juga ringan bgt kalo dibandingin reborn, walaupun kalo di tol or jalan nanjak, tenaga putaran bawahnya agak kedodoran, apalagi diisi full load :big_biglaugh:. sedangkan kalo di reborn walaupun tenaganya enak pake bgt dibanding xpander , tapi kalo buat dalkot berasa bgt getaran mesinnya walaupun lebih halus dibanding innova lama (karena kami biasa puluhan tahun make mobil bensin) , setirnya berat bgt + kalo lewat gang kecil juga perlu effort dan buat macet2an agak susah jg selap selipnya & berasa rada limbung dan kegedean :big_biglaugh:

sm kalo soal kondisi kedepan yg om bilang " dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???". jawaban saya tergantung kebutuhan. balik lagi ke premis awal. kalo om rela antri buat biosol or rela ngisi dex yg lebih mahal buat mobil ini + rutenya mayoritas lukot or tol yg lancar alias ga macet2 amat + mentingin tarikan ya worthed2 aja, toh partnya juga gampang, dimana mana ada, mau ori mau kw jg gampang dapetnya. aftersalesnya juga terjamin because it's toyota + gak masalah sm fiturnya yg lumayan minim dibanding xpander. tapi kalo om mayoritas pemakaiannya untuk macet2an di jabodetabek, jarang sekali keluar kota, saya lebih prefer keep xpandernya saya or kalo emg pengen innova, langsung aja ke zenix. dijamin jauh jauh jauh lebih nyaman dan empuk buat dalkot dibanding reborn, saya sudah coba semua :big_biglaugh: . karena kalau saya jadi om, apalagi tinggalnya di jabodetabek. mohon maaf saya gak akan mau beli reborn diesel kalo harus isi dex, mending mobil yg lebih nyaman sekalian kaya misalkan santa fe crdi kalo emg sama2 dex hehehe :big_peace: , kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada

dan pertanyaan terakhir" kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????". kalo buat saya, tidak, apalagi om ts makenya cuma muter2 jabodetabek doang, apalagi sering macet2an :big_biglaugh: , saya masih lebih prefer mobil diesel modern kaya santa fe yg jauh lebih nyaman dibanding reborn kalo emg kudu sama2 diisi dex, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada or om makenya mayoritas lukot / sering lewat tanjakkan turunan jalan jelek hehehe . sebagai gambaran, kalo diisi biosol aja, kalo xpander , ganti oli sama2 yg bagus 300rban udh cukup (dengan bbm mayoritas pertamax pas saya make dulu). katakan lah biaya operasionalnya . kalo ditotal2 600rban. tapi kalo reborn diesel ,make biosol aja ganti oli yg bagus minimal 500rban + filsol 150rban + biosol ya kalo ditotal2 hampir 1jtan. bedanya kalo make dex , gausah pake filsol aja :big_biglaugh: , which is 1jtan lebih kalo ditotal2 heheh . sekian dari saya. semoga membantu

bonus gambar, peliharaan saya dulu yg keduanya sudah terjual :big_biglaugh: , sekarang pakai brio satya baru cukup hehehe

Image
Image
thanks banget atas sharing pengalaman om
rencananya nanti kalo sampe beli mobil ini solarnya mau di oplos pakai EDT yg di jual papasari
pemakaian daily di jakarta aja sih, estimasi 10rb - 12rb km per tahun

dalam setahun biasanya ada 1x di bawa trip jauh, kita biasa check point di semarang dulu nanti dari situ baru lihat sikon mau turun ke bawah atau lanjut ke surabaya trus ke batu

ke daerah puncak / bandung paling setahun cuma 2-3x aja

sewaktu di bawa keluar kota ini mesin xpander rasanya lemes kalo mau nyalip2, gas di injek mesin ngegerung tapi respon agak lama
ngeliat kijang kalo mau nyalip enak banget itu gas kaya di bejek langsung respon tenaga mesin

mobil ini akan di keep minimal 2 tahun, semoga bisa aman sampai 5 tahun kedepan
esaka wrote: 14 Mar 2023, 09:52 ikut nimbrung...
Kalau boil jarang dipake, mending keep Espander-nya deh,
Boil diesel tuh wajib sering dipake agar solarnya bisa bersirkulasi teratur dan tidak meninggalkan endapan di tangki BBM
IMHO, saya penganut aliran dari monokok ke ladder frame adalah upgrade jika ingin mengantisipasi kondisi terburuk (harus angkut 7 orang, harus angkut barang dalam jumlah banyak, dipake jarak jauh pula)
Biosol kalau nggak pake racun/aditif harus lumayan perhatian ama sistem penyaluran bahan bakarnya (mulai dari tangki BBM, fuel pump, commonrail ama injektornya)
Tapi TS nggak nyebutin sikon pemakaian harian seperti apa jadinya ya mending keep Espander-nya deh
mobil hampir setiap hari di pakai walaupun jalannya ngak jauh2 banget
bbm solar murahnya nanti mau di oplos pakai racun solar EDT

row 3 akan sangat jarang sekali di isi penumpang, lebih sering di isi barang2
Venturtle wrote: 14 Mar 2023, 09:53 Kalo ane sih Reborn minimal tipe V original ya.. tipe G ga ada spion lipat elektrik dan immobilizer dimana ini deal breaker buat ane :big_bored:
memang naksirnya tipe V AT Diesel om, tapi kebetulan ini ada penawaran yg sepertinya oke
spion lipat bisa pasang di variasi dengan part OEM
immobilizer ini yg masih tanda tanya, apakah yg aftermarket bisa berfungsi dengan baik ?
Chr1stm1 wrote: 14 Mar 2023, 11:38
Taruhlah Budget 310 jt yah
Entah kenapa imo LMPV baru lebih menggoda
Opsi dapat mobil baru spt AN Veloz, Xpander Ultimate dan bahkan LSUV Honda BRV pilihan yg lebih seksi drpd kijang bekas th 2018

Dari segi irit2an dapet dan worry free at least 5 - 7 tahun kedepan
kalo ke LMPV lagi sepertinya lebih baik saya keep aja xpandernya karena driving feel gak akan jauh berbeda, mungkin hanya beda di fitur2 gimmick
BTW thanks opininya
iamwewe wrote: 14 Mar 2023, 12:07 ini mah berasa upgrade kemana2 dari xpander mah. apalagi ngomong running cost. santai aja bro ga usah dipikirin ke depan solar dilarang bla bla. slama masih ada mobil barang yg pake solar murah mah santai aja. kalo sampe dilarang pertamina, saya yakin masih bisa beli di pertamama pinggir jalan eceran. it's a toyota bro.
siaapppp gan
KielConstantine wrote: 14 Mar 2023, 13:34
Nah ini bener. Langsung ke type V atau venturer skalian
baru ketemunya yg ini om suhu :mky_01:
ChZ wrote: 14 Mar 2023, 13:43 coba xpandernya upgrade suspensi sama ban. jamin gak pengen innova deh. wkwkwkwkw.

bekas harga masih 3xx gitu gak worth sy bilang. semua kan bilangnya solar murahnya, tapi hal itu akan dipersulit dengan pembatasan yang belakangan ini.

skrg ngomong running cost....

oli mesin innova itu 7 liter, belum bicara oli gardan dan transmisi. berliter-liter lebih banyak dari espander. kalau mau isi solar, ya tambah per 1 thn / 10rb ganti filter solar. terus risiko injektor. siapa bilang 2GD ga rentan injektornya, kalo apes mah bisa aja kena tuh.

ini jadi pertanyaan saya juga dulu kok ga ada orang naik uber pake innova sih, kan irit solar cuma 5150, ternyata ya memang grand total perawatannya lebih mahal.

espander ga ada ritual gitu-gitu. saringan bensin kalo isi pertalite aja paling baru 3 thn bongkar bersihin.

nurut saya kalau espander dijual ga mungkin laku di atas 250 juta, nambah say 30% dari harganya, tidak lebih baik 30% juga sih mobilnya innova.
waduh ini akan saya coba pertimbangkan lebih matang lagi
thanks sharingnya om suhu
forzanetti wrote: 14 Mar 2023, 13:44
ini yang unit warna putih, plat nomer tanpa huruf ya Om? kebetulan baru liat di IG. kalo ga salah ga termasuk plat ya?

kalo suka sama modifnya sih menurut saya oke, secara tambahan2nya kalo ditotal ga murah juga itu.

btw tertarik ganti ke reborn dari xpander pertimbangan utamanya apa Om? cari kabin lebih lega?
iya bener, kebetulan lokasi seller itu depan rumah temen saya di pluit

pertimbangan salah satunya pengen punya mobil yg agak kencengan dikit dari xpander
kalo mau nyalip pakai xpander agak ragu power kurang
harus mobil 3 baris walau jarang di pake isi penumpang karena sering bawa barang2
silentIm2 wrote: 14 Mar 2023, 14:03 Worth it saja kok. Solar di tempatku jarang antrinya. Tinggal ribet dikit daftar pake mypertamina udah deh malah jadi hobi touring nanti.

Saya bukannya mau ngerusak rejeki bengkel jualan, tapi jasa purging2, gurah mesin, menurut saya merusak. Disel itu self cleaning, karena tekanannya mencapai 1800 - 2000 bar. Itu sama dgn tekanan 1,8 ton / cm2. Yang jadi musuhnya diesel dari jaman bospom sampe commonrail sekarang itu cuma kontaminasi. Kontaminasi bisa dari aditif yg berlebihan, air, kotoran.

Saya sebagai user mobil diesel sudah 20 tahun lebih+ usaha truk kecil2an ya cuma isi solar dan ganti oli.saya malah ga pernah pake aditif karena menurut saya bahaya pencampuran yg tidak homogen ke dalam tangki. Apa aditif itu sudah diuji lubrisitasnya dan kelarutannya di minyak diesel?

Solar dilarang itu cuma isu, belum masuk rencana atau wacana. Kalau solar dilarang ya siap2 saja ekonomi ga jalan, karena semua barang yang kita pakai, makanan yg kita makan, bangunan yang kita bangun sebagian besar diangkut pake diesel.
waduh saya rencananya mau oplos racun solar ke solar murah.......
jadi sebaiknya tuang apa adanya aja tanpa di oplos2 ?
rencananya mau pakai EDT yg di jual papasari
RezPrat wrote: 14 Mar 2023, 14:55 Saya punya Innova diesel type V 2019, bbrp kali bawa diesel/bensin tipe G. Keluarga juga punya xpander cross.
Kalo ganti k Innova diesel G, bakal terasa koq upgrade nya, power mesin lebih ok, kenyamanan naik (apalagi tipe G incaran Om udah d upgrade sana sini). Yg jelas akomodasi lebih lapang. cobain deh row 2 itu jauh nyaman, kursi nya menyangga paha dgn sempurna d jalan jelek atau mulus lebih nyaman.

Kekurangan Innova diesel, kalo nanti udah gak boleh biosolar ya minum dexlite, tapi jgn terlalu kuatir ini mobil ckp irit koq. Rute kota itu dapat 1:11-12.

Klo THN 2018 pastikan ini dah versi improvement, udah bebas putu turbonya.
wah terima kasih sharingnya
BTW ini 2018 bulan juni / juli gitu yg masih euro 2, kalo yg bulan agustus baru sudah euro 4
putu itu bisa di service atau harus di ganti parts yg bermasalah ?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by ginting »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 02:12 Hallo warga Forum SM & suhu2 SM

mohon saran untuk newbie apakah worth it membeli innova reborn 2018 tipe G AT Diesel di tahun 2023 ????
saya di tawarin di harga 310jt nego, kilometer 23rb & full service record toyota
sudah modif :
1. Lampu headlamp tipe V
2. Speedometer tipe V
3. Cruise Control
4. Jok kulit
5. Velg original venturer 2022
dan printilan lain

kira2 pantesnya di tawar di harga berapa ?

pertimbangan saya ini mobil belum ada immobilizernya.... :ungg:
kalau pasang immobilizer aftermarket apakah efektif ???
dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???
kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????

saat ini saya memakai mobil xpander, apakah nanti akan berasa upgrade ??? atau malah berasa limbung ??
kira2 nanti running cost mobil ini akan lebih hemat di banding pelihara xpander kah ???

mohon masukan & saran dari rekan2 & suhu2 SM
Thanks

kalau menurut saya jawabnya tergantung oom type user kayak apa, gimana persepsinya antara exchange engalaman mengemudi vs uang, apakah yg penting nyampe..

btw, saya saat ini pake Innova Rebon 2011 bulan November (facelift, grill udah beda dikit), type G diesel matic.
ini sengaja pilih diesel setelah merasakan naekdiesel kantor dr Jakarta ke Bdr Lampung waktu tugas.

kalau oom suka jalan jalan, gak mau was was gimana gimana kondisi jalanan, silahkan pilih Innova diesel.
kalau cuma dalkot, pengguna standard, mending beli Expander..lebih murah operating costnya.

btw, sy 95% pake bio + racun solar.
dan kalau ganti filter solar ori di Auto 200 kena 800an ribu.
baru nyala indikatornya di posisi 23K odometer dalam waktu 1 setengah tahun, , itu kejadian minggu lalu..jadi tahu harganya mahal kalau ori..
tapi saya anggap itu sama aja ngabisin saving dr 2 kali isi solar.

btw, 1 injector lk 6-7 jt
kalau 4 maka jadi 28 juta
saat ini saving saya sudah 23 juta dari selisih pemakaian solar vs dex.
jadi bentar lagi udah siap siap dana kalaupun kena 4 4 nya injector.. tp moga moga kagak...
yg penting jangan hemat di filter dan lendir

btw, saya punya abang yg pake Expander (dulu sy yg belikan itu mobil)..
rasanya pakai expander itu harus banyak sabarnya..lemot..


:mky_07: :mky_07:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by KielConstantine »

Oooo alesan utamanya gegara expander tarikan lemot…

Ud bener ntuh om kalo mau ganti innova diesel 2gd


Ntar di remap aja ecunya sama ganti downpipe. Pake biosolar daftar mypertamina . Trus kasih racun hotshot EDT. Joss gandoss itu wkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by XMTdeluxe »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 15:11
zonepublic wrote: 14 Mar 2023, 03:15 Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
noted om
nanya ke temen yg pake innova reborn diesel sih bisa 1:12 rute dalam kota jakarta di isi solar murah
xpander saya di isi pertalite rute dalam kota jakarta bisa 1:9 kadang2 1:10
Clonz wrote: 14 Mar 2023, 05:49
zonepublic wrote:Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
Xpander lama dan innova reborn taon segitu sama2 limbungnya.

Menang nya xpander itu walaupun dimensi lebih kecil, tp baris ketiganya surprisingly lebih luas xpander dikit drpd baris ketiganya reborn.
untuk row ke 3 saya biasanya di isi barang2 aja, jarang sekali di isi penumpang
akselerasi xpander emang agak lemes apalagi di isi pertalite :)
Omiyup wrote: 14 Mar 2023, 06:41 Kalo bisa isi biosol tanpa harus pindah pom 3x sehari ya go for it. Selain itu tidak worthed kalo isi reborn pake dexlite/dex
tadi nanya ke temen pemakai innova reborn diesel di jakarta masih bisa isi full tank asal daftar mypertamina
Pboyz97 wrote: 14 Mar 2023, 09:25
kebetulan saya ex user xpander ultimate 2017 & innova reborn g diesel at 2018 . kebetulan yg reborn baru 1 bulan lalu saya jual karena ada kebutuhan yg saya ga bisa sebutkan disini, sedangkan yg xpander sudah saya jual akhir 2020 lalu . kalo dari harga. tergantung wilayah, kalo di jabodetabek. mahal. walaupun worth sm kondisinya. tawar aja sebagai awal pembukaan 290-295, apalagi warnanya putih or hitam beli aja (di harga 300-305 masih oke kok kalo emg km asli , kondisi bagus dan minim pr, tapi warnanya wajib 2 itu ya, putih or hitam hehehe) , warna favorit kok itu. kalo silver ya paling mentok tawar di 295, karena mohon maaf kalah populer dibanding 2 warna itu & kalo di reborn, harga sekennya antara silver dan hitam putih bisa selisih lumayan loh :big_biglaugh: (pengalaman sendiri bukan katanya katanya) . kalo emg abis cek unit mobilnya bagus dan minim pr. 305 masih oke lah. tapi kalo di luar jabodetabek, murah pake bgt, apalagi kalo km nya asli, 305 juga masih worthed hehehe. kalo modifan. tergantung selera om juga. kalo no 1,4&5 masih oke lah. dan tergantung, om mau pake berapa lama, kalo mau dipake sendiri diatas 2 tahun masih oke lah.

tapi kalo pakenya dibawah itu, mending cari yg standaran aja. minimal poin no 2 & 3. karena kalo emg suatu saat mau dijual lagi, gatau knp buyernya mayoritas lebih milih yg masih original speedonya dan fiturnya dkk menurut pengamatan sotoy saya. tapi kalo om mau pake long term or om ada waktu buat standarinnya lagi, go for it . sebagai gambaran, kebetulan saya juga blm lama jual punya saya sendiri innova g diesel at 2018 warna silver km 62 rb service record toyota dengan poin modifan persis kaya yg om sebutin, tapi yg no 4 & 5 aja , tapi bedanya punya saya velgnya up punya venturer 2018 juga yg pfl hehehe 305 ke pedagang bali. di jabodetabek ditawar rata2 dibawah 300, paling mentok jg 292 :big_biglaugh: . sedangkan warna hitam or putih tahun sama tipe sama km sama saya perhatiin masih banyak yg buka di angka 315 keatas :big_biglaugh:

efektif, asal bengkel yg masangnya bener & telaten. kalo mau tau lebih detil, bisa pm saya hehehe

kalo poin yg saya bold. saya sebagai user yg pernah miara keduanya coba bantu jawab ya. kalo dari saya. depends. pemakaian om seperti apa. kalo om makenya
- mayoritas lukot (1 tahun minimal 3x)
- sering lewat rute tol yg lancar (transjawa, cipali)
- sering lewat jalan jelek, jalan tanjakkan turunan
- gak masalah minum dex terus or rela mobilnya diisi bio (tapi dengan ritual tertentu, saya sendiri dari beli awal 2022, ampe dijual awal bulan lalu selalu pakai bio, kadang2 saja pakai dex, rutin ganti filsol tiap km 10rb, sampe dijual aman2 aja. beli di km 48rb, dijual di km 62rb) .
- sering nyetir sendiri
- suka dengan mobil yg lumayan kenceng, mentingin bgt tarikan kenceng hehehe . kalo dari xpander, tarikan saya berani jamin upgrade jauhhhhhhhh bgttt. kalo di xpander, 4 atnya berasa boyo bgt bawahnya, berat. walaupun tengah atasnya lumayan ngisi. tapi kalo di reborn diesel. tarikannya ngisi di semua putaran, blm lg transmisinya jg upgrade dari 4 at jadi 6 at, lari 170 gampang bgt di mobil ini :big_biglaugh: (walaupun xpander dulu saya pernah betot ampe 180 di tol, tapi rasanya udh berat, sedangkan kalo di reborn saya bawa ampe 180 masih ada nafasnya , cuma saya udh ga berani karena depan saya waktu itu udh mulai rame mobil :big_biglaugh: )
- sering dipakai baris ke 3 nya or buat bawa barang (sebagai gambaran, reborn saya jarang bgt kepake baris ke 3 nya, mayoritas buat bawa barang sampe akhirnya plafon saya ancur gara2 ketusuk barang untung ga parah, sampe akhirnya bapak saya memutuskan buat menjual mobil tersebut, karena saat ini lebih sering make brio yg lebih practical buat dalkot & kami hanya duduk maksimal ber 5 + buat 7 seater sudah ada crv turbo :big_biglaugh: )
- gak masalah sm fiturnya yg minim, apalagi yg om bakal beli tipe G
worthed ambil rebornnya

tapi kalo om makenya :
- mayoritas dalkot jabodetabek
- mayoritas rute yg dilewatin rute macet or jalan mulus
- jarang kepake baris ke 3 nya
- nyari mobil yg kompak
- worry kalo solarnya bakal dibatesin & agak keberatan kalo kudu diisi dexlite
- nyari fitur
keep xpandernya or ganti dengan lmpv or lsuv or crossover baru yg seharga

kalo masalah limbung. 11 12 ya, kalo lewat poldur or jalan rusak. tapi kalo buat dalkot jabodetabek, apalagi macet2an, lebih enak xpander . reborn diesel itu kelebihannya mayoritas baru berasa kalo kita pake ke lukot, rute tol yg lancar & mulus or jalan rusak, tanjakkan turunan. kalo mayoritas pemakaian oom TS cuma muter2 jabodetabek doang mah, apalagi jalan yg dilewatin mayoritas mulus di dalkot dan macet ga worthed reborn ini menurut saya? mengapa? kebetulan saya sudah pernah pakai keduanya dalam waktu lama dan sering dibawah harian tiap hari dengan berbagai rute jalan. buat perbandingan. di xpander, kalo dalkot, berasa kompak, ga berasa kaya nyetir mobil gede, lewat gang kecil jg masih bisa+ setirnya juga ringan bgt kalo dibandingin reborn, walaupun kalo di tol or jalan nanjak, tenaga putaran bawahnya agak kedodoran, apalagi diisi full load :big_biglaugh:. sedangkan kalo di reborn walaupun tenaganya enak pake bgt dibanding xpander , tapi kalo buat dalkot berasa bgt getaran mesinnya walaupun lebih halus dibanding innova lama (karena kami biasa puluhan tahun make mobil bensin) , setirnya berat bgt + kalo lewat gang kecil juga perlu effort dan buat macet2an agak susah jg selap selipnya & berasa rada limbung dan kegedean :big_biglaugh:

sm kalo soal kondisi kedepan yg om bilang " dengan kondisi kedepan yg ada kemungkinan ngak bisa ngisi solar murah lagi apakah masih worth it untuk membeli mobil ini ???". jawaban saya tergantung kebutuhan. balik lagi ke premis awal. kalo om rela antri buat biosol or rela ngisi dex yg lebih mahal buat mobil ini + rutenya mayoritas lukot or tol yg lancar alias ga macet2 amat + mentingin tarikan ya worthed2 aja, toh partnya juga gampang, dimana mana ada, mau ori mau kw jg gampang dapetnya. aftersalesnya juga terjamin because it's toyota + gak masalah sm fiturnya yg lumayan minim dibanding xpander. tapi kalo om mayoritas pemakaiannya untuk macet2an di jabodetabek, jarang sekali keluar kota, saya lebih prefer keep xpandernya saya or kalo emg pengen innova, langsung aja ke zenix. dijamin jauh jauh jauh lebih nyaman dan empuk buat dalkot dibanding reborn, saya sudah coba semua :big_biglaugh: . karena kalau saya jadi om, apalagi tinggalnya di jabodetabek. mohon maaf saya gak akan mau beli reborn diesel kalo harus isi dex, mending mobil yg lebih nyaman sekalian kaya misalkan santa fe crdi kalo emg sama2 dex hehehe :big_peace: , kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada

dan pertanyaan terakhir" kalau sampai di isi pertamina dex apakah masih termasuk oke biaya operasional mobil ini ????". kalo buat saya, tidak, apalagi om ts makenya cuma muter2 jabodetabek doang, apalagi sering macet2an :big_biglaugh: , saya masih lebih prefer mobil diesel modern kaya santa fe yg jauh lebih nyaman dibanding reborn kalo emg kudu sama2 diisi dex, kecuali tinggal di daerah yg mohon maaf bengkelnya masih terbatas, lebih ke merek2 mainstream aja yg ada bengkelnya baru saya berani, in case aftersalesnya masih terjamin dan partsnya jg walaupun harus spend lebih mahal buat bbm nya, beda sm jabodetabek yg semua ada or om makenya mayoritas lukot / sering lewat tanjakkan turunan jalan jelek hehehe . sebagai gambaran, kalo diisi biosol aja, kalo xpander , ganti oli sama2 yg bagus 300rban udh cukup (dengan bbm mayoritas pertamax pas saya make dulu). katakan lah biaya operasionalnya . kalo ditotal2 600rban. tapi kalo reborn diesel ,make biosol aja ganti oli yg bagus minimal 500rban + filsol 150rban + biosol ya kalo ditotal2 hampir 1jtan. bedanya kalo make dex , gausah pake filsol aja :big_biglaugh: , which is 1jtan lebih kalo ditotal2 heheh . sekian dari saya. semoga membantu

bonus gambar, peliharaan saya dulu yg keduanya sudah terjual :big_biglaugh: , sekarang pakai brio satya baru cukup hehehe

Image
Image
thanks banget atas sharing pengalaman om
rencananya nanti kalo sampe beli mobil ini solarnya mau di oplos pakai EDT yg di jual papasari
pemakaian daily di jakarta aja sih, estimasi 10rb - 12rb km per tahun

dalam setahun biasanya ada 1x di bawa trip jauh, kita biasa check point di semarang dulu nanti dari situ baru lihat sikon mau turun ke bawah atau lanjut ke surabaya trus ke batu

ke daerah puncak / bandung paling setahun cuma 2-3x aja

sewaktu di bawa keluar kota ini mesin xpander rasanya lemes kalo mau nyalip2, gas di injek mesin ngegerung tapi respon agak lama
ngeliat kijang kalo mau nyalip enak banget itu gas kaya di bejek langsung respon tenaga mesin

mobil ini akan di keep minimal 2 tahun, semoga bisa aman sampai 5 tahun kedepan
esaka wrote: 14 Mar 2023, 09:52 ikut nimbrung...
Kalau boil jarang dipake, mending keep Espander-nya deh,
Boil diesel tuh wajib sering dipake agar solarnya bisa bersirkulasi teratur dan tidak meninggalkan endapan di tangki BBM
IMHO, saya penganut aliran dari monokok ke ladder frame adalah upgrade jika ingin mengantisipasi kondisi terburuk (harus angkut 7 orang, harus angkut barang dalam jumlah banyak, dipake jarak jauh pula)
Biosol kalau nggak pake racun/aditif harus lumayan perhatian ama sistem penyaluran bahan bakarnya (mulai dari tangki BBM, fuel pump, commonrail ama injektornya)
Tapi TS nggak nyebutin sikon pemakaian harian seperti apa jadinya ya mending keep Espander-nya deh
mobil hampir setiap hari di pakai walaupun jalannya ngak jauh2 banget
bbm solar murahnya nanti mau di oplos pakai racun solar EDT

row 3 akan sangat jarang sekali di isi penumpang, lebih sering di isi barang2
Venturtle wrote: 14 Mar 2023, 09:53 Kalo ane sih Reborn minimal tipe V original ya.. tipe G ga ada spion lipat elektrik dan immobilizer dimana ini deal breaker buat ane :big_bored:
memang naksirnya tipe V AT Diesel om, tapi kebetulan ini ada penawaran yg sepertinya oke
spion lipat bisa pasang di variasi dengan part OEM
immobilizer ini yg masih tanda tanya, apakah yg aftermarket bisa berfungsi dengan baik ?
Chr1stm1 wrote: 14 Mar 2023, 11:38
Taruhlah Budget 310 jt yah
Entah kenapa imo LMPV baru lebih menggoda
Opsi dapat mobil baru spt AN Veloz, Xpander Ultimate dan bahkan LSUV Honda BRV pilihan yg lebih seksi drpd kijang bekas th 2018

Dari segi irit2an dapet dan worry free at least 5 - 7 tahun kedepan
kalo ke LMPV lagi sepertinya lebih baik saya keep aja xpandernya karena driving feel gak akan jauh berbeda, mungkin hanya beda di fitur2 gimmick
BTW thanks opininya
iamwewe wrote: 14 Mar 2023, 12:07 ini mah berasa upgrade kemana2 dari xpander mah. apalagi ngomong running cost. santai aja bro ga usah dipikirin ke depan solar dilarang bla bla. slama masih ada mobil barang yg pake solar murah mah santai aja. kalo sampe dilarang pertamina, saya yakin masih bisa beli di pertamama pinggir jalan eceran. it's a toyota bro.
siaapppp gan
KielConstantine wrote: 14 Mar 2023, 13:34
Nah ini bener. Langsung ke type V atau venturer skalian
baru ketemunya yg ini om suhu :mky_01:
ChZ wrote: 14 Mar 2023, 13:43 coba xpandernya upgrade suspensi sama ban. jamin gak pengen innova deh. wkwkwkwkw.

bekas harga masih 3xx gitu gak worth sy bilang. semua kan bilangnya solar murahnya, tapi hal itu akan dipersulit dengan pembatasan yang belakangan ini.

skrg ngomong running cost....

oli mesin innova itu 7 liter, belum bicara oli gardan dan transmisi. berliter-liter lebih banyak dari espander. kalau mau isi solar, ya tambah per 1 thn / 10rb ganti filter solar. terus risiko injektor. siapa bilang 2GD ga rentan injektornya, kalo apes mah bisa aja kena tuh.

ini jadi pertanyaan saya juga dulu kok ga ada orang naik uber pake innova sih, kan irit solar cuma 5150, ternyata ya memang grand total perawatannya lebih mahal.

espander ga ada ritual gitu-gitu. saringan bensin kalo isi pertalite aja paling baru 3 thn bongkar bersihin.

nurut saya kalau espander dijual ga mungkin laku di atas 250 juta, nambah say 30% dari harganya, tidak lebih baik 30% juga sih mobilnya innova.
waduh ini akan saya coba pertimbangkan lebih matang lagi
thanks sharingnya om suhu
forzanetti wrote: 14 Mar 2023, 13:44
ini yang unit warna putih, plat nomer tanpa huruf ya Om? kebetulan baru liat di IG. kalo ga salah ga termasuk plat ya?

kalo suka sama modifnya sih menurut saya oke, secara tambahan2nya kalo ditotal ga murah juga itu.

btw tertarik ganti ke reborn dari xpander pertimbangan utamanya apa Om? cari kabin lebih lega?
iya bener, kebetulan lokasi seller itu depan rumah temen saya di pluit

pertimbangan salah satunya pengen punya mobil yg agak kencengan dikit dari xpander
kalo mau nyalip pakai xpander agak ragu power kurang
harus mobil 3 baris walau jarang di pake isi penumpang karena sering bawa barang2
silentIm2 wrote: 14 Mar 2023, 14:03 Worth it saja kok. Solar di tempatku jarang antrinya. Tinggal ribet dikit daftar pake mypertamina udah deh malah jadi hobi touring nanti.

Saya bukannya mau ngerusak rejeki bengkel jualan, tapi jasa purging2, gurah mesin, menurut saya merusak. Disel itu self cleaning, karena tekanannya mencapai 1800 - 2000 bar. Itu sama dgn tekanan 1,8 ton / cm2. Yang jadi musuhnya diesel dari jaman bospom sampe commonrail sekarang itu cuma kontaminasi. Kontaminasi bisa dari aditif yg berlebihan, air, kotoran.

Saya sebagai user mobil diesel sudah 20 tahun lebih+ usaha truk kecil2an ya cuma isi solar dan ganti oli.saya malah ga pernah pake aditif karena menurut saya bahaya pencampuran yg tidak homogen ke dalam tangki. Apa aditif itu sudah diuji lubrisitasnya dan kelarutannya di minyak diesel?

Solar dilarang itu cuma isu, belum masuk rencana atau wacana. Kalau solar dilarang ya siap2 saja ekonomi ga jalan, karena semua barang yang kita pakai, makanan yg kita makan, bangunan yang kita bangun sebagian besar diangkut pake diesel.
waduh saya rencananya mau oplos racun solar ke solar murah.......
jadi sebaiknya tuang apa adanya aja tanpa di oplos2 ?
rencananya mau pakai EDT yg di jual papasari
RezPrat wrote: 14 Mar 2023, 14:55 Saya punya Innova diesel type V 2019, bbrp kali bawa diesel/bensin tipe G. Keluarga juga punya xpander cross.
Kalo ganti k Innova diesel G, bakal terasa koq upgrade nya, power mesin lebih ok, kenyamanan naik (apalagi tipe G incaran Om udah d upgrade sana sini). Yg jelas akomodasi lebih lapang. cobain deh row 2 itu jauh nyaman, kursi nya menyangga paha dgn sempurna d jalan jelek atau mulus lebih nyaman.

Kekurangan Innova diesel, kalo nanti udah gak boleh biosolar ya minum dexlite, tapi jgn terlalu kuatir ini mobil ckp irit koq. Rute kota itu dapat 1:11-12.

Klo THN 2018 pastikan ini dah versi improvement, udah bebas putu turbonya.
wah terima kasih sharingnya
BTW ini 2018 bulan juni / juli gitu yg masih euro 2, kalo yg bulan agustus baru sudah euro 4
putu itu bisa di service atau harus di ganti parts yg bermasalah ?
Di thread sebelah, saya dan ada Om yg lain, ga pernah dapet 2.4 AT dalkot jkt maupun bandung 1:12. Paling cakep juga 10an. Untung solarnya masih 5150 wkt itu, jadi berasa lebih irit dr ertiga yg kaki saya cukup pakai ijazah SMP sdh bisa 1:11an. Perasaan saya wkt bawa 2.4 AT kaki saya udah kuliah, ngambil kursus, kadang ikut remedial, cuma segitu. Di reborn 2.0 AT aja kaki saya bisa sempat 1:15 lukot kok, masa iya bawa diesel torsi raksasa gagal terus. Tapi entah, mgkn itu experience saya saja.

Kalau soal G dengan V, karena pernah nyoba dua2nya, selisih 50 juta (waktu kondisi baru) apakah justified? Entahlah, mgkn kalau dirasa-rasa sih mubazir, tapi kalau seluruh material tadi ditambahkan sendiri jelas akan jauuuuh lebih mahal dr kita ambil langsung ke V. Tetap aja dari G ke V ada hidden improvement yg hanya bisa dirasakan, tapi sulit dibuktikan disini. Saran saya, coba rasain yg V juga.

Om, speedonya sdh upgrade ke V kan? Artinya bacaan odo sdh disesuaikan kah? Krn ganti speedometer akan membuat bacaan odo kembali ke 0000 kilometer. Katanya....
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by ginting »

Klo THN 2018 pastikan ini dah versi improvement, udah bebas putu turbonya.
[/quote]
wah terima kasih sharingnya
BTW ini 2018 bulan juni / juli gitu yg masih euro 2, kalo yg bulan agustus baru sudah euro 4
putu itu bisa di service atau harus di ganti parts yg bermasalah ?
[/quote]

Di thread sebelah, saya dan ada Om yg lain, ga pernah dapet 2.4 AT dalkot jkt maupun bandung 1:12. Paling cakep juga 10an. Untung solarnya masih 5150 wkt itu, jadi berasa lebih irit dr ertiga yg kaki saya cukup pakai ijazah SMP sdh bisa 1:11an. Perasaan saya wkt bawa 2.4 AT kaki saya udah kuliah, ngambil kursus, kadang ikut remedial, cuma segitu. Di reborn 2.0 AT aja kaki saya bisa sempat 1:15 lukot kok, masa iya bawa diesel torsi raksasa gagal terus. Tapi entah, mgkn itu experience saya saja.

Kalau soal G dengan V, karena pernah nyoba dua2nya, selisih 50 juta (waktu kondisi baru) apakah justified? Entahlah, mgkn kalau dirasa-rasa sih mubazir, tapi kalau seluruh material tadi ditambahkan sendiri jelas akan jauuuuh lebih mahal dr kita ambil langsung ke V. Tetap aja dari G ke V ada hidden improvement yg hanya bisa dirasakan, tapi sulit dibuktikan disini. Saran saya, coba rasain yg V juga.

Om, speedonya sdh upgrade ke V kan? Artinya bacaan odo sdh disesuaikan kah? Krn ganti speedometer akan membuat bacaan odo kembali ke 0000 kilometer. Katanya....
[/quote]


izin komen oom..sy waktu itu antara dilema antaa ambil G atau V
bedanya sekitar 50 juta (2021 akhir)

Akhirnya saya ambil type G dengan asumsi bedanya gak worthed.
kebetulan sy kurang suka bentuk speedo V yg seolah-olah ada besi kromnya di dalam penunjuk angka angka speedometer

saya mikir selisih 50 jt itu buat :
pasang Paddle [cencored], Cruise control, lampu tembak. remap, ganti shock, ganti ban, ganti bohlamp.

kalau soal tombol cetekan kompor Rinnai , yaah udahlah terima nasib aja..wkwkw :mky_07: :mky_07:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by walid_007 »

7D45A667-C8E6-4C89-9F27-B0E1DCBF924D.jpeg
7C73CBC0-4489-4A8E-861C-8F1FD7341AC1.jpeg

om sekalian nawarin 2021 G diesel AT

full rekord
harga boleh dm
yang pasti naikan klo dr expander ya lebih enak om. tenaga suspensi . noise dll
B6B3B7C8-1FCC-41A2-9363-64BB490E5B4B.jpeg
CADA6C10-0121-4B60-93E3-156A85A0F6E5.jpeg
engine roaring!
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by kingpower »

Mungkin bisa dishare alasan tertarik ganti ke innova nya apa.

Pengalaman sih ganti ke suv ladder frame sejuta umat ga ada enak2nya. Mungkin experiencenya ga jauh beda untuk case ganti ke mpv ladder frame. Tapi semoga saja saya salah
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by zonepublic »

alexand wrote: 14 Mar 2023, 15:11
zonepublic wrote: 14 Mar 2023, 03:15 Kalo anda siap bayar dexlite/pertadex layak kok upgrade ke innova reborn dari segi kenyamanan,mesin,akselerasi reborn disel jauh diatas xpander,tapi ingat kons bbmnya dgn expander hampir sama lo ya secara perbandingan liter/km
Saya sih sudah antisipasi dulu ganti dr innova diesel balik ke mobil bensin cc kecil yang kencang sejak wajib mypertamina karena saya yakin cepat atau lambat pembatasan bbm akan diaplikasikan sebelum jokowi lengser,perkiraan saya sebelum lebaran tahun ini,karena kalau anda tahu karakternya jokowi mmg seperti itu,dulu cara dia hapus ron 88 juga gitu,makin dikurangi pompanya lalu dihapus
Bener xpander 4at mmg lemot,saya sudah pernah tes drive,ga minat ganti hyundai stargazer?itu mobil bensin cukup enak tarikannya lo ukuran mpv
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by iamwewe »

nah.. apalagi ternyata si om keluhan utamanya si xp lemes ya. udah pasti itu, kalo dibanding dgn 2gd mah jauh banget. nanti kalo gk puas 2gd standar, bisa remap aja, udh dah bisa gaspol tanpa harus mikirin aduh ini bensinnya mahal kalo di gas ngocor bla bla.

gak tau knp, mpv/suv bensin 1.5cc na gitu baik 5seater, apalagi yg 7seater, kerasaaaaaa banget perbedaan tenaganya kalo setiap ada penambahan orang (baca: beban). mungkin emang ya, setelannya bukan buat kenceng2an.

hrv saya 1.5cc diisi 5 org aja aduh belet nya kalo nanjak di cipularang mah. trus coba bawa xp, padahal ini mah konvoi ke pantai anyer dimana jalanannya nggak terlalu nanjak gimana, isi 7org, alamak.. perlu sabar2 banyak. bener kata si om, kita injek gas makin dalem, suara bensin ngocor mah iya, raungan racing enjin mah iya, nambah kenceng jalannya ya sgitu2 aja. beda sama diesel, apalagi yg diesel modern ya, effortless aja nanjak2 tuh mau diisi 1 org ato full loaded.

trus nih, kalo om emang tipe org yg masih hitung2annya juga detail, bisa di cek dan dihitung juga harga pasaran inova diesel vs xpander kira2 gimana yg udh berumur. kata orang sih ngga ada ruginya. ya kata orang ya...

good luck ya om, jgn lupa kalo udh beli nanti di ripiw komparasi vs xp nya om hehe
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by AbdulHakim »

G Diesel AT 2018 kalo harganya udah 300jt, depresiasinya sudah melandai siy harusnya.
Hanya saja, biaya maintenance penggantian part-part slow moving musti dipertimbangkan.
Sama tear & wear sudah mulai nampak, kecuali mobil yang low KM biasanya kondisi interior masih lumayan apik, mengingat ini Innova jarang ada yg odo nya masih rendah, rata-rata emang dijadikan kuda harian.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mohon saran apakah worth it beli innova G AT Diesel di 2023

Post by ChZ »

isunya power xpander yah kurang... emang kurang sih. wkwkwkwkw. tapi test drive dulu aja. opini orang di sini kan butt o meternya beda beda.

soalnya dari monokok ke ladder blom tentu cocok. barangkali iya cocok powernya, tapi aspek lain lainnya jadi downgrade kan ga enak juga. ya di bokong ane yg sehari-hari bawa sedan honda / BMW bawa xpander masih ok tolerable lah, bawa innova haduh.

innova biar kaki kaki enak nguliknya banyak, beli balance arm lah, ganti shock/per lah. bahkan ane pernah di bengkel ngobrol sama owner reborn, bilang old innova lebih balance karakternya. bantingan ga seberapa ngayun tapi rasanya lebih pede buat satset. mungkin mixed opinion gini yang bikin pasaran GNKI juga kuat. wkwkwkkwkw.

kalau sering bawa >5 orang emang wajib mobil torsi besar di low rpm macem diesel... hmmm kalau ga anti merek aneh dan memang mau isi dex, beli hyundai santafe CRDi DM (2013-2016) ajah. worth every penny tuh bekasnya. parts santafe DM gen 3 berlimpah koq di kota besar apalagi toko onderdil korea.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post