[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

permanaeza wrote: 13 Jun 2019, 23:51

betul suhu marmut 1 set (kampas,matahari,drek laher) + seal kruk as + seal & per master kopling bawah (jaga2 aja) biar sekalian,pas diganti kata montirnya masih bagus flywheelnya..tp itu secara kasat mata aja kan..yg bener kan diukur pake alat ukur dial gauge,sya terpaksa kudu bongkar lagi karena takut umur kopling set sy gak lama jebol lagi,kalo dr kualitas sy yakin kualitas nya karena beli langsung di dealer honda nya...
apakah flywheel bs dibubut sj...or hrs ganti?
apakah ada kemungkinan lain semisal input shaft sudah tidak center?

alangkah baiknya memang diukur dengan dial gauge saat bongkar transmisi, supaya jelas kondisi flywheel seperti apa.
tapi jika diraba dengan tangan dan periksa visual permukaan flywheel (yang bersinggungan dengan plaat kopling) masih rata, ya berarti aman.

flywheel bisa dibubut untuk diratakan permukaannya dengan syarat si flywheel-nya masih dalam keadaan bagus tidak peyang / meleyot.

mobil dipakai untuk keperluan harian? tidak perlu hawatir input shaft. bergetar saat lepas kopling pertama umumnya dari clutch cover atau dari damper di plat kopling (bisa per atau karet), atau bisa juga keduanya. kemungkinan terakhir baru dari flywheel.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by ZEXELGRIFONE »

DOHC wrote: 14 Jun 2019, 09:04
ZEXELGRIFONE wrote: 14 Jun 2019, 08:46 Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

ZEXELGRIFONE wrote: 15 Jun 2019, 08:33
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

ganti kabel kopling saja dulu, harganya juga nggak seberapa dibanding kalau putus mendadak ditengah jalan.... pengerjaannya juga nggak sulit, bisa dilakukan sendiri dirumah.
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 14 Nov 2012, 08:46

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by outlaw »

ZEXELGRIFONE wrote: 15 Jun 2019, 08:33
DOHC wrote: 14 Jun 2019, 09:04
ZEXELGRIFONE wrote: 14 Jun 2019, 08:46 Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

Bisa jg karena pegas di plat tekan / matahari / dekrup sdh mengeras akibat umur pemakaian dan panas om...ini berdasar pengalaman mobil nubie dulu ....kalo ga mau ganti dekrup coba modif tuas kopling yg di girbox transmisi...tuas aga di perpanjang sedikit/disambung entah bagaimana caranya....atau ada yg jual kit peringan kopling yg sdh tinggal PnP bs jd pilihan ....yg penting fungsi jg keamanan dn kekuatan terjamin, kosekuensi... paling pas injak kopling hrs dlm krn langkah berkurang / tuas lbh panjang tp lbh enteng.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by ZEXELGRIFONE »

outlaw wrote: 15 Jun 2019, 10:16
ZEXELGRIFONE wrote: 15 Jun 2019, 08:33
DOHC wrote: 14 Jun 2019, 09:04

Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

Bisa jg karena pegas di plat tekan / matahari / dekrup sdh mengeras akibat umur pemakaian dan panas om...ini berdasar pengalaman mobil nubie dulu ....kalo ga mau ganti dekrup coba modif tuas kopling yg di girbox transmisi...tuas aga di perpanjang sedikit/disambung entah bagaimana caranya....atau ada yg jual kit peringan kopling yg sdh tinggal PnP bs jd pilihan ....yg penting fungsi jg keamanan dn kekuatan terjamin, kosekuensi... paling pas injak kopling hrs dlm krn langkah berkurang / tuas lbh panjang tp lbh enteng.
Thank u om..
Klo modif2an, maaf kurg sreg om..

Mungkin emang udah waktunya ditengok transmisinya (meskipun fungsi masih berasa normal), tapi blum ada bujet :D
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 31 Jan 2019, 21:18
Location: Jkt

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Rasuano »

Suhu2 saya mau tanya, selain gaya mengemudi, apakah settingan pedal kopling juga mempengaruhi usia pakai kopling set?

Mobil saya dari baru udah saya set tinggi, mobil baru jalan kalo pedal dilepas kira2 80% dr full, dan hampir tidak ada freeplay. Skrng mobil usia 2 tahun odo masuk 60.000 blm ada ciri kopling tewas sih.
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi »

Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

supriyadi wrote: 19 Jun 2019, 10:17 Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi »

P47hos wrote: 19 Jun 2019, 14:06
supriyadi wrote: 19 Jun 2019, 10:17 Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp
Oli pake Nissan punya. Ganti di km 50 rban. Waktu ganti kemarin ada 3 botol/3 lt, tapi kayaknya gak masuk semua. Mungkin 2.8 lt lah. Kata Om DOHC jangan kepenuhan nanti berat katanya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

kl gearbox OGL ama ANGL masi sama, mustinya sehh ga mungkin bsa masuk 3 liter, kcuali pas di masukin, posisi mobil di dongkrak ngedongak..
tp kl posisi mobil datar, ane dl perna ganti sendiri cuman masuk 2.5an lebi dikit doank..

mustinya sehh abis diganti lebi smooth, kcuali sistem kupling nya ad masalah, dan kl ganti gigi bukannya emang harus injek full yah.. kl kondisi kupling sehat ama minyak MTF bagus, sebenernya lipindut manual enak koq, ganti gigi nya presisi dan jarak travel nya pendek2.. enak buat nyetir sruntulan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi »

DOHC wrote: 19 Jun 2019, 17:16 kl gearbox OGL ama ANGL masi sama, mustinya sehh ga mungkin bsa masuk 3 liter, kcuali pas di masukin, posisi mobil di dongkrak ngedongak..
tp kl posisi mobil datar, ane dl perna ganti sendiri cuman masuk 2.5an lebi dikit doank..

mustinya sehh abis diganti lebi smooth, kcuali sistem kupling nya ad masalah, dan kl ganti gigi bukannya emang harus injek full yah.. kl kondisi kupling sehat ama minyak MTF bagus, sebenernya lipindut manual enak koq, ganti gigi nya presisi dan jarak travel nya pendek2.. enak buat nyetir sruntulan..
Sebelum ganti oli transmisi memang harus injak full tapi nggak sampe kandas, sekarang setelah ganti oli kopling terasa ringan & injak pedal langsung mentok ke lantai terasa bunyi duk gitu. Dan kadang, gak sering sih, oper dari 2 ke 3 nyangkut sampe bunyi deerrt, terpaksa balik ke 2 kalo nggak netralin baru injek kopling oper ke 3 lagi. Ok deh besok cek aja ke bengkel buat pastiin
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC »

Mustinya oli mtf ga ngaruh ke feeling pedal kopling seh om..

Oli mtf biasanya kl jelek berasa nya pas mindahin gigi, berasa seret, tp kl kopling masi bagus yah biar seret tp tetep bsa masuk gigi

Btw jaalur2 oli kupling aman ?, ad rembes2 ga d pipa2 nya, ama sambungan nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos »

supriyadi wrote: 19 Jun 2019, 15:20
P47hos wrote: 19 Jun 2019, 14:06
supriyadi wrote: 19 Jun 2019, 10:17 Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp
Oli pake Nissan punya. Ganti di km 50 rban. Waktu ganti kemarin ada 3 botol/3 lt, tapi kayaknya gak masuk semua. Mungkin 2.8 lt lah. Kata Om DOHC jangan aàkepenuhan nanti berat katanya.
Ga ada yg aneh sih. Saya jg ganti per 50rb km, Oli transmisi biasa 2.5 an aja tp selisih 300 CC harusnya ga signifikan. Pengalaman saya dgn kopling Livina (OGL 2008) 50rb km ganti oli, 98rb master atas jebol, sebelum jebol ada bunyi nyut2/duk klo diinjek, lgs ganti 1 set kopling soalnya bongkar semua jd sekalian diganti drpd ntar bongkar ulang, cuma problem saya suara Kerr.. nya jd agak lebih nyaring dibanding sebelumnya. Tp secara fungsi tidak ada masalah, transmisi smooth, enteng.
permanaeza
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 18 Sep 2017, 13:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: civic_FD1_2006_Manualtransmission

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by permanaeza »

om marmut dan rekan2 semua
saya mau update nih penyebab penyakit dari 4 thn yg lalu
dan akhirnya ketemu masalahnya...terkait gejala tiap awal jalan di gigi 1 lepas.kopling ..Mobil bergetar seperti tdk kuat,kalo gigi rendah dan jalan pelan ndut2an,susah masuk gigi,dan koplinh selalu jebol tiap 1 tahun sekali ,dan area yg jebol selalu di bagian per kampas kopling
kekadian ini saya alami di civic fd 1.8 manual
alhamdulilah setelah ganti flywheel penyakit diatas hilang semua...
san akhirnya biar sekalian puas saya ganti total sistem kopling nya
1. master kopling atas dan bawah
2.flywheel
3.set kopling merk exedy (dekrup,kampas,deklaher)
4. memperpanjang tuas /garpu kopling ( setelah panjangin tuas /garpu kopling,kopling saya sangat empukk bgt padahal.karakter kopling civic fd agak keras bila dibanding jazz /mobilio)

terima kasih rekan2 yg sebelumnya sudah memberi saya saran dan masukan...salam satu aspal
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

permanaeza wrote: 06 Jul 2020, 23:18 om marmut dan rekan2 semua
saya mau update nih penyebab penyakit dari 4 thn yg lalu
dan akhirnya ketemu masalahnya...terkait gejala tiap awal jalan di gigi 1 lepas.kopling ..Mobil bergetar seperti tdk kuat,kalo gigi rendah dan jalan pelan ndut2an,susah masuk gigi,dan koplinh selalu jebol tiap 1 tahun sekali ,dan area yg jebol selalu di bagian per kampas kopling
kekadian ini saya alami di civic fd 1.8 manual
alhamdulilah setelah ganti flywheel penyakit diatas hilang semua...
san akhirnya biar sekalian puas saya ganti total sistem kopling nya
1. master kopling atas dan bawah
2.flywheel
3.set kopling merk exedy (dekrup,kampas,deklaher)
4. memperpanjang tuas /garpu kopling ( setelah panjangin tuas /garpu kopling,kopling saya sangat empukk bgt padahal.karakter kopling civic fd agak keras bila dibanding jazz /mobilio)

terima kasih rekan2 yg sebelumnya sudah memberi saya saran dan masukan...salam satu aspal

ntap.

sudah ketauan flywheel yang lama kenapa? dapet pilot bearing atau musti beli lagi?
yang nomer 4, itu ilmu pesawat sederhana bab pengungkit, jaman SD atau SMP (saya tiada ingat) sudah belajar... kalo nggak tau, berarti madol atau tidur dipojok.

jangan lupa tahun depan kuras minyak kopling supaya awet itu seal master kopling atas bawah.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Omnibus »

marmut wrote: 07 Jul 2020, 00:00
ntap.

sudah ketauan flywheel yang lama kenapa? dapet pilot bearing atau musti beli lagi?
yang nomer 4, itu ilmu pesawat sederhana bab pengungkit, jaman SD atau SMP (saya tiada ingat) sudah belajar... kalo nggak tau, berarti madol atau tidur dipojok.

jangan lupa tahun depan kuras minyak kopling supaya awet itu seal master kopling atas bawah.
mohon petunjuk suhu ...... kalau njess cvt ane spy seal awet perlu dikuras minyak koplingnya juga ngga? semoga tdk keberatan sekalian part number minyak koplingnya mbah. sebelum dan sesudahnya matur nuwun.

:big_weee:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

Omnibus wrote: 07 Jul 2020, 00:16

mohon petunjuk suhu ...... kalau njess cvt ane spy seal awet perlu dikuras minyak koplingnya juga ngga? semoga tdk keberatan sekalian part number minyak koplingnya mbah. sebelum dan sesudahnya matur nuwun.

:big_weee:

wah, ya penting itu. dikuras tiap malam bulan purnama. nanti setiap malem 1 suro musti kasih kopi item, teh pait, air putih, susu putih, sama menyan 3 macem.
yang punya juga musti kungkum di bak mandi semaleman supaya lancar rejekinya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Omnibus »

marmut wrote: 07 Jul 2020, 09:28
Omnibus wrote: 07 Jul 2020, 00:16

mohon petunjuk suhu ...... kalau njess cvt ane spy seal awet perlu dikuras minyak koplingnya juga ngga? semoga tdk keberatan sekalian part number minyak koplingnya mbah. sebelum dan sesudahnya matur nuwun.

:big_weee:

wah, ya penting itu. dikuras tiap malam bulan purnama. nanti setiap malem 1 suro musti kasih kopi item, teh pait, air putih, susu putih, sama menyan 3 macem.
yang punya juga musti kungkum di bak mandi semaleman supaya lancar rejekinya.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
permanaeza
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 18 Sep 2017, 13:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: civic_FD1_2006_Manualtransmission

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by permanaeza »

marmut wrote: 07 Jul 2020, 00:00
permanaeza wrote: 06 Jul 2020, 23:18 om marmut dan rekan2 semua
saya mau update nih penyebab penyakit dari 4 thn yg lalu
dan akhirnya ketemu masalahnya...terkait gejala tiap awal jalan di gigi 1 lepas.kopling ..Mobil bergetar seperti tdk kuat,kalo gigi rendah dan jalan pelan ndut2an,susah masuk gigi,dan koplinh selalu jebol tiap 1 tahun sekali ,dan area yg jebol selalu di bagian per kampas kopling
kekadian ini saya alami di civic fd 1.8 manual
alhamdulilah setelah ganti flywheel penyakit diatas hilang semua...
san akhirnya biar sekalian puas saya ganti total sistem kopling nya
1. master kopling atas dan bawah
2.flywheel
3.set kopling merk exedy (dekrup,kampas,deklaher)
4. memperpanjang tuas /garpu kopling ( setelah panjangin tuas /garpu kopling,kopling saya sangat empukk bgt padahal.karakter kopling civic fd agak keras bila dibanding jazz /mobilio)

terima kasih rekan2 yg sebelumnya sudah memberi saya saran dan masukan...salam satu aspal

ntap.

sudah ketauan flywheel yang lama kenapa? dapet pilot bearing atau musti beli lagi?
yang nomer 4, itu ilmu pesawat sederhana bab pengungkit, jaman SD atau SMP (saya tiada ingat) sudah belajar... kalo nggak tau, berarti madol atau tidur dipojok.

jangan lupa tahun depan kuras minyak kopling supaya awet itu seal master kopling atas bawah.
betul suhu flywheel nya setelah di cek memang banyak noda sepersti noda bekas air (waterspot) kyk warna pelangi..,sebelumnya saya sempat bubut flywheelnya..setelah bubut justru makin parah geter nya...lbh parah dr sebelumnya,semua bengkel nyerah,bahkan ada yg bilang harus ganti segelondongan transmisi,tp hati saya yakin kalo permasalahan ini dr flywheel..akhirnya saya beranikan diri beli flywheel ke HPM...itu pun inden 14 hari kerja...saya cari bengkel yg mau ngerjain dan gak banyak cing cong...alhamdulillah setelah flywheel diganti dan semua part kopling diganti selesai semua maslahnya...oiya terkait pilot bearing ..civic fd manual gak pake pilot bearing om..kalo tuas dipanjangin betul bgt itu mekanisme pengungkit om setuju

diawal2 analisa ada montir yg bilang input shaft kena..setelah dpt masukan dr suhu marmut..saya pikir2 jrg bgt memang kalo input shaft..kecuali sy jrg ganti oli transmisi ..mungkin...sekarang mobil enak bgt lbh gigit..shifting juga enakbgt masuk giginya..akhirnya setelah 4 thn saya bisa ngerasain civic FD manual enak itu kayak apa om...nuhun masukan2 nya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by sintoni »

Sori membangkitkan trit lama.

Lg ada masalah di mobil pikap Pnather ane.

Jadi kemaren sore si supir ada ngmg tiba2 susah masuk gigi karena kopling sudah mulai los.

Tadi pagi sih kopling bener2 los sampe ga bs masuk gigipas kondisi mesin nyala.

Terus ane berpikir mungkin karena kopling cuma lengket aja jadi ane coba masukin gigi 1 pas kondisi mesin mati baru nyalain mobil. Dicoba 3-4x masih ga bs terus ada bau agak gosong.

Eh skrg malah transisi nyangkut di 1 ga bisa dipindahin lg biarpun mobil sudah mati.

Kira2 masalah ada dimana ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

sintoni wrote: 05 Nov 2020, 08:13 Sori membangkitkan trit lama.

Lg ada masalah di mobil pikap Pnather ane.

Jadi kemaren sore si supir ada ngmg tiba2 susah masuk gigi karena kopling sudah mulai los.

Tadi pagi sih kopling bener2 los sampe ga bs masuk gigipas kondisi mesin nyala.

Terus ane berpikir mungkin karena kopling cuma lengket aja jadi ane coba masukin gigi 1 pas kondisi mesin mati baru nyalain mobil. Dicoba 3-4x masih ga bs terus ada bau agak gosong.

Eh skrg malah transisi nyangkut di 1 ga bisa dipindahin lg biarpun mobil sudah mati.

Kira2 masalah ada dimana ya?

kopling los ini maksudnya pedal diinjak tapi ringan dan ambles sampai dasar?
kalau iya, kemungkinan terbesar dari master kopling.

nyangkut di gigi 1? posisi mobil miring (tanjakan/turunan) atau di tempat datar? kalau di tempat datar, sudah coba dorong maju/mundur sedikit?
harusnya mau netral kalau tidak ada kelainan.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Or4cle »

sintoni wrote: 05 Nov 2020, 08:13 Sori membangkitkan trit lama.

Lg ada masalah di mobil pikap Pnather ane.

Jadi kemaren sore si supir ada ngmg tiba2 susah masuk gigi karena kopling sudah mulai los.

Tadi pagi sih kopling bener2 los sampe ga bs masuk gigipas kondisi mesin nyala.

Terus ane berpikir mungkin karena kopling cuma lengket aja jadi ane coba masukin gigi 1 pas kondisi mesin mati baru nyalain mobil. Dicoba 3-4x masih ga bs terus ada bau agak gosong.

Eh skrg malah transisi nyangkut di 1 ga bisa dipindahin lg biarpun mobil sudah mati.

Kira2 masalah ada dimana ya?
Sebelum kejadian mobil dipakai terobos banjir gak ? Biasanya abis terobos banjir dan mobil didiamkan 2-3 hari tidak dipakai kopling jadi lengket.
Solusinya mobil digenjot dan didorong dari belakang, butuh 2-3 orang, kopling diinjak sambil dihidupkan / di-starter
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by sintoni »

marmut wrote: 05 Nov 2020, 09:36
Iya om, ternyata tadi cek minyak kopling sudah kering...

Cek ternyata kebocoran ada di seal master kopling sudah rusak, jadi bocor disana.

Akhirnya tadi ganti sealnya sekalian dibersihkan.

Or4cle wrote: 05 Nov 2020, 10:27
Sebelum kejadian mobil dipakai terobos banjir gak ? Biasanya abis terobos banjir dan mobil didiamkan 2-3 hari tidak dipakai kopling jadi lengket.
Solusinya mobil digenjot dan didorong dari belakang, butuh 2-3 orang, kopling diinjak sambil dihidupkan / di-starter
Ternyata master kopling bermasalah om, jadinya minyak kopling bocor..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut »

sintoni wrote: 05 Nov 2020, 12:37

Iya om, ternyata tadi cek minyak kopling sudah kering...

Cek ternyata kebocoran ada di seal master kopling sudah rusak, jadi bocor disana.

Akhirnya tadi ganti sealnya sekalian dibersihkan.



master kopling panther nggak terlalu mahal, saran saya sih ganti set sama cylinder-nya atas bawah sekalian.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by sintoni »

marmut wrote: 05 Nov 2020, 13:48
sintoni wrote: 05 Nov 2020, 12:37

Iya om, ternyata tadi cek minyak kopling sudah kering...

Cek ternyata kebocoran ada di seal master kopling sudah rusak, jadi bocor disana.

Akhirnya tadi ganti sealnya sekalian dibersihkan.



master kopling panther nggak terlalu mahal, saran saya sih ganti set sama cylinder-nya atas bawah sekalian.
Baik mbah ,tapi sudah terlanjur dipasang kemaren. Haahhaa.

Kemaren dicek sama montir masih oke aja sih cuma ya kurang minyak aja bilangnya.

Nanti berikut2nya kalau masalah lgsg ganti aja 1 set.

Makasih sudah mampir mbah.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post