Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 06 Nov 2016, 10:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

sherryandkez wrote: 08 Dec 2023, 14:43
MrRichardhn wrote: 06 Dec 2023, 20:08 Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.

Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.

20231206_114616.jpg


Kriteria mobil yang diinginkan orangtua adalah mobil baru atau bekas yang:
- Bukan Sedan, karena orangtua sudah terbiasa dengan posisi menyetir Harrier.
- Punya bantingan suspensi yang nyaman ketika dipakai di tol, khususnya jalan layang MBZ.
- Mobil masih bisa nunggak bensin RON 92, dengan konsumsi BBM sama atau lebih irit dari Harrier.
- Masih bisa disetir sendiri kalau lagi tidak ada supir (alias tidak besar ukurannya)
- Untuk mobil bekas, umur mobil maksimal 5 tahun.
- Harga dibawah 1m


Agak banyak ya persyaratannya, tapi pada akhirnya setelah menonton beberapa review di youtube dan membaca banyak thread di SM dan forum-forum lainnya. Sejauh ini listnya adalah:

Mobil baru:
- Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
- Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
- Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
- Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
- Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
- Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)

Mobil bekas:
- Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
- Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
- Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)

Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas :big_childish:
zenix biru bunglon ga jadi dipinang? :big_weee:

anyway RX uda paling bener, hati2 barang busuk luar biasa banyak di pasaran. bekas jeder banjir bejibun, wong benerinnya gampang. mending km tinggi drpd mobil ga beres.

btw ES gw gak mau nih, proven terawat :big_weee:
Kalo gw sih mau-mau aja Zenix, cuma ortu pengennya yang sepadan hehe jadi bingung juga. ES ini kurang tau deh, soalnya hindarin sedan tapi masukin list buat cadangan aja dulu.
Nah si RX emang unitnya beragam sih, kudu liat satu-satu dulu secara langsung biar sreg.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1743
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by darrelund »

MrRichardhn wrote: 08 Dec 2023, 17:30
Kalo saya sih yes, tinggal orangtua aja yang nanti tak kasih liat dulu.
atau mungkin bisa consider accord yg baru tuh, harusnya min req 90 juga. peace of mind karena baru

cuma yah hybrid, klo maunya dipake 10+ taun bisa consider ganti baterenya.
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by faizzz »

ChZ wrote: 07 Dec 2023, 09:47 saran paling realistis : di test drive saja semuanya. mahal/enggak ya relatif. 800 juta CRV hybrid pada bilang mahal, laku-laku aja udah kyk kacang goreng di kampung saya tiap hari ketemu 1.
Di kota saya juga sudah mulai keliatan CRV yang baru, tapi jarang liat yang hybrid.
Menurut saya sih kalau dibanding kompetitor masih terbilang mahal yang generasi sekarang, belum ada diskon juga, tapi harganya jadi masuk akal kalau kita memang ngincer driving feel, kombinasi pas di antara kenyamanan dan rasa berkendara kalau dibanding CX5 yang ngutmain driver tapi akomodasi penumpang nomer sekian atau Voxy & Zenix yang kebalikannya.
Karena muncul model baru yang generasi sebelumnya jadi diskon lumayan, kemarin kami baru angkut CRV Prestige, lumayan bisa ngirit duit signifikan Hehehe
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by AbdulHakim »

faizzz wrote: 08 Dec 2023, 21:39
ChZ wrote: 07 Dec 2023, 09:47 saran paling realistis : di test drive saja semuanya. mahal/enggak ya relatif. 800 juta CRV hybrid pada bilang mahal, laku-laku aja udah kyk kacang goreng di kampung saya tiap hari ketemu 1.
Di kota saya juga sudah mulai keliatan CRV yang baru, tapi jarang liat yang hybrid.
Menurut saya sih kalau dibanding kompetitor masih terbilang mahal yang generasi sekarang, belum ada diskon juga, tapi harganya jadi masuk akal kalau kita memang ngincer driving feel, kombinasi pas di antara kenyamanan dan rasa berkendara kalau dibanding CX5 yang ngutmain driver tapi akomodasi penumpang nomer sekian atau Voxy & Zenix yang kebalikannya.
Karena muncul model baru yang generasi sebelumnya jadi diskon lumayan, kemarin kami baru angkut CRV Prestige, lumayan bisa ngirit duit signifikan Hehehe
NIK 22 apa 23 gan crv prestige gen 5 nya? kena brp?
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by faizzz »

NIK 2023, 600 kecil Om
Lumayan selisihnya bisa untuk running cost beberapa tahun kedepan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by ChZ »

faizzz wrote: 08 Dec 2023, 21:39
ChZ wrote: 07 Dec 2023, 09:47 saran paling realistis : di test drive saja semuanya. mahal/enggak ya relatif. 800 juta CRV hybrid pada bilang mahal, laku-laku aja udah kyk kacang goreng di kampung saya tiap hari ketemu 1.
Di kota saya juga sudah mulai keliatan CRV yang baru, tapi jarang liat yang hybrid.
Menurut saya sih kalau dibanding kompetitor masih terbilang mahal yang generasi sekarang, belum ada diskon juga, tapi harganya jadi masuk akal kalau kita memang ngincer driving feel, kombinasi pas di antara kenyamanan dan rasa berkendara kalau dibanding CX5 yang ngutmain driver tapi akomodasi penumpang nomer sekian atau Voxy & Zenix yang kebalikannya.
Karena muncul model baru yang generasi sebelumnya jadi diskon lumayan, kemarin kami baru angkut CRV Prestige, lumayan bisa ngirit duit signifikan Hehehe
justru volume makernya malah hybrid om saya bolak balik liat malah hybrid :upss: klo ext single tone pasti hybrid.

nurut saya CRV kesannya kemahalan karena udah all new model sedangkan lawannya udah model yang beredar lama.... dilema keluarin model baru duluan ya gitu. nanti pesaing pasti ngikut kalau keluarin all new model.

cth terakhir all new camry dibully kemahalan, pdhl model dia emang lebih baru, skrg new accord hybrid juga sama kan. BMW G20 juga sempet mahal banget dibanding W205, jadi sama malah mahalan W206 ketika keluar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by ChZ »

MrRichardhn wrote: 08 Dec 2023, 17:32
Waduh nyetir ugal aja masih irit ya, bole la ya jadi consideration. Plus tambahin peredam sama ban yang bagusan biar enakan. Tinggal liat langsungnya aja nih begimana,
kalau sama bangsanya CRV lama/Harrier sih jatuhnya irit om :mky_03: apalagi ngga sering macet beuh 1:11 gampang banget ni mesin turbo

yakin yg new engine lebih irit pasti. itu om @iamwewe pake civic aja lebih irit dari saya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4627
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by Pboyz97 »

MrRichardhn wrote: 07 Dec 2023, 22:49

Waduh detil banget penjelasannya hehe, mana sebagian besar yang di list muncul semua pula haha.
Iyes gak bisa dihindarin memang Alphard juara sih soal kenyamanan, tapi ukurannya ini jadi kendala makanya sempet ngelirik Odyssey juga, biar masih enak buat disupirin dan pas dipake sendiri. Kalo Odyssey RC belum pernah ya om?

Hmm duh jadi pusing juga ya ternyata banyak yang vote CRV hehe, memang kalo Honda ini juara sih tentang tarikan mesin. Yang bikin kesel Cuma BQ overallnya aja :big_biglaugh: reflek pengen tak geplak tu HPM bisa-bisanya bikin mobil harga segini tapi audio sama peredam gak bagus. Yah, tapi peredam sama audio bisa modif tipis2 sih ya.

Hmm berarti Voxy ini kena “nerf” ya sama ATPM. Walau CBU tapi kualitasnya kok begitu… kalo tarikan udah pasti sih ya, karena bentuknya sangat boxy hehe. Juga ngomongin bantingan, berati bener ya Serena masih juara kalo soal bantingan di kelas MPV sliding door. Hmm, jadi penasaran nanti yang C28 bakal begimana, pake system e-Power pula. Teknologi yang bikin mobil super duper irit dan responsive, tapi agak ribet dan gak tau nih longevitynya gimana.

kalo oddys rc blm pernah om, jadi saya gabisa komen. kalo voxy yes, memang agak kurang bq nya buat harga segitu & mobil CBU jepang, dan betul, serena memang paling empuk & nyaman dikelasnya kalo soal mpv sliding door hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
stealthy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 13 Mar 2015, 11:14

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by stealthy »

Kemarin tetangga bokap ada mau jual RX300 2022 under 1.2 tuh om

Ada CX9 juga 2021

Japri aja kalo minat nanti dikenalin
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post