help: new shogun sp 2010

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

breeze
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 13, 2010 15:50

help: new shogun sp 2010

Post by breeze »

halo, salam kenal semua :big_peace:
nubie bgt neh masalah motor bagi2 ya ilmunya:
saya ada motor new shogun sp 2010 baru turun stnknya belum dibawa jalan-jalan. ada yg ganjil menurut saya dan sedikit tentang manual kopling:

awalnya start niat manasin sekitar jam 7 malam karena jarang dipanasin sebelum stnk turun. pas mesin dah hidup ternyata ada cairan dilantai selidik2 ternyata dibawah knalpot bagian tengah basah ini bocor atau kenapa?
coba selidik lgi sepertinya ada lubang kecil bgt kira2 0,3-0,7mm dibawah knalpot bagian tengah pikir2 bocor tapi bentuk lubang cukup rapi seperti memang didesain seperti itu. apakah memang seperti itu standard knalpot new shogun sp atau knalpot lainnya dan normalkah?

saya pernah coba jalankan roda belakang motor di standar tengah/tegak mesin dalam keadaan hidup pas masukin gigi 1 pakai tangan tapi lupa narik tuas kopling anehnya mesin ga mati (kenapa ya biasanya kan mati)?
lalu ban belakang muter karena mungkin memang ga nyentuh tanah. apakah ada efek jika lupa narik tuas kopling (hanya sesekali aja atau lupa)?

sebelumnya terima kasih jawaban dan sharingnya :thanks:
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: help: new shogun sp 2010

Post by DhanZ »

bantu jawab ya oom... semua knalpot motor selalu ada lubang untuk pembuangan oli...
oli yang netes adalah oli dari PDI (pre delivery inspection)...

kalo di standar tengah jelas ga mati mesinya karena roda bisa berputar... tapi kalo di dudukin motornya yah langsung tewas...

kesimpulan nya motor oom normal
Seeing is believing[*][/size]
breeze
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 13, 2010 15:50

Re: help: new shogun sp 2010

Post by breeze »

oh berarti normal aja ya thank's bro. klo hidupin mesin pas masih dingin choke ditarik full tapi jangan membuka gas karena jika membuka gas choke ga berfungsi setelah hidup choke diturunkan setengah kira2 begitu dimanualnya, masalahnya susah bgt dhidupin klo lgi dingin dengan choke tanpa buka gas akhirnya coba choke di normalin trus start dengan buka gas lebih gampang hidupnya, setelah hidup baru choke ditarik setengah kira2 boleh ga seperti itu atau efek lainnya?
User avatar
zzi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Aug 08, 2008 8:38
Location: bogor - semarang

Re: help: new shogun sp 2010

Post by zzi »

apa kata suhu2 diatas bner tuh..
oli yg netes tuh oli sisa check up sblm delivery..
klo mtor gak mati pas ban gak nyentuh tanah soale gak ada yg nahan putaran roda,jd motor gak mati :big_peace:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: help: new shogun sp 2010

Post by NYoman »

satu-satunya yang saya anggap ganjil dari motor ini adalah
tarikan yang ga serensposif tipe SP sebelumnya..hho :mrgreen:

untuk choke, gas akan tertahan di 2000rpm bila di tarik penuh nah ini yang menyebabkan mesin lebih cepat panas dan siap digunakan.
saat menyalakan, choke jangan ditarik dulu malah ntar ga nyala-nyala motornya..baiknya dinyalakan dulu baru ditarik tuas chokenya. Dengan cara itu, SP saya selama ini normal-normal saja, bahkan ini udah lewat masa garansi 3th dan 43000km lebih.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)