[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by sintoni »

marmut wrote: 05 Nov 2020, 13:48
sintoni wrote: 05 Nov 2020, 12:37

Iya om, ternyata tadi cek minyak kopling sudah kering...

Cek ternyata kebocoran ada di seal master kopling sudah rusak, jadi bocor disana.

Akhirnya tadi ganti sealnya sekalian dibersihkan.



master kopling panther nggak terlalu mahal, saran saya sih ganti set sama cylinder-nya atas bawah sekalian.
Baik mbah ,tapi sudah terlanjur dipasang kemaren. Haahhaa.

Kemaren dicek sama montir masih oke aja sih cuma ya kurang minyak aja bilangnya.

Nanti berikut2nya kalau masalah lgsg ganti aja 1 set.

Makasih sudah mampir mbah.

Ane aja baru tau kalau kemren tempat minyak rem sama kopling di panther ini terpisah, soalnya dulu taunya kalau di ipah ortu jadi 1, karena itu ga pernah ngecekin jg.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 626
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by r1409 »

r3 diesel saya sedang bermasalah di sistem kopling, gejalanya kalau posisi masuk gigi dan tidak injak kopling (terutama gigi rendah), injak gas dan lepas gas terasa ada hentakan. seperti ada yg longgar di contact antara mesin dan transmisi ketika terjadi perpindahan state dari throttling ke engine brake dan sebaliknya.

km sekarang masih 65rb, gejala terasa sejak sekitar km 63rb. mobil saya beli seken di km 38rb, jadi saya tdk tau bgmn pemakaian owner sebelumnya, tapi kata penjualnya sih yg pake istrinya, cuma buat PP rumah-kerjaan jarak deket (keluar dealer 2018, sy beli mid 2022 km 38rb).

tidak ada gejala lain seperti slip, atau getar2 tdk wajar, pokoknya selama pemakaian tdk ada trouble, hanya hentakan2 itu aja. perbandingan posisi rpm dan kecepatan masih sama. saya test dengan posisi full brake gigi 1 & 2 lepas kopling, mesin mati.

apakah betul hanya spring/per koplingnya yg sudah lemah ya? kalau dibiarkan dulu apakah akan merusak bagian lain?

krn rencananya kalau hanya gejala seperti ini saja, mau saya tunggu sampe bagian lain seperti kampas dan release bearing bermasalah baru saya ganti 1 set, krn kata org BeRes kopling set biasanya ganti di km 80rb, masih ada 15rb km lagi.
sy sudah beli kopling set (kampas, matahari, release bearing). tinggal ganti. tapi kalau bisa diundur sampe 80rb sih, supaya sekali kerja dan tdk rugi umur part lain yg harusnya masih bisa.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post