Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariarbow86
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
Location: Pondok Gede
Daily Vehicle: Freed 2014

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ariarbow86 »

Salvanost wrote: Sun Feb 04, 2024 19:25 Kategori tahun 2015
Ketemu banyak yg odometernya dibawah 50.000 dengan service record lengkap

Buat gantiin outlander 2012 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: yg udah banyak banget PRnya (tapi udah banyak yg dikerjain sih)

Keperluan buat antar anak sekolah

Alasan beli
1. Sliding door
2. Captain seat
3. Ga masalah sama boros gara2 outlander juga boros
4. Katanya bisa ditune up supaya lebih bertenaga dan irit (gua masih bingung bener apa ga tapi yg ngomong kayanya bisa dipercaya...)

Alasan masih mikir2
1. Karena tahun tua walau odometer dibawah 50.000 tetap takut nantinya banyak PR
2. Ga anti banjir, disini udah ada yg bahas kompresor rusak pas terabas genangan air dan sliding door bisa rusak pas terabas banjir
3. Lemot dan boyo kayanya bakalan beda jauh sama fun to drive outlander???
tahun 2018 kepikiran beli mobil sliding door, karena bokap kena stroke (tapi bisa jalan walaupun nyeret)
sempet milih 3 kandidat (c26 2013, biante 2013, freed 2014 akhir) dengan budget sekitar 200jt
karena kebanyakan yg pake mobil istri untuk komuter anter anak dan wara wiri akhirnya dipilih freed 2014 psd (last fl)

nih mobil memang lemot untuk akselerasi, cuma klo sudah masuk ke 100kpj malah makin enak buat narik
secara bodi freed juga ga beda jauh dari jazz (jazz di melarin sedikit)
akomodasi dari row depan sampai row belakang gampang bgt aksesnya (soalnya kalau punya anak yg ga bisa diem cocok nih)
kalau untuk rute jakarta, jakarta - bandung masih enak sih (full 5 dewasa 2 anak) kalau untuk road trip jakarta - jogja mesti nambah roofbox karena bagasi tergolong kecil

untuk fc jakarta kombinasi macet tol dalam kota dapet 1:9-10,5 untuk luar kota jakarta - bandung 1:12,5 jakarta -jogja 1:14,5 - 15 dengan BBM pertamax/shell super

untuk perawatan ya standar mesin L15 lah yah
selama 6 tahun paling saya ganti oli amsoil 5/30 per 7.000KM
tap oli matic tiap 20.000KM
carbon claen tiap 14.000 KM
filter oli tiap 14.000 KM
filter udara K&N
ganti magnetic clutch + service AC 2x + evap (jasa + part 2,7jt)
ganti seal vtec & noken as (jasa & part = 500rb)
service rack steer 1.25jt
ganti kaki2 depan kurang lebih 5jt
ganti ban 2x depan belakang

akhirnya setelah hampir 6 tahun saya lepas freed awal januari kemarin dengan harga 164jt (kalah dengan keadaan)

ya intinya mobil ini cocok buat dalem kota, masih cocok untuk ibu-ibu. kalau memang mau memperbaiki lemotnya paling tambahin throttle control, filter K&N sudah cukup sih
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by serseran »

oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 3:52 oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ariswp »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 3:52 oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by serseran »

b0ku wrote: Fri May 10, 2024 5:54 seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ternyata ga separah yg takutkan ya om... ya berapa bulan ini... masih suka kepikiran kalau ngelewati tanjakan.
tanjakan artha itu.. Mall artha gading ? kalau iya, ntar mau dicoba hahahaa

om, ane pm ya tanya2 soal TC.. thx

ariswp wrote: Fri May 10, 2024 6:01 Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
oalah... pantes.. jadi sempet mikir, apa jangan2 transmisi 2 rusak hahahaa
thx ya om.. jadi lebih mengerti ini
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 6:48
b0ku wrote: Fri May 10, 2024 5:54 seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ternyata ga separah yg takutkan ya om... ya berapa bulan ini... masih suka kepikiran kalau ngelewati tanjakan.
tanjakan artha itu.. Mall artha gading ? kalau iya, ntar mau dicoba hahahaa

om, ane pm ya tanya2 soal TC.. thx

ariswp wrote: Fri May 10, 2024 6:01 Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
oalah... pantes.. jadi sempet mikir, apa jangan2 transmisi 2 rusak hahahaa
thx ya om.. jadi lebih mengerti ini
freed ane itu dipake buat belajar nikung om makannya saya doyan tanjakan belok apalagi modelan moi atau central park dulu aja saya sampe bikin temen saya nangis di cp soalnya saya malah ngebut muter2x di tanjakan sampe parkiran paling atas saya kirain dia becanda tau2x beneran nangis :big_biglaugh:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1291
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by krniawnhdr »

ChZ wrote: Tue Apr 30, 2024 8:21
b0ku wrote: Tue Apr 30, 2024 7:33
Raynard22 wrote: Tue Apr 30, 2024 6:14 Kan "setara", kenapa bandingin freed sama Ayla? Setara freed kan ada sienta.
setara si cuma sienta gak level banget sama freed kalo belom pernah bawa freed mah pasti bilang sienta enak cuma kalo ud pake freed pasti ogah sama sienta :mky_07:
sienta indo si jelek.

tuas transmisi di bawah malah bikin ergonomi jelek, no captain seat row 2 bikin posisi duduk belakang kurang enak. blom teknikalnya mesin 2NR dikawinin sama CVT yang selip melulu krn mesinnya punya power curve aneh, plus bobot 1.3ton.

dan tentu saja radius belok yang macem truk tronton
saya justru setelah lama nyetir freed sejak kuliah, jadi ogah beliin istri freed makanya pake sienta.
1. Braking quality freed jelek. ngerem senin-kamis. injek senin berhentinya kamis. rem belakang tromol. sienta sudah cakram depan-belakang.
2. Suspensi? semua lini merk H ngga ada yang nyaman suspensinya, stiff semua. suspensi sienta lebih enak dibanding freed.
3. Boros. mpv 1500cc, lemot, boros, itu ngga worth it. Sienta matic cvt lebih lemot? adu sprint 0-100 tetap menang sienta kok, padahal diatas kertas spek tenaganya mesin freed jauh lebih besar.
4. Sienta jalan 100kpj cukup 1600 rpm. road noise sama suara audio ngga balapan kayak di freed.
5. Saya ngga butuh captain seat, jadi ngga ngerasa something special dengan captain seatnya freed.
6. Dashboard freed model gede kaya kapal padahal size mobilnya compact. aneh.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3161
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by walid_007 »

Raynard22 wrote: Thu Apr 11, 2024 8:09 Saya paling anti beli mobil gorengan pedagang macam ini, mobil tahun 2015 Masih di 170jt, ga tahu napa mobil Honda suka digoreng sama pedagang, Dari jaman nouva, genio, estillo, fd, jazz gd, ge, gk. Harganya ga masuk akal, kalo skedar sliding door kecil bisa dapat sienta tahun lebih muda.
sebenrnya bukan salah pedagang., krn mmg market demand aja., klo lama g laku ya nnt pasti turun
peminatnya juga para fanatik honda n itu marketnya

tp sy sependapat ytk freed ini mmg terlalu overprice., even bekas.
di range harga (yg overprice) dan taun sama bisa dapat mobil yang ride quality n power lebih.,
klo bilang praktikal., dan cocok ya kembali ke kebutuhan., tp yg jelas mobil ini ga cocok user profil indonesia., buktinya ga dijual lagi yg baru., n even toyota buat pun ga begitu jalan.
engine roaring!
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

krniawnhdr wrote: Thu May 23, 2024 7:25
ChZ wrote: Tue Apr 30, 2024 8:21
b0ku wrote: Tue Apr 30, 2024 7:33

setara si cuma sienta gak level banget sama freed kalo belom pernah bawa freed mah pasti bilang sienta enak cuma kalo ud pake freed pasti ogah sama sienta :mky_07:
sienta indo si jelek.

tuas transmisi di bawah malah bikin ergonomi jelek, no captain seat row 2 bikin posisi duduk belakang kurang enak. blom teknikalnya mesin 2NR dikawinin sama CVT yang selip melulu krn mesinnya punya power curve aneh, plus bobot 1.3ton.

dan tentu saja radius belok yang macem truk tronton
saya justru setelah lama nyetir freed sejak kuliah, jadi ogah beliin istri freed makanya pake sienta.
1. Braking quality freed jelek. ngerem senin-kamis. injek senin berhentinya kamis. rem belakang tromol. sienta sudah cakram depan-belakang.
2. Suspensi? semua lini merk H ngga ada yang nyaman suspensinya, stiff semua. suspensi sienta lebih enak dibanding freed.
3. Boros. mpv 1500cc, lemot, boros, itu ngga worth it. Sienta matic cvt lebih lemot? adu sprint 0-100 tetap menang sienta kok, padahal diatas kertas spek tenaganya mesin freed jauh lebih besar.
4. Sienta jalan 100kpj cukup 1600 rpm. road noise sama suara audio ngga balapan kayak di freed.
5. Saya ngga butuh captain seat, jadi ngga ngerasa something special dengan captain seatnya freed.
6. Dashboard freed model gede kaya kapal padahal size mobilnya compact. aneh.
NO1 hati2x ini om justru rem toyota itu settingnya ngawur di low speed pakem gila pas high speed atau panic braking itu pakem kek ilang ntah kemana :big_dunno: kalo honda sampe mobilio non abs pun semua enak remnya kek ud di tuning proper keluaran energinya, ya mobilio gak pake abs pun ud dikasih brake assist mungkin efek tuningan brake assist yang bikin enak :mky_03:, karena sebelom naek freed saya bawa yaris bakpao saya pake freed karena pelarian dari yaris bakpao mobil tuningnya ngaco total, temen saya yang bawa yaris juga suka ngomong pakeman yaris ya iya pas low speed coba loe geber sampe 100++ tiba2x ngerem mendadak ntah ilang kemana itu pakemnya, makannya saya bilang "ada saat tidak di butuhkan tiada saat du butuhkan" singkatnya gak guna :big_biglaugh: , ya sama rem ori honda gak tahan panas discnya sih kayak ge8 saya pake std disc lari 140-160kmh 3x atau ngebut2x di gunung bisa overheat nyebabin tuh rem jd gak gigit :big_bored: , solusinya emang kek di GE8 saya discnya saya ganti pake brembo maxx

2. suspensi selera sih cuma kalo handling solid freed itu enak banget bahkan lari 170kmh pun saya berani keluarin kamera biasanya mah kagak berani kombinasi tenaga loyo chasis stiff ditambah bobot berat dari pintu psd bikin ni mobil grip dan lincah :mky_03:, karena kalo naek mobil soft saya cenderung mabok supensinya ngayun2x :drinking: , enakan bawa mobil stiff apalagi pas nikung atau manuver buat penumpang gak berasa :mky_03:

3. no komen saya punta 5kml soalnya saya geber2x mulu cuma kalo abis di pake nyokap bisa 7-8kml :big_biglaugh:

4.road noise kalah sama audio :big_biglaugh:, malah kek GE8 saya malah concern saya tambahin peredam bisa makin gak kedengeran suara kenalpot saya yang tuningnya suaranya ikutin engine note :big_biglaugh: ini aja kadang suka buka jendela buat dengerin raungan kenalpot :big_biglaugh:, ini balik lagi selera kalo saya mah ud masa bodo padahal pajero kedap banget cuma tetep aja biasa aja pas balik ke ge8 :big_biglaugh:

5.ya subjektif emang freed sendiri dulu saya mau ganti jadi kursi spike yang bisa 3 orang di row 2 :mky_03: emang sieta konfigurasi bangkunya lebih bagus cuma jeleknya sienta dikasih kargo berat bisa ancur dia gak lsg chasis ruang kargonya kek freed :mky_03: ini yang bikin susah move on dari freed soalnya pajero saya juga sama kek sienta di kasih plasti buat ruang kargo ngangkut galon ngangkut gas kan bisa rusak plastiknya :big_bored:

6.justru dashboard freed enak banget salah satu gak bisa move on visibilitynya luas sienta malah di bikin ala2x mobil suv kelelep gitu aneh belom maksa tuas transmisi taro di bawah kalo saya dulu bilang ini yang ngerancang monyet kali ya yang tanganya panjang :big_biglaugh:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Fri May 24, 2024 1:31
krniawnhdr wrote: Thu May 23, 2024 7:25

saya justru setelah lama nyetir freed sejak kuliah, jadi ogah beliin istri freed makanya pake sienta.
1. Braking quality freed jelek. ngerem senin-kamis. injek senin berhentinya kamis. rem belakang tromol. sienta sudah cakram depan-belakang.
2. Suspensi? semua lini merk H ngga ada yang nyaman suspensinya, stiff semua. suspensi sienta lebih enak dibanding freed.
3. Boros. mpv 1500cc, lemot, boros, itu ngga worth it. Sienta matic cvt lebih lemot? adu sprint 0-100 tetap menang sienta kok, padahal diatas kertas spek tenaganya mesin freed jauh lebih besar.
4. Sienta jalan 100kpj cukup 1600 rpm. road noise sama suara audio ngga balapan kayak di freed.
5. Saya ngga butuh captain seat, jadi ngga ngerasa something special dengan captain seatnya freed.
6. Dashboard freed model gede kaya kapal padahal size mobilnya compact. aneh.
NO1 hati2x ini om justru rem toyota itu settingnya ngawur di low speed pakem gila pas high speed atau panic braking itu pakem kek ilang ntah kemana :big_dunno: kalo honda sampe mobilio non abs pun semua enak remnya kek ud di tuning proper keluaran energinya, ya mobilio gak pake abs pun ud dikasih brake assist mungkin efek tuningan brake assist yang bikin enak :mky_03:, karena sebelom naek freed saya bawa yaris bakpao saya pake freed karena pelarian dari yaris bakpao mobil tuningnya ngaco total, temen saya yang bawa yaris juga suka ngomong pakeman yaris ya iya pas low speed coba loe geber sampe 100++ tiba2x ngerem mendadak ntah ilang kemana itu pakemnya, makannya saya bilang "ada saat tidak di butuhkan tiada saat du butuhkan" singkatnya gak guna :big_biglaugh: , ya sama rem ori honda gak tahan panas discnya sih kayak ge8 saya pake std disc lari 140-160kmh 3x atau ngebut2x di gunung bisa overheat nyebabin tuh rem jd gak gigit :big_bored: , solusinya emang kek di GE8 saya discnya saya ganti pake brembo maxx

2. suspensi selera sih cuma kalo handling solid freed itu enak banget bahkan lari 170kmh pun saya berani keluarin kamera biasanya mah kagak berani kombinasi tenaga loyo chasis stiff ditambah bobot berat dari pintu psd bikin ni mobil grip dan lincah :mky_03:, karena kalo naek mobil soft saya cenderung mabok supensinya ngayun2x :drinking: , enakan bawa mobil stiff apalagi pas nikung atau manuver buat penumpang gak berasa :mky_03:

3. no komen saya punta 5kml soalnya saya geber2x mulu cuma kalo abis di pake nyokap bisa 7-8kml :big_biglaugh:

4.road noise kalah sama audio :big_biglaugh:, malah kek GE8 saya malah concern saya tambahin peredam bisa makin gak kedengeran suara kenalpot saya yang tuningnya suaranya ikutin engine note :big_biglaugh: ini aja kadang suka buka jendela buat dengerin raungan kenalpot :big_biglaugh:, ini balik lagi selera kalo saya mah ud masa bodo padahal pajero kedap banget cuma tetep aja biasa aja pas balik ke ge8 :big_biglaugh:

5.ya subjektif emang freed sendiri dulu saya mau ganti jadi kursi spike yang bisa 3 orang di row 2 :mky_03: emang sieta konfigurasi bangkunya lebih bagus cuma jeleknya sienta dikasih kargo berat bisa ancur dia gak lsg chasis ruang kargonya kek freed :mky_03: ini yang bikin susah move on dari freed soalnya pajero saya juga sama kek sienta di kasih plasti buat ruang kargo ngangkut galon ngangkut gas kan bisa rusak plastiknya :big_bored:

6.justru dashboard freed enak banget salah satu gak bisa move on visibilitynya luas sienta malah di bikin ala2x mobil suv kelelep gitu aneh belom maksa tuas transmisi taro di bawah kalo saya dulu bilang ini yang ngerancang monyet kali ya yang tanganya panjang :big_biglaugh:
Iye iye boss, paham. Sudah simpen freed berapa ekor?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 1:52 Iye iye boss, paham. Sudah simpen freed berapa ekor?
justru gw pake paling jelek SD jd ud tau jelek2xnya pintu kan slorong sendiri pake tangan itu berat banget gak semua orang bisa nutup pintuh gesernya padahal ud saya bilangin banting aja terutama ciwi2x yang agak2x letoy pasti gak bisa nutup bener :mky_07:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Fri May 24, 2024 1:54
pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 1:52 Iye iye boss, paham. Sudah simpen freed berapa ekor?
justru gw pake paling jelek SD jd ud tau jelek2xnya pintu kan slorong sendiri pake tangan itu berat banget gak semua orang bisa nutup pintuh gesernya padahal ud saya bilangin banting aja :mky_07:
Ayo freednya diborong gan. Trs ngebut sampe 170kmh pas ujan, cekrek, upload lagi. Biar para dewa ngebut di sm panas hati liat skillnya agan boku.

Canda ya bos, pelan2 saja di tol. Maks 100. Yang penting selamat, terlihat keren urusan belakang
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 1:57 Ayo freednya diborong gan. Trs ngebut sampe 170kmh pas ujan, cekrek, upload lagi. Biar para dewa ngebut di sm panas hati liat skillnya agan boku.

Canda ya bos, pelan2 saja di tol. Maks 100. Yang penting selamat, terlihat keren urusan belakang
IDIIH panas padahal saya ngetest top speed selalu pake GPS :big_bored:

dan diatas juga saya ngomong saya gak berani keluarin HP motret2x kalo lagi kenceng cuma baru freed doank karena berasa aman jadi saya berani :big_bored:

ngomongin cekrek2x itu GE8 ud 10thn sampe saya ud pake coilover segala juga saya gak pernah motret speedonya lagi top speed terakhir foto top speed saya juga dari GPS :big_bored:

kalo mau keliatn keren gak miara ge8 boss accord 2010 harganya lebih murah dari GE8 saya :big_grin:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Fri May 24, 2024 2:02
pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 1:57 Ayo freednya diborong gan. Trs ngebut sampe 170kmh pas ujan, cekrek, upload lagi. Biar para dewa ngebut di sm panas hati liat skillnya agan boku.

Canda ya bos, pelan2 saja di tol. Maks 100. Yang penting selamat, terlihat keren urusan belakang
IDIIH panas padahal saya ngetest top speed selalu pake GPS :big_bored:

dan diatas juga saya ngomong saya gak berani keluarin HP motret2x kalo lagi kenceng cuma baru freed doank karena berasa aman jadi saya berani :big_bored:

ngomongin cekrek2x itu GE8 ud 10thn sampe saya ud pake coilover segala juga saya gak pernah motret speedonya lagi top speed terakhir foto top speed saya juga dari GPS :big_bored:

kalo mau keliatn keren gak miara ge8 boss accord 2010 harganya lebih murah dari GE8 saya :big_grin:
Btw yang bos boku bilang remnya toyota pakem di awal, kalo diteken dalem malah gak ngerem itu ada benernya.
Saya di anf sering ngalamin kyk gitu. Pas rem mendadak, malah sering kedodoran. Mungkin ada pengaruh bobot juga.

Tapi ada salahnya juga. Karena saya gak pernah ngalamin gitu di sienta. Remnya mobil ini enak pake banget. Pakem, kuat, sangat bisa diprediksi dan sangat balance. Jadi pede banget bawanya.

Imho, gak bisa dihantam asal merk a, remnya pasti gak enak. Asal merk b, remnya pasti enak.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1901
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by sahabatq8 »

pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 2:08
b0ku wrote: Fri May 24, 2024 2:02
pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 1:57 Ayo freednya diborong gan. Trs ngebut sampe 170kmh pas ujan, cekrek, upload lagi. Biar para dewa ngebut di sm panas hati liat skillnya agan boku.

Canda ya bos, pelan2 saja di tol. Maks 100. Yang penting selamat, terlihat keren urusan belakang
IDIIH panas padahal saya ngetest top speed selalu pake GPS :big_bored:

dan diatas juga saya ngomong saya gak berani keluarin HP motret2x kalo lagi kenceng cuma baru freed doank karena berasa aman jadi saya berani :big_bored:

ngomongin cekrek2x itu GE8 ud 10thn sampe saya ud pake coilover segala juga saya gak pernah motret speedonya lagi top speed terakhir foto top speed saya juga dari GPS :big_bored:

kalo mau keliatn keren gak miara ge8 boss accord 2010 harganya lebih murah dari GE8 saya :big_grin:
Btw yang bos boku bilang remnya toyota pakem di awal, kalo diteken dalem malah gak ngerem itu ada benernya.
Saya di anf sering ngalamin kyk gitu. Pas rem mendadak, malah sering kedodoran. Mungkin ada pengaruh bobot juga.

Tapi ada salahnya juga. Karena saya gak pernah ngalamin gitu di sienta. Remnya mobil ini enak pake banget. Pakem, kuat, sangat bisa diprediksi dan sangat balance. Jadi pede banget bawanya.

Imho, gak bisa dihantam asal merk a, remnya pasti gak enak. Asal merk b, remnya pasti enak.
Kecuali Nissan , pasti gak enak 🤣. Awal² kyk gak gigit.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 2:08
Btw yang bos boku bilang remnya toyota pakem di awal, kalo diteken dalem malah gak ngerem itu ada benernya.
Saya di anf sering ngalamin kyk gitu. Pas rem mendadak, malah sering kedodoran. Mungkin ada pengaruh bobot juga.

Tapi ada salahnya juga. Karena saya gak pernah ngalamin gitu di sienta. Remnya mobil ini enak pake banget. Pakem, kuat, sangat bisa diprediksi dan sangat balance. Jadi pede banget bawanya.

Imho, gak bisa dihantam asal merk a, remnya pasti gak enak. Asal merk b, remnya pasti enak.
ya kan saya bandingin sama yaris om mobil masih satu basis lele aja makin di improve buakanya makin ngawur dulu :big_bored: , yang ud rada bener kan lele terakhir baru revisi radius puter segala :mky_07:

jangan2x om kebiasaan fortuner bawa sienta jadi enak semua justru pajero saya juga buat shock teraphy kalo kebanyakan bawa ge8 jadi keenakan kalo bawa pajero sesekali bawa GE8 jadi enak banget jgn di balik ge8 balik pajero langsung segudang komplain keluar dari mulut saya, namanya juga ladder frame mau bagus kek gimana gak bakalan seenak monocoque apalagi keluaran satu merek :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

sahabatq8 wrote: Fri May 24, 2024 2:10
Kecuali Nissan , pasti gak enak 🤣. Awal² kyk gak gigit.
nah ini om waktu saya pake yaris nyokap bawa aja ponakan saya komplen ngeremnya gak enak ya di injek dikit gigit, temen saya juga komplen sama kepakeman katanya ya bahanya gitu pas low speed kepakeman tau sendiri ud bawa pelan rem gigit mobil lsg berenti yang ngintilin di belakang sama penumpang yang kena imbasnya yang ngintilin bisa nabrak yang penumpang bisa mual, settingan nissan ngehindarin gitu biar kita remnya nyaman yang penting pas ngerem mendadak gigit lsg berenti........ keliatanya itu efek brake assist juga om karena livina keknya BA semua :mky_03:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

sahabatq8 wrote: Fri May 24, 2024 2:10
Kecuali Nissan , pasti gak enak 🤣. Awal² kyk gak gigit.
Sy cuma khatam old gl saja. Selama pake 5 taonan gak berasa ada yang kurang sih dari remnya. Gak istimewa, tapi gak jelek juga
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Fri May 24, 2024 2:23
ya kan saya bandingin sama yaris om mobil masih satu basis lele aja makin di improve buakanya makin ngawur dulu :big_bored: , yang ud rada bener kan lele terakhir baru revisi radius puter segala :mky_07:

jangan2x om kebiasaan fortuner bawa sienta jadi enak semua justru pajero saya juga buat shock teraphy kalo kebanyakan bawa ge8 jadi keenakan kalo bawa pajero sesekali bawa GE8 jadi enak banget jgn di balik ge8 balik pajero langsung segudang komplain keluar dari mulut saya, namanya juga ladder frame mau bagus kek gimana gak bakalan seenak monocoque apalagi keluaran satu merek :mky_07:
Ato jangan2 agan boku yang blm pernah coba sienta, tapi generalisasi saja dari mobil yang semerk?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ChZ »

krniawnhdr wrote: Thu May 23, 2024 7:25
saya justru setelah lama nyetir freed sejak kuliah, jadi ogah beliin istri freed makanya pake sienta.
1. Braking quality freed jelek. ngerem senin-kamis. injek senin berhentinya kamis. rem belakang tromol. sienta sudah cakram depan-belakang.
2. Suspensi? semua lini merk H ngga ada yang nyaman suspensinya, stiff semua. suspensi sienta lebih enak dibanding freed.
3. Boros. mpv 1500cc, lemot, boros, itu ngga worth it. Sienta matic cvt lebih lemot? adu sprint 0-100 tetap menang sienta kok, padahal diatas kertas spek tenaganya mesin freed jauh lebih besar.
4. Sienta jalan 100kpj cukup 1600 rpm. road noise sama suara audio ngga balapan kayak di freed.
5. Saya ngga butuh captain seat, jadi ngga ngerasa something special dengan captain seatnya freed.
6. Dashboard freed model gede kaya kapal padahal size mobilnya compact. aneh.
sienta nya type apa?

kalau type V sih gak bakal bilang bantingannya enak. :big_think: ban cm 195/50/16 apa 205/50/16 lupa tp intinya kaga ngeredam blas. saya juga bingung kenapa nggak disamain tipe Q.

braking sy setuju om b0ku tipikal braking toyota yg langsung pakem tp diinjek lagi udah gak nambah injekannya segitu aja. format setelan mobil perkotaan indo krn sering dipotong sama motor. kalau pake H emang rasanya rem kayak hrs dalem terus.

power curve nya yang sy bilang sienta gak enak bukan lemot. ini jg jelek di semua mesin 2NR+CVT spt yaris yang kalo digeber tenaganya abis di selip krn top end powernya kosong (2 hp smaller than 1NZ-FE). sialnya skrg L15ZF honda malah hampir2 kayak gini walaupun pinteran CVTnya honda sikit. ya kalau coasting enak typical granny's car. kalau yg daily pedal to the kampret kek ane sih gak suka modelan gini.

captain seat justru ini berasanya kalau duduk di row 2 kayak gak ada sandaran tangan. di freed ada armrestnya jadi gak bingung mau naroh tangan dimana.

mengenai dasbor itu mah taste aja. ergonomi dasbor sienta jg aneh buat sy terutama driver legroomnya kaki kiri ngga muat. indo spec mana maksain transmisinya di bawah jg ngga friendly ke driver tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4308
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 2:32 Ato jangan2 agan boku yang blm pernah coba sienta, tapi generalisasi saja dari mobil yang semerk?
SAMA lah sama yang ngomong rem freed kagak pakem padahal oe ud pake sampe berasep di sukabumi :mky_07:

fyi aja jaman saya pake freed jaman saya kenal dunia nikung menikung jadi itu brake pad aja gak sampe 10rb km ud abis sampe indikator ada kali saya 2-3x ganti brake pad kek gitu ya jaman2x masih labil sekarang ud tobat kok :mky_03:

belom ngomongin dengan kondisi pake brutal kek gitu itu disc baru geter pas mau dijual km ud 120rban kalo gak salah :big_biglaugh:

gak kayak ge8 baru 30rb ud geter2x :big_dunno:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1291
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by krniawnhdr »

ChZ wrote: Fri May 24, 2024 2:33
krniawnhdr wrote: Thu May 23, 2024 7:25
saya justru setelah lama nyetir freed sejak kuliah, jadi ogah beliin istri freed makanya pake sienta.
1. Braking quality freed jelek. ngerem senin-kamis. injek senin berhentinya kamis. rem belakang tromol. sienta sudah cakram depan-belakang.
2. Suspensi? semua lini merk H ngga ada yang nyaman suspensinya, stiff semua. suspensi sienta lebih enak dibanding freed.
3. Boros. mpv 1500cc, lemot, boros, itu ngga worth it. Sienta matic cvt lebih lemot? adu sprint 0-100 tetap menang sienta kok, padahal diatas kertas spek tenaganya mesin freed jauh lebih besar.
4. Sienta jalan 100kpj cukup 1600 rpm. road noise sama suara audio ngga balapan kayak di freed.
5. Saya ngga butuh captain seat, jadi ngga ngerasa something special dengan captain seatnya freed.
6. Dashboard freed model gede kaya kapal padahal size mobilnya compact. aneh.
sienta nya type apa?

kalau type V sih gak bakal bilang bantingannya enak. :big_think: ban cm 195/50/16 apa 205/50/16 lupa tp intinya kaga ngeredam blas. saya juga bingung kenapa nggak disamain tipe Q.

braking sy setuju om b0ku tipikal braking toyota yg langsung pakem tp diinjek lagi udah gak nambah injekannya segitu aja. format setelan mobil perkotaan indo krn sering dipotong sama motor. kalau pake H emang rasanya rem kayak hrs dalem terus.

power curve nya yang sy bilang sienta gak enak bukan lemot. ini jg jelek di semua mesin 2NR+CVT spt yaris yang kalo digeber tenaganya abis di selip krn top end powernya kosong (2 hp smaller than 1NZ-FE). sialnya skrg L15ZF honda malah hampir2 kayak gini walaupun pinteran CVTnya honda sikit. ya kalau coasting enak typical granny's car. kalau yg daily pedal to the kampret kek ane sih gak suka modelan gini.

captain seat justru ini berasanya kalau duduk di row 2 kayak gak ada sandaran tangan. di freed ada armrestnya jadi gak bingung mau naroh tangan dimana.

mengenai dasbor itu mah taste aja. ergonomi dasbor sienta jg aneh buat sy terutama driver legroomnya kaki kiri ngga muat. indo spec mana maksain transmisinya di bawah jg ngga friendly ke driver tinggi.
itu kan standar size standar. Sienta istri udah saya ganti 195/60 semua pakai BS turanza T005A.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Fri May 24, 2024 2:54
pengendiesel wrote: Fri May 24, 2024 2:32 Ato jangan2 agan boku yang blm pernah coba sienta, tapi generalisasi saja dari mobil yang semerk?
SAMA lah sama yang ngomong rem freed kagak pakem padahal oe ud pake sampe berasep di sukabumi :mky_07:

fyi aja jaman saya pake freed jaman saya kenal dunia nikung menikung jadi itu brake pad aja gak sampe 10rb km ud abis sampe indikator ada kali saya 2-3x ganti brake pad kek gitu ya jaman2x masih labil sekarang ud tobat kok :mky_03:

belom ngomongin dengan kondisi pake brutal kek gitu itu disc baru geter pas mau dijual km ud 120rban kalo gak salah :big_biglaugh:

gak kayak ge8 baru 30rb ud geter2x :big_dunno:
Seru ngobrol sama agan boku. Ditanya a, jawabnya muter keliling dunia dulu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ChZ »

krniawnhdr wrote: Fri May 24, 2024 4:35
itu kan standar size standar. Sienta istri udah saya ganti 195/60 semua pakai BS turanza T005A.
ya kalau sdh diganti tipe dan ukurannya naikannya beda dong :upss:

Q sama V aja bantingannya beda banget pdhl Q pake ekopeyang, V malah dapetnya turanza er33 :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1291
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by krniawnhdr »

ChZ wrote: Fri May 24, 2024 7:00
krniawnhdr wrote: Fri May 24, 2024 4:35
itu kan standar size standar. Sienta istri udah saya ganti 195/60 semua pakai BS turanza T005A.
ya kalau sdh diganti tipe dan ukurannya naikannya beda dong :upss:

Q sama V aja bantingannya beda banget pdhl Q pake ekopeyang, V malah dapetnya turanza er33 :big_weee:
ya biar sama dong dengan profil ban freed. jadinya baru apple vs apple.
freed kalau dipakaiin ban profil 195/50 lebih ambruk2an lagi mesti :big_biglaugh: