WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lovendead
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Apr 2023, 04:26
Location: Cilacap
Daily Vehicle: Jazz GE8 2009

WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by lovendead »

Bro, newbie here need a sugestion. Mau ganti mobil 2nd dari jazz GE8 2009 dengan budget 240jt.
Keluhan paling utama di Jazz GE8 sih di shock yg harsh sama road noisenya yg cukup mengganggu, jadi rasanya kalo perjalanan jauh capek bener :mky_05: . Selebihnya secara praktikal udah enak sih Jazz :mky_08:


Kebutuhannya =
- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil :ungg:
- Upgrade secara NVH
- Mobil enak dipake ke daerah gunung (seperti Dieng, Baturaden, dsb)
- Perawatannya gak sulit karena emg tinggal dikota kecil :ungg:
- Ganteng :mky_02:


Udah sedikit research hasil yang disuka =
- Yaris
- City HB
- HRV??
- Baleno < sepertinya dicoret, ga doyan bentuknya :upss:

Mohon saran dan masukan suhu2 dimari
Terima Kasih
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by levofloxacine »

1. untuk pertimbangan yang pertama bila garasi kecil, ketiga calon penggantinya semuanya lebih lebar dan panjang dimensinya daripada jazz GE, city HB dan HRV panjang 4,3 m, yaris panjang nyaris 4,2 m, sedang jazz GE hanya 3,9 m, bila garasi kecil coba diukur dulu apakah masih muat.

2. untuk NVH, ketiganya upgrade dari Jazz GE, HRV 11/12 dengan city HB, untk road noise masih terasa, tetapi HRV menurut saya suspensi agak keras terutama bagi yang duduk di baris kedua, suspensi city HB lebih empuk dan nyaman, untuk yaris sepertinya urusan kekedapan, kenyamanan dan road noise sedikit di atas yg lain

3. seharusnya tidak masalah untuk urusan menanjak selama tidak ekstrim untuk ketiganya

4. bila di kotanya ada bengkel resmi seharusnya yang manapun tidak masalah

5. urusan ganteng subjektif sekali, bila menurut saya ketiganya tidak jelek tapi juga tidak ganteng, tetapi memang jazz GE bila urusan desain sulit mencari pengganti yang sepadan
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 28 Nov 2023, 18:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by bzt4 »

nggak tertarik ama small suv seperti raize, rocky atau wrv?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by ChZ »

lovendead wrote: 29 Nov 2023, 02:38 Bro, newbie here need a sugestion. Mau ganti mobil 2nd dari jazz GE8 2009 dengan budget 240jt.
Keluhan paling utama di Jazz GE8 sih di shock yg harsh sama road noisenya yg cukup mengganggu, jadi rasanya kalo perjalanan jauh capek bener :mky_05: . Selebihnya secara praktikal udah enak sih Jazz :mky_08:


Kebutuhannya =
- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil :ungg:
- Upgrade secara NVH
- Mobil enak dipake ke daerah gunung (seperti Dieng, Baturaden, dsb)
- Perawatannya gak sulit karena emg tinggal dikota kecil :ungg:
- Ganteng :mky_02:


Udah sedikit research hasil yang disuka =
- Yaris
- City HB
- HRV??
- Baleno < sepertinya dicoret, ga doyan bentuknya :upss:

Mohon saran dan masukan suhu2 dimari
Terima Kasih
biasa di sini banyak pembela garis keras GE8, padahal imho overrated wkwkkwkwkwkw terutama karena 2 faktor itu keras nya ampun ampunan.

ini kondisi new semua yah? kalo new City hatchback nurut saya paling ok. mobilnya enak buat long distance cruiser suspensinya gak bikin capek jok juga enak. new HRV agak sempit dalemnya. diskon besar City hatchback jadi jatuhnya malah value nya dapet di City.

tenaga L15ZF gampang kok dinaikin kalo kurang puas.

kalau 2nd ya ganti ke GK5 aja dah bener.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4637
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by Pboyz97 »

lovendead wrote: 29 Nov 2023, 02:38 Bro, newbie here need a sugestion. Mau ganti mobil 2nd dari jazz GE8 2009 dengan budget 240jt.
Keluhan paling utama di Jazz GE8 sih di shock yg harsh sama road noisenya yg cukup mengganggu, jadi rasanya kalo perjalanan jauh capek bener :mky_05: . Selebihnya secara praktikal udah enak sih Jazz :mky_08:


Kebutuhannya =
- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil :ungg:
- Upgrade secara NVH
- Mobil enak dipake ke daerah gunung (seperti Dieng, Baturaden, dsb)
- Perawatannya gak sulit karena emg tinggal dikota kecil :ungg:
- Ganteng :mky_02:


Udah sedikit research hasil yang disuka =
- Yaris
- City HB
- HRV??
- Baleno < sepertinya dicoret, ga doyan bentuknya :upss:

Mohon saran dan masukan suhu2 dimari
Terima Kasih
kebetulan saya ex user jazz ge8 tahunnya sama2 2009 tipe rs at, yaris trd cvt 2019 & hrv 1.5 e cvt 2018 + sudah pernah td city hb. kalo dari kebutuhan dan kandidat

1. semua kandidat kayanya masih compact ya, kecuali city hb yg emg setau saya sedikit lebih panjang drpd ge8
2. semua kandidat upgrade dari ge8 NVH, nya tapi yg paling kedap ya baleno & yaris
3. HRV & city HB. tp kalo dari semua kaniddat saya pilih HRV. gc paling tinggi diantara kandiat lain jd mau diajak kemana aja ayo
4. semua kandidat perawatannya gak susah secara merek2 dari kandidat tersebut aftersales nya sudah tersedia di seluruh indonesia menurut saya, gacuma di kota2 or provinsi tertentu aja hehehe
4. subjektif. tp kalo dari semua kandidat saya vote HRV

saya pilih HRV dari semua opsi, paling sesuai kriteria. apalagi tsnya suka naik gunung, mobil itu yg paling sensible karena gc paling tinggi jg dibanding kandiat lain menurut saya. kalo opsi lain jika mau 2nd bisa lirik jazz gk5 rs cvt or kalo mau baru duo raize rocky or wrv , sepertinya masuk kriteria jg
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
picker83
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 25 Sep 2018, 13:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by picker83 »

sini angkut HRV E-CVT facelift VIN 2019 usage 2020 saya om :D masih ada kembalian, mumpung DKI lagi free BBN. enak buat blusukan,kebut sat set sat set jg enak, nanjak jg gampang. cm ya gitu berisik. atau ga ambil all new BRV yg type E sepertinya budget segitu nambah dikit 4 tahun da free servis
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by rakyatwkwkland »

- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil
Wah kalau urusan compact, mobil yg dicoret oom TS yaitu baleno malah yg paling compact itu, satu2nya yang masih di bawah 4 meter. Yang lain semuanya udah di atas 4 meter.

Paling yaris yang panjangnya masih di 4,1 meter, tapi kalo menurut ane pribadi pun yaris buat sebuah hatchback kecil tetep sekilas keliatan gendut. HRV dan city hatchback kayanya udah di 4,3 meteran. City hatchback malah seinget ane udah di 4,35 meter, tambah 4 cm lagi udah sama panjang sama LMPV kaya ertiga.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26992
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by DOHC »

ChZ wrote: 29 Nov 2023, 09:31
lovendead wrote: 29 Nov 2023, 02:38 Bro, newbie here need a sugestion. Mau ganti mobil 2nd dari jazz GE8 2009 dengan budget 240jt.
Keluhan paling utama di Jazz GE8 sih di shock yg harsh sama road noisenya yg cukup mengganggu, jadi rasanya kalo perjalanan jauh capek bener :mky_05: . Selebihnya secara praktikal udah enak sih Jazz :mky_08:


Kebutuhannya =
- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil :ungg:
- Upgrade secara NVH
- Mobil enak dipake ke daerah gunung (seperti Dieng, Baturaden, dsb)
- Perawatannya gak sulit karena emg tinggal dikota kecil :ungg:
- Ganteng :mky_02:


Udah sedikit research hasil yang disuka =
- Yaris
- City HB
- HRV??
- Baleno < sepertinya dicoret, ga doyan bentuknya :upss:

Mohon saran dan masukan suhu2 dimari
Terima Kasih
biasa di sini banyak pembela garis keras GE8, padahal imho overrated wkwkkwkwkwkw terutama karena 2 faktor itu keras nya ampun ampunan.

ini kondisi new semua yah? kalo new City hatchback nurut saya paling ok. mobilnya enak buat long distance cruiser suspensinya gak bikin capek jok juga enak. new HRV agak sempit dalemnya. diskon besar City hatchback jadi jatuhnya malah value nya dapet di City.

tenaga L15ZF gampang kok dinaikin kalo kurang puas.

kalau 2nd ya ganti ke GK5 aja dah bener.
kl dr yg kita orang rasain swaktu pake GE8 bertaon2, sebenenrya yg keras itu justru dari bagian depan nya, blakang mah biasa aj, waktu ganti pake shock kayaba, yg blakang ud jauh lebi sopan

depan nya ge8 yg ga ad obat , gebrak2 nya ampun mo pake shock apapun, tp di trade off ama awet nnya minta ampun, seumur2 piara honda, cuman ini ge8 yg kaki2 awet nya kaya pake kijang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by peterming77 »

Dari 4 calon yg paling masuk sebetulnya all new Baleno, NVH bisa diatas City HB menurut saya, dan cukup empuk, nyaman bantingannya krn sudah sempat test drive juga. Ukuran juga lebih compact dari City HB. Perawatan Suzuki pasti gampang lah.

Kalo HRV (lama) penyakitnya ya pasti glodakan di kaki2, akhirnya ga ketemu nyamannya.

Yaris no comment krn belum pernah test drive.

Edit: oh ya kalo City HB kayanya mesti siap2 kabin glodakan atau plastik2 ada yg patah, soalnya saya test drive 2 unit yg berbeda semua bermasalah di tuas naik turun kursi pengemudi: yg 1 macet, yg satunya sama macet juga. Tapi secara model City HB termasuk cantik, saya suka, apalagi kalo dari belakang lampunya kayak Merc A Class :big_love:
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by gboooster »

6 bulan lalu saya juga jual GE8 2013 karena alasan yang sama, suspensi keras dan road noise :big_biglaugh:

mungkin ambil City HB atau seken GK5 aja, harusnya suspensi sudah lebih refine dari GE8.
Kalau road noise sih ahond sama semua ya, sedikit lebih baik dari GE8.

atau Brio, rasa-rasanya naik brio 11-12 sama GE8 deh, tapi ga sekeras GE8. Akomodasi, terutama bagasi kecil.

atau WRV baru, masih secompact Jazz dan punya ground clearance tinggi.

Yaris belom pernah coba sih, tapi mayan ganteng juga :big_love:
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by gboooster »

DOHC wrote: 29 Nov 2023, 16:36 kl dr yg kita orang rasain swaktu pake GE8 bertaon2, sebenenrya yg keras itu justru dari bagian depan nya, blakang mah biasa aj, waktu ganti pake shock kayaba, yg blakang ud jauh lebi sopan

depan nya ge8 yg ga ad obat , gebrak2 nya ampun mo pake shock apapun, tp di trade off ama awet nnya minta ampun, seumur2 piara honda, cuman ini ge8 yg kaki2 awet nya kaya pake kijang
Iya bener. Sesekali gantian nyteir sama istri, duduk belakang di GE8 lebih empuk nyaman, road noise lebih manusiawi daripada di depan, dan leg room luas.
Heran, padahal mobil bukan untuk disetirin sopir.
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: 01 Jul 2016, 17:16

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by idlamahilang »

Sebenernya utk pengganti GE8, kalo utk saya pribadi pilih Baleno. Belum lama ini sy numpang pakai baleno 2021 improvement yg doortrim nya warna biru tua.
Ini mobil cukup mengejutkan saya :
+ Kabin nya kedap
+ Radius putar kecil, mungkin paling kecil di kelasnya
+ BBM irit, saya coba dalkot di Jateng hampir 1:14 km/L, sementara pakai Trax di 1:11an.
+ Lampu Led nya terang + ada levelling nya.

Yang saya ga suka memang model nya, terutama di bagian fender nya. Itu jarak antara ban dan fender 5jari haha.. Jadi aneh tampilannya.
Ini termasuk mobil yang naikkannya lebih enak dari tampangnya sih. Yang facelift harusnya lebih bagus lagi fitur2nya.
lovendead
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Apr 2023, 04:26
Location: Cilacap
Daily Vehicle: Jazz GE8 2009

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by lovendead »

levofloxacine wrote: 29 Nov 2023, 07:33 1. untuk pertimbangan yang pertama bila garasi kecil, ketiga calon penggantinya semuanya lebih lebar dan panjang dimensinya daripada jazz GE, city HB dan HRV panjang 4,3 m, yaris panjang nyaris 4,2 m, sedang jazz GE hanya 3,9 m, bila garasi kecil coba diukur dulu apakah masih muat.

2. untuk NVH, ketiganya upgrade dari Jazz GE, HRV 11/12 dengan city HB, untk road noise masih terasa, tetapi HRV menurut saya suspensi agak keras terutama bagi yang duduk di baris kedua, suspensi city HB lebih empuk dan nyaman, untuk yaris sepertinya urusan kekedapan, kenyamanan dan road noise sedikit di atas yg lain

3. seharusnya tidak masalah untuk urusan menanjak selama tidak ekstrim untuk ketiganya

4. bila di kotanya ada bengkel resmi seharusnya yang manapun tidak masalah

5. urusan ganteng subjektif sekali, bila menurut saya ketiganya tidak jelek tapi juga tidak ganteng, tetapi memang jazz GE bila urusan desain sulit mencari pengganti yang sepadan
Garasi sih kurleb 4,4m sanpai pintu, ampier mentok juga ya kalo ke HRV?City HB
bzt4 wrote: 29 Nov 2023, 09:26 nggak tertarik ama small suv seperti raize, rocky atau wrv?
Cukup tertariknya ke WRV RS sih, tapi interiornya minimalis banget dan harus baru budgetnya mepet betul :mky_01:
rakyatwkwkland wrote: 29 Nov 2023, 16:14
- Mobil tetep yang compact karena garasi kecil
Wah kalau urusan compact, mobil yg dicoret oom TS yaitu baleno malah yg paling compact itu, satu2nya yang masih di bawah 4 meter. Yang lain semuanya udah di atas 4 meter.

Paling yaris yang panjangnya masih di 4,1 meter, tapi kalo menurut ane pribadi pun yaris buat sebuah hatchback kecil tetep sekilas keliatan gendut. HRV dan city hatchback kayanya udah di 4,3 meteran. City hatchback malah seinget ane udah di 4,35 meter, tambah 4 cm lagi udah sama panjang sama LMPV kaya ertiga.
Bener sih Baleno paling masuk akal, tapi looks nya tidak bisa diterima sama saya dan istri :ungg:
gboooster wrote: 29 Nov 2023, 19:58 6 bulan lalu saya juga jual GE8 2013 karena alasan yang sama, suspensi keras dan road noise :big_biglaugh:

mungkin ambil City HB atau seken GK5 aja, harusnya suspensi sudah lebih refine dari GE8.
Kalau road noise sih ahond sama semua ya, sedikit lebih baik dari GE8.

atau Brio, rasa-rasanya naik brio 11-12 sama GE8 deh, tapi ga sekeras GE8. Akomodasi, terutama bagasi kecil.

atau WRV baru, masih secompact Jazz dan punya ground clearance tinggi.

Yaris belom pernah coba sih, tapi mayan ganteng juga :big_love:
Gantinya apa bro?

GK5 kurang menarik harganya :mky_01:

GE8 kalo urusan looks emg blm kalah sih, tapi semakin dewasa kenyaman juga diperlukan :mky_03:
Last edited by lovendead on 29 Nov 2023, 22:50, edited 2 times in total.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2588
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by KielConstantine »

GE8 vs brio baru all new, masih enakan brio all new loh naekan & suspensinya

Cuman emang trade off brio engine only 1.2L ..

Gampang, swap aj ke L15 . Larinya jd setan tuh brio :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26992
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2023, 01:27 GE8 vs brio baru all new, masih enakan brio all new loh naekan & suspensinya

Cuman emang trade off brio engine only 1.2L ..

Gampang, swap aj ke L15 . Larinya jd setan tuh brio :big_biglaugh:
swap enjin koq nangung gt mbah :big_bored: :big_bored:

lgs aj ke K24 donk, tinggal las casis, potong dashboard, beres :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

sekedar kentutin disel2 cumi mahh entengggg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by levofloxacine »

KielConstantine wrote: 30 Nov 2023, 01:27 GE8 vs brio baru all new, masih enakan brio all new loh naekan & suspensinya

Cuman emang trade off brio engine only 1.2L ..

Gampang, swap aj ke L15 . Larinya jd setan tuh brio :big_biglaugh:
hmm, koq agak beda experiencenya sama saya ya om, saya pake brio all new dari 2018 sd 2023, tapi yang saya rasakan bantingan di bangku belakang keras dan sangat tidak nyaman, memang untuk suspensi depan lumayan empuk, tetapi justru malah agak limbung, dibanding jazz GE yang keras tapi terasa kebih planted di aspal, soalnya saya sering bawa ke luar kota, bila untuk perjalanan dalam kota mungkin tidak terlalu terasa, tetapi untuk perjalanan agak lama mulai terasa tidak nyaman
User avatar
Bakmiekepiting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 14 Nov 2012, 18:19

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by Bakmiekepiting »

Saran mobil baru , Raize 1.0Turbo GR
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 28 Nov 2023, 18:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by bzt4 »

lovendead wrote: 29 Nov 2023, 22:43
bzt4 wrote: 29 Nov 2023, 09:26 nggak tertarik ama small suv seperti raize, rocky atau wrv?
Cukup tertariknya ke WRV RS sih, tapi interiornya minimalis banget dan harus baru budgetnya mepet betul :mky_01:
kalo wrv cari yg 2nd aja, itu kan launching akhir tahun lalu. di jkt udah mulai ada di bursa mobil seken. btw seperti kata senior2 di atas, hrv sedikit lebih pendek daripada city hb, kalo garasi segitu city hb akan ngepas banget.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by peterming77 »

DOHC wrote: 30 Nov 2023, 03:59
KielConstantine wrote: 30 Nov 2023, 01:27 GE8 vs brio baru all new, masih enakan brio all new loh naekan & suspensinya

Cuman emang trade off brio engine only 1.2L ..

Gampang, swap aj ke L15 . Larinya jd setan tuh brio :big_biglaugh:
swap enjin koq nangung gt mbah :big_bored: :big_bored:

lgs aj ke K24 donk, tinggal las casis, potong dashboard, beres :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:

sekedar kentutin disel2 cumi mahh entengggg
Kalo K24 kegedean, swap L15 turbo aja :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by ChZ »

DOHC wrote: 29 Nov 2023, 16:36 kl dr yg kita orang rasain swaktu pake GE8 bertaon2, sebenenrya yg keras itu justru dari bagian depan nya, blakang mah biasa aj, waktu ganti pake shock kayaba, yg blakang ud jauh lebi sopan

depan nya ge8 yg ga ad obat , gebrak2 nya ampun mo pake shock apapun, tp di trade off ama awet nnya minta ampun, seumur2 piara honda, cuman ini ge8 yg kaki2 awet nya kaya pake kijang
ane terahir naik GE itu mobil temen GE RS th 2011 duduk belakang tetep kena speed trap jahanam keras mbah... kerasnya tu kayak mobil kaga diredam langsung kena body. ya honda sezaman itu rasanya mirip mirip semua sehh CRV gen 3 jg laknat mobil semahal itu kualitas dampingnya ampas jg. accord doang yang enak. setup gini enak buat resing... tp setup resing gini buat jalan jahanam surabaya berasa butuh masas.

soalnya waktu itu butt o meter compare ke brio setrika temen laen th 2014 yg masi dasbor plastik ember... brasa brio setrika aja belakangnya lebih ada membalnya sikit. GE ma RE ni sama sekali ga ad membalnya. mungkin type RS kali yah emang tipis ban turanza lucknut angin keras dikit langsung grobak bgt.

temen ane yg punya GE, naik SX4 bilang SX4 kok empuk yah. pdhl ane da ngerasa SX4 ni keras amit2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5776
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by sintoni »

Padahal Baleno FL looksnya lumayan aja loh.

Kalau yg PFL emang sih kurang banget.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by zonepublic »

Susah sih apalagi kriteria anda sama/lebih kecil dari jazz,mobil jaman sekarang buat naikin harga kompensasinya manjangin bodi karena plat bodi,rangka dan peredamannya ditipisin lagi dari mobil 1 dekade lalu
Menurut saya semua penyakit honda memang kaki2 berisik&suspensi keras sih
Kalo mau NVH bagus tp ttp kecil saran saya kok KIA picanto/hyundai i10 ,entah masih ada ga tu mobil tapi ya ntar perawatannya agak sulit harus ke kota besar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 01 Dec 2023, 02:18 Susah sih apalagi kriteria anda sama/lebih kecil dari jazz,mobil jaman sekarang buat naikin harga kompensasinya manjangin bodi karena plat bodi,rangka dan peredamannya ditipisin lagi dari mobil 1 dekade lalu
Menurut saya semua penyakit honda memang kaki2 berisik&suspensi keras sih
Kalo mau NVH bagus tp ttp kecil saran saya kok KIA picanto/hyundai i10 ,entah masih ada ga tu mobil tapi ya ntar perawatannya agak sulit harus ke kota besar
ente kayaknya sentimen amat sama mobil baru om. udah pernah cobain honda2 angkatan baru blom sih :big_think: kalo cobainnya cuma kelas2 brio ya apel to jeruk om. org dirancangnya memang sbg mobil lower class. apesnya dimari mahal aja.

yang bener om rangka mobil sekarang mah justru rigid2 makin enak improvement CRV baru aja paling gede ada di sasis :upss: cuma lebih ribut ga ada vanity mirror lupa roof strengthnya ud setara volvo yang katanya mobil paling safety :upss:

honda dulu harsh soalnya kompensasi sasisnya blom bagus, skrg justru malah rada dibikin empuk in comparison to mazda. bushingnya makin refined NVH jg improve banyak.

apalagi abis naik city hatchback sih berasa GE grobak dan berisik pasti :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 644
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by zonepublic »

ChZ wrote: 01 Dec 2023, 10:06
zonepublic wrote: 01 Dec 2023, 02:18 Susah sih apalagi kriteria anda sama/lebih kecil dari jazz,mobil jaman sekarang buat naikin harga kompensasinya manjangin bodi karena plat bodi,rangka dan peredamannya ditipisin lagi dari mobil 1 dekade lalu
Menurut saya semua penyakit honda memang kaki2 berisik&suspensi keras sih
Kalo mau NVH bagus tp ttp kecil saran saya kok KIA picanto/hyundai i10 ,entah masih ada ga tu mobil tapi ya ntar perawatannya agak sulit harus ke kota besar
ente kayaknya sentimen amat sama mobil baru om. udah pernah cobain honda2 angkatan baru blom sih :big_think: kalo cobainnya cuma kelas2 brio ya apel to jeruk om. org dirancangnya memang sbg mobil lower class. apesnya dimari mahal aja.

yang bener om rangka mobil sekarang mah justru rigid2 makin enak improvement CRV baru aja paling gede ada di sasis :upss: cuma lebih ribut ga ada vanity mirror lupa roof strengthnya ud setara volvo yang katanya mobil paling safety :upss:

honda dulu harsh soalnya kompensasi sasisnya blom bagus, skrg justru malah rada dibikin empuk in comparison to mazda. bushingnya makin refined NVH jg improve banyak.

apalagi abis naik city hatchback sih berasa GE grobak dan berisik pasti :upss:
Bukan sentimen,cuma memang secara keseluruhan mobil2 sekarang makin terlihat murahan terkesan bikinnya asal jadi materialnya padahal harganya makin mahal,dari dasbor plastik2 keras (udah jarang empuk2nya) ,bodi disenderin dikit penyok,sealant2 dan kualitas pengecatan yg tidak rapi
Coba anda bandingkan sesama honda civic/accord yg sudah ada sejak tahun 90an sampe sekarang saya ga ngomongin turun kelas ke brio dulu lho ya
Perbedaanya jelas kelihatan,bodi mekar,meskipun teknologi ngikutin jaman
Tapi rasa berkendaranya berubah,seperti sudah meninggalkan DNAnya honda dulu,kalo ditanya lha mobil baru kan lebih nyaman,lho ya benar lbh nyaman,namanya juga mobil baru,karet2nya masih empuk2 smua
Kalo anda bilang pindah dari jazz ge8 ke city hatchback ,begitu balik berasa gerobak,ya emang benar,namanya mobil umur part2nya yg fleksibel sudah mengeras semua
Dulu waktu perpindahan dari jazz gd ke jazz ge saja terasa turun kok kualitasnya apalagi jazz gd ke jazz GK,makin berasa murahan lagi rasa berkendaranya ya meskipun jazz gk lebih empuk bantingannya
Rasa grip setir hasil retriman kulit imitasi sama yg dari buatannya empuk aja beda lho
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: WTA Mobil 2nd Budget 240 [Pengganti Jazz GE8]

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 01 Dec 2023, 10:28 Bukan sentimen,cuma memang secara keseluruhan mobil2 sekarang makin terlihat murahan terkesan bikinnya asal jadi materialnya padahal harganya makin mahal,dari dasbor plastik2 keras (udah jarang empuk2nya) ,bodi disenderin dikit penyok,sealant2 dan kualitas pengecatan yg tidak rapi
Coba anda bandingkan sesama honda civic/accord yg sudah ada sejak tahun 90an sampe sekarang saya ga ngomongin turun kelas ke brio dulu lho ya
Perbedaanya jelas kelihatan,bodi mekar,teknologi ngikutin jaman
Tapi rasa berkendaranya berubah,seperti sudah meninggalkan DNAnya honda dulu,kalo ditanya lha mobil baru kan lebih nyaman,lho ya benar lbh nyaman,namanya juga mobil baru,karet2nya masih empuk2 smua
kalau materials, fit and finish, namanya benda makin massal dan tdk specialized / tailormade macem Rolls atau Ferrari ya nggak akan bisa apalagi natur dari industry selalu reducing cost. new production plants, new parts supplier, etc. mercedes brand new skrg juga plasticky.

tp ya jangan gelap mata sama engineering prowessnya om, jauh.

sy ga mau komentar 90s honda karena ga banyak exp (dan buat sy banyak yang overrated karena ngga se-sempurna itu) tp saya adanya malah exp dgn german sedan 90s. contoh aja sasis E36 mobil 90s yang menurut ane paling seru, itu ngga rigid compared to brand new Hondas, ditekuk berasa nge flex sasisnya walau ringan.

ini baru sasis ya blom ngomongin engine dan powertrain yang makin seamless. jgn alesan E36 mobil mewah, E36 itu didesain jadi econobox sebenernya sama kayak honda civic.

kalau feel berkendara, modern Electronic power steering seenak apapun ngga akan menandingi serunya hydraulic power steering jadul (kec hydraulic power steering di toyota yang ampang). F30 seenak apapun sasisnya, setirnya ngga se natural E36. sama kayak alesan sy ngambil E39 over F10, walau belakangan agak berpikir utk consider F10 523 krn masih inline six dan easier to use.

80-90s cars buat sy bukan perkara mobilnya objectively lebih bagus... jelas enggak. tp feel mechanicalnya lebih merasuk ke jiwa :upss: E39 kenceng sih kaga, jauh sama F10 mah. tp walaupun dia automatic mode semi-manualnya aja nagih ada mechanical feedbacknya. lebih k faktor emosional aja.
zonepublic wrote: 01 Dec 2023, 10:28
Kalo anda bilang pindah dari jazz ge8 ke city hatchback ,begitu balik berasa gerobak,ya emang benar,namanya mobil umur part2nya yg fleksibel sudah mengeras semua
CRV turbo sy udah 5 thn mau 40 ribu dan dulu pake CRV RE sampe 5 thn 40 ribu jg, masih tetep ga ngerasa RE sy lebih enak dari RW. tetep ngerasa RE itu grobak blom leather2 interior RW yang lebih awet. 22nya rawat from brand new.

suspension setup di RW juga lbh refine jauh. powertrain jangan diomong enak RW jauh. sasis enakan RW walau lebih empuk.

interior RW yang katanya lebih downgrade, kok rasanya lbh cepet deteriorate RE jauh. RE umur 4-5 thn ngelupas dan sobek leather trimmingnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post