Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by kendibocor »

Zenix terlalu awal bwat tau ada masalah apa nggak (kekuatan kaki2, mesin, dll). Reborn sih uda terjamin ya cuma berasa tua aja dibanding zenix. Kenyamanan jg kayaknya beda lumayan jauh ma zenix.
Kalo saya jd om sih ambil zenix dengan platform lebih baru. Tp kalo gamau pusing n pake mbl asal glinding aja ya mungkin lebih peace of mind ambil reborn.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by vulvy8858 »

adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya dulu pake KD terus ganti GD dan sekarang nambah Zenix tapi yang batre.
semuanya seri G warna hitam.
KD 2013 dono gitong stendet rentalan
GD 2016 putu jedak stendet operasional pabrik
Zenix 2023 batre modellista ala ala

alasan saya dulu ganti KD ke GD karena kehalusan mesin & efisiensi nya
dan pas GD keluar, harga KD lagi mahal2nya jadi ga rugu pas jual :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kaki2 sama2 badak, tenaga lebih gede dalam kondisi stendet, sama cruising speed lebih tinggi di tol.

nyesel? ada dikit.
GNKI lebih empuk & lega, jok nya lebih tebal, dan bantingan suspensi nya lebih antep / ga ngayun dari reborn.
sama sparepart yang slow moving seperti body part dan elektrikal, punya reborn lebih mahal.
pajak 4 vs 5.6.
lebih sempit reborn dari GNKI.

zenix batre baru jalan 3000an km.
cuma bisa share driving impression sama konsumsi bbm dan impression jadi penumpang aja.

cerita saya disini ya
viewtopic.php?t=32574
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

hmmmmm di gimanain kalo dari KD ke zenix sih tetep zenix. bahkan beli zenix gasoline G aja udah sangat worth... klo zenix ber batre tergantung pake nya kalo gak jadi kuda beban dipake AKAP dan lebih dari 15 ribu per tahun keknya enak beli gasoline aja.

gak berasa pengiritannya kalo mobil batre jarang pake malah cuma bayarin umur batrenya.

kalau ngomong FWD lebih ribet rasanya tidak sih. FWD itu rusaknya sekarang paling common ya bushing dan link-link. dan rusaknya gak bakal tiap tahun ganti jg sih wkwkwkwk dicuekin ya bisa asal tahan kuping ama suara glodakan krn bushing udah kena. shock malah surprisingly jarang kena.

repair bushing arm/link dan racksteer jg murah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Venturtle »

Kalau mobil lamanya masih gak ada masalah, mending pertahankan saja.. kebanyakan build quality mobil zaman now agak meragukan.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
Location: Tebet

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by romi10 »

Mending hybrid aja deh om kl emang uda fix pgn ganti, zenix bensin lemot..

Tp kl buat ane pribadi KD itu mobil perang, alat penunjang cari cuann, teman yg sangat sigap untuk diajak tempur sehari-hari, selama deket rmh ada solar ya, jd bukan yg bs d ganti2 ke yg lain, ntar ujung2nya nyesel wkwkwk...kecuali bener2 BU

Kl ane mending duitnya buat beli/kredit ruko kecil2an deh buat nambah cuan...
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


kendibocor wrote:Zenix terlalu awal bwat tau ada masalah apa nggak (kekuatan kaki2, mesin, dll). Reborn sih uda terjamin ya cuma berasa tua aja dibanding zenix. Kenyamanan jg kayaknya beda lumayan jauh ma zenix.
Kalo saya jd om sih ambil zenix dengan platform lebih baru. Tp kalo gamau pusing n pake mbl asal glinding aja ya mungkin lebih peace of mind ambil reborn.
Liat2 orang yg beli batch awal yg gasoline ada issue di pelampung bahan bakar, jd indikator nya bs naik turun liar..

vulvy8858 wrote:
adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya dulu pake KD terus ganti GD dan sekarang nambah Zenix tapi yang batre.
semuanya seri G warna hitam.
KD 2013 dono gitong stendet rentalan
GD 2016 putu jedak stendet operasional pabrik
Zenix 2023 batre modellista ala ala

alasan saya dulu ganti KD ke GD karena kehalusan mesin & efisiensi nya
dan pas GD keluar, harga KD lagi mahal2nya jadi ga rugu pas jual :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kaki2 sama2 badak, tenaga lebih gede dalam kondisi stendet, sama cruising speed lebih tinggi di tol.

nyesel? ada dikit.
GNKI lebih empuk & lega, jok nya lebih tebal, dan bantingan suspensi nya lebih antep / ga ngayun dari reborn.
sama sparepart yang slow moving seperti body part dan elektrikal, punya reborn lebih mahal.
pajak 4 vs 5.6.
lebih sempit reborn dari GNKI.

zenix batre baru jalan 3000an km.
cuma bisa share driving impression sama konsumsi bbm dan impression jadi penumpang aja.

cerita saya disini ya
viewtopic.php?t=32574
Iya sdh baca ceritanya om.. wkwkwkw
Kebetulan nyari review semua reviewnya yg hybrid..
Salah satu faktor agak2 ngga mau ke GD karena feelnya mirip2 sama KD, dan bener kabin nya agaknlebih sempit sedikit, dengan fitur yg mirip2 jg.. ( kecuali V sama Venturer ya )
ChZ wrote:hmmmmm di gimanain kalo dari KD ke zenix sih tetep zenix. bahkan beli zenix gasoline G aja udah sangat worth... klo zenix ber batre tergantung pake nya kalo gak jadi kuda beban dipake AKAP dan lebih dari 15 ribu per tahun keknya enak beli gasoline aja.

gak berasa pengiritannya kalo mobil batre jarang pake malah cuma bayarin umur batrenya.

kalau ngomong FWD lebih ribet rasanya tidak sih. FWD itu rusaknya sekarang paling common ya bushing dan link-link. dan rusaknya gak bakal tiap tahun ganti jg sih wkwkwkwk dicuekin ya bisa asal tahan kuping ama suara glodakan krn bushing udah kena. shock malah surprisingly jarang kena.

repair bushing arm/link dan racksteer jg murah :mky_03:
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
Venturtle wrote:Kalau mobil lamanya masih gak ada masalah, mending pertahankan saja.. kebanyakan build quality mobil zaman now agak meragukan.
Mobil lama ngga ada masalah. Cuma ya namanya umur ngga bohong (karet2 terutama) mulai bocor + drama biosol akhir2 ini yg mulai susah..
Build quality zenix yg ancur banget pas pertama launch bikin mundur sih.. padahal waktu awal sdh mantep mau beli yg G ( ga suka V karena RSE nya waktu test drive bunyi kriyet2 annoying banget ). sekarang lg kepikiran lg gara2 menkeu kmrn nyoba zenix suka sama kelegaan dalamnya..
Sempet mikir apa nunggu next batch aja siapa tau ada perbaikan..
Kalaupun beli zenix G, harus di retrim full dalamnya biar lebih berasa proper
romi10 wrote:Mending hybrid aja deh om kl emang uda fix pgn ganti, zenix bensin lemot..

Tp kl buat ane pribadi KD itu mobil perang, alat penunjang cari cuann, teman yg sangat sigap untuk diajak tempur sehari-hari, selama deket rmh ada solar ya, jd bukan yg bs d ganti2 ke yg lain, ntar ujung2nya nyesel wkwkwk...kecuali bener2 BU

Kl ane mending duitnya buat beli/kredit ruko kecil2an deh buat nambah cuan...
Betul KD mobil perang sama sekali ga nyusahin sih..
Hampir 160rb km dan ga ada masalah berarti kecuali perawatan normal dosng.. mesin masih sangat kering, kaki2 sehat, injector aman..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ariswp »

Yah gimana ya, sudah pernah icip zenix gasoline sejauh 200an km (perkotaan - tol ngawi - jalan provinsi ngawi cepu yg kelok2 dan gak mulus)

Dari GNKI KD ke zenix? Saya sih yes pake banget ke zenix M20 udah lompatan jauh
Bawa jarak jauh zenix ga cape, reborn sebaliknya
(saya bawa reborn kantor misal cilacap solo itu baru sampe ambarketawang udah kudu minum ponstan, sementara bawa crv re cilacap solo malemnya keluar lagi jalan2 cari makan gak ada cape2nya dan pusingnya)

Interior zenix lega, posisi duduk udah "proper" untuk seekor innova, handling baik, tidak seperti bawa kapal
Mau dibilang bantingan lebih keras, ya bagi saya enggak sih
Mesin M20 FKS + CVT toyota baru juga tenaganya lebih dari cukup, bawahnya jauh lebih bertenaga ketimbang R20 + 5AT honda, cuma atasnya aja enakan honda dikit, mungkin M20 diset efisiensi

Ya ini dari impresi saya yg pelihara 3 ekor honda dan tidak terbiasa bawa ladder frame, bagi saya ladder frame + bau asap diesel gak ada enak2nya (pov driver)
Mungkin yg sudah terbiasa ladder frame diesel sebaliknya, lebih nyaman dan empuk ladder frame td + torsi yg melimpah buat bawa eyang sampe buyut
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 4:12
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
20k per tahun, 8 tahun udah +-150-160ribu ud impas sama penghematan hybridnya. :mky_03:

tapi iya sih, makin banyak komponen makin random jg kerusakannya :big_bored: apalagi urusan per batre an. ud agak kesel ngurusin batre2an gegara kicks. wkwkwkkwkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


ariswp wrote:Yah gimana ya, sudah pernah icip zenix gasoline sejauh 200an km (perkotaan - tol ngawi - jalan provinsi ngawi cepu yg kelok2 dan gak mulus)

Dari GNKI KD ke zenix? Saya sih yes pake banget ke zenix M20 udah lompatan jauh
Bawa jarak jauh zenix ga cape, reborn sebaliknya
(saya bawa reborn kantor misal cilacap solo itu baru sampe ambarketawang udah kudu minum ponstan, sementara bawa crv re cilacap solo malemnya keluar lagi jalan2 cari makan gak ada cape2nya dan pusingnya)

Interior zenix lega, posisi duduk udah "proper" untuk seekor innova, handling baik, tidak seperti bawa kapal
Mau dibilang bantingan lebih keras, ya bagi saya enggak sih
Mesin M20 FKS + CVT toyota baru juga tenaganya lebih dari cukup, bawahnya jauh lebih bertenaga ketimbang R20 + 5AT honda, cuma atasnya aja enakan honda dikit, mungkin M20 diset efisiensi

Ya ini dari impresi saya yg pelihara 3 ekor honda dan tidak terbiasa bawa ladder frame, bagi saya ladder frame + bau asap diesel gak ada enak2nya (pov driver)
Mungkin yg sudah terbiasa ladder frame diesel sebaliknya, lebih nyaman dan empuk ladder frame td + torsi yg melimpah buat bawa eyang sampe buyut

Yes kalo nyaman setuju..
Cuma masih cari info sih yg gasoline se"irit" apa dan sekuat apa..
Siapa tau ada pengusaha rental disini yg abuse zenixnya..

Saya dari kecil sampe sdh berkeluarga selalu pakai ladder frame diesel..
Tp memang ladder frame ga enak kalo duduk tengah / belalang luar kota.. saya disetirin solo bandung capek banget rasanya..
ChZ wrote:
adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 4:12
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
20k per tahun, 8 tahun udah +-150-160ribu ud impas sama penghematan hybridnya. :mky_03:

tapi iya sih, makin banyak komponen makin random jg kerusakannya :big_bored: apalagi urusan per batre an. ud agak kesel ngurusin batre2an gegara kicks. wkwkwkkwkw
Nah itu, tinggal cost bbm per liter + sparepart kecil2 kelistrikan yg perlu diremajakan dalam range waktu setelah garansinya itu baru kelihatan mana yg lebih "murah"

Less electrical = less problems sih bener [emoji1787][emoji1787]

Kicks udah selesai masalahnya ?
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 7:01 Nah itu, tinggal cost bbm per liter + sparepart kecil2 kelistrikan yg perlu diremajakan dalam range waktu setelah garansinya itu baru kelihatan mana yg lebih "murah"

Less electrical = less problems sih bener [emoji1787][emoji1787]

Kicks udah selesai masalahnya ?
belum, jawaban dari nissan nya terima nasib semua normal normal saja :mky_07:

dari dulu avg 25-26 kml sekarang paling 18 kml :mky_07: ya udah dinikmatin jadi mobil perang aja
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

ChZ wrote:
adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 7:01 Nah itu, tinggal cost bbm per liter + sparepart kecil2 kelistrikan yg perlu diremajakan dalam range waktu setelah garansinya itu baru kelihatan mana yg lebih "murah"

Less electrical = less problems sih bener [emoji1787][emoji1787]

Kicks udah selesai masalahnya ?
belum, jawaban dari nissan nya terima nasib semua normal normal saja :mky_07:

dari dulu avg 25-26 kml sekarang paling 18 kml :mky_07: ya udah dinikmatin jadi mobil perang aja
Okelah dalkot semarang segitu..
Cb pake 1TR, dalkot 1:9 udah Puji Tuhan
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 7:08 Okelah dalkot semarang segitu..
Cb pake 1TR, dalkot 1:9 udah Puji Tuhan
pake M52B28 masih 3x lebih boros dari kicks... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

ChZ wrote:
adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 7:08 Okelah dalkot semarang segitu..
Cb pake 1TR, dalkot 1:9 udah Puji Tuhan
pake M52B28 masih 3x lebih boros dari kicks... :ngacir:
Ampun lah kalo inii...
Wkwkwkwk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Pboyz97 »

adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya ex user GNKI 1 TR 2.0 V bensin AT 2014 & ANKI reborn 2.4 G diesel at 2018 + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin. tergantung nyari apa. kalo nyari fitur, kenyamanan, bantingan suspensi, desain yg lebih fresh, sm pemakaian mayoritas dalkot worth buat upgrade. tapi kalo mayoritas lukot, sering lewat tanjakkan turunan jalna rusak, saya lebih prefer reborn or keep gnki nya. kebetulan udh pernah nyewa GNKI diesel at jg , dibanding voxy dengan rute sama + kondisi sama2 full load, mending GNKI diesel jauh, apalagi kalo buat nanjak , di gnki berasa lebih efortless, reborn pun sama, 1/2 gas aja udh ngisi tarikannya, tapi kalo di voxy, ngeden bgt, bener2 bengek ngek ngek :big_biglaugh: , harus digas dalem ampe meraung dulu mesinnya baru bisa nyalip mobil di depannya kalo nanjak, even dibanding CRV turbo saya sblmnya pun yg sama2 CVT, CRV masih lebih unggul dibanding zenix / voxy kalo rute lukot or tanjakkan turunan (pengalaman sendiri bukan katanya katanya)

kalo biasa make ladder ya bakal gak se awet ladder kalo rata2 jalan kurang halus, tp kalo mereknya toyota harusnya gak ada masalah soal long term durabilitynya hehehe , sm kalo reborn diesel jg harganya naik karena peminatnya di daerah masih banyak. mending cari di jabodetabek aja saran saya, selisih harganya lumayan dibanding luar jabodetabek, terutama hitam putih yg entah knp bisa beda 10jtan dibanding warna lain tahun sama tipe sama (pengalaman jual reborn) :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by KielConstantine »

Zenix hybrid aj om. Nambah dikit lg lah wkwk. Tuh si om pboyz ada voxy 2023 aj dibilang bengek buat nanjak :big_biglaugh:

Ntar puyeng loh dari biasa bawa 2kd injek gas dikit torsi ngisi, ganti m20a-fks jd ngempos.. hahaaa
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by RezPrat »

Kalo mau nyaman, bebas bau asap diesel dan power lebih gede (putaran atas, torsi bawah ttp diesel) ambil zenix om, kalo mobil jalan 10rbankm/tahun mending ambil non-hybrid aja, klo mau jalan jauh2 / tahun nya, ambil yg hibrid om.
Trus kalo jalan d kota om rata2 mulus semua, no worry ambil zenix.
-salam dari pemakai 2GD hehehe
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Chr1stm1 »

kalau saya personally choose Zenix, selain anyar, ride qualitynya juga udah menang 1 level diatas reborn
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by sherryandkez »

ChZ wrote: Tue Jun 06, 2023 6:40
adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 4:12
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
20k per tahun, 8 tahun udah +-150-160ribu ud impas sama penghematan hybridnya. :mky_03:

tapi iya sih, makin banyak komponen makin random jg kerusakannya :big_bored: apalagi urusan per batre an. ud agak kesel ngurusin batre2an gegara kicks. wkwkwkkwkw
apa kabar camry ane 240rb km, 200rb km 11 tahun di 1st owner dan 40rb km 5 bulan sama ane :big_weee:

penghematan hybrid stonks :big_biglaugh:

btw komponen hybrid yang perlu ganti seumur2 si camry di recordnya cuma batere aja, sisanya aman

buat om TS, sikat Zenix aja ga akan nyesel. jadi kuli juga ayo, ini Zenix ane baru seminggu dateng udah 800km :big_weee: alamat 3 taun 100rb km nich
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ctopher7 »

adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kyknya kalo saya jadi om (ada gnki 2kd dan duit 400 jt) saya bakal cari mobil kedua tapi bukan mpv lagi. mungkin ikut aliran suhu suhu serayabmw. 2kdnya buat pake harian / ke jalan rusak, beli 1 lagi bmw second buat weekend car / narik di tol :big_weee: sisa duitnya yah buat peremajaan 2 mobil itu cukup lah hehe

yah tapi balik lagi ke masing masing orang ya. kalo mau tuker gnki dengan zenix g gasoline harusny berasa upgrade pasti
pecinta bio solar
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


ctopher7 wrote:
kyknya kalo saya jadi om (ada gnki 2kd dan duit 400 jt) saya bakal cari mobil kedua tapi bukan mpv lagi. mungkin ikut aliran suhu suhu serayabmw. 2kdnya buat pake harian / ke jalan rusak, beli 1 lagi bmw second buat weekend car / narik di tol :big_weee: sisa duitnya yah buat peremajaan 2 mobil itu cukup lah hehe

yah tapi balik lagi ke masing masing orang ya. kalo mau tuker gnki dengan zenix g gasoline harusny berasa upgrade pasti
2kdnya dituker tambah kalo inimm wkwkwkkw
Mobil 1 aja lah, yg pake saya sendiri jg.. drpd banyak2 mobil nanti yg 1 malah ga kerawat...

sherryandkez wrote:
apa kabar camry ane 240rb km, 200rb km 11 tahun di 1st owner dan 40rb km 5 bulan sama ane :big_weee:

penghematan hybrid stonks :big_biglaugh:

btw komponen hybrid yang perlu ganti seumur2 si camry di recordnya cuma batere aja, sisanya aman

buat om TS, sikat Zenix aja ga akan nyesel. jadi kuli juga ayo, ini Zenix ane baru seminggu dateng udah 800km :big_weee: alamat 3 taun 100rb km nich

Gasoline masalahnyaa.. wkwkwkwk
G hybrid sih mgkn paling mentok.. nunggu stok aman aja lah. Siapa tau harganya bs turun..
Chr1stm1 wrote:kalau saya personally choose Zenix, selain anyar, ride qualitynya juga udah menang 1 level diatas reborn
Noted om.. thank you masukannya..

RezPrat wrote:Kalo mau nyaman, bebas bau asap diesel dan power lebih gede (putaran atas, torsi bawah ttp diesel) ambil zenix om, kalo mobil jalan 10rbankm/tahun mending ambil non-hybrid aja, klo mau jalan jauh2 / tahun nya, ambil yg hibrid om.
Trus kalo jalan d kota om rata2 mulus semua, no worry ambil zenix.
-salam dari pemakai 2GD hehehe
Setaun sih 15 - 20rb km kira2..
Jalan bukan mulus semua, ada lah jalan2 khas tambal sulam di daerah.. wkwkwkwk..

KielConstantine wrote:Zenix hybrid aj om. Nambah dikit lg lah wkwk. Tuh si om pboyz ada voxy 2023 aj dibilang bengek buat nanjak :big_biglaugh:

Ntar puyeng loh dari biasa bawa 2kd injek gas dikit torsi ngisi, ganti m20a-fks jd ngempos.. hahaaa
Belom nyoba nanjak2 sih pake mesin m20a.. rute nggak ekstrim jg [emoji1787][emoji1787][emoji1787]

Pboyz97 wrote:
adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya ex user GNKI 1 TR 2.0 V bensin AT 2014 & ANKI reborn 2.4 G diesel at 2018 + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin. tergantung nyari apa. kalo nyari fitur, kenyamanan, bantingan suspensi, desain yg lebih fresh, sm pemakaian mayoritas dalkot worth buat upgrade. tapi kalo mayoritas lukot, sering lewat tanjakkan turunan jalna rusak, saya lebih prefer reborn or keep gnki nya. kebetulan udh pernah nyewa GNKI diesel at jg , dibanding voxy dengan rute sama + kondisi sama2 full load, mending GNKI diesel jauh, apalagi kalo buat nanjak , di gnki berasa lebih efortless, reborn pun sama, 1/2 gas aja udh ngisi tarikannya, tapi kalo di voxy, ngeden bgt, bener2 bengek ngek ngek :big_biglaugh: , harus digas dalem ampe meraung dulu mesinnya baru bisa nyalip mobil di depannya kalo nanjak, even dibanding CRV turbo saya sblmnya pun yg sama2 CVT, CRV masih lebih unggul dibanding zenix / voxy kalo rute lukot or tanjakkan turunan (pengalaman sendiri bukan katanya katanya)

kalo biasa make ladder ya bakal gak se awet ladder kalo rata2 jalan kurang halus, tp kalo mereknya toyota harusnya gak ada masalah soal long term durabilitynya hehehe , sm kalo reborn diesel jg harganya naik karena peminatnya di daerah masih banyak. mending cari di jabodetabek aja saran saya, selisih harganya lumayan dibanding luar jabodetabek, terutama hitam putih yg entah knp bisa beda 10jtan dibanding warna lain tahun sama tipe sama (pengalaman jual reborn) :big_biglaugh:
Crv sih ngga demen bantingannya ya.. + kaki2 honda yang penyakitnya terlalu aneh2
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Takumi »

menurut sy sendiri sih Zenix ok sih , bagi yg nyari nyaman sama lega .. ya tapi prefer kalo bisa Zenix Hybrid yg G minial lah.
sempet di kasih mobil buat di review sih ni mobil cukup ok , memang innova sengaja mengeluarkan hybrid itu emang buat menggantikan diesel krn dari motor listrik nya yg bisa sudah cukup mengeluarkan torsi yang besar , serta efisien bahan bakarnya cukup lumayan untuk mobil bongsor dimana kalo bahan bakar diesel (kecuali solar subsidi harga nya udah lumayan skrg ) , kestabilannya sih juga enak cuma sayangnya versi V yg sy coba sih minusnya : otoman seat nya cukup maksa pada bagian kaki , mobil dimensinya lebar jatohnya kaya LC yg di kecilin , haluan belok nya kecil kurang patah (wajar sih fwd bongsor) , dan rem nya yang kurang ...
sisanya cukup ok , sy sih cukup puas menikmati fitur hybridnya walapun battery nya kapasitasnya masih terlalu kecil sih itu aja ..
tapi kalo emang suka modifikasi terutama performance non standar sih ya reborn 2kd at kemana2 ..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Tue Jun 06, 2023 6:40
adityawei wrote: Tue Jun 06, 2023 4:12
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
20k per tahun, 8 tahun udah +-150-160ribu ud impas sama penghematan hybridnya. :mky_03:

tapi iya sih, makin banyak komponen makin random jg kerusakannya :big_bored: apalagi urusan per batre an. ud agak kesel ngurusin batre2an gegara kicks. wkwkwkkwkw
Lah blm masuk scrapyard tuh mobil? :mky_03:

Suka curangnya indo kan gini. Iya sih garansi batere, tetek bengek xx tahun. Begitu mau claim dibilang normal semua. Trus kayak kasus ente kan beresnya ga ada tools bwat ukur kapasitas batere secara objektif kan mbah? Sama aja bohong kalo pake feeling apa bedanya sama montir pinggir jalan :mky_03:
ctopher7 wrote: Tue Jun 06, 2023 12:08
adityawei wrote: Mon Jun 05, 2023 15:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kyknya kalo saya jadi om (ada gnki 2kd dan duit 400 jt) saya bakal cari mobil kedua tapi bukan mpv lagi. mungkin ikut aliran suhu suhu serayabmw. 2kdnya buat pake harian / ke jalan rusak, beli 1 lagi bmw second buat weekend car / narik di tol :big_weee: sisa duitnya yah buat peremajaan 2 mobil itu cukup lah hehe

yah tapi balik lagi ke masing masing orang ya. kalo mau tuker gnki dengan zenix g gasoline harusny berasa upgrade pasti
Nah ini boleh jg :big_weee:
Tp biasanya ada 2 mbl gitu tar kebanyakan yg dipake baling2 bambunya. Gw seminggu 6 hari kerja paling tuh mazda cuma keluar 1-2 hari. Bodo amat tuh baling2 odo gondrong. Yg penting puas make.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Jun 06, 2023 15:19

Lah blm masuk scrapyard tuh mobil? :mky_03:

Suka curangnya indo kan gini. Iya sih garansi batere, tetek bengek xx tahun. Begitu mau claim dibilang normal semua. Trus kayak kasus ente kan beresnya ga ada tools bwat ukur kapasitas batere secara objektif kan mbah? Sama aja bohong kalo pake feeling apa bedanya sama montir pinggir jalan :mky_03:
warranty nya kebanyakan tanda bintang. wakakkakakakkaa.

makanya ud males berurusan dgn hibrit2an luar kota jg sebulan sekali blom tentu :upss: ena pake H tegak gasoline turbo irit kenceng :upss:

pake M52B28 rawatan simple biarpun skali isi bensin bikin mau bakar pom bensin full tank hampir cetiaw. wakakkakaka
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by slapnuts »

gas ambil Zenix lah om, ada gitu ya orang nyaman nyetir mobil ngangguk-angguk seperti reborn diesel? buat macet-macetan ga enak banget, setir berat, rem sensitif banget, direm dikit ngangguk, teken gas dikit belakangnya turun, belok kanan-kiri serasa bawa kapal, capek banget mau nyetir alus pakai reborn V diesel.

Jauh kalau dibandingkan nyetir monokok macam crv, cx5, Outlander, even dibanding Ertiga dan HRV yang berisik itu, masih lebih enak kedua mobil ini. beda cerita kalau rutenya banyak tambalan aspal atau jalan ga rata, enakan reborn. Tapi kalau jalan alus? ga ada enak-enaknya, mana ngayun banget pula bikin mabok.