Tipe accu innova diesel

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tipe accu innova diesel

Post by poeticmind »

m4rio wrote:broo, kalo normalnya sih emang gitu, kalao mesin diesel butuh amper yang lebih besar buat ngegerakin dinamo starter karena tekanan kompresinya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. sehingga dibutuhkan tenaga putaran yang tentunya lebih besar.
tidak sepenuhnya benar, karena pabrikan sudah menghitung berapa besar amper accu agar dinamo stater cukup daya nya. so standar accu dari pabrikan itu sudah lebih dari cukup.. dengan catatan accu tersebut kondisinya prima. dan ini ditunjang dengan maintenance yg baik (kecuali accu MF dan dry cell, ini minim perawatan).

menjawab pertanyaan bro badak, yg utama bukan berapa besar amper yg sebaiknya digunakan, tapi seberapa besar daya maksimal altenator dapat mensupply ke accu. jika altenator mampu utk mengisi accu 100amper, silahkan diganti dengan accu 100amper atau dibawahnya. tapi sebaliknya jika maksimal altenator hanya 80amper, tentu accu yg dipilih dibawah atau maksimal 80amper. silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan.
utk mengecek seberapa besar altenator tsb, bisa ke tukang accu (misal sjamsul) atau toko/dealer yg menjual khusus accu. mereka punya alat utk mengecek nya atau dilihat jenis altenatornya, atau mereka sudah ada list dari jenis mobil.

toko atau dealer accu yg baik dan profesional, selalu merekomendasikan accu sesuai dengan pabrikan.. jika ada penggantian amper lebih besar mereka dapat langsung menyarankan sesuai dengan kebutuhan, dan tidak lupa ukuran besar accu, jenis accu basah/kalsium/kering/MF, posisi kutub, serta besar kepala aki.

nanti mungkin sjamsul akan mengoreksi tulisan saya.
Image
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Debiyarto »

Gua pemilik Innova Diesel 2005.
Accu standard udah diganti karena usia pakai.
Waktu mau diganti di Auto 2000 harganya kagak sopan... sebab itu GS udah di tempelin logo "Accu Toyota" sehingga harganya meroket tembus 1.1 jt. dan tentunya masih plus ongkos pasang di Auto 2000.

Oleh mekanik disana dianjurin beli diluar aja.
Tapi ternyata emang susah nyari Accu GS Hybrid 80D26L (Bawaan asli Innova Diesel).
Ada juga di toko jaringan shop and drive yang juga dipunyai Astra group dan dijual seharga 1 jt.

Akhirnya gua ketemu merek GForce dengan kode yang sama (80D26L) seharga rp. 700 rb. (harga setelah tukar tambah dengan aki lama).

Sebenernya hampir tiap merek accu mengeluarkan tipe 80D26L, terbukti kode ini ada di price list mereka.
Tapi toko aki rata2 minta tempo 2 hari untuk mendatangkannya....padahal gua kudu ngantor.... jadi langsung aja gua tebus tuh GForce.

FYI. aki dengan kode 80D26L (kode JIS baru) sama dengan NX110-5L (kode JIS lama). Dari spec. yang ada type ini punya tinggi 26 cm dgn capasitas 65 Ah. Kepala aki negatif lebih kecil, kedua kutub aki sejajar terhadap lebar body dan kutub negatif ada dikiri pada saat kedua kutub berada pada posisi terdekat dengan badan kita.

Terus terang Gua kepincut sama GForce karena dengan dimensi yang sama mereka claim capasitasnya lebih besar yaitu 80Ah sebagaimana tertulis dikemasan dan body akinya. dan juga tentunya...ehem....harganya yang ehem... doyong...hehehehehehe...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Wah akhirnya ada juga yg mengalami kejadian seperti saya.
Setelah baca posting bro debiyarto, baru deh saya inget kalo 80D26L itu adalah kode JASO untuk tipe NX 110-5L (bukan JIS). Setahu saya JASO adalah teknologi baru untuk aki, yaitu dgn dimensi kotak sama tetapi memiliki kapasitas ampere lebih besar dari aki sejenisnya. Hal ini dibuat dengan cara membagi ruang tiap sel dan mengisinya dgn plate tambahan. Jadi misal biasanya diisi 4 plate, untuk tipe JASO diisi dengan 8 plate sehingga daya nya meningkat.
Waktu mau diganti di Auto 2000 harganya kagak sopan... sebab itu GS udah di tempelin logo "Accu Toyota" sehingga harganya meroket tembus 1.1 jt. dan tentunya masih plus ongkos pasang di Auto 2000.
Astra memang sudah melakukan kontrak kerja sama untuk menggunakan aki GS disetiap kendaraannya bro. Jadi maklum kalau semua mobil dr astra isinya selalu GS, bukan yg lain.
Sebenernya hampir tiap merek accu mengeluarkan tipe 80D26L, terbukti kode ini ada di price list mereka
Yuasa tidak mengeluarkan tipe 80D26 bro, karena saya jg penjual aki jadi saya jg mengetahui price listnya. Mungkin untuk tipe Yuasa bisa menggunakan 95D31L tetapi dgn dimensi sedikit lebih panjang dr 80D26L.
Terus terang Gua kepincut sama GForce karena dengan dimensi yang sama mereka claim capasitasnya lebih besar yaitu 80Ah sebagaimana tertulis dikemasan dan body akinya. dan juga tentunya...ehem....harganya yang ehem... doyong...hehehehehehe...
Waksss...akhirnya hasilnya adalah saya telah salah memilih aki dgn kapasitas ampere lebih kecil dr standarnya yg 80aH. Yah tinggal berdoa saja semoga aki saya bisa awet dan tidak tekor :e-pray:
Thx sharingnya bro debiyarto
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Tipe accu innova diesel

Post by m4rio »

kok lebih kecil broo?? kan katanya std aki innova itu 65A???
yg 80A itu kan aki merek lain dengan dimensi yg sama.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

kok lebih kecil broo?? kan katanya std aki innova itu 65A???
yg 80A itu kan aki merek lain dengan dimensi yg sama.
Bukan begitu bro maxudnya. Saya sebelumnya tidak tahu kl aki standard innova diesel 80aH, karena kodenya 80D26L. Karena stok nya yg jarang maka saya pilih Yuasa NS70L (65aH) yg memiliki dimensi kotak sama persis. Baru setelah baca posting bro debiyarto baru saya inget kalo 80D26L itu merupakan aki tipe JASO dgn daya 80aH. 80aH itu mmg dimiliki aki2 JASO seperti GS dan G Force, untuk yuasa tidak mengeluarkan tipe 80D26L. Adanya tipe 95D31L.Begitulah bro..
Kira2 kalo lebih kecil 15A dr standarnya bisa awet apa gak ya aki saya? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tipe accu innova diesel

Post by DOHC »

coba liat kapasitas alternator inova nya dulu aja bro, kalo kapasitas ngisi nya diatas 65 A, yah ane rasa sigh bakal kaga awet tuh aki, scara bakal overcharge terus2an... lama2 cel2 gampang melengkung dan keok dehhh... oh iya, perhatikan dulu aja, ntuh aki kelewat panas dan sering nambah aer ga...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Waktu mau diganti di Auto 2000 harganya kagak sopan... sebab itu GS udah di tempelin logo "Accu Toyota" sehingga harganya meroket tembus 1.1 jt. dan tentunya masih plus ongkos pasang di Auto 2000
Hmmm..harga nya memang benar2 tidak sopan. Yang kita butuhkan adalah membeli aki, bukan membeli nama. Saya juga akan mengambil tindakan yg sama seperti anda, membeli aki merk lain tapi dgn kualitas sepadan.
Btw aki bekasnya dihargai berapa bro debi??
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

coba liat kapasitas alternator inova nya dulu aja bro, kalo kapasitas ngisi nya diatas 65 A, yah ane rasa sigh bakal kaga awet tuh aki, scara bakal overcharge terus2an... lama2 cel2 gampang melengkung dan keok dehhh... oh iya, perhatikan dulu aja, ntuh aki kelewat panas dan sering nambah aer ga...
Berarti saya harus membawa ke tukang aki dulu donk bro untuk mengecek kapasitas altenatornya?
Ok, next time saya share lagi bagaimana hasil akhir nya, apakah aki keok kurang dr 1,5th (asumsi umur aki normal) atau masih mampu bertahan lebih.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tipe accu innova diesel

Post by DOHC »

bener bro, coba dibawa ke tukang aki dulu aja, atau bisa jg berkunjung ke professor aki nya SM gt... tapi akhir2 ini beliau kaga ol mullu neh, smenjak jadi momod :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Perkembangan terbaru, setelah saya coba beberapa hari ini perubahan yg terasa adl waktu starter mesin pertama kali terasa agak berat. Beda dgn waktu masih pake aki standard nya yg 80aH. Tapi krn mobil msh baru jadi tidak terlalu terasa ada gangguan kyk susah start..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tipe accu innova diesel

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Need help para master di SM. Mobil saya innova diesel tiba2gak bisa distarter, n setelah saya cek ternyata badan accu nya terasa hangat dan agak menggembung. Menurut suhu SM apa ya trouble nya? Apakah ada korsleting?
Karena udah malam, saya coba telp cusomer service Toyota tapi ternyata tetap tidak bisa memberikan solusi yg memuaskan. Malah disuruh membawa ke bengkel terdekat. Sekalian mau tanya, untuk Innova Diesel tipe G subtitusi accu yg bisa tipe apa? Karena untuk tipe standard 80D26L sulit didapatkan di kota saya. Kalo menurut CS nya daya yg diperlukan hanya 35A apakah berarti bisa diganti dgn tipe yg umum seperti NS60, N50, ato NS 70?
thx
dak, aki mbl klo dipake emang bisa terjadi hangat...... asal jangan ampe panas berlebihan aja....

sayang sekali nt ga menjelaskan umur itu akinya dah berapa lama... klo dah lbh dari 3 tahun... itu normal.....jadi bodynya agak melembung, yg diakibatkan krn aki dah mulai lemah..... klo ane ceritakan penyebabnya bisa cukup panjang.................

klo aki nt aslinya dah besar, sebaiknya jangan diganti dg ukuran yg lbh kecil............. trus klo ga salah aki dg tipe spt yg nt tulis itu kapasitasnya adalah 80 Amper........coba deh besok ane tanyakan ama dealernya untuk memastikan besaran ampernya.............
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tipe accu innova diesel

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Perkembangan terbaru, setelah saya coba beberapa hari ini perubahan yg terasa adl waktu starter mesin pertama kali terasa agak berat. Beda dgn waktu masih pake aki standard nya yg 80aH. Tapi krn mobil msh baru jadi tidak terlalu terasa ada gangguan kyk susah start..
maksud nt dg starter mesin pertama kali.... apakah di pagi hari ato gimana nih..... trus setelah dipake keliling apakah msh terasa berat juga starternya............ :e-think: ...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tipe accu innova diesel

Post by poeticmind »

wew! muncul juga akhirnya... wkwkwk.. :upss:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Sesuai cerita saya di atas om, sewaktu aki std nya keok, saya bingung karena tidak tahu kapasitas ampere nya.
Baru setelah liat brosur n price list baru tau kl aki std nya itu tipe JASO om, yaitu dimensi NS70 (65aH), tapi dgn daya 80aH. Nah karena saya tidak memiliki aki persis dgn std nya, akhirnya saya pilih NS70.
dak, aki mbl klo dipake emang bisa terjadi hangat...... asal jangan ampe panas berlebihan aja....
Gimana cara nya jaga biar ga kepanasan om? kita pakai mobil khan sewajarnya aja.
Umur akinya tidak ada 1,5 th om. Mobil tahun 2008 akhir, skrg udah jebol.
coba deh besok ane tanyakan ama dealernya untuk memastikan besaran ampernya.............
Saya juga udah tny CS nya, tapi jawabannya oon banget deh. Udah diblg innova yg diesel ttp diblg aki nya 35aH.. Akhirnya saya tau nya dr price list aki JASO G Force.
Yg saya heran, kenapa Yuasa tidak mengeluarkan tipe 80D26 untuk innova diesel? Apakah mmg sudah ada kesepakatan dgn GS Astra bahwa mereka pemegang tipe tsb?? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Debiyarto »

Setelah baca posting bro debiyarto, baru deh saya inget kalo 80D26L itu adalah kode JASO untuk tipe NX 110-5L (bukan JIS)
Bro Badak... kayaknya terbalik deh. Kode 80D26L itu dikenal dengan new JIS sedangkan NX 110-5L adalah JASO.

Mengenai spec. 80D26L kalo gua lihat di web PT. Trimitra Baterai Prakasa <<http://www.trimitra-baterai.co.id>> sebagai produsen aki merek GForce ini, sebenernya 80D26L itu capacity standardnya emang 65Ah. Di beberapa merek lain spec. capacitynya cuma 70 Ah. Dan Inilah kelebihan produk GForce dengan kemasan yang sama namun daya simpannya bisa lebih besar sampai 80 Ah.

Untuk harga bekas aki GS hybrid 80D26L, terus terang gua lupa karena keburu2 mau kekantor plus senang hati karena dapet aki setelah hunting ditiap toko aki. Jadi waktu dibilang 700 rb gua OK aja secara aki orinya di auto 2000 dibanderol 1.1 jt.
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Debiyarto »

Saya juga udah tny CS nya, tapi jawabannya oon banget deh. Udah diblg innova yg diesel ttp diblg aki nya 35aH.
xixixixixixixi....bener2 pengalaman yang sama....CS nya GS OON....xixixixixixi...no offense loh...
Tapi dari mereka gua jadi tahu bahwa produk ori bisa dibeli di Shop and drive terdekat. Dan pas gua kontak ke toko Shop and drive emang bener mereka punya barang indent 12 jam (1/2 hari) dengan harga 11/12 sama auto 2000. hehehehehe....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tipe accu innova diesel

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Sesuai cerita saya di atas om, sewaktu aki std nya keok, saya bingung karena tidak tahu kapasitas ampere nya.
Baru setelah liat brosur n price list baru tau kl aki std nya itu tipe JASO om, yaitu dimensi NS70 (65aH), tapi dgn daya 80aH. Nah karena saya tidak memiliki aki persis dgn std nya, akhirnya saya pilih NS70.
dak, aki mbl klo dipake emang bisa terjadi hangat...... asal jangan ampe panas berlebihan aja....
Gimana cara nya jaga biar ga kepanasan om? kita pakai mobil khan sewajarnya aja.
Umur akinya tidak ada 1,5 th om. Mobil tahun 2008 akhir, skrg udah jebol.
coba deh besok ane tanyakan ama dealernya untuk memastikan besaran ampernya.............
Saya juga udah tny CS nya, tapi jawabannya oon banget deh. Udah diblg innova yg diesel ttp diblg aki nya 35aH.. Akhirnya saya tau nya dr price list aki JASO G Force.
Yg saya heran, kenapa Yuasa tidak mengeluarkan tipe 80D26 untuk innova diesel? Apakah mmg sudah ada kesepakatan dgn GS Astra bahwa mereka pemegang tipe tsb?? :e-think:
karena akinya dah terpasang.... ya sudah, sebaiknya dipake aja dulu......nanti klo dah rusak baru deh diganti dg kapasitas spt yg aslinya....


aki di mbl emang bisa terjadi panas ato hangat, hal ini ga bisa dihindarkan.... cuma klo aki msh bagus, panasnya normal2 aja..... tp ane ga bisa kasih tau berapa derajat tepatnya panas di akinya, krn ane ga punya alat ukurnya......
klo aki baru berumur 1,5 th nampaknya nt bisa claim deh...... khan jaminannya 3 th.... coba aja nt klaim.... siapa tau bisa diganti dg yg baru... khan lumayan.......

ane ga tau kenapa yuasa ga mengeluarkan tipe tsb............. :shrug:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Tipe accu innova diesel

Post by sjamsul »

@BADAK:

dik badak, ane kasih contoh tipe aki yg lain yah..... misalkan tipe65D26R / L..... pada aki tipe ini tertera di brosurnya kapasitas amper adalah 65 amper.... jadi tulisan 65 di awal part number menunjukkan besaran amper di aki tsb......trus tipe lainnya adalah 75D31R / L .... pada tipe inipun tertera kapasitas ampernya adalah 75. Jadi klo diliat berdasarkan contoh tsb, mk aki di mbl nt yg berpart number 80D26L... kapasitas ampernya adalah 80 amper, bukan 65 amper.........................

Smoga bermanfaat............
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Debiyarto »

Ok, next time saya share lagi bagaimana hasil akhir nya, apakah aki keok kurang dr 1,5th (asumsi umur aki normal) atau masih mampu bertahan lebih.
Loh...koq umur aki normal cuma 1.5 tahun???? aki ori gua baru ngadat pas tahun ke 2.5 tuh... dan berharap ini GForce bisa setara dengan aki ori GS Hybrid 80D26L. Mobil gua sebelumnya S. Karimun, beli seken terus dipake 2.5 tahun sampe gua ganti jadi Innova kagak pernah ganti aki selama pake.

Accessories tambahan diluar bawaan pabrik ikut mempengaruhi usia pakai aki. Mungkin karena tambahan gua cuma CD changer jadi aki mobil awet kali yak....hehehehehehehe....
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Debiyarto wrote: Bro Badak... kayaknya terbalik deh. Kode 80D26L itu dikenal dengan new JIS sedangkan NX 110-5L adalah JASO.

Mengenai spec. 80D26L kalo gua lihat di web PT. Trimitra Baterai Prakasa <<http://www.trimitra-baterai.co.id>> sebagai produsen aki merek GForce ini, sebenernya 80D26L itu capacity standardnya emang 65Ah. Di beberapa merek lain spec. capacitynya cuma 70 Ah. Dan Inilah kelebihan produk GForce dengan kemasan yang sama namun daya simpannya bisa lebih besar sampai 80 Ah.

Untuk harga bekas aki GS hybrid 80D26L, terus terang gua lupa karena keburu2 mau kekantor plus senang hati karena dapet aki setelah hunting ditiap toko aki. Jadi waktu dibilang 700 rb gua OK aja secara aki orinya di auto 2000 dibanderol 1.1 jt.
Ths koreksinya bro debi, maxud saya teknologinya yg JASO. Kalo kode 80D26L memang JIS n kode JASO adalah NX-110-5L.
Nah ini jadi 2 masukan yg berbeda antara om sjam dgn bro debi. Memang kalo saya liat dr brosur n price list aki, 2 digit di depan sepertinya menyatakan besaran ampere, sedangkan L adalah kode posisi kutub, 26 nya saya kurang tau. Jadi misal NS70 kode JIS memiliki kode JASO (65D26L), artinya 65aH, L=left.Tapi kalo mengacu pada kata2 bro debi bahwa capacity standardnya 80D26L adalah 65aH, dan hanya GForce yg memiliki kelebihin tsb,berarti kode 80 tidak mewakili besarnya ampere.
Yang pasti memang GForce menggunakan teknologi tsb, karena sales nya sendiri yg mengatakannya pada saya.
Kalo menurut saya GS tipe 80D26L pun merupakan aki dgn teknologi JASO bro, karena jika itu adalah aki JIS 65aH disana sudah ada aki JIS dgn besaran 65aH juga, yaitu NS70 (65aH).
Btw, menurut saya aki bro debi agak kemahalan dech :big_peace:
Saya punya price list nya dan aki bekas saya dihargai sbg aki 80aH.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

klo aki baru berumur 1,5 th nampaknya nt bisa claim deh...... khan jaminannya 3 th.... coba aja nt klaim.... siapa tau bisa diganti dg yg baru... khan lumayan.......

ane ga tau kenapa yuasa ga mengeluarkan tipe tsb.............
Waduh saya gak sempat claim lg om, mana saya hrs ke Auto2000 surabaya dulu untuk claim.
lagian aki bekas nya udah laku.
Iya, tidak smp 1,5th udah jebol. Tapi saya sendiri juga kurang pasti jebolnya karena kesalahan pemakaian atu memang aki nya yg cacat. Soalnya yg memakai mobilnya jg orang banyak. Mungkin aja ada yg lupa matiin lampu trs aki nya jd tekor n melendung.
Yah berdoa saja supaya aki nya bisa awet paling tidak sampe 1th.
Untuk penggantian aki ini saya hanya habis sekitar 500rb saja bro debi. Itu sudah termasuk air zuur asli yuasa.
Kalo dipotong hasil penjualan aki bekasnya ya berarti hanya tambah sekitar 350rb :upss:
Mungkin ke depannya kalo sudah keok akan saya ganti dgn Yuasa 95D31L saja, karena saya dealer nya Yuasa :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Hansen »

BADAK wrote:Memang kalo saya liat dr brosur n price list aki, 2 digit di depan sepertinya menyatakan besaran ampere, sedangkan L adalah kode posisi kutub, 26 nya saya kurang tau. Jadi misal NS70 kode JIS memiliki kode JASO (65D26L), artinya 65aH, L=left.Tapi kalo mengacu pada kata2 bro debi bahwa capacity standardnya 80D26L adalah 65aH, dan hanya GForce yg memiliki kelebihin tsb,berarti kode 80 tidak mewakili besarnya ampere.
Yang pasti memang GForce menggunakan teknologi tsb, karena sales nya sendiri yg mengatakannya pada saya.
Kalo menurut saya GS tipe 80D26L pun merupakan aki dgn teknologi JASO bro, karena jika itu adalah aki JIS 65aH disana sudah ada aki JIS dgn besaran 65aH juga, yaitu NS70 (65aH).
Angka 26 itu klo ndak salah mewakili berapa cm panjang aki tsb.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tipe accu innova diesel

Post by poeticmind »

sjamsul wrote: karena akinya dah terpasang.... ya sudah, sebaiknya dipake aja dulu......nanti klo dah rusak baru deh diganti dg kapasitas spt yg aslinya....
:like this: :frm_tumbleft:
Image
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Tipe accu innova diesel

Post by Debiyarto »

Btw, menurut saya aki bro debi agak kemahalan dech :big_peace:
Saya punya price list nya dan aki bekas saya dihargai sbg aki 80aH.
Jadi 700 rb itu kemahalan yak... :big_slap:

Lain kali gua akan hati2 deh...thanks buat info harganya.

Mengenai angka 80 pada D 80D26L tadinya gua pikir itu menunjukan kapasitas. Tapi setelah gua browse beberapa web resmi pabrikan pembuat aki (GForce, Panasonic, Delcor) angka didepan itu tidak menunjukan kapasitas aki buatan mereka.
Misal: Panasonic TC-80D26L mereka claim capacitynya 65 Ah.; Delcor 80D26L capacity 65Ah.; Delcor 90D26L capacity 68 Ah.; GForce 95D31L capacity 80Ah..... :e-doh: tapi mungkin bener juga kali... angka depan itu diarahkan kepada range capacity aki tsb.
Sedangkan angka 26 itu emang pasti menunjukan panjang body nya 260 mm.

Karena browsing masalah aki gua jadi tahu bahwa GS sama Yuasa itu ternyata 1 pabrikan dibawah bendera GSYuasa International Ltd.....fewwwhhh...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Tipe accu innova diesel

Post by BADAK »

Menurut gw kemahalan bro debi. Tapi mungkin toko penjualnya memanfaatkan jarangnya ketersediaan barang dgn tipe tsb, jadi menaikkan harga jualnya.
Mengenai angka 80 pada D 80D26L tadinya gua pikir itu menunjukan kapasitas. Tapi setelah gua browse beberapa web resmi pabrikan pembuat aki (GForce, Panasonic, Delcor) angka didepan itu tidak menunjukan kapasitas aki buatan mereka.
Misal: Panasonic TC-80D26L mereka claim capacitynya 65 Ah.; Delcor 80D26L capacity 65Ah.; Delcor 90D26L capacity 68 Ah.; GForce 95D31L capacity 80Ah..... tapi mungkin bener juga kali... angka depan itu diarahkan kepada range capacity aki tsb.
Wah kalo begitu aki saya kemungkinan masih bisa sesuai donk :e-dance:
Karena browsing masalah aki gua jadi tahu bahwa GS sama Yuasa itu ternyata 1 pabrikan dibawah bendera GSYuasa International Ltd.....fewwwhhh...
Hehehe..baru tau ya bro debi. Di japan mereka memang satu bendera, yaitu gs-yuasa. Tapi untuk menghindari dominasi merk tsb, maka di Indo dipecah menjadi 2 merk. Yaitu GS dan Yuasa, GS kemudian memiiki adik seperti Incoe, dan Yuasa memiliki adik kyk Fighter, Massiv, dan GForce. Tapi walopun masih satu bendera, GS & Yuasa memiliki divisi R&D sendiri di indo walopun kualitasnya setara.
Kalo aki GS lebih mahal dr Yuasa, menurut saya itu karena mereka lebih memiliki nama dan telah dijadikan OEM battery oleh Astra :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today