Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by vulvy8858 »

Pagi semua, cuaca yang rada adem dari sudut Jakarta..
:big_smile]

Setelah kembali memilih pilihan yang paling aman dalam purchasing a new car buat tandeman si Reborn yang uda mulai menua,
econo box harian saya yang uda 5.5 tahun menemani uda mau ditarik sama kumpeni, jadi saya mulai mempertimbangkan adanya spare car buat dipake bini.
:big_grin:

Budget yang disiapkan sampe jadi mobil yang seenggaknya bisa dipake udar ider dalam kota dengan jarak per bulan ga lebih dari 500 km, dianggarkan ga lebih dari IDR 80 Mils.
:big_grin:

dimana kondisi yang saya inginkan adalah...
Mobil yang masih enak dipake tapi mudah dirawat wkwkwkwkwk.
bukan project car yaaa uda ketuaan gua ngoprek2 melulu wakakakak, buat maenan bini aja..
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kriteria nya:
1. Sedan. Seumur umur belom pernah punya sedan.
City Car atau HatchBack yang cukup bervolume juga oke.
Batasan usia sedan at least taun 2000 up,
Batasan usia City Car / Hatchback at least 2010 up.


2. Dimensi kalo bisa yang ga lebih besar dari Innova karena garasi mepet Innova.
Kalo City Car asal ga sekecil Ceria atau Atoz-Visto gapapa deh.
Terpenting muat 4 orang dan bisa bawa stroller di bagasi.

3. Sparepart,
mulai dari mesin, AC, cooling system, kaki kaki, body part, tranny, sampe karet2 masi ada yang jual di pasaran.
gua ga idealis2 amat mobil mesti gini gitu yang penting bisa gelinding normal & enak dipake wkwkwk.

4. Pajak yang ga lebih dari 250rb sebulan, atau 3 juta setahun.

5. Transmisi Otomatis, sebisa mungkin konvensional non CVT non DCT.

6. Konsumsi BBM tidak jadi masalah, selama ga lebih boros dari Innova Bensin Matic.


Pandangan yang mulai terlihat adalah..
Sedan:
1. Camry XV30. Tentunya seri G pre-facelift. 2002-2004.
Preferensi Camry G karena simple dan lega, empuk dan sparepartnya masi banyak.
Kenapa seri G? Karena minim fitur dan minim elektrikal.
Kenapa pre-facelift? Karena yang facelift nya mahal wkwkwkwk.

2. Accord Gen 6, VTi atau VTi-L 1999-2003.
Alasan melirik Accord karena pernah nyetirin dulu,
ini mobil lebih enak dari Camry kalau ditinjau dari tenaga maupun handling.
Meski biaya perawatannya aku kurang paham.
Walau modelnya ga terlalu bapak bapak banget dan masi cukup lega kalo saya yang naik.
dan harga bekasnya lebih jatoh dari Camry. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

3. Peugeot 406 D9 2000-2004
Alasan melirik D9 karena ini mobil enaaaaaaakkkk,
empuk, relatively kencang, stabil, relative irit BBM dan modelnya masih cantik.
Buat biaya perawatan, aku sangat perlu masukan.
Separah apa sih memelihara 406 Matic?

City Car / Hatch:
1. Nissan March 1.2 Standard keluaran awal, 2011-2013.
Mengapa ada si March disini simply karena istri saya suka.
Model girly, dipakenya enak, empuk, simple dan ga banyak fitur, dan juga lumayan irit BBM.
Momoknya cuma karena brand Nissan. Wkwkwkwk.
Uda rada kapok pelihara T30 sama Livina lawas meskipun emang dipakenya enak buat mobil tahun segitu di jaman nya.
Sama stroller bisa masuk ke bagasi.

2. Hyundai Avega 2010-2012
Alesan Avega karena tahun muda, model masi lumayan,
dipake jadi taksi di model Accent dan Excel jadi partsnya pasti aman, dan independent suspension.
Meski boros BBM dan minim sekali fitur.
Makannya ini jadi last option.

============================================================================================================================

Other Options:
1. Toyota Corolla Altis G non-VVTi 2001-2003
Sepertinya Altis pilihan yang cukup aman yah, A smaller Camry, a bigger Vios.
Harganya uda rendah, parts masi banyak, kampakan / ex luar pasti banyak juga karena mobil umum.
Might be perfect, tapi kadang terpikir kalo bisa dapat Camry kenapa harus Corolla?
Toh harganya mirip buat tahun yang sama, dan ke depannya mobil akan jarang dipakai.

2. Honda City Type Z 2000-2002
City yang terbeli.
Civic ES sudah out of range dan kalo mau maksain Ferio sudah terlalu tua.
Alasan ada City Z disini karena usia masih masuk dan sedang mulai masuk kuali penggorengan, siapa tau saya dapet good bet.
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
Dan emang disetirnya enak ni mobil, meski rada sempit dan part body nya mulai ghoib.

3. Suzuki Aerio Facelift 2005-2006
Ini mobil enak, kencang, stabil, kabin bervolume, bagasinya gede,
Cuma maintenance cost nya rada mahal buat seekor Suzuki tua,
sparepart nya juga mahal, konsumsi BBM nya rada parah dan buat seri 4AT nya ga seenak yang manual wkwkwk.
Makannya saya jadikan last option.
:big_comfort: :big_comfort:

============================================================================================================================

Any Comments? CnCs are very welcome..


regards



vulvy
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by qushay20019 »

Kalo ane mungkin Accord ya om.
Tapi 406 D9 jg keren banget sih, apalagi yg silver, masuk banget tuh desain lampu belakangnya. Katanya D9 yg CKD lebih aman daripada yg CBU. Coba tanya om pugman, puskas, thestoneroses, ato omnibus deh, kayaknya mereka2 pernah miara
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ChZ »

mbah mau saran cari masalah gak? BMW 318i N42.... :ngacir:

atau

mercedes mata kacang :ngacir:

becanda...

dari semua itu camry ajah... udah pilihan paling enak. repair paling mudah. minus paling kurang lincah dipake di kota tapi ini memenuhi aspek beater car. bokong jg dimanjakan sekali sama jok empuk dan bantingannya :big_comfort:

accord gen 6 ini model yang kurang populer... mesin F23 juga gimana ya ini jaman2 honda bikin mesinnya nanggung semua termasuk D17 di ES. mesin honda yang sese nya ganjil itu ntah kenapa spesies aneh yang susah dioprek dan tidak se durable yang mesin genep.

ganjil being D17 sama F23... klo D15 sih pengecualian mesin setan itu.

terus gak setenar abangnya si F22 di cielo atau adeknya si K24 yang dipake 3 generasi sekaligus. bajet segitu malah dapet CM5 deh yang early gen. lbh gampang rawatannya dan larinya lebih ada.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by vulvy8858 »

qushay20019 wrote: 15 Mar 2023, 11:43 Kalo ane mungkin Accord ya om.
Tapi 406 D9 jg keren banget sih, apalagi yg silver, masuk banget tuh desain lampu belakangnya. Katanya D9 yg CKD lebih aman daripada yg CBU. Coba tanya om pugman, puskas, thestoneroses, ato omnibus deh, kayaknya mereka2 pernah miara
Dulu perna bawa yang China Blue, masi relatively mulus, sepanjang jalan jadi pusat perhatian.
Cakep bener tu mobil secara desain.
Anyway, yang CKD dr taun berapa sampe berapa kah?
ChZ wrote: 15 Mar 2023, 11:53 mbah mau saran cari masalah gak? BMW 318i N42.... :ngacir:

atau

mercedes mata kacang :ngacir:

becanda...

dari semua itu camry ajah... udah pilihan paling enak. repair paling mudah. minus paling kurang lincah dipake di kota tapi ini memenuhi aspek beater car. bokong jg dimanjakan sekali sama jok empuk dan bantingannya :big_comfort:

accord gen 6 ini model yang kurang populer... mesin F23 juga gimana ya ini jaman2 honda bikin mesinnya nanggung semua termasuk D17 di ES. mesin honda yang sese nya ganjil itu ntah kenapa spesies aneh yang susah dioprek dan tidak se durable yang mesin genep.

ganjil being D17 sama F23... klo D15 sih pengecualian mesin setan itu.

terus gak setenar abangnya si F22 di cielo atau adeknya si K24 yang dipake 3 generasi sekaligus. bajet segitu malah dapet CM5 deh yang early gen. lbh gampang rawatannya dan larinya lebih ada.
gua nyari mobil, chris..
bukan nyari masalah wakakakakakak.

sempet nyari2 203 tapi sempit buat badanku yang imoeeeeddd ini,
E46 perna bantuin boss pelihara 325i uda cukuplah kak.
gua ngeliat dia ngerawat aja uda abis 1 jupiter tiap kali ke bengkel,
belom kuat gua..

Accord meningan ke CM5 yang pre-FL ya?
rewel gak sih?
sama spare money nya apa cukup buat repairment?

kalo Camry gua rada merem sih.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1463
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by MSU »

si pesut 406 tu kalo saya skip dah om....enak dinaiki tapi brand ini peredaran parts & bengkelnya lebih sedikit drpd jepang

dari semua pilihan itu...kayaknya paling mending xv30 dah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ChZ »

vulvy8858 wrote: 15 Mar 2023, 12:12 Accord meningan ke CM5 yang pre-FL ya?
rewel gak sih?
sama spare money nya apa cukup buat repairment?

kalo Camry gua rada merem sih.
pasaran kayaknya bisa dapet under 70 kalau beruntung thn 2003-2004.

yah di 10 sih cukup2 sih kalo buat beresin. ni mubil kan persis kayak CRV rawatannya. dan parts relatif lebih gampang dibanding S86 yang udah mulai shulid cari partsnya.

kaki kaki... bisa bengkak kalo shock 4-4nya minta ganti WKWKWK. part lain harganya relatif standar lah ya mobil kelas gini.

sisanya apa yah... klo rembes rembes mah kliatan mata ketauan rembes banyak tinggal di skip unitnya ownernya bisa dipastikan males rawat wkwkwkkwkw. soalnya honda bermesin K24 itu mechanic friendly banget kerjain apa apa mudah dibanding GE8/GB3 yang mekaniknya musti senam pilates dulu klo mau bongkar wakakkakaka.

biasa honda tua CRV/accord/odyssey suka rembes di gasket cover, VTEC seal, power steering juga. boot karet sobek jg rawan nih klo honda. klo dapet yg udah diperbaiki sih enak enak banget.

yg jelas asal kering semua dan matic kaga ngejedug rasanya nggak ada trobel signifikan. panggil mbah @Jose buat clarify dulu si CM5 lejen 220kph :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by vulvy8858 »

MSU wrote: 15 Mar 2023, 12:18 si pesut 406 tu kalo saya skip dah om....enak dinaiki tapi brand ini peredaran parts & bengkelnya lebih sedikit drpd jepang

dari semua pilihan itu...kayaknya paling mending xv30 dah
well noted, oom..
ChZ wrote: 15 Mar 2023, 12:30 pasaran kayaknya bisa dapet under 70 kalau beruntung thn 2003-2004.

yah di 10 sih cukup2 sih kalo buat beresin. ni mubil kan persis kayak CRV rawatannya. dan parts relatif lebih gampang dibanding S86 yang udah mulai shulid cari partsnya.

kaki kaki... bisa bengkak kalo shock 4-4nya minta ganti WKWKWK. part lain harganya relatif standar lah ya mobil kelas gini.

sisanya apa yah... klo rembes rembes mah kliatan mata ketauan rembes banyak tinggal di skip unitnya ownernya bisa dipastikan males rawat wkwkwkkwkw. soalnya honda bermesin K24 itu mechanic friendly banget kerjain apa apa mudah dibanding GE8/GB3 yang mekaniknya musti senam pilates dulu klo mau bongkar wakakkakaka.

biasa honda tua CRV/accord/odyssey suka rembes di gasket cover, VTEC seal, power steering juga. boot karet sobek jg rawan nih klo honda. klo dapet yg udah diperbaiki sih enak enak banget.

yg jelas asal kering semua dan matic kaga ngejedug rasanya nggak ada trobel signifikan. panggil mbah @Jose buat clarify dulu si CM5 lejen 220kph :ngacir:
gua dulu pernah pake RD gen 2, yang ampun kaki2, cooling system sama A/C nya, om.
oh kalo S86 uda mulai sulit parts nya, gua consider naik ke CM5 kali ya.

rembes2 mah biasalah wkwkwkwk. kalo ga parah masi bisa di akomodir.

saran loe berarti naik ke CM5 aja ya..

noted..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by farizfsa »

dulu saya pake 406 D9 cbu matic, ah penyakitnya cuma idle regulator 3 tahun pake.
mobil enak bgt ini emang, cuma oli matic nya ga bisa oli matic biasa, harus untuk matic 4AL, salah oli ya modar itu matic.

mobil enak lain lg, ada mitsubishi galant v6 hiu.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ChZ »

vulvy8858 wrote: 15 Mar 2023, 14:20
gua dulu pernah pake RD gen 2, yang ampun kaki2, cooling system sama A/C nya, om.
oh kalo S86 uda mulai sulit parts nya, gua consider naik ke CM5 kali ya.

rembes2 mah biasalah wkwkwkwk. kalo ga parah masi bisa di akomodir.

saran loe berarti naik ke CM5 aja ya..

noted..
kalau gitu gituan sepengalaman si CRV / civic lebih fragile dari accord ntah kenapa. built differently kayaknya wakakkakak. accord kaki kakinya gak lebih gampang keseleo daripada CRV. lebih ati-ati kayaknya usernya :big_biglaugh:

dulu pernah dikasi bawa CM5 2005 manual, ama CP2 2010. dua duanya kondisi asal jalan wong yang CP2 ban nya tiap sisi beda merek WKWKWK. CM5 manualnya malah gw coba pake lari 210 kph dengan kondisi kaki depan kurang sehat.

tp kalo disebut daily-able, ya daily-able. tipikal jepangan. mesin kaga rusak ya jalan terus tuh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ricz »

Dari pilihan yang ada di atas, saya rekomen Camry om.

Kebetulan temen saya pernah dapat XV30 2.4 dari kantornya, dan cara bawa beliau cukup kasar (typical user ladder frame MPV or SUV yang kalo ketemu lobang atau poldur dihajar terus gak ngerem) dan sepenuturan beliau sih cuma service ganti oli dan ATF, dan ganti shock dpn blkg selama 3 taun tuh mobil di tgn beliau... :big_biglaugh:

Jadi utk reliability cukup meyakinkan menurut saya meskipun sedan :big_deal:

Kalo pengen yang lebih compact bisa lirik Corolla Altis atau Vios gen 1, sepertinya sudah masuk range budget om. Atau Jazz GD3 / City GD8 juga menarik meskipun agak tidak masuk kriteria si om (transmisi maticnya pake CVT)
2021 Fortuner VRZ
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by sherryandkez »

vulvy8858 wrote: 15 Mar 2023, 07:19 Pagi semua, cuaca yang rada adem dari sudut Jakarta..
:big_smile]

Setelah kembali memilih pilihan yang paling aman dalam purchasing a new car buat tandeman si Reborn yang uda mulai menua,
econo box harian saya yang uda 5.5 tahun menemani uda mau ditarik sama kumpeni, jadi saya mulai mempertimbangkan adanya spare car buat dipake bini.
:big_grin:

Budget yang disiapkan sampe jadi mobil yang seenggaknya bisa dipake udar ider dalam kota dengan jarak per bulan ga lebih dari 500 km, dianggarkan ga lebih dari IDR 80 Mils.
:big_grin:

dimana kondisi yang saya inginkan adalah...
Mobil yang masih enak dipake tapi mudah dirawat wkwkwkwkwk.
bukan project car yaaa uda ketuaan gua ngoprek2 melulu wakakakak, buat maenan bini aja..
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kriteria nya:
1. Sedan. Seumur umur belom pernah punya sedan.
City Car atau HatchBack yang cukup bervolume juga oke.
Batasan usia sedan at least taun 2000 up,
Batasan usia City Car / Hatchback at least 2010 up.


2. Dimensi kalo bisa yang ga lebih besar dari Innova karena garasi mepet Innova.
Kalo City Car asal ga sekecil Ceria atau Atoz-Visto gapapa deh.
Terpenting muat 4 orang dan bisa bawa stroller di bagasi.

3. Sparepart,
mulai dari mesin, AC, cooling system, kaki kaki, body part, tranny, sampe karet2 masi ada yang jual di pasaran.
gua ga idealis2 amat mobil mesti gini gitu yang penting bisa gelinding normal & enak dipake wkwkwk.

4. Pajak yang ga lebih dari 250rb sebulan, atau 3 juta setahun.

5. Transmisi Otomatis, sebisa mungkin konvensional non CVT non DCT.

6. Konsumsi BBM tidak jadi masalah, selama ga lebih boros dari Innova Bensin Matic.


Pandangan yang mulai terlihat adalah..
Sedan:
1. Camry XV30. Tentunya seri G pre-facelift. 2002-2004.
Preferensi Camry G karena simple dan lega, empuk dan sparepartnya masi banyak.
Kenapa seri G? Karena minim fitur dan minim elektrikal.
Kenapa pre-facelift? Karena yang facelift nya mahal wkwkwkwk.

2. Accord Gen 6, VTi atau VTi-L 1999-2003.
Alasan melirik Accord karena pernah nyetirin dulu,
ini mobil lebih enak dari Camry kalau ditinjau dari tenaga maupun handling.
Meski biaya perawatannya aku kurang paham.
Walau modelnya ga terlalu bapak bapak banget dan masi cukup lega kalo saya yang naik.
dan harga bekasnya lebih jatoh dari Camry. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

3. Peugeot 406 D9 2000-2004
Alasan melirik D9 karena ini mobil enaaaaaaakkkk,
empuk, relatively kencang, stabil, relative irit BBM dan modelnya masih cantik.
Buat biaya perawatan, aku sangat perlu masukan.
Separah apa sih memelihara 406 Matic?

City Car / Hatch:
1. Nissan March 1.2 Standard keluaran awal, 2011-2013.
Mengapa ada si March disini simply karena istri saya suka.
Model girly, dipakenya enak, empuk, simple dan ga banyak fitur, dan juga lumayan irit BBM.
Momoknya cuma karena brand Nissan. Wkwkwkwk.
Uda rada kapok pelihara T30 sama Livina lawas meskipun emang dipakenya enak buat mobil tahun segitu di jaman nya.
Sama stroller bisa masuk ke bagasi.

2. Hyundai Avega 2010-2012
Alesan Avega karena tahun muda, model masi lumayan,
dipake jadi taksi di model Accent dan Excel jadi partsnya pasti aman, dan independent suspension.
Meski boros BBM dan minim sekali fitur.
Makannya ini jadi last option.

============================================================================================================================

Other Options:
1. Toyota Corolla Altis G non-VVTi 2001-2003
Sepertinya Altis pilihan yang cukup aman yah, A smaller Camry, a bigger Vios.
Harganya uda rendah, parts masi banyak, kampakan / ex luar pasti banyak juga karena mobil umum.
Might be perfect, tapi kadang terpikir kalo bisa dapat Camry kenapa harus Corolla?
Toh harganya mirip buat tahun yang sama, dan ke depannya mobil akan jarang dipakai.

2. Honda City Type Z 2000-2002
City yang terbeli.
Civic ES sudah out of range dan kalo mau maksain Ferio sudah terlalu tua.
Alasan ada City Z disini karena usia masih masuk dan sedang mulai masuk kuali penggorengan, siapa tau saya dapet good bet.
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
Dan emang disetirnya enak ni mobil, meski rada sempit dan part body nya mulai ghoib.

3. Suzuki Aerio Facelift 2005-2006
Ini mobil enak, kencang, stabil, kabin bervolume, bagasinya gede,
Cuma maintenance cost nya rada mahal buat seekor Suzuki tua,
sparepart nya juga mahal, konsumsi BBM nya rada parah dan buat seri 4AT nya ga seenak yang manual wkwkwk.
Makannya saya jadikan last option.
:big_comfort: :big_comfort:

============================================================================================================================

Any Comments? CnCs are very welcome..


regards



vulvy
kalo saya ditanya, jawabannya adalah... XV30 3.0V.

kenapa 3.0? satu, borosnya gak beda jauh dibanding 2.4, apalagi kalo kaki gak sekolah, bisa2 iritan 3.0 karena 2.4 kedodoran bawa body Camry gede gitu. dua, fiturnya banyak, dan namanya toyota ya elektrikal gak rewel koq. part dijamin banyak, wong yang pake dari camry sampe alphard ada. tiga, nyarinya lebih gampang yang bagus. 2.4 barangnya banyak tapi ya yang wawew juga banyak. terakhir nemu 3.0V facelift champagne deal di 68 aja mobil bagus full record auto2000.

keempat, ya nanggung beli camry tapi gak yang paling mahal :big_biglaugh: kalo ngga mau yg 3.0V better ambil altis aja. lebih irit, perawatan lebih murah, enaknya gak beda jauh namanya mbl umur segitu mah.

Accord CM5 juga enak, lebih enak dari camry, model lebih cakep :big_grin: ngerawat lebih mahal sih tapi. nyari yang bagus juga lebih susah. tapi kalo nemu yang bagus, beuh enaknya :mky_02:

kemaren ada CM5 FL mintanya 58 aja full record honda tp mati pajak dr 2014.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by Pboyz97 »

vulvy8858 wrote: 15 Mar 2023, 07:19 Pagi semua, cuaca yang rada adem dari sudut Jakarta..
:big_smile]

Setelah kembali memilih pilihan yang paling aman dalam purchasing a new car buat tandeman si Reborn yang uda mulai menua,
econo box harian saya yang uda 5.5 tahun menemani uda mau ditarik sama kumpeni, jadi saya mulai mempertimbangkan adanya spare car buat dipake bini.
:big_grin:

Budget yang disiapkan sampe jadi mobil yang seenggaknya bisa dipake udar ider dalam kota dengan jarak per bulan ga lebih dari 500 km, dianggarkan ga lebih dari IDR 80 Mils.
:big_grin:

dimana kondisi yang saya inginkan adalah...
Mobil yang masih enak dipake tapi mudah dirawat wkwkwkwkwk.
bukan project car yaaa uda ketuaan gua ngoprek2 melulu wakakakak, buat maenan bini aja..
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kriteria nya:
1. Sedan. Seumur umur belom pernah punya sedan.
City Car atau HatchBack yang cukup bervolume juga oke.
Batasan usia sedan at least taun 2000 up,
Batasan usia City Car / Hatchback at least 2010 up.


2. Dimensi kalo bisa yang ga lebih besar dari Innova karena garasi mepet Innova.
Kalo City Car asal ga sekecil Ceria atau Atoz-Visto gapapa deh.
Terpenting muat 4 orang dan bisa bawa stroller di bagasi.

3. Sparepart,
mulai dari mesin, AC, cooling system, kaki kaki, body part, tranny, sampe karet2 masi ada yang jual di pasaran.
gua ga idealis2 amat mobil mesti gini gitu yang penting bisa gelinding normal & enak dipake wkwkwk.

4. Pajak yang ga lebih dari 250rb sebulan, atau 3 juta setahun.

5. Transmisi Otomatis, sebisa mungkin konvensional non CVT non DCT.

6. Konsumsi BBM tidak jadi masalah, selama ga lebih boros dari Innova Bensin Matic.


Pandangan yang mulai terlihat adalah..
Sedan:
1. Camry XV30. Tentunya seri G pre-facelift. 2002-2004.
Preferensi Camry G karena simple dan lega, empuk dan sparepartnya masi banyak.
Kenapa seri G? Karena minim fitur dan minim elektrikal.
Kenapa pre-facelift? Karena yang facelift nya mahal wkwkwkwk.

2. Accord Gen 6, VTi atau VTi-L 1999-2003.
Alasan melirik Accord karena pernah nyetirin dulu,
ini mobil lebih enak dari Camry kalau ditinjau dari tenaga maupun handling.
Meski biaya perawatannya aku kurang paham.
Walau modelnya ga terlalu bapak bapak banget dan masi cukup lega kalo saya yang naik.
dan harga bekasnya lebih jatoh dari Camry. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

3. Peugeot 406 D9 2000-2004
Alasan melirik D9 karena ini mobil enaaaaaaakkkk,
empuk, relatively kencang, stabil, relative irit BBM dan modelnya masih cantik.
Buat biaya perawatan, aku sangat perlu masukan.
Separah apa sih memelihara 406 Matic?

City Car / Hatch:
1. Nissan March 1.2 Standard keluaran awal, 2011-2013.
Mengapa ada si March disini simply karena istri saya suka.
Model girly, dipakenya enak, empuk, simple dan ga banyak fitur, dan juga lumayan irit BBM.
Momoknya cuma karena brand Nissan. Wkwkwkwk.
Uda rada kapok pelihara T30 sama Livina lawas meskipun emang dipakenya enak buat mobil tahun segitu di jaman nya.
Sama stroller bisa masuk ke bagasi.

2. Hyundai Avega 2010-2012
Alesan Avega karena tahun muda, model masi lumayan,
dipake jadi taksi di model Accent dan Excel jadi partsnya pasti aman, dan independent suspension.
Meski boros BBM dan minim sekali fitur.
Makannya ini jadi last option.

============================================================================================================================

Other Options:
1. Toyota Corolla Altis G non-VVTi 2001-2003
Sepertinya Altis pilihan yang cukup aman yah, A smaller Camry, a bigger Vios.
Harganya uda rendah, parts masi banyak, kampakan / ex luar pasti banyak juga karena mobil umum.
Might be perfect, tapi kadang terpikir kalo bisa dapat Camry kenapa harus Corolla?
Toh harganya mirip buat tahun yang sama, dan ke depannya mobil akan jarang dipakai.

2. Honda City Type Z 2000-2002
City yang terbeli.
Civic ES sudah out of range dan kalo mau maksain Ferio sudah terlalu tua.
Alasan ada City Z disini karena usia masih masuk dan sedang mulai masuk kuali penggorengan, siapa tau saya dapet good bet.
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
Dan emang disetirnya enak ni mobil, meski rada sempit dan part body nya mulai ghoib.

3. Suzuki Aerio Facelift 2005-2006
Ini mobil enak, kencang, stabil, kabin bervolume, bagasinya gede,
Cuma maintenance cost nya rada mahal buat seekor Suzuki tua,
sparepart nya juga mahal, konsumsi BBM nya rada parah dan buat seri 4AT nya ga seenak yang manual wkwkwk.
Makannya saya jadikan last option.
:big_comfort: :big_comfort:

============================================================================================================================

Any Comments? CnCs are very welcome..


regards



vulvy
kalo dari semua kandidat saya vote camry, tapi kalo bisa tipe V atau yg 3.0 karena fiturnya lebih lengkap daripada yg G . kalo kedua, saya vote cm5 vtil, paling fun to drive & tarikannya paling enak dibanding kandidat lainnya . kalo ketiga saya vote altis hehehe
. kalo alternatif, bisa pertimbangkan vios gen 2 tipe G, sepertinya masuk budget

kalo alternatif, dari kandidat city car/ hatch, bisa consider sirion 2012-2014 or mirage 2012-2014. sepertinya masuk budget juga . atau yaris bakpao keluaran awal masuk budget dan kriteria sepertinya, walaupun secara tahun sepertinya agak melenceng dari kriteria awal. tapi mesinnya sama persis setau saya dengan model 2010 up hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ChZ »

anyway ane baca judul ini... jadi iseng liat website kawasaki. ngeri jg yah ninja 250 sekarang di 70-80 jutaan.

gw karena ga ngikutin motor cuma inget temen dulu beli ninja 250 karbu thn 2011... 50 jutaan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by vulvy8858 »

farizfsa wrote: 15 Mar 2023, 14:38 dulu saya pake 406 D9 cbu matic, ah penyakitnya cuma idle regulator 3 tahun pake.
mobil enak bgt ini emang, cuma oli matic nya ga bisa oli matic biasa, harus untuk matic 4AL, salah oli ya modar itu matic.

mobil enak lain lg, ada mitsubishi galant v6 hiu.
siaaappp om...

kl Galant Hiu aku mundur dulu, menghindari V6..
belom siap kalo enjin nya kenapa napa..
ChZ wrote: 15 Mar 2023, 14:49 kalau gitu gituan sepengalaman si CRV / civic lebih fragile dari accord ntah kenapa. built differently kayaknya wakakkakak. accord kaki kakinya gak lebih gampang keseleo daripada CRV. lebih ati-ati kayaknya usernya :big_biglaugh:

dulu pernah dikasi bawa CM5 2005 manual, ama CP2 2010. dua duanya kondisi asal jalan wong yang CP2 ban nya tiap sisi beda merek WKWKWK. CM5 manualnya malah gw coba pake lari 210 kph dengan kondisi kaki depan kurang sehat.

tp kalo disebut daily-able, ya daily-able. tipikal jepangan. mesin kaga rusak ya jalan terus tuh.
dulu pake RD even compare ke T30 aja T30 masih lebih reliable menurut gua si..
sebelom T30 kaki2nya kena, yg di bawah lah balljoint as roda tierod longtierod dkk, RD uda kena
sebelom T30 AC nya mledak, RD kompressor nya uda mampus
sebelom P/S nya T30 pecah selang mati pompa, RD mati duluan pompanya
agak2 serem nya sama Accord, keulang semua kesialan di RD wakakaka.
ricz wrote: 15 Mar 2023, 18:24 Dari pilihan yang ada di atas, saya rekomen Camry om.

Kebetulan temen saya pernah dapat XV30 2.4 dari kantornya, dan cara bawa beliau cukup kasar (typical user ladder frame MPV or SUV yang kalo ketemu lobang atau poldur dihajar terus gak ngerem) dan sepenuturan beliau sih cuma service ganti oli dan ATF, dan ganti shock dpn blkg selama 3 taun tuh mobil di tgn beliau... :big_biglaugh:

Jadi utk reliability cukup meyakinkan menurut saya meskipun sedan :big_deal:

Kalo pengen yang lebih compact bisa lirik Corolla Altis atau Vios gen 1, sepertinya sudah masuk range budget om. Atau Jazz GD3 / City GD8 juga menarik meskipun agak tidak masuk kriteria si om (transmisi maticnya pake CVT)
ini pertimbangan owe cari kemiri yang G biasa aja wakakakaka.
reiliability nya sepertinya masih menjanjikan..

Altis gen awal masi masuk radar, cuma nyari yang mulus ga semudah camry..

Vios skip dulu karena terlalu kecil buat badan saya..
Jazz GD3 sama City GD8 nowadays banyakan yang bekas mobil daripada mobil bekas..
sherryandkez wrote: 15 Mar 2023, 20:11 kalo saya ditanya, jawabannya adalah... XV30 3.0V.

kenapa 3.0?

satu, borosnya gak beda jauh dibanding 2.4, apalagi kalo kaki gak sekolah, bisa2 iritan 3.0 karena 2.4 kedodoran bawa body Camry gede gitu.
dua, fiturnya banyak, dan namanya toyota ya elektrikal gak rewel koq. part dijamin banyak, wong yang pake dari camry sampe alphard ada.
tiga, nyarinya lebih gampang yang bagus. 2.4 barangnya banyak tapi ya yang wawew juga banyak. terakhir nemu 3.0V facelift champagne deal di 68 aja mobil bagus full record auto2000.
keempat, ya nanggung beli camry tapi gak yang paling mahal :big_biglaugh: kalo ngga mau yg 3.0V better ambil altis aja. lebih irit, perawatan lebih murah, enaknya gak beda jauh namanya mbl umur segitu mah.

Accord CM5 juga enak, lebih enak dari camry, model lebih cakep :big_grin: ngerawat lebih mahal sih tapi. nyari yang bagus juga lebih susah. tapi kalo nemu yang bagus, beuh enaknya :mky_02:

kemaren ada CM5 FL mintanya 58 aja full record honda tp mati pajak dr 2014.
nice points,

jujur aja saya ragu masalah kelistrikan nya karena saya pake mobil mentok di innova tipe spartan wkwkwkwkwk
ngeliat banyak mainan dan kenop2 dan sensor2 kayaknya bakal mumet kl ada yang rusaknya merembet
yes setuju so far ngeliat yang 3000 rata rata lebih seger dari yang 2400, dan jarang yang jadi bahan prakarya.

Altis, size nya yang rada kurang wkwkwk. pilihan aman juga si altis mah..

CM5 gua seremnya kl kaki2 mulai rusak, link nya kemana mana wakakakaka.
Pboyz97 wrote: 16 Mar 2023, 11:27 kalo dari semua kandidat saya vote camry, tapi kalo bisa tipe V atau yg 3.0 karena fiturnya lebih lengkap daripada yg G . kalo kedua, saya vote cm5 vtil, paling fun to drive & tarikannya paling enak dibanding kandidat lainnya . kalo ketiga saya vote altis hehehe
. kalo alternatif, bisa pertimbangkan vios gen 2 tipe G, sepertinya masuk budget

kalo alternatif, dari kandidat city car/ hatch, bisa consider sirion 2012-2014 or mirage 2012-2014. sepertinya masuk budget juga . atau yaris bakpao keluaran awal masuk budget dan kriteria sepertinya, walaupun secara tahun sepertinya agak melenceng dari kriteria awal. tapi mesinnya sama persis setau saya dengan model 2010 up hehehe
sirion saya ogah, karena bukan selera dan terlalu berasa xenia wkwkwk.
Mirage yang harga dibawah 80 hanya manual dan rata rata sudah jadi bekas prakarya, thank you.
Yasir kodok juga yg dibawah 80 rata rata sudah jadi bekas prakarya.. skip dulu..
ChZ wrote: 16 Mar 2023, 14:08 anyway ane baca judul ini... jadi iseng liat website kawasaki. ngeri jg yah ninja 250 sekarang di 70-80 jutaan.

gw karena ga ngikutin motor cuma inget temen dulu beli ninja 250 karbu thn 2011... 50 jutaan.
yup
CBR250SP ABS juga segituan..

tadinya gua mao upgrade motor, Ninja gua uda mulai merepotkan,
tapi sejak bini isi sepertinya gua perlu nambah 1 kendaraan roda empat lagi..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 15 May 2016, 12:22

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by mattsebastian7 »

Kalau dari list pilihan mobil ini, Accord S86 mungkin kurang cocok ya. Dulu saya juga pernah punya S86 ini, mobilnya sih nyaman & empuk. Palingan ya road noise khas honda di kecepatan tinggi, padahal peredaman pintunya bagus.

Oh ya generasi honda jaman segini transmisi maticnya kurang reliable (terutama yg V6 di luar negeri juga, mirip dengan odyssey tahun yg sama). Terakhir mau dijual mulai menunjukkan tanda2 perlu overhaul :mky_05: shifting 1 ke 2 nggak bisa halus.

Camry pilihan paling oke sih diantara semuanya kalau mau sedan. Altis sebenernya juga bagus kok, ukuran compact tapi nyamannya masih dapet & harganya udah terjangkau.
Peugeot kalau tinggal di daerah jakarta & ada tahu spesialis mungkin bisa dicoba juga.

Kalau hatchback mungkin bisa coba kia picanto? Sayangnya sih fiturnya minim banget wkwkw cuma bentuknya lucu
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by fansdiesel »

ChZ wrote: 16 Mar 2023, 14:08 anyway ane baca judul ini... jadi iseng liat website kawasaki. ngeri jg yah ninja 250 sekarang di 70-80 jutaan.

gw karena ga ngikutin motor cuma inget temen dulu beli ninja 250 karbu thn 2011... 50 jutaan.
motor sport 150 cc aja uda mau nyentuh 40 juta semua.... 10 taun lalu 46 juta uda dapet ninja 250 :mky_01: :mky_01: :mky_01:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by zonepublic »

fansdiesel wrote: 18 Mar 2023, 22:01
ChZ wrote: 16 Mar 2023, 14:08 anyway ane baca judul ini... jadi iseng liat website kawasaki. ngeri jg yah ninja 250 sekarang di 70-80 jutaan.

gw karena ga ngikutin motor cuma inget temen dulu beli ninja 250 karbu thn 2011... 50 jutaan.
motor sport 150 cc aja uda mau nyentuh 40 juta semua.... 10 taun lalu 46 juta uda dapet ninja 250 :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Motor matic sejak honda adv tahun 2019 saja sudah 37jt yg abs
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 10 May 2013, 18:33

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by suvmania »

Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by doge »

suvmania wrote: 19 Mar 2023, 16:19 Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
klo city sm jazz era itu gamblingnya dlu waktu servis smpet kena oli matic biasa apa ngga; soalnya jaman itu klo g slh inget, g cm bengkel umum, beresnya aja ada yg masukin atf (mestinya cvtf)

idsi sm vtec beda di jml busi (idsi 8 vtec4) selain jelas performa ngaciran yg vtec jauh

tp jujur klo mobil yg di list itu, slowmoving apalagi bodypart pasti mulai ada repot"nya; ada yg krn udh 15+th ada yg krn emg jarang yg pny ; paling aman mungkin vios gen 1 ya; pernah jd taksi
:ngacir:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by zonepublic »

suvmania wrote: 19 Mar 2023, 16:19 Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
Menurut saya Sebenernya mobil buat belajar nyetir yg bikin jago itu yg ga enak smuanya jadi feedbacknya dapet(setirnya berat,bodinya gede,lemot),mitsubishi L300,suzuki carry van plg ideal kayanya,Ntar kalo lulus bawa brio pasti jago,kalo belom2 udah bawa mobil enak pasti ntar kalo udah dilepas bakal banyak insiden
Dulu saya belajar nyetir pertama pake mobil corolla tahun 76
Kaya gini
IMG_20230321_015535.jpg
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by esaka »

Pilihannya udah jelas banget sih kalau begini.
Either Camry, Accord, Altis, City. Di pantat gw yg nggak sensitif, Honda City udah bare minimum kalau mau naikan sedan yang enak. Tapi kalau dana segitu, langsung hajar Camry aja. Mesin 2.4L varian paling bawah pun gak masalah, dan justru pajaknya nggak jauh beda ama Ipah 1TR di angka ~2.5-3.5 jeti per tahun.
suvmania wrote: 19 Mar 2023, 16:19 Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
kasih aja boil sedan tua om kalau memang fokusnya mo belajar, karena seenggaknya worry-free kalau terjadi insiden. Penyok kagak masalah karena emang boil buaat belajar. Ane sepaham ama yang vote Corolla tua tahun 76 di atas. Soalnya ane pribadi belajar pake Panther LV. Buat ngasah skill dan fokus nyetir karena nggak terdistraksi ama fitur2 canggih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ChZ »

suvmania wrote: 19 Mar 2023, 16:19 Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
kemaren katanya mau shirr repair plisurr kak mir :big_biglaugh:

beli E36 apa E46 bahan aja. pake belajar nabrak2 ga kuatir skalian aja nanti hadiah beres belajar dibenerin mobilnya wkwkwkkw.

skalian belajar benerin mobil :mky_03: istri ente 1 bulan aja pasti udah akrab ama mekanik sama istilah2 macem thermostat atau visco fan :mky_03: part gampang pake banget E36 mah kampakan bejibun tuh tinggal telpon transfer barang dikirim beres wkwkwkwkkw. murah lagi dibanding jepangan.

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by ricz »

suvmania wrote: 19 Mar 2023, 16:19 Hi Om, saya juga lagi ketemu pilihan dgn budget yg kurang lebih sama. Tujuan beli utk istri belajar nyetir. Beberapa opsi yg udh saya kumpulin sbb:

1. City GD8 (2003-2007)
2. Vios Gen 1
3. Nissan March XS
4. Ford Fiesta Trend (ini kayaknya bakal jadi money pit, jadi saya coret)
5. Toyota ist (slow moving part sepertinya sulit, mobil belajar kayaknya butuh yg slow moving nya adaan jg karena risiko nyenggol sana sini)

Overall itu sih yg ane udh dapet om, sejauh ini sih hati paling condong ke City GD8 CVT (idsi atau vtec kayaknya sama aja sih di ane). Cuma masih agak ragu2 masalah CVT yg katanya sering problem. Om2 disini ada rekomendasi bengkel Honda non resmi kah di JakSel buat urusan CVT ini? Atau di daerah jakarta lain jg ok sih kalau memang gak ada opsi di JakSel. Terima kasih sebelumnya :smoke:
ijin inputnya bang...

kalo city idsi sama vtec sih mendingan pili vtec sih bang, soalnya businya idsi itu 8 (agak kuras dompet apalg kalo pake busi bagus) instead of 4 di vtec. tenaga lebih enakan vtec, dan ntah kenapa remnya vtec itu lebi gigit. rem city idsi itu ngeri bgt senin-kamisnya :mky_07:

pernah pindah dari yaris bakpao nyokap ke city idsinya si om, hampir nyundul krn ga biasa nakar remnya yg senin-kamis itu :big_chicken:

dari antara 2 options itu, pilih antara City VTEC atau March sih. March bentuknya imut dan cocok utk wanita, dan tahun masih lumayan tinggi...

anyway, agya ayla matic gak masuk incaran bang?
2021 Fortuner VRZ
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: 10 May 2013, 18:33

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by suvmania »

doge wrote: 20 Mar 2023, 10:18
klo city sm jazz era itu gamblingnya dlu waktu servis smpet kena oli matic biasa apa ngga; soalnya jaman itu klo g slh inget, g cm bengkel umum, beresnya aja ada yg masukin atf (mestinya cvtf)

idsi sm vtec beda di jml busi (idsi 8 vtec4) selain jelas performa ngaciran yg vtec jauh

tp jujur klo mobil yg di list itu, slowmoving apalagi bodypart pasti mulai ada repot"nya; ada yg krn udh 15+th ada yg krn emg jarang yg pny ; paling aman mungkin vios gen 1 ya; pernah jd taksi
Nah, maksud ane adalah ane gak terlalu ngeliat performa sih, jadi yg idsi pun ane ngerasa cukup aja om. cuma bener sih, baca2 di grup FB nya city, keliatannya banyak banget yg masalah di CVT nya :off_no:
Vios gen 1 cukup menarik sih, ada pengalaman kah om dengan vios gen 1?
zonepublic wrote: 21 Mar 2023, 01:53 Menurut saya Sebenernya mobil buat belajar nyetir yg bikin jago itu yg ga enak smuanya jadi feedbacknya dapet(setirnya berat,bodinya gede,lemot),mitsubishi L300,suzuki carry van plg ideal kayanya,Ntar kalo lulus bawa brio pasti jago,kalo belom2 udah bawa mobil enak pasti ntar kalo udah dilepas bakal banyak insiden
Dulu saya belajar nyetir pertama pake mobil corolla tahun 76
Kaya gini
IMG_20230321_015535.jpg
thanks om inputnya, sejujurnya ini mobil juga mau dipake buat harian, gantian sama mobil harian ane juga, jadinya butuh yg lumayan nyaman buat commuting, jadi motuba atau mobil manual atau yg tanpa bantuan elektrik keliatannya belum bisa jadi opsi om :mky_01:
esaka wrote: 21 Mar 2023, 09:08 kasih aja boil sedan tua om kalau memang fokusnya mo belajar, karena seenggaknya worry-free kalau terjadi insiden. Penyok kagak masalah karena emang boil buaat belajar. Ane sepaham ama yang vote Corolla tua tahun 76 di atas. Soalnya ane pribadi belajar pake Panther LV. Buat ngasah skill dan fokus nyetir karena nggak terdistraksi ama fitur2 canggih.
thanks om, mobil sedan tua itu kira2 opsinya apa ya om? apakah seperti greco, all new corolla dll? sedan tahun 90-2000 awal ya?
ChZ wrote: 21 Mar 2023, 10:22 kemaren katanya mau shirr repair plisurr kak mir :big_biglaugh:

beli E36 apa E46 bahan aja. pake belajar nabrak2 ga kuatir skalian aja nanti hadiah beres belajar dibenerin mobilnya wkwkwkkw.

skalian belajar benerin mobil :mky_03: istri ente 1 bulan aja pasti udah akrab ama mekanik sama istilah2 macem thermostat atau visco fan :mky_03: part gampang pake banget E36 mah kampakan bejibun tuh tinggal telpon transfer barang dikirim beres wkwkwkwkkw. murah lagi dibanding jepangan.

:ngacir:
hahahaha shirrr ngebengkel plisurrr ini mah nanti aja chris buat ane, soalnya mau sekalian beli yg manual, sekalian buat belajar dagang kecil2an. kalo buat bini mah kayaknya dikasih yg gampang2 aja, yg bisa tinggal isi bensin udah ngacir.. :mky_04:
ricz wrote: 21 Mar 2023, 11:21 ijin inputnya bang...

kalo city idsi sama vtec sih mendingan pili vtec sih bang, soalnya businya idsi itu 8 (agak kuras dompet apalg kalo pake busi bagus) instead of 4 di vtec. tenaga lebih enakan vtec, dan ntah kenapa remnya vtec itu lebi gigit. rem city idsi itu ngeri bgt senin-kamisnya :mky_07:

pernah pindah dari yaris bakpao nyokap ke city idsinya si om, hampir nyundul krn ga biasa nakar remnya yg senin-kamis itu :big_chicken:

dari antara 2 options itu, pilih antara City VTEC atau March sih. March bentuknya imut dan cocok utk wanita, dan tahun masih lumayan tinggi...

anyway, agya ayla matic gak masuk incaran bang?
hi ricz, thanks inputnya btw. ini city vtec sama idsi emangnya beda sistem pengereman ya?
agya ayla matic sebenarnya tertarik sih, tapi kok belum ada ABS nya ya? karena buat newbie, kayaknya ane lebih confident dengan yg ada ABS nya.. selain itu sih sebenarnya agya ayla matic ini perfect sih (kecuali harga sekennya yg masih lumayan mahal karena budget ane 50++ dan ayla matic 2014 rata2 buka harga 75++) :big_slap:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Anything Below The Price of a New 250cc 2 Cylinder Bike

Post by doge »

suvmania wrote: 21 Mar 2023, 15:25
doge wrote: 20 Mar 2023, 10:18
klo city sm jazz era itu gamblingnya dlu waktu servis smpet kena oli matic biasa apa ngga; soalnya jaman itu klo g slh inget, g cm bengkel umum, beresnya aja ada yg masukin atf (mestinya cvtf)

idsi sm vtec beda di jml busi (idsi 8 vtec4) selain jelas performa ngaciran yg vtec jauh

tp jujur klo mobil yg di list itu, slowmoving apalagi bodypart pasti mulai ada repot"nya; ada yg krn udh 15+th ada yg krn emg jarang yg pny ; paling aman mungkin vios gen 1 ya; pernah jd taksi
Nah, maksud ane adalah ane gak terlalu ngeliat performa sih, jadi yg idsi pun ane ngerasa cukup aja om. cuma bener sih, baca2 di grup FB nya city, keliatannya banyak banget yg masalah di CVT nya :off_no:
Vios gen 1 cukup menarik sih, ada pengalaman kah om dengan vios gen 1?
klo vios sndiri g ada pengalaman pny sy nya :big_sorry:

oiya baru inget jaman itu jazz city yg idsi remnya dpn cakram blkg tromol, yg vtec cakram smua
:ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post