All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ricardoarist
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 06, 2021 2:24
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Innova Venturer Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ricardoarist »

dori2802 wrote: Mon Dec 06, 2021 3:37
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
tambahan om. hasil sharing yg saya dapat dari mbah2 di mari utk yg baru ambil 2GD bekas :
- ganti semua cairan : Oli Mesin, Oli PS, oli rem, Oli Matic, Oli garda
- ganti Filter solar. apalagi sdh lama blm ganti
- kalau pakai bio solar, lebih baik pakai additif solar. jangan polosan. usahakan isi BioSol di SPBU yg ramai truk/bus

siap2 aja om... rawat mesin diesel, lebih mahal pada saat maintenance. olinya saja sudah 7-8ltr. menang irit kalau pakai biosol. kalau pakainya Dexlite ke atas ya mahal jg.

enaknya kalau pakai diesel pas naik2 ke pegunungan, muatan penuh lebih less worry vs mesin gasoline
Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
Last edited by ricardoarist on Mon Dec 06, 2021 3:45, edited 1 time in total.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by dori2802 »

ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
kalau saya kemarin ganti di beres Om. kena 650rb. saya ganti pas 40rb km. kalau di luaran banyak subsitusinya harganya dari yg 50k - 450k. kalau biasa DIY, beli filsol di luaran jg gpp om. bisa di coba ganti pas 10k km. kalau masih bersih ntr coba ganti di setiap 20k.

CMIIW
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43
dori2802 wrote: Mon Dec 06, 2021 3:37
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
tambahan om. hasil sharing yg saya dapat dari mbah2 di mari utk yg baru ambil 2GD bekas :
- ganti semua cairan : Oli Mesin, Oli PS, oli rem, Oli Matic, Oli garda
- ganti Filter solar. apalagi sdh lama blm ganti
- kalau pakai bio solar, lebih baik pakai additif solar. jangan polosan. usahakan isi BioSol di SPBU yg ramai truk/bus

siap2 aja om... rawat mesin diesel, lebih mahal pada saat maintenance. olinya saja sudah 7-8ltr. menang irit kalau pakai biosol. kalau pakainya Dexlite ke atas ya mahal jg.

enaknya kalau pakai diesel pas naik2 ke pegunungan, muatan penuh lebih less worry vs mesin gasoline
Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
Selain original ada Sakura sama Bosch. Banyak temen yg pakai itu ganti setiap 20rb KM.

Di seputaran Bintaro bisa ganti di Toda, cuma Toda kalo gak salah cuma nyediain Original aja, tp bisa bawa barang sendiri
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
nubi ikut kasih pendapat ya gan,

1. turbo timer setau saya dipasang untuk menjaga umur turbonya, karena takut setelah digeber langsung mati mesin, kalo ga salah penjelasannya sih turbo masih muter kenceng tapi olinya udah gak sirkulasi (CMIIW). saya sendiri akhirnya memutuskan gak pasang TT karena gak pernah langsung mati mesin ketika habis digeber. minimal ketika masuk komplek/rumah kan kita udah pelan2, sambil parkir juga kan waktunya udah bbrp menit, itu turbonya kan udah ga jalan, jadi pas matiin mesin udah aman. itu pendapat saya sih hasil baca2 dan tanya2, mungkin ada yang salah juga.

2. saya pribadi ngerasain dari oli beres yang 15W40 itu ganti ke PTT dynamic commonrail 5W30, tarikan jauh lebih enteng, terutama di gigi bawah. so far puas pake oli ini dan gak mau pake oli beres lagi. berikutnya mungkin mau nyoba Q8.

3. ini setau saya ngejar performa ya. kalo saya sih standard2 aja. EGR ditutup setau saya ada efek samping mesin jadi lebih panas dan sisa pembuangan lebih kotor.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
ricardoarist
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 06, 2021 2:24
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Innova Venturer Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ricardoarist »

evanbngdor wrote: Mon Dec 06, 2021 4:51
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43
dori2802 wrote: Mon Dec 06, 2021 3:37

tambahan om. hasil sharing yg saya dapat dari mbah2 di mari utk yg baru ambil 2GD bekas :
- ganti semua cairan : Oli Mesin, Oli PS, oli rem, Oli Matic, Oli garda
- ganti Filter solar. apalagi sdh lama blm ganti
- kalau pakai bio solar, lebih baik pakai additif solar. jangan polosan. usahakan isi BioSol di SPBU yg ramai truk/bus

siap2 aja om... rawat mesin diesel, lebih mahal pada saat maintenance. olinya saja sudah 7-8ltr. menang irit kalau pakai biosol. kalau pakainya Dexlite ke atas ya mahal jg.

enaknya kalau pakai diesel pas naik2 ke pegunungan, muatan penuh lebih less worry vs mesin gasoline
Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
Selain original ada Sakura sama Bosch. Banyak temen yg pakai itu ganti setiap 20rb KM.

Di seputaran Bintaro bisa ganti di Toda, cuma Toda kalo gak salah cuma nyediain Original aja, tp bisa bawa barang sendiri
Kalau untuk Sakura dan Bosch bisa beli yang asli darimana ya om? Takut beli online datengnya yg kw heheh, makasih om🙏🏻
ricardoarist
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 06, 2021 2:24
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Innova Venturer Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ricardoarist »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:39
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
nubi ikut kasih pendapat ya gan,

1. turbo timer setau saya dipasang untuk menjaga umur turbonya, karena takut setelah digeber langsung mati mesin, kalo ga salah penjelasannya sih turbo masih muter kenceng tapi olinya udah gak sirkulasi (CMIIW). saya sendiri akhirnya memutuskan gak pasang TT karena gak pernah langsung mati mesin ketika habis digeber. minimal ketika masuk komplek/rumah kan kita udah pelan2, sambil parkir juga kan waktunya udah bbrp menit, itu turbonya kan udah ga jalan, jadi pas matiin mesin udah aman. itu pendapat saya sih hasil baca2 dan tanya2, mungkin ada yang salah juga.

2. saya pribadi ngerasain dari oli beres yang 15W40 itu ganti ke PTT dynamic commonrail 5W30, tarikan jauh lebih enteng, terutama di gigi bawah. so far puas pake oli ini dan gak mau pake oli beres lagi. berikutnya mungkin mau nyoba Q8.

3. ini setau saya ngejar performa ya. kalo saya sih standard2 aja. EGR ditutup setau saya ada efek samping mesin jadi lebih panas dan sisa pembuangan lebih kotor.
Baik om, makasih. Btw pernah nyoba PTT yg 10w30 gak om?
ricardoarist
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 06, 2021 2:24
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Innova Venturer Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ricardoarist »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Kalo nyari filsol merk2 tersebut enaknya dimana ya om? takut kalo beli online datengnya kw hehehe
Belajarmobil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Dec 30, 2020 16:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota avanza

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Belajarmobil »

evanbngdor wrote: Mon Dec 06, 2021 1:56
Belajarmobil wrote: Sat Dec 04, 2021 9:14
elraedrew wrote: Sat Dec 04, 2021 6:44

Ada apa om mobilnya ?
Bunyi kletek2 sekitar 2 detikan om, klo pas awal cold start baru idup.. sama sekalian mau cek2 n serpis rutin kedepann nya
Sama putu nya ini om.. tadinya ga bunyi soalnya

Ada info om ? Biasanya dmn bngkel langganan om?
Oli belum naik? indikator oli nyala gak? Pakai oli apa?

Boleh cb ke Alecon - Sunter
Indikator gak nyala kok om.. olinya ptt 5w30.. makasih infonya om
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ctopher7 »

forzanetti wrote:
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
nubi ikut kasih pendapat ya gan,

1. turbo timer setau saya dipasang untuk menjaga umur turbonya, karena takut setelah digeber langsung mati mesin, kalo ga salah penjelasannya sih turbo masih muter kenceng tapi olinya udah gak sirkulasi (CMIIW). saya sendiri akhirnya memutuskan gak pasang TT karena gak pernah langsung mati mesin ketika habis digeber. minimal ketika masuk komplek/rumah kan kita udah pelan2, sambil parkir juga kan waktunya udah bbrp menit, itu turbonya kan udah ga jalan, jadi pas matiin mesin udah aman. itu pendapat saya sih hasil baca2 dan tanya2, mungkin ada yang salah juga.

2. saya pribadi ngerasain dari oli beres yang 15W40 itu ganti ke PTT dynamic commonrail 5W30, tarikan jauh lebih enteng, terutama di gigi bawah. so far puas pake oli ini dan gak mau pake oli beres lagi. berikutnya mungkin mau nyoba Q8.

3. ini setau saya ngejar performa ya. kalo saya sih standard2 aja. EGR ditutup setau saya ada efek samping mesin jadi lebih panas dan sisa pembuangan lebih kotor.
untuk turbo timer stau saya biar kalo abis dihajar spooling terus terusan, kan panas. nah dari panas itu gabole langsung dingin (kalo mesin mati lgsg diem kan dan dingin)

gaada masalah ga pake turbo timer, asal kalo abis digeber geber diemin dulu 2 menit baru matiin. kalo gasalah ini ada di buku petunjuk juga

untuk egr delete menurut saya banyak bagusnya, bikin intake jadi lebih bersih, soalnya gas buang nya ga diputer lg ke intake, lgsg kebuang ke exhaust
pecinta bio solar
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 6:19
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Kalo nyari filsol merk2 tersebut enaknya dimana ya om? takut kalo beli online datengnya kw hehehe
Kalau filter sakura, langsung di official store nya aja om
https://tokopedia.link/gv33QgtOLlb
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ricardoarist wrote: Kalo nyari filsol merk2 tersebut enaknya dimana ya om? takut kalo beli online datengnya kw hehehe
Sakura sama Aegis ada official storenya di toped. Aegis ni murah banget filsol 30rban. Pernah baca di sini ada yang bilang Aegis ini lumayan, dulu pernah produksi buat Astra.

Setelah saya liat lagi ternyata Denso gak ada ya filter solar. Bosch ada tipe N 2225 kalo gak salah, mungkin suhu2 di sini ada yang tau toko rekomendasi beli filsol Bosch.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ricardoarist wrote:
Baik om, makasih. Btw pernah nyoba PTT yg 10w30 gak om?
Belum pernah gan, pertama nyoba PTT yang 5W30.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Filsol yg lebih rapat, apa ada efek negatifnya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 23:41
ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Filsol yg lebih rapat, apa ada efek negatifnya?
Yah fuel pump jd lbh berat dan resiko jebol lbh cepat, maka dari itu pabrikan sdh R&D sedemikian rupa dengan consider berbagai macam hal :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 23:34
ricardoarist wrote: Kalo nyari filsol merk2 tersebut enaknya dimana ya om? takut kalo beli online datengnya kw hehehe
Sakura sama Aegis ada official storenya di toped. Aegis ni murah banget filsol 30rban. Pernah baca di sini ada yang bilang Aegis ini lumayan, dulu pernah produksi buat Astra.

Setelah saya liat lagi ternyata Denso gak ada ya filter solar. Bosch ada tipe N 2225 kalo gak salah, mungkin suhu2 di sini ada yang tau toko rekomendasi beli filsol Bosch.
Di Tokopedia banyak.

Kalo saya sih kebetulan beli di sini, kenalannya temen.
https://www.tokopedia.com/indoteknikoffic
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 23:41
ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Filsol yg lebih rapat, apa ada efek negatifnya?
Ini Om hasil pemakaian filsol "bunga Jepang" 8k Km, 10 bulan , hitam bgt dan lem nya lepas wakakakakka :wkkk: .....proven "bunga Jepang" lebih rapat dan lem kurang kuat. Padahal ane makainya dexlite kadang pertadex, sama sekali ngga pernah biosolar. Dulu filter asli pabrik 12k km aja masih bersih.
Kalo om pilih filter "bunga Jepang" seperti nya wajib ganti filsol 6-7 bulan/5000-6000km. Ada baiknya jg sih, solar jadi kesaring lebih baik, cuma jgn pake lebih dr 6 bulan.

Skrg pake filsol Aspira, rasanya lebih enteng, warning light yg dulu nyala 1 detik waktu pas hidup...skrg ngga nyala lagi. See how hahaha.
20211207_150449.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by forzanetti »

ac235287 wrote: Tue Dec 07, 2021 9:06 Ini Om hasil pemakaian filsol "bunga Jepang" 8k Km, 10 bulan , hitam bgt dan lem nya lepas wakakakakka :wkkk: .....proven "bunga Jepang" lebih rapat dan lem kurang kuat. Padahal ane makainya dexlite kadang pertadex, sama sekali ngga pernah biosolar. Dulu filter asli pabrik 12k km aja masih bersih.
Kalo om pilih filter "bunga Jepang" seperti nya wajib ganti filsol 6-7 bulan/5000-6000km. Ada baiknya jg sih, solar jadi kesaring lebih baik, cuma jgn pake lebih dr 6 bulan.

Skrg pake filsol Aspira, rasanya lebih enteng, warning light yg dulu nyala 1 detik waktu pas hidup...skrg ngga nyala lagi. See how hahaha.

20211207_150449.jpg
mantap gan, thanks sharingnya

berikutnya coba pake Bosch sama Aegis ya buat bandingan :mky_03:

saya juga nanti kalo ganti mau yang aftermarket aja. ga rela bayar 650rb beli di beres. kalo beli yg Toyota di luaran jg banyak palsunya.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by saturday »

ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 3:43 Baik om terimakasih. Untuk filter solar yang recommended dipakai sebagai substitusi filter solar punya beres apa ya om? Dan untuk aditif kira-kira pakai merek apa ya om? Terimakasih
filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Saya pakai filter solar Aspira. Sudah jalan 3000 km sejauh ini lampu warning low oil pressure sudah nyala 3x saat start awal (hanya sekitar 1-2 detik). Padahal sebelumnya tidak. Mungkin lagi dapat yang kurang baik kualitasnya.
ricardoarist
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 06, 2021 2:24
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Innova Venturer Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ricardoarist »

saturday wrote: Tue Dec 07, 2021 13:00
ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41

filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Saya pakai filter solar Aspira. Sudah jalan 3000 km sejauh ini lampu warning low oil pressure sudah nyala 3x saat start awal (hanya sekitar 1-2 detik). Padahal sebelumnya tidak. Mungkin lagi dapat yang kurang baik kualitasnya.
Om ini kalo beli berarti langsung 2 ya om? soalnya filsolnya 2gd ada 2 apa gimana ya om? Makasih
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

saturday wrote: Tue Dec 07, 2021 13:00
ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41

filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Saya pakai filter solar Aspira. Sudah jalan 3000 km sejauh ini lampu warning low oil pressure sudah nyala 3x saat start awal (hanya sekitar 1-2 detik). Padahal sebelumnya tidak. Mungkin lagi dapat yang kurang baik kualitasnya.
Filter solar nya yg diganti kok warning oil pressure nya yg nyala Om?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by riizv89 »

ricardoarist wrote:
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:39
ricardoarist wrote: Mon Dec 06, 2021 2:31 Salam kenal, saya baru saja membeli Innova Venturer 2.4 AT tahun 2017. Karena ini pertama kalinya saya punya mobil dengan bermesin diesel, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Saya dengar dari teman-teman saya yang sudah lebih dahulu memakai mobil diesel kalau sebaiknya 2GD dipasangkan turbo timer. Untuk kelebihan dan kekurangan dari pemasangan turbo timer apa ya?
2. Untuk oli yang kira-kira disarankan untuk mesin 2GD apa ya? apakah cukup pakai oli dari beres?
3. Saya membaca kalau mesin diesel sebaiknya dilakukan EGR Delete dan pada 2GD selanjutnya dilakukan penggantian downpipe. Apakah itu benar?

Terimakasih atas waktu dan jawabannya, salam kenal
nubi ikut kasih pendapat ya gan,

1. turbo timer setau saya dipasang untuk menjaga umur turbonya, karena takut setelah digeber langsung mati mesin, kalo ga salah penjelasannya sih turbo masih muter kenceng tapi olinya udah gak sirkulasi (CMIIW). saya sendiri akhirnya memutuskan gak pasang TT karena gak pernah langsung mati mesin ketika habis digeber. minimal ketika masuk komplek/rumah kan kita udah pelan2, sambil parkir juga kan waktunya udah bbrp menit, itu turbonya kan udah ga jalan, jadi pas matiin mesin udah aman. itu pendapat saya sih hasil baca2 dan tanya2, mungkin ada yang salah juga.

2. saya pribadi ngerasain dari oli beres yang 15W40 itu ganti ke PTT dynamic commonrail 5W30, tarikan jauh lebih enteng, terutama di gigi bawah. so far puas pake oli ini dan gak mau pake oli beres lagi. berikutnya mungkin mau nyoba Q8.

3. ini setau saya ngejar performa ya. kalo saya sih standard2 aja. EGR ditutup setau saya ada efek samping mesin jadi lebih panas dan sisa pembuangan lebih kotor.
Baik om, makasih. Btw pernah nyoba PTT yg 10w30 gak om?
Saya lagi pakai ini om ptt 10w-30, setelah 1000 km oli bawaan diganti.. sekarang jalan 2000 km, impresi tarikan bawah njambak banget... enak buat dalkot, irit... yah 1/12.5 pakai biosol dan (psdk 100ml dan ehn 100ml) dicampur ketika 1/2 tank, rutin isi per 1/2 tank dengan racun diatas.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by saturday »

saturday wrote: Tue Dec 07, 2021 13:00
ac235287 wrote: Mon Dec 06, 2021 15:27
forzanetti wrote: Mon Dec 06, 2021 5:41

filsol setau saya ada Sakura, Bosch, Denso, Aegis. filsol Toyota sendiri setau saya banyak KWnya di pasaran, jadi hati2.

saya sendiri rencana berikutnya mau coba salah satu merek di atas. sekarang blom ganti filsol karena km masih 9rban.
Ane Lg coba filsol sakura, udah 8rbuan km. Sakura masang nya agak susah sih. Terus tiap abis starter, lampu warning idup kira2 1 detik, sepertinya filtrasi nya lebih rapat dibandingkan filter ori. Next mau coba asli dari Aspira, Murmer ngga nyamper 100rb. Dilihat mata yg Aspira kerapatan nya lumayan bagus. Kabarnya feel mirip asli, ngga serapat sakura.

Yg Aspira ane beli disini, kualitas bagus
https://tokopedia.link/Sk8JAh3NLlb
Saya pakai filter solar Aspira. Sudah jalan 3000 km sejauh ini lampu warning low oil pressure sudah nyala 3x saat start awal (hanya sekitar 1-2 detik). Padahal sebelumnya tidak. Mungkin lagi dapat yang kurang baik kualitasnya.
Ralat: maafkan saya; kurang konsentrasi 🤣 yang menyebabkan Low Oil Pressure warning itu perkara filter oli Aspira. Tidak ada hubungannya dengan filter solar
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

Mau nanya Om, shockbreaker Innova (2019), dibawah 3 tahun kalo rembes masi bisa claim garansi kan ya? Kalau corner sensor juga kan?

Ini mobil pas 2 tahun corner sensor mati, shock belakang rembes...kalo aki sih ane baca cuma 1 tahun garansi.