Bebek injection (honda)

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

lanjutan gambar-gambar dari Mplus & Otoplus
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

mampus deh lu, ini repotnya punya motor injeksi...mendingan plihara cewe deh, lebih enak lagi..

nih gw kutip tulisan yg lebih jelas dr m+..

Honda Supra X 125 PGM-FI
Teknologi Beli Asap

Honda Supra X 125 PGM-FI resmi dilaunching PT Astra Honda Motor (AHM), Kamis (1/12) lalu. Kelebihannya sistem suplai bensin sudah injeksi. Versi pelek jari-jari dijual Rp 15 juta dan CW (Casting Wheel) Rp 16,3 juta. Konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit 6 persen dibanding Supra X 125 karburator. Apa sebanding antara harga dan biaya perawatan?

Padahal basis dasar mesin Supra X 125 PGM-FI dari Supra X 125 karbu. Kenaikan 6 persen sepertinya kecil sekali. Apa lebihnya dibanding versi pengabutan bahan bakar yang masih pakai karburator? Ambil patokan saat MOTOR Plus menguji varian Supra X 125 versi pelek jari-jari dan casting wheel (Edisi No. 343/V) Waktu itu di test course PT AHM di Tipar Cakung, Jakarta Timur.

Hasil pengujian saat itu didapat 1 liter bensin bisa dipakai sampai 80 km. Pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam-60 km/jam. Dites oleh empat awak MOTOR Plus dengan tinggi dan berat badan berbeda.

Tinggal hitung lebih iritnya Supra X 125 PGM-FI yang diklaim sekitar 6 persen. Bisa didapat 1 liter buat 84,8 km. Berarti lebihnya dalam 1 liter hanya 4,8 km. Sedikit sekaleee...! Angka ini sepertinya cukup ditempuh dengan ganti spuyer karbu lebih kecil. Atau lewat cara berkendara, 6 persen sih lewat.

“Jangan cuma bandingkan antara harga dengan efisien bahan bakar. Tapi, lihat juga teknologi yang diusung Honda. Lihat value lainnya,” jelas AS Tedjosiswojo, General Manager Technical Service Division, PT AHM.

Ia menjelaskan soal aturan emisi gas buang. “Dengan teknologi ini, aturan emisi Eouro II jauh terlampaui. Bahkan, Euro III sekalipun kalau diterapkan tidak masalah,” jelasnya.

Sepertinya dengan teknologi canggih buat saat ini di roda dua masih belum signifikan. Terutama di konsumsi bahan bakar. Untuk mendapatkan angka tambahan 4,8 km, banyak cara bisa dilakukan. Ini sama dengan beli asap. Lho? Iya asap rendah emisi demi kelangsungan hidup di bumi.

Tambah lagi harga yang ditawarkan mencapai Rp 15 jutaan. Kenaikannya sekitar Rp 1,3 juta, lebih mahal dari Supra X 125 cakram versi karbu. Berarti apa yang ditawarkan injeksi dengan kelebihan Rp 1,3 juta? Sementara konsumsi hanya lebih irit 6 persen? Niko, Hend, Aong

Bebek injeksi seperti dianggap proyek mercu suar. Guna membuktikan moto Honda yang katanya: Bagaimanapun Juga Honda Selalu Lebih Unggul. Juga sesuai filosofi Honda yang selalu memperhatikan lingkungan hidup dan kelangkaan sumber daya alam. Ditempuh dengan cara meningkatkan efisiensi penggunaan BBM.

Pantas jika Honda menyebut Supra X 125 PGM-FI bebek baru sahabat alam. “Bahkan konsumen yang dituju juga bagi yang menyenangi teknologi tinggi sepeda motor. Terutama segmen kelas atas,” jelas Johanes Hermawan, direktur marketing PT AHM.

SPESIFIKASI TEKNIK
Panjang x lebar x tinggi : 1.881 x 706 x 1.081,5 mm
Jarak sumbu roda
: 1.239 mm
Jarak terendah ke tanah
: 130 mm
Berat kosong )
: 105,6 kg tipe palang (CW)
: 105,7 kg tipe jari-jari (spoke
Ban depan
: 70/90-17 M/C 38P
Ban belakang
: 80/90-17 M/C 44P
Kapasitas tangki bensin
: 3,7 liter
Sistem bahan bakar
: Fuel Injection (PGM-FI)
Tipe mesin
: 4 langkah, SOHC, pendingin udara
Diameter x langkah
: 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah
: 124,8 cc
Perbandingan kompresi
: 9,0 : 1
Daya maksimum
: 9,18 dk/7.500 rpm
Torsi maksimum
: 0,99 kgf.m / 5.000 rpm
Kapasitas pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Gigi transmisi
: N-1-2-3-4-N.
Starter
: Pedal dan elektrik
Aki
: MF 12V-3,5 Ah
Busi : ND U20EPR9/NGK CPR6EA-9
Just Call Me Nichol !!!
MozarT
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Dec 09, 2005 4:16
Location: Somewhere in Jakarte piyeee..

Post by MozarT »

Mending gw nabung buat beli MX yg second edition dehkk...wakakakak


Peace :e-clap:
Name : Panji
Tanggal Lahir : 13.02.1987
Tempat Tinggal : Gunung Indah 5, Cirendeu
Status : Mau tau aje..
Tunggangan : Supra X "03"/motor
Nomor Plat : B 7099 MU
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

nichol wrote:mampus deh lu, ini repotnya punya motor injeksi...mendingan plihara cewe deh, lebih enak lagi..
hahahahahahaha
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

QUOTED : '..7. Las/pres rangka kalau motor jatuh? sblmnya maafkan gw atas ketidaktahuan gw. Yang gw tahu ya di pres sana-sini, tapi rangka di-las? (gak kebayang damage-nya kayak apa..) ..'

@bung yoyo..

cerita dikit yah..
kebetulan sy pernah lihat cara press rangka motor disalah satu bengkel spesialis bubut/korter dan press rangka.
waktu itu nganterin motor teman yg rysak parah; komstir motornya meleot ke kiri; roda dpn dan mesin menyatu trus velg motornya aja jd angka '8'.

ibarat tukang urut..
sebelum diurut pasti diolesin balsem dulu dong spy otot2 jd lemas..

nah..
sama dgn rangka motor spy besi rangka itu nurut ditekuk/diketok sana-sini spy bs lurus lg yah caranya harus dipanaskan dulu dgn las. ini jg berlaku dgn ketok magic (bukan pake magic, itu bohong).

Mungkin skrg ini udah ada yg namanya press rangka motor pake mesin teknologi canggih? CMIIW..
tp gak semua daerah ada alat spt ini.
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

buat press rangka referensi bengkelnya lihat aja di thread bengkel ada kok pernah gw posting.

Ribet yah perawatan motor injeksi ini.
Warte nur Balde
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

nichol wrote:mampus deh lu, ini repotnya punya motor injeksi...mendingan plihara cewe deh, lebih enak lagi..
bro nichol, jgn gitu laah.. :(
Bukan gw ngebelain suprax ini, tapi injeksi sepertinya memang masa depan motor 4tak. Mobil aja(sama-sama mesinnya 4tak), hari gini pada pake injeksi khan? (cmiiw).
bro nichol ngga seperti itu khan kepada mobil2 berinjeksi?

Suprax pgm-fi hari ini seperti blum apa2, tapi injeksi IMHO is promising.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote: @bung yoyo..
cerita dikit yah..
kebetulan sy pernah lihat cara press rangka motor disalah satu bengkel spesialis bubut/korter dan press rangka.
waktu itu nganterin motor teman yg rysak parah; komstir motornya meleot ke kiri; roda dpn dan mesin menyatu trus velg motornya aja jd angka '8'.
ibarat tukang urut..
sebelum diurut pasti diolesin balsem dulu dong spy otot2 jd lemas..
nah..
sama dgn rangka motor spy besi rangka itu nurut ditekuk/diketok sana-sini spy bs lurus lg yah caranya harus dipanaskan dulu dgn las. ini jg berlaku dgn ketok magic (bukan pake magic, itu bohong).
Mungkin skrg ini udah ada yg namanya press rangka motor pake mesin teknologi canggih? CMIIW..
tp gak semua daerah ada alat spt ini.
Nah, kalau udah angka '8' gitu, setimpal ngga kerja yang dilakukan dng hasilnya ?
IMHO mesin juga spt udah gak jelas, apalagi parts plastiknya. IMHO(lagi) mungkin lebih baik dibiarkan aja. Anyway, cmiiw.

Trus, ok, gw paham harus dipanaskan. Tetapi bukankah dng las karbit?
karena las listrik setau gw dipakai utk menyambung/memutus, blm pernah lihat utk memanaskan spt halnya las karbit yg ada apinya.
Please.. enlighten me.
Thanks.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

yoyoyo wrote:
nichol wrote:mampus deh lu, ini repotnya punya motor injeksi...mendingan plihara cewe deh, lebih enak lagi..
bro nichol, jgn gitu laah.. :(
Bukan gw ngebelain suprax ini, tapi injeksi sepertinya memang masa depan motor 4tak. Mobil aja(sama-sama mesinnya 4tak), hari gini pada pake injeksi khan? (cmiiw).
bro nichol ngga seperti itu khan kepada mobil2 berinjeksi?

Suprax pgm-fi hari ini seperti blum apa2, tapi injeksi IMHO is promising.
hehe...humas honda ngamuk nih..hehe...gak lha, gw cuma gak betah aja kalo pake beginian, bayangin aja, kalo lewat becek dikit ato genangan aer dikit apa gak ngeganggu tuh komputer injeksi? kalo mobil sih masih ketutupan body padat, kalo motor? untuk orang resik dan malas pake motor ujan2an, mungkin gak masalah pake nih motor. Tapi bt org kayak gue sih, gak deh...maklum, jakarta itu kotor. Mengenai masa depan motor injeksi, sepertinya gak terlalu istimewa amat, wong pgm itu dah 20 taon, tapi br mo release skrg. apanya yg 'promising?'...cuma modal chip pengatur bbm doang...itu yg gw maksud menjual emblem teknologi, padahal mah jeroannya sama2 aja, cuma ditambahin komputer aja. Kalo gak gitu gak dpt untung banyak pabrikannya. Seperti yg gw bilang, kenapa 2 tak seakan2 teknologinya gak bisa dikembangkan lg n dianggap usang? krn memang teknologinya dah mentok, laen sama 4 tak yg teknologinya masih dlm tahap penyempurnaan terus. Kalo ada 'developing', berarti ada money bukan? lain dgn 2 tak yg dah gak bisa di 'develop' lagi, otomatis duit gak ngalir. Makanya gw gak mo terlalu respon sama isu2 injeksi sgl. nanti kalo teknologi 4 tak dah bener2 mentok, br deh junjung tinggi2...
Just Call Me Nichol !!!
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..

bener tuh apa kata bung nichol..
gimana kalo ujan trus banjir setinggi 30/50cm aja kalo motor spt Grand atau secanggihnya Karisma msh bs dipaksa deh..

kalo Supra X 125 PGM-FI ini dipaksa banjir2an gimana? belum lg jalanan rusak dimana2?

ngomong2..
PGM-FI itu singkatan dr apa sih?
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

*anti produk AHM*


Honda Thai noh.. cakep2
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

@nichol:
hehe...humas honda ngamuk nih..hehe...gak lha, gw cuma gak betah aja kalo pake beginian,
bayangin aja, kalo lewat becek dikit ato genangan aer dikit apa gak ngeganggu tuh komputer injeksi?
kalo mobil sih masih ketutupan body padat, kalo motor? untuk orang resik dan malas pake
motor ujan2an, mungkin gak masalah pake nih motor. Tapi bt org kayak gue sih, gak deh...maklum,
jakarta itu kotor.
Sori nih bro sblmnya, tapi ini kedua kalinya gw lihat bro ngga seksama baca reply2 gw.
(yg pertama mengenai karbu thundie 125, bro ngga cek URL yg gw kasih,jadi mempertanyakan ulang
hal yang sudah ada infonya).
Mengenai masalah yang bro sebut diatas, seperti udah gw sampaikan di reply gw thdp anak_singkong,
point nomor 4, ditambah info gambar no.4 , sudah jelas utk injeksi ini si suprax mengusung
injeksi STEP-2, dimana throttle body dengan ECM sudah tidak menyatu, ECM nya
diletakkan dibawah jok agar aman dari banjir dan air cucian.
Ini khan bisa jadi resep gratis untuk merek-an lain yang mau masang injeksi juga :)
Mengenai masa depan motor injeksi, sepertinya gak terlalu istimewa amat, wong pgm itu dah 20 taon,
tapi br mo release skrg. apanya yg 'promising?'...cuma modal chip pengatur bbm doang...itu yg
gw maksud menjual emblem teknologi, padahal mah jeroannya sama2 aja, cuma ditambahin komputer aja.
Kalo gak gitu gak dpt untung banyak pabrikannya.
i never say it's a new thing.
Promising maksudnya dengan injeksi, motor kita bisa dapat pasokan komposisi fuel yang lebih
akurat(thus akan lebih efisien, artinya bisa lebih irit, 6% cuma kasus suprax, which is pity IMHO)
dan yang saat ini paling gue suka (lihat gambar.2) :

Meski begitu, ada kelebihan yang nyaris enggak dimiliki versi karburator. Kelebihan itu ada
pada teknologi injeksi. Lantaran suplai campuran bahan bakar dan udara enggak telat di tiap putaran.

Supra X 125 karbu harus hafal betul dengan putaran mesin. Gas dipelintir hingga menemukan saat tepat
pindah gigi. Kalau enggak, tenaga bakal ngedrop. Putaran mesin susah melaju untuk bisa menemukan
tenaga puncak.

Di injeksi tidak begitcu. Kapan pun kita pindah gigi, bisa didapat torsi maksimum.
Jadi, putaran mesin enggak ngedrop saat pindah gigi. Enggak perlu ragu melintir gas
dan pindah gigi.


Now.. Suprax karbu seperti itu AFAIK lantaran karakter karbu vakum (yang motor jaman sekarang
pada pakai), kalau karbunya biasa ngga seperti itu, tetapi ketika terasa ngga nge-drop sebetulnya
pasokan fuel ke karbu kaya/berlebih dan ini yang membuat karbu biasa lebih boros dibanding karbu vakum.
Btw kita bicara kedua karbu dlm spek standarnya ya, blm spek modif yg disetel irit.

Seperti yg gw bilang, kenapa 2 tak seakan2 teknologinya gak bisa dikembangkan lg n dianggap usang?
krn memang teknologinya dah mentok, laen sama 4 tak yg teknologinya masih dlm tahap penyempurnaan terus.
Kalo ada 'developing', berarti ada money bukan? lain dgn 2 tak yg dah gak bisa di 'develop' lagi,
otomatis duit gak ngalir. Makanya gw gak mo terlalu respon sama isu2 injeksi sgl. nanti kalo
teknologi 4 tak dah bener2 mentok, br deh junjung tinggi2...
Hihih, u know what, baru kemaren gw mentranslate artikel Honda EXP-2 yang dari motorcycle.com .
Berikutnya gw mau transtlate yang Vespa ET-2 (mesin 2tak dng injeksi mekanik, bukan elektronik) .
Jadi sepertinya bukan gak dikembangkan, tetapi yang udah ada aja blm diterapkan utk mass produk
(kecuali vespa ET-2, tapi disini harganya mahal and it is not a powerhouse either, shame..),
andai kedua tekno dipadukan (well,dng gaya curi-curi resep oleh merek-an X misalnya) niscaya
emisi 2tak memenuhi syarat euro-II (ET-2 sudah lho).

Maka dari yang gw dapat.. ;
Permasalahan yang terdapat pada mesin 4tak (dan utk didevelop):
- bagaimana bahan bakar datang tepat waktu dng komposisinya yg tepat
Permasalahan yang terdapat pada mesin 2tak (dan utk didevelop):
- bagaimana bahan bakar terbakar dng sempurna thus emisinya lebih bersih

Lantas 2tak kenapa seperti dianaktirikan? Well, only God knows what..
tetapi mungkin aja :
- mileage mesin 2tak yang lebih rendah dari mesin 4tak (masalah sumberdaya bahan baku)
- kecenderungan negara berkembang (konsumen tertinggi mesin 2tak) yang menggunakan oli 2T kualitas biasa (masalah emisi)
- tekno ET-2 blm ada buktinya bisa diterapkan di mesin dng kapasitas diatas 50cc.
- tekno EXP-2 mungkin blm ekonomis utk diterapkan ke produksi massal
- ...(silahkan ditambah)
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote:wah..
bener tuh apa kata bung nichol..
gimana kalo ujan trus banjir setinggi 30/50cm aja kalo motor spt Grand atau secanggihnya Karisma msh bs dipaksa deh..
kalo Supra X 125 PGM-FI ini dipaksa banjir2an gimana? belum lg jalanan rusak dimana2?
50cm bisa?
Motor2 yang disebut diatas khan silidernya ngga tegak kayak motor laki atau bebek satria/jupieMX, jd businya pada posisi "tidur",
dan kalau kerendem bisa mati khan si mesin. CMIIW.
ngomong2..
PGM-FI itu singkatan dr apa sih?
Programmed Fuel Injection. Ya ya, PGM nya ngga ngepas2 bgt.
Dulu Honda Genio & Estilo di kaca belakangnya ada stiker PGM-FI ini.
Waktu itu Genio vs Great Corolla. Genio dengan SOHC+PGMFI nya, corolla dengan DOHC+injection(gak tau namanya, CMIIW)
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

yoyoyo wrote:
anak_singkong wrote:wah..
bener tuh apa kata bung nichol..
gimana kalo ujan trus banjir setinggi 30/50cm aja kalo motor spt Grand atau secanggihnya Karisma msh bs dipaksa deh..
kalo Supra X 125 PGM-FI ini dipaksa banjir2an gimana? belum lg jalanan rusak dimana2?
50cm bisa?
Motor2 yang disebut diatas khan silidernya ngga tegak kayak motor laki atau bebek satria/jupieMX, jd businya pada posisi "tidur",
dan kalau kerendem bisa mati khan si mesin. CMIIW.
ngomong2..
PGM-FI itu singkatan dr apa sih?
Programmed Fuel Injection. Ya ya, PGM nya ngga ngepas2 bgt.
Dulu Honda Genio & Estilo di kaca belakangnya ada stiker PGM-FI ini.
Waktu itu Genio vs Great Corolla. Genio dengan SOHC+PGMFI nya, corolla dengan DOHC+injection(gak tau namanya, CMIIW)
Genio dengan SOHC+PGMFI nya, corolla dengan twincam+efi
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ah, tetep aja kalo ujung2nya masalah emisi ato euro, tetep gw gak terima. Emisi sih emisi, tapi kalo jumlah kendaraan tambah banyak, boro2 mo bikin udara jakarta bersih, mending persulit kepemilikan sim n kendaraan bermotor. Bukan maksud mendiskriminasi, sekarang ini duit 100 rebong aja dah bisa dp motor, duit 200 rebong dah bisa nembak sim, cepet lagi gak perlu tes2an. 1 orang rata2 punya satu kendaraan. Di lingkungan gw ada 1 keluarga yg isinya 4 orang cowo, tiap cowo punya 1 motor. 1 keluarga aja dah jadi polutan, apalagi ribuan keluarga di jakarta? ya kalo bicarain masalah emisi, dari awal juga pemerintah dah salah langkah. bukan nerapin peraturan euro 2, batesin dulu populasi kendaraan lebih dulu. Gw juga gak setuju2 amat kalo dibilang teknologi injeksi menekan polusi...Teorinya sih keliatannya begitu, dgn pembakaran yg sempurna, bla bla bla....yg namanya bakar2an, dah pasti ada residunya, itu juga polusi. memangnya seberapa signifikan sih perbedaan tingkat polusinya? ato sudah ada tes pengukuran antara emisi kendaraan karbu vs injeksi? katakanlah supra lama vs supra injeksi...sebandingkah pengurangan polusi tsb thd jumlah populasi kendaraan? bagi gw produk kelas bebek injeksi ini cuma produk buang2 duit...jgn spanning ya bro, gw cuma utarain opini aja, hehe...so menurut gw langkah selanjutnya stlh membatasi populasi kendaraan, segera perbaiki bensin pertamina yg murahan itu mutunya (non timbal n non oplosan), terus baru keluarin peraturan pendukung seperti wajib pake knalpot catalytic, melarang produksi oli non-smokeless, dll...baru deh govn speak euro2. Krn bagi gue, peraturan euro itu disini harusnya bukan merupakan suatu 'peraturan', tapi suatu standar acuan saja. Belum pantas euro 2 disebut aturan n bukan merupakan suatu aturan menurut gw...So, mari kita nikmati saja showtime dr honda ini..hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

ween wrote: Genio dengan SOHC+PGMFI nya, corolla dengan twincam+efi
Aah,iya. EFI: Electronic Fuel injection. Thanks.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

bro nichol,
Reply kok panjang tapi gak dipisah jadi bbrp paragraf?
Gw gak spanneng, tapi bingung jadinya.
Kalau lagi ngga mood (jam 5 pagi ya?) ya jangan reply dulu.
Please, focus, one step at a time, ok? :)

Lemme ask:
berarti ECM dng masalah banjir beres khan?
masalah promising injeksi beres khan?
pertanyaan mengenai development 2tak(walau ini rada OOT) beres khan?

Lalu, mengapa jadi blingsatan(hehehe) gitu replynya bro nichol?
Kalau mau bahas topik lain, ya bikin aja lagi threadnya, jangan disini,
ntar jadi campur-aduk khan, ngga sesuai judul "Bebek Injection" .
Gw juga punya opini mengenai yang bro nichol utarakan, nanti gw nimbrung deh.

Sekarang, gw mau reply bagian yang masih berhubungan dng topik..
Gw juga gak setuju2 amat kalo dibilang teknologi injeksi menekan polusi...
Teorinya sih keliatannya begitu, dgn pembakaran yg sempurna, bla bla bla....
yg namanya bakar2an, dah pasti ada residunya, itu juga polusi. memangnya seberapa
signifikan sih perbedaan tingkat polusinya?
Berdasarkan tabloid OTOplus no.23 (bukan motorplus) , penurunannya
CO (karbon monoksida) menurun 20%
HC (hidrokarbon) + NOx (?) menurun 40%

Angka diatas perbandingan antara injeksi STEP-1(yg dipakai wave125/Karisma versi thailand)
dengan STEP-2(yg dipakai Wave125fi/Suprax pgmfi)
dan perlu diingat lagi, penghematan yang 6% ternyata sama,yaitu wave125 vs wave125fi,
bukan suprax125R vs suprax pgmfi .
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ah, banyak koq di thread2 lain yg keliatannya out of topic dikit, kayak orang baru aja situ di sm...kadang ada becanda nya walau jorok2 dikit, kadang ada marah2nya n kesel2 walau kadang ngeyel....
ya kebetulan ngomongin euro, ya kebetulan nyinggung juga 2 tak. so what's the problem...? kebetulan ngomongin polusi, kebetulan juga berhubungan ngomongin populasi kendaraan..what's the problem..? kayak yg bro ween reply juga apakah diluar topic injeksi? padahal yg dia reply kan mobil? berhubungan juga kan? so what's the problem..? kecuali kalo lagi ngomongin injeksi, larinya ke sinetron bawang merah bawang putih, that's problem i think..so, mending kalo mo bener2 fokus, ya mo fokus dimananya dulu? kalo sekedar memperkenalkan produk honda injeksi, ya bakal banyak pertanyaan dan argumen yg melebar, mulai dr banjir lha, ujan lebat lha, mungkin juga bisa ngelebar ke 'apakah pake motor ini bakal dilirik cewe?' dll....ya menurut gw sih, kalo memang malas berargumen, ya biar gw jawab langsung deh pertanyaan bro.

<<Lemme ask: and let me ask again
berarti ECM dng masalah banjir beres khan?

mungkin, tapi kalo ujan lebat ato pas nyuci motor gimana? seberapa sempurnakah perlindungan ECM thd air? jangankan disembunyiin di dalam blok, oli mesin yg ketutup rapet pun masih bisa kemasukan air

masalah promising injeksi beres khan?

maybe beres kalo kendala2 di lapangan juga beres, macam kemurnian bensin? knowledge bengkel? return manfaat yg dirasakan pemakai?

pertanyaan mengenai development 2tak(walau ini rada OOT) beres khan? >>
ya boleh aja beres selama situ masih anggap ini oot...katanya ada injeksi 2 tak? kalo bener, masih oot gak? ato jangan2 honda takut kalo 2 tak juga ada injeksi? mungkin juga nggak, krn honda anggep kalo 2 tak lagi mo dimusuhin pemerintah...

so, harap maklum, krn kalo lagi nahan ngantuk, susah menahan gereget n kalo becanda2 dikit juga maklumin, krn ketawa bikin seger dikit..hehe...semoga di sini ketawa n becanda juga gak dianggap oot... :) peace.....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

@nichol:
ah, banyak koq di thread2 lain yg keliatannya out of topic dikit, kayak orang baru aja situ di sm...kadang ada becanda nya walau jorok2 dikit, kadang ada marah2nya n kesel2 walau kadang ngeyel....
ya kebetulan ngomongin euro, ya kebetulan nyinggung juga 2 tak. so what's the problem...? kebetulan ngomongin polusi, kebetulan juga berhubungan ngomongin populasi kendaraan..what's the problem..? kayak yg bro ween reply juga apakah diluar topic injeksi? padahal yg dia reply kan mobil? berhubungan juga kan? so what's the problem..?
kecuali kalo lagi ngomongin injeksi, larinya ke sinetron bawang merah bawang putih, that's problem i think..so, mending kalo mo bener2 fokus, ya mo fokus dimananya dulu? kalo sekedar memperkenalkan produk honda injeksi, ya bakal banyak pertanyaan dan argumen yg melebar, mulai dr banjir lha, ujan lebat lha, mungkin juga bisa ngelebar ke 'apakah pake motor ini bakal dilirik cewe?' dll....ya menurut gw sih, kalo memang malas berargumen, ya biar gw jawab langsung deh pertanyaan bro.
Bukan ngga mau berargumen, tetapi please bro, kalau dibawa terlalu melebar, ya jadi seperti ngga tuntas poin2 yang sebelumnya.
Yah, ini saran aja, terserah bro lagi sih ujung2nya.. :shrug:
Lemme ask: and let me ask again
berarti ECM dng masalah banjir beres khan?
mungkin, tapi kalo ujan lebat ato pas nyuci motor gimana? seberapa sempurnakah perlindungan ECM thd air? jangankan disembunyiin di dalam blok, oli mesin yg ketutup rapet pun masih bisa kemasukan air
1. hujan lebat / cuci motor udah dijawab khan kemarin
2. perlindungan(resistance?) ECM thdp air blm ada infonya, tapi ECM jelas ditaruh di tempat yang terlindung dari 2 'ancaman' tadi.
masalah promising injeksi beres khan?
maybe beres kalo kendala2 di lapangan juga beres, macam kemurnian bensin? knowledge bengkel? return manfaat yg dirasakan pemakai?
Bukan beres itunya. Maksud gw mengenai penjelasan about injeksi itu menjanjikan sebuah motor yang lebih baik. Beres khan?
Lha kalau bicara kendala external, maka mobil2 berinjeksi juga mengalaminya, toh sejauh ini ngga terlalu signifikan komplainnya..(afaik),
alias adem ayem aje.
Knowledge bengkel? Well semua juga takes time.
Manfaat balik yg dirasakan rider? Masing2 tanya ke user suprax pgmfi. Gw bukan user suprax pgmfi n ngga akan jadi user suprax pgmfi 8)
pertanyaan mengenai development 2tak(walau ini rada OOT) beres khan?

ya boleh aja beres selama situ masih anggap ini oot...katanya ada injeksi 2 tak? kalo bener, masih oot gak? ato jangan2 honda takut kalo 2 tak juga ada injeksi? mungkin juga nggak, krn honda anggep kalo 2 tak lagi mo dimusuhin pemerintah...
wah, kok honda takut 2tak ada injeksi?
Honda EXP-2 itu khan 2tak dng injeksi lohh
http://www.motorcycle.com/mo/mchonda/exp2_tech.html
so, harap maklum, krn kalo lagi nahan ngantuk, susah menahan gereget n kalo becanda2 dikit juga maklumin, krn ketawa bikin seger dikit..hehe...semoga di sini ketawa n becanda juga gak dianggap oot... Smile peace.....
it's ok bro.
however "too much laugh will kill you" ;)
(parodi nya Brian May)
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

hmmm......kapan yah ada motor bebek pake mesin turbo diesel commonrail? khan jadi irit bgt tuh......udah gitu pake abs, airbag....hehehehe
User avatar
S2W-230
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Nov 22, 2005 2:57
Location: Jakarta Timur

Post by S2W-230 »

Dari sisi harga jual, varian terbaru Supra X 125 tersebut cukup terpaut jauh dibanding generasi Supra X 125 sebelumnya. Motor Supra X 125 injeksi ini dibanderol Rp 15 juta (pelek jari-jari) dan Rp 16,3 juta (pelek racing) on the road. „

„Sementara Supra X125 sebelumnya hanya berkisar 14.5 juta‰

Prototype keempat dibuat untuk disiksa gila-gilaan, dan hasilnya sang! at bagus :

lebih hemat 6 % daripada base modelnya yag memakai carburetor,
dan pengendaraan yang lebih smooth
starter waktu dingin atau setelah tidak dipakai lama sangat bagus dibansing yang memakai carburator
tak butuh penyetelan selama test, nggak seperti memakai carburator



Yang jadi pertanyaan :


apakah sebanding selisih harga hampir 2 juta untuk penghematan bensin yang hanya 6%?. 6% dari harga premium adalah Rp. 270, jadi kalau dibandingkan motor standard, nilai irit sebetulnya baru tercapai kalau kita sudah beli premium 7400 liter. (Rp 2juta dibagi 270). Yang artinya kalau kita sekali isi Cuma 4 liter, maka butuh 1850 kali!isi premium. Seandainya tiap hari isi bensin pun, jumlah itu baru impas dalam 5 tahun.
apakah benar bahwa biaya perawatan lebih murah? setahu saya, Injection malah lebih mahal. IMHO.


Silahkan ditambah, disangkal, atau dicela.
S2W-230
FROM CYBER TO BOTHER
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

@S2W-230

telat nyadar bro? :D
dibanding JupiZ VR,ShogunSP,Zx130VR, maka suprax 125R(vr) itu menurut gw udah overpriced, alias kemahalan. Apalagi dng si pgmfi ini, makin kemahalan aja.
Lain ceritanya kalau utk harga ya gak selisih byk dgn kompetitor2nya, tetapi sudah dengan injeksi, singkatnya "fitur baru, harga sama, bensin lebih irit", ini baru memberikan nilai lebih ke konsumen.

Trus about "harga jual honda lebih tinggi" , ya lihat dulu berapa harga belinya :D
ditambah itung2an utk maintenance ..lihat harga sparepart ori dan harga jasa di ahass yg IMHO cukup tinggi..

Contoh: Tiger 2000, kabel gasnya 1buah 27rb-an , biaya pasang 12rb lebih, tuneup 40rb(tdk termasuk oli) .
Nah ...
User avatar
S2W-230
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Nov 22, 2005 2:57
Location: Jakarta Timur

Post by S2W-230 »

he he he, bukan telat nyadar, tapi minggu kemarin full sibuk.

yang aku post diatas sudah di posting di milis S2W.
Overprice tapi laku...

Makanya, sekarang males pake honda..:)
S2W-230
FROM CYBER TO BOTHER
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

mendingan SUPRA FIT ato KHARISMA FIT
fit harganya

1 emang kalo injeksion itu harus mahal?
2 emang mahal terjamin para bengkel AHASS bisa benerin tuh motor?
3 kalo AHM emang mau keluarin bebek2 canggih keluarin aja sekalian nova sonic 150cc
4 takut air? emang tuh motor kalo ga kena air bisa apa aja?
5 apakah menjamin dari POLANTAS yg B*****n
6 bonusnya emang apa aja?
7 kalo mahal mendingan ngaku jadi POLANTAS trus malak2in di jalan FINE kan?
8 AHM uda kalah saing teknologi di indo
9 AHM kemahalan
10 kalo AHM uda jd perushaan terbuak beli aja deh...

honda selalu mahal apalagi di kredit huhuhuh
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

pake beginian mah, cocoknya buat nemenin ibu2 ke pasar/anter anak sekolah. Krn memang gak usah stel karbu, jago 'ngelus2 barang' biar gak cepet kotor, yg gak mo ke bengkel (bayangin aja kalo tiap bulan ke bengkel buat ngebersihin karbu, mana mau dia)...kalo buat cowo ato anak muda mah, mending cukup diliat brosurnya aja.
Just Call Me Nichol !!!