Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1861
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by MSU »

DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
Betul om...dulu avanza rentalan kantor jg gardannya bunyi klatak2...
Tp ttp disiksa ama driver, nyetir jg dulu full load full speed..so far aman :big_biglaugh:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1651
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by t105erd »

DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
ingat om rule namber wan, kalo udah pakai kyuet dan mesin/girbox/axle masih juga rusak atau sampe jebol berarti memang mobilnya (maaf) busuk.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

farizfsa wrote: Tue Jun 03, 2025 5:51 kl saya sih lepas aja om

om udah ada pikirian mau lepas

mungkin mobilnya kurang cengli buat om, jdlah dia ada aja rusakannya dan blm beres2 bgt.

sy ada jg kok beberapa kali mbl yg katanya badak di saya ada aja rusaknya :big_biglaugh: , ga lama saya jual. masih dipakai sama pemilik selanjutnya dan malah jarang rusak. contohnya honda accord cr, rush gen 1 sama teranno.
iya om, itungannya ini mobil saya yang baru keluar delaer aja muncul penyakitnya, dan kebetulan satu satunya unit baru yg saya beli tapi selisih tahun pemakaian dan NIK... jadi pengalaman kalo mau beli unit mending ambil tahun fresh aja..
MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 5:52 hmmm
impresi avanza fwd, saya bagi ke plus minus spy gampang bacanya & saya bukan user fanatik

plus :
- irit, di rute harian saya menurut mid 1:16, kalo itung full to full hampir akurat sih
- ruang kabin lega..terutama di baris kedua-nya
- bangku juga enak didudukin, compare to rush...alasnya rush tu rada kependekan menurut saya sehingga sebagian paha ga ketopang
- power steer enteng
- mesin 1.3-nya sbtlnya cukup powernya sih, lari 100kmh seingat saya 2000rpm

minus :
- cvt-nya rada bloon, terutama pas jalan pelan sktr 20kmh, jadi ndut2an, tapi aneh kl ada penumpang belakang jadi smooth
- body rasa kurang rigid, terasa kalo lewat jalan rada gelombang, itu dari pintu bunyi kriet2 kayak kurang rigid body-nya
- suspensi blkg sedikit kurang keras utk saya pas bawa penumpang 2 orang
- untuk driver tinggi 170cm...posisi nyetir rada kurang pas utk saya, kayak bangku kurang tinggi...tapi di tipe E cuma bisa stel stir naik turun &bangku ga bisa stel ketinggian
- moncong depan rada rendah, gampang gasruk
- pas lewat poldur ada bunyi klutuk dari suspensi depan & blkg -> sy biarin aja, males carinya

sementara begitu om
noted om, mungkin yang lebih mirip feelnya avanza sekarang ini rush ya, kalo avanza dnga udah mulai berbenah dan meninggalkan kesan kolot dan durablenya..
KielConstantine wrote: Tue Jun 03, 2025 6:39 Jangan beli suzuki yg hybrid2 palsu om. Mild hybrid itu kaga guna sama sekali.

Dy pake system ISG (integrated stater generator) umurnya pendek, rata2 mokad di 50k-60k kilometer. Harga parts assy nya bisa 15 juta. Ngobok banjir kemasukan aer jg rusak, belom lg ada batre hybrid kecilnya jg tuh klo minta replace DC 10 jutaan

Bikin irit enggak, yg ada malah boncos

Suzuki better cari yg pure ICE dicombo matic A/T konvensional dah
siap mbah, sudah planning akan beli suzuki konven aja, yang tipe zeta terendah.. atau sekalian yang hybrid tapi proper macam zenix G gimana mbah? konon mau disc pemerintah lagi
DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
kasar tapi durable, simpelnya gitu ya mbah.. tapi entah kenapa unit ini sudah pake oli priyayi malah jadi manja, mungkin harusnya dari awal pake oli biasa aja lebih awet...
rakyatwkwkland wrote: Tue Jun 03, 2025 12:40 Nah kl gitu udah bener ituu ganti ke XL7. Kalo ngeresing di toll at least masih jauh lebih manusiawi lah handlingnya daripada apansa lama.

Kalo karat di handle pintu kebetulan unit ane ga kena. Kalo rembes itu dari cover timing chainnya yg ane tahu, dan memang agak boleh dibilang cacat produksi krn banyak yg kena. TS mau ambil unit brand new atau second? Kalau brand new harusnya sekarang udah improve sih sptnya dah ga ada isu itu yah? Kalo second pastiin aja mesin kering2, mudah2an salah satu yg gak rembes atau at least udh pernah diklaim garansi sama owner sebelumnya. Karena kl di unit ane semenjak klaim garansi blm pernah rembes lg sampe sekarang.
tapi waktu sama tenaga sampe bela2in surat pembacanya ituloh yang bikin saya pikir2 mau beli brand ASII
Nah sekalian sekarang sila coba produk brand nya IMAS...

:ngacir:
syukurlah ga kena mbah, atau mungkin udah silent improvement, saya nyelam di grupnya ada yg sampe pesen paking nya jimny CBU jepun baru solved masalahnya.. entah yg rakitan sekarang sudah pake part tsb atau memang udah di design baru... suzuki ini doyan silent improvement juga soalnya
ilhami wrote: Tue Jun 03, 2025 12:45 Pakai mobil sampai 15 tahun ok aja, mesin rembes dikit itu ngga masalah kok. Malah kalau dijual ribet debat sama pembeli. Tapi kalau sering perjalanan jauh memang perlu waspada terutama radiator.
iya om, saya pakai unit paling tua avanza 2010, jual thn 2023, ya awet2 aja cuma jarang perawatan, masih laku harga bagus
MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 13:09
DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
Betul om...dulu avanza rentalan kantor jg gardannya bunyi klatak2...
Tp ttp disiksa ama driver, nyetir jg dulu full load full speed..so far aman :big_biglaugh:
emang dasarnya mobil niaga, harusnya dikasarin biar awet ya mbah.. bukan dimanja, malah jadi lemon..
t105erd wrote: Tue Jun 03, 2025 13:30 ingat om rule namber wan, kalo udah pakai kyuet dan mesin/girbox/axle masih juga rusak atau sampe jebol berarti memang mobilnya (maaf) busuk.
noted mbah, ini udah di persiapkan planning jualnya, dan ada beberapa kandidat yang dipegang
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by doge »

zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
Kejauhan rentang opsinya om

Klo sm raize aja ragu cvt, zenix kan jg cvt

Sudah jelas ini mah

klo kuat, lsg reborn diesel at

Drpd ntar udah discontinue mesti nunggu rangga klopun dibikinin versi mpv nya sm tam
:ngacir:
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

doge wrote: Wed Jun 04, 2025 16:48 Kejauhan rentang opsinya om

Klo sm raize aja ragu cvt, zenix kan jg cvt

Sudah jelas ini mah

klo kuat, lsg reborn diesel at

Drpd ntar udah discontinue mesti nunggu rangga klopun dibikinin versi mpv nya sm tam
Imho, zenix yg masuk kandidat yg hybrid om dan tranny nya lebih mirip power transfer unit dibanding cvt konven kalo liat literaturnya.. maka itu saya berani masukkan di opsi, itupun mungkin tunggu avanza+innova laku syukur2 giias ini facelift.. kalau harga yg g gasoline sekitar 436 lebih dikit..

Regards
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1861
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by MSU »

zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
kalo xl7...menurut saya jgn hybridnya...kalo kena banjir2an resiko di aki
raize...kebetulan sering nebeng temen...ga ada yg spesial di mobil ini (temen punya 1.2G)...suspensi belakang ya cenderung lemes kalo diisi 4 orang (tp di youtube pernah ada yg info versi turbo-nya kayak beda suspensi)
rush GR..feeling sy ini suspensi diimprove lebih empuk...krn dalam seminggu sy nebeng di 2 versi rush...minusnya mungkin di jok yg topangan alasnya kurang memadai

tapi balik selera masing2 hehe
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by zzzprince »

MSU wrote: Thu Jun 05, 2025 0:18 kalo xl7...menurut saya jgn hybridnya...kalo kena banjir2an resiko di aki
raize...kebetulan sering nebeng temen...ga ada yg spesial di mobil ini (temen punya 1.2G)...suspensi belakang ya cenderung lemes kalo diisi 4 orang (tp di youtube pernah ada yg info versi turbo-nya kayak beda suspensi)
rush GR..feeling sy ini suspensi diimprove lebih empuk...krn dalam seminggu sy nebeng di 2 versi rush...minusnya mungkin di jok yg topangan alasnya kurang memadai

tapi balik selera masing2 hehe
noted om, saat ini untuk xl7 saya incar yg paling rendahnya, yang setara ertiga GL, cuma selisih 4jt dapet velg r16, speedometer lengkap dan sein spion, roof rack sama overfender lumayan cengli kayanya..
untuk rush saya sempet minjem dan emang beda sih antara r16 sama r17 nya.. mungkin akan cari velg R16 supaya rada empuk-an

Regards
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2620
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by darrelund »

DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32
ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
komporrrrr :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27663
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by DOHC »

t105erd wrote: Tue Jun 03, 2025 13:30
DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
ingat om rule namber wan, kalo udah pakai kyuet dan mesin/girbox/axle masih juga rusak atau sampe jebol berarti memang mobilnya (maaf) busuk.
kl emg si oli q8 sgitu sakti nya, uda dari jaman daihatsu taruna tuh si q8 jd official oil buat gardan nya :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by Pboyz97 »

turut prihatin buat avanzanya & semoga mobilnya bs pulih seperti sedia kala. kalo mau ganti xl7, cukup worthed kalo mau cari kenyamanan & bantingan suspensi . kalo saya ada di posisi TS nya, saya lepaskan aja , entah knp pengalaman piara berbagai gen avanza mulai dari yg gen 1 - terakhir last fl 2021. yg gen ini gak se durable pendahulunya, terutama yg mesin sblm dual vvti

kalo alternatif, sepertinya an rushter baru or xpander sport/ultimate/cross seken tahun muda jg bisa dipertimbangkan. sepertinya masuk kriteria. or kalo mau yg gedean bs vote reborn G diesel at 2016-2019
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4967
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by Pboyz97 »

zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
kebetulan ex user avanza dari gen 1 2008 - terakhir 2021 last fl, GNKI V AT 2014 & innova reborn g diesel at 2018 + saat ini user voxy 2023 yg drivetrainnya persis kaya zenix. kalo no 4, terlebih bakal jual innovanya jg. saya kalo jadi om BIG NO!!. sama sekali ngga worthed. saya sendiri dari reborn diesel at ke voxy 2023 + jual CRV turbo prestige 2019 jg buat beli ini voxy saat itu , cukup menyesal jual 2 mobil itu ganti voxy. mobil paling kagak enak buat lukot menurut saya dibanding moblil2 lain yg udh pernah saya pake sblmnya (ANPS, ANF, Reborn diesel, crv turbo, cx5) . masih piara sampe hari ini krn ibu & nenek saya masih perlu mobil yg gampang akses keluar masuknya , 80% disopirin & mayoritas dalkot jg. kalo bkn krn ngalah sm keluarga , udh saya lego itu mobil dr bbrp waktu lalu

back to topic. kalo kudu jual avanza + innova. saya akan coret no 4. kalo masalah proper, saya masih jauh lebih megang reborn or gnki (saya dl pernah punya keduanya dan beli seken) . zenix menangnya nyaman buat dalkot sm irit buat dalkot kalo hybrid, kalo lukot, saya tetep megang reborn diesel kemana mana, kalo dari saya, jika harus jual innova nya jg + avanza, saya akan pilih no 5, no debat. sudah paling sesuai kriteria menurut saya & worthed, apalagi TS nya sering lukot. untuk alternatif lain, jika avanzanya saja yg dijual & innovanya dikeep. saya bakal pilih opsi antara 1&3 kalo mau baru. kalo sering lewat jalan yg kurang bagus, tanjakkan or turunan, pilih opsi no 3. kalo cari kenyamanan pilih opsi no 1
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by singachu »

zzzprince wrote: Tue Jun 03, 2025 5:41
MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 0:06 begitulah kualitas beres utk soal kapasitas fluida....pada males buka kitab..
herannya lagi oli gardan & trans manual tu kan biasa diisi sampe luber ya
itulah knp avanza fwd ane ga pernah service di beres...selalu panggil mekanik home service-nya spy bs diliatin
nah itu dia om, pas isi gardan baru yg notabene kering, di bon SPK nya cuma 3liter, padahal referensi penggantian rutin aja 3.7. lah ini isi kering kok ya cuma isi 3liter, mana pake pompa yg biasanya gak semua olinya kepompa, alias ngendap..

avanza fwd gmn impresinya om?
t105erd wrote: Tue Jun 03, 2025 0:11
lah padahal mtf dan gear oil pakai oli kuy-et kok malah jebol...
saya waktu ke tunas ganti mtf juga dia kasih shell spirax s2g 80rb an, sempet ditawarin sama sobatnya di sini pakai mtf dia hargana 240rb/l, ogah deh overprice buat saya kalo cuma mtf ga terlalu ngaruh yg bagaimana di mobil, asal spek dan volume sesuai, karena mobil harian bukan heavy duty atau buat endurance race wkwk...

saran saya coba ganti gear oil nya pakai rored hda atau spirax s2a kan kalo volume dia ngikut lubang isinya, kalo dah luber berarti dah pas.
saya masih ada sisa q8 75w90 gl5, sayang2 di tuang ke unit ini, mungkin mau coba isi sae 140 sebelum dijual ahahah
lemonadelovers wrote: Tue Jun 03, 2025 0:23 jual transmover ganti veloz RWD last edition yg lampunya belah aja om
kebetulan sebelum beli unit ini, sudah ada 1 unit veloz rwd om. Dari unit veloz itu pinginnya 1 unit lagi jaga2 kalo ntar kedepannya rare, cuma saat itu stok nasional avanza RWD sisa unit yg sekarang bermasalah ini...
darrelund wrote: Tue Jun 03, 2025 0:36 kronologi udah ganti assy girbok sama gardan gimana mbah? mobil relatif muda
di km 35rb an udah mulai kerasa bunyi backlash klatak2 di gardan om, bengkel resmi di BPN ga berani bongkar/claim katanya takut makin bermasalah.
saya bawalah mobil ini ke perantauan buat sekalian claim di pusatnya.

abis diganti gardan, malah transmisi saya yg jadi dengung, gardannya sempat senyap beberapa saat setelah ganti assy.
abis itu transmisinya dibelah buat diganti jeroan2 nya karna bengkel bilang bakal aman. nyatanya dengung ga ilang, malah jadi alot. digantilah transmisi gelondongan+kopel setelah surat pembaca pertama keluar.

gak taunya, sebelum ganti transmisi gelondongan, gardan berisik lagi setelah jala 2rb km. sekarang malah klatak2 dari backlash dan ketambahan bunyi krok2 kalo lepas gas di kec aga tinggi.. baru ketauan oli yg diisi kurang, karna saya tap cuma 2.3 liter, dari kapasitas seharusnya yg 3.7l.
bengkel pun ga bisa ngelak setelah sy cari recordnya ke beres kota lain buat liat brp liter oli gardan yg di klaim.

kesimpulannya, tau gini gak saya claim sekalian, langsung jual aja sebelum diobok2
Kaleng wrote: Tue Jun 03, 2025 1:38 sofar list claim warranty mobil ini:
- Lower Arm Depan Kiri Kanan 5rb km an
- Lower Arm Belakang Kiri Kanan, km mirip2 lower arm belakang
- Rematching Disc Brake
- Lock pintu bagasi
- Assy Disc Brake Kiri Kanan, 30rb km an
- Blower AC Belakang 30rb km an
- Bearing matahari 45rb km an
- Gardan Assy di 48rb km
- Transmisi Partial yaitu, full bearing, full synchromesh, full gear di 50rb km an
- Transmisi Assy + Kopel Assy di 54rb km

Menakjubkan listnya om. kok bisa assy disc brake kiri kanan dan blower ac sampai claim di km 30rban.
disc brake kalim karna abis dibubut geter lagi, dan saya email kalo kenapa di jalan saya minta tanggung jawab. digantilah assy, tapi di jakarta sempet 1x mereka bubut lagi karna sempet geter 1x
kalo blower ac belakang diganti karna bunyi krok2 kalo lagi nyala om
satriakarisma wrote: Tue Jun 03, 2025 2:54 udah lepas aja Om, sorry to say ini udah dpt cacat unit.
daripada sakit hati dan buang buang waktu, ganti aja ke unit baru lainnya atau kl mau ya cari second hand avanza rwd last gen.
sepertinya om cacat unit, sampe kapok mau beli unit NOS tahun lama..
kalau 2nd mungkin blm dulu, apalagi kalo penggantinya veloz juga, karna udh ada unitnya
ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:38 kalau nggak keluar duit selama beresin sih jual aja.

mobil yang udah banyak balanya gini dan bengkel resminya kocak gitu bikin capek. gila yah masalah gardan aja gak kelar kelar ini bengkel resmi loh.
keluar duid paling ongkos bolak balik kapal sama oli2 "branded" yang diisi buat ngurangin dampak kerusakannya aja om

tapi waktu sama tenaga sampe bela2in surat pembacanya ituloh yang bikin saya pikir2 mau beli brand ASII.
ChZ wrote: Tue Jun 03, 2025 3:40
ane civic / CRV kalo di bengkel resmi, oli mesin dihabisin dong 4 liter.

aslinya padahal 3.7 pake filter, 3.5 tanpa filter.

sebenernya nih TBH avanza durabilitynya overrated. dari pengalaman gak bandel-bandel amat juga kaki kakinya. ya emang murah sih partnya. saya 40 rebu ganti shock semua xenia 2011 dan avanza 2014. prasaan malah lebih sering urusin kaki kaki avanza dibanding H yang terkenal rewel.
bener om, partnya gak murah2 amat.. mungkin yg bilang murah kalo beli yg local sourced ato kw nya ya.. tapi kalo beli genuine rasanya mirip2 brand lain
waduh ngeri juga ya, mana aku piara veloz 1.5 2019.... odo baru sekitar 50rb km kalau ga salah inget :upss: oli gardan dan transmisi sudah 2x ganti, yang terakhir aku ganti sendiri soalnya dah lewat masa garansi dan free service. pakai TMO semua aku isinya sampe luber
kaki2 so far ga ada masalah, cuman ada bunyi tek seperti jok belakang atau ban serep ga seret kalau lewat poldur kenceng, tapi udah aku kencengin jok ama ban serep tetep aja ada bunyi, ada yang bilang karet lateral rod belakang cuman blom aku ganti
DOHC wrote: Tue Jun 03, 2025 11:32 terlepas dari masala TS,

barang2 RWD buatan daihatsu kan emg dari jaman afansa baru kuar taon 2004 jg ud briziek seh, penyakit gardan ama transmisi dengung ud hal biasa, cuman kl ampe klatak2 yah itu emg cacad fabriek sehh..

btw

ternjata pake oli mahal minta ampun macem q8 jg ga guna yah, tetep aj rusak, ga beda kaya pake spirax atau rored
wah gitu ya om rentan dengung ?
MSU wrote: Tue Jun 03, 2025 13:09
Betul om...dulu avanza rentalan kantor jg gardannya bunyi klatak2...
Tp ttp disiksa ama driver, nyetir jg dulu full load full speed..so far aman :big_biglaugh:
wadidaw :big_slap:

regards,
singachu
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by vulvy8858 »

zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
kalo om tipikal yg cukup perfeksionis dan gatelan sama suara2 aneh, saran saya sih cari mobil yang paling tahan banting
dari pilihan diatas, Rush GR AT
atau Reborn G Diesel Matic.

Raize saya skip karena banyak opsi lebih bagus.

XL7 asumsi sama kayak Baleno, sampe km 60rb dia ga ada yg bunyi2, 60rb sampe 90rb yang bunyi2 cuma krn ban mengeras, kampas rem depan habis, sama fanbelt & belt AC getas. sisanya ga ada bunyi2 aneh.
di unit saya yang 2017-2024 saya pake, dia cuma bunyi di steering column 1x dan geter2 rattle dashboard aja.
skrg pake unit yg 2024, sampe km 5000 belom ada bunyi apa2 sih.

Zenix HV saya ada 2 ekor,
yang 2024 kesini sih uda enakan, uda ga banyak bunyi2 kayak batch awal 2023

kl buat badak2an dan longetivity saya lebih ke Reborn Diesel G AT krn perna pake 8 tahun / 200rb km, bunyi2an baru keluar di 100rb an km setelah 4 tahun dan worn out parts baru banyak diatas 150rb km setelah 6 tahun, yang menurut saya sangat wajar.

Rush juga sama, anggap saja om pake Avanza ganti kulit. yang bakal rusak cuma parts yang kemakan usia pakai dan kemakan jarak tempuh pemakaian.
cuma Rush ga bakal seawet Reborn.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12696
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by Suryaputra »

vulvy8858 wrote: Wed Jun 11, 2025 10:09
zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
kalo om tipikal yg cukup perfeksionis dan gatelan sama suara2 aneh, saran saya sih cari mobil yang paling tahan banting
dari pilihan diatas, Rush GR AT
atau Reborn G Diesel Matic.

Raize saya skip karena banyak opsi lebih bagus.

XL7 asumsi sama kayak Baleno, sampe km 60rb dia ga ada yg bunyi2, 60rb sampe 90rb yang bunyi2 cuma krn ban mengeras, kampas rem depan habis, sama fanbelt & belt AC getas. sisanya ga ada bunyi2 aneh.
di unit saya yang 2017-2024 saya pake, dia cuma bunyi di steering column 1x dan geter2 rattle dashboard aja.
skrg pake unit yg 2024, sampe km 5000 belom ada bunyi apa2 sih.

Zenix HV saya ada 2 ekor,
yang 2024 kesini sih uda enakan, uda ga banyak bunyi2 kayak batch awal 2023

kl buat badak2an dan longetivity saya lebih ke Reborn Diesel G AT krn perna pake 8 tahun / 200rb km, bunyi2an baru keluar di 100rb an km setelah 4 tahun dan worn out parts baru banyak diatas 150rb km setelah 6 tahun, yang menurut saya sangat wajar.

Rush juga sama, anggap saja om pake Avanza ganti kulit. yang bakal rusak cuma parts yang kemakan usia pakai dan kemakan jarak tempuh pemakaian.
cuma Rush ga bakal seawet Reborn.
emang klo buat tangguh2an
sasis ladder frame ini nomer 1 yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by vulvy8858 »

Suryaputra wrote: Wed Jun 11, 2025 10:18 emang klo buat tangguh2an
sasis ladder frame ini nomer 1 yaa
menurutku iya, Om Sur..

selama pake Innova dari..
G Diesel AT 2007, sampe 260rb km
G Bensin AT 2011, sampe 190rb km
GNKI G Diesel MT 2013, sampe 170rb km
Reborn G Diesel AT 2016, sampe 200rb km
Reborn G Diesel AT iArt 2021, sampe 63rb km
ga ada masalah berarti,

semua penggantian worn out parts wajar sekali kecuali reborn batch awal,
reborn batch awal pun TWC nya berhasil semua di unit saya,
mulai ganti tranny assy, turbo assy, kaki2 depan belakang uda ganti semua free pas 50rb km.

dari 50rb sampe 200rb ya rusak2 wajar krn umur, pemakaian, jarak tempuh..

alasan jual G Diesel AT 2007 krn injektor kencing sama supply pump lemah dihajar solar murah,
G Bensin AT 2011 sampe skrg masi ada dan aman aja
G Diesel MT 2013 dijual krn manual, bukan krn rusak, uda ga relevan buat daily usage
Reborn 2016 dijual krn ganti Zenix HV, uda ga worth benerinnya (uda saatnya ragat AC, kaki2 dan check timing chain) dan masi laku tinggi, cepet2 jual
yang iArt operasional kantor lama, skrg uda ditarik.

Zenix yg batch awal juga TWC saya uda full itu wkwkwkwk
driveshaft
piringan rem
tierod
shock depan kiri kanan
AC bau dan kurang dingin

yg 2024 akhir Puji Tuhan masi aman saja.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
inrwzwsk
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jun 12, 2025 2:09
Location: 021 weekday, 022 weekend
Daily Vehicle: 2022 B6H - 2024 W101RE

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by inrwzwsk »

zzzprince wrote: Wed Jun 04, 2025 16:17 Izin update rekan-rekan..

Setelah timbang timbang, kemungkinan mobil ini akan dijual saja mumpung harga masih OK, dan supaya gak makin banyak rusaknya. Ada beberapa kandidat saat ini:

1. XL7 Zeta AT - 275 before disc - ini kandidat yg kuat karena saya gak terlalu banyak nambah, tapi dari karakter mobil beda lumayan banyak dan hampir memenuhi kebutuhan sy, cuma downgrade di sasis sama penggerak.

2. Raize 1.0T G CVT - harga sama dgn XL7 - pertimbangan ini karena saya sempet pake seminggu di malang dan rasanya ini mobil lincah, diluar ekspetasi sy sebetulnya.. cuma ya masih sangsi sama durability 1.0T dan CVT nya

3. Rush GR AT - 320jt before disc - pertimbangan opsi ini, karena paling mirip sama karakter Avanza yg sekarang, tapi kalau dilihat harga OTR nya, udah 2x harga pembelian avanza ini.. jadi agak gimana gitu, dapet mobil yg mirip tapi harga 2x lipat

4. Zenix G CVT - 473jt before disc (mungkin kalo ambil ini, saya akan jual 2014 GNKI E MT buat nambahin hasil jual avanza, dan juga posisi unit ini udah digantiin sama Veloz RWD yang sofar blm berissue dan jauh lebih muda) pertimbangan unit ini, sekalian cari yang proper dan ikut teknologi baru

5. Reborn G AT Diesel - Saya rasa udah pada tau alasan yes dan no-nya lah ya.. :big_biglaugh:


Dari kandidat diatas, boleh diinfo plus minusnya, dengan kebutuhan saya yg cuma pake banyak di weekend dan musim libur di perantauan..

Mohon pencerahannya. Terima kasih


Regards
dari opsi ini, yg paling cocok sama omnya Rush GR AT/Reborn G AT Diesel ya.. betul karakternya masi karakter Toyota sblm TNGA/DNGA dan build quality cenderung lebih bagus.

tadi ada opsinya Avanza FWD ya, kebetulan saya saat ini parallel pake Avanza FWD dan RWD. secara ride quality emang jauh lebih baik, tapi memang banyak bunyi2 yang gak perlu. rattle, body mobil goyang2 pas hajar speed trap, dll dll
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 624
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by satriakarisma »

Terios Facelift aja, type X udah cukup itu.
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
Daily Vehicle: 2019 Honda Vario 150 - K59J

Re: Avanza: Pertahankan atau lepaskan

Post by kepo2601 »

Ijin ikutan nimbrung kalo males nambah budget terlalu banyak sama pengen nyoba brand lain, saya vote XL7. Sebagai ex user yang cukup puas saya siksa mobilnya 6 ribu km Jakarta - Manado PP jalan darat no problemo, mobilnya enak dan ngga ada problem aneh aneh. Kalo berkaca saudaranya ertiga juga banyak odo terbang krn jadi mobil lintas. Lucunya itu XL7 saya beli dadakan buat gantiin mobil yang katanya badak dan ngurusinnya murah tapi ternyata lebih bala krn biaya beberesnya udah kayak biaya beberes mobil eropa :mky_03:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

K59J - 2019 Honda Vario 150