Tanya problem mobil ane gan

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by solar_kerosen »

Profith83 wrote:
dodo16 wrote:
FMEAKD wrote:Gimana om dodo. Udah berhasil belum ke beresnya?
Kmren ke beres, mau beli kopling set kan sama engine mounting soalnya dn crita keluhan ane, sama mreka d suruh d cek dlu, general check up critanya.

Pas d cek ternyata katanya engine mounting masih bagus smua (nah lo), kopling set jg barangnya ga ready mesti inden dlu, trs hasil cek mereka laher tensioner oblak, drive belt ad retak, seal crankshaft depan ad rembes, carte oli ad rembes, seal1/2 bulan ad rembes, haduhhh makin nyut2an haha

Krena ane adjanji jdi ane ga lanjutin dlu, minggu dpan ke beres lgi ktnya kopling set bru dateng minggu bsok, rncna pasang kopling set minggu dpan jdinya.

Mana SAnya Rada sinting kyna,d tanya harga part yg d sbutin udah jelek jawabnya kurang tau, taunya lgsung harga ongkosnya mana mahal pula jutaan hadeuwh jdi ane pending dlu minggu dpan.
Ini yang saya bilang, kalau mobil tua ada saja jajannya. Udah keluar duit belum tentu masalah selesai. Bisa bisa yang tidak rusak diganti dan masalah yang aslinya masih ada.
Belum lagi kelihatan "AKAN" rusak yang lain.
Yang paling bahaya adalah "AKAN" rusak tetapi dibilang harus diganti ... wah bisa habis banyak duit.
Susah juga kalau gak diganti karena akan rusak. Kalau diganti semua bisa bisa satu mobil bisa habis 15 - 25 jt an yah, tergantung kerusakan.

yah tetapi memang kalau mau dipertahankan bisa saja, asal mesin, transmisi, power steering, AC semua masih bagus gak papa. paling banyak habis 25 jt an.
Cuma nelusuri juga tidak gampang.
nah itu dia bro jangan sampai udah keluar uang banyak malah tambah rusak apa gak makin Puyyeng ... :mky_05:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Jun 02, 2016 17:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

Profith83 wrote:
dodo16 wrote:
FMEAKD wrote:Gimana om dodo. Udah berhasil belum ke beresnya?
Kmren ke beres, mau beli kopling set kan sama engine mounting soalnya dn crita keluhan ane, sama mreka d suruh d cek dlu, general check up critanya.

Pas d cek ternyata katanya engine mounting masih bagus smua (nah lo), kopling set jg barangnya ga ready mesti inden dlu, trs hasil cek mereka laher tensioner oblak, drive belt ad retak, seal crankshaft depan ad rembes, carte oli ad rembes, seal1/2 bulan ad rembes, haduhhh makin nyut2an haha

Krena ane adjanji jdi ane ga lanjutin dlu, minggu dpan ke beres lgi ktnya kopling set bru dateng minggu bsok, rncna pasang kopling set minggu dpan jdinya.

Mana SAnya Rada sinting kyna,d tanya harga part yg d sbutin udah jelek jawabnya kurang tau, taunya lgsung harga ongkosnya mana mahal pula jutaan hadeuwh jdi ane pending dlu minggu dpan.
Ini yang saya bilang, kalau mobil tua ada saja jajannya. Udah keluar duit belum tentu masalah selesai. Bisa bisa yang tidak rusak diganti dan masalah yang aslinya masih ada.
Belum lagi kelihatan "AKAN" rusak yang lain.
Yang paling bahaya adalah "AKAN" rusak tetapi dibilang harus diganti ... wah bisa habis banyak duit.
Susah juga kalau gak diganti karena akan rusak. Kalau diganti semua bisa bisa satu mobil bisa habis 15 - 25 jt an yah, tergantung kerusakan.

yah tetapi memang kalau mau dipertahankan bisa saja, asal mesin, transmisi, power steering, AC semua masih bagus gak papa. paling banyak habis 25 jt an.
Cuma nelusuri juga tidak gampang.
Mobil snrnya msh enak bawanya,Mesin msh normal gan, sensor normal, transmisi gda mslah, power steering normal enteng, ac dingiin, cmn yaitu mslah geter2 jdi ga nyaman aja. Soalnya saya selalu servis rutin, klo ga ada yg enak dkit lgsung ke bengkel, cmn ya agak boros -____-, pelan2 aj deh ngrawatnya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Profith83 »

Om Dodo

Kalau boleh tahu selama ini ke BeRes ikut masuk ke ruang kerja bengkel?
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by egibaio »

Kebetulan saya dulu pakai jazz i-dsi mt om. Bantu jawab yaa

1. Engine mounting atau bearing kompressor ac
2. Memang agak gampang stall ini mobil dan agak payah buat stop n go. Rasio giginya kepanjangan utk ukuran mesin selemah ini. Jadi soal rpm drop saat baru jalan memang butuh pembiasaan lagi. Dibanding jazz gk5 mt rasio gigi mobil ini lebih panjang.
3. Ndut-ndutan juga hobbynya mobil ini. Jd ya kembali lg ngegasnya hrs lebih halus apalagi seinget saya blm pake dbw ini mobil
4. Rpm naik turun kecil sekecil apa? Kalau cuma sedikit sekali itu masih normal
5. Mobil ini ga bisa saya bilang hemat karena versi vtec malah sama saja dengan power jauh lebih gede

Saran saya kenali dulu karakter mobilnya om sebelum keluar duit terlalu banyak untuk perbaikan yang tidak perlu
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Jun 02, 2016 17:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

Profith83 wrote:Om Dodo

Kalau boleh tahu selama ini ke BeRes ikut masuk ke ruang kerja bengkel?
anu itu di ruang tunggunya kan gede didndingnya kaca menghadap ke arah service area teknisinya gan, service areaanya kaya hall gitu luas, d bagi2 beberapa bay/station , ada 8 bay kalo ga salah, jdi bisa ngintip d apain.


egibaio wrote:Kebetulan saya dulu pakai jazz i-dsi mt om. Bantu jawab yaa

1. Engine mounting atau bearing kompressor ac
2. Memang agak gampang stall ini mobil dan agak payah buat stop n go. Rasio giginya kepanjangan utk ukuran mesin selemah ini. Jadi soal rpm drop saat baru jalan memang butuh pembiasaan lagi. Dibanding jazz gk5 mt rasio gigi mobil ini lebih panjang.
3. Ndut-ndutan juga hobbynya mobil ini. Jd ya kembali lg ngegasnya hrs lebih halus apalagi seinget saya blm pake dbw ini mobil
4. Rpm naik turun kecil sekecil apa? Kalau cuma sedikit sekali itu masih normal
5. Mobil ini ga bisa saya bilang hemat karena versi vtec malah sama saja dengan power jauh lebih gede

Saran saya kenali dulu karakter mobilnya om sebelum keluar duit terlalu banyak untuk perbaikan yang tidak perlu
iya gan perkataan agan ada benernya juga, brrti mmg karakternya kaya gni ya d tmbh usia mobil yg udah tua. rpm trun kecil bgt si gan, sangat kecil smn suaara mesin naik turun kan keliatan gerr ger gerr dikit gtu, tkutnya knapa2 -_-

mungkin bering kompressor gan bener agan, tr ane cek lg, mksih sharingnya gan,
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by Profith83 »

om Dodo,

Kalau saya tidak percaya 100% omongan orang bengkel. Jadi kalau dia bilang rusak sesuatu saya minta ditunjukkan separah apa rusaknya.
Ini hak konsumen karena kita mamu membeli sesuatu di bengkel.

Misalnya engine mounting sudah rusak, atau karet karet bushing sudah aus, saya minta ditujukkan separah apa rusaknya langsung di mobil saya. Misalnya disenter dan ditunjukkan karetnya sudah pecah, nah pecahnya cuma sekedar retak rambut atau sudah dalam.

Jadi dengan yakin kita tahu dan yakin uang yang kita keluarin memang untuk mengganti yang rusak, atau justru tidak perlu.
dodo16
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Jun 02, 2016 17:23

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by dodo16 »

Profith83 wrote:om Dodo,

Kalau saya tidak percaya 100% omongan orang bengkel. Jadi kalau dia bilang rusak sesuatu saya minta ditunjukkan separah apa rusaknya.
Ini hak konsumen karena kita mamu membeli sesuatu di bengkel.

Misalnya engine mounting sudah rusak, atau karet karet bushing sudah aus, saya minta ditujukkan separah apa rusaknya langsung di mobil saya. Misalnya disenter dan ditunjukkan karetnya sudah pecah, nah pecahnya cuma sekedar retak rambut atau sudah dalam.

Jadi dengan yakin kita tahu dan yakin uang yang kita keluarin memang untuk mengganti yang rusak, atau justru tidak perlu.
Td iseng2 mampir bengkel spesialis injeksi, tanya soal geter pas ac nyala, trs prasaan juga ada suara ga enak kya ngorok gtu klo awal mau jalan pas pake ac, sma mreka d cek trs cmn d apain gtu tensioner belt trs d kasih grease, eh sembuh, pas konpressor ac nyala lebih tenang, tarikan jdi lebih enteng, heran. Damace cost 100rebu doank
permanaeza
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Sep 18, 2017 6:49
Location: jakarta
Daily Vehicle: civic_FD1_2006_Manualtransmission

Re: Tanya problem mobil ane gan

Post by permanaeza »

om dodo gimana untuk kasus ini :

pada saat kopling di angkat pertama kali mau jalan (gigi 1), berasa getar ke kabin, saya lihat rpm drop bgt ampe sekitar 300, saya imbangin tambah gas agak dalam sekitar 1000rpm biar halus dan gak getar, jadi kurang nyaman kalo jalan pelan stop and go ( ini masalah sudah ad semnjak saya beli )

ini kejadian nya sama dengan saya smpe hari inj
kopling set semua baru original dus honda

mohon share nya